Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
User avatar
XMTdeluxe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by XMTdeluxe »

sherryandkez wrote: 09 Nov 2022, 18:28 Prolog
..................................

Gimana konsumsi listriknya? Oh well, sebenernya mobil ini cuma irit di dalam kota. Di dalam kota, saya bisa dapet angka 20km/kWh kondisi stop n go. Irit banget kan? Saya malah pernah dari Suci ke Cimahi (orang bdg ngerti lah pasti) 10% batere masih cukup.

.................................

Mobil ini cocok buat siapa?

Kalau Anda mikir buat beli ini jadi mobil satu2nya, its a big no.

Kalau Anda cuma butuh buat pake di dalam kota, anter anak sekolah, go for it. Biaya operasionalnya murah, mobilnya lucu, lega, anak seneng, belanjaan muat banyak. Belum lagi bini seneng karena mobilnya mencolok pas dipake arisan :big_grin: .

Syaratnya, Anda punya mobil satu lagi buat jalan2 sama keluarga. Dan mobilnya mesti yang jauh lebih nyaman dari Air EV.

All in all, mobil ini cocok banget buat Anda yang nyari mobil kedua buat daily2 lucu.

Thank you!
Yang dibold eta mah irit pisan Om. 10% utk PP apa sekali jalan? Pas jam pulang kantor itu Om? Lewat jalur sudirman?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

b0ku wrote: 10 Nov 2022, 14:31
bezek mah proyek gak niat yang bikin aja si subaru toyota itu kek ud tau bakalan jadi apa mereka maen 2 kaki lagian mereka invest di batrepun ntar kalo mubazir tinggal lanjut jualan hybrid malah yang ada hybrid mereka makin canggih ini kalo skenario basinya tetep combustion + minyak bumi kalo ujung2xnya pake e fuel mah siap2x aja tuh batre nasibnya kek mobil diesel kelas mobil biasa atau e fuel pun bakalan mahal ujung2xnya hybrid bakalan tetep laku kek sekarang :mky_03:
toyota pinter sih gak cuma betting ke 1 teknologi aja.

blom sebenernya jepang jg masih berharap sama hydrogen. toyota kan jg experimenting hydrogen fuel :mky_03:

ada alesannya sih kenapa toyota ngotot bgt kembangin hydrogen


b0ku wrote: 10 Nov 2022, 14:36
karena mobilnya complicated takutnya malah rontok yang laen juga :big_biglaugh:

yang mustinya spartan aja rewel ini yang bisa di bilang canggih almaz hybrid loh banyak komponennya

kalo air ev mah paling motor batre inverter sama software :mky_03: motornya aja paling kek motor caddy golf
it's a chinese car pasti ada aja nanti :mky_03: gw ditunjukin mo ngakak mobcin2 defectnya konyol2 semua ternyata blom sembuh dari dulu :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 13:45
bensinsolar wrote: 10 Nov 2022, 12:14
Jgn bandingin ama Mini Cooper S, kenceng itu mobil, handlingnya juga yahud. Kejar2an ama Mercy & Altis semua dilibas pas tikungan, terus sengaja melambat bwt nungguin, pas ud deket gas pol sampe ga keliatan lagi... :mky_01:
wkwkwk iya om klo ciwi ciwi kan suka cooper soalnya lucu jauh lah mobil ini sama cooper apalagi cooper S. kasta tertinggi di level mobil "lucu" itu.

giliran bokapnya beliin tipe cooper S krn males nanggung beli cooper 1.5, dipake bentar males pake, udah keras berisik :big_biglaugh: secara tampilan kan S ama non S beda tipis,

kecuali emang beli JCW GP dah ga kliatan lucu lucunya lagi mana warnanya british resing green :mky_03:
OOT sdikit

lucu iya, gengsi nambah um :big_biglaugh:

dah gitu bensin mesti pertabo/VPN+, ya minimal VP um, kecil" tapi nyolot minta bensinnya. untung kenceng

jadi inget temen nyokap oe punya anak

baru kuliah belom lama ud dikasih F56 S

nyokapnya skrg ngeluh soal bayarin bensin anaknya, mahalll. apa" mesti 95-98 :big_biglaugh:

saban hari nyokap oe bawa tuh masda 2, liat HU fuel consnya 1:21. jadi mikir :big_biglaugh:

skrg nyokapnya pengen anaknya ganti econobox biasa biar lebi irit

anaknya ngambek skrg :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

nyotsaeba wrote: 10 Nov 2022, 14:26 Wkwkwk itu toyota bz4x diatas 1,1m harganya, fwd pulak.

Terus ngarepin pada beralih ke EV? Ngimpii
gila

kirain bakal mepet ioniq 5 di 900

hard sale lah ini

tunggu CKD aja, no need to rush
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

b0ku wrote: 10 Nov 2022, 14:31
nyotsaeba wrote: 10 Nov 2022, 14:26 Wkwkwk itu toyota bz4x diatas 1,1m harganya, fwd pulak.

Terus ngarepin pada beralih ke EV? Ngimpii
bezek mah proyek gak niat yang bikin aja si subaru toyota itu kek ud tau bakalan jadi apa mereka maen 2 kaki lagian mereka invest di batrepun ntar kalo mubazir tinggal lanjut jualan hybrid malah yang ada hybrid mereka makin canggih ini kalo skenario basinya tetep combustion + minyak bumi kalo ujung2xnya pake e fuel mah siap2x aja tuh batre nasibnya kek mobil diesel kelas mobil biasa atau e fuel pun bakalan mahal ujung2xnya hybrid bakalan tetep laku kek sekarang :mky_03:
bezek itu proyek buat ladenin pemerintah yg kyk nak kecil rengek minta EV

makanya ya lumayan half assed effortnya

ni prius baru ud mau loncing, kyknya bakal jadi showcase hybrid mrk

pure ev range ama um akio di target 100km

Image
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

kendibocor wrote: 09 Nov 2022, 19:43 Perasaan sotoy saya mungkin 95% yg beli ni mobil ga mungkin cuman punya 1 mobil di garasi. Yg beli saya rasa kebanyakan yg mau nyicip punya EV tp blm mau beli ioniq 5. Jd ga bisa dibilang mending brio atau ayla atau elcegece lain yg kebanyakan jadi first and only car di garasi :mky_03:
bukan sotoy, tapi emg bener

oe ud nemu bbrp rumah di jkt yg ada wuling ev

atleast ada 2-3 mobil lagi

dan biasanya yg disebelahnya itu...............


ribon disel :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

itu drivetrainnya lumayan efisien yah

11km/kwh itu irit buat EV

ya tapi mobilnya kecil jg sih :big_biglaugh:
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

darrelund wrote: 10 Nov 2022, 15:52 itu drivetrainnya lumayan efisien yah

11km/kwh itu irit buat EV

ya tapi mobilnya kecil jg sih :big_biglaugh:
Kalo ukuran EV ndak irit2 banget, pernah pake Ioniq Classic 3 hari bisa dapet 1:9 - 1:10… Ini mobil bener lho ya, bukan mobil-mobilan…..
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: 29 Dec 2017, 11:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by arsaerescool »

Lebih tepatnya seperti mainan mahal tapi kebetulan berbentuk mobil yang legal dikendarai di jalan
Tertarik untuk mencoba, meminjam, mengendarai
Tapi kalau beli sendiri sih belum ya hehehe

Menurut SM-ers harga sewajarnya berapa nih untuk W EV ini?
Kalo menurut saya buka di bawah 140jt
Karena selevel harga dengan entry level city car
User avatar
XMTdeluxe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by XMTdeluxe »

arsaerescool wrote: 10 Nov 2022, 17:20 Lebih tepatnya seperti mainan mahal tapi kebetulan berbentuk mobil yang legal dikendarai di jalan
Tertarik untuk mencoba, meminjam, mengendarai
Tapi kalau beli sendiri sih belum ya hehehe

Menurut SM-ers harga sewajarnya berapa nih untuk W EV ini?
Kalo menurut saya buka di bawah 140jt
Karena selevel harga dengan entry level city car
Pricing 300 jt menurut saya ini bisa jadi ke psychologist Om. Utk saat ini, mobil listrik yg lebih murah dan bisa dibilang "proper", blm ada lagi. Mumpung segmennya masih niche, jual segitu dan terbukti laku. Bisa jadi kalau terlalu murah, justru orang ogah. Kadang2 consumer behavior ini aneh dan lucu, unik.
Statement om TS menarik, mayoritas konsumen Wuling air EV ini menengah atas, yang kalau pakai mobil ini berharap org patah leher, minimal penasaran lah. Padahal org yg beli confero kadang dianggap lebih "tidak mampu" daripada yg beli LCGC :big_biglaugh: Padahal sama2 wuling kan? User Almaz aja kadang dianggap : "karena ga sanggup beli CRV aja itu..."
Itulah ajaibnya market. Untuk strategi kali ini dan khusus kasus Wuling Air EV ini, strategi mereka bisa dibilang berhasil. Sampai skrg saya belum ketemu pendapat yg bilang org beli Wuling Air EV karena tdk mampu beli Ioniq 5.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

ChZ wrote: 10 Nov 2022, 14:45
toyota pinter sih gak cuma betting ke 1 teknologi aja.

blom sebenernya jepang jg masih berharap sama hydrogen. toyota kan jg experimenting hydrogen fuel :mky_03:

ada alesannya sih kenapa toyota ngotot bgt kembangin hydrogen

it's a chinese car pasti ada aja nanti :mky_03: gw ditunjukin mo ngakak mobcin2 defectnya konyol2 semua ternyata blom sembuh dari dulu :big_biglaugh:
sama aja kek mobil korea ternyata framenya parah sama espresso aja kalah :wkkk:

btw ini keknya juga ada yang lagi mau lompat dari kapal ibaratnya pilot terbangin pesawat setinggi2xnya terus dia lompat pake parasut :mky_03:

User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 10 Nov 2022, 16:44
darrelund wrote: 10 Nov 2022, 15:52 itu drivetrainnya lumayan efisien yah

11km/kwh itu irit buat EV

ya tapi mobilnya kecil jg sih :big_biglaugh:
Kalo ukuran EV ndak irit2 banget, pernah pake Ioniq Classic 3 hari bisa dapet 1:9 - 1:10… Ini mobil bener lho ya, bukan mobil-mobilan…..
ya kan ioniq classic 2x lipet harganya um, memang seharusnya lebih efisien

for what it is ya, air ev oke lah :big_biglaugh:
kanjengromo
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 11 Jan 2022, 21:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kanjengromo »

Kalo liat mobil ini dah berasumsi yang punya horang kaya. Pake ini buat jalan point to point dalkot, apalgi didukung dg ukurannya yg mini

Dan pastinya pake mobil lain buat long range
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

kanjengromo wrote: 10 Nov 2022, 20:12 Kalo liat mobil ini dah berasumsi yang punya horang kaya. Pake ini buat jalan point to point dalkot, apalgi didukung dg ukurannya yg mini

Dan pastinya pake mobil lain buat long range
Ada benernya jg sih. Sekarang berarti mau pansos atau cosplay jadi "orang kaya" murah ya tinggal beli ni wolenk, uda ga perlu beli baling2 atau bintang, atau bahkan kuda jingkrak lagi :big_biglaugh:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
irwan2011
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 03 May 2011, 12:01

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by irwan2011 »

sherryandkez wrote:Prolog

Pas mobil ini baru preview (yang gak keliatan interiornya), saya skeptis bener sama rasa ini mobil. Kecil mungil gitu, ban cuma 12”, model kotak sempit tinggi juga. Modelnya sih lucu. Warna-warnanya apalagi hahaha. Tapi kalo buat beli gak dulu deh.

Lanjut ke GIIAS waktu launch, ternyata diliat asli lebih lucu lagi modelnya. Tapi pas masuk duar, baru berasa banget murahnya. Dan note kalau mobil ini gak murah2 amat, ya 300 juta dapet kutu kecil gini.

Oya birunya lucu banget ini, ijo juga demen banget tapi lagi gak ready.

Car : 2022 Wuling Air EV Long Range Galaxy Blue
Mileage : ~1800 km on going
Price : 300jt OTR Bandung
1130739.jpg
Exterior
1130732.jpg
Dari depan, mobil ini keliatan banget kecilnya. Lebarnya kecil, tinggi, proporsi dari depan mirip kei car JDM. Bedanya sama yang Standard Range, lampunya sudah proyektor, DRL, sama logo wulingnya nyala kalo malem. Standard Range keliatan murahan banget padahal harganya ya 250an juga.

Lampunya LED tapi agak redup rasanya. High beamnya malah terang betul. DRL nyalanya juga bagus ngga keputus2 kayak Veloz baru. Logo wuling nyala gak ngerti buat apa hahaha. Port charging di depan buat memudahkan rumah2 kecil yang cuma bisa parkir maju. Wiper belum frameless dan keliatan murahnya.
1130733.jpg
Sampingnya, mobil ini bener2 kecil banget. Temen2 yang liat aja gak ngira mobil ini bisa muat 4 orang dewasa. Gak sampe 3 meter kalo gak salah. Jendelanya juga gede banget. Bagus sih buat cegah claustrophobic. Oya mobil ini 2 tone, kalo dijadiin one tone (liat di ig) jadi agak berkurang lucunya.

Handle pintu model kaya HR-V, tapi rasanya agak ringkih. Kalo dideketin bawa kunci lampunya nyala, tapi buat unlock harus teken tombol di handle. Spion gede padahal mobilnya kecil (udah kena senggol hahaha).
1130740.jpg
Velg cuma 12 inci, ban merek juga gak pernah denger. Velgnya kaleng dikasih dop. Mau beli yang Standard Range juga velgnya sama, tapi kuncinya belum keyless. Oh ya kuncinya lucu kotak bunder gitu kaya ketupat.
1130734.jpg
Belakangnya ya bener2 roti tawar haha. Kaca belakang gede banget. Lampunya malah kecil, nyalanya juga agak redup menurut saya. Agak ngeri gak keliatan sama mobil2 gede di jalan. Yang di atas LED bar dikasih emblem wuling. Buka bagasinya juga disitu sama kamera parkirnya. Gak jelek sih, futuristis cuma kurang fungsional.

Overall, desainnya bagus, futuristis, lucu, tapi kurang fungsional dan agak kerasa murahan. Dari foto sih ngga keliatan detail2 yang bikin murahnya. Saran saya, ambil warna selucu mungkin biar menarik perhatian.

Score : 8/10

Interior
1130730.jpg
Saat masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya yang gede banget tapi ringan. Mudah pas masuk tapi ya agak kerasa murah karena ringan.

Doortrimnya beda di Long Range sama Standard Range, kalo Long Range dapet soft touch, Standard Range cuma plastik doang yang rasanya murah. Pinternya, dia pake warna putih di seluruh interior jadi gak keliatan murah kayak warna item glossy atau abu2 kayak Datsun. Sebenernya door trimnya tipis juga, dan tombol power window adanya di deket shifter.

Pas masuk, langsung kerasa posisi duduk yang tinggi banget, kayak nyetir Carry. Kayaknya sih gara2 baterenya di bawah, otomatis duduknya tinggi. Joknya juga tipis betul dan gak ada support kanan kiri. Material jok yang Long Range kulit sintetis ala Wuling, cuman sekarang udah gak bau kayak dulu. Standard Range dapet fabric yang rada kasar.
1130731.jpg
Enaknya pas masuk ke baris kedua, aksesnya keitung lega karena bukaan pintu dan tinggi mobil. Jok depannya juga enteng banget buat digeser.
Duduk di belakang surprisingly lega banget mengingat dimensinya gak sampe 3 meter. Ada temen 185cm masih muat dan gak merasa kesempitan banget. Saya 170cm masih lega. Sialnya, duduknya kaya di dingklik karena lantainya tinggi dan dudukan joknya rendah. Tapi buat jalan deket2 atau agak jauh dikit masih acceptable. Headroom? Lega banget sih haha.

Nah bagasinya yang dikorbankan buat 2nd row. Kalo 2nd row tegak semua, bagasinya cuma muat ransel 3 biji, mirip2 Brio lama atau Go+. Kalo dilipet 2nd row juga gak rata lantai sih. Kalo 2nd row dicopot lucu juga buat mobil anter2 barang.

Dasbornya juga beda antara Standard Range dan Long Range. Yang Long Range ada soft touchnya di bagian penumpang depan. Layarnya juga gede betul dari kanan ke tengah di varian Long Range. Yang Standard Range cuma speedo aja.

Dasbornya gak jelek sebenernya, lucu modelnya, tapi gak praktis. Cupholder ada di kanan-kiri, tapi gak ada glovebox. Cuma ada laci kecil di tempat glovebox biasanya. Udah gitu bagian itu ringkih bener, waktu itu sempet ketendang udah copot klipnya. Tinggal pasang lagi sih tapi ya sewot masa ringkih amat. Shifter di tengah lucu dan gampang dipake.

Audionya lengkap, ada android auto, apple carplay, tapi semuanya masih pake kabel. Suaranya sih standar banget kalo gak bisa dibilang jelek. Cuma yang patut diapresiasi, penangkapan sinyal radionya bagus banget. Setirnya udah kulit di Long Range, tapi gak enak posisinya dan tombolnya ngebingungin.

Overall, interiornya mirip kayak luarnya. Modelnya bagus, lucu, tapi keliatan murahannya kalo udah dipake beneran. Mungkin kalo cuma duduk di pameran gak kerasa. Yang harus appreciated banget sih leganya, gila aja mobil gak sampe 3 meter 4 orang dewasa bisa duduk nyaman. Ya tapi gak bisa bawa apa2 abis itu haha.

Interior : 8/10

Driving
1130735.jpg
Ini mobil tadinya saya bener2 skeptis bakal enak. Ya gimana, impresi awalnya gak meyakinkan banget. Body tinggi kecil, ban R12, mereknya juga masih kurang yakin :ungg: .

Masuk D, release EPB, jalan. Ini mobil enak juga, gak ada suara (ya iyalah namanya juga EV). Di dalam kota, langsung kerasa gimana ini mobil sebenernya. 2 kata, not bad! Saya kira ini mobil bakal terombang ambing gak jelas suspensinya, mental mentul gitulah. Ternyata sama sekali gak terjadi. Masuk lubang mobil ini masih lebih enak dari Myvi saya. Buat mobil kecil itungannya udah enak betul :mky_02: .

Minusnya di dalam kota, mobil ini gak sekecil yang dibayangkan. Tetep sama aja selap selipnya kayak bawa Brio atau Agya. Saya berapa kali masuk jalan kecil gak ngerasa enakan bawa ini dibanding city car normal. Even mobil ini gak masuk di regulasi Kei Car JDM.

Soal peredaman, mobil ini juga gak bisa dibilang jelek. Dibanding Brio baru menurut saya agak lebih senyap dikit. Ya maybe ini placebo effect karena mobilnya juga gak ada suaranya. Yang berisik di mobil ini cuma bannya, berisik banget mana mereknya gak jelas juga.

Di tol, surprisingly juga mobil ini nempel ke jalan. Ini seriusan, saya kira juga awalnya bakal melayang di jalan tol. Ternyata dibanding Datsun masih jauh lebih enak ini. Dibanding Agya/Wagon R juga lumayanlah, masih enakan ini dikit. Sama Brio/Calya sih mirip2 tapi handling far better Brio.

Saya jadi malu padahal dulu sempet ngetawain orang bawa mobil kutu ini di tol hahaha :mky_01:

Usut punya usut, ini gara2 baterenya ada di bawah, otomatis center of gravitynya rendah meski bodynya tinggi. Ini juga bikin set suspensinya gak harus keras buat ngurangin limbung dari body tingginya.

Performanya juga gak malu2in lah. Di mode eco mentok di 80, normal 100, dan sport 125. Itu di 125 masih safe sih rasanya. Kalo di sport, mobil ini rasanya narik banget tapi ya mentok di 125. Pokoknya jangan pernah pake mode eco di tol kalo gak mau diklakson orang hahaha, lemot banget.

Yang paling jelek dari nyetir mobil ini : ergonominya.

Ini mobil bener2 gak ergonomis. Setir masih bisa tilt, tapi kombinasi jok tipis+keras+setir tanpa telescopic+tiltnya pelit bener2 bikin pegel. Mana posisi pedalnya juga ikutan gak ergonomis. Saya pernah nyetir agak lama sekitar 2 jam macet2 lumayan pegel badan.
Baiknya buat dalem kota aja kalo gak mau pegel2.

Driving : 8.5/10

Bonus : Owning one

Btw, ini mobil bukan punya saya, saya kebagian bawa aja dan ngeriset ini mobil. Kalo suruh beli sih gak mau. Buat pajaknya, mobil ini pajaknya cuma 320 ribu perak. Ya bener, gak salah baca. Kaya pajak motor hahaha.

Gimana konsumsi listriknya? Oh well, sebenernya mobil ini cuma irit di dalam kota. Di dalam kota, saya bisa dapet angka 20km/kWh kondisi stop n go. Irit banget kan? Saya malah pernah dari Suci ke Cimahi (orang bdg ngerti lah pasti) 10% batere masih cukup.

Nah masalahnya, kalo di tol, kita susah pake mode eco karena lemot. Otomatis harus masuk mode sport dan injek gas dalem. Jadinya konsumsi listriknya 7km/kWh di rute tol. Boros? Iya lumayan buat mobil sekecil ini. That’s why saya belum berani bawa ini wuling ke Jakarta, karena bdg-jkt itu 140km dan kalo konsumsi listriknya dikali kapasitas batere, rangenya cuma 189 km di rute tol. Serem.

Di rute kombinasi tol-dalkot, saya dapet angka 11km/kWh. Not bad lah.

Mobil ini bisa ngecharge di rumah yang dayanya cuma 2200 W. Total biaya dari kosong sampe full 40 ribuan saja. Biaya per km kalo pakenya di dalam kota hanya 72 perak saja per km. Bandingin sama Lexus saya yang udah hybrid, itu aja masih 860 perak per km. Oya kalo beli yang std range gak bisa fast charging. Kemaren bulan oktober masih free wall chargernya, sekarang bayar 16jt.

Pengalaman pake mobil ini, diliatin banyak orang sampe ditanya2in di parkiran (dikata saya salesnya). Udah gitu warnanya nyolok banget lagi. Spion mobil udah baret dihajar apansa di jalan kecil, dikira mobil saya kecil banget sampe bisa mepet2.

Pembeli mobil ini hampir semuanya (maaf gak bs sebut angka, confidential) itu kaum menengah ke atas, yang mobilnya gak cuma ini. Dan hebatnya, hampir semuanya juga beli yang Long Range, hampir gak ada yang beli std range. Dari sedikit kalangan menengah ke bawah yang beli Air EV ini, mereka juga gak beli yang std range. Mereka tetep beli yang Long Range tapi dikredit.

Ada beberapa konsumen yang punya Air EV ini sebagai mobil satu2nya, itu jadi subjek riset pasarnya Wuling. Jadi kalo disini ada yang begitu, siap2 dikontak Wuling :big_grin: .

Verdict

Mobil ini cocok buat siapa?

Kalau Anda mikir buat beli ini jadi mobil satu2nya, its a big no.

Kalau Anda cuma butuh buat pake di dalam kota, anter anak sekolah, go for it. Biaya operasionalnya murah, mobilnya lucu, lega, anak seneng, belanjaan muat banyak. Belum lagi bini seneng karena mobilnya mencolok pas dipake arisan :big_grin: .

Syaratnya, Anda punya mobil satu lagi buat jalan2 sama keluarga. Dan mobilnya mesti yang jauh lebih nyaman dari Air EV.

All in all, mobil ini cocok banget buat Anda yang nyari mobil kedua buat daily2 lucu.

Thank you!
Wah irit jg ya om 20km/kwh setara 75 perak/km. Kalo mobil ice 1.5 liter mungkin sekitar 800-1000 perak/km kalo pertalite. Kalo dipake 30rb km cuma habis 3 jutaan doang ya biaya energinya.
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by adrianomyman »

irwan2011 wrote: 11 Nov 2022, 12:02 Wah irit jg ya om 20km/kwh setara 75 perak/km. Kalo mobil ice 1.5 liter mungkin sekitar 800-1000 perak/km kalo pertalite. Kalo dipake 30rb km cuma habis 3 jutaan doang ya biaya energinya.
Dari sisi ekonomi ya emang irit pengeluaran, tp kalo 30rb km tp ga ergonomis duduknya, dan hampir selalu dalkot sih gw jg ogah om (kecuali disopirin)
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 995
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by pendoli »

kanjengromo wrote: 10 Nov 2022, 20:12 Kalo liat mobil ini dah berasumsi yang punya horang kaya. Pake ini buat jalan point to point dalkot, apalgi didukung dg ukurannya yg mini

Dan pastinya pake mobil lain buat long range
Kemaren ke onebel park, mall mati daerah fatmawati/pondok labu di jaksel yang biasanya cuma dikunjungi warga lokal. Surprisingly ada dua wuling airev di parkiran (total paling 50an mobil lah) 🤣 kayanya OKL pondok labu/lebak bulus yg beli buat ngiter2 sekitar sini ajah
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1994
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

Hari ini sampe liat ni wolenk 4 ekor. 2 kuning, 1 hijau, 1 putih. Banyak jg ya yg pake. Yg hebatnya lg yg bawa 3 orng cowo, 1 orng cewe. Perkiraan warga SM meleset kayaknya, banyak cowo yg demen jg :big_biglaugh:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 12 Nov 2022, 21:20 Hari ini sampe liat ni wolenk 4 ekor. 2 kuning, 1 hijau, 1 putih. Banyak jg ya yg pake. Yg hebatnya lg yg bawa 3 orng cowo, 1 orng cewe. Perkiraan warga SM meleset kayaknya, banyak cowo yg demen jg :big_biglaugh:
waduh denger isinya 3 orang cowo lsg mikirnya asumsinya isinya melambai ya :wkkk:
mulyatan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Sep 2019, 10:11
Location: Bandung
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by mulyatan »

b0ku wrote: 12 Nov 2022, 21:50
kendibocor wrote: 12 Nov 2022, 21:20 Hari ini sampe liat ni wolenk 4 ekor. 2 kuning, 1 hijau, 1 putih. Banyak jg ya yg pake. Yg hebatnya lg yg bawa 3 orng cowo, 1 orng cewe. Perkiraan warga SM meleset kayaknya, banyak cowo yg demen jg :big_biglaugh:
waduh denger isinya 3 orang cowo lsg mikirnya asumsinya isinya melambai ya :wkkk:
Saya sih suka model Air EV ini. Teman dekat saya juga suka. Dan kami cowo tulen lho dgn anak 3. Hehehe....

Kalau saya perhatiin di SM ini mungkin mayoritas driving enthusiast ya, jadinya agak "harsh" ke Air EV ini. Kalau saya pantau di grup Facebook Wuling Air EV, banyak koq cowok yang pakai buat sendiri. Dan mayoritas ngomong punya karena mengejar nilai ekonomis konsumsi energi-nya. Jadi memang beda perspektif di SM dgn grup FB sih

CMIIW
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 21 Nov 2011, 08:20
Daily Vehicle: 4N15

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bfront »

b0ku wrote: 12 Nov 2022, 21:50
kendibocor wrote: 12 Nov 2022, 21:20 Hari ini sampe liat ni wolenk 4 ekor. 2 kuning, 1 hijau, 1 putih. Banyak jg ya yg pake. Yg hebatnya lg yg bawa 3 orng cowo, 1 orng cewe. Perkiraan warga SM meleset kayaknya, banyak cowo yg demen jg :big_biglaugh:
waduh denger isinya 3 orang cowo lsg mikirnya asumsinya isinya melambai ya :wkkk:
jangan salah...
bulan kemarin saya pas lagi di bengkel spooring, ada fortuner item doff masuk, lengkap dengan bull bar dan ban MT gedhueee, sangar dah.
eh yang keluar cowo sangat "melambai"..... hahahaha
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

mulyatan wrote: 12 Nov 2022, 22:02

Saya sih suka model Air EV ini. Teman dekat saya juga suka. Dan kami cowo tulen lho dgn anak 3. Hehehe....

Kalau saya perhatiin di SM ini mungkin mayoritas driving enthusiast ya, jadinya agak "harsh" ke Air EV ini. Kalau saya pantau di grup Facebook Wuling Air EV, banyak koq cowok yang pakai buat sendiri. Dan mayoritas ngomong punya karena mengejar nilai ekonomis konsumsi energi-nya. Jadi memang beda perspektif di SM dgn grup FB sih

CMIIW
kalo saya emang ud alergi sama modelnya jgnkan woleng smart aja juga jelek mobil kek gini 0 appeal jaman dulu orang suka pake A class gen 1 jeleknya parah banget sekarang dijual kadang yang dateng tukang jagal dibeli buat dijagal ntah untung darimana mungkin saking ancurnya tuh harga jadi masuk buat di potong jaman tengah2xnya sih karena nyungsep ada aja yang beli dikira naek merce ganteng padahal mobilnya jelek turun dari tuh mobil lsg ancur imagenya :wkkk:

sebenernya gak ada value for moneynya yang beli juga angot2xan liatin aja lebih bisa diterima harga dan modelnya kalo adopsi kayak alya dengan drivetrain sama tapi body kek gitu saya rasa hasilnya juga 11-12 performanya cukup, tapi akan lebih stabil di jalan :big_bored:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

bfront wrote: 12 Nov 2022, 23:23
jangan salah...
bulan kemarin saya pas lagi di bengkel spooring, ada fortuner item doff masuk, lengkap dengan bull bar dan ban MT gedhueee, sangar dah.
eh yang keluar cowo sangat "melambai"..... hahahaha
mau isinya bences tulen naek fortuner ud ktutup duluan dari mobilnya kalo tau2x melambai ya paling shock aja yang liat, bayangin naek air ev isinya badannya keker bodybuilder semua jd kesannya lebih ancur lagi ud kecil isinya dempet2xan yang liat dari luar lsg mikirnya kayak homo padahal mah emang cowo tulen :wkkk:

saya si omongin impresi yang di bawa sama tuh mobil ya kek gitu jatohnya makanya biasanya mobil kek gini gak laku2x banget apalagi dijual di amrik bisa2x abis kena bully temen2x :wkkk:

sekarang mah lagi hype aja sama EV termurah dibilang murah juga kagak apalagi cuma buat jalan komplek ntar batre rontok katanya 150jt biarpun saya masih kagak percaya harganya bisa segitu :big_bored:

sama lah kayak smart awal2x juga mayan jualannya sampe berani buka di PI sekarang memble ya secondnya sih smart masih kuat cuma ya yang beli juga yang beduit dan barang juga dikit dipake2x banget juga engak mayoritas low km :ngacir:
mulyatan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Sep 2019, 10:11
Location: Bandung
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by mulyatan »

b0ku wrote: 12 Nov 2022, 23:25
mulyatan wrote: 12 Nov 2022, 22:02

Saya sih suka model Air EV ini. Teman dekat saya juga suka. Dan kami cowo tulen lho dgn anak 3. Hehehe....

Kalau saya perhatiin di SM ini mungkin mayoritas driving enthusiast ya, jadinya agak "harsh" ke Air EV ini. Kalau saya pantau di grup Facebook Wuling Air EV, banyak koq cowok yang pakai buat sendiri. Dan mayoritas ngomong punya karena mengejar nilai ekonomis konsumsi energi-nya. Jadi memang beda perspektif di SM dgn grup FB sih

CMIIW
kalo saya emang ud alergi sama modelnya jgnkan woleng smart aja juga jelek mobil kek gini 0 appeal jaman dulu orang suka pake A class gen 1 jeleknya parah banget sekarang dijual kadang yang dateng tukang jagal dibeli buat dijagal ntah untung darimana mungkin saking ancurnya tuh harga jadi masuk buat di potong jaman tengah2xnya sih karena nyungsep ada aja yang beli dikira naek merce ganteng padahal mobilnya jelek turun dari tuh mobil lsg ancur imagenya :wkkk:

sebenernya gak ada value for moneynya yang beli juga angot2xan liatin aja lebih bisa diterima harga dan modelnya kalo adopsi kayak alya dengan drivetrain sama tapi body kek gitu saya rasa hasilnya juga 11-12 performanya cukup, tapi akan lebih stabil di jalan :big_bored:
IMHO, mengenai bentuk ini sih personal preference. Yang pasti banyak juga koq cowo yg suka model Air EV ini. Mengenai harga jual kembali ancur, gak bisa dianalogikan dengan Mercy A class. Biar gimana pun Air EV adalah EV. Nilai PLUS nya adalah biaya operasional yang JAUH lebih murah daripada mobil BBM. Makanya banyak yg beli sebagai mobil harian, yg BBM dipakenya buat weekend / keluar kota aja.

CMIIW
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by slapnuts »

mulyatan wrote: 12 Nov 2022, 22:02
Saya sih suka model Air EV ini. Teman dekat saya juga suka. Dan kami cowo tulen lho dgn anak 3. Hehehe....

Kalau saya perhatiin di SM ini mungkin mayoritas driving enthusiast ya, jadinya agak "harsh" ke Air EV ini. Kalau saya pantau di grup Facebook Wuling Air EV, banyak koq cowok yang pakai buat sendiri. Dan mayoritas ngomong punya karena mengejar nilai ekonomis konsumsi energi-nya. Jadi memang beda perspektif di SM dgn grup FB sih

CMIIW
Ga juga om. Di sini yang paling sering “harsh” ke Air EV atau mobil listrik lain ya cuma member itu-itu saja. Banyak kok bapak-bapak di kantor saya yang demen model Wuling ini, dan harian mereka bawa reborn, hrv dkk. Lucu katanya bisa nyelip-nyelip.

Kalau komen “yang bawa Air EV ini melambai” maka secara ga langsung bilang si TS melambai (kalo cowok). Aneh bener dah justifikasi kemachoan dari jenis mobil. Padahal mobil yang terlihat macho pun belum tentu macho isinya, tuh Jeep malah jadi mobil favorit gay di US, hahahaa.

Gatau kenapa ada yang benci banget ke EV, tiap bahas EV/Hybrid pasti negatif terus komennya, padahal ya semua ada plus minusnya masing-masing.
Post Reply