Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
grimjow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

Hybrid yang beli juga agak deg2an kok sebenarnya. Di Thailand yang Hrv nya Hybrid, pada nanya "D Indo uda ada yang Turbo, nanti di Thai ada juga ga ya. Saya tunggu yang Turbo aja ah, takut nih baterei nya nanti gimana gantinya, bisa tahan lama ga, dll"

Tapi efesiensi hybrid tuh ga boong, saya liat screenshot layar 7inch tft (Yang di Indo hanya muncul di RS) tuh user Thailand average di atas 23-25 kmpl mau versi E,EL atau RS Thai
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11850
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

peterming77 wrote: 31 Mar 2022, 11:41 Venturer 2GD kayaknya beda kelas, kan 3 row vs CorCross 2 row. Kalo saya sih lebih suka model CorCross krn dari dulu nda pernah suka yg model 3 row panjang mobilnya gitu.
maksudnya di harga yang sama, di sini pada lebih milih beli venturer daripada cross. gimana-gimana kan +62 lebih suka seven seaters bisa mimik biosolar lagi.

jadi gak heran tuh mobil gak laku karena segmennya tabrakan.
grimjow wrote: 31 Mar 2022, 12:42 Hybrid yang beli juga agak deg2an kok sebenarnya. Di Thailand yang Hrv nya Hybrid, pada nanya "D Indo uda ada yang Turbo, nanti di Thai ada juga ga ya. Saya tunggu yang Turbo aja ah, takut nih baterei nya nanti gimana gantinya, bisa tahan lama ga, dll"

Tapi efesiensi hybrid tuh ga boong, saya liat screenshot layar 7inch tft (Yang di Indo hanya muncul di RS) tuh user Thailand average di atas 23-25 kmpl mau versi E,EL atau RS Thai
batre hybrid ternyata gak cuma jadi momok menakutkan di sini, tapi di thailand juga :big_biglaugh:

nah skrg bayangannya kalo HRV turbo 500 juta aja pada treak treak, nanti HRV e:HEV potensinya bisa sama atau lebih mahal, gede kemungkinan si lebih mahal bisa 550-600 juta.

pertanyaannya dengan penghematan segitu, apakah running costnya nutup penghematan dibanding varian lain yang lebih murah (misal 1.5 SE yang "hanya" 400 juta), krn selama ini isu mobil hybrid di sini kan itu. belum nanti tahun ke-5 atau ke-7 mesti ganti batre puluhan jt.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 31 Mar 2022, 13:48
batre hybrid ternyata gak cuma jadi momok menakutkan di sini, tapi di thailand juga :big_biglaugh:

nah skrg bayangannya kalo HRV turbo 500 juta aja pada treak treak, nanti HRV e:HEV potensinya bisa sama atau lebih mahal, gede kemungkinan si lebih mahal bisa 550-600 juta.

pertanyaannya dengan penghematan segitu, apakah running costnya nutup penghematan dibanding varian lain yang lebih murah (misal 1.5 SE yang "hanya" 400 juta), krn selama ini isu mobil hybrid di sini kan itu. belum nanti tahun ke-5 atau ke-7 mesti ganti batre puluhan jt.
gak balik modal pastinya apalagi camry banyakan colaps di bawah 10th :big_biglaugh:

ditambah 50jt 1x gabruk VS 400-600RB tapi nycil berkali2x keknya mendingan nyicil deh biarpun jatohnya bakalan lebih bengkak running costnya :big_biglaugh:
yaseinotulip
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by yaseinotulip »

Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by AbdulHakim »

yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:07 Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
haha.. gw on progress ikut aliran hybrid dg cor cross.

itu sunroof aneh di atas baris kedua turut berkontribusi bikin istri gw ilfeel sama all new HRV.
gagal total gw brainwash dia :big_slap:
yaseinotulip
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by yaseinotulip »

AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 19:54
yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:07 Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
haha.. gw on progress ikut aliran hybrid dg cor cross.

itu sunroof aneh di atas baris kedua turut berkontribusi bikin istri gw ilfeel sama all new HRV.
gagal total gw brainwash dia :big_slap:
Om pake Co Cross? Ada keluh kesah nya ngga?
Beneran penasaran hehe
User avatar
grimjow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:07 Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
Di HRV ada fitur sunvisor yang dilengkapi lampu,Om. Mungkin penting bagi Cewe. :big_peace:
Mazda tuh di Jepang lagi tutup loh pabriknya karena short supply di April. Berarti stok part yang ada sudah beneran ga efektif untuk jalan pabrik dengan efesien.
Kalau cepat produksi lagi feeling saya sih dia akan penuhi yang memang market target nya yaitu Jepang dan Eropa terutama dengan yang ada tipe baru kan CX50 dan CX60.
https://www.autoblog.com/2022/03/24/maz ... roduction/

Tapi impact bukan hanya ke Mazda sih, bahkan Honda Jepang juga. Kalau kita buka web Honda Japan akan ada info factory delivery shipment time dimana per 28 Mar 22 yang delivery paling lama yaitu 1 tahun adalah.....jeng....jeng...jeng(drum roll please) HRV Ehev Play.

:big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by AbdulHakim »

yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:58
AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 19:54
yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:07 Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
haha.. gw on progress ikut aliran hybrid dg cor cross.

itu sunroof aneh di atas baris kedua turut berkontribusi bikin istri gw ilfeel sama all new HRV.
gagal total gw brainwash dia :big_slap:
Om pake Co Cross? Ada keluh kesah nya ngga?
Beneran penasaran hehe
on progress om, baru spk.
tapi sudah pernah test drive, impresi singkat saya: hening saat baru dinyalakan, tapi pas nyalain ac eh nyala mesin bensinnya :upss: kekedapannya oke, road noise good (ban michin primacy 4), setir ringan, namun concern saya pribadi itu mesin bensinnya nyala terlalu cepat yaitu di kecepatan 40-ish kph dan handlingnya tidak setajam honda, kira2 handlingnya seperti Nissan saya.
Nantilah kalo udah nyampe mobilnya baru bisa tahu karakternya seperti apa.
User avatar
grimjow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

darrelund wrote: 31 Mar 2022, 01:25
ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:34
Grill model 1-piece. jadi rusak grill sepertinya harus ganti satu bemper :upss:

IMG20220328140006.jpg
kayaknya engga 1 piece itu oom, soalnya di jepun ada akesoris grill modulonya & masih kelihatan gapnya

emg pinter desain aja mereka, jadi ilusi 1 piece. makanya di first impression saya kmrn agak takjub sama grillenya :big_biglaugh:
Saya tambahin racun cara bongkar bemper dan ganti grill nya.
Langsung dari Japan
Zordon
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 06 Apr 2017, 15:57

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Zordon »



Hrv SE vs creta prime, and the winner goes to...
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4380
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Suryaputra »

Zordon wrote: 01 Apr 2022, 07:32

Hrv SE vs creta prime, and the winner goes to...
Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
*Colek me if I'm wrong
peterming77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by peterming77 »

AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 20:24
yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:58
AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 19:54
haha.. gw on progress ikut aliran hybrid dg cor cross.

itu sunroof aneh di atas baris kedua turut berkontribusi bikin istri gw ilfeel sama all new HRV.
gagal total gw brainwash dia :big_slap:
Om pake Co Cross? Ada keluh kesah nya ngga?
Beneran penasaran hehe
on progress om, baru spk.
tapi sudah pernah test drive, impresi singkat saya: hening saat baru dinyalakan, tapi pas nyalain ac eh nyala mesin bensinnya :upss: kekedapannya oke, road noise good (ban michin primacy 4), setir ringan, namun concern saya pribadi itu mesin bensinnya nyala terlalu cepat yaitu di kecepatan 40-ish kph dan handlingnya tidak setajam honda, kira2 handlingnya seperti Nissan saya.
Nantilah kalo udah nyampe mobilnya baru bisa tahu karakternya seperti apa.
Saya kasih sneak preview ya Gan hehehe krn saya udah pake sejak Des 2021 Gan.

Mobilnya nyaman, kabin kedap, di jalan tol road noise ga terlalu masuk, handling biasa aja ya buntut agak ketinggalan kalo diajak belok2 meski juga nga terlalu belepotan, cukup lah krn gimana2 juga gak akan jadi sport car krn bodi juga buat saya kegedean ya. Kompensasi ke kenyamanan penumpang sih, terutama baris keduanya (menurut review kakak dan ponakan yg jadi penumpang, kalo saya kan nyetir aja heheh). Mesin bensin kalo nyala juga suaranya ga terlalu rame, kecuali dibejek aja baru meraung2 dia. Kalau untuk dalam kota akselerasi termasuk ok, krn yg banyak pegang peranan motor listriknya. Yang pasti kelebihannya konsumsi BBM average awal keluar dealer sampe hari ini sudah 21km/ltr, average per trip antara 18km/lt terboros sampe 28/km/lt teririt. Ketemu SPBU 1 bulan 1x itu aja ngisinya paling banter 250k-270k udah mentok (pertamax masih 9000).

Soal mesin bensin nyala di kisaran 40kph itu tergantung daya batre nya sih, kalau dayanya agak banyak biasanya lumayan lama baru nyala bensin nya selama stay di kecepatan level 40kph, kalau level keluar masuk gang kompleks gak akan nyala juga mesin bensinnya kecuali daya batrenya tinggal dikit. Dan satu hal: ga ada namanya panasin mobil dipagi hari, tinggal pencet tombol start trus jalan aja, kalau mau paksa mesin bensin nyala tinggal injak pedal gas di posisi transmisi P.

Kekurangannya: power, terutama buat nanjak di pegunungan ya, apalagi digabung CVT nya alamat mesin bakalan jerit2 tapi nanjaknya santai aja. Buat akselerasi di tol kecepatan 80 ke atas power bandnya juga kurang, karakter mobil keluarga aja. Senengnya kalo habis nanjak ke pegunungan trus balik turun gitu dijamin mesin bensin ga bakalan kerja kecuali kita taruh gigi B, tapi malah batrenya ngisi terus sampe penuh kena regenerative breakingnya.

Oh ya, HU bawaan harusnya bisa Apple CarPlay dan Android Auto, kalau belum ada bisa minta upgrade firmware ke beres waktu servis 1000km.

Semoga puas dng CorCross nya Gan. :big_grin:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 07:53
Zordon wrote: 01 Apr 2022, 07:32

Hrv SE vs creta prime, and the winner goes to...
Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
bukan gara2x IVT inilah dari dulu fanboy merek laen selalu ngehina SOHCnya honda padahal SOHC itu bantu di tarikan bawah buat mesin honda karena karakternya honda high rev :big_bored:

dari jaman CITY HB keluar juga ud keliatan tarikan bawahnya makin lemot di mesin DOHC ini, dan dohc itu menang di putaran atas kecuali mobilnya setelannya LOW END torque kek mesin yaris kalo honda selalu maen high rev bawahnya tambah parah yang ada pake DOHC tapi top speednya liat aja :big_biglaugh:

jd ya kombinasi DOHC + BOBOT nambah bikin HRV baru makin lemot di bawah padahal yang lama juga 0-100km cuma 11 det yang baru 12det kan ??? :big_biglaugh:

tapi agak kecewa sama bagasinya HRV baru ditambah liat response sterringnya juga bagusan yang lama, ternyata kalo segi kualitas yang penting2x banyak yang turun dari hrv lama fitur dibanyakin tapi yang penting2x malah keknya turun qualitynya :big_bored:

jdi balik milih hrv lama apalagi 1.5E FL cakep banget lampunya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4380
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 01 Apr 2022, 08:54
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 07:53
Zordon wrote: 01 Apr 2022, 07:32

Hrv SE vs creta prime, and the winner goes to...
Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
bukan gara2x IVT inilah dari dulu fanboy merek laen selalu ngehina SOHCnya honda padahal SOHC itu bantu di tarikan bawah buat mesin honda karena karakternya honda high rev :big_bored:

dari jaman CITY HB keluar juga ud keliatan tarikan bawahnya makin lemot di mesin DOHC ini, dan dohc itu menang di putaran atas kecuali mobilnya setelannya LOW END torque kek mesin yaris kalo honda selalu maen high rev bawahnya tambah parah yang ada pake DOHC tapi top speednya liat aja :big_biglaugh:

jd ya kombinasi DOHC + BOBOT nambah bikin HRV baru makin lemot di bawah padahal yang lama juga 0-100km cuma 11 det yang baru 12det kan ??? :big_biglaugh:

tapi agak kecewa sama bagasinya HRV baru ditambah liat response sterringnya juga bagusan yang lama, ternyata kalo segi kualitas yang penting2x banyak yang turun dari hrv lama fitur dibanyakin tapi yang penting2x malah keknya turun qualitynya :big_bored:

jdi balik milih hrv lama apalagi 1.5E FL cakep banget lampunya :big_biglaugh:
Tapi.. HRV baru, BQ dan design interior gak ada obat bro.

cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11850
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:07 Thanks Om Chz udah jawab penasaran..

Utk CX-3 nya kayanya adik sy mau tungguin sampe bln dpn, klo sampe ga dtg lagi mgkn dibatalin :mky_04:
Bener nya kmrn milih CX-3 karena buat gantii Jazz GK, sekalian ganti suasana karena ada CRV jg haha

karena adik cewek dan posisi jg di SMG kayanya ga peduli gw blg ada fitur apa aja di HRV baru, blg nya plg ga kepake fitur nya malah ribet :mky_01:

Kayanya ce semua gt yak, istri jg ga peduli atau mau tau fitur2 apa aja di mobil, yg penting ada bensin ac dingin dan ga merepotkan..

Klo bicara co Cross rasanya mulai byk di jalanan JKT deh.. tiap hari skrg ada aja liat 2-3 unit tiap keluar rumah
Kedepan gw yakin hybrid makin laku lah.. apalagi klo bensin makin mahal :big_smile]
wkwkwkwk makanya benernya klo cuek sama fitur sih beli yang S aja udah enak. kemarin juga baru diskusi kayaknya bakal ambil S aja soalnya E dan SE perbedaannya gak gitu jauh secara teknis. malah menghindari beli SE soalnya sunroof nya gak demen :big_biglaugh: tapi nunggu nanti abis lebaran aja skrg masih mode hardsell apalagi deket lebaran. ntar kalo abis lebaran baru deh tunggu obral obralan diskonnya.

adik ane gakpapa turun ke 1.5 nanti urusan power di remap aja katanya :big_biglaugh: apalagi yang 1.8 kemarin udah remap.

sebenernya fitur fitur begituan tuh jarang lho masuk pertimbangan orang beli mobil. 80% konsumen gak ngerti kok fitur apaan. yang bikin khilaf kadang kan salesnya aja pinter hardselling jualan gimmick abis dipake baru sadar loh gw ngapain yah beli yang tipe ini :big_biglaugh:
grimjow wrote: 31 Mar 2022, 20:06
Di HRV ada fitur sunvisor yang dilengkapi lampu,Om. Mungkin penting bagi Cewe. :big_peace:
Mazda tuh di Jepang lagi tutup loh pabriknya karena short supply di April. Berarti stok part yang ada sudah beneran ga efektif untuk jalan pabrik dengan efesien.
Kalau cepat produksi lagi feeling saya sih dia akan penuhi yang memang market target nya yaitu Jepang dan Eropa terutama dengan yang ada tipe baru kan CX50 dan CX60.
https://www.autoblog.com/2022/03/24/maz ... roduction/

Tapi impact bukan hanya ke Mazda sih, bahkan Honda Jepang juga. Kalau kita buka web Honda Japan akan ada info factory delivery shipment time dimana per 28 Mar 22 yang delivery paling lama yaitu 1 tahun adalah.....jeng....jeng...jeng(drum roll please) HRV Ehev Play.

:big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
ironisnya kalo mazda akan prioritas ke CX50/CX60 ya harganya akan semakin meroket. mungkin pasar +62 bakal makin susah stoknya gak jadi prioritas.
grimjow wrote: 31 Mar 2022, 21:00
Saya tambahin racun cara bongkar bemper dan ganti grill nya.
Langsung dari Japan

benernya rencana ambil malah tipe S. grillnya item saya lebih cocok juga :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 07:53
Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
IVT nya hyunkia emang harus gw akuin keren bgt... dari cruise ke kickdown responnya kaya 6at nya mazdut pindah gigi.
b0ku wrote: 01 Apr 2022, 08:54
dari jaman CITY HB keluar juga ud keliatan tarikan bawahnya makin lemot di mesin DOHC ini, dan dohc itu menang di putaran atas kecuali mobilnya setelannya LOW END torque kek mesin yaris kalo honda selalu maen high rev bawahnya tambah parah yang ada pake DOHC tapi top speednya liat aja :big_biglaugh:

jd ya kombinasi DOHC + BOBOT nambah bikin HRV baru makin lemot di bawah padahal yang lama juga 0-100km cuma 11 det yang baru 12det kan ??? :big_biglaugh:

tapi agak kecewa sama bagasinya HRV baru ditambah liat response sterringnya juga bagusan yang lama, ternyata kalo segi kualitas yang penting2x banyak yang turun dari hrv lama fitur dibanyakin tapi yang penting2x malah keknya turun qualitynya :big_bored:

jdi balik milih hrv lama apalagi 1.5E FL cakep banget lampunya :big_biglaugh:
tapi gw penasaran ini mesin L15ZF di remap jadi apa... soalnya gimana ya mau dibilang lemot pun karakter torque nya lebih rata buat mid-high rpm.

nanya sodara gw blom punya software nya...

ya harus diakui sih klo HRV baru ini gak cuma gimmick juga, banyak improve di sektor2 yang lain. soal power ya pasti hardsell ke RS. dari dulu HRV 1.5 itu kan cuma volume maker. di HRV lama yang gak kuat gw suspensinya ngayun banget kurang enak malah suka mentok stopper yang depan
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by vipere »

Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 09:20
b0ku wrote: 01 Apr 2022, 08:54
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 07:53

Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
bukan gara2x IVT inilah dari dulu fanboy merek laen selalu ngehina SOHCnya honda padahal SOHC itu bantu di tarikan bawah buat mesin honda karena karakternya honda high rev :big_bored:

dari jaman CITY HB keluar juga ud keliatan tarikan bawahnya makin lemot di mesin DOHC ini, dan dohc itu menang di putaran atas kecuali mobilnya setelannya LOW END torque kek mesin yaris kalo honda selalu maen high rev bawahnya tambah parah yang ada pake DOHC tapi top speednya liat aja :big_biglaugh:

jd ya kombinasi DOHC + BOBOT nambah bikin HRV baru makin lemot di bawah padahal yang lama juga 0-100km cuma 11 det yang baru 12det kan ??? :big_biglaugh:

tapi agak kecewa sama bagasinya HRV baru ditambah liat response sterringnya juga bagusan yang lama, ternyata kalo segi kualitas yang penting2x banyak yang turun dari hrv lama fitur dibanyakin tapi yang penting2x malah keknya turun qualitynya :big_bored:

jdi balik milih hrv lama apalagi 1.5E FL cakep banget lampunya :big_biglaugh:
Tapi.. HRV baru, BQ dan design interior gak ada obat bro.

cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
kayaknya beda kasus, kalo yang forti 2.8 dia itu sepertinya tidak ngetest sama sekali, cuman sajikan data yang disodorkan toyota aja.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 09:20
Tapi.. HRV baru, BQ dan design interior gak ada obat bro.

cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
keknya tracknya juga pendek panjang dikit juga ud mau dilibas tuh creta, jd inget waktu CRV1.5T VS CX-5 2.5T mirip2x kek gitu panjangan dikit abis tuh cx5 :big_biglaugh:

soalnya saya gak tau karakter mesin hyundai maen HIgh rev apa low end torque kalo maen low end ya gak heran bawahnya galakan creta :mky_01:

cuma tetep sih yang bikin tertarik sama HRV baru cuma RS turbo sisanya keknya gak menarik gak kek HRV lama malah saya lebih kepengen 1.5E FL :big_biglaugh:
ChZ wrote: 01 Apr 2022, 09:38
tapi gw penasaran ini mesin L15ZF di remap jadi apa... soalnya gimana ya mau dibilang lemot pun karakter torque nya lebih rata buat mid-high rpm.

nanya sodara gw blom punya software nya...

ya harus diakui sih klo HRV baru ini gak cuma gimmick juga, banyak improve di sektor2 yang lain. soal power ya pasti hardsell ke RS. dari dulu HRV 1.5 itu kan cuma volume maker. di HRV lama yang gak kuat gw suspensinya ngayun banget kurang enak malah suka mentok stopper yang depan
coba setelan throtlenya dulu aja cris :mky_03: yang pasti kalo dohc di pasangain ke manual menang banyak kalo di test accl ke manual pasti 0-100nya lebih galak karena di hajar sampe abis RPMnya kalo di matic kan belom abis keburu di oper :mky_01:

kecuali matic bisa maen setelan kenalpotnya bener pasti lebih galak sih emang, tapi saya sendiri sempet dapet kenalpot yang galak di bawah malah saya tuker maen di tengah soalnya enakan maen mid-high sih ditambah kenalpot yang maen bawah suaranya berisik banget :mky_01:

masalahnya bagasinya makin sempit sama sterring responsenya berkurang ya cuma balik lagi mau lama atau baru ujung2xnya its honda bisa di ajust karena barang aftermarketnya banyak jadi tinggal modif aja sesuai selera, paling bagasi aja yang gak bisa diapa2xin tapi kalo RS turbo ud mana inget sama bagasi, ditambah hu nya hrv baru selalu di hina kek aftermarket padahal buat saya sih point plus jd bisa di upgrade ke android apalagi kalo gak ada koneksi ke fiturnya :mky_03:
Last edited by b0ku on 01 Apr 2022, 10:02, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11850
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 09:20
cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
lebih parah.... si siviti war anps ama CRV turbo aja ngadu performa cuma..... dibandingin hp dan torsinya.

pajero torsinya 2x lipet langsung auto dapet skor lebih tinggi.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by AbdulHakim »

peterming77 wrote: 01 Apr 2022, 08:48
AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 20:24
yaseinotulip wrote: 31 Mar 2022, 19:58

Om pake Co Cross? Ada keluh kesah nya ngga?
Beneran penasaran hehe
on progress om, baru spk.
tapi sudah pernah test drive, impresi singkat saya: hening saat baru dinyalakan, tapi pas nyalain ac eh nyala mesin bensinnya :upss: kekedapannya oke, road noise good (ban michin primacy 4), setir ringan, namun concern saya pribadi itu mesin bensinnya nyala terlalu cepat yaitu di kecepatan 40-ish kph dan handlingnya tidak setajam honda, kira2 handlingnya seperti Nissan saya.
Nantilah kalo udah nyampe mobilnya baru bisa tahu karakternya seperti apa.
Saya kasih sneak preview ya Gan hehehe krn saya udah pake sejak Des 2021 Gan.

Mobilnya nyaman, kabin kedap, di jalan tol road noise ga terlalu masuk, handling biasa aja ya buntut agak ketinggalan kalo diajak belok2 meski juga nga terlalu belepotan, cukup lah krn gimana2 juga gak akan jadi sport car krn bodi juga buat saya kegedean ya. Kompensasi ke kenyamanan penumpang sih, terutama baris keduanya (menurut review kakak dan ponakan yg jadi penumpang, kalo saya kan nyetir aja heheh). Mesin bensin kalo nyala juga suaranya ga terlalu rame, kecuali dibejek aja baru meraung2 dia. Kalau untuk dalam kota akselerasi termasuk ok, krn yg banyak pegang peranan motor listriknya. Yang pasti kelebihannya konsumsi BBM average awal keluar dealer sampe hari ini sudah 21km/ltr, average per trip antara 18km/lt terboros sampe 28/km/lt teririt. Ketemu SPBU 1 bulan 1x itu aja ngisinya paling banter 250k-270k udah mentok (pertamax masih 9000).

Soal mesin bensin nyala di kisaran 40kph itu tergantung daya batre nya sih, kalau dayanya agak banyak biasanya lumayan lama baru nyala bensin nya selama stay di kecepatan level 40kph, kalau level keluar masuk gang kompleks gak akan nyala juga mesin bensinnya kecuali daya batrenya tinggal dikit. Dan satu hal: ga ada namanya panasin mobil dipagi hari, tinggal pencet tombol start trus jalan aja, kalau mau paksa mesin bensin nyala tinggal injak pedal gas di posisi transmisi P.

Kekurangannya: power, terutama buat nanjak di pegunungan ya, apalagi digabung CVT nya alamat mesin bakalan jerit2 tapi nanjaknya santai aja. Buat akselerasi di tol kecepatan 80 ke atas power bandnya juga kurang, karakter mobil keluarga aja. Senengnya kalo habis nanjak ke pegunungan trus balik turun gitu dijamin mesin bensin ga bakalan kerja kecuali kita taruh gigi B, tapi malah batrenya ngisi terus sampe penuh kena regenerative breakingnya.

Oh ya, HU bawaan harusnya bisa Apple CarPlay dan Android Auto, kalau belum ada bisa minta upgrade firmware ke beres waktu servis 1000km.

Semoga puas dng CorCross nya Gan. :big_grin:
wah makasih banyak user reviewnya om, ini mobil rencananya bakal dipake di dalkot aja untuk keperluan istri anter jemput anak, nge-mall, dan wara-wiri.
Istri kebutuhannya irit BBM yang sepertinya bisa dipenuhi, dan ga downgrade banget dari crv karena Corolla Cross ini menggunakan platform TNGA-C sedan corolla.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Apr 2022, 09:50
lebih parah.... si siviti war anps ama CRV turbo aja ngadu performa cuma..... dibandingin hp dan torsinya.

pajero torsinya 2x lipet langsung auto dapet skor lebih tinggi.
dia lupa liat tacometer :big_biglaugh:

redline 4000 vs 6500
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1576
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 01 Apr 2022, 09:50
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 09:20
cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
lebih parah.... si siviti war anps ama CRV turbo aja ngadu performa cuma..... dibandingin hp dan torsinya.

pajero torsinya 2x lipet langsung auto dapet skor lebih tinggi.
Welcome to the darkness age of automotive review :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
forzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by forzanetti »

ChZ wrote: 01 Apr 2022, 09:38 wkwkwkwk makanya benernya klo cuek sama fitur sih beli yang S aja udah enak. kemarin juga baru diskusi kayaknya bakal ambil S aja soalnya E dan SE perbedaannya gak gitu jauh secara teknis. malah menghindari beli SE soalnya sunroof nya gak demen :big_biglaugh: tapi nunggu nanti abis lebaran aja skrg masih mode hardsell apalagi deket lebaran. ntar kalo abis lebaran baru deh tunggu obral obralan diskonnya.
sama kaya saya om, ga demen sunroof. makanya langsung tertariknya liat yang S sama E.

tapi kalo saya naksir tipe E soalnya ada AC belakang sama armrest baris kedua.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1006
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Or4cle »

b0ku wrote: 01 Apr 2022, 08:54
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 07:53
Zordon wrote: 01 Apr 2022, 07:32

Hrv SE vs creta prime, and the winner goes to...
Wow kerenn :mky_02:
IVT nya gak kaleng2
jdi balik milih hrv lama apalagi 1.5E FL cakep banget lampunya :big_biglaugh:
Setuju, old HRV desainnya lebih cakep dari depan, samping dan belakang.
New HRV 2022 baru lonching, efek WOW masih tinggi karena orang bosan dgn old HRV jadi seolah-olah lebih bagus designnya dibanding yg lama.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4246
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Profith83 »

ChZ wrote: 01 Apr 2022, 09:50
Suryaputra wrote: 01 Apr 2022, 09:20
cuma sy agak sanksi metode test accel si media CVT War,
karena waktu itu case forti 2.8 VS ANPS, kalah jauh.

pas ditest sm media lain, unggul forti 2.8
wkwkwkwk.

dia ngetest pas masih break-in period kayanya. :big_biglaugh:
lebih parah.... si siviti war anps ama CRV turbo aja ngadu performa cuma..... dibandingin hp dan torsinya.

pajero torsinya 2x lipet langsung auto dapet skor lebih tinggi.
Padahal drive quality itu yang paling penting loh.
Sekedar info saja mobil yg pernah dipakai : panther, grand livina, innova diesel, ANKI, Mobilio, HRV 2019

Terus terang kesenangan berkendara lebih suka HRV karena :
1. Vibrasi di dalam kabin dan setir sangat minim. (gak fair juga bandingin mesin diesel) Tapi tetap saya suka yang vibrasi paling minim, KARENA semakin minim vibrasi jalan jauh gak capek
2. Tempat duduknya nyaman.
3. Driving feel waktu belok sangat nyaman HRV.
4. Tarikan tetap lumayan ringan.

Honda memang asik dikendarai, apalagi pernah coba setir palang tiga, wah gila presisi setirnya itu.

Kalau diesel menangnya irit KM per liter dan irit pula harga goceng wakakaa
peterming77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by peterming77 »

AbdulHakim wrote: 01 Apr 2022, 10:01
peterming77 wrote: 01 Apr 2022, 08:48
AbdulHakim wrote: 31 Mar 2022, 20:24
on progress om, baru spk.
tapi sudah pernah test drive, impresi singkat saya: hening saat baru dinyalakan, tapi pas nyalain ac eh nyala mesin bensinnya :upss: kekedapannya oke, road noise good (ban michin primacy 4), setir ringan, namun concern saya pribadi itu mesin bensinnya nyala terlalu cepat yaitu di kecepatan 40-ish kph dan handlingnya tidak setajam honda, kira2 handlingnya seperti Nissan saya.
Nantilah kalo udah nyampe mobilnya baru bisa tahu karakternya seperti apa.
Saya kasih sneak preview ya Gan hehehe krn saya udah pake sejak Des 2021 Gan.

Mobilnya nyaman, kabin kedap, di jalan tol road noise ga terlalu masuk, handling biasa aja ya buntut agak ketinggalan kalo diajak belok2 meski juga nga terlalu belepotan, cukup lah krn gimana2 juga gak akan jadi sport car krn bodi juga buat saya kegedean ya. Kompensasi ke kenyamanan penumpang sih, terutama baris keduanya (menurut review kakak dan ponakan yg jadi penumpang, kalo saya kan nyetir aja heheh). Mesin bensin kalo nyala juga suaranya ga terlalu rame, kecuali dibejek aja baru meraung2 dia. Kalau untuk dalam kota akselerasi termasuk ok, krn yg banyak pegang peranan motor listriknya. Yang pasti kelebihannya konsumsi BBM average awal keluar dealer sampe hari ini sudah 21km/ltr, average per trip antara 18km/lt terboros sampe 28/km/lt teririt. Ketemu SPBU 1 bulan 1x itu aja ngisinya paling banter 250k-270k udah mentok (pertamax masih 9000).

Soal mesin bensin nyala di kisaran 40kph itu tergantung daya batre nya sih, kalau dayanya agak banyak biasanya lumayan lama baru nyala bensin nya selama stay di kecepatan level 40kph, kalau level keluar masuk gang kompleks gak akan nyala juga mesin bensinnya kecuali daya batrenya tinggal dikit. Dan satu hal: ga ada namanya panasin mobil dipagi hari, tinggal pencet tombol start trus jalan aja, kalau mau paksa mesin bensin nyala tinggal injak pedal gas di posisi transmisi P.

Kekurangannya: power, terutama buat nanjak di pegunungan ya, apalagi digabung CVT nya alamat mesin bakalan jerit2 tapi nanjaknya santai aja. Buat akselerasi di tol kecepatan 80 ke atas power bandnya juga kurang, karakter mobil keluarga aja. Senengnya kalo habis nanjak ke pegunungan trus balik turun gitu dijamin mesin bensin ga bakalan kerja kecuali kita taruh gigi B, tapi malah batrenya ngisi terus sampe penuh kena regenerative breakingnya.

Oh ya, HU bawaan harusnya bisa Apple CarPlay dan Android Auto, kalau belum ada bisa minta upgrade firmware ke beres waktu servis 1000km.

Semoga puas dng CorCross nya Gan. :big_grin:
wah makasih banyak user reviewnya om, ini mobil rencananya bakal dipake di dalkot aja untuk keperluan istri anter jemput anak, nge-mall, dan wara-wiri.
Istri kebutuhannya irit BBM yang sepertinya bisa dipenuhi, dan ga downgrade banget dari crv karena Corolla Cross ini menggunakan platform TNGA-C sedan corolla.
Ini bukan cuma sekadar irit sih, tapi beneran irit hehehe, ketemu SPBU tiap 20 hari atau 600km jalan itu kan wow banget.
Post Reply