Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
sherryandkez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: RM3 - M800 - AVV60

Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by sherryandkez »

Prolog

Pas mobil ini baru preview (yang gak keliatan interiornya), saya skeptis bener sama rasa ini mobil. Kecil mungil gitu, ban cuma 12”, model kotak sempit tinggi juga. Modelnya sih lucu. Warna-warnanya apalagi hahaha. Tapi kalo buat beli gak dulu deh.

Lanjut ke GIIAS waktu launch, ternyata diliat asli lebih lucu lagi modelnya. Tapi pas masuk duar, baru berasa banget murahnya. Dan note kalau mobil ini gak murah2 amat, ya 300 juta dapet kutu kecil gini.

Oya birunya lucu banget ini, ijo juga demen banget tapi lagi gak ready.

Car : 2022 Wuling Air EV Long Range Galaxy Blue
Mileage : ~1800 km on going
Price : 300jt OTR Bandung
1130739.jpg
Exterior
1130732.jpg
Dari depan, mobil ini keliatan banget kecilnya. Lebarnya kecil, tinggi, proporsi dari depan mirip kei car JDM. Bedanya sama yang Standard Range, lampunya sudah proyektor, DRL, sama logo wulingnya nyala kalo malem. Standard Range keliatan murahan banget padahal harganya ya 250an juga.

Lampunya LED tapi agak redup rasanya. High beamnya malah terang betul. DRL nyalanya juga bagus ngga keputus2 kayak Veloz baru. Logo wuling nyala gak ngerti buat apa hahaha. Port charging di depan buat memudahkan rumah2 kecil yang cuma bisa parkir maju. Wiper belum frameless dan keliatan murahnya.
1130733.jpg
Sampingnya, mobil ini bener2 kecil banget. Temen2 yang liat aja gak ngira mobil ini bisa muat 4 orang dewasa. Gak sampe 3 meter kalo gak salah. Jendelanya juga gede banget. Bagus sih buat cegah claustrophobic. Oya mobil ini 2 tone, kalo dijadiin one tone (liat di ig) jadi agak berkurang lucunya.

Handle pintu model kaya HR-V, tapi rasanya agak ringkih. Kalo dideketin bawa kunci lampunya nyala, tapi buat unlock harus teken tombol di handle. Spion gede padahal mobilnya kecil (udah kena senggol hahaha).
1130740.jpg
Velg cuma 12 inci, ban merek juga gak pernah denger. Velgnya kaleng dikasih dop. Mau beli yang Standard Range juga velgnya sama, tapi kuncinya belum keyless. Oh ya kuncinya lucu kotak bunder gitu kaya ketupat.
1130734.jpg
Belakangnya ya bener2 roti tawar haha. Kaca belakang gede banget. Lampunya malah kecil, nyalanya juga agak redup menurut saya. Agak ngeri gak keliatan sama mobil2 gede di jalan. Yang di atas LED bar dikasih emblem wuling. Buka bagasinya juga disitu sama kamera parkirnya. Gak jelek sih, futuristis cuma kurang fungsional.

Overall, desainnya bagus, futuristis, lucu, tapi kurang fungsional dan agak kerasa murahan. Dari foto sih ngga keliatan detail2 yang bikin murahnya. Saran saya, ambil warna selucu mungkin biar menarik perhatian.

Score : 8/10

Interior
1130730.jpg
Saat masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya yang gede banget tapi ringan. Mudah pas masuk tapi ya agak kerasa murah karena ringan.

Doortrimnya beda di Long Range sama Standard Range, kalo Long Range dapet soft touch, Standard Range cuma plastik doang yang rasanya murah. Pinternya, dia pake warna putih di seluruh interior jadi gak keliatan murah kayak warna item glossy atau abu2 kayak Datsun. Sebenernya door trimnya tipis juga, dan tombol power window adanya di deket shifter.

Pas masuk, langsung kerasa posisi duduk yang tinggi banget, kayak nyetir Carry. Kayaknya sih gara2 baterenya di bawah, otomatis duduknya tinggi. Joknya juga tipis betul dan gak ada support kanan kiri. Material jok yang Long Range kulit sintetis ala Wuling, cuman sekarang udah gak bau kayak dulu. Standard Range dapet fabric yang rada kasar.
1130731.jpg
Enaknya pas masuk ke baris kedua, aksesnya keitung lega karena bukaan pintu dan tinggi mobil. Jok depannya juga enteng banget buat digeser.
Duduk di belakang surprisingly lega banget mengingat dimensinya gak sampe 3 meter. Ada temen 185cm masih muat dan gak merasa kesempitan banget. Saya 170cm masih lega. Sialnya, duduknya kaya di dingklik karena lantainya tinggi dan dudukan joknya rendah. Tapi buat jalan deket2 atau agak jauh dikit masih acceptable. Headroom? Lega banget sih haha.

Nah bagasinya yang dikorbankan buat 2nd row. Kalo 2nd row tegak semua, bagasinya cuma muat ransel 3 biji, mirip2 Brio lama atau Go+. Kalo dilipet 2nd row juga gak rata lantai sih. Kalo 2nd row dicopot lucu juga buat mobil anter2 barang.

Dasbornya juga beda antara Standard Range dan Long Range. Yang Long Range ada soft touchnya di bagian penumpang depan. Layarnya juga gede betul dari kanan ke tengah di varian Long Range. Yang Standard Range cuma speedo aja.

Dasbornya gak jelek sebenernya, lucu modelnya, tapi gak praktis. Cupholder ada di kanan-kiri, tapi gak ada glovebox. Cuma ada laci kecil di tempat glovebox biasanya. Udah gitu bagian itu ringkih bener, waktu itu sempet ketendang udah copot klipnya. Tinggal pasang lagi sih tapi ya sewot masa ringkih amat. Shifter di tengah lucu dan gampang dipake.

Audionya lengkap, ada android auto, apple carplay, tapi semuanya masih pake kabel. Suaranya sih standar banget kalo gak bisa dibilang jelek. Cuma yang patut diapresiasi, penangkapan sinyal radionya bagus banget. Setirnya udah kulit di Long Range, tapi gak enak posisinya dan tombolnya ngebingungin.

Overall, interiornya mirip kayak luarnya. Modelnya bagus, lucu, tapi keliatan murahannya kalo udah dipake beneran. Mungkin kalo cuma duduk di pameran gak kerasa. Yang harus appreciated banget sih leganya, gila aja mobil gak sampe 3 meter 4 orang dewasa bisa duduk nyaman. Ya tapi gak bisa bawa apa2 abis itu haha.

Interior : 8/10

Driving
1130735.jpg
Ini mobil tadinya saya bener2 skeptis bakal enak. Ya gimana, impresi awalnya gak meyakinkan banget. Body tinggi kecil, ban R12, mereknya juga masih kurang yakin :ungg: .

Masuk D, release EPB, jalan. Ini mobil enak juga, gak ada suara (ya iyalah namanya juga EV). Di dalam kota, langsung kerasa gimana ini mobil sebenernya. 2 kata, not bad! Saya kira ini mobil bakal terombang ambing gak jelas suspensinya, mental mentul gitulah. Ternyata sama sekali gak terjadi. Masuk lubang mobil ini masih lebih enak dari Myvi saya. Buat mobil kecil itungannya udah enak betul :mky_02: .

Minusnya di dalam kota, mobil ini gak sekecil yang dibayangkan. Tetep sama aja selap selipnya kayak bawa Brio atau Agya. Saya berapa kali masuk jalan kecil gak ngerasa enakan bawa ini dibanding city car normal. Even mobil ini gak masuk di regulasi Kei Car JDM.

Soal peredaman, mobil ini juga gak bisa dibilang jelek. Dibanding Brio baru menurut saya agak lebih senyap dikit. Ya maybe ini placebo effect karena mobilnya juga gak ada suaranya. Yang berisik di mobil ini cuma bannya, berisik banget mana mereknya gak jelas juga.

Di tol, surprisingly juga mobil ini nempel ke jalan. Ini seriusan, saya kira juga awalnya bakal melayang di jalan tol. Ternyata dibanding Datsun masih jauh lebih enak ini. Dibanding Agya/Wagon R juga lumayanlah, masih enakan ini dikit. Sama Brio/Calya sih mirip2 tapi handling far better Brio.

Saya jadi malu padahal dulu sempet ngetawain orang bawa mobil kutu ini di tol hahaha :mky_01:

Usut punya usut, ini gara2 baterenya ada di bawah, otomatis center of gravitynya rendah meski bodynya tinggi. Ini juga bikin set suspensinya gak harus keras buat ngurangin limbung dari body tingginya.

Performanya juga gak malu2in lah. Di mode eco mentok di 80, normal 100, dan sport 125. Itu di 125 masih safe sih rasanya. Kalo di sport, mobil ini rasanya narik banget tapi ya mentok di 125. Pokoknya jangan pernah pake mode eco di tol kalo gak mau diklakson orang hahaha, lemot banget.

Yang paling jelek dari nyetir mobil ini : ergonominya.

Ini mobil bener2 gak ergonomis. Setir masih bisa tilt, tapi kombinasi jok tipis+keras+setir tanpa telescopic+tiltnya pelit bener2 bikin pegel. Mana posisi pedalnya juga ikutan gak ergonomis. Saya pernah nyetir agak lama sekitar 2 jam macet2 lumayan pegel badan.
Baiknya buat dalem kota aja kalo gak mau pegel2.

Driving : 8.5/10

Bonus : Owning one

Btw, ini mobil bukan punya saya, saya kebagian bawa aja dan ngeriset ini mobil. Kalo suruh beli sih gak mau. Buat pajaknya, mobil ini pajaknya cuma 320 ribu perak. Ya bener, gak salah baca. Kaya pajak motor hahaha.

Gimana konsumsi listriknya? Oh well, sebenernya mobil ini cuma irit di dalam kota. Di dalam kota, saya bisa dapet angka 20km/kWh kondisi stop n go. Irit banget kan? Saya malah pernah dari Suci ke Cimahi (orang bdg ngerti lah pasti) 10% batere masih cukup.

Nah masalahnya, kalo di tol, kita susah pake mode eco karena lemot. Otomatis harus masuk mode sport dan injek gas dalem. Jadinya konsumsi listriknya 7km/kWh di rute tol. Boros? Iya lumayan buat mobil sekecil ini. That’s why saya belum berani bawa ini wuling ke Jakarta, karena bdg-jkt itu 140km dan kalo konsumsi listriknya dikali kapasitas batere, rangenya cuma 189 km di rute tol. Serem.

Di rute kombinasi tol-dalkot, saya dapet angka 11km/kWh. Not bad lah.

Mobil ini bisa ngecharge di rumah yang dayanya cuma 2200 W. Total biaya dari kosong sampe full 40 ribuan saja. Biaya per km kalo pakenya di dalam kota hanya 72 perak saja per km. Bandingin sama Lexus saya yang udah hybrid, itu aja masih 860 perak per km. Oya kalo beli yang std range gak bisa fast charging. Kemaren bulan oktober masih free wall chargernya, sekarang bayar 16jt.

Pengalaman pake mobil ini, diliatin banyak orang sampe ditanya2in di parkiran (dikata saya salesnya). Udah gitu warnanya nyolok banget lagi. Spion mobil udah baret dihajar apansa di jalan kecil, dikira mobil saya kecil banget sampe bisa mepet2.

Pembeli mobil ini hampir semuanya (maaf gak bs sebut angka, confidential) itu kaum menengah ke atas, yang mobilnya gak cuma ini. Dan hebatnya, hampir semuanya juga beli yang Long Range, hampir gak ada yang beli std range. Dari sedikit kalangan menengah ke bawah yang beli Air EV ini, mereka juga gak beli yang std range. Mereka tetep beli yang Long Range tapi dikredit.

Ada beberapa konsumen yang punya Air EV ini sebagai mobil satu2nya, itu jadi subjek riset pasarnya Wuling. Jadi kalo disini ada yang begitu, siap2 dikontak Wuling :big_grin: .

Verdict

Mobil ini cocok buat siapa?

Kalau Anda mikir buat beli ini jadi mobil satu2nya, its a big no.

Kalau Anda cuma butuh buat pake di dalam kota, anter anak sekolah, go for it. Biaya operasionalnya murah, mobilnya lucu, lega, anak seneng, belanjaan muat banyak. Belum lagi bini seneng karena mobilnya mencolok pas dipake arisan :big_grin: .

Syaratnya, Anda punya mobil satu lagi buat jalan2 sama keluarga. Dan mobilnya mesti yang jauh lebih nyaman dari Air EV.

All in all, mobil ini cocok banget buat Anda yang nyari mobil kedua buat daily2 lucu.

Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by the-mantal »

Wiii ada yg review.
Btw om... Ga salah ya pintunya ringan? Saya pernah lihat unit nya di mal n coba buka / tutup pintu nya itu berat lho (kl dibandingin avanz/ xenia)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

Perasaan sotoy saya mungkin 95% yg beli ni mobil ga mungkin cuman punya 1 mobil di garasi. Yg beli saya rasa kebanyakan yg mau nyicip punya EV tp blm mau beli ioniq 5. Jd ga bisa dibilang mending brio atau ayla atau elcegece lain yg kebanyakan jadi first and only car di garasi :mky_03:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: 09 Nov 2022, 19:43 Perasaan sotoy saya mungkin 95% yg beli ni mobil ga mungkin cuman punya 1 mobil di garasi. Yg beli saya rasa kebanyakan yg mau nyicip punya EV tp blm mau beli ioniq 5. Jd ga bisa dibilang mending brio atau ayla atau elcegece lain yg kebanyakan jadi first and only car di garasi :mky_03:
Kayaknya begitu, tetangga saya garasinya ada A4, tapi ngalor-ngidulnya ya pakai Air EV…. Bener ni mobil memang harus beli yg warna jreng, sekalian pasang decal Genshin, Hello Kitty… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by epinjose »

Sebetulnya lumayan enak loh ini mobil buat commuting, diluar duduk nya yang keras, dan ac yang panas di siang bolong.

Cukup antep dan buat mobil ev mini, lumayan gak berisik lah roadnoise nya. mungkin sama brio setrika saya dulu, ini lebih kedap dan lebih empuk sedikit.

yang bikin senyum buat ngambil jalur di tol atau just for fun gas pol di lampu ijo / bayar tol..
kalo ada orang yang lagi jalan tanggung (entah lagi henponan/ bengong / emang intended liat mobil ini), tinggal gaspol aja dijamin bisa motong.. haha

rute ngantor Jakbar-thamrin-Jakbar kira2 abis 10%, dan somehow, malam yang notabene lebih macet, konsumsi nya cuma 4%.. pagi hari yang agak lancar malah 6-7%
alexand
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by alexand »

mungkin next generation air EV yg khusus di develop untuk market indonesia bisa jauh lebih baik

kalo sekarang sih marketnya horang kaya yg pengen lucu2an aja, 300jeteng buat mobil kutu........

kalo di liat bentuknya ini cocoknya buat mahmud nganter anak ke sekolah & belanja ke pasar
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 910
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bulgogi »

Saya malah ngerasa mobil ini kaya grandmax.. :big_slap: posisi nyetir gak ada enaknya, bantingan keras hajar lubang dikit langsung gubrak gubrak :off_no:

Tapi iritnya luar biasa sih, sunmori muter" bintaro dr jam 5 pagi sampe jam 9 pagi cm abis 4% lancar sih dan mode eco juga tapi ya segitu udah luar biasa irit..

Oh ya saya ngga beli kok, cuma pinjem punya temen seminggu aja. Dan saya setuju dgn TS, kalo beli ngga dulu deh.. kaya bukan mobil :big_dunno:
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by vhar7 »

Saya sempet test drive kapan hari. Memang bener posisi duduk yg terlalu tinggi dan setir yg tidak bisa telescopic buat duduk nya ga enak.

Ada 1 lagi yg mengganggu, kompresor AC ketika nyala bunyi nya kok keras sekali ya NGUNGGGGG... Sampe EV yg harusnya silent jadi ngga kerasa silent. Apa ada yg ngalami hal yg sama kompresor AC bunyi nya keras di sini?
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

vhar7 wrote: 10 Nov 2022, 07:22 Saya sempet test drive kapan hari. Memang bener posisi duduk yg terlalu tinggi dan setir yg tidak bisa telescopic buat duduk nya ga enak.

Ada 1 lagi yg mengganggu, kompresor AC ketika nyala bunyi nya kok keras sekali ya NGUNGGGGG... Sampe EV yg harusnya silent jadi ngga kerasa silent. Apa ada yg ngalami hal yg sama kompresor AC bunyi nya keras di sini?
Oh iya saya waktu TD jg denger kompresor acnya berisik. Emsng seperti itu kayanya om.
Bibieight wrote: 09 Nov 2022, 20:01
kendibocor wrote: 09 Nov 2022, 19:43 Perasaan sotoy saya mungkin 95% yg beli ni mobil ga mungkin cuman punya 1 mobil di garasi. Yg beli saya rasa kebanyakan yg mau nyicip punya EV tp blm mau beli ioniq 5. Jd ga bisa dibilang mending brio atau ayla atau elcegece lain yg kebanyakan jadi first and only car di garasi :mky_03:
Kayaknya begitu, tetangga saya garasinya ada A4, tapi ngalor-ngidulnya ya pakai Air EV…. Bener ni mobil memang harus beli yg warna jreng, sekalian pasang decal Genshin, Hello Kitty… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Waktu awal2 soft launch sempet tertarik om, tp begitu tau harganya 300 ya bye2 deh. Sempet pgn warna pink, biar sekalian unyu2 :big_biglaugh:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1205
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by benzz89 »

Kompresor AC wuling atau extra fannya itu berisik sih emang, adik ane pake almaz jg begitu, keknya seluruh line up nya sama kali yah.

Btw kompresor AC almaz adik ane jebol... ya betul jebol & ganti utuh 1 assy berikut ama pipa2nya, KM baru 40 ribuan, umur 2,5 taon, untungnya masih garansi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

ini mobil tuh selling pointnya sebenernya emang lebih ke faktor "lucu" aja sih.

terlalu tidak praktis untuk jadi basic transport krn harganya 2x LCGC dengan build quality kelas LCGC dan ergonomi jok ala mobil angkot.

power hanya 40hp dengan price point sama skrg honda WR-V powernya 3x lipat :mky_03: dapet LMPV yang bisa muat 2x lebih banyak dan build quality lebih baik

any people in the right mind gak bakal beli mobil ini buat satu-satunya mobil, cuma mobil buat lucu-lucuan aja. macem mini cooper, mahal keras berisik dan interior gak mewah tapi karena lucu jadi dibeli. bedanya mini cooper bisa stretch ke market lebih gede karena ada versi regular dan versi kencang beneran (cooper S, cooper S JCW)

dan oh ya untuk spirited driving liat bannya gak jelas gitu kayaknya jangan :mky_03:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 10:17 ini mobil tuh selling pointnya sebenernya emang lebih ke faktor "lucu" aja sih.

terlalu tidak praktis untuk jadi basic transport krn harganya 2x LCGC dengan build quality kelas LCGC dan ergonomi jok ala mobil angkot.

power hanya 40hp dengan price point sama skrg honda WR-V powernya 3x lipat :mky_03: dapet LMPV yang bisa muat 2x lebih banyak dan build quality lebih baik

any people in the right mind gak bakal beli mobil ini buat satu-satunya mobil, cuma mobil buat lucu-lucuan aja. macem mini cooper, mahal keras berisik dan interior gak mewah tapi karena lucu jadi dibeli. bedanya mini cooper bisa stretch ke market lebih gede karena ada versi regular dan versi kencang beneran (cooper S, cooper S JCW)

dan oh ya untuk spirited driving liat bannya gak jelas gitu kayaknya jangan :mky_03:
Bener mbah. Kalo nganggap ini "mobil" kayanya emang keliatannya jd mahal dan banyak opsi lebih baik mbah. Kalo anggapnya ini hanya sekedar "mainan" bwat lucu2an baru deh masuk akal. Kalo ferrari, lambo dll sering disebut big boy's toy. Ini little boy's toy kali ya :ngacir:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 10 Nov 2022, 11:01
Bener mbah. Kalo nganggap ini "mobil" kayanya emang keliatannya jd mahal dan banyak opsi lebih baik mbah. Kalo anggapnya ini hanya sekedar "mainan" bwat lucu2an baru deh masuk akal. Kalo ferrari, lambo dll sering disebut big boy's toy. Ini little boy's toy kali ya :ngacir:
rich nonik2 toys ini mah :mky_03: call me [cencored] tp liat cowok apalagi kalo badannya gede pake mobil ini apalagi warna pink tuh berasa level testosterone berkurang 80% :mky_03: kayak richard hammond waktu bawa march cabrio mukanya ditutup kerdus gegara malu :mky_03:

klo cowok mau pake ini minimal pelk dinaikin biar gak cupu2 amat dan belinya warna putih :mky_03: itupun msh lebih keren bawa honda brio braktaktaktak gak sih
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bensinsolar »

3 hari lalu coba bawa mobil temen keliling komplek yg long range. Mirip bawa golf cart tp bantingannya lumayan.
Ergonomic rubbish, interior hard plastic cm ada softpad di bagian penumpang. Nutup pintu ga solid rada cempreng. Di gas ya gitu aja akselerasinya sensasinya beda jauh ama gasoline car ini serasa soulless. Bunyi ngungg apaan ni spt golf cart tp lbh kenceng bunyinya. Lagi berhenti, keluar mobil kedengeran banget bunyi fannya serasa mobil pake mesin. Beda sama Corolla Cross itu kalau EV mode bener2 silent dari luar. Kalau semua mobil listrik seperti ini ya cocok sama tiktok generation yg attention spannya cuma 60 detik :big_childish:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 10:17 ini mobil tuh selling pointnya sebenernya emang lebih ke faktor "lucu" aja sih.

terlalu tidak praktis untuk jadi basic transport krn harganya 2x LCGC dengan build quality kelas LCGC dan ergonomi jok ala mobil angkot.

power hanya 40hp dengan price point sama skrg honda WR-V powernya 3x lipat :mky_03: dapet LMPV yang bisa muat 2x lebih banyak dan build quality lebih baik

any people in the right mind gak bakal beli mobil ini buat satu-satunya mobil, cuma mobil buat lucu-lucuan aja. macem mini cooper, mahal keras berisik dan interior gak mewah tapi karena lucu jadi dibeli. bedanya mini cooper bisa stretch ke market lebih gede karena ada versi regular dan versi kencang beneran (cooper S, cooper S JCW)

dan oh ya untuk spirited driving liat bannya gak jelas gitu kayaknya jangan :mky_03:
Jgn bandingin ama Mini Cooper S, kenceng itu mobil, handlingnya juga yahud. Kejar2an ama Mercy & Altis semua dilibas pas tikungan, terus sengaja melambat bwt nungguin, pas ud deket gas pol sampe ga keliatan lagi... :mky_01:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 11:06
kendibocor wrote: 10 Nov 2022, 11:01
Bener mbah. Kalo nganggap ini "mobil" kayanya emang keliatannya jd mahal dan banyak opsi lebih baik mbah. Kalo anggapnya ini hanya sekedar "mainan" bwat lucu2an baru deh masuk akal. Kalo ferrari, lambo dll sering disebut big boy's toy. Ini little boy's toy kali ya :ngacir:
rich nonik2 toys ini mah :mky_03: call me [cencored] tp liat cowok apalagi kalo badannya gede pake mobil ini apalagi warna pink tuh berasa level testosterone berkurang 80% :mky_03: kayak richard hammond waktu bawa march cabrio mukanya ditutup kerdus gegara malu :mky_03:

klo cowok mau pake ini minimal pelk dinaikin biar gak cupu2 amat dan belinya warna putih :mky_03: itupun msh lebih keren bawa honda brio braktaktaktak gak sih
Oh iya bener mbah jd rich nonik toys jg :big_biglaugh:

Btw, yg pink unyu loh mbah, sekalian kalo mau jadi center of attention jgn tanggung2. Kalo perlu pake baju pink jg :ngacir:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

liat mobil ini bikin datsun go kaleng rombeng keliatan menarik :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: 10 Nov 2022, 12:11 3 hari lalu coba bawa mobil temen keliling komplek yg long range. Mirip bawa golf cart tp bantingannya lumayan.
Ergonomic rubbish, interior hard plastic cm ada softpad di bagian penumpang. Nutup pintu ga solid rada cempreng. Di gas ya gitu aja akselerasinya sensasinya beda jauh ama gasoline car ini serasa soulless. Bunyi ngungg apaan ni spt golf cart tp lbh kenceng bunyinya. Lagi berhenti, keluar mobil kedengeran banget bunyi fannya serasa mobil pake mesin. Beda sama Corolla Cross itu kalau EV mode bener2 silent dari luar. Kalau semua mobil listrik seperti ini ya cocok sama tiktok generation yg attention spannya cuma 60 detik :big_childish:
makanya om kalo ini bukan mainan mahal lalu apa yah sebutannya, 300jt motor cuma 40hp is a joke sih dibanding modern ICEs :big_bored: no logical sense nya beli nih mobil kecuali buat mainan.

banyak yang bermasalah loh nih mobil ternyata ane ditunjukin temen di grup pengguna nya :big_biglaugh:
bensinsolar wrote: 10 Nov 2022, 12:14
Jgn bandingin ama Mini Cooper S, kenceng itu mobil, handlingnya juga yahud. Kejar2an ama Mercy & Altis semua dilibas pas tikungan, terus sengaja melambat bwt nungguin, pas ud deket gas pol sampe ga keliatan lagi... :mky_01:
wkwkwk iya om klo ciwi ciwi kan suka cooper soalnya lucu jauh lah mobil ini sama cooper apalagi cooper S. kasta tertinggi di level mobil "lucu" itu.

giliran bokapnya beliin tipe cooper S krn males nanggung beli cooper 1.5, dipake bentar males pake, udah keras berisik :big_biglaugh: secara tampilan kan S ama non S beda tipis,

kecuali emang beli JCW GP dah ga kliatan lucu lucunya lagi mana warnanya british resing green :mky_03:
kendibocor wrote: 10 Nov 2022, 12:18
Oh iya bener mbah jd rich nonik toys jg :big_biglaugh:

Btw, yg pink unyu loh mbah, sekalian kalo mau jadi center of attention jgn tanggung2. Kalo perlu pake baju pink jg :ngacir:
unit td di deler deket ane juga warna pink :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1858
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 13:45 bandingin ama Mini Cooper S, kenceng itu mobil, handlingnya juga
giliran bokapnya beliin tipe cooper S krn males nanggung beli cooper 1.5, dipake bentar males pake, udah keras berisik :big_biglaugh: secara tampilan kan S ama non S beda tipis,

kecuali emang beli JCW GP dah ga kliatan lucu lucunya lagi mana warnanya british resing green :mky_03:
Cooper JCW…. Ntuh engine B48 di peres to the max sama bmw… tapi masih dilibas jg sama golf R :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 10 Nov 2022, 14:13
Cooper JCW…. Ntuh engine B48 di peres to the max sama bmw… tapi masih dilibas jg sama golf R :drinking:
straightline performance mah jgn dilawan AWDnya golep er... wkwkwkwkw. 0-100 4 detik, audi RS3 malah udah 3 koma.

track time nya kenceng yang mana yah soalnya JCW GP nih enteng bgt.
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 13:45
makanya om kalo ini bukan mainan mahal lalu apa yah sebutannya, 300jt motor cuma 40hp is a joke sih dibanding modern ICEs :big_bored: no logical sense nya beli nih mobil kecuali buat mainan.

banyak yang bermasalah loh nih mobil ternyata ane ditunjukin temen di grup pengguna nya :big_biglaugh:

calon almaz hybrid lebih parah nih bau2xnya :mky_03:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by nyotsaeba »

Wkwkwk itu toyota bz4x diatas 1,1m harganya, fwd pulak.

Terus ngarepin pada beralih ke EV? Ngimpii
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

b0ku wrote: 10 Nov 2022, 14:21
calon almaz hybrid lebih parah nih bau2xnya :mky_03:
terus nanti hybrid konsumsi bensin cuma 1:8 atau batre udah ngedrop di 6 bulan pemakaian :mky_03:
nyotsaeba wrote: 10 Nov 2022, 14:26 Wkwkwk itu toyota bz4x diatas 1,1m harganya, fwd pulak.

Terus ngarepin pada beralih ke EV? Ngimpii
jualan sebuah toyota 1.1M di saat bisa dapet lexus NX300 dengan price point sama :mky_03:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: 10 Nov 2022, 14:26 Wkwkwk itu toyota bz4x diatas 1,1m harganya, fwd pulak.

Terus ngarepin pada beralih ke EV? Ngimpii
bezek mah proyek gak niat yang bikin aja si subaru toyota itu kek ud tau bakalan jadi apa mereka maen 2 kaki lagian mereka invest di batrepun ntar kalo mubazir tinggal lanjut jualan hybrid malah yang ada hybrid mereka makin canggih ini kalo skenario basinya tetep combustion + minyak bumi kalo ujung2xnya pake e fuel mah siap2x aja tuh batre nasibnya kek mobil diesel kelas mobil biasa atau e fuel pun bakalan mahal ujung2xnya hybrid bakalan tetep laku kek sekarang :mky_03:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 14:30
terus nanti hybrid konsumsi bensin cuma 1:8 atau batre udah ngedrop di 6 bulan pemakaian :mky_03:
karena mobilnya complicated takutnya malah rontok yang laen juga :big_biglaugh:

yang mustinya spartan aja rewel ini yang bisa di bilang canggih almaz hybrid loh banyak komponennya

kalo air ev mah paling motor batre inverter sama software :mky_03: motornya aja paling kek motor caddy golf
Post Reply