Page 1 of 6

1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 11:50
by Adejul45
Selamat sore semua :big_smile]
Izin melakukan review dan post pertama saya di forum SM ini. (Have been SR for years)

For a background & comparison, i used to daily drive:
- Smart Fortwo AMT 2012
- Bmw e87, e90, e46(current)
- Honda Brio 1.2 E MT
- Ford Fiesta Ecoboost DCT
- Suzuki Ignis AMT (only 2 weeks)
- Nissan Evalia XV MT (current)
- Nissan March 1.5 MT
- Honda HRV 1.5 SE (current)

Yup, di bulan Mei ini saya sempet ngelirik mobil yang masih disarungin di siang hari disebuah mall di magelang and turned out it was the raize sebelum resmi diluncurkan
Screenshot_20210922-174351_Gallery.jpg
And unit yang saya tengok ini adalah tipe G 1.0t MT, ofc tanpa babibu saya langsung ngomong ke sales yg standby dan minta izin buat masuk ke kabin. Untuk ukuran sebuah merek T dan berada di price range ini, interior feels pretty fantastic and never ever expected this kind of interior for merk T di Indonesia
Screenshot_20210922-174133_Gallery.jpg
Kebetulan saya lebih prefer manual dibandingkan CVT, walaupun kalau ada pilihan saya akan lebih pilih Auto(zf) dan sayapun coba feel dari clutch dan shifter, another fantastic experience yang saya ga nyangka, the shifter feels tactile, short, and clicky dan kopling yang pendek dan lumayan empuk, but wait, this is only static review of the clutch :mky_04:

Months later saya ada dana dan memutuskan untuk ambil unit di nasmoco terdekat, cari2 info ke beberapa sales dan hasilnya adalah, daihatsu rocky tersedia semua varian dan warna, tanpa perlu inden2an dan untuk toyota raize, semua inden sekitar 1 - 3 bulan kecuali untuk tipe G, 1.0T Manual warna dark grey.

Okedeh saya TD both rocky and raize, kedua unit nya CVT and i was amazed :big_exellent: this is maybe the best CVT i ever tested. Accelerasi dari 0 ke 60kmh untuk kota2 sangat ringan dan hampir tidak ada gejala delay, even 0-40 hampir tidak ada raungan mobil seperti meluncur saja dengan ringan :off_good_job: to compare, secara accelerasi HRV jauh tertinggal dibelakang dengan ngeden dan raungannya :upss:

As i said before, walaupun cvt nya menurut saya enak, saya tetep prefer manual karena cvt tetep ada dengungnya di accelerasi kecepatan menengah keatas and commute saya harian 80km tidak ada macet, jalanan menanjak so i think it would be a great daily & better fuel cons

SPK is done for Raize G MT 1.0 Dark grey, sekitar seminggu semenjak saya melakukan SPK 15% dan mobil ditangan saya dengan plat sementara, berikut penampakan pas ambil unit
Screenshot_20210922-180636_Video Player.jpg
Sekalian penampakan terakhir, karena lupa ambil2 foto pas ambil unit :big_peace:
Screenshot_20210922-180859_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181021_Gallery.jpg
Screenshot_20210922-181228_Gallery.jpg
View bagian belakang & lampu hidup adalah sisi paling ganteng buat trim ini menurut saya :big_love:
Screenshot_20210922181113_Gallery.jpg
And u can see how imut it is saat disandingkan dengan suv V8 :big_blushing:

Lanjut ke Driving Experience:
To be honest, first week of owning saya bingung dan agak panik, karena mobil ini gabisa alus saat takeoff :big_dunno:
Saya sampe bingung, ini mobilnya yang salah apa saya yang gabisa mainin kopling nya karena setiap saat mau take off, dari daerah mesin ada suara dan getaran dredegdegdegdeg yang menurut saya aneh aja, ngga seperti kurang gas, dan saya pun mencoba2 berbagai metode take off dari kasih lebih gas dll akhirnya saya nyerah dan besoknya saya bawa ke diler.

2 hari proses saya bolak balik dan akhirnya kesimpulan adalah mobil ini gabisa take off secara halus & sigap, okedeh saya seperti belajar mobil manual lagi, setiap take off lepas kopling sangat perlahan dan ditahan dulu sampai ada momentum baru itu mobil bisa meluncur secara halus

Engine
As u all know, ini mesin calya yang dikasih turbo, 1KR-VET 1000cc 3cyl. Getaran di mesin sangat besar, namun sepertinya ada development major di engine mounting sehingga getaran tidak tersalurkan ke body / kabin mobil :big_exellent: karakter mesin ini kalau dibawa harian RPM under 2k, serasa bawa mobil NA biasa namun kalau rpm ke bablasan dikit ke 2.4k an, udah njambak aja turbo nya terutama di gear 1&2 :big_smile]


Transmission
Shifter serasa tactile & clicky, serasa shifter buat simulator :big_okay:
Rasio transmisi manual ini pendek2, pendek nya seperti membawa pickup dan ada suara2 ala sequential ngiung2 di gigi 1&2, gear 1 dan 2 benar2 untuk low speed dan mudah sekali untuk kena boost di rpm 2.5k keatas, sedangkan gear 3 nyaman untuk selip2 dikecepatan 40 - 60 dengan torsi yang terasa mengisi sampai rpm 5000an dan setelah itu loyo :big_bored:

Steering
dibandingkan dengan previous mobil saya bmw dan fiesta memang ini stir terasa tidak ada feedback sama sekali, tapi saya acung jempol karena directness of steering ratio nya yang bikin mobil ini enak, bisa lincah meliuk2 dengan mudah dan yang jelas stir kembali ke tengah, tidak seperti ignis yang mesti ditengahin manual :big_okay:

Suspension
Lanjut suspensi, kerasa memang seperti suspensi mobil murah, empuk dan ngayun iya tapi kurang meredam road imperfectness seperti tambalan jalan dkk (maybe karena ban eco ya) terutama yang belakang, terlalu empuk dan mudah mengayun & jika mobil diisi 4 orang, ban belakang udah nyelup ke fender :big_blushing: but this is very ok for me karena yg penting buat saya ngga glodakan dan berisik, NVH menurut saya setara dengan HRV

Driving Position
Untuk saya tinggi 170an, driving position lumayan nyaman tangan saya pas dan kaki saya juga pas, walaupun sepertinya kalau tinggi saya 175cm keatas tangan saya akan kejauhan meraih steer. Untuk adjustment jok lumayan, recline dan height adjustment lumayan significant, bisa saya rendahin sehingga terasa membawa mobil pendek atau bisa saya tinggiiin sehingga saya bisa melihap kap mesin dengan nyaman :big_okay:

Fuel Cons.
Yup, dengan mobil harga segini dan mesin seperti ini memang saya mencari mobil yang lumayan mengasyikkan untuk harian namun juga makesense konsumsi nya,(kapok harian pake 325i) saya sendiri baru sempat isi full tank 2x dan says hitung pakai metode full to full, konsumsi yang didapatkan 15KM/L tepat 100% seperti yg tertulis di MID, 1 tangki raize ini dapat jalan pas 500km.

Entertainment
Based on previous car saya pribadi, dari mobil2 merk jepang yang pernah saya punya (under400mio)mungkin ini adalah mobil merk jepang yang mempunyai audio paling bagus, dari trebel hingga bass semua jelas dan settingan di HU yang lumayan komplit dapat mengakomodir kebutuhan jiwa saya yang suka ngutak atik settingan audio, dari Equalizer dengan range yang besar dan mudah disetting, Driving position, Soundeffect(loudness, staging, bass boost, autolevel sound, enhancer) dll.
Level audio Raize ini ada 1 step dibawah Ford Fiesta, hampir setara dengan oem bmw2 tuwir saya & hrv
:big_exellent: for Toyota

Another WHY
Prospek modifikasi, salah satu saya ambil manual juga karena saya pengen ada prospek2 modifikasi dari remap/dastek & pasang BOV :emo-big_love:

I think thats all dari review amatiran saya
Mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon input nya :mky_01:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 13:17
by maastricht889
Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 13:44
by pendoli
Wih cakep omm, polosan gini emang lebih ganteng ya si raize 👍🏻

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 13:45
by Adejul45
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 13:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil 😅

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 14:34
by maastricht889
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 13:45
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 13:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil 😅

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 15:01
by Omnibus
bagus warna mobilnya cocok, pdhl sy bukan penyuka grey.

bensin irit bgt ya, cocok utk jd commuter nih no nonse vehicle.

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 15:11
by michaelgiri93
Wah cakep om
Nice review juga
Jarang jarang ada yang review mobil trim menengah gini om

Oot dikit itu yang dicoverin e46nya ya om?

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 16:45
by Adejul45
pendoli wrote: Wed Sep 22, 2021 13:44 Wih cakep omm, polosan gini emang lebih ganteng ya si raize 👍🏻
Satu selera om hehehe :big_exellent:
michaelgiri93 wrote: Wed Sep 22, 2021 15:11 Wah cakep om
Nice review juga
Jarang jarang ada yang review mobil trim menengah gini om

Oot dikit itu yang dicoverin e46nya ya om?
Siap terimakasih om, iya betul itu e46 325i FL saya pakai harian sebelumnya, sekarang kondisi no PR & saya jual 🥲
Omnibus wrote: Wed Sep 22, 2021 15:01 bagus warna mobilnya cocok, pdhl sy bukan penyuka grey.

bensin irit bgt ya, cocok utk jd commuter nih no nonse vehicle.
Betul om, salah satu alasan ambil ini karena konsumsi bensin juga, awalnya mau beli ignis lagi, dia bisa 1:17an tapi harga gabeda jauh ya saya mending raize ini om walau konsekuensinya mesin ga se anteng 4cyl nya ignis :big_smile]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 16:49
by Adejul45
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 14:34
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 13:45
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 13:17 Wiih tau2 ada review raize turbo manual ya om.

Saya tau kl dr history mobil yg pernah owned omnya bisa ngerasain dan identify karakter2 mobil. Dan saya sangat satisfied baca narasi omnya how to interpret that driving impression.

Greynya sekilas sediiiikittt mirip machine grey mazda ya om, saya suka greynya. Dan dr exterior ini saya paling suka raize G yg ndak neko2 pake bodikit GR sak bajeg, padahal ya di jepang ada bodikit TRD style, modellista yg lebih proper. Di trunk door itu emblem G sama emblem 50th toyota tinggal dilepas saya kira udah bs ningkatin ke-JDM-annya.

Soal ban saya kok terngiang2 ganti ke alenza 215 60 r17 dr rush baru ya om, ndak tau bakal tampilannya gimana tapi saya suka patternnya alenza dan sidewallnya, krn dah kaya pattern tapak bridgestone eropa
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil 😅

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17😅

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Wed Sep 22, 2021 22:26
by Duvebriliant0
G Tubro manual kyknya bakal jd trim langka nih... btw nice review n nice car ooom

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 1:48
by heiituaku
ban klo diganti ke 215/55 R17 yang lebih pasaran. diameter lebih kecil 10mm, sidewall lebih kecil 3mm mgkn lebih jd lebih boros kali ya tapaknya lebih lebar

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 2:24
by maastricht889
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 16:49
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 14:34
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 13:45
Hehehe thankyou om for the appreciation, saya masih belajar juga ini pertama review mobil 😅

Betul om, sekilas warna dark grey nya ini memang mirip machine grey nya mazda dan saya sendiri suka warna ini karena mirip kepunyaan e90 saya dulu warna sparkling graphite metallic, kena matahari dan bayangan kerasa beda aja gitu warnanya kerasa lebih "wah" sih kalo perspektif saya

Another reason ambil G selain ngga inden memang style nya om, saya pribadi juga lebih seneng styling kalem gini tanpa bodykit2an, ala - ala oem jdm an hahaha, walaupun ntar jual seken mesti lebih susah daripada top tier nya

Untuk ban sendiri saya udah keliling toko ban om, rencana mau ganti BS Turanza atau Dunlop LM705 tapi ternyata ga tersedia di ukuran ini, ukurannya lumayan unik 205/60/17. Akhirnya ditawarin BS Alenza itu sih om cuman saya belum baca2 review jadi belum mantep buat gantiin aslinya😁
Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17😅
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 2:37
by doge
ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 3:57
by ChZ
raize 3 silinder manual... ini sekilas ane baca mirip dengan karakter mesin fiesta ekoboost... karakter eco engine dengan keong yg buat kota kota enak tp gak buat performance definitely. emang mesin begini kalah nya di top end power.

emang raize/rocky ini menarik sih kl buat beater car, harga murah tp presence di jalan gak keliatan kaya mobil murah(an) yg didesain asal asalan... beda bgt dengan liat agya ayla apansa dan sebangsanya. ya basisnya JDM cakep jadinya.
erwinign wrote: Thu Sep 23, 2021 2:24
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
lagi lagi cerita pabrikan pukul rata spek oli, lupa kl enjin turbo punya several notes yang gak sama dengan enjin NA... civic/CRV dihajar gold aja banyak masalah sampe bikin epro turbo. CVTF jg sama aja HCF2 gampang koit tuh kl supirnya brangasan aplg udah remap...

kl saya bole saran pake mobil turbo jangan ngikut bengkel resmi deh, buat sekarang kacau bener dipukul rata semua. nanti begitu ada komplen baru rame terus nyadar kl oli gak bisa dipukul rata...

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 3:59
by Pboyz97
nice review om dan congrats buat mobil barunya

memang secara tampilan saya lebih suka yg tipe g ini. keliatan simpel tanpa penambahan aksesoris yg aneh2. dan cukup jarang juga ya dijalan yg tipe g ini, karena di kota saya, jakarta yg paling laku adalah tipe yg gr sport tss cvt hehehe. kebetulan udh pernah liat langsung unitnya yg tipe gr sport biasa dan mobil ini memang cocok buat orang yg pengen mobil yg punya desain exteiror dan inteiror yg cakep,irit bbm, fitur lengkap + gc tinggi di range harga under 300 jt hehehe .

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 8:25
by Adejul45
Duvebriliant0 wrote: Wed Sep 22, 2021 22:26 G Tubro manual kyknya bakal jd trim langka nih... btw nice review n nice car ooom
Thankyou for the appreciation🙏🏻
heiituaku wrote: Thu Sep 23, 2021 1:48 ban klo diganti ke 215/55 R17 yang lebih pasaran. diameter lebih kecil 10mm, sidewall lebih kecil 3mm mgkn lebih jd lebih boros kali ya tapaknya lebih lebar
Sepertinya iya om, untuk penggantian ban saya masih mikir disamaiin spek jepang 195/60 atau upsize sekalian ke 215, dengan konsekuensi konsumsi bbm
erwinign wrote: Thu Sep 23, 2021 2:24
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 16:49
erwinign wrote: Wed Sep 22, 2021 14:34

Waah E90 grey itu unik om, disentor matahari itu ada sayup2 ungunya. Saya inget banget itu tiap hari siang2 lihat warna grey itu, jaman 2005.

Yg G ini justru kesan JDMnya lebih dapet lagi om di luar eksterior ya, itu interiornya banyak aksen2 oren2 di stitching jok sama konsol samping bawah persneling kanan kiri. Yg lucu itu warna lampu buttonnya. Seinget saya di center dash itu warna putih termasuk PRND di samping gearboks sama courtesy lamp di konsol tengah. Tapi switch button di setir sama button VSA OFF itu malah amber oren bmw.

Size 205/60/R17 itu size bener2 baru om, baru ada di raize rocky. Baru ada pun ya dunlop enasave sama gajah tunggal champ ecotec, itu pun gara2 partneran samas astra buat supply ban OEM raize.

Justru yg baik itu raize G 1.2 biasa sama rocky M-X 1.2 dapet velg 16" dan size bannya kyk inova baru G-V, terus bannya pas hoki dapet turanza T005A buat tipe2 itu (205/65/r16). Kl raize rocky indonesia yg 17" aja OEMnya dr size ban dah agak cingkrang ya om, padahal yg JDM lebih cingkrang lagi gara2 pake ban 195/60/R17.

BS alenza kyknya harus nyobai rush TRD deh om, kl ndak 215/60/17 ya michelin primacy4 ada juga. Ndak bs bayangin fitmentnya gimana kl pake 215 60, harus nyoba pasang dulu tp penasaran. Ditunggu long term reviewnya om!!!
Siap om, ditunggu part 2 nanti semoga udah ada perubahan modifikasi dikit2 dan keluhan/problem yang ada saya jabarkan sekalian om, trims btw untuk info2 ban nya saya malah baru ngerti kalo di jepun pakenya 195/60/17😅
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
Saya sendiri belum mastiin ke beres saya, cuman sempet baca di forum fb kayaknya untuk dapat free service jasa dan part, tetep dikasihnya 10w40 om :big_dunno:
doge wrote: Thu Sep 23, 2021 2:37 ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??
Kalau menurut buku panduan minimal ron 90 om, fulltank pertama saya pakai pertalite dapat kons.bbm 1:15kml, lanjut saya isi pertamax untuk coba konsumsi nya (on progress)
ChZ wrote: Thu Sep 23, 2021 3:57 raize 3 silinder manual... ini sekilas ane baca mirip dengan karakter mesin fiesta ekoboost... karakter eco engine dengan keong yg buat kota kota enak tp gak buat performance definitely. emang mesin begini kalah nya di top end power.

emang raize/rocky ini menarik sih kl buat beater car, harga murah tp presence di jalan gak keliatan kaya mobil murah(an) yg didesain asal asalan... beda bgt dengan liat agya ayla apansa dan sebangsanya. ya basisnya JDM cakep jadinya.
erwinign wrote: Thu Sep 23, 2021 2:24
Oh ya om, dah dapet info dr nasmoco blm soal std oli TMO yg dipake buat raize turbo dr program servis inclusivenya? Dikasik TMO 10W40 buat mesin turbo ya ketawa saya :big_biglaugh:
lagi lagi cerita pabrikan pukul rata spek oli, lupa kl enjin turbo punya several notes yang gak sama dengan enjin NA... civic/CRV dihajar gold aja banyak masalah sampe bikin epro turbo. CVTF jg sama aja HCF2 gampang koit tuh kl supirnya brangasan aplg udah remap...

kl saya bole saran pake mobil turbo jangan ngikut bengkel resmi deh, buat sekarang kacau bener dipukul rata semua. nanti begitu ada komplen baru rame terus nyadar kl oli gak bisa dipukul rata...
Betul om, pengalaman saya karakter mesin ini mirip sama march 1.5 saya dulu, torsi di rpm bawah sangat besar sehingga nyaman untuk selip2 di perkotaan, tapi ya jelas top end gaada apa apa nya :big_peace: sebenernya saya seneng karakter gini, buat daily enak dan bisa irit bbm

Walaupun bukan made in japan, tetep better karena japan design om beda aja rasa & feel nya dibandingkan design india atau lainnya (no offense) :big_peace:
Pboyz97 wrote: Thu Sep 23, 2021 3:59 nice review om dan congrats buat mobil barunya

memang secara tampilan saya lebih suka yg tipe g ini. keliatan simpel tanpa penambahan aksesoris yg aneh2. dan cukup jarang juga ya dijalan yg tipe g ini, karena di kota saya, jakarta yg paling laku adalah tipe yg gr sport tss cvt hehehe. kebetulan udh pernah liat langsung unitnya yg tipe gr sport biasa dan mobil ini memang cocok buat orang yg pengen mobil yg punya desain exteiror dan inteiror yg cakep,irit bbm, fitur lengkap + gc tinggi di range harga under 300 jt hehehe .
Thankyou om 🙏🏻
Satu selera om, walaupun secara persentase tipe G ini kayaknya gasampe 10% dari total sales raize :big_smile]

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 11:51
by rakyatwkwkland
Nice review oom :off_good_job:

Ane pribadi kalo budget gak nyampe buat ambil yg TSS jg prefer raize yg tipe G ini sih oom, atau kalau ga rocky yg tipe R non ads atau kalo gak mending R ASA. Ane pikir jg lebih cakep kalo clean begini, emg ga demen bodykit, kesannya heboh bener kalo ada bodykit nya :mky_04:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 14:24
by jessboy
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 11:50 Selamat sore semua :big_smile]
Izin melakukan review dan post pertama saya di forum SM ini. (Have been SR for years)

Engine
As u all know, ini mesin calya yang dikasih turbo, 1KR-VET 1000cc 3cyl. Getaran di mesin sangat besar, namun sepertinya ada development major di engine mounting sehingga getaran tidak tersalurkan ke body / kabin mobil :big_exellent: karakter mesin ini kalau dibawa harian RPM under 2k, serasa bawa mobil NA biasa namun kalau rpm ke bablasan dikit ke 2.4k an, udah njambak aja turbo nya terutama di gear 1&2 :big_smile]


Transmission
Shifter serasa tactile & clicky, serasa shifter buat simulator :big_okay:
Rasio transmisi manual ini pendek2, pendek nya seperti membawa pickup dan ada suara2 ala sequential ngiung2 di gigi 1&2, gear 1 dan 2 benar2 untuk low speed dan mudah sekali untuk kena boost di rpm 2.5k keatas, sedangkan gear 3 nyaman untuk selip2 dikecepatan 40 - 60 dengan torsi yang terasa mengisi sampai rpm 5000an dan setelah itu loyo :big_bored:

Steering
dibandingkan dengan previous mobil saya bmw dan fiesta memang ini stir terasa tidak ada feedback sama sekali, tapi saya acung jempol karena directness of steering ratio nya yang bikin mobil ini enak, bisa lincah meliuk2 dengan mudah dan yang jelas stir kembali ke tengah, tidak seperti ignis yang mesti ditengahin manual :big_okay:

Suspension
Lanjut suspensi, kerasa memang seperti suspensi mobil murah, empuk dan ngayun iya tapi kurang meredam road imperfectness seperti tambalan jalan dkk (maybe karena ban eco ya) terutama yang belakang, terlalu empuk dan mudah mengayun & jika mobil diisi 4 orang, ban belakang udah nyelup ke fender :big_blushing: but this is very ok for me karena yg penting buat saya ngga glodakan dan berisik, NVH menurut saya setara dengan HRV

Driving Position
Untuk saya tinggi 170an, driving position lumayan nyaman tangan saya pas dan kaki saya juga pas, walaupun sepertinya kalau tinggi saya 175cm keatas tangan saya akan kejauhan meraih steer. Untuk adjustment jok lumayan, recline dan height adjustment lumayan significant, bisa saya rendahin sehingga terasa membawa mobil pendek atau bisa saya tinggiiin sehingga saya bisa melihap kap mesin dengan nyaman :big_okay:

Fuel Cons.
Yup, dengan mobil harga segini dan mesin seperti ini memang saya mencari mobil yang lumayan mengasyikkan untuk harian namun juga makesense konsumsi nya,(kapok harian pake 325i) saya sendiri baru sempat isi full tank 2x dan says hitung pakai metode full to full, konsumsi yang didapatkan 15KM/L tepat 100% seperti yg tertulis di MID, 1 tangki raize ini dapat jalan pas 500km.

Entertainment
Based on previous car saya pribadi, dari mobil2 merk jepang yang pernah saya punya (under400mio)mungkin ini adalah mobil merk jepang yang mempunyai audio paling bagus, dari trebel hingga bass semua jelas dan settingan di HU yang lumayan komplit dapat mengakomodir kebutuhan jiwa saya yang suka ngutak atik settingan audio, dari Equalizer dengan range yang besar dan mudah disetting, Driving position, Soundeffect(loudness, staging, bass boost, autolevel sound, enhancer) dll.
Level audio Raize ini ada 1 step dibawah Ford Fiesta, hampir setara dengan oem bmw2 tuwir saya & hrv
:big_exellent: for Toyota

Another WHY
Prospek modifikasi, salah satu saya ambil manual juga karena saya pengen ada prospek2 modifikasi dari remap/dastek & pasang BOV :emo-big_love:

I think thats all dari review amatiran saya
Mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon input nya :mky_01:
mantap om :big_exellent:
reviewnya sangat detil dan lengkap :big_love:
baru tahu kalo raize dan rocky ini pake mesin calya 3 silinder 1.000cc yang dikasih turbo

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 15:11
by doge
Adejul45 wrote: Thu Sep 23, 2021 8:25
doge wrote: Thu Sep 23, 2021 2:37 ujug" nongol review midtrim... sep"

btw ni mobil pke bensin apa y? 92kah? apa 90? apa 98??
Kalau menurut buku panduan minimal ron 90 om, fulltank pertama saya pakai pertalite dapat kons.bbm 1:15kml, lanjut saya isi pertamax untuk coba konsumsi nya (on progress)
oh bs pertalite.... brarti ecunya msh ada sisa bwt dimentokin iniii :mky_02:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 15:15
by maastricht889
Kaco deh om tetep diberinya oli sapu jagad asal gelinding, kayanya mesin turbo ini tetep dianggep mesin kijang 1.8 7K-E :big_biglaugh: khusus raize rocky ini, padahal yg buat mesin 1.2 NA pun di buku panduan udah rekomen oli 0W16 itu padahal om, kompresi yg 1.2 juga tinggi (11.8:1)

Dikasih pertamak pun ndak bayangin lemotnya kaya apa itu ya sama mesin mencapai suhu kerja pun juga lama pake 10W40 bensin sama 15W40 disel.

Oh ya balik ke mobilnya om, saya ada beberapa detil yg cukup suka sama raize seri G ini. Lampu sein depan dah LED tapi keliatannya ditambahi modul dimmer pas nyala, terus matinya teges. Selain itu lampu LED headlamp pun pas on off juga ada dimmernya. Yg lampu sein prinsip kerjanya agak mirip mazda cx30

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 15:57
by fl4b1e
Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 16:20
by maastricht889
fl4b1e wrote: Thu Sep 23, 2021 15:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Sein sekuensial cuman ada di raize GR"an om. Selain itu rocky semua tipe sama raize G 1.2-1.0T itu sein depan LED tapi pake dimmer. Ada di videonya bicenel

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Thu Sep 23, 2021 22:10
by fl4b1e
erwinign wrote:
fl4b1e wrote: Thu Sep 23, 2021 15:57 Nice review Om. Seneng dengan trim tengah yang ga terlalu pakai bodykit. Apalagi yg GR yang velg hitam.. Maaf banget, ga masuk selera saya..

Penasaran Om, kenapa pilih Raize disbanding Rocky? Apakah karena sein sekuensial dan setir kulit?

Soalnya saya juga lagi mempertimbangkan Rocky dibanding Raize. Serta lebih cocok HU nya Rocky.

Saya pribadi, selain ga suka bodykit GR, lebih suka facia depan Rocky.. Tapi ya itu, setir ga kulit buat pertimbangan.

trima kasih..
Sein sekuensial cuman ada di raize GR"an om. Selain itu rocky semua tipe sama raize G 1.2-1.0T itu sein depan LED tapi pake dimmer. Ada di videonya bicenel
wah.. siip. Makasih infonya om Erwinign. mantabs..
iyaa ya.. lupa dengan channel ini. pendek dan lugas bchannel ini.

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Fri Sep 24, 2021 15:35
by michaelgiri93
Adejul45 wrote: Wed Sep 22, 2021 16:45 Siap terimakasih om, iya betul itu e46 325i FL saya pakai harian sebelumnya, sekarang kondisi no PR & saya jual 🥲
Wah gak sayang itu om?
Tapi bener sih daily dari 2.5 6cly ke 1.0 3cly pasti kerasa banget sih beda konsumsi bbmnya :mky_01:

Re: 1000KM User Experience : Toyota Raize G 1.0 MT

Posted: Fri Sep 24, 2021 23:48
by martinnn
:mky_02: Nice review om