Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Lee27 wrote: 12 May 2022, 16:18 Selamat om Pboyz atas innova nya.. :mky_02:
Klo saya sih dulu pertama yg diupgrade ban, headlamp, sm headunit.. hehe

Kaki-kaki pasti badak, saya pernah pake punya travel yg udah jalan 160rb km tahun ke 3,
belum ganti itu kaki2 dan masih senyap ngga ada bunyi apapun trmsuk interiornya.. :big_grin:
makasih om

kalo saya sih yg pertama headlamp sm headunit dulu oom, kalo ban kebetulan udh diganti yg ukurannya lebih besar sm pemilik sblmnya, jadi R17 , dari yg sblmnya R16

kaki2 memang badak oom, sebelum ini saya pernah pake VRZ 2018 km 80rb juga masih senyap kaki2nya hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
User avatar
forzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by forzanetti »

Pboyz97 wrote: 12 May 2022, 21:08 kalo saya sih yg pertama headlamp sm headunit dulu oom, kalo ban kebetulan udh diganti yg ukurannya lebih besar sm pemilik sblmnya, jadi R17 , dari yg sblmnya R16

kaki2 memang badak oom, sebelum ini saya pernah pake VRZ 2018 km 80rb juga masih senyap kaki2nya hehehe
saya pertama juga ganti lampu2 sama HU, cuma yang V ini lampu dekatnya gak bisa diganti, bawaannya agak kurang terang. saya males kalo harus bongkar batok atau ganti batok :big_childish:

headunit rencana ganti apa om? saya kemarin ini ganti HU Android merek Orca, so far oke lah untuk harga segitu.

btw ga rencana ganti steering wheel om? :mky_02: saya ganti yang punya venturer karena yang bawaannya karet, kurang enak dipegangnya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

forzanetti wrote: 12 May 2022, 22:16
saya pertama juga ganti lampu2 sama HU, cuma yang V ini lampu dekatnya gak bisa diganti, bawaannya agak kurang terang. saya males kalo harus bongkar batok atau ganti batok :big_childish:

headunit rencana ganti apa om? saya kemarin ini ganti HU Android merek Orca, so far oke lah untuk harga segitu.

btw ga rencana ganti steering wheel om? :mky_02: saya ganti yang punya venturer karena yang bawaannya karet, kurang enak dipegangnya
soalnya yg V udh projie, sedangkan yg G masih halogen, jadi ganti bohlamnya aja bisa. kalo Hu masih wait and see dulu om, kebetulan saya udh kerja kantoran jadi waktu gak banyak lagi buat utak atik mobil, paling kalopun jadi ganti HU pioneer AVH 5150 BT bekas xpander dan HRV saya dulu aja, biar hemat budget juga , gak perlu beli HU baru lagi :big_biglaugh: . kalo steering wheel sepertinya gak dulu, karena pake bawaan aja udh cukup. paling plan jangka pendek saya:
exterior
- ganti bohlam headlamp, foglamp, lampu senja full led
interior
- ganti HU
plan jangka menengah:
exterior
- stutbar stabilizer
- ganti velg te37 / advan RG / enkei
-stoplamp led
- ganti kenalpot
interior
- ganti speaker, pasang sub dan twetter
mesin
- filter KNN / remap
plan jangka panjang:
exterior
- ganti shock bilstein / ban michelin or ban yg cocok buat trackday
- upgrade rem brembo
interior
- turbo timer
mesin
- ganti turbo 1gd hybrid/ rhf 4 , atau main biturbo sekalian :big_biglaugh:

itupun kalo mobil masih saya piara lama :big_biglaugh:
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
sapifr22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by sapifr22 »

Saya ex pemakai 2KD matic 2008 dan 2011, kemudian ganti 2GD 2016.
2KD transmisinya lebih smooth, tdk seperti 2GD yg terasa seperti CVT dan kadang bingung.
Hanya ini sih yg terasa lebih baik dari 2GD.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sapifr22 wrote: 14 May 2022, 23:03 Saya ex pemakai 2KD matic 2008 dan 2011, kemudian ganti 2GD 2016.
2KD transmisinya lebih smooth, tdk seperti 2GD yg terasa seperti CVT dan kadang bingung.
Hanya ini sih yg terasa lebih baik dari 2GD.
saya malah kebalikannya, kebetulan pernah test drive 2kd 2013 , dan 2gd 2016 + sekarang pake 2gd 2018. yg saya rasakan justru yg 2gd keliatan lebih smooth dan responsif, terutama putaran tengah dan atasnya, kalo 2kd entah knp agak kurang putaran tengah - atasnya walaupun putaran bawahnya lumayan ngisi + rasio giginya jg panjang2 hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
sapifr22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by sapifr22 »

Pboyz97 wrote: 14 May 2022, 23:12
sapifr22 wrote: 14 May 2022, 23:03 Saya ex pemakai 2KD matic 2008 dan 2011, kemudian ganti 2GD 2016.
2KD transmisinya lebih smooth, tdk seperti 2GD yg terasa seperti CVT dan kadang bingung.
Hanya ini sih yg terasa lebih baik dari 2GD.
saya malah kebalikannya, kebetulan pernah test drive 2kd 2013 , dan 2gd 2016 + sekarang pake 2gd 2018. yg saya rasakan justru yg 2gd keliatan lebih smooth dan responsif, terutama putaran tengah dan atasnya, kalo 2kd entah knp agak kurang putaran tengah - atasnya walaupun putaran bawahnya lumayan ngisi + rasio giginya jg panjang2 hehehe
Yang saya maksud transmisinya, bukan performa mesinnya. Transmisi 2KD tdk pernah terasa nyendat, terutama saat turun gigi. Kemudian saat ketemu polisi tidur, mesin tdk meraung dulu sebelum menentukan gigi mana yg cocok. Jadi seperti berkurang pintarnya :big_dunno:

Btw, yg FL sudah jauh lebih baik. Nyendatnya berkurang, biarpun bingungnya masih :big_think:
Hybrid
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 26 Jul 2016, 09:42

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Hybrid »

Pengalaman punya Innova TRD V 2020, emang tenanganya nampol.. apalagi semenjak ngikutin saran saran suhu SM pake Hotshot EDT + Solar Goceng.. aman dompet aman dapurr :big_think:

Penyesalannya kenapa ngga dari dulu aja pindha toyota innova reborn diesel yahh hahaha
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sapifr22 wrote: 17 May 2022, 16:47

Yang saya maksud transmisinya, bukan performa mesinnya. Transmisi 2KD tdk pernah terasa nyendat, terutama saat turun gigi. Kemudian saat ketemu polisi tidur, mesin tdk meraung dulu sebelum menentukan gigi mana yg cocok. Jadi seperti berkurang pintarnya :big_dunno:

Btw, yg FL sudah jauh lebih baik. Nyendatnya berkurang, biarpun bingungnya masih :big_think:
iya sih, pengalaman dulu rental 2kd mesinnya pas lewat poldur gak gitu berasa raungannya, tapi di 2GD entah knp pas lewat poldur ada suara raungannya dikit begitu lewat poldur sebelum keluar tarikannya, walaupun 2kd vs 2gd masih lebih halus suara mesinnya 2gd menurut saya

fl sih memang banyak improvement om, kebetulan udh pernah test drive juga, lebih kedap, sedikit lebih empuk & nyaman + perpindahan transmisinya jg sedikit lebih halus dibanding yg pfl menurut saya
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 05 Aug 2015, 00:14

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ariesto »

ChZ wrote: 11 May 2022, 15:32
AbdulHakim wrote: 10 May 2022, 06:01
iya, seperti itu deskripsinya hehe


iya ada di pelajaran fisika ya om, apalagi bobot mesin diesel yg lebih berat, sehingga gaya inersia makin besar (gaya = massa dikali percepatan)

baguslah kalo gitu, innova makin improve aja, mungkin udah di-tweak suspensi dan kaki2 depannya untuk meng-handle nosedive
yang unik itu, rata-rata pemilik innova lama yang pindah ke reborn, rata-rata, sebagian besar kalo ngga mau dibilang semua orang yang ngerti mobil (masuk kategori car guy / enthusiast), yang pernah saya temui koq malah selalu merasa innova lama lebih enak ride nya ya. pada bilang reborn keempukan, terus tenaga mesin walau on paper gedean reborn tp pada lebih suka karakter mesin GNKI.

baru aja tadi ngobrol sama orang di bengkel saya lagi servis civic, ybs lagi gantiin oli innova venturer. bilang lebih suka ride innova lama. secara power juga katanya lebih ada rasa jambakan di innova lama.

klo orang yang beli buat a to b ya biasanya bilang enakan reborn krn lebih baru, ini lbh banyak sugestif sih biasanya.
Feel yg sama sy rasakan waktu pindah dr 1TR G A/T 09 ke 2GD reborn 2017. Interior ipah sebelum reborn menurut feel saya memang terasa lebih homey dan fit to size terutama di bag dashboard speedo dan keempukan busa jok non-reborn memang lbh empuk. Efek nya terasa sekali saat city driving non-reborn lbh berasa wise.

Tapi cerita nya jadi lain waktu reborn dibawa high-speed driving di transjawabahn, jauh berasa lbh mature handling dan road noise nya, ini penilaian diluar performa mesin lho ya krn ipah lama sy 1TR A/T dimana berasa tabu utk bicarakan performanya, sedangkan wkt reborn sy pake 2GD A/T. IMHO
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

ariesto wrote: 04 Jun 2022, 00:02

Feel yg sama sy rasakan waktu pindah dr 1TR G A/T 09 ke 2GD reborn 2017. Interior ipah sebelum reborn menurut feel saya memang terasa lebih homey dan fit to size terutama di bag dashboard speedo dan keempukan busa jok non-reborn memang lbh empuk. Efek nya terasa sekali saat city driving non-reborn lbh berasa wise.

Tapi cerita nya jadi lain waktu reborn dibawa high-speed driving di transjawabahn, jauh berasa lbh mature handling dan road noise nya, ini penilaian diluar performa mesin lho ya krn ipah lama sy 1TR A/T dimana berasa tabu utk bicarakan performanya, sedangkan wkt reborn sy pake 2GD A/T. IMHO
kalo reborn sih gausah ditanya om, memang lebih mature dari segi handling dan road noisenya, itu yg bensin ya. kebetulan keluarga besar saya pengguna setia ipah bensin dari 1 TR non euro sampe sekarang pakai reborn V bensin AT 2018. kalo yg diesel sih memang lebih enak om dibanding yg lama juga. kebetulan dulu pernah ngerental gnki g diesel at 2013 pas mobil itu masih berumur 2 bulan saat itu pas di jogja. rasanya pas pake reborn memang lebih mature handling dan road noisenya juga dibanding yg lama. plusnya yg lama itu ada di tarikan bawahnya yg lebih nendang dikit walaupun putaran tengah atasnya lebih enak reborn menurut saya pribadi
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by quyquy »

Tentang transmisi reborn A/T yg rada aneh..

Sharing2 aja dari pengalaman..

Dulu saya bawa mobil bensin dng pake ganjel2 sensor map.

Skr pake reborn diesel. Nah ganjel2 sensor map dari mobil sebelumnya nyoba lah saya taruh di reborn diesel..

Kok ya ajib ya, si mesin pindah2 gearnya lebih respon.

Pernah juga pas turunan panjang, tuas masih di D dan saya kan refleks pake rem mulu. Uda pake rem trs speednya masih kenceng eh tiba2 si transmisi pinter mindahin sendiri gear lebih bawah buat bantu engine brake.

Saya udah pake satu tahun lebih.

Uda pernah bolak balik saya copot standarin lagi buat ngerasain perbedaannya dan memang betul pas saya copot respon perpindahan gearnya lebih selow.

Satu lg, konsumsi solar jadi rada iritan 1km/liter.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Hybrid wrote: 17 May 2022, 21:24 Pengalaman punya Innova TRD V 2020, emang tenanganya nampol.. apalagi semenjak ngikutin saran saran suhu SM pake Hotshot EDT + Solar Goceng.. aman dompet aman dapurr :big_think:

Penyesalannya kenapa ngga dari dulu aja pindha toyota innova reborn diesel yahh hahaha
betul oom, saya juga cukup puas make ini, kebetulan saat ini sudah menginjak bulan ke 3 sejak saya beli secara seken maret lalu. tenaganya ngisi terus disemua putaran, apalagi buat lukot kaya transjawa or cipali, enak bgt pasti. 180 kpj juga gampang bgt dapetnya di mobil ini :big_biglaugh: . kondisi standar aja udh mantep begitu apalagi kalo modifan hehehe.irit ,lega, muat banyak , perawatan murah, part gampang ada dimana mana, mau ori mau kw ada semua, torsi bawah gede, part modif banyakkkkkk bgtttt, mau dipakein oli apa aja bisa, mau diisi bbm jenis apa aja pun bisa + RV nya gak jatoh2 amat, dan selama make gaada masalah yg ane2h, cuma servis rutin dan ganti oli saja hehehe intinya puas lah pake reborn diesel :big_biglaugh:
quyquy wrote: 11 Jun 2022, 07:48 Tentang transmisi reborn A/T yg rada aneh..

Sharing2 aja dari pengalaman..

Dulu saya bawa mobil bensin dng pake ganjel2 sensor map.

Skr pake reborn diesel. Nah ganjel2 sensor map dari mobil sebelumnya nyoba lah saya taruh di reborn diesel..

Kok ya ajib ya, si mesin pindah2 gearnya lebih respon.

Pernah juga pas turunan panjang, tuas masih di D dan saya kan refleks pake rem mulu. Uda pake rem trs speednya masih kenceng eh tiba2 si transmisi pinter mindahin sendiri gear lebih bawah buat bantu engine brake.

Saya udah pake satu tahun lebih.

Uda pernah bolak balik saya copot standarin lagi buat ngerasain perbedaannya dan memang betul pas saya copot respon perpindahan gearnya lebih selow.

Satu lg, konsumsi solar jadi rada iritan 1km/liter.
nice sharing om, saya gabisa komen karena blm pernah pake alat2 semacam sensor map gitu hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
sapifr22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by sapifr22 »

quyquy wrote: 11 Jun 2022, 07:48 Tentang transmisi reborn A/T yg rada aneh..

Sharing2 aja dari pengalaman..

Dulu saya bawa mobil bensin dng pake ganjel2 sensor map.

Skr pake reborn diesel. Nah ganjel2 sensor map dari mobil sebelumnya nyoba lah saya taruh di reborn diesel..

Kok ya ajib ya, si mesin pindah2 gearnya lebih respon.

Pernah juga pas turunan panjang, tuas masih di D dan saya kan refleks pake rem mulu. Uda pake rem trs speednya masih kenceng eh tiba2 si transmisi pinter mindahin sendiri gear lebih bawah buat bantu engine brake.

Saya udah pake satu tahun lebih.

Uda pernah bolak balik saya copot standarin lagi buat ngerasain perbedaannya dan memang betul pas saya copot respon perpindahan gearnya lebih selow.

Satu lg, konsumsi solar jadi rada iritan 1km/liter.
Kalau pas turunan panjang, emang stdnya begitu om, sdh agak cerdas. Jadi tdk nyelonong aja.

Btw, bisa share ganjal sensor map seperti apa ? Pengen coba kalau gampang dilakukan sendiri :big_smile]
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by romi10 »

Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
paling ganti ban, ganti velg yg gedean, upgrade rem sm pasang stutbar + stabilizer. sm kalo poin kedua ya tergantung biasa bawa mobil apa. kalo biasa bawa mobil kelas lcgc , lmpv , lsuv, city car, hatchback, crossover atau sesama mobil ladder frame ya harusnya gak masalah ya duduk di row 2nya reborn. apalagi yg fl udh improve dikit soal kenyamanannya dibanding punya saya yg pfl 2018 . tapi kalo biasa bawa mobil monokok kelas 400 jt keatas kek jenis civic, crv, serena keatas ya bakal berasa gak nyaman. persis kaya ibu saya itu istrinya om, biasa make crv sm cx5, make reborn langsung berasa mual , walaupun masih acceptable buat beliau daripada ANF or ANPS (kebetulan pernah test drive ANPS dan pernah punya ANF VRZ juga selama beberapa bulan) , tapi tetep aja buat macet2an berasa gak nyaman, takhirnya beliau gak mau make mobil itu lagi kecuali gaada mobil lain dirumah, tetapi tetep dikeep sampe hari ini karena bapak saya masih perlu mobil yg tenaga & torsi gede, muat banyak , lega sm durable karena rute kantor beliau sering lewat tol hampir tiap hari rute jkt - depok- bogor PP . sampai akhirnya, crv turbo saya ada rencana untuk dilego dan digantikan oleh voxy baru demi kenyamanan beliau dan kemudahan akses untuk nenek saya masuk keluar mobil
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
ctopher7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ctopher7 »

Pboyz97 wrote:
romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
paling ganti ban, ganti velg yg gedean, upgrade rem sm pasang stutbar + stabilizer. sm kalo poin kedua ya tergantung biasa bawa mobil apa. kalo biasa bawa mobil kelas lcgc , lmpv , lsuv, city car, hatchback, crossover atau sesama mobil ladder frame ya harusnya gak masalah ya duduk di row 2nya reborn. apalagi yg fl udh improve dikit soal kenyamanannya dibanding punya saya yg pfl 2018 . tapi kalo biasa bawa mobil monokok kelas 400 jt keatas kek jenis civic, crv, serena keatas ya bakal berasa gak nyaman. persis kaya ibu saya itu istrinya om, biasa make crv sm cx5, make reborn langsung berasa mual , walaupun masih acceptable buat beliau daripada ANF or ANPS (kebetulan pernah test drive ANPS dan pernah punya ANF VRZ juga selama beberapa bulan) , tapi tetep aja buat macet2an berasa gak nyaman, takhirnya beliau gak mau make mobil itu lagi kecuali gaada mobil lain dirumah, tetapi tetep dikeep sampe hari ini karena bapak saya masih perlu mobil yg tenaga & torsi gede, muat banyak , lega sm durable karena rute kantor beliau sering lewat tol hampir tiap hari rute jkt - depok- bogor PP . sampai akhirnya, crv turbo saya ada rencana untuk dilego dan digantikan oleh voxy baru demi kenyamanan beliau dan kemudahan akses untuk nenek saya masuk keluar mobil
menurut saya ngilangin nose dive yang pasti mah ganti suspensi yang lebih firm, tapi cons nya pasti mobil jadi lebih gerobak pas lewat jalan keriting.
Sinclaire
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: 01 May 2016, 14:00

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Sinclaire »

romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
shock harus diganti, sisanya biarkan std, ban eco2an juga kalo bisa ganti yg proper, velg jangan diganti

konsekuensinya mobil jd keras, tapi stabil
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12065
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ChZ »

romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
yg pake old innova ke ribon pasti berasa ribon keempukan ya.

nose dive mainnya di shock dan per dan ga cukup cm ganti depan, harus depan+belakang biar spring rate nya sama. ban jg diganti jangan tipe eko eko kayak bawaan. michelin primacy4 tuh :ngacir:

tp kalo mnurut saya costly ya krn itu set kaki kaki pasti ga murah, mending keep innova lama aja kalo mblnya gpp :mky_03:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
XMTdeluxe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by XMTdeluxe »

romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
Sama banget dengan saya waktu mau ambil ibon Om. Istri jg nentang. Akhirnya bujuk2 istri lagi utk ambil bensin yg V. Lumayanlah, gak sengayun yg diesel.
Tapi gatau jg sih, krn bensinnya atau krn V-nya, atau mungkin jg krn saya yg belum biasa bawa mobil yg karakter torsinya kegedean. Pas nyoba sama istri pakai yg 2.4 G AT. Tapi sudah aman skrg, istri hepi.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by romi10 »

ChZ wrote: 24 Jun 2022, 09:46
romi10 wrote: 23 Jun 2022, 14:22 Cara ngilangin nose dive di reborn gmn ya? pengen upgrade 2kd ke 2gd 2nd tipe G FL taun 2021 tp pas lg test drive kt istri dia mual kl pas duduk di baris kedua kondisi macet2an, jd batal deh :big_cry:
yg pake old innova ke ribon pasti berasa ribon keempukan ya.

nose dive mainnya di shock dan per dan ga cukup cm ganti depan, harus depan+belakang biar spring rate nya sama. ban jg diganti jangan tipe eko eko kayak bawaan. michelin primacy4 tuh :ngacir:

tp kalo mnurut saya costly ya krn itu set kaki kaki pasti ga murah, mending keep innova lama aja kalo mblnya gpp :mky_03:
Pengen keep tp uda rada2 bosen gitu om sm innova lamanya, mana modelnya yg sebelum facelift pula haha

Iya pasti bakal mahal ya cost untuk trial error set kaki2 si ibon..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

romi10 wrote: 27 Jun 2022, 11:59
Pengen keep tp uda rada2 bosen gitu om sm innova lamanya, mana modelnya yg sebelum facelift pula haha

Iya pasti bakal mahal ya cost untuk trial error set kaki2 si ibon..
paling tambahin colliover, ganti velg yg gedean atau pasang stutbar + stabilizer om , siapatau bisa membantu. sm bisa pertimbangkan yg tipe V, lebih kedap dan joknya jg lebih tebel dikit dibanding yg tipe G, kebetulan saya sendiri punya reborn G diesel at 2018 pfl dan udh pernah test drive yg FL hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
tbr541
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 30 Mar 2016, 13:00

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by tbr541 »

ChZ wrote: 24 Jun 2022, 09:46
yg pake old innova ke ribon pasti berasa ribon keempukan ya.

nose dive mainnya di shock dan per dan ga cukup cm ganti depan, harus depan+belakang biar spring rate nya sama. ban jg diganti jangan tipe eko eko kayak bawaan. michelin primacy4 tuh :ngacir:

tp kalo mnurut saya costly ya krn itu set kaki kaki pasti ga murah, mending keep innova lama aja kalo mblnya gpp :mky_03:
Itu sebenarnya yg paling berpengaruh dominan terhadap keempukannya ada pada per atau shockbreaker ya?

Trus klo per innova reborn dipasang ke innova lama apakah nanti juga jadi empuk?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1642
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by KielConstantine »

:big_think:

Kelemahan ladder frame emang begitu … nose dive ; bodyroll parah ; ngayun .. bisa sih di reduce w/ ganti shock + per aftermarket + ban bagusan . Tapi kaga bakal bisa ilangin banget tu karakteristik


Fortuner vrz/trd/gr mendingan lah dy setting suspensi ud rada firm dari pabrikan makanya berasa lebih keras bantingan & secara stability lebih enak … tapi lagi2 krn kodrat ladder frame ya masih berasa juga ngayun2 + nose dive


Apalagi yg mau ngejar bantingan empuk … bedeh makin menjadi2 .. macem anps tuh . :e-shifty:

Cuman standart konsumen beda2 . Ada yg maunya empuk nyaman dan segala macem . Bilangnya gini: “masa gw ud kluar duit 600jt lebih , naek mobil keras berasa kek gerobak” . Jadi pemikirannya tuh kluar duit makin gede mobil harus makin nyaman… biasanya sih modelan non car enthusiasts sama emak2 wkwkwkwk


Kalo maunya empuk, nyaman , enak tapi stabil ya larinya ke chasis monocoque macem santa-fe, cr-v, cx5, palisade, Lexus RX dan kawan2 … kalo itu baru deh sesuai.. kluar duit makin gede dapet mobil lebih nyaman lebih enak :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12065
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 30 Jun 2022, 08:11
Cuman standart konsumen beda2 . Ada yg maunya empuk nyaman dan segala macem . Bilangnya gini: “masa gw ud kluar duit 600jt lebih , naek mobil keras berasa kek gerobak” . Jadi pemikirannya tuh kluar duit makin gede mobil harus makin nyaman… biasanya sih modelan non car enthusiasts sama emak2 wkwkwkwk
ya ini tipikal komen bocil bocil sok ngerti mobil di instagram.

yang ngakak : bandingin veloz ada TSS, GR 2.8 ga ada TSS.

lah itu GR 2.8 dikasi TSS, ntar radar atau sensor rusak waktu lg inspeksi ke tambang kena pasir atau batu pusing dah kepala, udah bener mobil SUV dikasi minim fitur biar bs dibawa ke medan gini-gini :big_biglaugh:

kan udah bener harganya cuma selisih dikit sama yang 2.4 masih dibully aje. ketawan ga pernah bawa mobil.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
XMTdeluxe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by XMTdeluxe »

KielConstantine wrote: 30 Jun 2022, 08:11 :big_think:

Kelemahan ladder frame emang begitu … nose dive ; bodyroll parah ; ngayun .. bisa sih di reduce w/ ganti shock + per aftermarket + ban bagusan . Tapi kaga bakal bisa ilangin banget tu karakteristik


Fortuner vrz/trd/gr mendingan lah dy setting suspensi ud rada firm dari pabrikan makanya berasa lebih keras bantingan & secara stability lebih enak … tapi lagi2 krn kodrat ladder frame ya masih berasa juga ngayun2 + nose dive


Apalagi yg mau ngejar bantingan empuk … bedeh makin menjadi2 .. macem anps tuh . :e-shifty:

Cuman standart konsumen beda2 . Ada yg maunya empuk nyaman dan segala macem . Bilangnya gini: “masa gw ud kluar duit 600jt lebih , naek mobil keras berasa kek gerobak” . Jadi pemikirannya tuh kluar duit makin gede mobil harus makin nyaman… biasanya sih modelan non car enthusiasts sama emak2 wkwkwkwk


Kalo maunya empuk, nyaman , enak tapi stabil ya larinya ke chasis monocoque macem santa-fe, cr-v, cx5, palisade, Lexus RX dan kawan2 … kalo itu baru deh sesuai.. kluar duit makin gede dapet mobil lebih nyaman lebih enak :big_grin:
Ini saya yang sampai sekarang penasaran Om, ada gak sih upgrade spek untuk ibon dari yg bensin ke 2GD? Saya ngerasanya kayak sama aja, baik dari rem maupun suspensi. Brio aja yg ngerubah dari Satya ke RS saja, suspensi dibuat lebih stiff dan ride nya jadi beda. Avanza ke Veloz cuma bedain kelas aja dibela2in ngerubah dari rear brake drum ke disc. Dua mobil itu padahal mesin dan tranny nya gak ada beda blas. Sedangkan ibon dari 1TR ke 2GD jauh sekali peningkatan powernya, saya merasakan gak ada beda di suspensi dan rem. Entah perasaan saya saja, bawa dieselnya jadi lebih terasa nosedive, rem lebih ngeloyor, belum lagi setir lebih berat. Fortuner pernah saya bawa lebih enak, cocok dengan mesinnya. Kaki2 dan rem mendukung, sehingga jadi mobil yang lebih proper.
Karena kita kan naik mobilnya, bukan hanya naik mesinnya. Ibon ganti mesin tapi lain2nya dibiarkan sama saja dan feelnya jadi gak pas, sedangkan merk lain cuma ganti emblem ada yg disetel ulang ridenya, ini kan jd tanda tanya utk toyota.
Jadi teringat thread 2GD pingin ganti Almaz, I exactly feels the same like he is :big_think:
Post Reply