Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50
Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Prolog
Aslinya gak demen sama mobil beginian, lagian ngga cocok dengan saya karena 7 seater+kegedean. Dan lagi, saya udah liat foto unit pre-productionnya jauh sebelum launch. Tapi bocoran fitur dan development bikin ngiler, dan kata-kata pake DNGA makin bikin penasaran mau coba.
Singkat cerita abis launch melipirlah saya ke GIIAS, dan bujubuneng gila booth toyota/daihatsu masuknya antri! Padahal fyi saya ke sana weekday dan semua keramaian itu numpuk di avanza/veloz/xenia baru (kenapa jadi kembar tiga sih?). Bahkan salah satu teman yang datang weekend bilang antri masuk booth toyota setengah jam dan mau masuk avanza pun antri rebutan. GIIAS ini sebenernya highlightnya si kembar tiga, gak heran serame itu ICE BSD padahal banyak restrictionsnya. Saya gak masuk booth daihatsu, males antri cuma buat liat xenia. Booth toyota selama saya tongkrongin lumayan banyak juga yang spk avanza/veloz.
Dan di dealer pun sama, pas saya di service area (1 jam-an process), sudah ada 2 orang yang spk Veloz
Unit yang kali ini direview adalah Xenia 1.3R ADS (gak lama steernya karena belum ada plat) dan Veloz 1.5 Q TSS. Kenapa ga nyoba Avanza? Yah kayaknya bakal sama aja karena positioning dia di tengah. Yang mau saya liat dari Xenia adalah improvementnya dibanding yang lama dan kompetitor, sedangkan di Veloz saya bakal liat seberapa niat Toyota bikin Veloz jadi premium dan satu tingkat diatas Avanza.
Exterior
Dari bagian depan, si kembar tiga ini punya muka yang beda semua. Xenia mirip produk Tata atau Perodua, Avanza kayak Raize, dan Veloz jadi Corolla Cross KW. Avanza dan Xenia cuma beda bumper, tapi kalo mau convert Veloz harus ganti fender, kap, dan headlamp. Dari sini cukup niat sih Toyota ngebedainnya dari avxen. Lampu depan Xenia keliatan kecil, kurang proporsional tapi nyalanya bagus dan terang. Veloz lampunya jauh lebih besar, dan tambahan "premium"-nya ada running sign. Dari kembar tiga ini menurut saya paling mending depannya Veloz sih, tapi kromnya kebanyakan. Xenia ADS malah aneh dengan aksen merah di bumper yang gak buat sporty juga sebenernya.
Saya lebih suka sampingnya, kesannya panjang dan low-slung padahal gcnya tetep tinggi. Failnya disini cuma satu, pilar a keliatan terlalu maju dan tegak padahal sebenernya nggak. Dugaan saya sih karena moncong yang juga kelewat tegak kalo diliat dari samping. Sisanya bagus, garis body tegas sejajar handle, floating roof, dan spion di pintu bukan di pilar makin bikin cakep. Buat yang 1.3, velgnya 15", 1.5 16" dan Veloz Q khusus dapet 17". Saya awalnya kira Veloz bakal kedodoran bawa sepatu gede tapi nanti kita liat di driving impression.
Xenia ADS dapet sideskirt yang lagi-lagi warnanya ada aksen merah, bikin males padahal bentuk sideskirtnya bagus. Velg 15" kerasa kecil di body sebesar itu. Veloz sebagai pembedanya punya fender depan dan belakang lebih lebar dengan add-on, dan rapi juga karena warnanya sewarna body. Saya demen model begini karena kesannya gak tryhard jadi SUV kayak xcross atau XL7, tapi tetap jatidiri MPV aja. Veloz Q ini bannya profil 50, agak tipis. Rem belakang untuk Veloz sudah cakram dan ban pun ada 2 pilihan yang rada jomplang, Turanza T005A dan Champiro Ecotec. Veloz juga dapet puddle lamp, lucu tuh.
Bagian belakangnya juga dibedain antara avxen dan Veloz. Veloz punya lampu belakang yang nyambung full kanan ke kiri, sedangkan avxen putus di tengah. Tapi kalo Xenia yang ADS dapet garnish item juga yang nyambungin lampu. Nah sialnya kalo mau convert Veloz, avxen harus ganti sepintu-pintu belakangnya karena lampu Veloz yang nyambung itu beneran nyala semua bukan kayak BR-V yang hiasan aja.
Belakangnya sih kayak rushter campur Xpander, gak jelek tapi gak keren juga, biasa aja. Highlight yang gak disuka adalah emblem Xenia yang keramean, semua ditulis. Di Veloz yang gak disuka vent palsu kanan kirinya. Yang disuka? Penempatan emblem Veloz yang kesannya rapi dan premium, udah gitu semua lampu yang nyambung itu nyala jadi beda presencenya di jalan dibanding avxen.
Overall sih exteriornya gak keren tapi gak jelek juga, cuma yang pasti leap forward dibanding avxen lama yang kesannya murah dibanding kompetitor. Saya lebih megang desainnya Veloz di antara kembar 3 ini, dan juga dibanding Xpander baru.
Interior
Nah bagian ini di Veloz cukup bikin amazed, tampilannya gile layar semua headunit, ac, speedo. Tapi kita urutin dari masuk mobil aja.
Begitu masuk mobil, pintunya jauh lebih berat dibanding avxen lama dan bukanya pun lebih smooth. Yang saya notice dari perpintuan ini, pintu Veloz terasa lebih mantep dibuka tutup dibanding Xenia. Entah beda karet atau gimana, tapi tutup pintu Veloz lebih "blep" dibanding Xenia yang masih agak "breng". Notice kedua adalah posisi masuk kita ke mobil yang jauh lebih mudah dari avxen lama. Tapi entah kenapa pas pake Veloz dalam waktu yang lama (Xenia cuma steer sebentar) sepatu saya selalu kena panel bodi deket door sill. Gak kenapa-kenapa sih, cuma bunyi aja gak enak. Hal ini gak pernah terjadi di semua mobil walaupun saya cuma pakai nyetir dua kali.
Doortrim pun Xenia dan Veloz kerasa banget bedanya, Veloz ada ambient lighting dan insert faux leather sementara Xenia polos aja. Kudos buat Toyota mau bedain sejauh ini. Duduk di dalem, posisi jauh better dibanding avxen lama yang ketinggian. Tapi buat yang terbiasa pake avxen lama harus adaptasi lagi karena kesan commandingnya kurang. Jok juga surprisingly punya support yang oke untuk kelas LMPV, cuman posisi headrest dan sandaran masih kurang tinggi. Material jok Veloz pakai campuran faux leather dan fabric, sementara Xenia full fabric.
Dashboardnya dibuat mirip raize, common partsnya pun banyak (speedo, lingkar steer, panel ac, tombol start stop, tombol epb). Bedanya kembar 3 ini dibuat simetris dashboardnya dan lebih konvensional. Oh ya, dash avxen dan Veloz beda. Avxen punya storage di bawah airbag passenger dan di bawah panel AC. Sialnya, di Veloz ini ilang semua karena diganti panel faux leather dan piano black. Padahal di bawah panel AC harusnya masih bisa dibuat storage. Penggantinya, di Veloz sebelah kiri shifter ada storage kecil. Soal bahan sih standar aja, plastik semua dan fit and finishnya masih di bawah Ertiga/Xpander. Setirnya mirip Raize tapi hornpad dibuat mengotak sesuai dash. Keren sih, nggak keliatan murahan.
On side note, Xenia 1.5 punya aksen merah di kisi AC, dash, dan tombol start stopnya juga dibuat merah. Aneh dan kesannya norak buat MPV gini. Kenapa sih seleranya ADM dari krom jadi merah-merah gini
Konsol tengah juga beda, sama-sama model tinggi tapi Veloz sudah ada EPB dan auto hold. Suatu fitur yang bakal buat bingung kayaknya kalo Veloz baru udah banyak, sekarang mah unit yang saya pake aja di jalan
Speedo Xenia R ke atas dan Avanza G ke atas sudah TFT dan lumayan tajam resolusinya, meski menunya sedikit tapi infonya lengkap sekali. Veloz dapat instrumen full TFT dengan animasi opening yang keren banget. Di Xenia ADS, ada karpet mangkok ala-ala Volvo 960 yang saya suka karena mudah dibersihkan (berguna buat keluarga yang masih ada anak kecil). Cuma karena bahannya vinyl, karpet licin kalau basah dan berpotensi mengganggu pengemudi. Harusnya karet aja bisa.
Pindah baris kedua, ruangnya super lega. Ini karena jarak main sliding joknya yang luar biasa jauh dan recliningnya juga luar biasa jarak mainnya. Good job Toyodai! Model atap yang low juga ngga buat ruang kepala sempit. Nah setelah duduk di baris kedua baru sadar kenapa AC nya dibuat mirip Calya, karena selain ganti model, juga gak makan tempat kayak double blower konvensional. Sehingga penumpang 2nd row bisa punya pemandangan yang lebih luas tanpa kehalang AC. Ya minusnya jelek aja sih jadi kayak kipasnya Calsig. Di plafon untuk Veloz juga ada monitor RSE yang sebenernya engselnya lemah dan kalo jalan agak goyang. Tapi bolehlah kasi jempol karena pesaingnya gak ada yang kasih. Uniknya monitor ini dia gak mati kalau dilipat, jadi kesannya kayak ambient lighting gitu.
Doortrim baris kedua juga bisa dibilang pintar karena banyak cupholder. Ini Toyodai dari avxen gen 2 pinter ya, tau orang indo kalo jalan suka bawa minum banyak-banyak. Buat Veloz juga ada storage di balik jok depan yang idenya ngambil dari Xpander, tapi dibuat ada di jok kanan kiri. Highlight lain di belakang ada long sofa mode yang digembar-gemborin di brosur dan review yutub, tapi ini sebenernya Jazz dan Myvi saya juga bisa.
Baris ketiga belum coba, tapi kayaknya jauh lebih lega karena panjang nambah 20an cm. Bagasi juga lega dan ada kompartemen di bawah. Bagusnya lagi, untuk pertama kalinya avxen bisa punya kursi yang dilipat rata lantai bagasi.
Overall sih interiornya superb, saya suka banget meski fit and finishnya masih rada kacrut. Banyak fitur dan yang pentingnya, terpakai gak cuma gimmick aja. Contoh cup holder dan storage2nya.
Driving Impression
Masuk mobil, start. Dua-duanya sama-sama pakai tombol start stop. Nyalain AC, dan hal pertama yang saya notice adalah : acnya lama dingin. Entah karena mobil masih baru atau kabin kegedean. Yang pasti ini kejadian di Xenia dan Veloz. Tapi kalo udah lama dingin banget kok khas Toyota.
Kita coba bahas Xenia dulu. Karena mobil di stockyard, pertama saya keluarin dulu dari stockyard dengan kondisi jalan nanjak. Nah kodratnya body segede hampir Innova lama dengan mesin 1.3, ya pasti lemot. Buat nanjak agak ngeden meski gak perlu effort neken gas dalem-dalem. Saya juga lupa kalau dia ada mode manualnya, mungkin kalo pake mode manual lebih easy nanjaknya.
Setelah keluar stockyard, saya coba muter-muter dengan kecepatan lowspeed. Yang kerasa pertama adalah mobil jauh, jauh sekali lebih tenang dibanding avxen lama dari segi NVH. Mungkin masih di bawah Xpander/Ertiga tapi sudah ok. Dan di lowspeed juga pedal gas ditoel dikit udah wuzz wuzz, kayaknya tetep disetting supaya karakter sruntulan avxen lama gak hilang walau CVT.
Nah pindah Veloz sekarang. Veloz punya mesin 1.5, tapi dipair dengan velg 17" yang kesannya berat. Nah ternyata surprisingly mobil larinya jauh better dibanding yang 1.3. Ini karena pengaruh power loss yang kecil dibanding RWD, sehingga dipakein 17" pun masih lari. Naik-naik tanjakan spiral mall pun oke tanpa masalah. Toyota sepertinya tau orang akan khawatir Avanza/Veloz baru gak kuat nanjak dan risetnya banyak di situ. Di tanjakan yang sama, saya rasa Veloz lebih lancar nanjaknya dibanding Xpander Cross babeh saya.
Soal NVH, Veloz punya kualitas yang hampir menyamai Xpander dan untuk faktor noise sudah better dibanding Ertiga. Cukup terasa juga bedanya dibanding Xenia yang masih masuk suara luar. Di Veloz ini sudah lebih senyap. Mobilio/BR-V lama lewat jauh kalo soal NVH dengan Veloz ini. Lucu juga mobil satu basis (Xenia, Avanza, Veloz) namun diferensiasinya sekali lagi dibuat jauh. Oya suara ban Ecotec masih masuk, saran saya push sales untuk kasi unit yang bannya Turanza harusnya lebih hening jauh.
Bantingan di Xenia saya kurang kerasa karena jalanan bagus, tapi tetap saja terasa improvement dibanding gen sebelumnya. Nah di Veloz ini terasa bantingannya yang lebih lembut dan gak mental-mentul kayak avxen lama. Feeling empuknya sudah menyamai Xpander dan Ertiga namun rasa premiumnya rebound Xpander belum bisa disamai (ya tapi Avanza shocknya gak rembes harusnya). Yang bikin surprised adalah bantingannya masih enak sekali walaupun ban profil 50. Saya kira awalnya akan keras.
Yang bikin surprised kedua : handlingnya. Ya mau berharap apa sebenarnya dengan handling LMPV, hehehe. Epsnya no feedback juga. Tapi karakter DNGA sebagai platform baru cukup kentara. Tidak setajam Mobilio yang keras tentunya, tapi limbung berkurang jauh dan sasis terasa lebih rigid di highspeed. Even dibanding Xpander ini lebih anteng di highspeed thanks to DNGA. Kalau dari Raize/Rocky pindah ke sini, saya rasa mirip-mirip. Performa pengereman pun best di kelasnya karena rem belakang cakram. Mungkin ada yang bilang gimmick tapi ini cukup terasa di kecepatan tinggi, mobil mengerem lebih mantap.
Bisa dibilang karakternya mirip Ertiga baru yang platform HEARTECT. Punya handling yang bagus namun tidak setajam Mobilio, comfortable namun tidak senyaman Xpander. 50:50. Saya suka.
Verdict
Veloz dan Xenia. Dua mobil yang dibuat berbeda namun satu basis, dan memang nyatanya sangat banyak perbedaannya. Dan merupakan game changer juga di kelas LMPV, setelah Honda memensiunkan Mobilio dan blunder dengan BR-V yang baru delivery Januari, dan Mitsu juga blunder dengan Xpander Sport facelift yang punya velg jelek dan downgrade AC.
Oya mobil ini sudah bisa dibeli dan ready, that's why Veloz saya foto di delivery stall. Kalau mau beli, beli sekarang mumpung antrian masih pendek.
Jika anda owner avxen lama dan mau upgrade, tidak mesti beli Veloz, Xenia pun cukup untuk merasakan 'naik kelas'. Lebih-lebih lagi jika beli Avanza atau Veloz.
Jika anda sebelumnya punya LMPV lain dan mau ganti, saran saya go for Veloz. Benar-benar game changer dari semua aspek.
Jika sebelumnya punya Innova atau mobil kelas di atasnya dan tergoda fiturnya saja, jangan beli. Namanya Avanza Xenia ya tidak akan seenak Innova atau mobil-mobil kelas atasnya lagi, seenak apapun avxen baru ini. Sudah berapa kali saya menemui orang yang menyesal beli Xpander/Cortez/ mobil bergimmick fitur lain karena waktu launch tergoda dengan "review" yutub yang memuja muji, akhirnya beli lalu menyesal karena tidak seenak mobil lamanya yang kelas di atasnya.
Thanks!
Aslinya gak demen sama mobil beginian, lagian ngga cocok dengan saya karena 7 seater+kegedean. Dan lagi, saya udah liat foto unit pre-productionnya jauh sebelum launch. Tapi bocoran fitur dan development bikin ngiler, dan kata-kata pake DNGA makin bikin penasaran mau coba.
Singkat cerita abis launch melipirlah saya ke GIIAS, dan bujubuneng gila booth toyota/daihatsu masuknya antri! Padahal fyi saya ke sana weekday dan semua keramaian itu numpuk di avanza/veloz/xenia baru (kenapa jadi kembar tiga sih?). Bahkan salah satu teman yang datang weekend bilang antri masuk booth toyota setengah jam dan mau masuk avanza pun antri rebutan. GIIAS ini sebenernya highlightnya si kembar tiga, gak heran serame itu ICE BSD padahal banyak restrictionsnya. Saya gak masuk booth daihatsu, males antri cuma buat liat xenia. Booth toyota selama saya tongkrongin lumayan banyak juga yang spk avanza/veloz.
Dan di dealer pun sama, pas saya di service area (1 jam-an process), sudah ada 2 orang yang spk Veloz
Unit yang kali ini direview adalah Xenia 1.3R ADS (gak lama steernya karena belum ada plat) dan Veloz 1.5 Q TSS. Kenapa ga nyoba Avanza? Yah kayaknya bakal sama aja karena positioning dia di tengah. Yang mau saya liat dari Xenia adalah improvementnya dibanding yang lama dan kompetitor, sedangkan di Veloz saya bakal liat seberapa niat Toyota bikin Veloz jadi premium dan satu tingkat diatas Avanza.
Exterior
Dari bagian depan, si kembar tiga ini punya muka yang beda semua. Xenia mirip produk Tata atau Perodua, Avanza kayak Raize, dan Veloz jadi Corolla Cross KW. Avanza dan Xenia cuma beda bumper, tapi kalo mau convert Veloz harus ganti fender, kap, dan headlamp. Dari sini cukup niat sih Toyota ngebedainnya dari avxen. Lampu depan Xenia keliatan kecil, kurang proporsional tapi nyalanya bagus dan terang. Veloz lampunya jauh lebih besar, dan tambahan "premium"-nya ada running sign. Dari kembar tiga ini menurut saya paling mending depannya Veloz sih, tapi kromnya kebanyakan. Xenia ADS malah aneh dengan aksen merah di bumper yang gak buat sporty juga sebenernya.
Saya lebih suka sampingnya, kesannya panjang dan low-slung padahal gcnya tetep tinggi. Failnya disini cuma satu, pilar a keliatan terlalu maju dan tegak padahal sebenernya nggak. Dugaan saya sih karena moncong yang juga kelewat tegak kalo diliat dari samping. Sisanya bagus, garis body tegas sejajar handle, floating roof, dan spion di pintu bukan di pilar makin bikin cakep. Buat yang 1.3, velgnya 15", 1.5 16" dan Veloz Q khusus dapet 17". Saya awalnya kira Veloz bakal kedodoran bawa sepatu gede tapi nanti kita liat di driving impression.
Xenia ADS dapet sideskirt yang lagi-lagi warnanya ada aksen merah, bikin males padahal bentuk sideskirtnya bagus. Velg 15" kerasa kecil di body sebesar itu. Veloz sebagai pembedanya punya fender depan dan belakang lebih lebar dengan add-on, dan rapi juga karena warnanya sewarna body. Saya demen model begini karena kesannya gak tryhard jadi SUV kayak xcross atau XL7, tapi tetap jatidiri MPV aja. Veloz Q ini bannya profil 50, agak tipis. Rem belakang untuk Veloz sudah cakram dan ban pun ada 2 pilihan yang rada jomplang, Turanza T005A dan Champiro Ecotec. Veloz juga dapet puddle lamp, lucu tuh.
Bagian belakangnya juga dibedain antara avxen dan Veloz. Veloz punya lampu belakang yang nyambung full kanan ke kiri, sedangkan avxen putus di tengah. Tapi kalo Xenia yang ADS dapet garnish item juga yang nyambungin lampu. Nah sialnya kalo mau convert Veloz, avxen harus ganti sepintu-pintu belakangnya karena lampu Veloz yang nyambung itu beneran nyala semua bukan kayak BR-V yang hiasan aja.
Belakangnya sih kayak rushter campur Xpander, gak jelek tapi gak keren juga, biasa aja. Highlight yang gak disuka adalah emblem Xenia yang keramean, semua ditulis. Di Veloz yang gak disuka vent palsu kanan kirinya. Yang disuka? Penempatan emblem Veloz yang kesannya rapi dan premium, udah gitu semua lampu yang nyambung itu nyala jadi beda presencenya di jalan dibanding avxen.
Overall sih exteriornya gak keren tapi gak jelek juga, cuma yang pasti leap forward dibanding avxen lama yang kesannya murah dibanding kompetitor. Saya lebih megang desainnya Veloz di antara kembar 3 ini, dan juga dibanding Xpander baru.
Interior
Nah bagian ini di Veloz cukup bikin amazed, tampilannya gile layar semua headunit, ac, speedo. Tapi kita urutin dari masuk mobil aja.
Begitu masuk mobil, pintunya jauh lebih berat dibanding avxen lama dan bukanya pun lebih smooth. Yang saya notice dari perpintuan ini, pintu Veloz terasa lebih mantep dibuka tutup dibanding Xenia. Entah beda karet atau gimana, tapi tutup pintu Veloz lebih "blep" dibanding Xenia yang masih agak "breng". Notice kedua adalah posisi masuk kita ke mobil yang jauh lebih mudah dari avxen lama. Tapi entah kenapa pas pake Veloz dalam waktu yang lama (Xenia cuma steer sebentar) sepatu saya selalu kena panel bodi deket door sill. Gak kenapa-kenapa sih, cuma bunyi aja gak enak. Hal ini gak pernah terjadi di semua mobil walaupun saya cuma pakai nyetir dua kali.
Doortrim pun Xenia dan Veloz kerasa banget bedanya, Veloz ada ambient lighting dan insert faux leather sementara Xenia polos aja. Kudos buat Toyota mau bedain sejauh ini. Duduk di dalem, posisi jauh better dibanding avxen lama yang ketinggian. Tapi buat yang terbiasa pake avxen lama harus adaptasi lagi karena kesan commandingnya kurang. Jok juga surprisingly punya support yang oke untuk kelas LMPV, cuman posisi headrest dan sandaran masih kurang tinggi. Material jok Veloz pakai campuran faux leather dan fabric, sementara Xenia full fabric.
Dashboardnya dibuat mirip raize, common partsnya pun banyak (speedo, lingkar steer, panel ac, tombol start stop, tombol epb). Bedanya kembar 3 ini dibuat simetris dashboardnya dan lebih konvensional. Oh ya, dash avxen dan Veloz beda. Avxen punya storage di bawah airbag passenger dan di bawah panel AC. Sialnya, di Veloz ini ilang semua karena diganti panel faux leather dan piano black. Padahal di bawah panel AC harusnya masih bisa dibuat storage. Penggantinya, di Veloz sebelah kiri shifter ada storage kecil. Soal bahan sih standar aja, plastik semua dan fit and finishnya masih di bawah Ertiga/Xpander. Setirnya mirip Raize tapi hornpad dibuat mengotak sesuai dash. Keren sih, nggak keliatan murahan.
On side note, Xenia 1.5 punya aksen merah di kisi AC, dash, dan tombol start stopnya juga dibuat merah. Aneh dan kesannya norak buat MPV gini. Kenapa sih seleranya ADM dari krom jadi merah-merah gini
Konsol tengah juga beda, sama-sama model tinggi tapi Veloz sudah ada EPB dan auto hold. Suatu fitur yang bakal buat bingung kayaknya kalo Veloz baru udah banyak, sekarang mah unit yang saya pake aja di jalan
Speedo Xenia R ke atas dan Avanza G ke atas sudah TFT dan lumayan tajam resolusinya, meski menunya sedikit tapi infonya lengkap sekali. Veloz dapat instrumen full TFT dengan animasi opening yang keren banget. Di Xenia ADS, ada karpet mangkok ala-ala Volvo 960 yang saya suka karena mudah dibersihkan (berguna buat keluarga yang masih ada anak kecil). Cuma karena bahannya vinyl, karpet licin kalau basah dan berpotensi mengganggu pengemudi. Harusnya karet aja bisa.
Pindah baris kedua, ruangnya super lega. Ini karena jarak main sliding joknya yang luar biasa jauh dan recliningnya juga luar biasa jarak mainnya. Good job Toyodai! Model atap yang low juga ngga buat ruang kepala sempit. Nah setelah duduk di baris kedua baru sadar kenapa AC nya dibuat mirip Calya, karena selain ganti model, juga gak makan tempat kayak double blower konvensional. Sehingga penumpang 2nd row bisa punya pemandangan yang lebih luas tanpa kehalang AC. Ya minusnya jelek aja sih jadi kayak kipasnya Calsig. Di plafon untuk Veloz juga ada monitor RSE yang sebenernya engselnya lemah dan kalo jalan agak goyang. Tapi bolehlah kasi jempol karena pesaingnya gak ada yang kasih. Uniknya monitor ini dia gak mati kalau dilipat, jadi kesannya kayak ambient lighting gitu.
Doortrim baris kedua juga bisa dibilang pintar karena banyak cupholder. Ini Toyodai dari avxen gen 2 pinter ya, tau orang indo kalo jalan suka bawa minum banyak-banyak. Buat Veloz juga ada storage di balik jok depan yang idenya ngambil dari Xpander, tapi dibuat ada di jok kanan kiri. Highlight lain di belakang ada long sofa mode yang digembar-gemborin di brosur dan review yutub, tapi ini sebenernya Jazz dan Myvi saya juga bisa.
Baris ketiga belum coba, tapi kayaknya jauh lebih lega karena panjang nambah 20an cm. Bagasi juga lega dan ada kompartemen di bawah. Bagusnya lagi, untuk pertama kalinya avxen bisa punya kursi yang dilipat rata lantai bagasi.
Overall sih interiornya superb, saya suka banget meski fit and finishnya masih rada kacrut. Banyak fitur dan yang pentingnya, terpakai gak cuma gimmick aja. Contoh cup holder dan storage2nya.
Driving Impression
Masuk mobil, start. Dua-duanya sama-sama pakai tombol start stop. Nyalain AC, dan hal pertama yang saya notice adalah : acnya lama dingin. Entah karena mobil masih baru atau kabin kegedean. Yang pasti ini kejadian di Xenia dan Veloz. Tapi kalo udah lama dingin banget kok khas Toyota.
Kita coba bahas Xenia dulu. Karena mobil di stockyard, pertama saya keluarin dulu dari stockyard dengan kondisi jalan nanjak. Nah kodratnya body segede hampir Innova lama dengan mesin 1.3, ya pasti lemot. Buat nanjak agak ngeden meski gak perlu effort neken gas dalem-dalem. Saya juga lupa kalau dia ada mode manualnya, mungkin kalo pake mode manual lebih easy nanjaknya.
Setelah keluar stockyard, saya coba muter-muter dengan kecepatan lowspeed. Yang kerasa pertama adalah mobil jauh, jauh sekali lebih tenang dibanding avxen lama dari segi NVH. Mungkin masih di bawah Xpander/Ertiga tapi sudah ok. Dan di lowspeed juga pedal gas ditoel dikit udah wuzz wuzz, kayaknya tetep disetting supaya karakter sruntulan avxen lama gak hilang walau CVT.
Nah pindah Veloz sekarang. Veloz punya mesin 1.5, tapi dipair dengan velg 17" yang kesannya berat. Nah ternyata surprisingly mobil larinya jauh better dibanding yang 1.3. Ini karena pengaruh power loss yang kecil dibanding RWD, sehingga dipakein 17" pun masih lari. Naik-naik tanjakan spiral mall pun oke tanpa masalah. Toyota sepertinya tau orang akan khawatir Avanza/Veloz baru gak kuat nanjak dan risetnya banyak di situ. Di tanjakan yang sama, saya rasa Veloz lebih lancar nanjaknya dibanding Xpander Cross babeh saya.
Soal NVH, Veloz punya kualitas yang hampir menyamai Xpander dan untuk faktor noise sudah better dibanding Ertiga. Cukup terasa juga bedanya dibanding Xenia yang masih masuk suara luar. Di Veloz ini sudah lebih senyap. Mobilio/BR-V lama lewat jauh kalo soal NVH dengan Veloz ini. Lucu juga mobil satu basis (Xenia, Avanza, Veloz) namun diferensiasinya sekali lagi dibuat jauh. Oya suara ban Ecotec masih masuk, saran saya push sales untuk kasi unit yang bannya Turanza harusnya lebih hening jauh.
Bantingan di Xenia saya kurang kerasa karena jalanan bagus, tapi tetap saja terasa improvement dibanding gen sebelumnya. Nah di Veloz ini terasa bantingannya yang lebih lembut dan gak mental-mentul kayak avxen lama. Feeling empuknya sudah menyamai Xpander dan Ertiga namun rasa premiumnya rebound Xpander belum bisa disamai (ya tapi Avanza shocknya gak rembes harusnya). Yang bikin surprised adalah bantingannya masih enak sekali walaupun ban profil 50. Saya kira awalnya akan keras.
Yang bikin surprised kedua : handlingnya. Ya mau berharap apa sebenarnya dengan handling LMPV, hehehe. Epsnya no feedback juga. Tapi karakter DNGA sebagai platform baru cukup kentara. Tidak setajam Mobilio yang keras tentunya, tapi limbung berkurang jauh dan sasis terasa lebih rigid di highspeed. Even dibanding Xpander ini lebih anteng di highspeed thanks to DNGA. Kalau dari Raize/Rocky pindah ke sini, saya rasa mirip-mirip. Performa pengereman pun best di kelasnya karena rem belakang cakram. Mungkin ada yang bilang gimmick tapi ini cukup terasa di kecepatan tinggi, mobil mengerem lebih mantap.
Bisa dibilang karakternya mirip Ertiga baru yang platform HEARTECT. Punya handling yang bagus namun tidak setajam Mobilio, comfortable namun tidak senyaman Xpander. 50:50. Saya suka.
Verdict
Veloz dan Xenia. Dua mobil yang dibuat berbeda namun satu basis, dan memang nyatanya sangat banyak perbedaannya. Dan merupakan game changer juga di kelas LMPV, setelah Honda memensiunkan Mobilio dan blunder dengan BR-V yang baru delivery Januari, dan Mitsu juga blunder dengan Xpander Sport facelift yang punya velg jelek dan downgrade AC.
Oya mobil ini sudah bisa dibeli dan ready, that's why Veloz saya foto di delivery stall. Kalau mau beli, beli sekarang mumpung antrian masih pendek.
Jika anda owner avxen lama dan mau upgrade, tidak mesti beli Veloz, Xenia pun cukup untuk merasakan 'naik kelas'. Lebih-lebih lagi jika beli Avanza atau Veloz.
Jika anda sebelumnya punya LMPV lain dan mau ganti, saran saya go for Veloz. Benar-benar game changer dari semua aspek.
Jika sebelumnya punya Innova atau mobil kelas di atasnya dan tergoda fiturnya saja, jangan beli. Namanya Avanza Xenia ya tidak akan seenak Innova atau mobil-mobil kelas atasnya lagi, seenak apapun avxen baru ini. Sudah berapa kali saya menemui orang yang menyesal beli Xpander/Cortez/ mobil bergimmick fitur lain karena waktu launch tergoda dengan "review" yutub yang memuja muji, akhirnya beli lalu menyesal karena tidak seenak mobil lamanya yang kelas di atasnya.
Thanks!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"
biar cepat asal selamat~
biar cepat asal selamat~
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Akhirnya ada juga yg review
Kemaren gw maen ke toyota tendean jkt liat2 avanza G n veloz
Memang berasa si veloz di atas avanza, mungkin si G sama kaya xenia ya? Cuma ya harganya veloz kok bgzt banget
Anyways keluarga coba masuk dan duduk di avanza n veloz si langsung pada ilfeel, berasa sempit dan ga nyaman. Masi lebih cocok sama jok belakang raize atau ertiga
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2195
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Terlihat seperti calsig yang diberi steroid
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Honda : oh you can't do this to me... You know how much I sacrificed
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
nice review om
all new avxen ini memang cukup refined dari segala sisi dibanding avxen yg lama. kebetulan udh pernah liat langsung dan test drive yg veloznya di GIIAS. kalo dibanding avxen lama ya cukup jauh ya improvementnya. jauh lebih refined dari segala sisi terutama bagian interior + fiturnya. kebetulan saya udh pernah 5x pake avanza xenia ( xi mt 2008 gen 1, g mt 2012 non airbag, g mt 2015 airbag , grand new g mt 2017 dan terakhir grand new g mt 2018) + udh pernah punya xpander ultimate 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 jg. kalo dibanding avxen lama, posisi duduknya jauh lebih baik, row 2 dan 3 nya juga lebih lega menurut saya + fiturnya lebih banyak juga . terus pas test drive, mobil ini juga jauh lebih nyaman dibanding avxen gen sebelumnya. malah udh mendekati xpander malah bantingan suspensinya. pas lewat poldur, bantingannya sama persissssss kaya xpander saya dulu , tapi kalo lewat gundukkan kecil , bantingannya lebih empuk dikittt daripada xpander, walaupun blm bisa senyaman ertiga dan livina dikelasnya, tapi buat saya sudah lebih dari cukup kalo pengen upgrade dari avxen lama hehehe . terus faktor minusnya ada di handling, drivng feel, dan tarikannya. kebetulan saya test drive yg tipe TSS CVT. tarikan bawahnya delay dan agak lemot, persis kaya yaris saya dulu . kalo udh pernah nyetir sienta atau yaris joker mirip2 kok tarikannya si veloz baru ini . terus handlingnya juga biasa aja, ga se enak brv atau xpander. cuma plusnya radius putarnya masih cukup okelah buat ukuran lmpv dan juga perpindahan transmisi cvtnya cukup sigap dan smooth juga hehehe
all new avxen ini memang cukup refined dari segala sisi dibanding avxen yg lama. kebetulan udh pernah liat langsung dan test drive yg veloznya di GIIAS. kalo dibanding avxen lama ya cukup jauh ya improvementnya. jauh lebih refined dari segala sisi terutama bagian interior + fiturnya. kebetulan saya udh pernah 5x pake avanza xenia ( xi mt 2008 gen 1, g mt 2012 non airbag, g mt 2015 airbag , grand new g mt 2017 dan terakhir grand new g mt 2018) + udh pernah punya xpander ultimate 2017 dan yaris joker TRD CVT 2019 jg. kalo dibanding avxen lama, posisi duduknya jauh lebih baik, row 2 dan 3 nya juga lebih lega menurut saya + fiturnya lebih banyak juga . terus pas test drive, mobil ini juga jauh lebih nyaman dibanding avxen gen sebelumnya. malah udh mendekati xpander malah bantingan suspensinya. pas lewat poldur, bantingannya sama persissssss kaya xpander saya dulu , tapi kalo lewat gundukkan kecil , bantingannya lebih empuk dikittt daripada xpander, walaupun blm bisa senyaman ertiga dan livina dikelasnya, tapi buat saya sudah lebih dari cukup kalo pengen upgrade dari avxen lama hehehe . terus faktor minusnya ada di handling, drivng feel, dan tarikannya. kebetulan saya test drive yg tipe TSS CVT. tarikan bawahnya delay dan agak lemot, persis kaya yaris saya dulu . kalo udh pernah nyetir sienta atau yaris joker mirip2 kok tarikannya si veloz baru ini . terus handlingnya juga biasa aja, ga se enak brv atau xpander. cuma plusnya radius putarnya masih cukup okelah buat ukuran lmpv dan juga perpindahan transmisi cvtnya cukup sigap dan smooth juga hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
NR engine ya? 2NR-VE emang rasanya beda banget dengan 1NR sih. sepertinya throttle response di 2NR memang lebih sensitive selain tentu saja stroke yang lebih panjang. dulu pernah pakai avanza 1NR AT terus coba rush 2NR AT rasanya beda bener buat sodok sodok di kota enak pake rush malahan. avanza throttle delaynya agak nyebelin. padahal rush ban lebih gede dan bodi lebih berat.Nah pindah Veloz sekarang. Veloz punya mesin 1.5, tapi dipair dengan velg 17" yang kesannya berat. Nah ternyata surprisingly mobil larinya jauh better dibanding yang 1.3. Ini karena pengaruh power loss yang kecil dibanding RWD, sehingga dipakein 17" pun masih lari. Naik-naik tanjakan spiral mall pun oke tanpa masalah. Toyota sepertinya tau orang akan khawatir Avanza/Veloz baru gak kuat nanjak dan risetnya banyak di situ. Di tanjakan yang sama, saya rasa Veloz lebih lancar nanjaknya dibanding Xpander Cross babeh saya.
entah kenapa yang 2NR-FE di yaris/sienta gak gini...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1258
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
kok pada bilang empuk ya, aku test drive di mall ciputra world surabaya, veloz q tss coba lewatin poldur di mall tanpa ngerem, kerasa keras sih
regards,
singachu
regards,
singachu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
sales model bgini harus dikeplak.. ya kali mau buang duid 500 jt ++ kaga nyoba dulu..hosea wrote: βTue Nov 23, 2021 3:20Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
beli es krim 50rebu aja kita nyoba dulu takut ga suka rasa nya
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
mungkin client nya si sales itu mayoritas lingkungan pejabat atau perusahaan yang biasa emang pengadaan mobdin altis/camry jadi gak perlu coba langsung SPKkenop wrote: βTue Nov 23, 2021 3:36sales model bgini harus dikeplak.. ya kali mau buang duid 500 jt ++ kaga nyoba dulu..hosea wrote: βTue Nov 23, 2021 3:20Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
beli es krim 50rebu aja kita nyoba dulu takut ga suka rasa nya
tapi di kota saya juga gak pernah sampe hari ini saya nyentuh camry atau altis baru. avanza baru padahal H+1 launching udah ubek ubek
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1258
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
ga ada om.hosea wrote: βTue Nov 23, 2021 3:20Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
adanya raize seekor, lainnya avanza ama veloz aja seingetku
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1258
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
ga ada om.hosea wrote: βTue Nov 23, 2021 3:20Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
adanya raize seekor, lainnya avanza ama veloz aja seingetku
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
sepertinya avanza xenia adalah veloz yang di downgrade ya bukan seperti sebelumnya veloz adalah avanza yang diupgrade dan avanza adalah xenia yang di upgrade,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Thanks Om.singachu wrote: βTue Nov 23, 2021 11:15ga ada om.hosea wrote: βTue Nov 23, 2021 3:20Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba
adanya raize seekor, lainnya avanza ama veloz aja seingetku
regards,
singachu
To Om Chz : maklum sindrom market leader, hehehe. Tapi untungnya jaman now banyak reviewΒ² yang hebat, termasuk di SM forum. Jadi yah kalau sudah kesengsem terpaksa SPK tanpa tes drive.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Baru aja kemarin iseng main2 ke salah satu mall di kawasan jabodetabek, pas banget ada Veloz dan ada Xpander.
Pertama masuk ke Veloz, karena kebetulan Veloz yg ada di depan mata. Begitu buka pintu & masuk ke interior:
+ Jauh lebih baik drpd Veloz generasi sebelumnya, apalagi Veloz saya yg dulu pernah pake tahun 2014-2015.
+ Karena dominan warna terang, feel luas nya lebih OK
+ Fitur utama maupun gimmick banyak banget
+ Sliding jok tengah panjang bgt, lega nya ngelebihin Innova kalo digeser paling mundur
- Desain & kualitas interior masih terlihat agak murah
- Model double blower baris kedua entah kenapa masih terlihat janggal
- Ukuran jok row 2 & 3 mirip2 sama rush, ngga bisa menopang badan dengan sempurna untuk postur 180cm/85kg
Setelah itu berkunjung ke Xpander dan langsung masuk ke interior jg, entah kenapa kok langsung berasa ini mobil beda kelas ya
+ Build quality interior terasa lebih proper&firm
+ Setir lebih mantep digenggam dibanding Veloz
- Bahan jok rasanya jauh lebih cepet kotor dibanding Veloz & Xpander lama sekalipun. Di pameran aja udah banyak noda2
Pertama masuk ke Veloz, karena kebetulan Veloz yg ada di depan mata. Begitu buka pintu & masuk ke interior:
+ Jauh lebih baik drpd Veloz generasi sebelumnya, apalagi Veloz saya yg dulu pernah pake tahun 2014-2015.
+ Karena dominan warna terang, feel luas nya lebih OK
+ Fitur utama maupun gimmick banyak banget
+ Sliding jok tengah panjang bgt, lega nya ngelebihin Innova kalo digeser paling mundur
- Desain & kualitas interior masih terlihat agak murah
- Model double blower baris kedua entah kenapa masih terlihat janggal
- Ukuran jok row 2 & 3 mirip2 sama rush, ngga bisa menopang badan dengan sempurna untuk postur 180cm/85kg
Setelah itu berkunjung ke Xpander dan langsung masuk ke interior jg, entah kenapa kok langsung berasa ini mobil beda kelas ya
+ Build quality interior terasa lebih proper&firm
+ Setir lebih mantep digenggam dibanding Veloz
- Bahan jok rasanya jauh lebih cepet kotor dibanding Veloz & Xpander lama sekalipun. Di pameran aja udah banyak noda2
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 499
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Barusan liat & nyoba masuk di Xenia 1.5R cvt, impresi dari luar mobil ini cukup keren modelnya. Ga ganteng2 amat, imho ga seganteng xpander tapi lebih ganteng drpd ertiga.
--
Buka tutup pintu, suaranya ga "BLEB" amat tapi ok lah sangat acceptable di harga segini.
--
Masuk ke dalam interiornya, material plastik di doortrim & dashboard kurang bagus. Kualitas materialnya ga beda jauh dari xenia lama, saking aja ini desainnya lebih fresh.
--
Posisi mengemudi paling bawah sudah cukup rendah, jauuhhh lebih enak drpd xenia lama. Sayang ga ada teleskopik, tapi masih ok buat saya yang 178/87.
--
Jok depan sudah jauh lebih enak & besar dprd xenia lama, tapi tetep belum senyaman xp & r3. Paha saya ga terlalu ketopang tapi ok lah masih acceptable, sayang bahan kain joknya biasa banget. Headrest depan kesannya ringkih & ga solid imo, untung posisinya cukup enak.
--
Baris ke 2 slidingnya jauuhh banget, kabin jauh lebih luas drpd xenia lama tapi lebih kecil sedikit drpd xp. Jok baris ke2 kurang menopang & masih kerasa cheap, masih lebih enak duduk di baris kedua xp & r3.
--
Baris ke 3 ga nyoba tapi yg jelas ini jauhh lebih luas drpd xenia lama. Bagasi cukup luas & bisa lipat rata lantai, praktis sekali.
===
Overall,
Harga 233.7jt untuk tipe 1.5R cvt non asa, harga diskon ppnbm otr jkt. Ga ada yg terlalu spesial di mobil ini, namun utk hrg segitu imo sangat worth to buy, krn secara kelengkapan bisa dibilang xenia ini yg terlengkap & termurah.
--
Buka tutup pintu, suaranya ga "BLEB" amat tapi ok lah sangat acceptable di harga segini.
--
Masuk ke dalam interiornya, material plastik di doortrim & dashboard kurang bagus. Kualitas materialnya ga beda jauh dari xenia lama, saking aja ini desainnya lebih fresh.
--
Posisi mengemudi paling bawah sudah cukup rendah, jauuhhh lebih enak drpd xenia lama. Sayang ga ada teleskopik, tapi masih ok buat saya yang 178/87.
--
Jok depan sudah jauh lebih enak & besar dprd xenia lama, tapi tetep belum senyaman xp & r3. Paha saya ga terlalu ketopang tapi ok lah masih acceptable, sayang bahan kain joknya biasa banget. Headrest depan kesannya ringkih & ga solid imo, untung posisinya cukup enak.
--
Baris ke 2 slidingnya jauuhh banget, kabin jauh lebih luas drpd xenia lama tapi lebih kecil sedikit drpd xp. Jok baris ke2 kurang menopang & masih kerasa cheap, masih lebih enak duduk di baris kedua xp & r3.
--
Baris ke 3 ga nyoba tapi yg jelas ini jauhh lebih luas drpd xenia lama. Bagasi cukup luas & bisa lipat rata lantai, praktis sekali.
===
Overall,
Harga 233.7jt untuk tipe 1.5R cvt non asa, harga diskon ppnbm otr jkt. Ga ada yg terlalu spesial di mobil ini, namun utk hrg segitu imo sangat worth to buy, krn secara kelengkapan bisa dibilang xenia ini yg terlengkap & termurah.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sun Jan 10, 2016 15:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Saya belum sempat lihat mobilnya.. tapi kalau dari lihat foto dan unit2 mobil yang digendong dengan truk, entah kenapa saya lihat Avxen sekarang terlihat seperti Calsig diberi Senter Pembesar dan yang menarik saya lihat ada beberapa orang yang kecewa Avanza berubah layout jadi FWD, kebanyakan yang kecewa karena mereka tinggalnya di pelosok2 yg infrastruktur jalannya belum sebaik di jakarta atau yang meragukan kekuatan kaki2nya tidak sekuat zaman Avanza masih RWD. Karena beberapa pemakai Avanza suka diajak "kasar" oleh pemiliknya. Dengan perubahan yg cukup radikal dari Avanza/Veloz kali ini Sepertinya "dugaan" saya pengguna/penggemar Avanza akan terbagi menjadi 3 jika ia akan membeli kendaraan baru :
- Tetap Berminat dengan Avanza baru walau berubah jadi FWD
- Beralih ke LMPV dari sebelah seperti R3 atau Xp karena sama2 FWD dan
- Beralih ke Rush/Terios karena masih membutuhkan format RWD
CMIIW ya
- Tetap Berminat dengan Avanza baru walau berubah jadi FWD
- Beralih ke LMPV dari sebelah seperti R3 atau Xp karena sama2 FWD dan
- Beralih ke Rush/Terios karena masih membutuhkan format RWD
CMIIW ya
---From Moving Forward to Drive your Ambition---
2019 Mitsubishi Xpander NC1W 4A91 M/T
2019 Mitsubishi Xpander NC1W 4A91 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
merhatiin antara ruang mesin ama fender kanan kirinya bolong gitu yah tembus..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Jun 18, 2019 7:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
cuma nambahin sendiri head rest tengah baris keduanya biar sama ama saudaranyaSyauqi wrote: βWed Nov 24, 2021 12:29 Barusan liat & nyoba masuk di Xenia 1.5R cvt, impresi dari luar mobil ini cukup keren modelnya. Ga ganteng2 amat, imho ga seganteng xpander tapi lebih ganteng drpd ertiga.
--
Buka tutup pintu, suaranya ga "BLEB" amat tapi ok lah sangat acceptable di harga segini.
--
Masuk ke dalam interiornya, material plastik di doortrim & dashboard kurang bagus. Kualitas materialnya ga beda jauh dari xenia lama, saking aja ini desainnya lebih fresh.
--
Posisi mengemudi paling bawah sudah cukup rendah, jauuhhh lebih enak drpd xenia lama. Sayang ga ada teleskopik, tapi masih ok buat saya yang 178/87.
--
Jok depan sudah jauh lebih enak & besar dprd xenia lama, tapi tetep belum senyaman xp & r3. Paha saya ga terlalu ketopang tapi ok lah masih acceptable, sayang bahan kain joknya biasa banget. Headrest depan kesannya ringkih & ga solid imo, untung posisinya cukup enak.
--
Baris ke 2 slidingnya jauuhh banget, kabin jauh lebih luas drpd xenia lama tapi lebih kecil sedikit drpd xp. Jok baris ke2 kurang menopang & masih kerasa cheap, masih lebih enak duduk di baris kedua xp & r3.
--
Baris ke 3 ga nyoba tapi yg jelas ini jauhh lebih luas drpd xenia lama. Bagasi cukup luas & bisa lipat rata lantai, praktis sekali.
===
Overall,
Harga 233.7jt untuk tipe 1.5R cvt non asa, harga diskon ppnbm otr jkt. Ga ada yg terlalu spesial di mobil ini, namun utk hrg segitu imo sangat worth to buy, krn secara kelengkapan bisa dibilang xenia ini yg terlengkap & termurah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
nah ini, pas ni avxen diliatin terus lama" kok ada yg aneh ya.. trus liat ke dalem, liat plafon.. lah ac integrated si integrated, cmn kok calsig pny yg dipake...Always35 wrote: βFri Nov 26, 2021 7:16 Saya belum sempat lihat mobilnya.. tapi kalau dari lihat foto dan unit2 mobil yang digendong dengan truk, entah kenapa saya lihat Avxen sekarang terlihat seperti Calsig diberi Senter Pembesar dan yang menarik saya lihat ada beberapa orang yang kecewa Avanza berubah layout jadi FWD, kebanyakan yang kecewa karena mereka tinggalnya di pelosok2 yg infrastruktur jalannya belum sebaik di jakarta atau yang meragukan kekuatan kaki2nya tidak sekuat zaman Avanza masih RWD. Karena beberapa pemakai Avanza suka diajak "kasar" oleh pemiliknya. Dengan perubahan yg cukup radikal dari Avanza/Veloz kali ini Sepertinya "dugaan" saya pengguna/penggemar Avanza akan terbagi menjadi 3 jika ia akan membeli kendaraan baru :
- Tetap Berminat dengan Avanza baru walau berubah jadi FWD
- Beralih ke LMPV dari sebelah seperti R3 atau Xp karena sama2 FWD dan
- Beralih ke Rush/Terios karena masih membutuhkan format RWD
CMIIW ya
yaelah calsig digedein...
mmg kita" msh diingetin yoyota ini mobil entry level
klo model kisi ac plafonnya pke model inova fortie msh oke lah, emg udh agak ancient si modelnya, cmn msh kesan oh turunan dr mobil lvl atasnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 567
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Review sedikit veloz Q TSS, subjektif berdasarkan pengalaman pribadi yg melihara avanza tiap generasi kcuali yg barong and barong LED karena udh bosen, baru jalan sekitar 200km aja masi inreyen, mobil jepangan harga masih under 300jt best value sih imho,
Yg positive jelas full gimmick nya + cakram 4roda
TSS, camera 360, welcome light, full LED kcuali fog lamps, epb dgn auto release kalo posisi P ke D (hrv saya nga bisa harus pencet), 17" Velg + turanza, wireless charging nah ini pertama jepangan yg punya under 300jt, ambient light walo cuma depan doang, dll dsb banyak sih, yg ga nyangka mobil fwd pake ban 205 bisa muter gampang ga selebar yaris dkk, sejauh ini mobil fwd + cvt yg paling responsif ga terlalu nguuuuunnnnggggggggg
Yg negative kecrutan wiper depan masih pake model kumis kecoa zzzzz macem carry, arah semburat AC yaa sudah lah dari dulu jg ga ada and mmg ga ada jalurnya, jgn mimpi front defogger karena ga ada lubangnya, RSE yg masih gagal paham cara pakainya ribetz banget, peredaman so so aja sama old veloz
Foto2 menyusul
Yg positive jelas full gimmick nya + cakram 4roda
TSS, camera 360, welcome light, full LED kcuali fog lamps, epb dgn auto release kalo posisi P ke D (hrv saya nga bisa harus pencet), 17" Velg + turanza, wireless charging nah ini pertama jepangan yg punya under 300jt, ambient light walo cuma depan doang, dll dsb banyak sih, yg ga nyangka mobil fwd pake ban 205 bisa muter gampang ga selebar yaris dkk, sejauh ini mobil fwd + cvt yg paling responsif ga terlalu nguuuuunnnnggggggggg
Yg negative kecrutan wiper depan masih pake model kumis kecoa zzzzz macem carry, arah semburat AC yaa sudah lah dari dulu jg ga ada and mmg ga ada jalurnya, jgn mimpi front defogger karena ga ada lubangnya, RSE yg masih gagal paham cara pakainya ribetz banget, peredaman so so aja sama old veloz
Foto2 menyusul
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Review donk om konsumsi BBM nya untuk dalam kota dan luar kota berapa Km per liternya? Apakah sudah banyak improvement dibandingkan dgn versi RWD nya. Thank you.ak4ng wrote:Review sedikit veloz Q TSS, subjektif berdasarkan pengalaman pribadi yg melihara avanza tiap generasi kcuali yg barong and barong LED karena udh bosen, baru jalan sekitar 200km aja masi inreyen, mobil jepangan harga masih under 300jt best value sih imho,
Yg positive jelas full gimmick nya + cakram 4roda
TSS, camera 360, welcome light, full LED kcuali fog lamps, epb dgn auto release kalo posisi P ke D (hrv saya nga bisa harus pencet), 17" Velg + turanza, wireless charging nah ini pertama jepangan yg punya under 300jt, ambient light walo cuma depan doang, dll dsb banyak sih, yg ga nyangka mobil fwd pake ban 205 bisa muter gampang ga selebar yaris dkk, sejauh ini mobil fwd + cvt yg paling responsif ga terlalu nguuuuunnnnggggggggg
Yg negative kecrutan wiper depan masih pake model kumis kecoa zzzzz macem carry, arah semburat AC yaa sudah lah dari dulu jg ga ada and mmg ga ada jalurnya, jgn mimpi front defogger karena ga ada lubangnya, RSE yg masih gagal paham cara pakainya ribetz banget, peredaman so so aja sama old veloz
Foto2 menyusul
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sun Jan 10, 2016 15:10
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Kici AC Innova-Fortuner saya akui lebih rapi dan bagus dilihatnya, ditambah row ketiga juga kebagian ACnya tanpa harus minta izin pindah arah kipas sama penumpang row keduadoge wrote: βFri Nov 26, 2021 8:50nah ini, pas ni avxen diliatin terus lama" kok ada yg aneh ya.. trus liat ke dalem, liat plafon.. lah ac integrated si integrated, cmn kok calsig pny yg dipake...Always35 wrote: βFri Nov 26, 2021 7:16 Saya belum sempat lihat mobilnya.. tapi kalau dari lihat foto dan unit2 mobil yang digendong dengan truk, entah kenapa saya lihat Avxen sekarang terlihat seperti Calsig diberi Senter Pembesar dan yang menarik saya lihat ada beberapa orang yang kecewa Avanza berubah layout jadi FWD, kebanyakan yang kecewa karena mereka tinggalnya di pelosok2 yg infrastruktur jalannya belum sebaik di jakarta atau yang meragukan kekuatan kaki2nya tidak sekuat zaman Avanza masih RWD. Karena beberapa pemakai Avanza suka diajak "kasar" oleh pemiliknya. Dengan perubahan yg cukup radikal dari Avanza/Veloz kali ini Sepertinya "dugaan" saya pengguna/penggemar Avanza akan terbagi menjadi 3 jika ia akan membeli kendaraan baru :
- Tetap Berminat dengan Avanza baru walau berubah jadi FWD
- Beralih ke LMPV dari sebelah seperti R3 atau Xp karena sama2 FWD dan
- Beralih ke Rush/Terios karena masih membutuhkan format RWD
CMIIW ya
yaelah calsig digedein...
mmg kita" msh diingetin yoyota ini mobil entry level
klo model kisi ac plafonnya pke model inova fortie msh oke lah, emg udh agak ancient si modelnya, cmn msh kesan oh turunan dr mobil lvl atasnya...
Bahkan saking bagusnya saya pernah lihat Bus AKAP di bagian kisi AC dekat sekat kaca depan modelnya mirip2 punya Innova
---From Moving Forward to Drive your Ambition---
2019 Mitsubishi Xpander NC1W 4A91 M/T
2019 Mitsubishi Xpander NC1W 4A91 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia
Biasanya sih mobil non volume maker gini display unitnya di roling ke beberapa dealer, kadang innova/fortuner gk ada display unit tapi itu sih gampang karena pasti sales arahin ke unit stock diparkiran gudang biar konsumen bisa lihat....hosea wrote:Om, maaf mau nanya di pameran CW itu ada Altisatau camry dipajang kah?
Soalnya Astra ini diskriminasi sama orang surabaya. Sejak camry diluncurkan awal 2019 dan altis awal 2020, belum pernah ada display unit di dealer manapun di surabaya.
Mau tes drive atau sekedar lihat saja, kata Sales nya orang yang mau beli camry atau altis biasanya langsung beli tanpa lihat ataupun nyoba