Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

Selamat malam semuanya, thread ini adalah kelanjutan dari thread https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=31133 dan https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=31131, dimana saya akhirnya mendapatkan ANKI diesel matic ini setelah perjuangan mencari mobil selama 1,5 tahun lamanya dan survei lebih dari 10 unit di jabodetabek. pada kesempatan kali ini, saya ingin mereview mobil seken yg baru saya beli 1 bulan yg lalu, yaitu mobil terfavorit se SM raya, yaitu Innova Diesel Matic atau “Innivi Disil Mitic” wkwkw, sampe2 setiap thread yg nanya tentang mobil apapun, selalu dikasih solusinya mobil ini terus, kalo gak saudara sesama laddernya yaitu Pajero sport dan fortuner wkwkwk :big_biglaugh: . Mobil ini dibeli untuk menggantikan HRV 1.5 E CVT 2018 saya yg sudah terjual, dimana proses menjual mobil tersebut memang sebetulnya masih 50/50, karena jarang dipake aja sekaligus pengen nyobain mobil diesel makanya saya coba jual santai, eh, ternyata ada yg berani menawar diatas modal saya beli pas akhir 2020 lalu, tanpa posting pula alias tanpa iklan melalui marketplace alias sold before post dalam waktu 1 hari saja, yasudah saya lepas :big_biglaugh: , threadnya bisa dilihat di https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=30205. Well, saya akan membahas mengenai mobil ini secara singkat saja , karena yg mereview jg sudah cukup banyak hehehe.

Kijang, mobil yg memang melegenda dihati mayoritas masyarakat Indonesia, karena imagenya yg lega , muat banyak dan tahan banting + part mudah dan murah. Hampir semua orang, termasuk di SM ini pasti punya kenangan bersama dengan mobil yg satu ini, entah di generasi yg mana. Kijang hadir di Indonesia dimulai dari model doyok/buaya, kemudian grand extra / kijang kotak, kapsul dan terakhir innova. ANKI reborn ini adalah generasi kedua dari kijang innova yg hadir pada akhir tahun 2015 dan mengalami facelift pada akhir 2020 lalu. Mobil ini hadir dalam 4 varian yaitu G,V, Q (discontiue) dan venturer , dengan varian mesin 2.000 cc bensin bermesin 1TR dual vvti dan 2.400 cc diesel bermesin 2GD dengan pilihan transmisi 6 speed automatic dan 5 speed manual. Saya sendiri terlahir dari keluarga yg memang pecinta kijang. Keluarga besar saya kebetulan adalah pengguna setia kijang dari jaman kijang doyok sampe innova reborn, kebetulan keluarga besar saya dulu pernah memiliki kijang doyok, kemudian grand extra/ kijang kotak, kisul lgx pfl,kemudian kisul lsx 1.8 efi mt 2003, kisul lgx 1.8 EFI mt 2003 semuanya bensin, sampai terakhir innova bensin, kebetulan keluarga saya adalah maniak innova bensin garis keras, mulai dari 2.0 G AT 2006 non euro, 2.0 V AT 2008 euro, 2.0 G AT 2010 (pemakaian januari 2011) FL1, 2.0 G AT 2012 GNKI, 2.0 G MT 2014 dono, sampai ANKI G bensin AT 2017 dan ANKI V bensin AT 2018. Sampai2 waktu saya dulu pulang ke kampung halaman bapak saya di Pangkalpinang, Bangka Belitung, pas di bandara dijemput 3 mobil milik saudara saya dimana itu innova semua, yaitu 2.0 V AT 2008 euro, 2.0 G AT FL1 dan 2.0 G AT GNKI , kemudian acara keluarga saat itu juga sekaligus jadi kopdar mobil innova benda generasi secara tidak sengaja :big_biglaugh: . Dan juga, 2 orang saudara saya pernah memiliki kisul lSX dan LGX 2003 barengan, dimana yg lsx udh dijual tahun 2010 diganti avanza S dan rush, yg LGX udh dijual 2017 lalu diganti sm GNA E MT wkwkwk ,dan juga om saya saat ini memiliki 2 unit ANKI bensin sekaligus, yaitu G bensin at 2017 dan V bensin at 2018 :big_biglaugh: . Cuma saya aja yg gapunya kijang, karena memang ibu saya kurang suka sm yg namanya trio ladder dari dulu, maklum, kami terbiasa dengan SUV monokok dari 2005 - sekarang (CRV 2005, CRV 2010, CX5 2013, CX5 2018 dan sekarang CRV turbo 2019), jadi begitu naik trio ladder berasa gak nyaman, dimana gak cocok buat ibu saya yg mayoritas disopirin. Perlu perjuangan untuk meyakinkan ibu saya agar mau menerima mpv ladder ini di garasi, walaupun ujung2nya yg make saya or bapak saya juga :big_biglaugh: . Tapi, minimal ibu saya sudah mau mulai menerima MPV ladder diesel ini dirumah, karena memang innova ini salah 1 mobil diesel daily user idaman saya sejak 10 tahun yg lalu, yg baru kesampean sekarang ,walaupun belinya seken.

Kemudian, untuk HRV ke Reborn ini , mungkin ada yg bakal bertanya demikian
- Udah pernah pake HRV, mengapa gak ke HRV baru aja?
Karena nomboknya terlalu banyak, which is sudah saya kalkulasi, kalau saya harus nombok minimal 120 jt untuk HRV baru , kebetulan yg saya incar adalah tipe SE warna putih, dan juga saya blm perlu fitur2 seperti sensing2, inden yg cukup lama + durability long termnya blm teruji (saya enggan ambil batch pertama, karena dikuatirkan kejadian rattling seperti HRV lama pas 2015 lalu terulang lagi), saya mau liat dulu, apakah setelah 1-2 tahun pemakaian, durability kaki2 dan rattlingnya apakah membaik or masih sama saja seperti hrv lama, semoga aja lebih awet kaki2nya hehehe . Sedangkan innova ini, saya nombok 65 jt saja, HRV saya kebetulan laku diangka 250 jt, dan ANKI nya saya beli diangka 315 jt, dimana diwarnai drama juga. kebetulan ini adalah unit yg entah ke brp saya cek saking lamanya dan saking banyaknya, rata2 lengah dikit keduluan orang, biarpun harga diatas pasaran jg :big_biglaugh: , kebetulan mobil ini buka harga 324jt, nett 317 jt. Saya tawar 312 gak dikasih, saya tinggal pun gak dikasih, kebetulan ada pedagang dari daerah yg berani 313 soalnya, yaudah, karena saya udh survei dan kondisinya memang bagus dan sesuai kriteria saya, saya lebihin aja 2 jt jadi 315 jt and, finally saya menang, karena lokasi saya dan penjualnya sama2 di jakarta, sedangkan buyer yg dari daerah itu masih di luar kota dan baru mau mesen tiket ke jakarta, faktor keberuntungan juga, karena kalo lokasi saya dan pedagang itu sama2 di jakarta, mungkin ceritanya akan lain dan saya akan kalah dengan mereka, karena pengalaman saya jual beli mobil selama 3 tahunan ini, mayoritas pdg or pemake dari daerah kalo barangnya bagus, apalagi mobil mainstream, mereka berani bayar lebih mahal :big_biglaugh: , makanya mending saya nambah harga dikit daripada keduluan orang entah yg ke brp kali :big_biglaugh:
- Mengapa pilih tipe G, bukan V or venturer?
Karena buat saya fitur dual airbag, abs, ebd, HU 2din touchscreen dan tombol audio disetir sebagai standar sudah cukup, dan saya sekedar ingin merasakan kelebihan innova diesel saja yg lega, muat banyak, perawatan murah, part gampang ada dimana mana dari ori ampe kw ada semua, rv ga jatoh2 amat, bisa minum oli dan bbm apa aja , torsi gede, irit bbm dan part modif banyak :big_biglaugh: + budget saya cukupnya buat tipe G saja. kalo tipe V minimal harus nyiapin 320 jt itupun dapetnya 2016 which is agak overbudget (kebetulan bapak saya nyarinya yg 2018 keatas biar gak terlalu tua2 amat tahunnya dan low km under 60rb record ) :big_biglaugh: + saya sudah komitmen, gamau nombok lebih dari 80 jt dari HRV ke ANKI , which is kalo nomboknya diatas itu, saya gajadi ganti, sampe akhirnya, saya akhirnya mendapatkan ANKI yg saya inginkan sejak 1,5 tahun yg lalu dengan nombok 65 jt which is sesuai dengan komitmen awal saya

Kondisi awal
Kondisi awal mobil bisa dikatakan cukup baik
Plusnya
- body lempeng no bekas laka no bekas banjir
- bukman buku service + gantungan oli lengkap semua
- km 52rb record
- interior full ori
- velg sudah upgrade ke OEM venturer
- naikkan enak
- mesin kering no ngobos
- kaki2 senyap
- matic sehat dan responsif
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Minusnya:
- bemper depan kanan ada baret2 pemakaian
- fender belakang kanan ada penyok bekas serempetan dikit
- plafon ada kentop dikit (gak parah), masih ketolong sm keseluruhan interior yg bagus dan full ori
Image
Image
Image
Now, let's go to the review
Exterior
Image
Image
Image
Image
Image
Terlihat cukup simple , tapi keliatan elegan , walaupun kalau saya pribadi masih lebih suka yg gen sblmnya yaitu yg fl1 hehehe, kalo dari samping keliatan gagah, apalagi setelah ditambahin velg venturer :big_biglaugh:
Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Terlihat lebih modern dibanding gen sblmnya dan cukup enak dilihat
Fitur
Image
Image
Image
Image
Image
Cukup sederhana untuk mobil yg harga barunya saat ini mendekati 400 jt. tidak ada vsc hsa, rem belakang masih tromol, jok masih manual semua, speedo sederhana tampilannya, no keyless entry / start stop engine, no immob (karena kalo mau yg keyless wajib beli tipe Q or ventuer, kalo mau immob minimal tipe V baru dapet :big_biglaugh: ), ac masih puteran kompor gas (tipe v keatas baru digital) + lampu masih halogen semua. untungnya sudah dilengkapi dengan ac double blower, hu 2din touchscreen dan tombol audio disetir + fitur safetynya sudah dilengkapi dengan dual srs airbag, abs ,ebd, alias SAMA PERSIS fiturnya dengan ANKI G bensin AT 2017 om saya yg sudah pernah saya review di thread sebelumnya :big_biglaugh: , jadi ANKI G bensin dan G diesel bener2 cuma beda mesinnya saja, kalau interior, exterior dan fitur SAMA PERSIS, tidak ada perbedaan sama sekali :big_peace:

mesin & driving impression
Image
anki diesel matic ini dibekali dengan mesin 2.400 cc 2 GD , dengan transmisi otomatis 6 speed dan manual 5 speed
yg pertama kali saya rasakan saat bawa mobil ini adalah sangat responsif, torsi bawahnya besar, dan tarikannya ngisi disemua putaran, digas dikit aja dalam kondisi standar cukup mudah untuk ke 120 kpj, bahkan 180 kpj pun cukup mudah didapatkan dengan mobil ini dalam kondisi standar, apalagi kalo udh pake power mode, langsung berasa enak bgt tarikannya :big_biglaugh: , apalagi perpindahan transmisinya sigap dan smooth wkwkkw , lebih halus suara mesinnya dan lebih responsif diputaran tengah - atas dibanding innova diesel gen sebelumnya hehehe . selain itu konsumsi bbm juga cukup irit, sekitar 1: 12-14 dalkot which is lebih irit dibanding versi bensinnya dan mirip2 dengan HRV saya dulu yg 1.500 cc :big_biglaugh: , selain itu, handling dan bantingan suspensinya juga cukup nyaman, ya , menurut saya bantingan suspensi anki reborn diesel ini cukup nyaman, karena saya biasa bawa avxen, xpander, jazz, yaris, hrv dan ANF , tapi kalo dibanding CRV dan CX5, tetep jauh lebih nyaman 2 itu dibanding reborn :big_biglaugh: . karena nyamannya anki ini relatif, kalo biasa bawa mobil LCGC, LMPV, LSUV, hatchback, city car, crossover or sesama mobil ladder frame, mungkin bakal berasa nyaman2 aja, memang saya akui, handlingnya biasa saja, bahkan kalah enak dibanding hrv saya sebelumnya, tetapi tarikan dan torsinya bawahnya yg besar cukup mampu menutupi semua kekurangan di sektor handling tersebut, entah knp saya cukup enjoy nyetir mobil ini, sama seperti ketika saya mengemudikan HRV saya dulu :big_biglaugh: . Plusnya lagi adalah mobil ini merupakan mobil yg paling nyaman buat ukuran ladder frame dibandingkan ANPS dan ANF, kebetulan saya udh pernah TD ANPS dan sempet punya ANF VRZ buat dagangan selama 1 bulanan wkwkw, kalo singkatnya begini
bantingan suspensi dan kenyamanan
1. ANKI
2. ANF
3. ANPS
driving feel
1. ANPS
2. ANF
3. ANKI
saya ganti ke anki ini juga karena lebih nyaman dibanding VRZ, serta akses buat ortu saya juga lebih mudah, karena gc nya gak setinggi VRZ + lebih practical karena dimensinya gak sebesar VRZ jg which is cukup mubazir kalo saya pake ke jalanan yg agak sempit, walaupun kalo nyetir sendiri, masih lebih enak VRZ menurut saya wkkwk, cuma minusnya 1 lg, ada di getaran mesinnya yg cukup berasa dibanding mobil bensin, walaupun sudah lebih halus dibanding gen sebelumnya dan cukup tolerable buat saya pribadi
conclusion
mobil ini cocok untuk anda yg menginginkan mobil diesel dengan cc besar, dimensi yg gak terlalu besar, masih practical buat dibawa kemana mana , lega, muat banyak, perawatan murah ,part mudah ada dimana2 mau ori mau KW, aftersales terjamin karena it's a toyota :big_biglaugh: , siap dibawa kemana aja, torsi bawah besar, tarikan ngisi disemua putaran , irit bbm, pemakaian mayoritas tol atau sering lukot setahun lebih dari 3x , bisa diisi bbm dan oli apa aja :big_biglaugh: , suka nyetir sendiri + rv nya cukup bagus
plus
- desain exterior & interior
- tarikan ngisi disemua putaran
- perpindahan giginya cukup sigap dan smooth
- part modif banyak
- irit bbm
- torsi bawah besar
- lega
- practical
- muat banyak
- durable
- gc tinggi
- rv bagus
- nama besar toyota
- interior quality dan kualitas audio bawaan + road noisenya cukup baik
minus
- minim fitur
- getarannya lumayan berasa dibanding mobil bensin
- unit sekennya agak susah nyari yg bagus dan full ori, karena rata2 kmnya gondrong karena sering jadi daily workhorse + banyak dioprek or dimodif jg :big_biglaugh:

overall saya cukup puas dengan mobil ini, dan TIDAK AKAN DIJUAL dalam waktu dekat, rencananya masih mau saya pakai minimal 2-4 tahun kedepan, kecuali dapet acc dari ortu buat ganti mobil diesel lg seperti ANKI fl 2020- sekarang tipe apapun asal DIESEL MATIC, ANKI tahun 2018 keatas pfl tipe V or venturer wajib DIESEL MATIC , anf VRZ / TRD (again) or anps Dakar buat dipake lama minimal 3 tahun (bukan buat dagang) or gantinya mobil kelas luxury seperti camry dan mobil eropa seperti mobil eropa hehehe , karena kebetulan ortu nawarin buat ganti LMPV seperti veloz q TSS or BRV pres HS baru dengan alasan tahun muda dan worry free tetapi saya tolak :big_peace:

wishlist
- foglamp headlamp full led
- stoplamp led
- stabilizer and stutbar
- remap
- filter KNN
- ganti turbo 1GD or RHF 4 hybrid
- velg TE37 / Advan RG / Enkei
- Downpipe + kenalpot HKS
Intinya pengen dibikin jadi project - daily car sekaligus pengen jadi cumi2 hehehe :big_biglaugh:

sekian review saya kali ini, i hope you will enjoy my review. thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by sintoni »

Nais ripiu om Pboyz.

Ga yakin nih kalau situ yg pake ga mau dijual dalam waktu deket.

:big_slap:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote: 07 May 2022, 06:24 Nais ripiu om Pboyz.

Ga yakin nih kalau situ yg pake ga mau dijual dalam waktu deket.

:big_slap:
thanks om

kalo yg ini kemungkinan besar bakal dipake lama kok, karena HRV lama saya juga sudah dijual buat digantikan sm anki ini, jadi otomatis, anki ini jadi mobil harian saya satu2nya, kebetulan CRV turbo sm Lexus RX mayoritas dipake ortu :big_biglaugh:

kalo yg kemaren2 kebetulan buat jual beli mobil kecil2an saya oom hehehe, mulai dari avanza sampe fortuner, sebenernya yg vrz hampir mau dikeep buat gantiin HRV, tapi karena akses keluar masuk ortu agak susah, gak praktis karena parkiran kantor saya pintu masuknya agak sempit buat mobil segede fortuner akhirnya dilego saja fortunernya sambil didagangin wkwk , walaupun kalau saya pribadi kalo nyetir sendiri lebih enak bawa ANF dibanding ANKI, tapi karena mau nyari yg lebih kompak dimensinya dan lebih nyaman buat ukuran ladder frame akhirnya diganti sm ANKI ini hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by BADAK »

Ntar kalo ditawar +10jt dr harga beli masak tetap gak dijual? :upss:
Congratz mobil barunya bro Pboyz.
Kalo ini kebalikan dr saya, dr diesel cari bensin. Kalo bro Pboyz dr bensin cari diesel :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

BADAK wrote: 07 May 2022, 16:08 Ntar kalo ditawar +10jt dr harga beli masak tetap gak dijual? :upss:
Congratz mobil barunya bro Pboyz.
Kalo ini kebalikan dr saya, dr diesel cari bensin. Kalo bro Pboyz dr bensin cari diesel :upss:
tetep blm saya lepas om, karena memang rencananya bakal dipake agak lama, dan blm akan dijual dalam waktu dekat, karena mobil ini menjadi mobil harian satu2nya, dan juga saya nyari mobil ini juga gak gampang, penuh perjuangan selama 1,5 tahun dan survei lebih dari 10 unit, bukan hitungan bulan atau survei 1 atau 2 mobil saja baru dapatnya hehehe

thanks om badak, congrats juga om buat crv nya, semoga enjoy dan awet selama dipake

kalo saya sendiri memang pengen ganti suasana oom, sudah dari 1997 saya pakai mobil bensin terus dan blm pernah merasakan mobil diesel sama sekali, baru sekarang kesampean, pertama di VRZ dan yg kedua di ANKI ini hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by DOHC »

Pboyz97 wrote: 07 May 2022, 16:57
BADAK wrote: 07 May 2022, 16:08 Ntar kalo ditawar +10jt dr harga beli masak tetap gak dijual? :upss:
Congratz mobil barunya bro Pboyz.
Kalo ini kebalikan dr saya, dr diesel cari bensin. Kalo bro Pboyz dr bensin cari diesel :upss:
tetep blm saya lepas om, karena memang rencananya bakal dipake agak lama, dan blm akan dijual dalam waktu dekat, karena mobil ini menjadi mobil harian satu2nya, dan juga saya nyari mobil ini juga gak gampang, penuh perjuangan selama 1,5 tahun dan survei lebih dari 10 unit, bukan hitungan bulan atau survei 1 atau 2 mobil saja baru dapatnya hehehe

thanks om badak, congrats juga om buat crv nya, semoga enjoy dan awet selama dipake

kalo saya sendiri memang pengen ganti suasana oom, sudah dari 1997 saya pakai mobil bensin terus dan blm pernah merasakan mobil diesel sama sekali, baru sekarang kesampean, pertama di VRZ dan yg kedua di ANKI ini hehehe
justru kl yg saya liat

ANKI baik bensin atau diesel lg mendadak ckup banyak di pasaran, kondisi pun jg rata2 ckup lumayan loh

sblom lebaran kmaren saya muter2 sentra2 mobkas, apalagi di mangdu, kmayoran dan skitaran, ada kali 3-4 biji anki reborn disel yg kondisi nya ckup mint dan odo ga tralu gondrong

yg lg mendadak susah justru mobil2 lcgc (kcuali datsun / batu makam) .. harga nya mendadak di goreng ga pake otak , kondisi odo gondrong, full spet sana sini, ban agak botak, harga nya sinting2..

agya metik yg TRD kondisi super mint , kira2 2 taon lalu iseng saya nawar2 masi masuk 90an jt gemuk... skrg, taon tua aj dgn kondisi ngawur, buka di harga 90an gemuk jg, kadang 100
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 23 Feb 2019, 20:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by dregon »

selamat atas mobil barunya om.

saya setelah 2 tahun belakang ini pakai VRZ pun akhirnya mengerti kenapa SM selalu ngasih saran toyota ladder frame diesel.
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by camarokid »

Mantap.. awas keracunan ngemodip nya.. hihihi
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ctopher7 »

Pboyz97 wrote:Selamat malam semuanya, thread ini adalah kelanjutan dari thread https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=31133 dan https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=31131, dimana saya akhirnya mendapatkan ANKI diesel matic ini setelah perjuangan mencari mobil selama 1,5 tahun lamanya dan survei lebih dari 10 unit di jabodetabek. pada kesempatan kali ini, saya ingin mereview mobil seken yg baru saya beli 1 bulan yg lalu, yaitu mobil terfavorit se SM raya, yaitu Innova Diesel Matic atau “Innivi Disil Mitic” wkwkw, sampe2 setiap thread yg nanya tentang mobil apapun, selalu dikasih solusinya mobil ini terus, kalo gak saudara sesama laddernya yaitu Pajero sport dan fortuner wkwkwk :big_biglaugh: . Mobil ini dibeli untuk menggantikan HRV 1.5 E CVT 2018 saya yg sudah terjual, dimana proses menjual mobil tersebut memang sebetulnya masih 50/50, karena jarang dipake aja sekaligus pengen nyobain mobil diesel makanya saya coba jual santai, eh, ternyata ada yg berani menawar diatas modal saya beli pas akhir 2020 lalu, tanpa posting pula alias tanpa iklan melalui marketplace alias sold before post dalam waktu 1 hari saja, yasudah saya lepas :big_biglaugh: , threadnya bisa dilihat di https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=30205. Well, saya akan membahas mengenai mobil ini secara singkat saja , karena yg mereview jg sudah cukup banyak hehehe.

Kijang, mobil yg memang melegenda dihati mayoritas masyarakat Indonesia, karena imagenya yg lega , muat banyak dan tahan banting + part mudah dan murah. Hampir semua orang, termasuk di SM ini pasti punya kenangan bersama dengan mobil yg satu ini, entah di generasi yg mana. Kijang hadir di Indonesia dimulai dari model doyok/buaya, kemudian grand extra / kijang kotak, kapsul dan terakhir innova. ANKI reborn ini adalah generasi kedua dari kijang innova yg hadir pada akhir tahun 2015 dan mengalami facelift pada akhir 2020 lalu. Mobil ini hadir dalam 4 varian yaitu G,V, Q (discontiue) dan venturer , dengan varian mesin 2.000 cc bensin bermesin 1TR dual vvti dan 2.400 cc diesel bermesin 2GD dengan pilihan transmisi 6 speed automatic dan 5 speed manual. Saya sendiri terlahir dari keluarga yg memang pecinta kijang. Keluarga besar saya kebetulan adalah pengguna setia kijang dari jaman kijang doyok sampe innova reborn, kebetulan keluarga besar saya dulu pernah memiliki kijang doyok, kemudian grand extra/ kijang kotak, kisul lgx pfl,kemudian kisul lsx 1.8 efi mt 2003, kisul lgx 1.8 EFI mt 2003 semuanya bensin, sampai terakhir innova bensin, kebetulan keluarga saya adalah maniak innova bensin garis keras, mulai dari 2.0 G AT 2006 non euro, 2.0 V AT 2008 euro, 2.0 G AT 2010 (pemakaian januari 2011) FL1, 2.0 G AT 2012 GNKI, 2.0 G MT 2014 dono, sampai ANKI G bensin AT 2017 dan ANKI V bensin AT 2018. Sampai2 waktu saya dulu pulang ke kampung halaman bapak saya di Pangkalpinang, Bangka Belitung, pas di bandara dijemput 3 mobil milik saudara saya dimana itu innova semua, yaitu 2.0 V AT 2008 euro, 2.0 G AT FL1 dan 2.0 G AT GNKI , kemudian acara keluarga saat itu juga sekaligus jadi kopdar mobil innova benda generasi secara tidak sengaja :big_biglaugh: . Dan juga, 2 orang saudara saya pernah memiliki kisul lSX dan LGX 2003 barengan, dimana yg lsx udh dijual tahun 2010 diganti avanza S dan rush, yg LGX udh dijual 2017 lalu diganti sm GNA E MT wkwkwk ,dan juga om saya saat ini memiliki 2 unit ANKI bensin sekaligus, yaitu G bensin at 2017 dan V bensin at 2018 :big_biglaugh: . Cuma saya aja yg gapunya kijang, karena memang ibu saya kurang suka sm yg namanya trio ladder dari dulu, maklum, kami terbiasa dengan SUV monokok dari 2005 - sekarang (CRV 2005, CRV 2010, CX5 2013, CX5 2018 dan sekarang CRV turbo 2019), jadi begitu naik trio ladder berasa gak nyaman, dimana gak cocok buat ibu saya yg mayoritas disopirin. Perlu perjuangan untuk meyakinkan ibu saya agar mau menerima mpv ladder ini di garasi, walaupun ujung2nya yg make saya or bapak saya juga :big_biglaugh: . Tapi, minimal ibu saya sudah mau mulai menerima MPV ladder diesel ini dirumah, karena memang innova ini salah 1 mobil diesel daily user idaman saya sejak 10 tahun yg lalu, yg baru kesampean sekarang ,walaupun belinya seken.

Kemudian, untuk HRV ke Reborn ini , mungkin ada yg bakal bertanya demikian
- Udah pernah pake HRV, mengapa gak ke HRV baru aja?
Karena nomboknya terlalu banyak, which is sudah saya kalkulasi, kalau saya harus nombok minimal 120 jt untuk HRV baru , kebetulan yg saya incar adalah tipe SE warna putih, dan juga saya blm perlu fitur2 seperti sensing2, inden yg cukup lama + durability long termnya blm teruji (saya enggan ambil batch pertama, karena dikuatirkan kejadian rattling seperti HRV lama pas 2015 lalu terulang lagi), saya mau liat dulu, apakah setelah 1-2 tahun pemakaian, durability kaki2 dan rattlingnya apakah membaik or masih sama saja seperti hrv lama, semoga aja lebih awet kaki2nya hehehe . Sedangkan innova ini, saya nombok 65 jt saja, HRV saya kebetulan laku diangka 250 jt, dan ANKI nya saya beli diangka 315 jt, dimana diwarnai drama juga. kebetulan ini adalah unit yg entah ke brp saya cek saking lamanya dan saking banyaknya, rata2 lengah dikit keduluan orang, biarpun harga diatas pasaran jg :big_biglaugh: , kebetulan mobil ini buka harga 324jt, nett 317 jt. Saya tawar 312 gak dikasih, saya tinggal pun gak dikasih, kebetulan ada pedagang dari daerah yg berani 313 soalnya, yaudah, karena saya udh survei dan kondisinya memang bagus dan sesuai kriteria saya, saya lebihin aja 2 jt jadi 315 jt and, finally saya menang, karena lokasi saya dan penjualnya sama2 di jakarta, sedangkan buyer yg dari daerah itu masih di luar kota dan baru mau mesen tiket ke jakarta, faktor keberuntungan juga, karena kalo lokasi saya dan pedagang itu sama2 di jakarta, mungkin ceritanya akan lain dan saya akan kalah dengan mereka, karena pengalaman saya jual beli mobil selama 3 tahunan ini, mayoritas pdg or pemake dari daerah kalo barangnya bagus, apalagi mobil mainstream, mereka berani bayar lebih mahal :big_biglaugh: , makanya mending saya nambah harga dikit daripada keduluan orang entah yg ke brp kali :big_biglaugh:
- Mengapa pilih tipe G, bukan V or venturer?
Karena buat saya fitur dual airbag, abs, ebd, HU 2din touchscreen dan tombol audio disetir sebagai standar sudah cukup, dan saya sekedar ingin merasakan kelebihan innova diesel saja yg lega, muat banyak, perawatan murah, part gampang ada dimana mana dari ori ampe kw ada semua, rv ga jatoh2 amat, bisa minum oli dan bbm apa aja , torsi gede, irit bbm dan part modif banyak :big_biglaugh: + budget saya cukupnya buat tipe G saja. kalo tipe V minimal harus nyiapin 320 jt itupun dapetnya 2016 which is agak overbudget (kebetulan bapak saya nyarinya yg 2018 keatas biar gak terlalu tua2 amat tahunnya dan low km under 60rb record ) :big_biglaugh: + saya sudah komitmen, gamau nombok lebih dari 80 jt dari HRV ke ANKI , which is kalo nomboknya diatas itu, saya gajadi ganti, sampe akhirnya, saya akhirnya mendapatkan ANKI yg saya inginkan sejak 1,5 tahun yg lalu dengan nombok 65 jt which is sesuai dengan komitmen awal saya

Kondisi awal
Kondisi awal mobil bisa dikatakan cukup baik
Plusnya
- body lempeng no bekas laka no bekas banjir
- bukman buku service + gantungan oli lengkap semua
- km 52rb record
- interior full ori
- velg sudah upgrade ke OEM venturer
- naikkan enak
- mesin kering no ngobos
- kaki2 senyap
- matic sehat dan responsif
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Minusnya:
- bemper depan kanan ada baret2 pemakaian
- fender belakang kanan ada penyok bekas serempetan dikit
- plafon ada kentop dikit (gak parah), masih ketolong sm keseluruhan interior yg bagus dan full ori
Image
Image
Image
Now, let's go to the review
Exterior
Image
Image
Image
Image
Image
Terlihat cukup simple , tapi keliatan elegan , walaupun kalau saya pribadi masih lebih suka yg gen sblmnya yaitu yg fl1 hehehe, kalo dari samping keliatan gagah, apalagi setelah ditambahin velg venturer :big_biglaugh:
Interior
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Terlihat lebih modern dibanding gen sblmnya dan cukup enak dilihat
Fitur
Image
Image
Image
Image
Image
Cukup sederhana untuk mobil yg harga barunya saat ini mendekati 400 jt. tidak ada vsc hsa, rem belakang masih tromol, jok masih manual semua, speedo sederhana tampilannya, no keyless entry / start stop engine, no immob (karena kalo mau yg keyless wajib beli tipe Q or ventuer, kalo mau immob minimal tipe V baru dapet :big_biglaugh: ), ac masih puteran kompor gas (tipe v keatas baru digital) + lampu masih halogen semua. untungnya sudah dilengkapi dengan ac double blower, hu 2din touchscreen dan tombol audio disetir + fitur safetynya sudah dilengkapi dengan dual srs airbag, abs ,ebd, alias SAMA PERSIS fiturnya dengan ANKI G bensin AT 2017 om saya yg sudah pernah saya review di thread sebelumnya :big_biglaugh: , jadi ANKI G bensin dan G diesel bener2 cuma beda mesinnya saja, kalau interior, exterior dan fitur SAMA PERSIS, tidak ada perbedaan sama sekali :big_peace:

mesin & driving impression
Image
anki diesel matic ini dibekali dengan mesin 2.400 cc 2 GD , dengan transmisi otomatis 6 speed dan manual 5 speed
yg pertama kali saya rasakan saat bawa mobil ini adalah sangat responsif, torsi bawahnya besar, dan tarikannya ngisi disemua putaran, digas dikit aja dalam kondisi standar cukup mudah untuk ke 120 kpj, bahkan 180 kpj pun cukup mudah didapatkan dengan mobil ini dalam kondisi standar, apalagi kalo udh pake power mode, langsung berasa enak bgt tarikannya :big_biglaugh: , apalagi perpindahan transmisinya sigap dan smooth wkwkkw , lebih halus suara mesinnya dan lebih responsif diputaran tengah - atas dibanding innova diesel gen sebelumnya hehehe . selain itu konsumsi bbm juga cukup irit, sekitar 1: 12-14 dalkot which is lebih irit dibanding versi bensinnya dan mirip2 dengan HRV saya dulu yg 1.500 cc :big_biglaugh: , selain itu, handling dan bantingan suspensinya juga cukup nyaman, ya , menurut saya bantingan suspensi anki reborn diesel ini cukup nyaman, karena saya biasa bawa avxen, xpander, jazz, yaris, hrv dan ANF , tapi kalo dibanding CRV dan CX5, tetep jauh lebih nyaman 2 itu dibanding reborn :big_biglaugh: . karena nyamannya anki ini relatif, kalo biasa bawa mobil LCGC, LMPV, LSUV, hatchback, city car, crossover or sesama mobil ladder frame, mungkin bakal berasa nyaman2 aja, memang saya akui, handlingnya biasa saja, bahkan kalah enak dibanding hrv saya sebelumnya, tetapi tarikan dan torsinya bawahnya yg besar cukup mampu menutupi semua kekurangan di sektor handling tersebut, entah knp saya cukup enjoy nyetir mobil ini, sama seperti ketika saya mengemudikan HRV saya dulu :big_biglaugh: . Plusnya lagi adalah mobil ini merupakan mobil yg paling nyaman buat ukuran ladder frame dibandingkan ANPS dan ANF, kebetulan saya udh pernah TD ANPS dan sempet punya ANF VRZ buat dagangan selama 1 bulanan wkwkw, kalo singkatnya begini
bantingan suspensi dan kenyamanan
1. ANKI
2. ANF
3. ANPS
driving feel
1. ANPS
2. ANF
3. ANKI
saya ganti ke anki ini juga karena lebih nyaman dibanding VRZ, serta akses buat ortu saya juga lebih mudah, karena gc nya gak setinggi VRZ + lebih practical karena dimensinya gak sebesar VRZ jg which is cukup mubazir kalo saya pake ke jalanan yg agak sempit, walaupun kalo nyetir sendiri, masih lebih enak VRZ menurut saya wkkwk, cuma minusnya 1 lg, ada di getaran mesinnya yg cukup berasa dibanding mobil bensin, walaupun sudah lebih halus dibanding gen sebelumnya dan cukup tolerable buat saya pribadi
conclusion
mobil ini cocok untuk anda yg menginginkan mobil diesel dengan cc besar, dimensi yg gak terlalu besar, masih practical buat dibawa kemana mana , lega, muat banyak, perawatan murah ,part mudah ada dimana2 mau ori mau KW, aftersales terjamin karena it's a toyota :big_biglaugh: , siap dibawa kemana aja, torsi bawah besar, tarikan ngisi disemua putaran , irit bbm, pemakaian mayoritas tol atau sering lukot setahun lebih dari 3x , bisa diisi bbm dan oli apa aja :big_biglaugh: , suka nyetir sendiri + rv nya cukup bagus
plus
- desain exterior & interior
- tarikan ngisi disemua putaran
- perpindahan giginya cukup sigap dan smooth
- part modif banyak
- irit bbm
- torsi bawah besar
- lega
- practical
- muat banyak
- durable
- gc tinggi
- rv bagus
- nama besar toyota
- interior quality dan kualitas audio bawaan + road noisenya cukup baik
minus
- minim fitur
- getarannya lumayan berasa dibanding mobil bensin
- unit sekennya agak susah nyari yg bagus dan full ori, karena rata2 kmnya gondrong karena sering jadi daily workhorse + banyak dioprek or dimodif jg :big_biglaugh:

overall saya cukup puas dengan mobil ini, dan TIDAK AKAN DIJUAL dalam waktu dekat, rencananya masih mau saya pakai minimal 2-4 tahun kedepan, kecuali dapet acc dari ortu buat ganti mobil diesel lg seperti ANKI fl 2020- sekarang tipe apapun asal DIESEL MATIC, ANKI tahun 2018 keatas pfl tipe V or venturer wajib DIESEL MATIC , anf VRZ / TRD (again) or anps Dakar buat dipake lama minimal 3 tahun (bukan buat dagang) or gantinya mobil kelas luxury seperti camry dan mobil eropa seperti mobil eropa hehehe , karena kebetulan ortu nawarin buat ganti LMPV seperti veloz q TSS or BRV pres HS baru dengan alasan tahun muda dan worry free tetapi saya tolak :big_peace:

wishlist
- foglamp headlamp full led
- stoplamp led
- stabilizer and stutbar
- remap
- filter KNN
- ganti turbo 1GD or RHF 4 hybrid
- velg TE37 / Advan RG / Enkei
- Downpipe + kenalpot HKS
Intinya pengen dibikin jadi project - daily car sekaligus pengen jadi cumi2 hehehe :big_biglaugh:

sekian review saya kali ini, i hope you will enjoy my review. thank you
congrats om, welcome to goceng pek go club [emoji322]

saran dikit: downpipe brd beli di tokopedia bagus loh, lebih murah dr hks seharusnya (diameter 2.5 inch). gaada sambungan sama skali di tekukanmya

kalo replacement air filter pake sprint filter aja om, perawatan lebih gampang (ga perlu oli olian). saya sndiri awalnya mau ini tp karna kosong lama, akirnya beli simota
pecinta bio solar
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by michaelgiri93 »

Nice review Om
Dan congrats(lagi) buat mobil barunya wkwk
2018 berarti udah aman dari issue putu jedug ya Om?
Oot dikit, itu di pengunci pintu yg d body(gak tau istilah mekaniknya wkwkwk) emg ada kaya covernya ya?
Nice detail lho buat mobil yg didesain sebagai workhorse.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by AbdulHakim »

Congrats om pboyz, nice review.. mantaps :big_exellent:
sekalian mo nanya..
nosedivenya saat ngerem gmn untuk unit PFL ini?
sama peredamannya seberapa kedap dari road noise?
oia, kalo lagi posisi parkir trus lewat motor knalpot bising, apakah alarmnya nyala?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

michaelgiri93 wrote: 08 May 2022, 02:36 Nice review Om
Dan congrats(lagi) buat mobil barunya wkwk
2018 berarti udah aman dari issue putu jedug ya Om?
Oot dikit, itu di pengunci pintu yg d body(gak tau istilah mekaniknya wkwkwk) emg ada kaya covernya ya?
Nice detail lho buat mobil yg didesain sebagai workhorse.
makasih om
betul om, yg tahun 2018 sepertinya sudah aman dari isu putu jedug. pengunci pintunya sih gaada covernya om, tapi diletakinnya cuma di handle pintu driver aja hehehe
AbdulHakim wrote: 08 May 2022, 06:32 Congrats om pboyz, nice review.. mantaps :big_exellent:
sekalian mo nanya..
nosedivenya saat ngerem gmn untuk unit PFL ini?
sama peredamannya seberapa kedap dari road noise?
oia, kalo lagi posisi parkir trus lewat motor knalpot bising, apakah alarmnya nyala?
thanks om
noisedivenya buat ngerem ya cukup kedap ya. sm kalo road noisenya cukup kedap menurut saya, lebih kedap dibanding HRV saya dulu even CRV turbo saya sekarang pun kalah kedap dibanding ANKI ini. sm kalo alarm ya kurang tau om, tapi pernah pas di parkiran kantor ada motor kenalpot bising lewat alarmnya gabunyi dan mobil pas posisi parkir

ctopher7 wrote: 07 May 2022, 21:59
congrats om, welcome to goceng pek go club [emoji322]

saran dikit: downpipe brd beli di tokopedia bagus loh, lebih murah dr hks seharusnya (diameter 2.5 inch). gaada sambungan sama skali di tekukanmya

kalo replacement air filter pake sprint filter aja om, perawatan lebih gampang (ga perlu oli olian). saya sndiri awalnya mau ini tp karna kosong lama, akirnya beli simota
thanks om

makasih info dan masukannya om hehehe
camarokid wrote: 07 May 2022, 19:39 Mantap.. awas keracunan ngemodip nya.. hihihi
ini aja udh mulai gatel mau modif om, tapi saya masih nahan diri karena mesti nabung dulu :big_biglaugh:
dregon wrote: 07 May 2022, 18:34 selamat atas mobil barunya om.

saya setelah 2 tahun belakang ini pakai VRZ pun akhirnya mengerti kenapa SM selalu ngasih saran toyota ladder frame diesel.
thanks om, saya sendiri jg baru tau setelah dulu make VRZ buat dagangan, akhirnya ketagihan dan pindah ke ANKI ini hehehe
DOHC wrote: 07 May 2022, 17:51

justru kl yg saya liat

ANKI baik bensin atau diesel lg mendadak ckup banyak di pasaran, kondisi pun jg rata2 ckup lumayan loh

sblom lebaran kmaren saya muter2 sentra2 mobkas, apalagi di mangdu, kmayoran dan skitaran, ada kali 3-4 biji anki reborn disel yg kondisi nya ckup mint dan odo ga tralu gondrong

yg lg mendadak susah justru mobil2 lcgc (kcuali datsun / batu makam) .. harga nya mendadak di goreng ga pake otak , kondisi odo gondrong, full spet sana sini, ban agak botak, harga nya sinting2..

agya metik yg TRD kondisi super mint , kira2 2 taon lalu iseng saya nawar2 masi masuk 90an jt gemuk... skrg, taon tua aj dgn kondisi ngawur, buka di harga 90an gemuk jg, kadang 100
karena rata2 emg pada mau jual mumpung harganya lg bagus saya perhatiin, apalagi musim mau lebaran gini, dimana orang2 pada butuh mobil buat lebaran + permintaan di daerah jg lg banyak, saya aja udh lebih dari 8x keduluan sm showroom daerah gara2 kalah harga, meleng dikit langsung disikat :big_biglaugh: . blm lg mayoritas pada ngejar mau ambil mobil baru dengan DP minim kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya hehehe

kalo di sentra mobekas sih gaheran, mereka rata2 ambilannya juga agak tinggi, karena galama setelah itu mereka bakal lempar lg keluar kota, kebetulan ada bakul kenalan saya yg bilang gitu hehehe, untung tipis gapapa asal gasampe 2 hari laku :big_biglaugh:

LCGC masih mending, LMPV kek avxen rushter yg mendadak digoreng, entah knp, udh nyari unitnya di jakarta rada susah, apalagi yg manual model lama tahun 2011 akhir - 2021 , unit2nya bener2 langka dipasaran, sekalinya ada yg bagus mau harga diatas sekalipun biasanya udh disikat duluan sm pemakai or showroom daerah :big_biglaugh: , kalopun ada rata2 jual harganya agak tinggi dan mayoritas bakul saya perhatiin wkwkwk , apalagi yg low km under 80 rb asli. misalkan , tahun 2020 lalu, budget 105, udh dapet yg tahun 2015 g manual model all new pra gna, tapi sekarang, budget segitu dapetnya tahun 2011 akhir yg nonairbag, itupun yg kmnya diatas 100rb :big_biglaugh: . sama tahun 2020, saya juga pernah beli GNA G manual 2017 km 78rb asli record kondisi bagus 125 jt aja buat dagangan, sekarang budget segitu cuma dapet tahun 2015 itupun yg model all new yg masih single vvti pra GNA wkwkk

LCGC kek agya ayla brio sih emg gitu om saya perhatiin, tapi kenaikannya gak segede avxen, rushter, pajero, innova, fortuner sih wkwkwk . karena permintaan lagi banyak buat lebaran tapi stock di pasaran terbatas :big_biglaugh: . kalo kondisi yg saya bold mah gak masalah, minusnya masih dihitung wajar, selama mesin sehat, kaki2 senyap, ac dingin , transmisinya masih sehat + responsif dan gak bekas laka maupun banjir jg disikat :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by camarokid »

Semangat omm nabung nya, biar bisa sekalian jebreet.. opsi nya udah buuanyak banget ngemodip reborn mah.. wkwk
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by michaelgiri93 »

Pboyz97 wrote: 08 May 2022, 22:32 makasih om
betul om, yg tahun 2018 sepertinya sudah aman dari isu putu jedug. pengunci pintunya sih gaada covernya om, tapi diletakinnya cuma di handle pintu driver aja hehehe
Nganu Omm
Yang ini maksud saya :mky_01:
Screenshot_20220509-142600_Chrome.jpg
Baru tau aja kalo innova itunya di cover hehehe
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by AbdulHakim »

michaelgiri93 wrote: 09 May 2022, 14:29
Pboyz97 wrote: 08 May 2022, 22:32 makasih om
betul om, yg tahun 2018 sepertinya sudah aman dari isu putu jedug. pengunci pintunya sih gaada covernya om, tapi diletakinnya cuma di handle pintu driver aja hehehe
Nganu Omm
Yang ini maksud saya :mky_01:
Screenshot_20220509-142600_Chrome.jpg
Baru tau aja kalo innova itunya di cover hehehe
tebakan saya itu di bagasi belakang om, dikasih cover karena rentan lecet saat masukin-ngeluarin barang ke bagasi CMIIW

oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by michaelgiri93 »

AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
tebakan saya itu di bagasi belakang om, dikasih cover karena rentan lecet saat masukin-ngeluarin barang ke bagasi CMIIW
Oh iya ya
Begitu lihat pikiran saya lsg pintu Om hahaha
Bener juga ya bisa jadi bagasi...
Thankyou Om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
ayunan suspensi depan "tertekan" akibat perpindahan bobot saat terjadi pengereman (?)

ya gampangnya kalo mobilnya diinjek rem ntu moncongnya berasa "menekan" ke bawah apa gak kali ya :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by BADAK »

ChZ wrote: 09 May 2022, 15:30
AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
ayunan suspensi depan "tertekan" akibat perpindahan bobot saat terjadi pengereman (?)

ya gampangnya kalo mobilnya diinjek rem ntu moncongnya berasa "menekan" ke bawah apa gak kali ya :mky_01:
Ini namanya gaya inersia
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

camarokid wrote: 09 May 2022, 08:31 Semangat omm nabung nya, biar bisa sekalian jebreet.. opsi nya udah buuanyak banget ngemodip reborn mah.. wkwk
makasih omm
michaelgiri93 wrote: 09 May 2022, 14:29

Nganu Omm
Yang ini maksud saya :mky_01:
Screenshot_20220509-142600_Chrome.jpg
Baru tau aja kalo innova itunya di cover hehehe
ohh, kirain yg di pintu hehehe, emg yg bagian situ dicover oom hehehe
AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
tebakan saya itu di bagasi belakang om, dikasih cover karena rentan lecet saat masukin-ngeluarin barang ke bagasi CMIIW

oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
emg di bagasi belakang oom itu tempatnya hehehe, kalo soal nosedive ya tergantung biasa bawa mobil apa , kalo biasa bawa mobil kelas lcgc, lmpv, lsuv , city car, hatchback or sesama mobil ladder frame mungkin bakal biasa aja, tapi kalo biasa bawa mobili monokok kek sedan, mpv roti tawar atau med suv ya cukup berasa nosedivenya menurut saya, walaupun udh lebih baik dibanding gen sblmnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: 09 May 2022, 15:30
AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
ayunan suspensi depan "tertekan" akibat perpindahan bobot saat terjadi pengereman (?)

ya gampangnya kalo mobilnya diinjek rem ntu moncongnya berasa "menekan" ke bawah apa gak kali ya :mky_01:
iya, seperti itu deskripsinya hehe
BADAK wrote: 09 May 2022, 17:35
ChZ wrote: 09 May 2022, 15:30
AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
ayunan suspensi depan "tertekan" akibat perpindahan bobot saat terjadi pengereman (?)

ya gampangnya kalo mobilnya diinjek rem ntu moncongnya berasa "menekan" ke bawah apa gak kali ya :mky_01:
Ini namanya gaya inersia
iya ada di pelajaran fisika ya om, apalagi bobot mesin diesel yg lebih berat, sehingga gaya inersia makin besar (gaya = massa dikali percepatan)
Pboyz97 wrote: 10 May 2022, 00:06
AbdulHakim wrote: 09 May 2022, 14:32
tebakan saya itu di bagasi belakang om, dikasih cover karena rentan lecet saat masukin-ngeluarin barang ke bagasi CMIIW

oia nosedive itu kalo kita ngerem, itu kepalanya kayak mau mematuk ke tanah, ntah gimana mendeskripsikannya ya :big_biglaugh:
emg di bagasi belakang oom itu tempatnya hehehe, kalo soal nosedive ya tergantung biasa bawa mobil apa , kalo biasa bawa mobil kelas lcgc, lmpv, lsuv , city car, hatchback or sesama mobil ladder frame mungkin bakal biasa aja, tapi kalo biasa bawa mobili monokok kek sedan, mpv roti tawar atau med suv ya cukup berasa nosedivenya menurut saya, walaupun udh lebih baik dibanding gen sblmnya
baguslah kalo gitu, innova makin improve aja, mungkin udah di-tweak suspensi dan kaki2 depannya untuk meng-handle nosedive
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

AbdulHakim wrote: 10 May 2022, 06:01 baguslah kalo gitu, innova makin improve aja, mungkin udah di-tweak suspensi dan kaki2 depannya untuk meng-handle nosedive
Memang improve jauh om dibanding yg lama dari segala sisi menurut saya ini anki, terutama dari segi fitur dan bantingan suspensinya + nosedivenya juga. Hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: 10 May 2022, 06:01
iya, seperti itu deskripsinya hehe


iya ada di pelajaran fisika ya om, apalagi bobot mesin diesel yg lebih berat, sehingga gaya inersia makin besar (gaya = massa dikali percepatan)

baguslah kalo gitu, innova makin improve aja, mungkin udah di-tweak suspensi dan kaki2 depannya untuk meng-handle nosedive
yang unik itu, rata-rata pemilik innova lama yang pindah ke reborn, rata-rata, sebagian besar kalo ngga mau dibilang semua orang yang ngerti mobil (masuk kategori car guy / enthusiast), yang pernah saya temui koq malah selalu merasa innova lama lebih enak ride nya ya. pada bilang reborn keempukan, terus tenaga mesin walau on paper gedean reborn tp pada lebih suka karakter mesin GNKI.

baru aja tadi ngobrol sama orang di bengkel saya lagi servis civic, ybs lagi gantiin oli innova venturer. bilang lebih suka ride innova lama. secara power juga katanya lebih ada rasa jambakan di innova lama.

klo orang yang beli buat a to b ya biasanya bilang enakan reborn krn lebih baru, ini lbh banyak sugestif sih biasanya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 21 Jan 2016, 09:15

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by vinzo »

ChZ wrote: 11 May 2022, 15:32
AbdulHakim wrote: 10 May 2022, 06:01
iya, seperti itu deskripsinya hehe


iya ada di pelajaran fisika ya om, apalagi bobot mesin diesel yg lebih berat, sehingga gaya inersia makin besar (gaya = massa dikali percepatan)

baguslah kalo gitu, innova makin improve aja, mungkin udah di-tweak suspensi dan kaki2 depannya untuk meng-handle nosedive
yang unik itu, rata-rata pemilik innova lama yang pindah ke reborn, rata-rata, sebagian besar kalo ngga mau dibilang semua orang yang ngerti mobil (masuk kategori car guy / enthusiast), yang pernah saya temui koq malah selalu merasa innova lama lebih enak ride nya ya. pada bilang reborn keempukan, terus tenaga mesin walau on paper gedean reborn tp pada lebih suka karakter mesin GNKI.

baru aja tadi ngobrol sama orang di bengkel saya lagi servis civic, ybs lagi gantiin oli innova venturer. bilang lebih suka ride innova lama. secara power juga katanya lebih ada rasa jambakan di innova lama.

klo orang yang beli buat a to b ya biasanya bilang enakan reborn krn lebih baru, ini lbh banyak sugestif sih biasanya.
Nah saya juga termasuk yang merasa innova lama justru lebih enak dikemudikan.
Padahal innova lama yang saya pakai tipe E tahun 2008, mobil inventaris kantor istri. Dipakai tahun 2012-2013 waktu itu.
Tahun 2017 saya dapat mobil inventaris kantor Innova G Bensin, lah kok berasa lebih mewah dan lebih enak innova lama.

Kalau menurut saya bisa jadi karena bobot yang bertambah, jadi berasa bawa Innova lama dengan full penumpang. Kendaraan jadi lebih sulit untuk bermanuver dan lebih limbung.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: 11 May 2022, 15:32

yang unik itu, rata-rata pemilik innova lama yang pindah ke reborn, rata-rata, sebagian besar kalo ngga mau dibilang semua orang yang ngerti mobil (masuk kategori car guy / enthusiast), yang pernah saya temui koq malah selalu merasa innova lama lebih enak ride nya ya. pada bilang reborn keempukan, terus tenaga mesin walau on paper gedean reborn tp pada lebih suka karakter mesin GNKI.

baru aja tadi ngobrol sama orang di bengkel saya lagi servis civic, ybs lagi gantiin oli innova venturer. bilang lebih suka ride innova lama. secara power juga katanya lebih ada rasa jambakan di innova lama.

klo orang yang beli buat a to b ya biasanya bilang enakan reborn krn lebih baru, ini lbh banyak sugestif sih biasanya.
kalo menurut gw pribadi sih tergantung tipenya, kalo yg diesel memang lebih enak tarikannya yg lama, tarikan bawahnya berasa lebih enteng, walaupun tarikan tengah - atas sm bantingan suspensinya jauh lebih nyaman reborn

tapi kalo yg bensin, lebih enakkan yg reborn jauh hehehe

vinzo wrote: 11 May 2022, 16:27

Nah saya juga termasuk yang merasa innova lama justru lebih enak dikemudikan.
Padahal innova lama yang saya pakai tipe E tahun 2008, mobil inventaris kantor istri. Dipakai tahun 2012-2013 waktu itu.
Tahun 2017 saya dapat mobil inventaris kantor Innova G Bensin, lah kok berasa lebih mewah dan lebih enak innova lama.

Kalau menurut saya bisa jadi karena bobot yang bertambah, jadi berasa bawa Innova lama dengan full penumpang. Kendaraan jadi lebih sulit untuk bermanuver dan lebih limbung.
betul, kalo yg diesel, tapi entah knp kalo yg bensin, lebih enak yg baru nyetirnya, apalagi yg matic, enakkan yg reborn jauh, kebetulan keluarga bapak saya maniak innova bensin garis keras, sudah pernah mencicipi innova bensin dari non euro - reborn pfl hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Lee27
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 11 Jan 2016, 11:08
Location: SUB-MLG

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Lee27 »

Selamat om Pboyz atas innova nya.. :mky_02:
Klo saya sih dulu pertama yg diupgrade ban, headlamp, sm headunit.. hehe

Kaki-kaki pasti badak, saya pernah pake punya travel yg udah jalan 160rb km tahun ke 3,
belum ganti itu kaki2 dan masih senyap ngga ada bunyi apapun trmsuk interiornya.. :big_grin:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post