Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 23 Nov 2021, 10:50
buku service honda klo 5at dulu disuruhnya per 40ribu ganti, 80 ribu kuras. kalo CVT sekarang per 2 taun / 20 ribu seh. dipersingkat kayaknya. dulu 40 ribu. HRV ade gw jg baru ganti di 40 ribu, udah sampe gak enak dulu mobilnya baru diganti.

klo CVTF honda kayaknya skrg banyak yang kompatibel deh itu yang udah maen gila gila pakenya kalo gak Q8 CVT ya amsoil CVT :big_biglaugh:
HONDA masih mendingan ya yang gila mah berarti mitsubishi pantesan banyak yang bilang maticnya gak awet masa 80rb baru ganti :big_biglaugh:

nah iya makannya saya ingetnya 10rb karena dari 20rb cuma berarti kalo mau preventif sih 5000 :mky_03:

kalo dulu si crv spirax gak berasa soalnya enak2x aja sampe akhirnya nyentak2x cuma bisa masuk gigi 2 :big_think:

tapi di freed sih rutin 20rb 60rb nguras sih sampe 135rb sih gak pernah ada masalah sih di maticnya :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11199
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

b0ku wrote: 23 Nov 2021, 11:00
HONDA masih mendingan ya yang gila mah berarti mitsubishi pantesan banyak yang bilang maticnya gak awet masa 80rb baru ganti :big_biglaugh:

nah iya makannya saya ingetnya 10rb karena dari 20rb cuma berarti kalo mau preventif sih 5000 :mky_03:

kalo dulu si crv spirax gak berasa soalnya enak2x aja sampe akhirnya nyentak2x cuma bisa masuk gigi 2 :big_think:

tapi di freed sih rutin 20rb 60rb nguras sih sampe 135rb sih gak pernah ada masalah sih di maticnya :mky_01:
mitsubishi tuh gw liatnya kok kayak biar terkesan servicenya murah makanya job nya dikurangin :big_bored: ini kayak nissan gw liat tabel service nya juga serem jauh bener interval ATF/CVTFnya.

gw 2x punya mitsubishi otlendir dan xpander bingung di beres itu diapain aja kalo di bawah 80 ribu kilo orang kayaknya cuma diganti oli rutin doank :big_bored: yang gw bingung olinya bisa murah banget semisyn 5w30 cuma 40ribu/liter terus makin curiga lagi suara idle outlander gw dulu makin kasar :big_biglaugh:

terus reminder di set di 3 bulan / 5 ribu kilo dulu di outlander ampe gw mesti set sendiri ke 6 bulan. di xpander sih mending skrg per 6 bulan nyala.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 23 Nov 2021, 11:05
mitsubishi tuh gw liatnya kok kayak biar terkesan servicenya murah makanya job nya dikurangin :big_bored: ini kayak nissan gw liat tabel service nya juga serem jauh bener interval ATF/CVTFnya.

gw 2x punya mitsubishi otlendir dan xpander bingung di beres itu diapain aja kalo di bawah 80 ribu kilo orang kayaknya cuma diganti oli rutin doank :big_bored: yang gw bingung olinya bisa murah banget semisyn 5w30 cuma 40ribu/liter terus makin curiga lagi suara idle outlander gw dulu makin kasar :big_biglaugh:

terus reminder di set di 3 bulan / 5 ribu kilo dulu di outlander ampe gw mesti set sendiri ke 6 bulan. di xpander sih mending skrg per 6 bulan nyala.
5w30 cuma 40rb/lt gila honda pro gold aja 0w20 paling mahal di honda aja 120rban ud gak enak di gw gimana oli mitsu 40rb :big_biglaugh:

ini pajero aja gw sengajain pake yang kentel oli diesel biasa karena turbo aja ud 70rb/lt merek sih eneos :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3142
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Pboyz97 »

b0ku wrote: 23 Nov 2021, 09:22

malah kemaren saya GE8 shocknya jebol abis 13jt sekalian aja ganti coilover terus nambah stiff ring sama ganti swaybar depan abis 5jtan lsg berasa naek kelas chasisnya suara berisik di chasisnya juga bekurang medingan di restomod kalo bisa, biar gimana std gak bisa ngalahin fell yang ud modif karena bahannya aja mahal itu aja saya masih pake barang2x yang murah :big_biglaugh:
setuju om, apalagi kita hobi kotak katik mobil. mending di modif sekalian, apalagi harganya gak jauh beda sm yg originalnya hehehe
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3396
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by erwinign »

Kent wrote: 22 Nov 2021, 16:38 Malah gw lagi galau nih, mau beli City HB untuk gantiin Civic.
Lom coba sih, tp kok sayang aja interior nya downgrade.
mau ganti new civic, kegedean rasa nya.

worth gk y kira2 di ganti ke City HB, murah nih cuma nambah 120jt udah new car. tp y downgrade.
udah jajan soalnya civic nya, awal bulan ganti shock breaker belakang habis 5jt lg.
takut penaykit mulai nyebar kemana2, mikir mau ganti ke City HB.
Paling bener ambil baru om kaya siti hb, apalg sdh tanda2 rewel civicnya. Tetep test drive baiknya, gimana pun impression di sini yg bilang sudah coba tetep subyektif krn pengalaman juga beda2 kan.

Krn balik lagi, di samping needs kaya bakal sering ngiter odo tinggi tentu ada "cocok2an" yg tentu aja standar orang beda2. Dan kalo needsnya memang bakal dipake tiap hari, dg kondisi civicnya begitu saya sendiri pasti ambil siti hb baru selama budget masuk ya krn menang umur muda.

Memang pasti ada faktor bargaining kaya "turun kelas", tapi kalo dalihnya takut turun kelas begitu bs2 ga keganti civicnya dan tambah dandan terus yg nyebabin rugi waktu dkk (maaf kl tersinggung soal ini). Dan perlu diinget juga, ini siti model baru dan platform baru yg fresh, jadi long term soal availability part kaya bodi masih terjamin di luar mesin L15 yg memang udah kebukti availabilitynya mudah didapet.

Saya jujur tau city hb packagingnya bikin saya agak mikir, begitu saya liat unit display di mall dan duduk dalem sih saya kali ini bs bilang ini interiornya bagus. Material dahsboard, leather setir sama upholstery kursinya jujur saya cukup kaget kok sealus ini di siti hb, hrv SE gada apa2nya lah. Hasil paintjob ckd honda di siti hb saya liat ya kok lumayan gitu, krn warna orennya cukup deep dan bagus mixingnya. Sales yg saya tanyain dia jg ngakuin kalo awalnya agak menantang jual siti hb, tp pelan2 masyarakat mulai nerima modelnya dan cukup laris di kota saya (sebulan kt dia bisa laku 80an unit)

Selain itu yg perlu diperhatiin buat siti hb lagi dr saya yg cuma tes pantat ya kap mesinnya panjang banget, ga heran ini mgkn cm HB tapi panjangnya 4.3m sendiri di mana jazz GK jauh lbh pendek sekitar mepet 4m. Selain itu juga roofnya pendek, mestinya kl biasa bawa sedan bukan jd masalah buat 2 hal ini. Kepraktisan kaya ultra seat tetep ada di mobil ini, nggak nyangka wkt kondisi kursi belakang rata lantai masih bs gede banget volum bagasinya. Ban jg udah proper pake turanza T005A
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11199
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

erwinign wrote: 24 Nov 2021, 23:54
Memang pasti ada faktor bargaining kaya "turun kelas", tapi kalo dalihnya takut turun kelas begitu bs2 ga keganti civicnya dan tambah dandan terus yg nyebabin rugi waktu dkk (maaf kl tersinggung soal ini). Dan perlu diinget juga, ini siti model baru dan platform baru yg fresh, jadi long term soal availability part kaya bodi masih terjamin di luar mesin L15 yg memang udah kebukti availabilitynya mudah didapet.
wkwkwkwk kadang tuh emang gini ya, mau ganti mobil yang agak baru tapi turun kelas agak hesitant karena "turun kelas" nya. padahal mobil kelas tertentu di 10 taun yang lalu naikannya bisa kalah enak dengan mobil kelas bawahnya tapi keluaran baru. bonus lebih irit dan lebih mudah maintenancenya.

plus kadang beberapa taun lalu kita gak banyak pilihan sih. mau enak ya mesti beli yang mahal dengan segala konsekuensi (maintenance mahal, boros). ini dulu tuh macem waktu HRV keluar makanya laku banget krn dapet 2 pasar sekaligus : yang dulunya daily pake CRV mau "downgrade" ke HRV karena lebih irit tapi modelnya tetep SUV, yang dulu pake jazz dan mau beli jazz dapet fungsional lebih dengan nambah dikit.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 861
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 25 Nov 2021, 10:22
erwinign wrote: 24 Nov 2021, 23:54
Memang pasti ada faktor bargaining kaya "turun kelas", tapi kalo dalihnya takut turun kelas begitu bs2 ga keganti civicnya dan tambah dandan terus yg nyebabin rugi waktu dkk (maaf kl tersinggung soal ini). Dan perlu diinget juga, ini siti model baru dan platform baru yg fresh, jadi long term soal availability part kaya bodi masih terjamin di luar mesin L15 yg memang udah kebukti availabilitynya mudah didapet.
wkwkwkwk kadang tuh emang gini ya, mau ganti mobil yang agak baru tapi turun kelas agak hesitant karena "turun kelas" nya. padahal mobil kelas tertentu di 10 taun yang lalu naikannya bisa kalah enak dengan mobil kelas bawahnya tapi keluaran baru. bonus lebih irit dan lebih mudah maintenancenya.

plus kadang beberapa taun lalu kita gak banyak pilihan sih. mau enak ya mesti beli yang mahal dengan segala konsekuensi (maintenance mahal, boros). ini dulu tuh macem waktu HRV keluar makanya laku banget krn dapet 2 pasar sekaligus : yang dulunya daily pake CRV mau "downgrade" ke HRV karena lebih irit tapi modelnya tetep SUV, yang dulu pake jazz dan mau beli jazz dapet fungsional lebih dengan nambah dikit.
Ner uga mbah, R&D sedikit banyak memperbaiki imperfection model product sebelumnya
In fact, seekor civic FD1 bisa diimbangin feel-nya sama Brio RS sekarang :big_slap:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

Or4cle wrote: 25 Nov 2021, 11:58
Ner uga mbah, R&D sedikit banyak memperbaiki imperfection model product sebelumnya
In fact, seekor civic FD1 bisa diimbangin feel-nya sama Brio RS sekarang :big_slap:
tetep sih namanya chasis gak boong ketaranya pas mobilnya loadnya banyak makin mahal chasisnya makin kuat buat nahan muatan banyak mau handlingnya yang lebih jelek juga hasilnya selalu gitu, contoh aja mobilio VS pajero kalo sama2x isinya 1 orang mobilio jauhh lebih mantep tapi kalo ud sama2x muatan 7 orang di pajero cuma berasa beda dikit limbungnya sama waktu disi 1 orang doank, kalo di mobilio isi 7 lsg handlingnya parah kita yang nyetir pun sugesti gak enak berasa mobilnya kayak mau pecah, mau di bawa aggresive juga berasa kalo mobilnya lebih limbung akhinya cuma bisa bawa sopan2x aja :big_biglaugh:

makanya kadang saya bilang harga gak boong mobil mahal pasti lebih mantep sama lebih nyaman :mky_03:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 861
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 25 Nov 2021, 12:10
Or4cle wrote: 25 Nov 2021, 11:58
Ner uga mbah, R&D sedikit banyak memperbaiki imperfection model product sebelumnya
In fact, seekor civic FD1 bisa diimbangin feel-nya sama Brio RS sekarang :big_slap:
tetep sih namanya chasis gak boong ketaranya pas mobilnya loadnya banyak makin mahal chasisnya makin kuat buat nahan muatan banyak mau handlingnya yang lebih jelek juga hasilnya selalu gitu, contoh aja mobilio VS pajero kalo sama2x isinya 1 orang mobilio jauhh lebih mantep tapi kalo ud sama2x muatan 7 orang di pajero cuma berasa beda dikit limbungnya sama waktu disi 1 orang doank, kalo di mobilio isi 7 lsg handlingnya parah kita yang nyetir pun sugesti gak enak berasa mobilnya kayak mau pecah, mau di bawa aggresive juga berasa kalo mobilnya lebih limbung akhinya cuma bisa bawa sopan2x aja :big_biglaugh:

makanya kadang saya bilang harga gak boong mobil mahal pasti lebih mantep sama lebih nyaman :mky_03:
Hahaha ... pendapat ane gak bisa diartikan 100% benar, mknya ane pakai emoticon :big_slap: (takut dikeroyok yg punya FD1)
Tapi benar sih, at least Brio RS suspensinya dibanding sama Civic FD1 lebih bisa ditolerir.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11199
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 25 Nov 2021, 11:58
Ner uga mbah, R&D sedikit banyak memperbaiki imperfection model product sebelumnya
In fact, seekor civic FD1 bisa diimbangin feel-nya sama Brio RS sekarang :big_slap:
nah tentu kl konteksnya mobil buat dipake di dalem kotaan aja ya ngejer kenyamanan. jalan cuma 40-60-80 gak bakal kerasa lagi naik seekor hatchback yang dikembangin dari base LCGC.

intinya sekarang sih mobil baru enak itu gak mesti mahal (dan sebagian besar orang cuma cari mobil yang sekedar berguna aja buat transport dan irit, makanya rela rela aja walau turun kelas, dulu pake CRV skrg xpander atau HRV udah cukup enak buat majority).

kelas LCGC udah cukup enak level refinement suspensi dan sasisnya klo cuma buat commuting aja. gak berasa lagi bawa mobil kelas proletar yang menyedihkan bantingan macem ditendang kuda dan kabin macem kaleng rombeng bunyi semua :big_biglaugh: inget dulu agya ayla keluaran pertama atau bahkan avanza xenia keluaran awal banget naek itu kaya naek kaleng rombeng dikasih roda. not mentioning datsun go yang gak berfungsi punya atap dan kabin krn percuma bocor semua.

tapi kalau buat luar kota di toll ya beda lagi :mky_03:
Last edited by ChZ on 25 Nov 2021, 13:45, edited 1 time in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

Or4cle wrote: 25 Nov 2021, 13:11
Hahaha ... pendapat ane gak bisa diartikan 100% benar, mknya ane pakai emoticon :big_slap: (takut dikeroyok yg punya FD1)
Tapi benar sih, at least Brio RS suspensinya dibanding sama Civic FD1 lebih bisa ditolerir.
pendapat situ gak salah saya cuma kasih tau aja bedanya mobil yang segmentnya A/brio dia adu sama mobil segmenta diatas macem segement C/civic, ya bisa aja yang A lebih nyaman lebih bagus handlingnya di banding yang segment C tapi kalo ud kena muatan sama2x penuh segment A lebih berasa gak enak biarpun handlingnya lebih bagus sama mobilnya lebih nyaman dari yang segment C

karena segment C biar gimana lebih mahal dan perbedaan costnya juga ada di chasis yang lebih besar sama chasis yang lebih kuat :mky_03:

kalo nyamaan dan handling kan juga tergantung tuningannya kasus brio denger2x kan bushing2xnya semua di revisi sama honda :mky_03:

dan FD lagi masih pake resep honda jaman dulu yang suspensinya di kerasin ditambah chasisnya juga kaku, jgn kan FD dulu CRV gen 2 saya malah kek gerobak tapi di tikungan sih berani di adu sama camry :wkkk:

sekarang resep honda yang ada di FD dipake sama mazda, kalo mau ngerasain mobil honda jaman dulu pake mazda sayang aja mesinnya gak high rpm kek vtec malah kebalikannya :big_biglaugh:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1281
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 23 Nov 2021, 10:34 sebenernya kuat itu CVT honda banyak yang maen sampe kelas hampir 300hp. tp kalo belum install apa apa ya main di 200-240hp aja lah.
:upss: :upss:

Yaudah … Civic turbo CVT juga masuk list kandidat ane buat gantiin E90 … (mode perawatan murmercrot)

Apalagi ya .. golf gti MK6 jg masuk deh (ini kalo mode ga mikir perawatan)
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: 23 Nov 2021, 11:05
b0ku wrote: 23 Nov 2021, 11:00
HONDA masih mendingan ya yang gila mah berarti mitsubishi pantesan banyak yang bilang maticnya gak awet masa 80rb baru ganti :big_biglaugh:

nah iya makannya saya ingetnya 10rb karena dari 20rb cuma berarti kalo mau preventif sih 5000 :mky_03:

kalo dulu si crv spirax gak berasa soalnya enak2x aja sampe akhirnya nyentak2x cuma bisa masuk gigi 2 :big_think:

tapi di freed sih rutin 20rb 60rb nguras sih sampe 135rb sih gak pernah ada masalah sih di maticnya :mky_01:
mitsubishi tuh gw liatnya kok kayak biar terkesan servicenya murah makanya job nya dikurangin :big_bored: ini kayak nissan gw liat tabel service nya juga serem jauh bener interval ATF/CVTFnya.

gw 2x punya mitsubishi otlendir dan xpander bingung di beres itu diapain aja kalo di bawah 80 ribu kilo orang kayaknya cuma diganti oli rutin doank :big_bored: yang gw bingung olinya bisa murah banget semisyn 5w30 cuma 40ribu/liter terus makin curiga lagi suara idle outlander gw dulu makin kasar :big_biglaugh:

terus reminder di set di 3 bulan / 5 ribu kilo dulu di outlander ampe gw mesti set sendiri ke 6 bulan. di xpander sih mending skrg per 6 bulan nyala.
Izin nimbrung yg dibold

Itu beneran oom cuma 40k/liter? Tempo hari ane ganti oli supra make kerang AX5 15W-40 yg msh full mineral aja dah kena 40an ribu apa ya kalo gasalah... Murah amad kalo 40k 5w-30 buat mobil...

Anyway, ane kira oli ecstar/sgo nya sijuki dah cukup pas2an kualiti nya, eh tapi ini ternyata ada lagi ya yg lebih mencengangkan... 40k/liter... :mky_04:
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 29 Mar 2016, 17:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by soerya0711 »

Izin nimbrung disini...
lagi bingung juga cari pengganti FB3, baru berasa belakangan ini sering keluar kota yang jalannya gak semulus di jkt, klo lewat jalan keriting / sambungan jalan, Damping n NVH nya uda cukup mengganggu. Pengen ke City HB ini banyak berasa lumayan banyak yg di downgrade, terutama engine.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11199
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 25 Nov 2021, 21:50
:upss: :upss:

Yaudah … Civic turbo CVT juga masuk list kandidat ane buat gantiin E90 … (mode perawatan murmercrot)

Apalagi ya .. golf gti MK6 jg masuk deh (ini kalo mode ga mikir perawatan)
minimal kalo pake civic turbo sih per taun kasi lendir AMS / Q8 di mesin dan CVT masih jauh lebih murah daripada bayarin sensor sensor E90 :big_grin:

GTI keknya malah lebih less maintenance daripada adeknya si TSI, khan DSGnya gak perlu ritual ganti flywheel dan mechatronic. :big_weee: cuma ya paling sensor sensor sih biasa lah jerman kalo gak bikin hidup susah kurang rasanya.
rakyatwkwkland wrote: 25 Nov 2021, 22:09
Izin nimbrung yg dibold

Itu beneran oom cuma 40k/liter? Tempo hari ane ganti oli supra make kerang AX5 15W-40 yg msh full mineral aja dah kena 40an ribu apa ya kalo gasalah... Murah amad kalo 40k 5w-30 buat mobil...

Anyway, ane kira oli ecstar/sgo nya sijuki dah cukup pas2an kualiti nya, eh tapi ini ternyata ada lagi ya yg lebih mencengangkan... 40k/liter... :mky_04:
dulu di taun 2015an seh itu harga 40rebu. semi syn 10w-40 apa ya lupa udh lama banget, gak tau deh terakhir xpander olmes dikasih apa 5w30 kayaknya :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1281
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 26 Nov 2021, 10:09
KielConstantine wrote: 25 Nov 2021, 21:50
:upss: :upss:

Yaudah … Civic turbo CVT juga masuk list kandidat ane buat gantiin E90 … (mode perawatan murmercrot)

Apalagi ya .. golf gti MK6 jg masuk deh (ini kalo mode ga mikir perawatan)
minimal kalo pake civic turbo sih per taun kasi lendir AMS / Q8 di mesin dan CVT masih jauh lebih murah daripada bayarin sensor sensor E90 :big_grin:

GTI keknya malah lebih less maintenance daripada adeknya si TSI, khan DSGnya gak perlu ritual ganti flywheel dan mechatronic. :big_weee: cuma ya paling sensor sensor sih biasa lah jerman kalo gak bikin hidup susah kurang rasanya.
:big_biglaugh:

Biasalah sensor2 . . .

Ini gw lagi cari-cari spesialis coding mobil euro , yang bisa matiin semua perangkat elektronik / sensor yg kg penting . Di-disable smua via ECU .. trus copot smua sensor laknat dari mobil … sisain parking sensor aja buat mundur :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ctopher7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ctopher7 »

b0ku wrote:
Or4cle wrote: 25 Nov 2021, 13:11
Hahaha ... pendapat ane gak bisa diartikan 100% benar, mknya ane pakai emoticon :big_slap: (takut dikeroyok yg punya FD1)
Tapi benar sih, at least Brio RS suspensinya dibanding sama Civic FD1 lebih bisa ditolerir.
pendapat situ gak salah saya cuma kasih tau aja bedanya mobil yang segmentnya A/brio dia adu sama mobil segmenta diatas macem segement C/civic, ya bisa aja yang A lebih nyaman lebih bagus handlingnya di banding yang segment C tapi kalo ud kena muatan sama2x penuh segment A lebih berasa gak enak biarpun handlingnya lebih bagus sama mobilnya lebih nyaman dari yang segment C

karena segment C biar gimana lebih mahal dan perbedaan costnya juga ada di chasis yang lebih besar sama chasis yang lebih kuat :mky_03:

kalo nyamaan dan handling kan juga tergantung tuningannya kasus brio denger2x kan bushing2xnya semua di revisi sama honda :mky_03:

dan FD lagi masih pake resep honda jaman dulu yang suspensinya di kerasin ditambah chasisnya juga kaku, jgn kan FD dulu CRV gen 2 saya malah kek gerobak tapi di tikungan sih berani di adu sama camry :wkkk:

sekarang resep honda yang ada di FD dipake sama mazda, kalo mau ngerasain mobil honda jaman dulu pake mazda sayang aja mesinnya gak high rpm kek vtec malah kebalikannya :big_biglaugh:
skyactive kicked in yo
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 26 Nov 2021, 11:07
:big_biglaugh:

Biasalah sensor2 . . .

Ini gw lagi cari-cari spesialis coding mobil euro , yang bisa matiin semua perangkat elektronik / sensor yg kg penting . Di-disable smua via ECU .. trus copot smua sensor laknat dari mobil … sisain parking sensor aja buat mundur :big_weee:
makannya kalo BMW ntah kenapa cuma tertarik sama E36 canggihnya nanggung jd gak ribet :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11199
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by ChZ »

b0ku wrote: 26 Nov 2021, 12:05
KielConstantine wrote: 26 Nov 2021, 11:07
:big_biglaugh:

Biasalah sensor2 . . .

Ini gw lagi cari-cari spesialis coding mobil euro , yang bisa matiin semua perangkat elektronik / sensor yg kg penting . Di-disable smua via ECU .. trus copot smua sensor laknat dari mobil … sisain parking sensor aja buat mundur :big_weee:
makannya kalo BMW ntah kenapa cuma tertarik sama E36 canggihnya nanggung jd gak ribet :big_biglaugh:
mobil jerman tuh kaya anak orang kaya spoiled badan gak enak dikit udah ngeluh minta ke dokter. sensornya detect gak normal dikit kasih warning padahal warningnya di ignore juga masih bisa jalan.

sedangkan toyota/honda itu memang kayaknya turunan romusha. udah meriang gak karuan jg masih jalan aja. barang paling canggih oil life interval aja resetnya gampang bener

klo mitsubishi ama nissan sehh makin kesini jg hampir mirip mobil jerman masa batre remot lemah dikit aja ud kasih warning :big_bored:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by slapnuts »

To be honest, di lingkungan kerja dan keluarga saya, jarang orang notice apa itu chasis kaku, chasis rigid, chasis flexing, dsb dsb
Yang mereka tau dan bisa mereka rasakan langsung ya mobil itu senyap, empuk, nvh bagus, fitur banyak (meski kata beberapa member sini gapenting kwkwkw) perkara chasis rigid atau apalah mostly mereka masa bodoh, toh mereka mengendarai juga “normal-normal” saja, jarang manuver berlebihan sampai limit kemampuan chasis mobil tsb.

Bagi orang awam, xpander/livina/ertiga lebih nyaman dibanding mobilio yang gedubrakan, gapeduli mobilio lebih enak buat manuver atau apalah. Sama kasusnya dengan Innova reborn, ga peduli naikan seperti kapal limbung ngayun terombang-ambing, yang orang butuhkan ya sudah terpenuhi, dan terbukti penjualan selalu tinggi. Apalagi Rush Terios, kurang jelek apalagi kesan mereka di mata forum begini, yang naikannya keras lah, limbung, lemot, mau kebalik dsb, tapi faktanya dia selalu 5 besar. Artinya pasar sini tidak terlalu mementingkan improvement pada hal yang tidak terlihat.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3138
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by Suryaputra »

slapnuts wrote: 27 Nov 2021, 01:06 To be honest, di lingkungan kerja dan keluarga saya, jarang orang notice apa itu chasis kaku, chasis rigid, chasis flexing, dsb dsb
Yang mereka tau dan bisa mereka rasakan langsung ya mobil itu senyap, empuk, nvh bagus, fitur banyak (meski kata beberapa member sini gapenting kwkwkw) perkara chasis rigid atau apalah mostly mereka masa bodoh, toh mereka mengendarai juga “normal-normal” saja, jarang manuver berlebihan sampai limit kemampuan chasis mobil tsb.

Bagi orang awam, xpander/livina/ertiga lebih nyaman dibanding mobilio yang gedubrakan, gapeduli mobilio lebih enak buat manuver atau apalah. Sama kasusnya dengan Innova reborn, ga peduli naikan seperti kapal limbung ngayun terombang-ambing, yang orang butuhkan ya sudah terpenuhi, dan terbukti penjualan selalu tinggi. Apalagi Rush Terios, kurang jelek apalagi kesan mereka di mata forum begini, yang naikannya keras lah, limbung, lemot, mau kebalik dsb, tapi faktanya dia selalu 5 besar. Artinya pasar sini tidak terlalu mementingkan improvement pada hal yang tidak terlihat.
Iya mbah
Hanya sekian persen org2 petrolhead spt itu (dulu saya termasuk salah satunya).
Tapi makin ke sini, makin "mikir" bahayanya ngebut di jalan umum. :big_biglaugh:

Yg utama adalah customer-persona seperti user ertiga & livinder :big_biglaugh:

Tp bagus aja strategi honda ngubah produknya jd lbh empuk dan refined.
Karena mereka (kudu) bikin produk, based on what ppl want :mky_04:
*Colek me if I'm wrong
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

slapnuts wrote: 27 Nov 2021, 01:06 To be honest, di lingkungan kerja dan keluarga saya, jarang orang notice apa itu chasis kaku, chasis rigid, chasis flexing, dsb dsb
Yang mereka tau dan bisa mereka rasakan langsung ya mobil itu senyap, empuk, nvh bagus, fitur banyak (meski kata beberapa member sini gapenting kwkwkw) perkara chasis rigid atau apalah mostly mereka masa bodoh, toh mereka mengendarai juga “normal-normal” saja, jarang manuver berlebihan sampai limit kemampuan chasis mobil tsb.

Bagi orang awam, xpander/livina/ertiga lebih nyaman dibanding mobilio yang gedubrakan, gapeduli mobilio lebih enak buat manuver atau apalah. Sama kasusnya dengan Innova reborn, ga peduli naikan seperti kapal limbung ngayun terombang-ambing, yang orang butuhkan ya sudah terpenuhi, dan terbukti penjualan selalu tinggi. Apalagi Rush Terios, kurang jelek apalagi kesan mereka di mata forum begini, yang naikannya keras lah, limbung, lemot, mau kebalik dsb, tapi faktanya dia selalu 5 besar. Artinya pasar sini tidak terlalu mementingkan improvement pada hal yang tidak terlihat.
padahal kualitas suspensi sama chasis pengaruh ke penumpangnya juga macem pajero aja uang OPS mah gak ada complain kalo naek tol kalo yang ANPS malah pada komplain mabok karena ngayun, gitu juga innova suspensinya ngayun bikin mabok, cuma buyer indo kalo ud 7 seater NO1 ground clerance terbukti kemaren xpander aja lebih laku di banding veloz :big_biglaugh: ya veloz baru apaan masa GCnya keliatan turun di banding veloz lama, kalo rush terang aja mobilnya simple muatan 7 seater ditambah 4at terkenal bandel bisa diajak berenang pula :big_grin: bisa jadi ntar malah rush terios lebih laku dari veloz yang bertabur fitur :wkkk:

saya aja yang gila CRV akhirnya harus ngalah pake OPS karena ops bisa diajak berenang belakangan daerah sini banjirnya makin parah soalnya :big_biglaugh:

kalo chasis itu ngaruh ke handling percaya gak percaya banyak emak2x demen pake honda karena bisa di bawa seenak perut mereka sadar gak sadar itu ud pengaruh dari chasisnya liat aja brio jualan juara mulu padahal di bilang murah juga kagak, belom CITY HB sama HRV, kenapa bukan mazda kan handlingnya lebih bagus??? karena mazda blindspotnya lumayan bawa mazda berasa kek bawa mobil gede, kalo honda semua juga keliatan :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: 27 Nov 2021, 04:47
Iya mbah
Hanya sekian persen org2 petrolhead spt itu (dulu saya termasuk salah satunya).
Tapi makin ke sini, makin "mikir" bahayanya ngebut di jalan umum. :big_biglaugh:

Yg utama adalah customer-persona seperti user ertiga & livinder :big_biglaugh:

Tp bagus aja strategi honda ngubah produknya jd lbh empuk dan refined.
Karena mereka (kudu) bikin produk, based on what ppl want :mky_04:
honda cuma tuningnya aja makin pinter bisa imbangin handling sama nyaman, lagian kalo chasisnya ud bagus biarpun suspensinya di bikin soft dikit masih enak juga buat belok mendadak, jgn lupa concept G-CON ACEnya honda itu handling di bikin bagus juga buat hindarin accident tapi kalo accident gak bisa terhindar struckturnya ngelindungin kita dari benturan, jadi emang bukan melulu tentang kebut2xan toh di saya juga berasa bawa mobil yang handlingnya bagus lebih safe dan gak cape biarpun kita bawa sante karena gak makan banyak konsentrasi dan itungan :big_smile]
Last edited by b0ku on 27 Nov 2021, 08:44, edited 1 time in total.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by slapnuts »

Suryaputra wrote: 27 Nov 2021, 04:47
Iya mbah
Hanya sekian persen org2 petrolhead spt itu (dulu saya termasuk salah satunya).
Tapi makin ke sini, makin "mikir" bahayanya ngebut di jalan umum. :big_biglaugh:

Yg utama adalah customer-persona seperti user ertiga & livinder :big_biglaugh:

Tp bagus aja strategi honda ngubah produknya jd lbh empuk dan refined.
Karena mereka (kudu) bikin produk, based on what ppl want :mky_04:
Yes, bagusnya Honda dia mau mendengar apa mau pasar dan perlahan menanggalkan idealisme mereka tentang sportiness sebuah mobil.
Untuk beberapa kelas, pasar ga butuh mobil yang sporty atau handling tajam whatsoever, contohnya Elysion tak berkutik lawan Alphard, Accord (jualan sporty) vs Camry (di Indo), Mobilio/BRV (old) vs lawan-lawan LMPV mereka.

Makanya semakin ke sini Honda semakin soft, CRV Turbo jauh lebih soft dibanding RE/RD yang glodakan, Accord juga sama semakin ke sini semakin empuk, berbeda dengan zaman CM/CP.

Pabrikan yang masih idealis dengan konsep handling tajam keras dan egois (bodo amat dengan penumpang) adalah Mazda. Makanya terlihat penjualannya ya segitu-segitu saja. Mazda ini seakan ga peduli komplain baris kedua sempit dsb, ibaratnya “gw buat mobil sempit dan stiff, lo beli silahkan, ga beli yaudah”. Lol.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by slapnuts »

b0ku wrote: 27 Nov 2021, 08:29
padahal kualitas suspensi sama chasis pengaruh ke penumpangnya juga macem pajero aja uang OPS mah gak ada complain kalo naek tol kalo yang ANPS malah pada komplain mabok karena ngayun, gitu juga innova suspensinya ngayun bikin mabok, cuma buyer indo kalo ud 7 seater NO1 ground clerance terbukti kemaren xpander aja lebih laku di banding veloz :big_biglaugh: ya veloz baru apaan masa GCnya keliatan turun di banding veloz lama, kalo rush terang aja mobilnya simple muatan 7 seater ditambah 4at terkenal bandel bisa diajak berenang pula :big_grin: bisa jadi ntar malah rush terios lebih laku dari veloz yang bertabur fitur :wkkk:

saya aja yang gila CRV akhirnya harus ngalah pake OPS karena ops bisa diajak berenang belakangan daerah sini banjirnya makin parah soalnya :big_biglaugh:

kalo chasis itu ngaruh ke handling percaya gak percaya banyak emak2x demen pake honda karena bisa di bawa seenak perut mereka sadar gak sadar itu ud pengaruh dari chasisnya liat aja brio jualan juara mulu padahal di bilang murah juga kagak, belom CITY HB sama HRV, kenapa bukan mazda kan handlingnya lebih bagus??? karena mazda blindspotnya lumayan bawa mazda berasa kek bawa mobil gede, kalo honda semua juga keliatan :big_biglaugh:
Nah, sayangnya hal-hal seperti improvement chasis dsb ga dilihat pembeli awam. Orang disuguhi 7 seater, bandel, tenaga gede, bisa diisi biosolar, gc tinggi, yaudah sikat saja. Perkara nanti limbung dsb bisa diakali pakai stabilizer atau swaybar, makanya mobil-mobil limbung tsb tetap diminati konsumen kita.

Soal handling, mungkin pengaruhnya cuma sedikit soal kenapa honda digemari emak-emak, karena mostly mereka bawanya kalem. Tapi kalau soal blindspot bener banget. Dari zaman dulu enaknya mobil honda ini minim blindspot, contohnya bawa Freed serasa naik akuarium vs Sienta serasa mobil biasa dashboard tinggi, makanya emak-emak gemar naik freed. Begitu juga Jazz GE/GK vs Yaris Lele dengan dashboard tinggi.

Civic Turbo HB vs Mazda3 juga sama, naik Mazda3 HB itu serasa tenggelam, dashboard tinggi, garis bahu tinggi, kaca samping dan depan kecil, manuver jadi lebih terbatas.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Driving the 2021 Honda City Hatchback RS CVT (GN)

Post by b0ku »

slapnuts wrote: 27 Nov 2021, 08:47

Nah, sayangnya hal-hal seperti improvement chasis dsb ga dilihat pembeli awam. Orang disuguhi 7 seater, bandel, tenaga gede, bisa diisi biosolar, gc tinggi, yaudah sikat saja. Perkara nanti limbung dsb bisa diakali pakai stabilizer atau swaybar, makanya mobil-mobil limbung tsb tetap diminati konsumen kita.

Soal handling, mungkin pengaruhnya cuma sedikit soal kenapa honda digemari emak-emak, karena mostly mereka bawanya kalem. Tapi kalau soal blindspot bener banget. Dari zaman dulu enaknya mobil honda ini minim blindspot, contohnya bawa Freed serasa naik akuarium vs Sienta serasa mobil biasa dashboard tinggi, makanya emak-emak gemar naik freed. Begitu juga Jazz GE/GK vs Yaris Lele dengan dashboard tinggi.

Civic Turbo HB vs Mazda3 juga sama, naik Mazda3 HB itu serasa tenggelam, dashboard tinggi, garis bahu tinggi, kaca samping dan depan kecil, manuver jadi lebih terbatas.
makannya honda sekarang pinter buat model asean gak ada ganti chasis sama sekali kodenya aja terang2xan sama cuma tuningan suspensi sama bushing2xnya aja yang di benerin kemaren brio, sekarang BRV jelas banget cuma BRV lama ganti casing terus di tambahin tinggi :big_biglaugh:

maklum gurunya toyota....... :big_biglaugh:
Post Reply