Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

sherryandkez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: RM3 - M800 - AVV60

Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by sherryandkez »

Prolog
Screenshot 2022-06-01 014743.jpg
Setelah bertaun2 cabut dari market indo, 2022 ini Subaru balik lagi jualan setelah 2 taunan buka servis aja. Nah, produk yang pertama dijual adalah si Forester ini. Forester ini masuk udah versi faceliftnya, jadi gen 5 pre fl nya nggak masuk sini.

Kalau dulu Forester bisa dibilang mahal gara2 mesin monster+AWD nya, sekarang Subaru bisa nyantai karena AWD udah gak kena tambahan pajak. So, Forester bisa dijual di harga yang menarik, kalau gak bisa dibilang menarik banget. Bayangin aja gak sampe 660jt udah dapet fullspec, CBU Japan, dan AWD.

Sialnya ya, mesin yang masuk cuma 2.0 N/A. Padahal dulu Forester XT 230hp stock. Hiks.

Car : 2022 Subaru Forester 2.0i-S EyeSight Crystal Black Silica
Mileage : 1500km on going
Price : 659.5jt

Exterior

Yang pertama jadi perhatian saya, eksterior Forester baru ini bukan selera semua orang. Berbeda dengan Forester generasi 3 dan 4 yang desainnya lebih mudah diterima semua orang. Generasi 5 ini masih mempertahankan bentuk mengotak, tapi desainnya lebih ekstrim. Well mirip gen 3 dan 4 lah kotaknya, tapi approachnya mirip gen 1 2 yang juga kontroversial karena mirip estate. Saya sih termasuk yang suka ya.
1024809.jpg
Dari depan, gril besar ala Subaru jaman now mendominasi. Bedanya sama pre fl yang paling keliatan ada di lampu depan, kalo yang pre fl kayak XV dulu. Lampu ini udah full led, dan bisa belok ngikutin arah setir. Bahasa Subarunya Steering Responsive Headlights. Di bawah lampu juga ada headlamp washer, berguna kalo abis offroad2 lucu atau camping di tempat berlumpur. Bumper ada skid platenya dan ada aksen silver, kalo yang tipe L polosan.

Sebenernya enakan polosan ya untuk mobil yang bakal dipake offroad ringan gini, gak takut baret atau lepas panel silvernya.
1024808.jpg
Di samping, yang paling keliatan adalah postur tubuh yang mengotak tinggi dibanding rivalnya yang makin ceper. Di satu sisi jelas ningkatin headroom dan visibilitas dengan kaca2 yang gede, tapi gak semua orang demen dengan model tinggi gini. Saya sih demen ya hahaha. Keliatan macho aja.

Pelek untuk tipe S 18 inci dan L 17 inci. Di kelasnya paling gede si CX-5 19 inci, tapi Forester 19 inci buat apa, ntar offroad malah baret n gak tahan bannya ketipisan. Model velgnya yang tipe S ini saya suka, tapi yang L nggak. Yang L kayak nanggung mau base spec gitu tapi tetep polished. Highlight yang lain di samping ada roofrail beneran, spion silver untuk tipe S, dan ada cameranya. Camera ini fungsinya buat liat letak roda depan kalau lagi offroad. Nah, kalo buat sehari-hari mungkin berguna buat parkir paralel kalo yang kurang ahli. Sayangnya camera cuma ada 2, depan sama spion kiri. Padahal bisa banget kalo mau dibuat 360 derajat.
Screenshot 2022-06-01 015122.jpg
Di belakang, highlight yang mencolok bagi saya jelas emblem Symmetrical AWD hahaha. Belakangnya sih biasa malah cenderung mirip gen 4 kecuali lampunya yang bentuk C. Yang bikin mood turun, diffuser ala2 belakangnya ada 2 tonjolan, tapi knalpotnya cuma 1. Ya mau diapakan lagi, wong mesinnya 2000cc NA doang. Spoiler besar dan ada extensionnya kayak Harrier AIRS lama. Oya yang lucu lagi di kaca belakangnya ada sticker “Made in Japan“. Mungkin ini buat memalukan rivalnya yang CKD tapi 666jt harganya hahaha.

Overall untuk eksterior sih cakep ya, tapi memang bukan selera semua orang. Mesti diliat dulu pake mata kepala sendiri baru bisa nyimpulin sendiri bagus apa nggaknya. Bapak saya pas liat di brosur bilang gak suka, pas liat sendiri baru bilang bagus.

Exterior : 8/10

Interior
Screenshot 2022-06-01 015226.jpg
Pas masuk ke dalam, yang langsung mencolok pandangan saya adalah jok Nappa Leather warna coklat. Warnanya cakep banget dan desain joknya juga sepertinya ergonomis. Jok kanan kiri depan 22nya electric dan yang kanan ada tombol memory. Anehnya tombol memorynya miring gitu kayak gak linear sama desain doortrim keseluruhan. Dan juga jok coklat cuma ada di warna item.
Screenshot 2022-06-01 015258.jpg
Doortrimnya desainnya biasa aja, bagus nggak juga tapi jauh dari kata jelek. Yang saya suka panel Nappa Leathernya gede banget dan empuk, tapi bahan di bagian kerasnya menurut saya agak kerasa murahan. Ya mungkin fungsi utamanya durability kali ya. Speaker pake harman/kardon dan ada emblemnya di doortrim. Speakernya ada 9 kalo gak salah, gak ngitung juga wong di Lexus saya 15 gak tau saya di mana aja hahaha.
Screenshot 2022-06-01 015329.jpg
Yang menarik di pintu belakang sebenernya, selain bisa hampir 90 derajat bukanya, ada batang kecil tapi keras di bawah pintu. Fungsinya konon buat safety, kalo mobil tabrakan remuk pintu masih ada celah untuk dibuka.

Desain dashboardnya jauh dari kata “canggih” (in a good way), walaupun layarnya ada 2 biji. Well mobil ini memang gak dibuat untuk keren2an ala Almaz RS, tapi lebih ke durability dan usability. Bahan plastiknya banyak, keras (ya ada soft touch di atas sih), dan memang terasa kokoh. Kenapa banyak plastik mungkin supaya gampang dibersihin kalo abis offroad.
Screenshot 2022-06-01 015410.jpg
Yang langsung terasa dari duduk di mobil ini adalah semua terasa easy to use. Tempat duduk ergonomis, tombol2 terjangkau dan sangat minim touchscreen yang berpotensi salah pencet. Ya memang full layar kayak Almaz atau HR-V lama yang acnya touch kerasa modern, tapi ya kemungkinan salah setting atau rusak layarnya juga tinggi. Oya model dashboard nyambung sama doortrim.

Speedometer masih jarum tapi layar MID sudah TFT. Di MID infonya banyak, dan ada juga MID kedua di atas head unit. Modelnya jadi kayak CR-V RM Prestige. MID kedua yang di atas head unit lebih besar dan infonya lebih banyak. AC keluar di situ juga infonya. Info X-Mode, camera depan dan samping juga keluar di situ.

Head unit dan setting AC biasa aja, head unit touchscreen OEM dan ac model knob putar. Tapi model begini sangat gampang dipake, gak harus belajar dulu nyetting di head unit atau nyari2 menunya. Oya head unit udah ada android auto sama carplay, lengkap.

Setirnya kulit dan sangat lembut, sepertinya Nappa Leather juga. Di sebelah kiri ada tombol audio dan MID, dan di kanan ada tombol adaptive cruise control, lane following, dan mode berkendara. Ada 2 mode, Sport dan Intelligent. Buat yang pernah pakai STI hatch/sedan pasti tau knob SI-Mode yang di tengah, nah mirip2 itu cuma kurang S# nya aja haha.

Uniknya Forester ini dia sein di kiri, sempet salah waktu pertama bawa hahaha. Kalo di Merc/BMW gak pernah salah, tapi di Forester ini otak udah kebawa mobil jepang sein selalu di kanan. Pedal udah alumunium untuk tipe S. Tombol di kanan steer juga hampir full, ada beberapa fitur yang nggak dimasukin katanya. Airbag 7 biji termasuk knee airbag bawah steer.

Di konsol tengah ada shifter matic yang ukurannya mayan gede (apa tangan saya aja yang kecil?) dan tombol X-Mode. Rem parkir juga ada di situ, elektrik dan udah auto hold. Tombol satu lagi buat akses kamera kiri yang ada di spion tadi. X-Mode ini buat offroad, ada 3 mode buat normal, offroad di tanah2an atau sekalian lumpur dalam. Dan itu bisa diliat di layar MID atas, mobil kemiringannya berapa derajat, distribusi tenaga ke tiap roda etc etc.
Screenshot 2022-06-01 015534.jpg
Highlight lain di interior jelas sunroofnya. Gede banget dan itu bukan kaca mati, tapi bisa dibuka full. Bayangin gedenya sampe row ke2 tapi masih bisa dibuka sampe mentok. Rahasianya di bagian atap, gundukan sunroofnya dibuat nyaru sama plafon saking panjangnya. Jadi kalau diperhatiin atap tipe S emang lebih rendah, tapi gak keliatan ada tonjolan sunroof gitu.

Masuk ke baris kedua, doortrim sekilas lebih sepi karena cuma ada tombol power window 1 aja dan desain doortrimnya juga biasa aja. Tetep ada insert Nappa Leather yang gede tapi. Bukaan pintu 90 derajat mayan bantu buat masukin barang, tapi buat masuk orang kayaknya kurang berguna. Awalnya mikir bukaan pintu gede akan bantu buat lansia masuk, tapi step naiknya di Forester juga tinggi jadi tetep susah.

Yang lucu di pintu belakang kanan kiri door sillnya dibuat besar dan tinggi buat pijakan kaki kalo lagi masang roof rack atau roofbox. Kalo yang ini berguna banget daripada harus cari kursi buat manjat ke atap. Atau at least berguna buat nyuci mobil.

Duduk di belakang headroom masih lega meski ada sunroof. Ditambah lagi jendela gede dan sunroof yang bikin auranya lega. Di armrest ada cupholder, terus ada ac belakang juga. Udah sih di belakang gak ada apa-apa lagi. Legroom juga lega, masih di bawah CR-V tapi.

Bagasi udah power back door dan katanya ada kick sensor tapi belum saya cobain. Bagasinya juga lega, masih di bawah CR-V juga tapi di atas rival lainnya. Di kanan ada sub harman/kardon. Yang unik dari bagasi Forester, hooknya banyak banget. Ada kali lebih dari 8 termasuk di pintu bagasinya. Buat apa ya hahaha. Cuma sayangnya buat mobil yang disasar buat roadtrip, gak ada colokan rumah. Cuma ada slot 12V di bagasi 1 biji. Dinding bagasi bukan fabric, plastik supaya gampang dibersihin. Ya mirip2 approachnya Xtrail dulu yang lantai bagasinya plastik juga.

Overall, interior mobil ini bukan buat yang demen soft touch2an atau layar segede gaban. Interior mobil ini ya emang buat orang yang “pake” mobilnya, terbukti dari penempatan dan layout tombol dan layar yang semua gampang dipelajarin. Toh luxury things kayak sunroof dan Nappa Leather juga tetep ada.

Interior : 8.5/10

Driving
Screenshot 2022-06-01 015702.jpg
Nyalain mesin, suara masih senyap. Yah ini memang bukan STI yang dinyalain langsung bletak bletak sih. Masukin ke D, jalan, suara dari luar masih senyap juga. Ban Dueler H/P mirip dipake Palisade cukup bermain di noise reduction sepertinya.

Yang langsung terasa dari mobil ini bukan unsur fun. Tapi unsur safetynya. Sistem EyeSight dengan dua kamera cukup rinci membaca marka, tapi juga halus ngasih feedback ke steernya. Terbukti beberapa kali EyeSight koreksi steer saya tapi sepertinya penumpang gak ada yang sadar. Di Altis baru, Raize, Veloz begitu steer dikoreksi TSS langsung kerasa goyangannya. HR-V baru belum nyoba karena gak pernah bareng penumpang ngetes Honda Sensingnya. Sialnya, sistem EyeSight ini gak boleh dikasih kaca film di depan. Even nempel sticker di kaca depan harus sesuai manual book.

Unsur fun baru keluar setelah di kecepatan menengah ke atas. Kerasa sekali sistem Symmetrical AWDnya membantu handling mobil, hampir gak ada gejala understeer sama sekali seperti rivalnya yang FWD. Posisi mesin boxer yang center of gravitynya di bawah juga membantu mengurangi body roll meski bodynya tinggi. Rivalnya yang itungannya ceper aja (CR-V, CX-5) masih lumayan terasa body rollnya dibanding ini.

Steering mobil sepertinya sudah EPS, cukup ringan namun masih ada feedback (dikit). Unsur fun-nya masih dapet lah. Untuk dibawa sehari-hari gak akan pegel sih. Comfort juga bisa dibilang sangat nyaman, yang bisa nyaingin di kelasnya cuma Koleos/Xtrail. Kenapa mobil bisa comfort tapi tetep fun? Ya balik lagi, posisi mesin boxer bisa bikin Subaru pasang suspensi yang empukan karena dikompromikan sama COG mobil yang rendah, jadi mobil tetep gak limbung berlebihan.

Minus yang lumayan mengganggu di rasa berkendara mobil ini satu aja : performance. Yaa mobil ini gak kerasa underpowered kok, klaim Subaru 0-100km/h masih 10 detikan. Tapi well mendengar kata Subaru Forester, yang terbayang sama saya jelas Forester gen 2,3, dan 4 yang 200-230an hp stock. Ini? 150an hp aja.

Buat harian ya nggak masalah, masih kerasa zippy di lampu merah dan macet. Cuma ya pas mode S sekalipun, gaspol larinya begitu2 aja hahaha. Ditambah lagi CVTnya Subaru meskipun sigap tapi karakter dengung CVTnya masih ada.

Nah sialnya, di seluruh dunia memang gak ada lagi Forester kencang. Mesin 2.5nya yang ada di Australia juga cuma 180an hp. Turbo? Ada sih di JDM tapi 1.8 turbo dan hanya 170an hp. Mungkin Subaru sadar tenaganya kegedean buat soccer mom hahaha.

Untuk X-Mode belum saya coba karena belum nyobain masuk offroad.

Driving : 9.5/10

Verdict

Seperti yang saya katakan di judul, mobil ini berada di kelas tersendiri. Well dia memang Medium SUV, tapi dia seperti different breed dengan lawan-lawannya. Katakanlah HPM dan Eurokars gemas terus masukin CR-V dan CX-5 AWD, so what? Orang yang beli Forester akan tetap beli Forester. Buat apa orang beli CR-V AWD tapi masuk lumpur nyangkut karena ceper, or beli CX-5 AWD tapi pelek dan interiornya kegores2.

Yang beli mobil ini jelas orang yang mengutamakan fungsionalitas di atas estetika (like me!), dan pasti sudah menghitung benefit yang akan didapat dari membeli Forester. Kalau orang cari kencang, servis (terutama ganti busi) gampang, dan gampang dimodif jelas akan beli CR-V. Tapi yang beli Forester jelas tau bahwa semua fitur akan kepake, terutama AWD dan safetynya.

Dan saya menemukan satu kelompok orang yang cocok sekali dengan Forester ini : teman-teman SMRT (SerayaMotor Road Trip)!

Kurang apa? Masuk jalur pramukanya om @F272 dijamin aman, main lumpur ayo, dibawa road trip lega dan nyaman, belum lagi unsur fun dan safety dari mobil ini.

Thanku untuk om @geofreyap dan om @haristk7 yang sudah menyediakan unit dengan cepat (gak sampe seminggu setelah launch hahaha)

Thank you all!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by pendoli »

Wow mantep nice review om 👏🏻
Buat bensin gmn om? Boros ga?
Trus kaca depan ga bole pake KF… panas ga tu? 😅
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by ChZ »

Sayang sih tipe XT 1.8 mesinnya defect parah sampai kasus gede di jepang. Makanya gak dijual di luar jepang.

2.0 nya peaky cm 150hp lagi hahahaha. Hrsnya kasih FA20DIT lama aja.

Rada flop, tapi subaru udh punya market sendiri sih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2181
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Jun 2022, 10:58 Sayang sih tipe XT 1.8 mesinnya defect parah sampai kasus gede di jepang. Makanya gak dijual di luar jepang.

2.0 nya peaky cm 150hp lagi hahahaha. Hrsnya kasih FA20DIT lama aja.

Rada flop, tapi subaru udh punya market sendiri sih.
keliatannya juga emang ud tau gak bakalan laku juga om, keliatannya emang pada nungguin XV, ini makannya keknya kalo menurut saya sengaja forester duluan biar buyer gak punya pilihan kalo XV dulu baru foreseter bisa2x lakunya cuma 1 digit :wkkk:
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by Greenhunter »

sherryandkez wrote: 01 Jun 2022, 02:00 Prolog

Screenshot 2022-06-01 014743.jpg
Lampu belakangnya sati bahasa dengan desain wuling confero. 🤣🤣😅😂🤣

Overall ini mobil bagus sih, anti mainstream. 👍👍👍👍👍
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by teppey »

orang indo parno sama boxer gara gara ganti busi ya :mky_03: mobil yg udah puluhan tahun aja belum tentu ganti busi :mky_07:
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by racho »

nice review om sherryandkez.

ane juga udah TD dan reviewnya kurleb sama: great handling, tapi kalo ada powah pasti jadi jaaaaaauh lebih fun..
and tentunya di tampilan. ini mobil blas gak photogenic, tapi kalo liat langsung baru keliatan gantengnya.
just like Subaru2 jaman then, termasuk piaraan ane di garasi: susah ambil angle foto yang ganteng.
teppey wrote: 01 Jun 2022, 12:47 orang indo parno sama boxer gara gara ganti busi ya :mky_03: mobil yg udah puluhan tahun aja belum tentu ganti busi :mky_07:
ini terus terang gue gemes dah bacanya. ini kan tak bukan mesin rx king.
subaru ane aja baru ganti busi setelah 12 taun... ngapain dipikirin coba... :mky_04:
toh kalo mau coba ganti sendiri liat youtube juga bisa, ga susah2 amat. i've prove it... :mky_03:

yaa, intinya dengan harga segitu sih buat penikmat utilitas dan nyari safety: it's reasonable.
dan sangat cocok buat mobil dinas oil company yang butuh tangguh, nyaman, tapi gak boleh ngebut.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by geofreyap »

Yeayyy :mky_02: :mky_02:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id

Info & pemesanan :
https://tiny.cc/SubaruIndonesia
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 01 Feb 2017, 20:13

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by Montero »

Buat design emang love it or hate it ya. Tapi saya sealiran sama om @sherryandkez, suka banget sama design nya :big_love: masih ada aura bahasa design subaru2 previous gen dan keliatan cocok buat dipake all terain roads.
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by teppey »

KF depan emang ga boleh sama sekali? bukan bagian EyeSight nya aja yg ga boleh, paling sebagian di atas kan?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3603
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by kunaskun »

emejing, kecanggihan member SM keliatan lagi disini. bener2 SM = online library mobil Indonesia. and good review om :big_smoking: :big_exellent: :big_grin:

Subaru beneran soccer mom car, kalau di indo: bukan buat om2 pake lampu2 & telolet di gerobak sayur ngebul di bahu jalan :ungg: :big_biglaugh: tapi yang santai menikmati hidup, ga pernah takut kepater di segala medan, di toll santai2 leyeh2 pake EyeSight, semacam mpv segala medan, literally :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3603
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by kunaskun »

teppey wrote: 02 Jun 2022, 11:34 KF depan emang ga boleh sama sekali? bukan bagian EyeSight nya aja yg ga boleh, paling sebagian di atas kan?
sebetulnya pernah baca2 semua camera based active safety security emang ga boleh sama sekali karena dikhawatirkan menghalangi kinerja camera. apalagi kalau pake KF bukan khusus depan.
kanjengromo
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Jan 2022, 21:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by kanjengromo »

Selamat Om @sherryandkez atas mobil barunya. Subaru mah buat orang yang bener2 ngerti mobil dan berselera
sherryandkez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: RM3 - M800 - AVV60

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by sherryandkez »

pendoli wrote: 01 Jun 2022, 04:00 Wow mantep nice review om 👏🏻
Buat bensin gmn om? Boros ga?
Trus kaca depan ga bole pake KF… panas ga tu? 😅
bensin sih selama saya pake irit ya dalam kota.. kalo kaca depan udah UV green glass seinget saya jadi gak panas2 amat lah ya haha.
ChZ wrote: 01 Jun 2022, 10:58 Sayang sih tipe XT 1.8 mesinnya defect parah sampai kasus gede di jepang. Makanya gak dijual di luar jepang.

2.0 nya peaky cm 150hp lagi hahahaha. Hrsnya kasih FA20DIT lama aja.

Rada flop, tapi subaru udh punya market sendiri sih.
itu mesin 1.8 defect apa om? flop sih gak ya, saya nongkrongin dealer 3 orang spk hahaha.
b0ku wrote: 01 Jun 2022, 11:08
ChZ wrote: 01 Jun 2022, 10:58 Sayang sih tipe XT 1.8 mesinnya defect parah sampai kasus gede di jepang. Makanya gak dijual di luar jepang.

2.0 nya peaky cm 150hp lagi hahahaha. Hrsnya kasih FA20DIT lama aja.

Rada flop, tapi subaru udh punya market sendiri sih.
keliatannya juga emang ud tau gak bakalan laku juga om, keliatannya emang pada nungguin XV, ini makannya keknya kalo menurut saya sengaja forester duluan biar buyer gak punya pilihan kalo XV dulu baru foreseter bisa2x lakunya cuma 1 digit :wkkk:
XV modelnya lebih selera semua orang om, temen saya yang ga sreg model hrv baru ada bbrp yang ancang2 ambil XV *colek om geof
Greenhunter wrote: 01 Jun 2022, 11:29
sherryandkez wrote: 01 Jun 2022, 02:00 Prolog

Screenshot 2022-06-01 014743.jpg
Lampu belakangnya sati bahasa dengan desain wuling confero. 🤣🤣😅😂🤣

Overall ini mobil bagus sih, anti mainstream. 👍👍👍👍👍
baru ngeh juga mirip nyalanya :big_biglaugh:
teppey wrote: 01 Jun 2022, 12:47 orang indo parno sama boxer gara gara ganti busi ya :mky_03: mobil yg udah puluhan tahun aja belum tentu ganti busi :mky_07:
lebih ke parno gak ada part sama bengkel sih om kyknya
racho wrote: 01 Jun 2022, 20:34 nice review om sherryandkez.

ane juga udah TD dan reviewnya kurleb sama: great handling, tapi kalo ada powah pasti jadi jaaaaaauh lebih fun..
and tentunya di tampilan. ini mobil blas gak photogenic, tapi kalo liat langsung baru keliatan gantengnya.
just like Subaru2 jaman then, termasuk piaraan ane di garasi: susah ambil angle foto yang ganteng.
teppey wrote: 01 Jun 2022, 12:47 orang indo parno sama boxer gara gara ganti busi ya :mky_03: mobil yg udah puluhan tahun aja belum tentu ganti busi :mky_07:
ini terus terang gue gemes dah bacanya. ini kan tak bukan mesin rx king.
subaru ane aja baru ganti busi setelah 12 taun... ngapain dipikirin coba... :mky_04:
toh kalo mau coba ganti sendiri liat youtube juga bisa, ga susah2 amat. i've prove it... :mky_03:

yaa, intinya dengan harga segitu sih buat penikmat utilitas dan nyari safety: it's reasonable.
dan sangat cocok buat mobil dinas oil company yang butuh tangguh, nyaman, tapi gak boleh ngebut.
Exiga sih cakep ya om dibanding ini juga.. low slung. bener juga cocok buat oil company/mining company ya, reliable, tangguh, tinggal plaza subaru aja mau kasi support ke daerah sitenya gak *colek om harist. dulu 1 company di palembang ada yg site carnya pake forester gen 2.
geofreyap wrote: 02 Jun 2022, 00:08 Yeayyy :mky_02: :mky_02:
makasih pinjemannya om, tinggal pinjemin lagi kalo launch lineup lain :big_grin:
Montero wrote: 02 Jun 2022, 08:03 Buat design emang love it or hate it ya. Tapi saya sealiran sama om @sherryandkez, suka banget sama design nya :big_love: masih ada aura bahasa design subaru2 previous gen dan keliatan cocok buat dipake all terain roads.
yess, mirip forester gen sebelumnya. saya sih lebih suka gen 4 nya hahaha, cakep bgtt n kenceng.
teppey wrote: 02 Jun 2022, 11:34 KF depan emang ga boleh sama sekali? bukan bagian EyeSight nya aja yg ga boleh, paling sebagian di atas kan?
coba tanya om geof deh, kata dia sih ga bisa seluruhnya. pasang sticker juga gak boleh sembarangan (setengah kaca ke bawah boleh)
kunaskun wrote: 02 Jun 2022, 11:56 emejing, kecanggihan member SM keliatan lagi disini. bener2 SM = online library mobil Indonesia. and good review om :big_smoking: :big_exellent: :big_grin:

Subaru beneran soccer mom car, kalau di indo: bukan buat om2 pake lampu2 & telolet di gerobak sayur ngebul di bahu jalan :ungg: :big_biglaugh: tapi yang santai menikmati hidup, ga pernah takut kepater di segala medan, di toll santai2 leyeh2 pake EyeSight, semacam mpv segala medan, literally :big_peace:
nah ini saya penasaran banget eyesightnya kayaknya akurat bgt di tol, markanya lebih keliatan kan.
kanjengromo wrote: 02 Jun 2022, 14:06 Selamat Om @sherryandkez atas mobil barunya. Subaru mah buat orang yang bener2 ngerti mobil dan berselera
bukan mobil saya om, kalo saya sekarang #teamhybrid dan #teamev :mky_02:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by ChZ »

sherryandkez wrote: 02 Jun 2022, 15:29 itu mesin 1.8 defect apa om? flop sih gak ya, saya nongkrongin dealer 3 orang spk hahaha.

Head gasketnya banyak yang rembes tuh. As early as 1 bulan. Dan masih ada jg faulty sensor di engine nya. Coba tanya si harist aja dia yg cerita malah :mky_03: atau gugel aja subaru CB18 problems.

Tp cuma 1.8 turbo 177ps tetep gak lbh gede dari XT lama wkwkwkkww.

Flopnya jelas ga bisa ngincer market besar. Belum previous owner dari 4th / 3th gen FXT jg liat specnya blm tentu mau upgrade (or downgrade? Hahahaha).

Ya itu, subaru cm mengandalkan fanbase nya aja yg untungnya udah established dan cukup solid. Mobil khusus buat yang ngerti ngerti aja.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3761
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by Pboyz97 »

nice review om. subaru ini memang cukup worth buat yg ngincer awd, fitur lengkap & desain interiornya yg lumayan cakep hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by teppey »

bensinnya perlu RON berapa om?
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by geofreyap »

teppey wrote: 03 Jun 2022, 08:14 bensinnya perlu RON berapa om?
RON95 minimal Om :big_smile]
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id

Info & pemesanan :
https://tiny.cc/SubaruIndonesia
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by teppey »

tinggi juga ya padahal NA
KSG88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by KSG88 »

Mungkin disetel sesuai RON aslinya (tidak diturunin) supaya tenaganya mantap, kencang dan irit. Lagipula pembeli mobil ini memang kalangan tertentu saja. Ini AWD semua kan, wajar bensin harus bagus.
jimmyprime
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Jul 2014, 02:38

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by jimmyprime »

nice review, sangat disayangkan era forester sti / forester turbo sudah berakhir di gen 5 ini, subaru lebih fokus ke mayoritas pasar yang kebutuhannya untuk family SUV.
Iandhay
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 22 Jun 2018, 21:21
Daily Vehicle: Juke

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by Iandhay »

Koreksi om, gen 4 forester XT itu bukan 230HP tetapi 240HP, sementara untuk USDM 250HP dan JDM 280HP (forester STI)
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by geofreyap »

Forester STi emang ga ada obat.
Layak banget untuk dipelihara + koleksi.
:big_love:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id

Info & pemesanan :
https://tiny.cc/SubaruIndonesia
sherryandkez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: RM3 - M800 - AVV60

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by sherryandkez »

Iandhay wrote: 06 Jun 2022, 14:04 Koreksi om, gen 4 forester XT itu bukan 230HP tetapi 240HP, sementara untuk USDM 250HP dan JDM 280HP (forester STI)
ah thanku om. Forester STI bikin pengen tp ga worth kalo impor bekas utuh dr japan haha
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own

Post by lamatlancah »

memang benar exteriornya bukan selera umum.
Post Reply