Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Ntabs om, ganti lampu jadi lebih terang ga?
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 849
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30ajimartin wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 567
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Karawangnya belah mana om?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.well wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 9:38om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30ajimartin wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Aman aman aja sih saya omwell wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 9:38om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30ajimartin wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Galuh mas om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1134
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Resing banget om ertiganya. Itu diceperin yah om? Pakai ukuran ban berapa? Ini mobil enak bgt dipakai, irit, senyap dan empuk dikelasnya, cuma joknya gampang kotor harus rajin bersihin
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Ceperin dikit om, velg R16 lebar 7 et40, ban 205x50.
Enak om apalagi kalo udah tambah peredam + custok 3 way, upgrade tenaga nya sedikit biar makin enak, di tahun keempat cover jok saya udah nyerah om buluk akhirnya diganti MBtech paten
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 849
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
oh, padahal mesinnya sama y?Pilatypus wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 10:06Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.well wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 9:38om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30ajimartin wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman
Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya
- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
di porting-polish, keiritannya tetap terjaga om?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?
Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 361
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Wih mantap pakenya oli kelas keraton, biasa ganti tiap berapa km om olinya?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Kopling ganti pake racing omevanbngdor wrote: ↑Fri Aug 26, 2022 7:43 Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?
Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Yg saya rasa sih ngga ada kendala di mesin, ada penguapan sedikit di km 7000an, saya biasa pakai 8-9rb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)
Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Betul om ada improve di mesin yg bertujuan untuk efisiensi bahan bakar cuma mengorbankan tenaga yg dipangkasblack2345 wrote: ↑Fri Aug 26, 2022 12:33Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)
Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
Yup bener pasangin roofbox otorack limitless cakep
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
nice review om. ertiga ini memang salah 1 lmpv favorit saya karena fiturnya yg cukup lengkap + salah 1 yg paling nyaman dikelasnya dan desainnya masih enak dilihat sampai sekarang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Wed Aug 19, 2020 3:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Honda suzuki
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Dlu smpet udh hampir spk type ini,tp apa daya blm ksanpean,mlah dpt nya yg allnew batch awal,kdang suka ngerasa mobil klo di pake keseringan setiap hari kyak ada rasa jd kurang enak,pas 2-3hari ga megang mobil,gliran nyetir lg jd terasa enak lg,apa bhasa teknikal nya ya perasaan kyak gtu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015
Iya kalau ga dipasang mending polosan. Satu lagi desain wheel spoke lebih suka subjektif yang awal elegan, mirip crown 90 atau Teana JM.