1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Adejul45
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 19 Aug 2021, 01:19

1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

Selamat sore semua :big_smile]
Izin melakukan review dan post pertama saya di forum SM ini. (Have been SR for years)

For a background & comparison, i used to daily drive:
- Smart Fortwo AMT 2012
- Bmw e87, e90, e46(current)
- Honda Brio 1.2 E MT
- Ford Fiesta Ecoboost DCT
- Suzuki Ignis AMT (only 2 weeks)
- Nissan Evalia XV MT (current)
- Nissan March 1.5 MT
- Honda HRV 1.5 SE (current)

Yup, di bulan Mei ini saya sempet ngelirik mobil yang masih disarungin di siang hari disebuah mall di magelang and turned out it was the raize sebelum resmi diluncurkan
Screenshot_20210922-174351_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-174351_Gallery.jpg (205.16 KiB) Viewed 2909 times
And unit yang saya tengok ini adalah tipe G 1.0t MT, ofc tanpa babibu saya langsung ngomong ke sales yg standby dan minta izin buat masuk ke kabin. Untuk ukuran sebuah merek T dan berada di price range ini, interior feels pretty fantastic and never ever expected this kind of interior for merk T di Indonesia
Screenshot_20210922-174133_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-174133_Gallery.jpg (215.36 KiB) Viewed 2909 times
Kebetulan saya lebih prefer manual dibandingkan CVT, walaupun kalau ada pilihan saya akan lebih pilih Auto(zf) dan sayapun coba feel dari clutch dan shifter, another fantastic experience yang saya ga nyangka, the shifter feels tactile, short, and clicky dan kopling yang pendek dan lumayan empuk, but wait, this is only static review of the clutch :mky_04:

Months later saya ada dana dan memutuskan untuk ambil unit di nasmoco terdekat, cari2 info ke beberapa sales dan hasilnya adalah, daihatsu rocky tersedia semua varian dan warna, tanpa perlu inden2an dan untuk toyota raize, semua inden sekitar 1 - 3 bulan kecuali untuk tipe G, 1.0T Manual warna dark grey.

Okedeh saya TD both rocky and raize, kedua unit nya CVT and i was amazed :big_exellent: this is maybe the best CVT i ever tested. Accelerasi dari 0 ke 60kmh untuk kota2 sangat ringan dan hampir tidak ada gejala delay, even 0-40 hampir tidak ada raungan mobil seperti meluncur saja dengan ringan :off_good_job: to compare, secara accelerasi HRV jauh tertinggal dibelakang dengan ngeden dan raungannya :upss:

As i said before, walaupun cvt nya menurut saya enak, saya tetep prefer manual karena cvt tetep ada dengungnya di accelerasi kecepatan menengah keatas and commute saya harian 80km tidak ada macet, jalanan menanjak so i think it would be a great daily & better fuel cons

SPK is done for Raize G MT 1.0 Dark grey, sekitar seminggu semenjak saya melakukan SPK 15% dan mobil ditangan saya dengan plat sementara, berikut penampakan pas ambil unit
Screenshot_20210922-180636_Video Player.jpg
Screenshot_20210922-180636_Video Player.jpg (221.29 KiB) Viewed 2909 times
Sekalian penampakan terakhir, karena lupa ambil2 foto pas ambil unit :big_peace:
Screenshot_20210922-180859_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-180859_Gallery.jpg (248.48 KiB) Viewed 2909 times
Screenshot_20210922-181021_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181021_Gallery.jpg (71.36 KiB) Viewed 2909 times
Screenshot_20210922-181228_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181228_Gallery.jpg (243.84 KiB) Viewed 2909 times
View bagian belakang & lampu hidup adalah sisi paling ganteng buat trim ini menurut saya :big_love:
Screenshot_20210922-181113_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181113_Gallery.jpg (167.05 KiB) Viewed 2909 times
And u can see how imut it is saat disandingkan dengan suv V8 :big_blushing:

Lanjut ke Driving Experience:
To be honest, first week of owning saya bingung dan agak panik, karena mobil ini gabisa alus saat takeoff :big_dunno:
Saya sampe bingung, ini mobilnya yang salah apa saya yang gabisa mainin kopling nya karena setiap saat mau take off, dari daerah mesin ada suara dan getaran dredegdegdegdeg yang menurut saya aneh aja, ngga seperti kurang gas, dan saya pun mencoba2 berbagai metode take off dari kasih lebih gas dll akhirnya saya nyerah dan besoknya saya bawa ke diler.

2 hari proses saya bolak balik dan akhirnya kesimpulan adalah mobil ini gabisa take off secara halus & sigap, okedeh saya seperti belajar mobil manual lagi, setiap take off lepas kopling sangat perlahan dan ditahan dulu sampai ada momentum baru itu mobil bisa meluncur secara halus

Engine
As u all know, ini mesin calya yang dikasih turbo, 1KR-VET 1000cc 3cyl. Getaran di mesin sangat besar, namun sepertinya ada development major di engine mounting sehingga getaran tidak tersalurkan ke body / kabin mobil :big_exellent: karakter mesin ini kalau dibawa harian RPM under 2k, serasa bawa mobil NA biasa namun kalau rpm ke bablasan dikit ke 2.4k an, udah njambak aja turbo nya terutama di gear 1&2 :big_smile]


Transmission
Shifter serasa tactile & clicky, serasa shifter buat simulator :big_okay:
Rasio transmisi manual ini pendek2, pendek nya seperti membawa pickup dan ada suara2 ala sequential ngiung2 di gigi 1&2, gear 1 dan 2 benar2 untuk low speed dan mudah sekali untuk kena boost di rpm 2.5k keatas, sedangkan gear 3 nyaman untuk selip2 dikecepatan 40 - 60 dengan torsi yang terasa mengisi sampai rpm 5000an dan setelah itu loyo :big_bored:

Steering
dibandingkan dengan previous mobil saya bmw dan fiesta memang ini stir terasa tidak ada feedback sama sekali, tapi saya acung jempol karena directness of steering ratio nya yang bikin mobil ini enak, bisa lincah meliuk2 dengan mudah dan yang jelas stir kembali ke tengah, tidak seperti ignis yang mesti ditengahin manual :big_okay:

Suspension
Lanjut suspensi, kerasa memang seperti suspensi mobil murah, empuk dan ngayun iya tapi kurang meredam road imperfectness seperti tambalan jalan dkk (maybe karena ban eco ya) terutama yang belakang, terlalu empuk dan mudah mengayun & jika mobil diisi 4 orang, ban belakang udah nyelup ke fender :big_blushing: but this is very ok for me karena yg penting buat saya ngga glodakan dan berisik, NVH menurut saya setara dengan HRV

Driving Position
Untuk saya tinggi 170an, driving position lumayan nyaman tangan saya pas dan kaki saya juga pas, walaupun sepertinya kalau tinggi saya 175cm keatas tangan saya akan kejauhan meraih steer. Untuk adjustment jok lumayan, recline dan height adjustment lumayan significant, bisa saya rendahin sehingga terasa membawa mobil pendek atau bisa saya tinggiiin sehingga saya bisa melihap kap mesin dengan nyaman :big_okay:

Fuel Cons.
Yup, dengan mobil harga segini dan mesin seperti ini memang saya mencari mobil yang lumayan mengasyikkan untuk harian namun juga makesense konsumsi nya,(kapok harian pake 325i) saya sendiri baru sempat isi full tank 2x dan says hitung pakai metode full to full, konsumsi yang didapatkan 15KM/L tepat 100% seperti yg tertulis di MID, 1 tangki raize ini dapat jalan pas 500km.

Entertainment
Based on previous car saya pribadi, dari mobil2 merk jepang yang pernah saya punya (under400mio)mungkin ini adalah mobil merk jepang yang mempunyai audio paling bagus, dari trebel hingga bass semua jelas dan settingan di HU yang lumayan komplit dapat mengakomodir kebutuhan jiwa saya yang suka ngutak atik settingan audio, dari Equalizer dengan range yang besar dan mudah disetting, Driving position, Soundeffect(loudness, staging, bass boost, autolevel sound, enhancer) dll.
Level audio Raize ini ada 1 step dibawah Ford Fiesta, hampir setara dengan oem bmw2 tuwir saya & hrv
:big_exellent: for Toyota

Another WHY
Prospek modifikasi, salah satu saya ambil manual juga karena saya pengen ada prospek2 modifikasi dari remap/dastek & pasang BOV :emo-big_love:

I think thats all dari review amatiran saya
Mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon input nya :mky_01:
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 663
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by pendoli »

Wih cakep omm, polosan gini emang lebih ganteng ya si raize πŸ‘πŸ»
Adejul45
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 19 Aug 2021, 01:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 20:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil πŸ˜…

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 20:45
erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 20:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil πŸ˜…

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7685
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Omnibus »

bagus warna mobilnya cocok, pdhl sy bukan penyuka grey.

bensin irit bgt ya, cocok utk jd commuter nih no nonse vehicle.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1011
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by michaelgiri93 »

Wah cakep om
Nice review juga
Jarang jarang ada yang review mobil trim menengah gini om

Oot dikit itu yang dicoverin e46nya ya om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
Adejul45
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 19 Aug 2021, 01:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

pendoli wrote: ↑22 Sep 2021, 20:44 Wih cakep omm, polosan gini emang lebih ganteng ya si raize πŸ‘πŸ»
Satu selera om hehehe :big_exellent:
michaelgiri93 wrote: ↑22 Sep 2021, 22:11 Wah cakep om
Nice review juga
Jarang jarang ada yang review mobil trim menengah gini om

Oot dikit itu yang dicoverin e46nya ya om?
Siap terimakasih om, iya betul itu e46 325i FL saya pakai harian sebelumnya, sekarang kondisi no PR & saya jual πŸ₯²
Omnibus wrote: ↑22 Sep 2021, 22:01 bagus warna mobilnya cocok, pdhl sy bukan penyuka grey.

bensin irit bgt ya, cocok utk jd commuter nih no nonse vehicle.
Betul om, salah satu alasan ambil ini karena konsumsi bensin juga, awalnya mau beli ignis lagi, dia bisa 1:17an tapi harga gabeda jauh ya saya mending raize ini om walau konsekuensinya mesin ga se anteng 4cyl nya ignis :big_smile]
Adejul45
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 19 Aug 2021, 01:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 21:34
Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 20:45
erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 20:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil πŸ˜…

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17πŸ˜…
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Duvebriliant0 »

G Tubro manual kyknya bakal jd trim langka nih... btw nice review n nice car ooom
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
heiituaku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 28 Mar 2013, 11:53

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by heiituaku »

ban klo diganti ke 215/55 R17 yang lebih pasaran. diameter lebih kecil 10mm, sidewall lebih kecil 3mm mgkn lebih jd lebih boros kali ya tapaknya lebih lebar
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 23:49
erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 21:34
Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 20:45
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil πŸ˜…

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17πŸ˜…
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 553
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by doge »

ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11044
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by ChZ »

raize 3 silinder manual... ini sekilas ane baca mirip dengan karakter mesin fiesta ekoboost... karakter eco engine dengan keong yg buat kota kota enak tp gak buat performance definitely. emang mesin begini kalah nya di top end power.

emang raize/rocky ini menarik sih kl buat beater car, harga murah tp presence di jalan gak keliatan kaya mobil murah(an) yg didesain asal asalan... beda bgt dengan liat agya ayla apansa dan sebangsanya. ya basisnya JDM cakep jadinya.
erwinign wrote: ↑23 Sep 2021, 09:24
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
lagi lagi cerita pabrikan pukul rata spek oli, lupa kl enjin turbo punya several notes yang gak sama dengan enjin NA... civic/CRV dihajar gold aja banyak masalah sampe bikin epro turbo. CVTF jg sama aja HCF2 gampang koit tuh kl supirnya brangasan aplg udah remap...

kl saya bole saran pake mobil turbo jangan ngikut bengkel resmi deh, buat sekarang kacau bener dipukul rata semua. nanti begitu ada komplen baru rame terus nyadar kl oli gak bisa dipukul rata...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3020
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Pboyz97 »

nice review om dan congrats buat mobil barunya

memang secara tampilan saya lebih suka yg tipe g ini. keliatan simpel tanpa penambahan aksesoris yg aneh2. dan cukup jarang juga ya dijalan yg tipe g ini, karena di kota saya, jakarta yg paling laku adalah tipe yg gr sport tss cvt hehehe. kebetulan udh pernah liat langsung unitnya yg tipe gr sport biasa dan mobil ini memang cocok buat orang yg pengen mobil yg punya desain exteiror dan inteiror yg cakep,irit bbm, fitur lengkap + gc tinggi di range harga under 300 jt hehehe .
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
Adejul45
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 19 Aug 2021, 01:19

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by Adejul45 »

Duvebriliant0 wrote: ↑23 Sep 2021, 05:26 G Tubro manual kyknya bakal jd trim langka nih... btw nice review n nice car ooom
Thankyou for the appreciationπŸ™πŸ»
heiituaku wrote: ↑23 Sep 2021, 08:48 ban klo diganti ke 215/55 R17 yang lebih pasaran. diameter lebih kecil 10mm, sidewall lebih kecil 3mm mgkn lebih jd lebih boros kali ya tapaknya lebih lebar
Sepertinya iya om, untuk penggantian ban saya masih mikir disamaiin spek jepang 195/60 atau upsize sekalian ke 215, dengan konsekuensi konsumsi bbm
erwinign wrote: ↑23 Sep 2021, 09:24
Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 23:49
erwinign wrote: ↑22 Sep 2021, 21:34

Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17πŸ˜…
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
Saya sendiri belum mastiin ke beres saya, cuman sempet baca di forum fb kayaknya untuk dapat free service jasa dan part, tetep dikasihnya 10w40 om :big_dunno:
doge wrote: ↑23 Sep 2021, 09:37 ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??
Kalau menurut buku panduan minimal ron 90 om, fulltank pertama saya pakai pertalite dapat kons.bbm 1:15kml, lanjut saya isi pertamax untuk coba konsumsi nya (on progress)
ChZ wrote: ↑23 Sep 2021, 10:57 raize 3 silinder manual... ini sekilas ane baca mirip dengan karakter mesin fiesta ekoboost... karakter eco engine dengan keong yg buat kota kota enak tp gak buat performance definitely. emang mesin begini kalah nya di top end power.

emang raize/rocky ini menarik sih kl buat beater car, harga murah tp presence di jalan gak keliatan kaya mobil murah(an) yg didesain asal asalan... beda bgt dengan liat agya ayla apansa dan sebangsanya. ya basisnya JDM cakep jadinya.
erwinign wrote: ↑23 Sep 2021, 09:24
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
lagi lagi cerita pabrikan pukul rata spek oli, lupa kl enjin turbo punya several notes yang gak sama dengan enjin NA... civic/CRV dihajar gold aja banyak masalah sampe bikin epro turbo. CVTF jg sama aja HCF2 gampang koit tuh kl supirnya brangasan aplg udah remap...

kl saya bole saran pake mobil turbo jangan ngikut bengkel resmi deh, buat sekarang kacau bener dipukul rata semua. nanti begitu ada komplen baru rame terus nyadar kl oli gak bisa dipukul rata...
Betul om, pengalaman saya karakter mesin ini mirip sama march 1.5 saya dulu, torsi di rpm bawah sangat besar sehingga nyaman untuk selip2 di perkotaan, tapi ya jelas top end gaada apa apa nya :big_peace: sebenernya saya seneng karakter gini, buat daily enak dan bisa irit bbm

Walaupun bukan made in japan, tetep better karena japan design om beda aja rasa & feel nya dibandingkan design india atau lainnya (no offense) :big_peace:
Pboyz97 wrote: ↑23 Sep 2021, 10:59 nice review om dan congrats buat mobil barunya

memang secara tampilan saya lebih suka yg tipe g ini. keliatan simpel tanpa penambahan aksesoris yg aneh2. dan cukup jarang juga ya dijalan yg tipe g ini, karena di kota saya, jakarta yg paling laku adalah tipe yg gr sport tss cvt hehehe. kebetulan udh pernah liat langsung unitnya yg tipe gr sport biasa dan mobil ini memang cocok buat orang yg pengen mobil yg punya desain exteiror dan inteiror yg cakep,irit bbm, fitur lengkap + gc tinggi di range harga under 300 jt hehehe .
Thankyou om πŸ™πŸ»
Satu selera om, walaupun secara persentase tipe G ini kayaknya gasampe 10% dari total sales raize :big_smile]
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by rakyatwkwkland »

Nice review oom :off_good_job:

Ane pribadi kalo budget gak nyampe buat ambil yg TSS jg prefer raize yg tipe G ini sih oom, atau kalau ga rocky yg tipe R non ads atau kalo gak mending R ASA. Ane pikir jg lebih cakep kalo clean begini, emg ga demen bodykit, kesannya heboh bener kalo ada bodykit nya :mky_04:
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by jessboy »

Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 18:50 Selamat sore semua :big_smile]
Izin melakukan review dan post pertama saya di forum SM ini. (Have been SR for years)

Engine
As u all know, ini mesin calya yang dikasih turbo, 1KR-VET 1000cc 3cyl. Getaran di mesin sangat besar, namun sepertinya ada development major di engine mounting sehingga getaran tidak tersalurkan ke body / kabin mobil :big_exellent: karakter mesin ini kalau dibawa harian RPM under 2k, serasa bawa mobil NA biasa namun kalau rpm ke bablasan dikit ke 2.4k an, udah njambak aja turbo nya terutama di gear 1&2 :big_smile]


Transmission
Shifter serasa tactile & clicky, serasa shifter buat simulator :big_okay:
Rasio transmisi manual ini pendek2, pendek nya seperti membawa pickup dan ada suara2 ala sequential ngiung2 di gigi 1&2, gear 1 dan 2 benar2 untuk low speed dan mudah sekali untuk kena boost di rpm 2.5k keatas, sedangkan gear 3 nyaman untuk selip2 dikecepatan 40 - 60 dengan torsi yang terasa mengisi sampai rpm 5000an dan setelah itu loyo :big_bored:

Steering
dibandingkan dengan previous mobil saya bmw dan fiesta memang ini stir terasa tidak ada feedback sama sekali, tapi saya acung jempol karena directness of steering ratio nya yang bikin mobil ini enak, bisa lincah meliuk2 dengan mudah dan yang jelas stir kembali ke tengah, tidak seperti ignis yang mesti ditengahin manual :big_okay:

Suspension
Lanjut suspensi, kerasa memang seperti suspensi mobil murah, empuk dan ngayun iya tapi kurang meredam road imperfectness seperti tambalan jalan dkk (maybe karena ban eco ya) terutama yang belakang, terlalu empuk dan mudah mengayun & jika mobil diisi 4 orang, ban belakang udah nyelup ke fender :big_blushing: but this is very ok for me karena yg penting buat saya ngga glodakan dan berisik, NVH menurut saya setara dengan HRV

Driving Position
Untuk saya tinggi 170an, driving position lumayan nyaman tangan saya pas dan kaki saya juga pas, walaupun sepertinya kalau tinggi saya 175cm keatas tangan saya akan kejauhan meraih steer. Untuk adjustment jok lumayan, recline dan height adjustment lumayan significant, bisa saya rendahin sehingga terasa membawa mobil pendek atau bisa saya tinggiiin sehingga saya bisa melihap kap mesin dengan nyaman :big_okay:

Fuel Cons.
Yup, dengan mobil harga segini dan mesin seperti ini memang saya mencari mobil yang lumayan mengasyikkan untuk harian namun juga makesense konsumsi nya,(kapok harian pake 325i) saya sendiri baru sempat isi full tank 2x dan says hitung pakai metode full to full, konsumsi yang didapatkan 15KM/L tepat 100% seperti yg tertulis di MID, 1 tangki raize ini dapat jalan pas 500km.

Entertainment
Based on previous car saya pribadi, dari mobil2 merk jepang yang pernah saya punya (under400mio)mungkin ini adalah mobil merk jepang yang mempunyai audio paling bagus, dari trebel hingga bass semua jelas dan settingan di HU yang lumayan komplit dapat mengakomodir kebutuhan jiwa saya yang suka ngutak atik settingan audio, dari Equalizer dengan range yang besar dan mudah disetting, Driving position, Soundeffect(loudness, staging, bass boost, autolevel sound, enhancer) dll.
Level audio Raize ini ada 1 step dibawah Ford Fiesta, hampir setara dengan oem bmw2 tuwir saya & hrv
:big_exellent: for Toyota

Another WHY
Prospek modifikasi, salah satu saya ambil manual juga karena saya pengen ada prospek2 modifikasi dari remap/dastek & pasang BOV :emo-big_love:

I think thats all dari review amatiran saya
Mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon input nya :mky_01:
mantap om :big_exellent:
reviewnya sangat detil dan lengkap :big_love:
baru tahu kalo raize dan rocky ini pake mesin calya 3 silinder 1.000cc yang dikasih turbo
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 553
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by doge »

Adejul45 wrote: ↑23 Sep 2021, 15:25
doge wrote: ↑23 Sep 2021, 09:37 ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??
Kalau menurut buku panduan minimal ron 90 om, fulltank pertama saya pakai pertalite dapat kons.bbm 1:15kml, lanjut saya isi pertamax untuk coba konsumsi nya (on progress)
oh bs pertalite.... brarti ecunya msh ada sisa bwt dimentokin iniii :mky_02:
:ngacir:
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

Kaco deh om tetep diberinya oli sapu jagad asal gelinding, kayanya mesin turbo ini tetep dianggep mesin kijang 1.8 7K-E :big_biglaugh: khusus raize rocky ini, padahal yg buat mesin 1.2 NA pun di buku panduan udah rekomen oli 0W16 itu padahal om, kompresi yg 1.2 juga tinggi (11.8:1)

Dikasih pertamak pun ndak bayangin lemotnya kaya apa itu ya sama mesin mencapai suhu kerja pun juga lama pake 10W40 bensin sama 15W40 disel.

Oh ya balik ke mobilnya om, saya ada beberapa detil yg cukup suka sama raize seri G ini. Lampu sein depan dah LED tapi keliatannya ditambahi modul dimmer pas nyala, terus matinya teges. Selain itu lampu LED headlamp pun pas on off juga ada dimmernya. Yg lampu sein prinsip kerjanya agak mirip mazda cx30
Don't Judge The Book By It's Cover
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by fl4b1e »

Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by erwinign »

fl4b1e wrote: ↑23 Sep 2021, 22:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Sein sekuensial cuman ada di raize GR"an om. Selain itu rocky semua tipe sama raize G 1.2-1.0T itu sein depan LED tapi pake dimmer. Ada di videonya bicenel
Don't Judge The Book By It's Cover
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by fl4b1e »

erwinign wrote:
fl4b1e wrote: ↑23 Sep 2021, 22:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Sein sekuensial cuman ada di raize GR"an om. Selain itu rocky semua tipe sama raize G 1.2-1.0T itu sein depan LED tapi pake dimmer. Ada di videonya bicenel
wah.. siip. Makasih infonya om Erwinign. mantabs..
iyaa ya.. lupa dengan channel ini. pendek dan lugas bchannel ini.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1011
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by michaelgiri93 »

Adejul45 wrote: ↑22 Sep 2021, 23:45 Siap terimakasih om, iya betul itu e46 325i FL saya pakai harian sebelumnya, sekarang kondisi no PR & saya jual πŸ₯²
Wah gak sayang itu om?
Tapi bener sih daily dari 2.5 6cly ke 1.0 3cly pasti kerasa banget sih beda konsumsi bbmnya :mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Post by martinnn »

:mky_02: Nice review om
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Post Reply