1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Adejul45
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 18, 2021 18:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

fl4b1e wrote: Thu Sep 23, 2021 15:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Saya awalnya mau ambil rocky om karna gamau inden2an lama, tapi dipikir2 dengan Toyota tipe G dan Daihatsu tipe R (sama2 kosongan tapi 1.0T) ternyata harga sangat mirip, bedapun minim sekitar 1 - 2 jt saja kalau didaerah saya, disini ngerasa aneh aja karena biasanya baru nya daihatsu kan lebih murah om, diikutin dengan harga bekasnya juga

Sama ngikutin kata2 keluarga, kalo harga sama sih mending brand nya Atoyot lebih ngangkat :mky_01:

Padahal sih ya toyota jg rakitannya daihatsu ya om :big_comfort:

Sebenernya untuk grill depan dan HU memang saya pun pilih si rocky om, sayang harganya aja sama jadi mending raize
Untuk stir, saya sebenernya kebiasaan ada kulit stir jadi kepengen jg, ada opsi di trim in di tukang jok atau nunggu ada sparepart lingkar luar nya aja om, estimasi di harga 800k dapat lingkar luar udah di kulitin oem baru(pengalaman di mobil toyota lain)
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by black2345 »

Adejul45 wrote: Sat Sep 25, 2021 12:18
fl4b1e wrote: Thu Sep 23, 2021 15:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Saya awalnya mau ambil rocky om karna gamau inden2an lama, tapi dipikir2 dengan Toyota tipe G dan Daihatsu tipe R (sama2 kosongan tapi 1.0T) ternyata harga sangat mirip, bedapun minim sekitar 1 - 2 jt saja kalau didaerah saya, disini ngerasa aneh aja karena biasanya baru nya daihatsu kan lebih murah om, diikutin dengan harga bekasnya juga

Sama ngikutin kata2 keluarga, kalo harga sama sih mending brand nya Atoyot lebih ngangkat :mky_01:

Padahal sih ya toyota jg rakitannya daihatsu ya om :big_comfort:

Sebenernya untuk grill depan dan HU memang saya pun pilih si rocky om, sayang harganya aja sama jadi mending raize
Untuk stir, saya sebenernya kebiasaan ada kulit stir jadi kepengen jg, ada opsi di trim in di tukang jok atau nunggu ada sparepart lingkar luar nya aja om, estimasi di harga 800k dapat lingkar luar udah di kulitin oem baru(pengalaman di mobil toyota lain)
Om uda pernah berhenti di tengah tanjakan mall belum?
Di group fb RRI (raize-rocky indo) ada yg posting ga bisa jalan lagi setelah berhenti di tengah tanjakan parkiran mall, dan saya sendiri pernah mengalami hal yang sama waktu bawa agya 1.0 a/t waktu nanjak di parkiran cito yg atas..
Adejul45
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 18, 2021 18:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

black2345 wrote: Wed Sep 29, 2021 11:01
Adejul45 wrote: Sat Sep 25, 2021 12:18
fl4b1e wrote: Thu Sep 23, 2021 15:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Saya awalnya mau ambil rocky om karna gamau inden2an lama, tapi dipikir2 dengan Toyota tipe G dan Daihatsu tipe R (sama2 kosongan tapi 1.0T) ternyata harga sangat mirip, bedapun minim sekitar 1 - 2 jt saja kalau didaerah saya, disini ngerasa aneh aja karena biasanya baru nya daihatsu kan lebih murah om, diikutin dengan harga bekasnya juga

Sama ngikutin kata2 keluarga, kalo harga sama sih mending brand nya Atoyot lebih ngangkat :mky_01:

Padahal sih ya toyota jg rakitannya daihatsu ya om :big_comfort:

Sebenernya untuk grill depan dan HU memang saya pun pilih si rocky om, sayang harganya aja sama jadi mending raize
Untuk stir, saya sebenernya kebiasaan ada kulit stir jadi kepengen jg, ada opsi di trim in di tukang jok atau nunggu ada sparepart lingkar luar nya aja om, estimasi di harga 800k dapat lingkar luar udah di kulitin oem baru(pengalaman di mobil toyota lain)
Om uda pernah berhenti di tengah tanjakan mall belum?
Di group fb RRI (raize-rocky indo) ada yg posting ga bisa jalan lagi setelah berhenti di tengah tanjakan parkiran mall, dan saya sendiri pernah mengalami hal yang sama waktu bawa agya 1.0 a/t waktu nanjak di parkiran cito yg atas..
Sudah coba beberapa kali di tanjakan om, terutama pas troubleshoot getaran dredeg2 itu, di tanjakan parkiran mall tetap bisa kok om aman walaupun ya mesti gas agak dalam dan ada getaran
Btw punya saya manual om, tapi yg matic pun saya pede bilang pasti bisa juga dengan metode yg tepat.

Raize/rocky ini AT maupun MT sama sama ada Hill Assist juga dia nahan rem 3 detik setelah lepas pedal rem
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by FR6 »

Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Adejul45
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 18, 2021 18:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by FR6 »

Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07
FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
Kirain ada turbo bikin rendah Um, kayanya ngejar tarikan kuat ya :big_think:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by alvin23 »

Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07
FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Rocky R ADS CVT 2021
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by maastricht889 »

alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29
Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07
FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by FR6 »

erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 5:14
alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29
Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07

Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
Artinya butuh gigi ke 6 Om :mky_02:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sahabatq8 »

Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 11:50 Selamat sore semua :big_smile]
Izin melakukan review dan post pertama saya di forum SM ini. (Have been SR for years)

For a background & comparison, i used to daily drive:
- Smart Fortwo AMT 2012
- Bmw e87, e90, e46(current)
- Honda Brio 1.2 E MT
- Ford Fiesta Ecoboost DCT
- Suzuki Ignis AMT (only 2 weeks)
- Nissan Evalia XV MT (current)
- Nissan March 1.5 MT
- Honda HRV 1.5 SE (current)

Yup, di bulan Mei ini saya sempet ngelirik mobil yang masih disarungin di siang hari disebuah mall di magelang and turned out it was the raize sebelum resmi diluncurkan
Screenshot_20210922-174351_Gallery.jpg
And unit yang saya tengok ini adalah tipe G 1.0t MT, ofc tanpa babibu saya langsung ngomong ke sales yg standby dan minta izin buat masuk ke kabin. Untuk ukuran sebuah merek T dan berada di price range ini, interior feels pretty fantastic and never ever expected this kind of interior for merk T di Indonesia
Screenshot_20210922-174133_Gallery.jpg
Kebetulan saya lebih prefer manual dibandingkan CVT, walaupun kalau ada pilihan saya akan lebih pilih Auto(zf) dan sayapun coba feel dari clutch dan shifter, another fantastic experience yang saya ga nyangka, the shifter feels tactile, short, and clicky dan kopling yang pendek dan lumayan empuk, but wait, this is only static review of the clutch :mky_04:

Months later saya ada dana dan memutuskan untuk ambil unit di nasmoco terdekat, cari2 info ke beberapa sales dan hasilnya adalah, daihatsu rocky tersedia semua varian dan warna, tanpa perlu inden2an dan untuk toyota raize, semua inden sekitar 1 - 3 bulan kecuali untuk tipe G, 1.0T Manual warna dark grey.

Okedeh saya TD both rocky and raize, kedua unit nya CVT and i was amazed :big_exellent: this is maybe the best CVT i ever tested. Accelerasi dari 0 ke 60kmh untuk kota2 sangat ringan dan hampir tidak ada gejala delay, even 0-40 hampir tidak ada raungan mobil seperti meluncur saja dengan ringan :off_good_job: to compare, secara accelerasi HRV jauh tertinggal dibelakang dengan ngeden dan raungannya :upss:

As i said before, walaupun cvt nya menurut saya enak, saya tetep prefer manual karena cvt tetep ada dengungnya di accelerasi kecepatan menengah keatas and commute saya harian 80km tidak ada macet, jalanan menanjak so i think it would be a great daily & better fuel cons

SPK is done for Raize G MT 1.0 Dark grey, sekitar seminggu semenjak saya melakukan SPK 15% dan mobil ditangan saya dengan plat sementara, berikut penampakan pas ambil unit Screenshot_20210922-180636_Video Player.jpg
Sekalian penampakan terakhir, karena lupa ambil2 foto pas ambil unit :big_peace:
Screenshot_20210922-180859_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181021_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181228_Gallery.jpg
View bagian belakang & lampu hidup adalah sisi paling ganteng buat trim ini menurut saya :big_love:

Screenshot_20210922181113_Gallery.jpg
And u can see how imut it is saat disandingkan dengan suv V8 :big_blushing:

Lanjut ke Driving Experience:
To be honest, first week of owning saya bingung dan agak panik, karena mobil ini gabisa alus saat takeoff :big_dunno:
Saya sampe bingung, ini mobilnya yang salah apa saya yang gabisa mainin kopling nya karena setiap saat mau take off, dari daerah mesin ada suara dan getaran dredegdegdegdeg yang menurut saya aneh aja, ngga seperti kurang gas, dan saya pun mencoba2 berbagai metode take off dari kasih lebih gas dll akhirnya saya nyerah dan besoknya saya bawa ke diler.

2 hari proses saya bolak balik dan akhirnya kesimpulan adalah mobil ini gabisa take off secara halus & sigap, okedeh saya seperti belajar mobil manual lagi, setiap take off lepas kopling sangat perlahan dan ditahan dulu sampai ada momentum baru itu mobil bisa meluncur secara halus

Engine
As u all know, ini mesin calya yang dikasih turbo, 1KR-VET 1000cc 3cyl. Getaran di mesin sangat besar, namun sepertinya ada development major di engine mounting sehingga getaran tidak tersalurkan ke body / kabin mobil :big_exellent: karakter mesin ini kalau dibawa harian RPM under 2k, serasa bawa mobil NA biasa namun kalau rpm ke bablasan dikit ke 2.4k an, udah njambak aja turbo nya terutama di gear 1&2 :big_smile]


Transmission
Shifter serasa tactile & clicky, serasa shifter buat simulator :big_okay:
Rasio transmisi manual ini pendek2, pendek nya seperti membawa pickup dan ada suara2 ala sequential ngiung2 di gigi 1&2, gear 1 dan 2 benar2 untuk low speed dan mudah sekali untuk kena boost di rpm 2.5k keatas, sedangkan gear 3 nyaman untuk selip2 dikecepatan 40 - 60 dengan torsi yang terasa mengisi sampai rpm 5000an dan setelah itu loyo :big_bored:

Steering
dibandingkan dengan previous mobil saya bmw dan fiesta memang ini stir terasa tidak ada feedback sama sekali, tapi saya acung jempol karena directness of steering ratio nya yang bikin mobil ini enak, bisa lincah meliuk2 dengan mudah dan yang jelas stir kembali ke tengah, tidak seperti ignis yang mesti ditengahin manual :big_okay:

Suspension
Lanjut suspensi, kerasa memang seperti suspensi mobil murah, empuk dan ngayun iya tapi kurang meredam road imperfectness seperti tambalan jalan dkk (maybe karena ban eco ya) terutama yang belakang, terlalu empuk dan mudah mengayun & jika mobil diisi 4 orang, ban belakang udah nyelup ke fender :big_blushing: but this is very ok for me karena yg penting buat saya ngga glodakan dan berisik, NVH menurut saya setara dengan HRV

Driving Position
Untuk saya tinggi 170an, driving position lumayan nyaman tangan saya pas dan kaki saya juga pas, walaupun sepertinya kalau tinggi saya 175cm keatas tangan saya akan kejauhan meraih steer. Untuk adjustment jok lumayan, recline dan height adjustment lumayan significant, bisa saya rendahin sehingga terasa membawa mobil pendek atau bisa saya tinggiiin sehingga saya bisa melihap kap mesin dengan nyaman :big_okay:

Fuel Cons.
Yup, dengan mobil harga segini dan mesin seperti ini memang saya mencari mobil yang lumayan mengasyikkan untuk harian namun juga makesense konsumsi nya,(kapok harian pake 325i) saya sendiri baru sempat isi full tank 2x dan says hitung pakai metode full to full, konsumsi yang didapatkan 15KM/L tepat 100% seperti yg tertulis di MID, 1 tangki raize ini dapat jalan pas 500km.

Entertainment
Based on previous car saya pribadi, dari mobil2 merk jepang yang pernah saya punya (under400mio)mungkin ini adalah mobil merk jepang yang mempunyai audio paling bagus, dari trebel hingga bass semua jelas dan settingan di HU yang lumayan komplit dapat mengakomodir kebutuhan jiwa saya yang suka ngutak atik settingan audio, dari Equalizer dengan range yang besar dan mudah disetting, Driving position, Soundeffect(loudness, staging, bass boost, autolevel sound, enhancer) dll.
Level audio Raize ini ada 1 step dibawah Ford Fiesta, hampir setara dengan oem bmw2 tuwir saya & hrv
:big_exellent: for Toyota

Another WHY
Prospek modifikasi, salah satu saya ambil manual juga karena saya pengen ada prospek2 modifikasi dari remap/dastek & pasang BOV :emo-big_love:

I think thats all dari review amatiran saya
Mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon input nya :mky_01:
Pernah di coba bbm apa aja om? Oktan lebih tinggi berasa jauh gak?
Adejul45
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 18, 2021 18:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

FR6 wrote: Tue Oct 05, 2021 8:50
Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07
FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
Kirain ada turbo bikin rendah Um, kayanya ngejar tarikan kuat ya :big_think:
alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29
Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07
FR6 wrote: Thu Sep 30, 2021 12:30 Nice review Om! Salam pancal kopling :mky_02:
Om nitip pertanyaan, ini 0-100 berapa & di gigi 5 kalau kecepatan 1000 muter di RPM berapa? Menurut saya ini penting buat kenyamanan cruising & fuelcons di Tol.
Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 5:14
alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29
Adejul45 wrote: Mon Oct 04, 2021 8:07

Siap thankyou om :mky_02:
0-100 belum pernah coba om, kayaknya malah agak lemot pas pindah2 gigi daripada cvt nya :mky_01:
Kalo cruising nya, 100kmh gear 5 ada di rpm 3200an, agak tinggi om kayaknya gacocok kalo buat sering2 tol :mky_01:
wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
FR6 wrote: Wed Oct 06, 2021 13:59
erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 5:14
alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29

wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
Artinya butuh gigi ke 6 Om :mky_02:
Iya nih om, sebenernya butuh gear 6 hahaha,
Sepertinya ini manual transmission nya di develop buat yang 1.2 om, karena secara teori saya sendiri, di jepang aja mesin yg 1.2 sama yang manual transmission(mesin 1.0 / 1.2) aja gaada.
Manual trans nya mungkin di develop biar dimasukin mesin 1.2 NA nya tarikan lumayan kuat
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

FR6 wrote: Wed Oct 06, 2021 13:59
erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 5:14
alvin23 wrote: Wed Oct 06, 2021 4:29

wah kl kecepatan tinggi mending yg cvt ya, effortless, 100kmh dibawah 2500rpm
Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
Artinya butuh gigi ke 6 Om :mky_02:
sienta di 3000an juga deh kalo ga salah, 6 speed padahal
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by maastricht889 »

Duvebriliant0 wrote: Thu Oct 07, 2021 7:18
FR6 wrote: Wed Oct 06, 2021 13:59
erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 5:14

Apa mgkn ini RnDnya mikir kalo raize turbo manual bkl jadi mobil niaga kaya jaman avansa lama sama inova lama ya om :big_biglaugh:

Inova bengsin manual lama jalan 100 aja 3200an rpm
Artinya butuh gigi ke 6 Om :mky_02:
sienta di 3000an juga deh kalo ga salah, 6 speed padahal
Kl sienta manual kayanya fitra eri pas reviewin sienta ya bilang gitu om, rasio giginya walaupun 6sp jatuhnya lebih boros dr cvtnya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 7:54 Kl sienta manual kayanya fitra eri pas reviewin sienta ya bilang gitu om, rasio giginya walaupun 6sp jatuhnya lebih boros dr cvtnya
maklum itu sienta rada2 error engineer-nya, pake transmisi yaris GR kayanya, jadilah family sleeper car gitu :big_biglaugh:
yg paling kocak itu pas bingung akselerasi lebih cepet dari AT apalagi CVT itu masih biasa, tapi ini short shifter :big_biglaugh:
mungkin ngejer biar bisa mendaki gunung lewati lembah yang mana 99% konsumen indo hidupnya di daerah seperti ini :upss:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Thu Oct 07, 2021 14:06
erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 7:54 Kl sienta manual kayanya fitra eri pas reviewin sienta ya bilang gitu om, rasio giginya walaupun 6sp jatuhnya lebih boros dr cvtnya
maklum itu sienta rada2 error engineer-nya, pake transmisi yaris GR kayanya, jadilah family sleeper car gitu :big_biglaugh:
yg paling kocak itu pas bingung akselerasi lebih cepet dari AT apalagi CVT itu masih biasa, tapi ini short shifter :big_biglaugh:
mungkin ngejer biar bisa mendaki gunung lewati lembah yang mana 99% konsumen indo hidupnya di daerah seperti ini :upss:
Iya om, kadang tuh di trans jawa saya nemu sienta gile buanter pollllll tapi stabil banget :big_biglaugh:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 14:38
kunaskun wrote: Thu Oct 07, 2021 14:06
erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 7:54 Kl sienta manual kayanya fitra eri pas reviewin sienta ya bilang gitu om, rasio giginya walaupun 6sp jatuhnya lebih boros dr cvtnya
maklum itu sienta rada2 error engineer-nya, pake transmisi yaris GR kayanya, jadilah family sleeper car gitu :big_biglaugh:
yg paling kocak itu pas bingung akselerasi lebih cepet dari AT apalagi CVT itu masih biasa, tapi ini short shifter :big_biglaugh:
mungkin ngejer biar bisa mendaki gunung lewati lembah yang mana 99% konsumen indo hidupnya di daerah seperti ini :upss:
Iya om, kadang tuh di trans jawa saya nemu sienta gile buanter pollllll tapi stabil banget :big_biglaugh:
nah bener kyknya di set biar kuat nanjak sama bawa beban kali yaa, risetnya khusus buat market indo makanya di tempat kelahirannya aja gk ada manual. makanya waktu kapan sy coba itu rasionya kyk pas gitu rapet rapet dan pas nanjak lumayan enak (walau ga se enak avansa), tp sayang mungkin unit rentalnya kurang terawat waktu itu jadi di kecepatan tinggi narik sebelah :big_biglaugh:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by satriakarisma »

Duvebriliant0 wrote: Thu Oct 07, 2021 15:01
erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 14:38
kunaskun wrote: Thu Oct 07, 2021 14:06

maklum itu sienta rada2 error engineer-nya, pake transmisi yaris GR kayanya, jadilah family sleeper car gitu :big_biglaugh:
yg paling kocak itu pas bingung akselerasi lebih cepet dari AT apalagi CVT itu masih biasa, tapi ini short shifter :big_biglaugh:
mungkin ngejer biar bisa mendaki gunung lewati lembah yang mana 99% konsumen indo hidupnya di daerah seperti ini :upss:
Iya om, kadang tuh di trans jawa saya nemu sienta gile buanter pollllll tapi stabil banget :big_biglaugh:
nah bener kyknya di set biar kuat nanjak sama bawa beban kali yaa, risetnya khusus buat market indo makanya di tempat kelahirannya aja gk ada manual. makanya waktu kapan sy coba itu rasionya kyk pas gitu rapet rapet dan pas nanjak lumayan enak (walau ga se enak avansa), tp sayang mungkin unit rentalnya kurang terawat waktu itu jadi di kecepatan tinggi narik sebelah :big_biglaugh:
ini sienta MT apa AT om?
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

satriakarisma wrote: Fri Oct 08, 2021 3:53
Duvebriliant0 wrote: Thu Oct 07, 2021 15:01
erwinign wrote: Thu Oct 07, 2021 14:38

Iya om, kadang tuh di trans jawa saya nemu sienta gile buanter pollllll tapi stabil banget :big_biglaugh:
nah bener kyknya di set biar kuat nanjak sama bawa beban kali yaa, risetnya khusus buat market indo makanya di tempat kelahirannya aja gk ada manual. makanya waktu kapan sy coba itu rasionya kyk pas gitu rapet rapet dan pas nanjak lumayan enak (walau ga se enak avansa), tp sayang mungkin unit rentalnya kurang terawat waktu itu jadi di kecepatan tinggi narik sebelah :big_biglaugh:
ini sienta MT apa AT om?
6MT om
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by satriakarisma »

Duvebriliant0 wrote: Fri Oct 08, 2021 3:59
satriakarisma wrote: Fri Oct 08, 2021 3:53
Duvebriliant0 wrote: Thu Oct 07, 2021 15:01

nah bener kyknya di set biar kuat nanjak sama bawa beban kali yaa, risetnya khusus buat market indo makanya di tempat kelahirannya aja gk ada manual. makanya waktu kapan sy coba itu rasionya kyk pas gitu rapet rapet dan pas nanjak lumayan enak (walau ga se enak avansa), tp sayang mungkin unit rentalnya kurang terawat waktu itu jadi di kecepatan tinggi narik sebelah :big_biglaugh:
ini sienta MT apa AT om?
6MT om
thx om,
oot dikit, jadi kl sienta tarikannya enak mt apa cvt sih Om? perasaan sama2 lemotnya..wkwkwk
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

satriakarisma wrote: Fri Oct 08, 2021 4:07
Duvebriliant0 wrote: Fri Oct 08, 2021 3:59
satriakarisma wrote: Fri Oct 08, 2021 3:53

ini sienta MT apa AT om?
6MT om
thx om,
oot dikit, jadi kl sienta tarikannya enak mt apa cvt sih Om? perasaan sama2 lemotnya..wkwkwk
kurang tau yang cvt oom, baru pernah nyoba yang manual aja saya :big_peace:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by satriakarisma »

Duvebriliant0 wrote: Fri Oct 08, 2021 6:06
satriakarisma wrote: Fri Oct 08, 2021 4:07
Duvebriliant0 wrote: Fri Oct 08, 2021 3:59

6MT om
thx om,
oot dikit, jadi kl sienta tarikannya enak mt apa cvt sih Om? perasaan sama2 lemotnya..wkwkwk
kurang tau yang cvt oom, baru pernah nyoba yang manual aja saya :big_peace:
terima kasih reply-nya Om Duve :big_deal:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Venturtle »

nice review, om :big_smile]
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by r1409 »

kalau FC yg cvt apa ada yg udah test? jadi penasaran, katanya bisa hampir seirit ignis, tapi dapet kabin lebih besar. apalagi denger2 ignis banyak yg masalah di kopling dan sistem AGS nya.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by alvin23 »

r1409 wrote: Fri Oct 15, 2021 3:44 kalau FC yg cvt apa ada yg udah test? jadi penasaran, katanya bisa hampir seirit ignis, tapi dapet kabin lebih besar. apalagi denger2 ignis banyak yg masalah di kopling dan sistem AGS nya.
Average dalkot 14,5km/liter, Pertamax

Seirit Ignis saya gatau, tapi kabin lebih besar saya setuju. Puas pake rocky dan raize, terutama di space kabin mulai dari depan, belakang, bagasi kayak 1 level diatas mobil kayak Ignis, Brio. Padahal panjangnya ringkas cuma 4m
Rocky R ADS CVT 2021
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by maastricht889 »

alvin23 wrote: Fri Oct 15, 2021 6:22
r1409 wrote: Fri Oct 15, 2021 3:44 kalau FC yg cvt apa ada yg udah test? jadi penasaran, katanya bisa hampir seirit ignis, tapi dapet kabin lebih besar. apalagi denger2 ignis banyak yg masalah di kopling dan sistem AGS nya.
Average dalkot 14,5km/liter, Pertamax

Seirit Ignis saya gatau, tapi kabin lebih besar saya setuju. Puas pake rocky dan raize, terutama di space kabin mulai dari depan, belakang, bagasi kayak 1 level diatas mobil kayak Ignis, Brio. Padahal panjangnya ringkas cuma 4m
Saya yg pernah punya yaris bakpao terus tes duduk di raize malah jd nostalgia feel interiornya om, mirip banget. Bedanya dr positioning kursi sama deknya lbh tinggi sedikit di raize