Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 06 Dec 2021, 14:35
evanbngdor wrote: 06 Dec 2021, 13:08
Dibilang murah sih rasanya ngga juga lah Om. Plus minus lah.

ToyoDai juga pasti lebih murah kalau pake nya aftermarket, Suzuki aftermarketnya ngga sebanyak Toyodai alternatifnya
not mentioning kalau beberapa merek itu terkesan murah karena memang beberapa job ngga dikerjain atau sengaja dimolorin schedule nya :mky_03:

bone stock cars gini sih rata-rata lah. kerjanya paling ganti oli mesin, oli cvt, servis rem yang penting di 50 ribu km pertama. blom ada slow moving yang minta jajan. bisa lah per taun paling abis cuma gak ampe sejeti. :mky_01:

klo susuki steering racknya aja biasa cepet bunyi minta diservice itu aja gak mesti ganti 1 assy.
Setuju, apalagi kalo service berkala nya di bengkel swasta misal bengkel BOS. 90% sama lah itu biaya nya, soalnya kelas nya sama #bukansalesBOS

Nah masalah steering rack itu memang khas nya Suzuki, kalau ganti 1 set apalagi di bengkel resmi mungkin lebih mahal ToyoDai. Tp kalo service atau cari copotan di bengkel power steering sih harga mirip2
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rujaktahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 22 Jul 2018, 04:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by rujaktahu »

patrickstar wrote: 06 Dec 2021, 11:35 om-om sekalian, seandainya mau beli MPV : XL7 vs Xenia/Avanza baru, pilih mana ya. Terimakasih.
XL7 lagi rame kasus mobil kebakaran. Setahun ini sudah 4 unit yg kebakaran dan sampe saat ini belum ada tanggapan dari pabrikannya :big_dunno:

Sy pernah sebelahan dengan veloz baru di lampu merah ternyata ukurannya hampir sama dengan xl7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 06 Dec 2021, 15:05 Setuju, apalagi kalo service berkala nya di bengkel swasta misal bengkel BOS. 90% sama lah itu biaya nya, soalnya kelas nya sama #bukansalesBOS

Nah masalah steering rack itu memang khas nya Suzuki, kalau ganti 1 set apalagi di bengkel resmi mungkin lebih mahal ToyoDai. Tp kalo service atau cari copotan di bengkel power steering sih harga mirip2
tapi steering rack suzuki lebih repairable ya kayanya. saya pernah baca entah dimana, sudah lupa, kalau merek lain, biasanya daripada rebuilt mending sekalian beli kw, nah kalau suzuki bisa direbuilt.
rakyatwkwkland wrote: 06 Dec 2021, 14:42 Tenang oom, sekarang kan dah ada gantinya, yaitu stiker dan emblem GR SPORT

Walau per pc nya cuma nambah 5 hp, tapi dapetnya lebih banyak lhoo, sampe ke stir dan tombol start stop button aja dapet, jd harusnya akumulasinya lebih tinggi drpd TRD SPORTIVO :big_weee:
ohh iya ya, sekarang di steer ada, engine start button sama di bangku ya. wuih total bisa 30 hp kan ya. :big_biglaugh:
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by psiturism »

Udah seminggu lebih Veloz Q non tss parkir di rumah.. kesan pertama sih rasa "avanza"nya bener2 hilang. Udah coba bawa dengan driving style agak kejam juga nurut buat ukuran lmpv, berarti sasis DNGA memang bagus. Sayang, kalah di ban yang kebetulan dapetnya champiro ecotec, dibawa nikung mobil anteng ban kalah duluan :big_biglaugh:

Fitur cukup mengejutkan buat sebuah lmpv, bener2 definisi avanza dibikin mewah ya begini. EPB nya aja bisa auto-release sama auto-engaged, belom pernah nemu di lmpv hal kecil kaya begitu :big_exellent:

Yang agak disayangkan cuma kualitas buatan yang agak kurang rigid, peredaman oke tapi harusnya masih bisa di improve, tapi bisa dimaklumi mobil kelas begini gabisa berharap banyak. Overall menurut saya lmpv paling worth to buy di pasaran untuk saat ini.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 08 Dec 2021, 17:45
evanbngdor wrote: 06 Dec 2021, 15:05 Setuju, apalagi kalo service berkala nya di bengkel swasta misal bengkel BOS. 90% sama lah itu biaya nya, soalnya kelas nya sama #bukansalesBOS

Nah masalah steering rack itu memang khas nya Suzuki, kalau ganti 1 set apalagi di bengkel resmi mungkin lebih mahal ToyoDai. Tp kalo service atau cari copotan di bengkel power steering sih harga mirip2
tapi steering rack suzuki lebih repairable ya kayanya. saya pernah baca entah dimana, sudah lupa, kalau merek lain, biasanya daripada rebuilt mending sekalian beli kw, nah kalau suzuki bisa direbuilt.
wah kurang paham sih mbah. Bisa jadi seperti itu. Tp pernah nanya copotan Ertiga & Avanza di bengkel power steering sih mirip2. EPS juga.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by quyquy »

Buat nambahin info aja..

Barusan test drive All new Veloz FWD matic di lokasi dealer Toyota yang gede.

Compare to Sienta matic:
1. Veloz jaaaaaauh lebih gesit tarikan bawahnya
2. Veloz radius putarnya lebih nekuk ketimbang sienta
3. Bantingan suspensi jaaaaauh lebih empuk dari Sienta
4. Posisi drivernya bisa disetel2 lebih enak ketimbang sienta
5. Hanya saja ergonomi jok drivernya masih lebih enak enak sienta.
IUS95
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 10 Dec 2021, 13:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Brio

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by IUS95 »

Veloz bodinya cakep ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

Termasuk sebentar itu untuk bikin sebuah all new model.

Xpander facelift 2021 ini aja infonya udah mulai proses development plan nya dr sebelum facelift 2020 launch
:mky_01:

Tp kalo triple elips sih setau saya development plan nya ngga seribet 3 berlian mulai dr perancangan, prototype, sampe pengujian nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:28
Termasuk sebentar itu untuk bikin sebuah all new model.

Xpander facelift 2021 ini aja infonya udah mulai proses development plan nya dr sebelum facelift 2020 launch
:mky_01:

Tp kalo triple elips sih setau saya development plan nya ngga seribet 3 berlian mulai dr perancangan, prototype, sampe pengujian nya
nah makin yakin klo xpander 2017 itu memang mobil setengah jadi... :big_biglaugh: kayak ya udah diluncurin dulu daripada kehilangan momentum. compromise dimana-mana deh.

makanya saya abis nyoba xpander 2021 itu rasanya mateng banget ini mobil gak kayak yang dulu. di teaser dulu ama mitsu lagi keluarin cross dulu yang suspensinya penyempurnaan dari suspensi xpander standar :big_biglaugh: skrg xpander standar pake suspensi cross pasang transmisi CVT jadi proper
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 10 Dec 2021, 15:35
evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:28
Termasuk sebentar itu untuk bikin sebuah all new model.

Xpander facelift 2021 ini aja infonya udah mulai proses development plan nya dr sebelum facelift 2020 launch
:mky_01:

Tp kalo triple elips sih setau saya development plan nya ngga seribet 3 berlian mulai dr perancangan, prototype, sampe pengujian nya
nah makin yakin klo xpander 2017 itu memang mobil setengah jadi... :big_biglaugh: kayak ya udah diluncurin dulu daripada kehilangan momentum. compromise dimana-mana deh.

makanya saya abis nyoba xpander 2021 itu rasanya mateng banget ini mobil gak kayak yang dulu. di teaser dulu ama mitsu lagi keluarin cross dulu yang suspensinya penyempurnaan dari suspensi xpander standar :big_biglaugh: skrg xpander standar pake suspensi cross pasang transmisi CVT jadi proper
Apa kabar all new rush? Bukan setengah jadi lg itu malah menurut saya.

Momen launch rush ini ibarat main bola di menit2 akhir, udah pada letih semua dan udah banyak kebobolan, salah satu pemain dituker sama pemain cadangan yg mungkin secara skill 6/10 tp stamina 10/10, setidaknya bisa menjadi sedikit penghambat musuh sambil pemain utama recovery
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by rakyatwkwkland »

evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:48
ChZ wrote: 10 Dec 2021, 15:35
evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:28

Termasuk sebentar itu untuk bikin sebuah all new model.

Xpander facelift 2021 ini aja infonya udah mulai proses development plan nya dr sebelum facelift 2020 launch
:mky_01:

Tp kalo triple elips sih setau saya development plan nya ngga seribet 3 berlian mulai dr perancangan, prototype, sampe pengujian nya
nah makin yakin klo xpander 2017 itu memang mobil setengah jadi... :big_biglaugh: kayak ya udah diluncurin dulu daripada kehilangan momentum. compromise dimana-mana deh.

makanya saya abis nyoba xpander 2021 itu rasanya mateng banget ini mobil gak kayak yang dulu. di teaser dulu ama mitsu lagi keluarin cross dulu yang suspensinya penyempurnaan dari suspensi xpander standar :big_biglaugh: skrg xpander standar pake suspensi cross pasang transmisi CVT jadi proper
Apa kabar all new rush? Bukan setengah jadi lg itu malah menurut saya.

Momen launch rush ini ibarat main bola di menit2 akhir, udah pada letih semua dan udah banyak kebobolan, salah satu pemain dituker sama pemain cadangan yg mungkin secara skill 6/10 tp stamina 10/10, setidaknya bisa menjadi sedikit penghambat musuh sambil pemain utama recovery
:mky_03:
Hahahaha... Gara2 momentum launching yg hanya berjarak beberapa saat dari xpander launching, ditambah dari segi desain kalo diliat dari beberapa angle kayak mobil yg didesainnya kejar target, ditambah lagi platform transmisi gak berubah dan mesin cuma nyomot dari avxen, jd keliatan seakan2 AN rushter itu edisi panik toyodai xpander laku keras ya :big_biglaugh:

Yg lebih membingungkan lagi, beberapa kali ane nemu artikel di media online, rumornya nanti rushter jg akan ikut pake platform DNGA nya avxen dan jadi FWD jg, tp msh belum diketahui kapan keluarnya sih. Berarti ada kemungkinan generasi yg sekarang ini life cycle nya jadi jauh lebih singkat drpd yg generasi pertama dong yahh...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by kunaskun »

kok sebentar amat ya, dulu pernah ngobrol dengan org yang kerja di bidang ginian, sesudah launching new gen, maka akan siapkan new gen lagi. untuk FL ada tim tersendiri, karena build mobil itu ga segampang katanya netijen mendang mending yang ga beli tapi benar itu :big_peace:
4 tahun buat nambahin fitur TSS kali :big_biglaugh:

btw, bikin frame sepeda carbon aja mentok 1-2 tahun sekali, itu untuk atlit pro loh yg every watt matter.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

rakyatwkwkland wrote: 10 Dec 2021, 16:09
evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:48
ChZ wrote: 10 Dec 2021, 15:35

nah makin yakin klo xpander 2017 itu memang mobil setengah jadi... :big_biglaugh: kayak ya udah diluncurin dulu daripada kehilangan momentum. compromise dimana-mana deh.

makanya saya abis nyoba xpander 2021 itu rasanya mateng banget ini mobil gak kayak yang dulu. di teaser dulu ama mitsu lagi keluarin cross dulu yang suspensinya penyempurnaan dari suspensi xpander standar :big_biglaugh: skrg xpander standar pake suspensi cross pasang transmisi CVT jadi proper
Apa kabar all new rush? Bukan setengah jadi lg itu malah menurut saya.

Momen launch rush ini ibarat main bola di menit2 akhir, udah pada letih semua dan udah banyak kebobolan, salah satu pemain dituker sama pemain cadangan yg mungkin secara skill 6/10 tp stamina 10/10, setidaknya bisa menjadi sedikit penghambat musuh sambil pemain utama recovery
:mky_03:
Hahahaha... Gara2 momentum launching yg hanya berjarak beberapa saat dari xpander launching, ditambah dari segi desain kalo diliat dari beberapa angle kayak mobil yg didesainnya kejar target, ditambah lagi platform transmisi gak berubah dan mesin cuma nyomot dari avxen, jd keliatan seakan2 AN rushter itu edisi panik toyodai xpander laku keras ya :big_biglaugh:

Yg lebih membingungkan lagi, beberapa kali ane nemu artikel di media online, rumornya nanti rushter jg akan ikut pake platform DNGA nya avxen dan jadi FWD jg, tp msh belum diketahui kapan keluarnya sih. Berarti ada kemungkinan generasi yg sekarang ini life cycle nya jadi jauh lebih singkat drpd yg generasi pertama dong yahh...
Rumornya sih seperti itu ya, akan menggunakan DNGA juga. Cuma ya biar waktu yg menjawab deh, bagaimanapun juga dengan persaingan ATPM skg ini, konsumen yang diuntungkan. Biarkan aja mereka yg 'perang' kita tinggal menikmati kemenangannya aja
:mky_03:

ATPM pun skg juga mikir keras, development mobil bukan hanya terkait enclosure nya aja, tp juga drivetrain, teknologi, dll. Itu yg sangat perlu development plan yang mateng, karena sangat riskan terjadi dispute untuk develop sebuah mobil apalagi kalo mulai dari 0.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 10 Dec 2021, 15:48 Apa kabar all new rush? Bukan setengah jadi lg itu malah menurut saya.

Momen launch rush ini ibarat main bola di menit2 akhir, udah pada letih semua dan udah banyak kebobolan, salah satu pemain dituker sama pemain cadangan yg mungkin secara skill 6/10 tp stamina 10/10, setidaknya bisa menjadi sedikit penghambat musuh sambil pemain utama recovery
:mky_03:
Sekaligus jadi pengecoh, bikin calon pembeli jadi bandingin xpander ama dia padahal lawan sebenernya kan avanza :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by silenzo »

veyvez wrote: 21 Nov 2021, 01:09 Prolog

826653.jpg

Aslinya gak demen sama mobil beginian, lagian ngga cocok dengan saya karena 7 seater+kegedean. Dan lagi, saya udah liat foto unit pre-productionnya jauh sebelum launch. Tapi bocoran fitur dan development bikin ngiler, dan kata-kata pake DNGA makin bikin penasaran mau coba.

Singkat cerita abis launch melipirlah saya ke GIIAS, dan bujubuneng gila booth toyota/daihatsu masuknya antri! Padahal fyi saya ke sana weekday dan semua keramaian itu numpuk di avanza/veloz/xenia baru (kenapa jadi kembar tiga sih?). Bahkan salah satu teman yang datang weekend bilang antri masuk booth toyota setengah jam dan mau masuk avanza pun antri rebutan. GIIAS ini sebenernya highlightnya si kembar tiga, gak heran serame itu ICE BSD padahal banyak restrictionsnya. Saya gak masuk booth daihatsu, males antri cuma buat liat xenia. Booth toyota selama saya tongkrongin lumayan banyak juga yang spk avanza/veloz.

Dan di dealer pun sama, pas saya di service area (1 jam-an process), sudah ada 2 orang yang spk Veloz :mky_03:

Unit yang kali ini direview adalah Xenia 1.3R ADS (gak lama steernya karena belum ada plat) dan Veloz 1.5 Q TSS. Kenapa ga nyoba Avanza? Yah kayaknya bakal sama aja karena positioning dia di tengah. Yang mau saya liat dari Xenia adalah improvementnya dibanding yang lama dan kompetitor, sedangkan di Veloz saya bakal liat seberapa niat Toyota bikin Veloz jadi premium dan satu tingkat diatas Avanza.

Exterior

826652.jpg

Dari bagian depan, si kembar tiga ini punya muka yang beda semua. Xenia mirip produk Tata atau Perodua, Avanza kayak Raize, dan Veloz jadi Corolla Cross KW. Avanza dan Xenia cuma beda bumper, tapi kalo mau convert Veloz harus ganti fender, kap, dan headlamp. Dari sini cukup niat sih Toyota ngebedainnya dari avxen. Lampu depan Xenia keliatan kecil, kurang proporsional tapi nyalanya bagus dan terang. Veloz lampunya jauh lebih besar, dan tambahan "premium"-nya ada running sign. Dari kembar tiga ini menurut saya paling mending depannya Veloz sih, tapi kromnya kebanyakan. Xenia ADS malah aneh dengan aksen merah di bumper yang gak buat sporty juga sebenernya.

826661.jpg

Saya lebih suka sampingnya, kesannya panjang dan low-slung padahal gcnya tetep tinggi. Failnya disini cuma satu, pilar a keliatan terlalu maju dan tegak padahal sebenernya nggak. Dugaan saya sih karena moncong yang juga kelewat tegak kalo diliat dari samping. Sisanya bagus, garis body tegas sejajar handle, floating roof, dan spion di pintu bukan di pilar makin bikin cakep. Buat yang 1.3, velgnya 15", 1.5 16" dan Veloz Q khusus dapet 17". Saya awalnya kira Veloz bakal kedodoran bawa sepatu gede tapi nanti kita liat di driving impression.

Xenia ADS dapet sideskirt yang lagi-lagi warnanya ada aksen merah, bikin males padahal bentuk sideskirtnya bagus. Velg 15" kerasa kecil di body sebesar itu. Veloz sebagai pembedanya punya fender depan dan belakang lebih lebar dengan add-on, dan rapi juga karena warnanya sewarna body. Saya demen model begini karena kesannya gak tryhard jadi SUV kayak xcross atau XL7, tapi tetap jatidiri MPV aja. Veloz Q ini bannya profil 50, agak tipis. Rem belakang untuk Veloz sudah cakram dan ban pun ada 2 pilihan yang rada jomplang, Turanza T005A dan Champiro Ecotec. Veloz juga dapet puddle lamp, lucu tuh.

826662.jpg

Bagian belakangnya juga dibedain antara avxen dan Veloz. Veloz punya lampu belakang yang nyambung full kanan ke kiri, sedangkan avxen putus di tengah. Tapi kalo Xenia yang ADS dapet garnish item juga yang nyambungin lampu. Nah sialnya kalo mau convert Veloz, avxen harus ganti sepintu-pintu belakangnya karena lampu Veloz yang nyambung itu beneran nyala semua bukan kayak BR-V yang hiasan aja.

Belakangnya sih kayak rushter campur Xpander, gak jelek tapi gak keren juga, biasa aja. Highlight yang gak disuka adalah emblem Xenia yang keramean, semua ditulis. Di Veloz yang gak disuka vent palsu kanan kirinya. Yang disuka? Penempatan emblem Veloz yang kesannya rapi dan premium, udah gitu semua lampu yang nyambung itu nyala jadi beda presencenya di jalan dibanding avxen.

Overall sih exteriornya gak keren tapi gak jelek juga, cuma yang pasti leap forward dibanding avxen lama yang kesannya murah dibanding kompetitor. Saya lebih megang desainnya Veloz di antara kembar 3 ini, dan juga dibanding Xpander baru.

Interior

Nah bagian ini di Veloz cukup bikin amazed, tampilannya gile layar semua headunit, ac, speedo. Tapi kita urutin dari masuk mobil aja.

Begitu masuk mobil, pintunya jauh lebih berat dibanding avxen lama dan bukanya pun lebih smooth. Yang saya notice dari perpintuan ini, pintu Veloz terasa lebih mantep dibuka tutup dibanding Xenia. Entah beda karet atau gimana, tapi tutup pintu Veloz lebih "blep" dibanding Xenia yang masih agak "breng". Notice kedua adalah posisi masuk kita ke mobil yang jauh lebih mudah dari avxen lama. Tapi entah kenapa pas pake Veloz dalam waktu yang lama (Xenia cuma steer sebentar) sepatu saya selalu kena panel bodi deket door sill. Gak kenapa-kenapa sih, cuma bunyi aja gak enak. Hal ini gak pernah terjadi di semua mobil walaupun saya cuma pakai nyetir dua kali.

826656.jpg

Doortrim pun Xenia dan Veloz kerasa banget bedanya, Veloz ada ambient lighting dan insert faux leather sementara Xenia polos aja. Kudos buat Toyota mau bedain sejauh ini. Duduk di dalem, posisi jauh better dibanding avxen lama yang ketinggian. Tapi buat yang terbiasa pake avxen lama harus adaptasi lagi karena kesan commandingnya kurang. Jok juga surprisingly punya support yang oke untuk kelas LMPV, cuman posisi headrest dan sandaran masih kurang tinggi. Material jok Veloz pakai campuran faux leather dan fabric, sementara Xenia full fabric.

826655.jpg

Dashboardnya dibuat mirip raize, common partsnya pun banyak (speedo, lingkar steer, panel ac, tombol start stop, tombol epb). Bedanya kembar 3 ini dibuat simetris dashboardnya dan lebih konvensional. Oh ya, dash avxen dan Veloz beda. Avxen punya storage di bawah airbag passenger dan di bawah panel AC. Sialnya, di Veloz ini ilang semua karena diganti panel faux leather dan piano black. Padahal di bawah panel AC harusnya masih bisa dibuat storage. Penggantinya, di Veloz sebelah kiri shifter ada storage kecil. Soal bahan sih standar aja, plastik semua dan fit and finishnya masih di bawah Ertiga/Xpander. Setirnya mirip Raize tapi hornpad dibuat mengotak sesuai dash. Keren sih, nggak keliatan murahan.

On side note, Xenia 1.5 punya aksen merah di kisi AC, dash, dan tombol start stopnya juga dibuat merah. Aneh dan kesannya norak buat MPV gini. Kenapa sih seleranya ADM dari krom jadi merah-merah gini :big_bored:

Konsol tengah juga beda, sama-sama model tinggi tapi Veloz sudah ada EPB dan auto hold. Suatu fitur yang bakal buat bingung kayaknya kalo Veloz baru udah banyak, sekarang mah unit yang saya pake aja di jalan :big_grin:

826654.jpg

Speedo Xenia R ke atas dan Avanza G ke atas sudah TFT dan lumayan tajam resolusinya, meski menunya sedikit tapi infonya lengkap sekali. Veloz dapat instrumen full TFT dengan animasi opening yang keren banget. Di Xenia ADS, ada karpet mangkok ala-ala Volvo 960 yang saya suka karena mudah dibersihkan (berguna buat keluarga yang masih ada anak kecil). Cuma karena bahannya vinyl, karpet licin kalau basah dan berpotensi mengganggu pengemudi. Harusnya karet aja bisa.

826650.jpg

Pindah baris kedua, ruangnya super lega. Ini karena jarak main sliding joknya yang luar biasa jauh dan recliningnya juga luar biasa jarak mainnya. Good job Toyodai! Model atap yang low juga ngga buat ruang kepala sempit. Nah setelah duduk di baris kedua baru sadar kenapa AC nya dibuat mirip Calya, karena selain ganti model, juga gak makan tempat kayak double blower konvensional. Sehingga penumpang 2nd row bisa punya pemandangan yang lebih luas tanpa kehalang AC. Ya minusnya jelek aja sih jadi kayak kipasnya Calsig. Di plafon untuk Veloz juga ada monitor RSE yang sebenernya engselnya lemah dan kalo jalan agak goyang. Tapi bolehlah kasi jempol karena pesaingnya gak ada yang kasih. Uniknya monitor ini dia gak mati kalau dilipat, jadi kesannya kayak ambient lighting gitu.

Doortrim baris kedua juga bisa dibilang pintar karena banyak cupholder. Ini Toyodai dari avxen gen 2 pinter ya, tau orang indo kalo jalan suka bawa minum banyak-banyak. Buat Veloz juga ada storage di balik jok depan yang idenya ngambil dari Xpander, tapi dibuat ada di jok kanan kiri. Highlight lain di belakang ada long sofa mode yang digembar-gemborin di brosur dan review yutub, tapi ini sebenernya Jazz dan Myvi saya juga bisa.

Baris ketiga belum coba, tapi kayaknya jauh lebih lega karena panjang nambah 20an cm. Bagasi juga lega dan ada kompartemen di bawah. Bagusnya lagi, untuk pertama kalinya avxen bisa punya kursi yang dilipat rata lantai bagasi.

Overall sih interiornya superb, saya suka banget meski fit and finishnya masih rada kacrut. Banyak fitur dan yang pentingnya, terpakai gak cuma gimmick aja. Contoh cup holder dan storage2nya.

Driving Impression

826651.jpg

Masuk mobil, start. Dua-duanya sama-sama pakai tombol start stop. Nyalain AC, dan hal pertama yang saya notice adalah : acnya lama dingin. Entah karena mobil masih baru atau kabin kegedean. Yang pasti ini kejadian di Xenia dan Veloz. Tapi kalo udah lama dingin banget kok khas Toyota.

Kita coba bahas Xenia dulu. Karena mobil di stockyard, pertama saya keluarin dulu dari stockyard dengan kondisi jalan nanjak. Nah kodratnya body segede hampir Innova lama dengan mesin 1.3, ya pasti lemot. Buat nanjak agak ngeden meski gak perlu effort neken gas dalem-dalem. Saya juga lupa kalau dia ada mode manualnya, mungkin kalo pake mode manual lebih easy nanjaknya.

Setelah keluar stockyard, saya coba muter-muter dengan kecepatan lowspeed. Yang kerasa pertama adalah mobil jauh, jauh sekali lebih tenang dibanding avxen lama dari segi NVH. Mungkin masih di bawah Xpander/Ertiga tapi sudah ok. Dan di lowspeed juga pedal gas ditoel dikit udah wuzz wuzz, kayaknya tetep disetting supaya karakter sruntulan avxen lama gak hilang walau CVT.

Nah pindah Veloz sekarang. Veloz punya mesin 1.5, tapi dipair dengan velg 17" yang kesannya berat. Nah ternyata surprisingly mobil larinya jauh better dibanding yang 1.3. Ini karena pengaruh power loss yang kecil dibanding RWD, sehingga dipakein 17" pun masih lari. Naik-naik tanjakan spiral mall pun oke tanpa masalah. Toyota sepertinya tau orang akan khawatir Avanza/Veloz baru gak kuat nanjak dan risetnya banyak di situ. Di tanjakan yang sama, saya rasa Veloz lebih lancar nanjaknya dibanding Xpander Cross babeh saya.

Soal NVH, Veloz punya kualitas yang hampir menyamai Xpander dan untuk faktor noise sudah better dibanding Ertiga. Cukup terasa juga bedanya dibanding Xenia yang masih masuk suara luar. Di Veloz ini sudah lebih senyap. Mobilio/BR-V lama lewat jauh kalo soal NVH dengan Veloz ini. Lucu juga mobil satu basis (Xenia, Avanza, Veloz) namun diferensiasinya sekali lagi dibuat jauh. Oya suara ban Ecotec masih masuk, saran saya push sales untuk kasi unit yang bannya Turanza harusnya lebih hening jauh.

Bantingan di Xenia saya kurang kerasa karena jalanan bagus, tapi tetap saja terasa improvement dibanding gen sebelumnya. Nah di Veloz ini terasa bantingannya yang lebih lembut dan gak mental-mentul kayak avxen lama. Feeling empuknya sudah menyamai Xpander dan Ertiga namun rasa premiumnya rebound Xpander belum bisa disamai (ya tapi Avanza shocknya gak rembes harusnya). Yang bikin surprised adalah bantingannya masih enak sekali walaupun ban profil 50. Saya kira awalnya akan keras.

Yang bikin surprised kedua : handlingnya. Ya mau berharap apa sebenarnya dengan handling LMPV, hehehe. Epsnya no feedback juga. Tapi karakter DNGA sebagai platform baru cukup kentara. Tidak setajam Mobilio yang keras tentunya, tapi limbung berkurang jauh dan sasis terasa lebih rigid di highspeed. Even dibanding Xpander ini lebih anteng di highspeed thanks to DNGA. Kalau dari Raize/Rocky pindah ke sini, saya rasa mirip-mirip. Performa pengereman pun best di kelasnya karena rem belakang cakram. Mungkin ada yang bilang gimmick tapi ini cukup terasa di kecepatan tinggi, mobil mengerem lebih mantap.

Bisa dibilang karakternya mirip Ertiga baru yang platform HEARTECT. Punya handling yang bagus namun tidak setajam Mobilio, comfortable namun tidak senyaman Xpander. 50:50. Saya suka.

Verdict

825626.jpg

Veloz dan Xenia. Dua mobil yang dibuat berbeda namun satu basis, dan memang nyatanya sangat banyak perbedaannya. Dan merupakan game changer juga di kelas LMPV, setelah Honda memensiunkan Mobilio dan blunder dengan BR-V yang baru delivery Januari, dan Mitsu juga blunder dengan Xpander Sport facelift yang punya velg jelek dan downgrade AC.

Oya mobil ini sudah bisa dibeli dan ready, that's why Veloz saya foto di delivery stall. Kalau mau beli, beli sekarang mumpung antrian masih pendek.

Jika anda owner avxen lama dan mau upgrade, tidak mesti beli Veloz, Xenia pun cukup untuk merasakan 'naik kelas'. Lebih-lebih lagi jika beli Avanza atau Veloz.

Jika anda sebelumnya punya LMPV lain dan mau ganti, saran saya go for Veloz. Benar-benar game changer dari semua aspek.

Jika sebelumnya punya Innova atau mobil kelas di atasnya dan tergoda fiturnya saja, jangan beli. Namanya Avanza Xenia ya tidak akan seenak Innova atau mobil-mobil kelas atasnya lagi, seenak apapun avxen baru ini. Sudah berapa kali saya menemui orang yang menyesal beli Xpander/Cortez/ mobil bergimmick fitur lain karena waktu launch tergoda dengan "review" yutub yang memuja muji, akhirnya beli lalu menyesal karena tidak seenak mobil lamanya yang kelas di atasnya.

Thanks!
Om, dapat spec kaca filmya apa untuk depan, samping, dan belakang?
Acelz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 06 Dec 2018, 21:32

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Acelz »

Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by adriangaut »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
Test drive aja oom di dealer, nanti ketahuan beneran butuh atau pengen aja hahaha

Kalo saya sih gak butuh tss ya, fiturnya kecanggihan buat jalanan Indonesia yang yaaaa begitulah, bikin ribet dan mahal aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by ChZ »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
selisih 19juta cuma selisih 10% harga sih enak TSS om.

kepake gak kepake klo saya sih lebih ke kemudahan nanti klo ngejual lagi aja *mentalitas orang indonesia, ya gpp lah pd akhirnya mobil apapun juga mentalitas kita mah goreng dijual lagi, coba liat aja jimny dan GR yaris* :big_biglaugh:

soalnya nanti pasti TSS lebih gampang kejual krn yang di marketingkan toyota skrg yang TSS. lebih worth it secara benefit dan resale value buat ngecap nanti kalo jual lagi :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by silenzo »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
Ambil yang TSS aja om. Teknologi dan/ atau tambahan fitur keselamatan kan berkembang terus. Beberapa tahun ke depan mungkin ada fitur yang lebih dewa dibanding TSS saat ini. Jadi kalo mau menikmati teknologi dan/ atau tambahan fitur keselamatannya silakan diambil TSS. Kalau merasa ngga butuh teknologi dan/ atau tambahan fitur keselamatan ya pilih yang non TSS aja.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by kunaskun »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
ada budget ya TSS lah. safety number 1. buat saya itu kan seperti asuransi, jangan sampe kepake. :big_peace:

FYI, baru beberapa hari ini kulik katalog part number Daihatsu Rocky, penasaran aja kenapa sampe sekarang ga ada yang bisa pindahin itu TSS toyota Raize ke Daihatsu Rocky atau setidaknya bikin Rocky non ASA jadi ada ASA padahal kan dasarnya sama, dan saya ketemu dari part saja sudah beda:
- Camera, yep its different
- power steering computer
- power steering module
- steering rack
- abs module
- master rem
- wiring assy
- spiral steering wheel
- network computer
- ECU

itu aja sudah lieur entah in real world ada beda lagi ga :big_biglaugh: dan sekedar info itu kaki2, braking, transmission semua sama.
selisih harga segitu ga akan bisa nambahin sendiri. kebayang aja repotnya ganti segitu banyak part. dan belum tentu jalan pula. :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
kalo selisihnya under 25 jt ya saya lebih prefer TSS, karena fiturnya safetynya lebih lengkap dan sulit buat kita tambahin sendiri, setau saya yg laku di jakarta juga mayoritas tipe TSS kalo veloz, kalo diluar jakarta kurang tau hehehe , tapi kalo pengen sekedar merasakan kelebihan veloz baru , yg tipe Q biasa udh cukup kok, tergantung kebutuhan saja hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by psiturism »

Acelz wrote: 15 Dec 2021, 23:44 Halo agan2, saya ada rencana ambil new Veloz, cuman masih galau sih apakah TSS nya worth atau sebenarnya yang Q non TSS udh cukup oke? Apalagi ini bakalan delivery tahun depan jadi belum tau ppnbmnya didiskon lagi atau ga ya 😂.

Awalnya mau mikir beli Rush, tapi kok teknologinya jauh ya sm veloz (cvt, dashboardnya, dsb).

Thank you
balik ke kebutuhan masing-masing om

saya ambil non tss karena memang penggunaan saya ga butuh tss (dan kebetulan unit yg ada cepet yg non tss) :big_biglaugh:

yang saya sayangin cuma airbag aja yg hilang sisa 2 di non tss, utk fitur tss nya sndiri menurut saya belom jadi suatu concern yang amat penting buat pemakaian di jalanan indo, apalagi di jakarta ya. even though memang punya fitur itu suatu hal yang nice to have

saya sih udah sering ketemu kembaran dijalan, randomly tiap saya perhatiin tss sama non tss kurleb 11 12 banyaknya ya, merhatiin nya kan tinggal liat spion luar ada sensor blind spot apa ngga. jadi menurut saya utk saat ini yg saya liat, veloz masih cukup berimbang antara tss dan non tss, walaupun kedepannya ya bs dibilang 90% bakal lebih laris tss.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by Pboyz97 »

psiturism wrote: 21 Dec 2021, 04:18
balik ke kebutuhan masing-masing om

saya ambil non tss karena memang penggunaan saya ga butuh tss (dan kebetulan unit yg ada cepet yg non tss) :big_biglaugh:

yang saya sayangin cuma airbag aja yg hilang sisa 2 di non tss, utk fitur tss nya sndiri menurut saya belom jadi suatu concern yang amat penting buat pemakaian di jalanan indo, apalagi di jakarta ya. even though memang punya fitur itu suatu hal yang nice to have

saya sih udah sering ketemu kembaran dijalan, randomly tiap saya perhatiin tss sama non tss kurleb 11 12 banyaknya ya, merhatiin nya kan tinggal liat spion luar ada sensor blind spot apa ngga. jadi menurut saya utk saat ini yg saya liat, veloz masih cukup berimbang antara tss dan non tss, walaupun kedepannya ya bs dibilang 90% bakal lebih laris tss.
kalo di daerah memang iya, lebih laku yg non TSS , tapi kalo di jakarta, lebih laku yg TSS sepertinya menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review : 2021 Toyota Veloz - Daihatsu Xenia

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 21 Dec 2021, 07:47
psiturism wrote: 21 Dec 2021, 04:18
balik ke kebutuhan masing-masing om

saya ambil non tss karena memang penggunaan saya ga butuh tss (dan kebetulan unit yg ada cepet yg non tss) :big_biglaugh:

yang saya sayangin cuma airbag aja yg hilang sisa 2 di non tss, utk fitur tss nya sndiri menurut saya belom jadi suatu concern yang amat penting buat pemakaian di jalanan indo, apalagi di jakarta ya. even though memang punya fitur itu suatu hal yang nice to have

saya sih udah sering ketemu kembaran dijalan, randomly tiap saya perhatiin tss sama non tss kurleb 11 12 banyaknya ya, merhatiin nya kan tinggal liat spion luar ada sensor blind spot apa ngga. jadi menurut saya utk saat ini yg saya liat, veloz masih cukup berimbang antara tss dan non tss, walaupun kedepannya ya bs dibilang 90% bakal lebih laris tss.
kalo di daerah memang iya, lebih laku yg non TSS , tapi kalo di jakarta, lebih laku yg TSS sepertinya menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Karena kalo di Jakarta mungkin pd beli yg TSS karena latah dan gengsi aja, bukan karena kebutuhan. Saya yakin 50% lebih yg beli karena itu
:mky_04:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post