In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
As subject:
Object comparisons:
- Innova 2GD 2017 G MT, 1st batch: Catalis at downpipe, Km74k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- Innova 2GD 2021 G MT, km 100, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- VRZ 2018 improvement Catalis at center pipe, km 42k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
THE STORY SO FAR
Setelah 4,5 thn innova 2 GD running 74k km, sudah dirasa untuk penyegaran
walaupun tidak ada problem so far sih..
tapi mumpung masih ada diskon PPN BM maka hunting mobil pengganti dimulai.
Akhirnya pilihan jatuh pada ...
..
..
..
..
..
..
..
2GD G MT again..... wkwkwk
mo bilang Atoyot fanboy, Sekte Astra kek, kopongan kek.. pokoke sangat puas pake nya
walaupun tipe yang dipilih sukses bikin sales garuk2 kepala krn ga ready stock..
Ya inden sebulan terserahlah asal dapat tahun ini...
skip skip akhirnya mobil datang akhir november as promised
diparkir berjejer, lah, kok si 2021 lbh tinggi sekitar 3cm dr 2017 ya
apa pengaruh ban 2017 ud tipis atau ada improvement suspensi? bisa jadi..
THE SUNATAN
Langsung aja ke hot topic yang disukai antifans dan kaum mendang mending...
kapan lagi bisa bashing market leader kan?
Nah sunatan sudah berasa sejak serah terima mobil......
kunci remote cuma ada 1, dua sisanya tanpa remote, kalo dulu kan 1 saja yg tanpa remote
supir bilang skrg tipe v juga kuncinya cm satu
yaelah sampe segitunya Atoyot...
next saat masuk dan lihat tombol bawah setir, lah kok ada yg hilang?
astaga ternyata tombol buat matiin parkir sensor disunat juga...
mungkin tombolnya dipindah buat VSC nya ...
kalau lampu power window sih sudah pada paham kalo disunat ya..
nah ternyata saat kita ganti anak saklar nya pake yg berlampu punya riborn 17 ternyata ga bisa nyala jg
ini yang pintu dpn kiri, dan belakang ki-ka ya, pintu driver sih bisa diganti dan nyala
ternyata kurang jalur kabel power lampu, wuaseem, sia2 deh ganti anak saklar
setelah duduk, kok rasanya kursi beda ya, agak lebih tipis gitu... another sunatan? probably
ada lagi yg berasa beda, kulit pembungkus tuas persneling juga beda, yg 2017 ala kulit sintetis tebal dengan jahitan
nah yang 2021 ini lebih mirip.... apa ya, kyk bahan karpet dasar 200 rb an tipisnya ...wkwkwk miris....
terakhir mungkin bukan sunatan ya, perubahan speaker dari kertas di 2017 ke plastik atau kevlar gitu
socket speaker juga beda, lebih kecil yg 2021, jadi sia2 deh udah beli socket pnp buat ganti speaker standar
THE CHANGES AND IMPROVEMENT
supaya fair, ini mobil pasti ada juga improvement nya
start engine, dan mulai jalan, impresinya adalah.....
....
....
....
....
....
....
....
BEDA! ya, itu yang bener dirasakan
sejak start engine, jelas keliatan, kalau 2017 tu kap mesin pasti keliatan guncang, ini anteng aja
vibrasi sangat sangat berkurang, setingkat lagi mendekati mesin bensin
suara juga lebih alus, beneran ga kaleng kaleng lah...
tapi samar2 masih lah ada suara mesin jait khas disel kalo di gas
di dalam mobil noise nya sudah setara dengan VRZ yang kekedapannya setingkat diatas inova
bukan karena kekedapan 2021 yang meningkat, tapi suara mesin yang berkurang wkwkwk
So NV nya 2017 < 2021 & VRZ
Tuas transmisi..
disini juga meningkat, tetap longthrow sih...
tapi di 2017 masuk giginya pasti kayak ga pas gitu apalagi gigi 1,2 sama R ngajak berantem rasanya
nah di 2021 ini halus dan presisi, gigi R masih berasa nyangkut, tapi yang lainnya relatif smooth... good job deh
Tuas Transmisi 2017 < 2021
Performa
nah saya sangat surprise disini, performa di MT ini kerasa banget, 2021 lebih ngacir
rasanya seperti bobot mobil berkurang, bener-bener effortless dibanding 2017....
buat yang biasa pake MT pasti udah ada muscle memory pas mobil mulai lugging, nah disini lugging nya jauhhh berkurang
Harusnya torsi meningkat, jadi sangat jarang mesin lugging karena telat nurunin gigi, rasanya anteng aja terus... mantappp
Hmm apa injector nya beneran diganti piezo? hanya AToyot yang tahu nih...
mudah-mudahan nanti pas ganti oli bawaan gembel 15-40 ke 5-30 suara tetap halus nih.
Ntar ya Mbah Marmut km 2000 ngabsen kesana...
oya, satu yang keliatan beda, idle 2017 itu di rpm 900, sedangkan 2021 itu di rpm 600-700 an, apa ini penyebab suara mesin lebih alus?
Masuk mode power... loh kok ga segalak 2017 ???
di 2017 susah ngepasin kopling kalo Power mode low gear, sering melonjak gak karuan, nah di 2021 ini kyknya lebih jinak...
mungkin memang diset ga terlalu agresif
Skor VRZ < 2017 < 2021
yalah VRZ udah bobot seberat gajah, matic lelet pula, paling ga cocok sruntulan duh...
Konsumsi BBM
Rasanya sama aja dengan 2017, taipi eits ini masih inreyen dan oli bawaan, harusnya bisa lebih hemat nih, daily inova 2017 di 1:13 an dan VRZ di 1:11 an
Skor VRZ < 2017 < 2021
Suspensi
Nah ini bagian yang sulit karena butt-o-meter saya ga sensitip kebanyakan naek ladder prem...
Tapi impresi yang dirasa itu empukan 2021 dikit, dan lebih stabil, manuver high speed rasanya lebih secure.
Stability
2017 < 2021 < VRZ
Keempukan
VRZ < 2017 < 2021
Audio & Rear Cam
Audio 2021 secara fisik udah sangat proper rasanya pas dengan frame nya, kalo 2017 kayak kekecilan
resolusi dan saturasi warna 2021 membaik jauh, bahkan diatas VRZ, rasanya kyk membandingkan LCD hp low end vs Iphone.
Tapi ya itu, suaranya asli... FLAT wkwkwk mau diapain juga ga ada bass nya
setting bass boost max, equalizer preset hard rock, loudness level high, sami mawon, apa pengaruh speaker kevlar entahlah..
2017 masih mendingan ngebass meskipun kalo kencengan dikit ada suara prek prek kyk speaker robek...
VRZ paling bagus disini, stock aja masih lumayan tendangan bass dan lebih detail suaranya..
Display : 2017 < VRZ < 2021
Sound : 2021 < 2017 < VRZ
Next rear cam, terang sih meskipun malem, resolusi sebanding lah dengan VRZ.... Blur nya ...
2017 yang aftermarket redbat aja jauh pake banget ketajaman nya
Alamaak Atoyot susah bener sih kasih rear cam yang sekelas redbat aja...
Rear Cam VRZ < 2021 < 2017
AC
feeling aja, rasanya 2017 lebih cepat dingin dibanding 2021 dan lebih menusuk dingin nya
THE VERDICT
Same old car, some nice improvements..
Tadinya tidak berharap banyak untuk mobil ini, kirain sama ajalah rasanya, oalahhh ternyata salah....
driving feel nya lebih enak dari inopah 1st batch..
memang MT ini bukan buat semua orang...
tapi kalau mau merasakan full potensial stock engine 2GD ini pilihan terbaik
terlalu sayang torsi jumbo begini kawin sama AT lemot macem AC60E
apakah worth it upgrade? buat pemilik 2GD sebelumnya?
dengan harga 2gd MT yang sudah naik sangat banyak dari 4-5 tahun lalu (dulu sekitar 290 an),
dan kalau om adalah orang yang hobi kutak katik dan telaten pelihara mobil, jawabannya mungkin tidak,
karena saya yakin, my old inova yang cuma rawatan beres doang tiap 10k km pun will run another 2-3 years without major issues.
dan ambience di dalam ya 99% sama plek, terutama buat penumpang
dan fitur2 pun masih sama kopongannya masih tanpa immob
tapi dengan makin kuatnya issue hybrid inova dan hilangnya varian RWD Dijel MPV, maka bisa dipertimbangkan untuk membeli 2GD ini
secara turbo sudah lebih kuat, injector dan teknologi yang sudah lebih canggih, seharusnya issue2 lama sudah diperbaiki ...
Object comparisons:
- Innova 2GD 2017 G MT, 1st batch: Catalis at downpipe, Km74k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- Innova 2GD 2021 G MT, km 100, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- VRZ 2018 improvement Catalis at center pipe, km 42k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
THE STORY SO FAR
Setelah 4,5 thn innova 2 GD running 74k km, sudah dirasa untuk penyegaran
walaupun tidak ada problem so far sih..
tapi mumpung masih ada diskon PPN BM maka hunting mobil pengganti dimulai.
Akhirnya pilihan jatuh pada ...
..
..
..
..
..
..
..
2GD G MT again..... wkwkwk
mo bilang Atoyot fanboy, Sekte Astra kek, kopongan kek.. pokoke sangat puas pake nya
walaupun tipe yang dipilih sukses bikin sales garuk2 kepala krn ga ready stock..
Ya inden sebulan terserahlah asal dapat tahun ini...
skip skip akhirnya mobil datang akhir november as promised
diparkir berjejer, lah, kok si 2021 lbh tinggi sekitar 3cm dr 2017 ya
apa pengaruh ban 2017 ud tipis atau ada improvement suspensi? bisa jadi..
THE SUNATAN
Langsung aja ke hot topic yang disukai antifans dan kaum mendang mending...
kapan lagi bisa bashing market leader kan?
Nah sunatan sudah berasa sejak serah terima mobil......
kunci remote cuma ada 1, dua sisanya tanpa remote, kalo dulu kan 1 saja yg tanpa remote
supir bilang skrg tipe v juga kuncinya cm satu
yaelah sampe segitunya Atoyot...
next saat masuk dan lihat tombol bawah setir, lah kok ada yg hilang?
astaga ternyata tombol buat matiin parkir sensor disunat juga...
mungkin tombolnya dipindah buat VSC nya ...
kalau lampu power window sih sudah pada paham kalo disunat ya..
nah ternyata saat kita ganti anak saklar nya pake yg berlampu punya riborn 17 ternyata ga bisa nyala jg
ini yang pintu dpn kiri, dan belakang ki-ka ya, pintu driver sih bisa diganti dan nyala
ternyata kurang jalur kabel power lampu, wuaseem, sia2 deh ganti anak saklar
setelah duduk, kok rasanya kursi beda ya, agak lebih tipis gitu... another sunatan? probably
ada lagi yg berasa beda, kulit pembungkus tuas persneling juga beda, yg 2017 ala kulit sintetis tebal dengan jahitan
nah yang 2021 ini lebih mirip.... apa ya, kyk bahan karpet dasar 200 rb an tipisnya ...wkwkwk miris....
terakhir mungkin bukan sunatan ya, perubahan speaker dari kertas di 2017 ke plastik atau kevlar gitu
socket speaker juga beda, lebih kecil yg 2021, jadi sia2 deh udah beli socket pnp buat ganti speaker standar
THE CHANGES AND IMPROVEMENT
supaya fair, ini mobil pasti ada juga improvement nya
start engine, dan mulai jalan, impresinya adalah.....
....
....
....
....
....
....
....
BEDA! ya, itu yang bener dirasakan
sejak start engine, jelas keliatan, kalau 2017 tu kap mesin pasti keliatan guncang, ini anteng aja
vibrasi sangat sangat berkurang, setingkat lagi mendekati mesin bensin
suara juga lebih alus, beneran ga kaleng kaleng lah...
tapi samar2 masih lah ada suara mesin jait khas disel kalo di gas
di dalam mobil noise nya sudah setara dengan VRZ yang kekedapannya setingkat diatas inova
bukan karena kekedapan 2021 yang meningkat, tapi suara mesin yang berkurang wkwkwk
So NV nya 2017 < 2021 & VRZ
Tuas transmisi..
disini juga meningkat, tetap longthrow sih...
tapi di 2017 masuk giginya pasti kayak ga pas gitu apalagi gigi 1,2 sama R ngajak berantem rasanya
nah di 2021 ini halus dan presisi, gigi R masih berasa nyangkut, tapi yang lainnya relatif smooth... good job deh
Tuas Transmisi 2017 < 2021
Performa
nah saya sangat surprise disini, performa di MT ini kerasa banget, 2021 lebih ngacir
rasanya seperti bobot mobil berkurang, bener-bener effortless dibanding 2017....
buat yang biasa pake MT pasti udah ada muscle memory pas mobil mulai lugging, nah disini lugging nya jauhhh berkurang
Harusnya torsi meningkat, jadi sangat jarang mesin lugging karena telat nurunin gigi, rasanya anteng aja terus... mantappp
Hmm apa injector nya beneran diganti piezo? hanya AToyot yang tahu nih...
mudah-mudahan nanti pas ganti oli bawaan gembel 15-40 ke 5-30 suara tetap halus nih.
Ntar ya Mbah Marmut km 2000 ngabsen kesana...
oya, satu yang keliatan beda, idle 2017 itu di rpm 900, sedangkan 2021 itu di rpm 600-700 an, apa ini penyebab suara mesin lebih alus?
Masuk mode power... loh kok ga segalak 2017 ???
di 2017 susah ngepasin kopling kalo Power mode low gear, sering melonjak gak karuan, nah di 2021 ini kyknya lebih jinak...
mungkin memang diset ga terlalu agresif
Skor VRZ < 2017 < 2021
yalah VRZ udah bobot seberat gajah, matic lelet pula, paling ga cocok sruntulan duh...
Konsumsi BBM
Rasanya sama aja dengan 2017, taipi eits ini masih inreyen dan oli bawaan, harusnya bisa lebih hemat nih, daily inova 2017 di 1:13 an dan VRZ di 1:11 an
Skor VRZ < 2017 < 2021
Suspensi
Nah ini bagian yang sulit karena butt-o-meter saya ga sensitip kebanyakan naek ladder prem...
Tapi impresi yang dirasa itu empukan 2021 dikit, dan lebih stabil, manuver high speed rasanya lebih secure.
Stability
2017 < 2021 < VRZ
Keempukan
VRZ < 2017 < 2021
Audio & Rear Cam
Audio 2021 secara fisik udah sangat proper rasanya pas dengan frame nya, kalo 2017 kayak kekecilan
resolusi dan saturasi warna 2021 membaik jauh, bahkan diatas VRZ, rasanya kyk membandingkan LCD hp low end vs Iphone.
Tapi ya itu, suaranya asli... FLAT wkwkwk mau diapain juga ga ada bass nya
setting bass boost max, equalizer preset hard rock, loudness level high, sami mawon, apa pengaruh speaker kevlar entahlah..
2017 masih mendingan ngebass meskipun kalo kencengan dikit ada suara prek prek kyk speaker robek...
VRZ paling bagus disini, stock aja masih lumayan tendangan bass dan lebih detail suaranya..
Display : 2017 < VRZ < 2021
Sound : 2021 < 2017 < VRZ
Next rear cam, terang sih meskipun malem, resolusi sebanding lah dengan VRZ.... Blur nya ...
2017 yang aftermarket redbat aja jauh pake banget ketajaman nya
Alamaak Atoyot susah bener sih kasih rear cam yang sekelas redbat aja...
Rear Cam VRZ < 2021 < 2017
AC
feeling aja, rasanya 2017 lebih cepat dingin dibanding 2021 dan lebih menusuk dingin nya
THE VERDICT
Same old car, some nice improvements..
Tadinya tidak berharap banyak untuk mobil ini, kirain sama ajalah rasanya, oalahhh ternyata salah....
driving feel nya lebih enak dari inopah 1st batch..
memang MT ini bukan buat semua orang...
tapi kalau mau merasakan full potensial stock engine 2GD ini pilihan terbaik
terlalu sayang torsi jumbo begini kawin sama AT lemot macem AC60E
apakah worth it upgrade? buat pemilik 2GD sebelumnya?
dengan harga 2gd MT yang sudah naik sangat banyak dari 4-5 tahun lalu (dulu sekitar 290 an),
dan kalau om adalah orang yang hobi kutak katik dan telaten pelihara mobil, jawabannya mungkin tidak,
karena saya yakin, my old inova yang cuma rawatan beres doang tiap 10k km pun will run another 2-3 years without major issues.
dan ambience di dalam ya 99% sama plek, terutama buat penumpang
dan fitur2 pun masih sama kopongannya masih tanpa immob
tapi dengan makin kuatnya issue hybrid inova dan hilangnya varian RWD Dijel MPV, maka bisa dipertimbangkan untuk membeli 2GD ini
secara turbo sudah lebih kuat, injector dan teknologi yang sudah lebih canggih, seharusnya issue2 lama sudah diperbaiki ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
interesting
sunatan berdedikasi.. smpe tombol sensor parkir diilangin hahaha
btw... ribon v 2019 di rmh jg cm 1 jg kunci yg ada remot (kpnhari smpet ngambek remot g fungsi, tny org rumah katanya dr dtg jg cm ada 1 kunci remotnya aduhh ~.~)
foto headunitnya kok g ada.. kan penasaran bedanya segimana sm dlu (yg G pfl dlu kacau banget sih.. kyk yaudahlah pasangin pokoknya 2din monitor)
sunatan berdedikasi.. smpe tombol sensor parkir diilangin hahaha
btw... ribon v 2019 di rmh jg cm 1 jg kunci yg ada remot (kpnhari smpet ngambek remot g fungsi, tny org rumah katanya dr dtg jg cm ada 1 kunci remotnya aduhh ~.~)
foto headunitnya kok g ada.. kan penasaran bedanya segimana sm dlu (yg G pfl dlu kacau banget sih.. kyk yaudahlah pasangin pokoknya 2din monitor)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Menarik nih review perbandingannya om, detail” kecilnya pada dibahas…
Btw.. kalo buat beda ketinggian antara 2017 dan 2021 fl banyak faktor kayaknya ya, bisa jadi ban 2017 yg mulai menipis, merk ban yang beda, atau mungkin shock absorber yg 2017 sudah mulai amblas..
Nahh.. kunci remot beneran parah sih sunatannya, gila cuma dikasih 1. Saya aja kemarin minang 2.4 v at 2020 pfl masih dapat 2 kunci remot dan 1 kunci tanpa remot om.
Untuk lampu saklar power window saya juga sama om, pas ganti hanya yang pintu driver yang langsung nyala, buat sisi kiri depan dan ka-ki belakang emang ga nyala. Solusinya om bawa aja ke variasi bisa tarik kabel langsung nyala kok om ngikutin lampu senja
Kalo suara mesin malah orang rata” pada bilang yang facelift ini lebih nyaring suaranya.. berarti nasib baik om punya suaranya halus, atau hanya karena efek 15w40 bawaan?
Oh ya, untuk idle saya pernah baca di web luar, 2gd dan 1gd yang iart ini emang idle nya diturunin jadi 680rpm om, yang pfl kan cold start di 900rpm, udah working temp jadi 750rpm idlenya. Kalo idle ac on sih pernah lihat di utube sama” di 850rpm.
Btw.. kalo buat beda ketinggian antara 2017 dan 2021 fl banyak faktor kayaknya ya, bisa jadi ban 2017 yg mulai menipis, merk ban yang beda, atau mungkin shock absorber yg 2017 sudah mulai amblas..
Nahh.. kunci remot beneran parah sih sunatannya, gila cuma dikasih 1. Saya aja kemarin minang 2.4 v at 2020 pfl masih dapat 2 kunci remot dan 1 kunci tanpa remot om.
Untuk lampu saklar power window saya juga sama om, pas ganti hanya yang pintu driver yang langsung nyala, buat sisi kiri depan dan ka-ki belakang emang ga nyala. Solusinya om bawa aja ke variasi bisa tarik kabel langsung nyala kok om ngikutin lampu senja
Kalo suara mesin malah orang rata” pada bilang yang facelift ini lebih nyaring suaranya.. berarti nasib baik om punya suaranya halus, atau hanya karena efek 15w40 bawaan?
Oh ya, untuk idle saya pernah baca di web luar, 2gd dan 1gd yang iart ini emang idle nya diturunin jadi 680rpm om, yang pfl kan cold start di 900rpm, udah working temp jadi 750rpm idlenya. Kalo idle ac on sih pernah lihat di utube sama” di 850rpm.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
denger2 backlight di tombol power window udah ngga ada ya di yang FL? bener ngga?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 CRV RE1
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Toyota pinter ya nyunatnya di bagian kecil2 spy customer ga perhatiin Tp entah kenapa sampe skrg ane masih gabisa nerima muka reborn FL apalagi yang non venturer, kalo yang venturer masih keliatan ganteng, tp ttp desain reborn yang paling ganteng menurut ane Q Diesel, simple, ga banyak bodykit aneh2, velg 17 inch single tonenya bikin tongkrongan mobil jadi gagah, apalagi warna yang bronze, aduhhh
Dari jaman pre-improvement 2016 sampe ke improvement 2017 aja lampu power window juga hilang, kebiasaan Toyota selalu nurunin kualitas setiap FL, kalo Honda let say CRV, unit FL tp improvenya jauh dibanding PFL, minimal walau perubahan eksterior FLnya ga beda jauh sama PFL, tp improvenya banyak, dari peredaman lebih baik, build quality lebih solid
Agak disayangkan aja sih
Dari jaman pre-improvement 2016 sampe ke improvement 2017 aja lampu power window juga hilang, kebiasaan Toyota selalu nurunin kualitas setiap FL, kalo Honda let say CRV, unit FL tp improvenya jauh dibanding PFL, minimal walau perubahan eksterior FLnya ga beda jauh sama PFL, tp improvenya banyak, dari peredaman lebih baik, build quality lebih solid
Agak disayangkan aja sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
nice review om, dulu hampir SPK yg tipe maticnya warna putih karena cocok buat rute bapak saya yg hampir tiap hari ke depok sm bogor, lega, muat banyak ,perawtan murah, partnya gampang ada dimana2, dijual lg ga jatoh2 amat harganya, irit bbm, torsi gede dan part modif nya banyak, sm rasa nyetir dan kenyamannya jauh membaik dibanding innova lama sm kebetulan pas ada diskon PPNBM jg . tapi karena ibu saya kurang suka sm kenyamanannya kalo duduk di row 2 (maklum, keluarga saya biasa pake mobil monokok) akhirnya gajadi beli, padahal ANKI ini salah 1 mobil daily favorit saya
dan ternyata banyak juga ya bedanya yg gak kasat mata dibanding yg PFL, kaya suara mesin, terus perpindahan transmisinya yg lebih smooth dan halus , walaupun ya fiturnya termasuk biasa aja buat ukuran mobil 300 jt menurut saya , cuma kalo saya pribadi udh cukup oke lah, karena yg saya cari dari innova bukan fitur dan kenyamanannya. tapi akomodasi, durability, kemudahan sparepart, dimana2 ada, easy to maintain, irit bbm, gampang dimodif, diremap dikit doang udh naik lumayan tenaganya + bonusnya ada di RV yg masih cukup nahan dan stabil sampe hari ini wkwkwk , karena seandainya saya dikasih rejeki dan kesempatan untuk punya innova dari penghasilan sendiri kemungkinan besar juga bakal beli yg diesel matic walaupun seken, karena ya bakal saya modif juga mobilnya, gabakal saya biarin standar kwkwkwk
dan ternyata banyak juga ya bedanya yg gak kasat mata dibanding yg PFL, kaya suara mesin, terus perpindahan transmisinya yg lebih smooth dan halus , walaupun ya fiturnya termasuk biasa aja buat ukuran mobil 300 jt menurut saya , cuma kalo saya pribadi udh cukup oke lah, karena yg saya cari dari innova bukan fitur dan kenyamanannya. tapi akomodasi, durability, kemudahan sparepart, dimana2 ada, easy to maintain, irit bbm, gampang dimodif, diremap dikit doang udh naik lumayan tenaganya + bonusnya ada di RV yg masih cukup nahan dan stabil sampe hari ini wkwkwk , karena seandainya saya dikasih rejeki dan kesempatan untuk punya innova dari penghasilan sendiri kemungkinan besar juga bakal beli yg diesel matic walaupun seken, karena ya bakal saya modif juga mobilnya, gabakal saya biarin standar kwkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Memang lebih tinggi mobil yg facelift om..
Saya udah mindah velg facelift ke yg non facelift.
Sy pake yg AT, dan sekarang kita bisa rekues mau kita apa sama bengkel resmi.
Mas, ini jedug..
Mas ini transmisinya sering bingung
Mas ini mesinnya mau revving tp transmisinya malah pindah.
Diutik ama mereka bisa ilang loo.. Walo ngga sekali kunjungan, asal kita tau maunya gmn. Top dah Beres skrg... Free
Ga perlu remap, kecuali emg pengen naikin output.
Toh remap skrg membatalkan garansi.
Saya udah mindah velg facelift ke yg non facelift.
Sy pake yg AT, dan sekarang kita bisa rekues mau kita apa sama bengkel resmi.
Mas, ini jedug..
Mas ini transmisinya sering bingung
Mas ini mesinnya mau revving tp transmisinya malah pindah.
Diutik ama mereka bisa ilang loo.. Walo ngga sekali kunjungan, asal kita tau maunya gmn. Top dah Beres skrg... Free
Ga perlu remap, kecuali emg pengen naikin output.
Toh remap skrg membatalkan garansi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
coba dikeluarin ya yang G diesel luxury, pasti lebih laku lagi ini mobil kopongan.
om nyotsaeba, selama 74k km, uda berapa kali ganti fisol?
om nyotsaeba, selama 74k km, uda berapa kali ganti fisol?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Saya bandingkan dengan innova 2020 blom facelift. Kalau start nyaring yg 2021 ini pas masi oli bawaan dealer.. setelah diganti yy 10-30 saat ini pakai. Haluss banget.. jadi ga terima kalau org ga suka mesin diesel karena berisik.. ini mah uda kayak mobil bensin banget..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Pake hape ga bs multiquote ya, tp sy coba tambahin disini yafenrir wrote:coba dikeluarin ya yang G diesel luxury, pasti lebih laku lagi ini mobil kopongan.
om nyotsaeba, selama 74k km, uda berapa kali ganti fisol?
Soal suara mesin, bisa aja 2017 saya yang uda kasar, jd kompare ke 2021 ya lebih baik,
atau, kebetulan pake aditif, jd yg 2021 lebih adem, mungkin beda kasusnya kl sama2 ketemu bbm jelek.
Memang yg 2021 ini asli bikin org ga sadar ni mobil disel kl di dalem mbl.
Soal ketinggian, sy uda set tekanan ban sama dan merek ban sama2 ecopeang
Remote ini yg menarik, ternyata ada yg v 2020 pfl dapat 2 remot ya.
Kalau harus tarik kabel lg buat lampu power window sih nanti2 ajalah wkwkwk
Soal fisol:
Inop pfl
20k ganti inisiatif sndr - masih bersih
45k warning nyala - memang kotor
Sd 74 k belum nyala lg
Vrz
30k ganti inisiatif sndr - msh lmyn bersih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1487
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
kalo di manual tran begini lari 100kmh di rpm berapa om?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
saya G matic 2019 dapet 2 jg si yg remote, atau jangan2 yang MT doang dapet 1? parah ni atoyot diskriminasi pengguna MTnyotsaeba wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 2:49Remote ini yg menarik, ternyata ada yg v 2020 pfl dapat 2 remot ya.fenrir wrote:coba dikeluarin ya yang G diesel luxury, pasti lebih laku lagi ini mobil kopongan.
om nyotsaeba, selama 74k km, uda berapa kali ganti fisol?
Kalau harus tarik kabel lg buat lampu power window sih nanti2 ajalah wkwkwk
Soal fisol:
Inop pfl
20k ganti inisiatif sndr - masih bersih
45k warning nyala - memang kotor
Sd 74 k belum nyala lg
Vrz
30k ganti inisiatif sndr - msh lmyn bersih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
2100 rpm om, sama aj 2017 dgn 2021MSU wrote:kalo di manual tran begini lari 100kmh di rpm berapa om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Saya g matic 2021, sama dapat 2 remote + 1 kunci doank..fenrir wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 3:11saya G matic 2019 dapet 2 jg si yg remote, atau jangan2 yang MT doang dapet 1? parah ni atoyot diskriminasi pengguna MTnyotsaeba wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 2:49Remote ini yg menarik, ternyata ada yg v 2020 pfl dapat 2 remot ya.fenrir wrote:coba dikeluarin ya yang G diesel luxury, pasti lebih laku lagi ini mobil kopongan.
om nyotsaeba, selama 74k km, uda berapa kali ganti fisol?
Kalau harus tarik kabel lg buat lampu power window sih nanti2 ajalah wkwkwk
Soal fisol:
Inop pfl
20k ganti inisiatif sndr - masih bersih
45k warning nyala - memang kotor
Sd 74 k belum nyala lg
Vrz
30k ganti inisiatif sndr - msh lmyn bersih
Bisa jadi yg mt doank ya 1 remote
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 363
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
oh mestinya 2 remot 1 biasa y... ok", nti cb aku cri..forzanetti wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 3:54harusnya kan dapet 2 kunci remote + 1 kunci tanpa remote kan?
saya V 2019 dapetnya kaya gitu
edit: bner kuncinya 2 remot 1 biasa, org rmh slh inget
Last edited by doge on Thu Dec 02, 2021 4:33, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Wkwkwk diskriminasi MT inimahelraedrew wrote:Saya g matic 2021, sama dapat 2 remote + 1 kunci doank..fenrir wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 3:11saya G matic 2019 dapet 2 jg si yg remote, atau jangan2 yang MT doang dapet 1? parah ni atoyot diskriminasi pengguna MTnyotsaeba wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 2:49 Remote ini yg menarik, ternyata ada yg v 2020 pfl dapat 2 remot ya.
Kalau harus tarik kabel lg buat lampu power window sih nanti2 ajalah wkwkwk
Soal fisol:
Inop pfl
20k ganti inisiatif sndr - masih bersih
45k warning nyala - memang kotor
Sd 74 k belum nyala lg
Vrz
30k ganti inisiatif sndr - msh lmyn bersih
Bisa jadi yg mt doank ya 1 remote
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
ini gmn caranya om? bukannya mesti ganti satu panel nya ya jadi tombol power window 2017?nyotsaeba wrote: ↑Wed Dec 01, 2021 17:35 As subject:
Object comparisons:
..
..
2GD G MT again..... wkwkwk
THE SUNATAN
kalau lampu power window sih sudah pada paham kalo disunat ya..
nah ternyata saat kita ganti anak saklar nya pake yg berlampu punya riborn 17 ternyata ga bisa nyala jg
ini yang pintu dpn kiri, dan belakang ki-ka ya, pintu driver sih bisa diganti dan nyala
ternyata kurang jalur kabel power lampu, wuaseem, sia2 deh ganti anak saklar
atau tombol ininya doang bisa seperti yg saya attach?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Kalau saya kemarin cuma ganti saklar yang kayak di foto aja om, sama anakan saklar buat pintu kiri depan dan ka-ki belakang. Panel dll masih bawaan pabrik. Tapi yah itu, yang langsung nyala hanya kanan depan, sisanya mesti tarik kabel di variasi baru bisa nyala..osbertc0ol wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 7:40ini gmn caranya om? bukannya mesti ganti satu panel nya ya jadi tombol power window 2017?nyotsaeba wrote: ↑Wed Dec 01, 2021 17:35 As subject:
Object comparisons:
..
..
2GD G MT again..... wkwkwk
THE SUNATAN
kalau lampu power window sih sudah pada paham kalo disunat ya..
nah ternyata saat kita ganti anak saklar nya pake yg berlampu punya riborn 17 ternyata ga bisa nyala jg
ini yang pintu dpn kiri, dan belakang ki-ka ya, pintu driver sih bisa diganti dan nyala
ternyata kurang jalur kabel power lampu, wuaseem, sia2 deh ganti anak saklar
atau tombol ininya doang bisa seperti yg saya attach?
Screen Shot 2021-12-02 at 14.41.04.png
Dan sekedar info, buat tipe g dan v socketnya sama aja, kalau q/venturer yang all auto beda lagi soketnya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1623
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
harga ipah dah naik banyak ya oom
nemu ini di autonetmagz, 2016 lalu, kok jauh ya bedanya.
dulu 360jt sudah dapat tipe Q 1TR MT, skrg cuma dapat tipe V 1TR MT
https://autonetmagz.com/toyota-all-new- ... uta/36754/
nemu ini di autonetmagz, 2016 lalu, kok jauh ya bedanya.
dulu 360jt sudah dapat tipe Q 1TR MT, skrg cuma dapat tipe V 1TR MT
https://autonetmagz.com/toyota-all-new- ... uta/36754/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Sedikit OOT
Kalo innova FL di swap eksteriornya sama Pre FL plug and play kali ya, masih demen styling pre fl classy gitu wkwk, luarnya biarin trondolan aja tapi dalemnya Venturer/ Q type
Kalo innova FL di swap eksteriornya sama Pre FL plug and play kali ya, masih demen styling pre fl classy gitu wkwk, luarnya biarin trondolan aja tapi dalemnya Venturer/ Q type
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Masih dong om, saya liat di jalan dah banyak yg swap dr pre fl jd fl yg berarti swap ke sebaliknya jg bisa. Krn molding fender ke bemper depan, kap mesin ke upper front grille masih persis. Beda kaya jaman inova lama ke grand new.adriangaut wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 14:40 Sedikit OOT
Kalo innova FL di swap eksteriornya sama Pre FL plug and play kali ya, masih demen styling pre fl classy gitu wkwk, luarnya biarin trondolan aja tapi dalemnya Venturer/ Q type
Terus paling kalo inova FLnya V/venturer ya harus pelajarin cara ngebor front cornering sensornya aja om, krn di inova feslip itu sensor parkir sama corneringnya udah model integrated yg fisiknya rata bodi. Sama dr FL kalo V/venturer itu biasanya foglamp LED yg ga terang itu kudu diganti ke yg housing halogen, nah ini saya kurang tau socket to socketnya sama/beda
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Mantap mobil barunya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Noted om thank you infonya hahahagwsecretc wrote: ↑Thu Dec 02, 2021 8:01
Kalau saya kemarin cuma ganti saklar yang kayak di foto aja om, sama anakan saklar buat pintu kiri depan dan ka-ki belakang. Panel dll masih bawaan pabrik. Tapi yah itu, yang langsung nyala hanya kanan depan, sisanya mesti tarik kabel di variasi baru bisa nyala..
Dan sekedar info, buat tipe g dan v socketnya sama aja, kalau q/venturer yang all auto beda lagi soketnya..
baru cek2 yang 2020 ternyata makin polos ya, ga ada gambar kacanya juga, pelit bener hahaha
Btw beli sparepart nya di beres atau toko sparepart?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: In Depth: Perbandingan Innova 2GD G MT PFL 1st Batch vs FL 2021
Saya terakhir nyetir Innova jaman kuliah dulu, itupun belum Innova reborn. Udah hampir lupa rasanya gmn, tp yg jelas sih nyaman..
Kemaren bgt nyetir Innova kantor, 2.0 G MT. Asli dah, kok feeling nya lebih berasa gede & berat dibanding Innova lama ya?
Bawa Innova Reborn mirip bawa dcab.. tapi yg saya rasain, jalanan keriting lebih meredam reborn dibanding Innova lama. Pokoknya nyaman lahh
Worth bgt tipe V dijel kalau sudah ada start stop button + keyless entry. Grgr udh kebiasa ada fitur itu di LMPV saia, masuk mobil kudu pencet tombol berasa ribet
Kemaren bgt nyetir Innova kantor, 2.0 G MT. Asli dah, kok feeling nya lebih berasa gede & berat dibanding Innova lama ya?
Bawa Innova Reborn mirip bawa dcab.. tapi yg saya rasain, jalanan keriting lebih meredam reborn dibanding Innova lama. Pokoknya nyaman lahh
Worth bgt tipe V dijel kalau sudah ada start stop button + keyless entry. Grgr udh kebiasa ada fitur itu di LMPV saia, masuk mobil kudu pencet tombol berasa ribet