1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by trebla88 »

Pada saat pertabo 15rb/ltr
Kita lihat duo rr ini yg 1.0t dicekoki pertalite ketahananya bagaimana
Belum masalah oli yg dr beres daerah mungkin masih dicekoki 10-40 :mky_03:

Pilihan aman mesin 1.2 ke depannya sih
Cuma kalau 1.0t lebih gampang gain powernya :ungg:
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sanfip77 »

saya pernah coba pakai pertalite di RR turbo mesinnya tidak ngelitik lho om, secara spek di manual book toyota memang oktan yang dianjurkan minimal 90, sedangkan di daihatsu minimal oktan 91.
Saya kurang tahu pertimbangan kedua pabrikan ini kok berbeda spek bbm nya.
Dahulu sewaktu awal launching brosur daihatsu kan engine horsepowernya lebih gede dibanding Raize.
Protocol OBD kedua mobil ini juga sepertinya berbeda , saya pernah coba colok OBD2 di daihatsu rocky tidak bisa membaca data engine, tetapi di Raize bisa. Yah masih ada hal2 yang misteri di antara keduanya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3286
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by kunaskun »

sanfip77 wrote: ↑06 Nov 2021, 08:44 saya pernah coba pakai pertalite di RR turbo mesinnya tidak ngelitik lho om, secara spek di manual book toyota memang oktan yang dianjurkan minimal 90, sedangkan di daihatsu minimal oktan 91.
Saya kurang tahu pertimbangan kedua pabrikan ini kok berbeda spek bbm nya.
Dahulu sewaktu awal launching brosur daihatsu kan engine horsepowernya lebih gede dibanding Raize.
Protocol OBD kedua mobil ini juga sepertinya berbeda , saya pernah coba colok OBD2 di daihatsu rocky tidak bisa membaca data engine, tetapi di Raize bisa. Yah masih ada hal2 yang misteri di antara keduanya
bisa jadi ECU berbeda jadi dicolok OBD di rocky ga jalan. mungkin berkaitan dengan fitur TSS. menurut saya agak lumrah kok untuk ukuran sebesar Toyota.
applecart
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 03 Sep 2016, 20:14

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by applecart »

Penasaran kenapa Raize saya cuma bisa dapet 10.9km/L dalam kota ya πŸ€”
McLaren
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by McLaren »

applecart wrote: ↑07 Nov 2021, 07:18 Penasaran kenapa Raize saya cuma bisa dapet 10.9km/L dalam kota ya πŸ€”
Kotanya terlalu macet kali om…
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

abis dipinjemin rocky 1.0t ASA, yg saya notice kok dari D ke N malah kayak nyentak yah? dari N ke D cuma geter dikit. sama cruise control itu emang gaada yah? ato sy yang gak nemu tombolnya :mky_01:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
McLaren
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by McLaren »

Duvebriliant0 wrote: ↑07 Nov 2021, 11:21 abis dipinjemin rocky 1.0t ASA, yg saya notice kok dari D ke N malah kayak nyentak yah? dari N ke D cuma geter dikit. sama cruise control itu emang gaada yah? ato sy yang gak nemu tombolnya :mky_01:
Emg ga ada om… yg punya raize tss yg langsung adaptive cruise control
blackncp91
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Yaris E AT 2012

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?

Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1740
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by alvin23 »

blackncp91 wrote:Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?

Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
Nah kl ke 1.2 gatau

Tp kl dr 1nz ke 1.0 turbo, honestly enjoy yg turbo ini sih. Apalagi dual cvt yg baru ini jauh lbh smart drpd 4ATnya 1 NZ

Meski turun scr spek hp, tp sehari2nya malah terasa lbh kencang ni raize dan rocky turbo
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
sonsa
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 14 Feb 2017, 21:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sonsa »

blackncp91 wrote: ↑08 Nov 2021, 17:14 Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?

Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
saya cuma pernah coba nyalakan mesin nya dan coba maju mundur aja. karena waktu itu saya Test Drive yg 1.0 TC eh ternyata ada juga unit yg 1.2 jadi sekalian aja coba nyalakan. heran nya yg 1.2 ini waktu dinyalakan getar nya lumayan kerasa, jauh lebih mending yg 1.0 turbo.

kalau menurut saya lebih prefer ke yg 1.0 turbo om. ga akan kerasa kok penurunan tenaga dr yg biasa pake 1.5 ke 1.0 turbo.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3164
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Pboyz97 »

blackncp91 wrote: ↑08 Nov 2021, 17:14 Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?

Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
kalo yg 1.2 kurang tau, tapi kalo yg 1.0 turbo sih lumayan ya tarikannya buat ukuran mesin 3 cyl, entah knp lebih responsif dibanding yaris bakpao dan yaris joker saya dulu tarikan bawahnya , kebetulan dulu pernah piara yaris bakpao dan yaris joker + udh pernah nyoba raize ini, kalo mau raize saya lebih prefer yg 1.0 turbo, dan kalo emg ada budgetnya beli yg TSS sekalian, worth kok sm harganya menurut saya karena fiturnya cukup lengkap buat ukuran mobil baru under 300 jt menurut saya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
blackncp91
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Yaris E AT 2012

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

Makasih om-om diatas yg udah reply utk impresi mesinnya Raize, jd kalo utk pindah dr Bakpao lebih mending ke 1.0T nya aja ya drpd yg 1200cc nya. Jadi sedikit tercerahkan nih, soalnya banyak yg komen juga mesin 1.0T nya lemot di low rpm dan baru berasa enak ketika turbonya udah bekerja.

Pengalaman 1 bulan lalu, di tol cipularang arah bandung, ada yg bawa Raize GR Sport memang kenceng juga sih, sempet iring2an juga bbrp saat dan yg saya rasakan sepertinya memang tarikan atasnya nampol.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

McLaren wrote: ↑07 Nov 2021, 15:11
Duvebriliant0 wrote: ↑07 Nov 2021, 11:21 abis dipinjemin rocky 1.0t ASA, yg saya notice kok dari D ke N malah kayak nyentak yah? dari N ke D cuma geter dikit. sama cruise control itu emang gaada yah? ato sy yang gak nemu tombolnya :mky_01:
Emg ga ada om… yg punya raize tss yg langsung adaptive cruise control
oohh pantesan.. ternyata masih dibedain yah harus bagusan atoyot wkwk. tengs om :big_okay:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
rixrex
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 07 Feb 2017, 11:56

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by rixrex »

blackncp91 wrote: ↑09 Nov 2021, 12:14 Makasih om-om diatas yg udah reply utk impresi mesinnya Raize, jd kalo utk pindah dr Bakpao lebih mending ke 1.0T nya aja ya drpd yg 1200cc nya. Jadi sedikit tercerahkan nih, soalnya banyak yg komen juga mesin 1.0T nya lemot di low rpm dan baru berasa enak ketika turbonya udah bekerja.

Pengalaman 1 bulan lalu, di tol cipularang arah bandung, ada yg bawa Raize GR Sport memang kenceng juga sih, sempet iring2an juga bbrp saat dan yg saya rasakan sepertinya memang tarikan atasnya nampol.
Kebetulan saya pake raize 1.0T GR TSS, low rpm kena turbo lag..cm kalau udah rpm 2000 keatas sadis tarikannya. Klo masih kurang ya pencet tombol power di stir agar gk kerasa turbo lag.
blackncp91
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Yaris E AT 2012

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

rixrex wrote: ↑09 Nov 2021, 18:05
blackncp91 wrote: ↑09 Nov 2021, 12:14 Makasih om-om diatas yg udah reply utk impresi mesinnya Raize, jd kalo utk pindah dr Bakpao lebih mending ke 1.0T nya aja ya drpd yg 1200cc nya. Jadi sedikit tercerahkan nih, soalnya banyak yg komen juga mesin 1.0T nya lemot di low rpm dan baru berasa enak ketika turbonya udah bekerja.

Pengalaman 1 bulan lalu, di tol cipularang arah bandung, ada yg bawa Raize GR Sport memang kenceng juga sih, sempet iring2an juga bbrp saat dan yg saya rasakan sepertinya memang tarikan atasnya nampol.
Kebetulan saya pake raize 1.0T GR TSS, low rpm kena turbo lag..cm kalau udah rpm 2000 keatas sadis tarikannya. Klo masih kurang ya pencet tombol power di stir agar gk kerasa turbo lag.
Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2 :mky_04:

1.0T -->Tenaga ga ngecewain, tapi jangka panjang msh agak ragu dgn keawetan dan maintenance sistem turbonya
1.2 --> Tenaga sepertinya agak mengecewakan tapi utk jangka panjang perawatan lebih mudah

Sepertinya mau usahakan utk lakukan TD dulu di masing2 tipe engine tsb supaya ga salah ambil dan menyesal :big_smile]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by ChZ »

blackncp91 wrote: ↑11 Nov 2021, 12:54 Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2 :mky_04:

1.0T -->Tenaga ga ngecewain, tapi jangka panjang msh agak ragu dgn keawetan dan maintenance sistem turbonya
1.2 --> Tenaga sepertinya agak mengecewakan tapi utk jangka panjang perawatan lebih mudah

Sepertinya mau usahakan utk lakukan TD dulu di masing2 tipe engine tsb supaya ga salah ambil dan menyesal :big_smile]
menyumbang perspektif dari pengguna turbo merek sebelah :upss:

kadang lucu juga banyak yang begitu dengar mobil berturbo hanya karena embel-embel turbo, pdhl truk colt diesel dan innova diesel rentalan juga udah dari jaman awal 2000an pake turbo

kl bone stock mesin gak diapa apain rawatan turbo gak beda koq bahkan secara prinsip cara kerja aja sama persis khan sama-sama udara dimasukin ke silinder. malah biasanya jerohan mesin turbo itu lebih kuat daripada NA dan dari pabrik cuma dikeluarin hanya mungkin gak sampe 70% dari kemampuan maksimal (apalagi toyota, 2KD turbocharged aja cuma 102 hp itu gak kurang loyo apa?) krn pertimbangan durabilitas jangka panjang dan tetek bengek lain spt kebiasaan rakyat +62 mengisi BBM termurah yang ada.

jadi tenang aja apalagi ini toyota astra udah mempertimbangkan mesin canggih diisi oktan 90. orang CRV diisi ron90 aja pada anteng anteng kan gak ada cerita jebol karena salah isi :mky_03:

makanya mesin bensin turbo kalau begitu pasang aftermarket parts, retuning untuk bensin oktan tinggi sih tenaganya gila.

hanya kalau mau nikmatin maksimal performance dan keawetannya, sila invest ke lendir-lendir berkualitas baik untuk engine maupun CVT krn spek OEM itu pukul rata. kl masih sayang sayang ama warranty ya sudah 3 taun pake oli sapujagat OEM won't hurt in the long run.

paling kalo udah tua, butuh extra maintenance untuk piping-piping karetnya aja krn suka getas dan bikin tenaga tau-tau ngempos. penyebab turbo jebol itu kalo ngga salah oli, kurang oli, knocking (makanya LSPI protection penting), dan overboosted. sisanya regular wear n tear aja.

ini nurut saya ya oom, kalau mampu beli raize yang turbo ya sayang atuh beli yang 1.2 liter :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
blackncp91
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Yaris E AT 2012

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by blackncp91 »

ChZ wrote: ↑11 Nov 2021, 13:59
blackncp91 wrote: ↑11 Nov 2021, 12:54 Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2 :mky_04:

1.0T -->Tenaga ga ngecewain, tapi jangka panjang msh agak ragu dgn keawetan dan maintenance sistem turbonya
1.2 --> Tenaga sepertinya agak mengecewakan tapi utk jangka panjang perawatan lebih mudah

Sepertinya mau usahakan utk lakukan TD dulu di masing2 tipe engine tsb supaya ga salah ambil dan menyesal :big_smile]
menyumbang perspektif dari pengguna turbo merek sebelah :upss:

kadang lucu juga banyak yang begitu dengar mobil berturbo hanya karena embel-embel turbo, pdhl truk colt diesel dan innova diesel rentalan juga udah dari jaman awal 2000an pake turbo

kl bone stock mesin gak diapa apain rawatan turbo gak beda koq bahkan secara prinsip cara kerja aja sama persis khan sama-sama udara dimasukin ke silinder. malah biasanya jerohan mesin turbo itu lebih kuat daripada NA dan dari pabrik cuma dikeluarin hanya mungkin gak sampe 70% dari kemampuan maksimal (apalagi toyota, 2KD turbocharged aja cuma 102 hp itu gak kurang loyo apa?) krn pertimbangan durabilitas jangka panjang dan tetek bengek lain spt kebiasaan rakyat +62 mengisi BBM termurah yang ada.

jadi tenang aja apalagi ini toyota astra udah mempertimbangkan mesin canggih diisi oktan 90. orang CRV diisi ron90 aja pada anteng anteng kan gak ada cerita jebol karena salah isi :mky_03:

makanya mesin bensin turbo kalau begitu pasang aftermarket parts, retuning untuk bensin oktan tinggi sih tenaganya gila.

hanya kalau mau nikmatin maksimal performance dan keawetannya, sila invest ke lendir-lendir berkualitas baik untuk engine maupun CVT krn spek OEM itu pukul rata. kl masih sayang sayang ama warranty ya sudah 3 taun pake oli sapujagat OEM won't hurt in the long run.

paling kalo udah tua, butuh extra maintenance untuk piping-piping karetnya aja krn suka getas dan bikin tenaga tau-tau ngempos. penyebab turbo jebol itu kalo ngga salah oli, kurang oli, knocking (makanya LSPI protection penting), dan overboosted. sisanya regular wear n tear aja.

ini nurut saya ya oom, kalau mampu beli raize yang turbo ya sayang atuh beli yang 1.2 liter :mky_01:
Makasih om ChZ utk replynya, menurut saya benar juga sih ttg sistem turbo yg ditulis om ChZ, apalagi ada potensi besar utk tuning dibanding yg N/A 1.2.

Dulu taun 2010an pernah pelihara Inopa diesel beli dari baru sampai dijual lagi sekitar taun 2018 itu turbonya kaga pernah dirawat apa2, perawatan juga padahal sekadarnya saja kaya ganti oli, filter2, dsb, dan tidak dilakukan di bengkel resmi. Tapi sampe tu mobil dijual lg dgn KM hampir 100ribu ya memang tidak ada issue apapun sih baik di engine maupun di turbonya, padahal dari baru ga pernah itu pasang2 semacam turbo timer (padahal lg beli, sales diler mati2an nawarin pasang ini katanya supaya turbo awet tp sy tolak mentah2), karena sy pikir buat apaan pasang kaya gituan, toh turbonya 2KD bukan turbo hi performance.

Kalo begini sih jd makin yaqueen utk ambil yg 1.0T aja ya, walaupun beda harganya cukup lumayan sih sama yg 1.2, tp drpd nanti kecewa gara2 tenaga yg lemot, sepertinya beda belasan juta tsb msh layak untuk dipertimbangkan. :big_okay:
sonsa
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 14 Feb 2017, 21:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sonsa »

Mau share nih bos..

Sy akhir nya ambil Raize 1.0 GR Sport CVT warna Grey. Awalnya mau ambil yg type G aja, tp karena stock nya kosong ya udalah daripada kelamaan tunggu akhir nya ambil yg GR.

Impresi untuk BQ ya so..so.. untuk interior di pilar A kiri dengan dashboard nya ada celah kayak ga rapet gitu. terus kl lewat jalan yg ga rata ada banyak bunyi2an. ada bunyi rattle dan ada bunyi glodak2 kecil yg seperti nya berasal dr plastik. (bukan dari kaki-kaki). Peredaman suara atap mobil kl dibandingkan dengan Honda Jazz S tahun 2016 yg dulu pernah saya pake masih better Raize. Kalau suara Road Noise dan kaki2 jelas lebih senyap Raize drpada Jazz :mky_01:
Untuk suara enviroment sekitar ya ga bs dibilang bagus juga, suara motor dll masih masuk. ya mungkin wajar untuk harga sekelas ini.

Kalau untuk eksterior di unit saya ada gap yg ga rata di daerah bumper depan. selebih nya ga ada masalah. pintu bagasi belakang cukup berat , pintu depan lebih berat drpada pintu baris 2.

Engine 1.0 TC ini mmg rpm bawah nya ( under 2.000) terasa kosong, diatas nya waktu turbo uda masuk rentang rpm optimal baru tenaga nya yg keluar lumayan untuk melajukan Raize ini. Soal kehalusan mesin dan vibrasi nya bagaimana pun kl dicompare dgn mesin NA 4 silinder tentu ga bisa menyaingi mesin dr Honda Jazz 1.5 yg dulu sy pakai. Di kecepatan tertentu pas rpm rendah, rasa nya terasa getar. Karakter CVT jujur saya lebih suka di Honda Jazz. CVT Jazz terasa lebih halus dan responsif (bisa jadi karena kombinasi mesin NA 1.5 & CVT yg halus compare dgn 1.0 TC 3 silinder & CVT), atau mungkin perlu pembiasaan diri ya untuk karakter CVT Raize.

Untuk suspensi pasti lebih limbung Raize karena gc yg lebih tinggi, tapi masih dlm batas bs ditoleransi. kelemahan Raize ketika menghadapi jalan tidak rata / keriting baru muncul. terasa mmg budget suspensi nya. peredaman nya kurang halus, terasa guncang di kabin. ini PR mungkin bs diatasi dgn upgrade suspensi aftermarket jika nanti sudah tersedia. Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.

Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu.. :big_childish:
apakah bener seperti itu ??

Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan
marvelio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 15 Feb 2021, 10:17
Daily Vehicle: SKYACTIV-G - 2GD-FTV - 2ZR-FE

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by marvelio »

sonsa wrote: ↑16 Nov 2021, 08:48
-cut-

Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.

Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu.. :big_childish:
apakah bener seperti itu ??

Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan

Saya kira Raize dapetnya Turanza T005 ternyata masih Dunlop Enasave ya om. Sayang banget.

Kalo mobil di acc on doang biasa ada suara fuel pump mompa bensin, paling lama 3 detikan mungkin om. Kalo selain itu kayanya jarang ada suara lain deh. CMIIW.
sonsa
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 14 Feb 2017, 21:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by sonsa »

marvelio wrote: ↑16 Nov 2021, 09:53
sonsa wrote: ↑16 Nov 2021, 08:48
-cut-


Saya kira Raize dapetnya Turanza T005 ternyata masih Dunlop Enasave ya om. Sayang banget.

Kalo mobil di acc on doang biasa ada suara fuel pump mompa bensin, paling lama 3 detikan mungkin om. Kalo selain itu kayanya jarang ada suara lain deh. CMIIW.
Nah itu om , kata nya teknisi Toyota suara throttle body, tp ini kok terus-terusan ya.. ga 3 detik om.. selama itu kontak on juga bunyi terus..
Ban nya iya dpt EnaSave.. Agak nyesek mmg, yg 1.2 unit tertentu dpt Turanza T005. Sy lihat sendiri soal nya pas diajak ke gudang nya Toyota sama Daihatu juga..
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3404
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

marvelio wrote: ↑16 Nov 2021, 09:53
sonsa wrote: ↑16 Nov 2021, 08:48
-cut-

Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.

Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu.. :big_childish:
apakah bener seperti itu ??

Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan

Saya kira Raize dapetnya Turanza T005 ternyata masih Dunlop Enasave ya om. Sayang banget.

Kalo mobil di acc on doang biasa ada suara fuel pump mompa bensin, paling lama 3 detikan mungkin om. Kalo selain itu kayanya jarang ada suara lain deh. CMIIW.
Ban raize turbo 1.0/rocky 1.0 turbo (205 60 17) = Dunlop enasave/GT champ ecotec

Ban raize 1.2G/rocky 1.2 (205 65 16) = BS turanza T005A/GT champ luxe ato ecotec (lupa)
Don't Judge The Book By It's Cover
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3164
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Pboyz97 »

sonsa wrote: ↑16 Nov 2021, 08:48 Mau share nih bos..

Sy akhir nya ambil Raize 1.0 GR Sport CVT warna Grey. Awalnya mau ambil yg type G aja, tp karena stock nya kosong ya udalah daripada kelamaan tunggu akhir nya ambil yg GR.

Impresi untuk BQ ya so..so.. untuk interior di pilar A kiri dengan dashboard nya ada celah kayak ga rapet gitu. terus kl lewat jalan yg ga rata ada banyak bunyi2an. ada bunyi rattle dan ada bunyi glodak2 kecil yg seperti nya berasal dr plastik. (bukan dari kaki-kaki). Peredaman suara atap mobil kl dibandingkan dengan Honda Jazz S tahun 2016 yg dulu pernah saya pake masih better Raize. Kalau suara Road Noise dan kaki2 jelas lebih senyap Raize drpada Jazz :mky_01:
Untuk suara enviroment sekitar ya ga bs dibilang bagus juga, suara motor dll masih masuk. ya mungkin wajar untuk harga sekelas ini.

Kalau untuk eksterior di unit saya ada gap yg ga rata di daerah bumper depan. selebih nya ga ada masalah. pintu bagasi belakang cukup berat , pintu depan lebih berat drpada pintu baris 2.

Engine 1.0 TC ini mmg rpm bawah nya ( under 2.000) terasa kosong, diatas nya waktu turbo uda masuk rentang rpm optimal baru tenaga nya yg keluar lumayan untuk melajukan Raize ini. Soal kehalusan mesin dan vibrasi nya bagaimana pun kl dicompare dgn mesin NA 4 silinder tentu ga bisa menyaingi mesin dr Honda Jazz 1.5 yg dulu sy pakai. Di kecepatan tertentu pas rpm rendah, rasa nya terasa getar. Karakter CVT jujur saya lebih suka di Honda Jazz. CVT Jazz terasa lebih halus dan responsif (bisa jadi karena kombinasi mesin NA 1.5 & CVT yg halus compare dgn 1.0 TC 3 silinder & CVT), atau mungkin perlu pembiasaan diri ya untuk karakter CVT Raize.

Untuk suspensi pasti lebih limbung Raize karena gc yg lebih tinggi, tapi masih dlm batas bs ditoleransi. kelemahan Raize ketika menghadapi jalan tidak rata / keriting baru muncul. terasa mmg budget suspensi nya. peredaman nya kurang halus, terasa guncang di kabin. ini PR mungkin bs diatasi dgn upgrade suspensi aftermarket jika nanti sudah tersedia. Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.

Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu.. :big_childish:
apakah bener seperti itu ??

Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan
congrats om buat mobil barunya. kalo dari jazz ke raize sih bakal dapet road noise yg lebih baik, model yg lebih fresh, fitur yg cukup lengkap dan juga gc yg lebih tinggi. cuma minusnya ya itu, handling dan driving feelnya ga seenak jazz (kebetulan udh pernah nyobain GK5 punya om saya dan raize baru juga) . cukup naksir sih sm mobil ini, seandainya saya masih piara yaris joker trd 2019 dan blm ambil HRV seken, mungkin raize ini yg akan menjadi pengganti yaris saya, cuma ya karena udh terlanjur beli hrv seken awal tahun ini ya jadi kurang yakin sm raize ini karena handling + driving feelnya gak seenak hrv hehehe
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Post Reply