Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

Bismillah izin review selama 2 tahun ini.

Mobil ini saya beli di pertengahan 2020 ketika pandemi merajalela, karena kebutuhan untuk wara-wiri dan mudik buat saya yang baru berkeluarga. Mobil pertama.

Dengan budget cekak kerana terkuras oleh acara resepsi (ups,) akhirnya nemu di OLX yg setelah ditawar online ternyata harganya turun ke 85jt. Langsung digas cek unit sore itu juga dan paid. KM 70rban sekarang 95rban.

Terkesan terburu2 tp karena namanya butuh ya gmn lagi. Sudah murah, baru servis, pajak on, dan merasa pede karena kakak ipar juga pakai (yg Titanium), selain itu istri saya memang mobil impiannya Ecosport. Budget segitu tahun tsb Yaris Bakpao aja ga dapet, LCGC Istri tak mau. Motuba apalagi.

Ecosport Tren ini ternyata cocok sebagai “snow mobile”—mobil salju, asal maju LOL karena minim fitur dibandingkan Titanium. Ini menjadi poin plus buat saya krn kelistrikannya lebih simpel. Dibanding Titanium, menurut kakak saya, Trend ini lebih empuk dipakainya, dan terasa lebih ngayun. Mungkin krn joknya kain dan kaki2 masih oriannya. Punya kakak saya bekas restorasian j*ntra kalau lihat tempelan shocknya.

Hepi sih alhamdulillaah dengan pake mobil ini saya jd belajar banyak soal mobil. Ga cuma pake doang.


How to defuse the time bomb?

Saya cek2 di grup FB kemudian kontekan dengan seorang mekanik eks-Beres yg melayani home service. Saya konsul untuk pergantian part2 yg sangat penting kemudian dapetlah listnya. (Full list saya catat di Google Sheet, jadi service record). Akhirnya dia datang dengan membawa part2 full ori <<TAPI MALAH BAWA COOLANT 25rban 2 galon BILANGNYA GRATIS>> waktu itu saya bomat krn kalo spesialis aja pakenya coolant itu ya Why Not. Oiya doi bawa Titanium jg pas ke rumah.

Defuse pertama:

Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning

Hasil defuse pertama: Suhu mesin manteng di 98-99 AC on. Aslinya AC on itu 87-90. Tp waktu itu doi bilang segitu normal. Akhirnya research2 dan belanjalah online part2 untuk defuse tahap 2.

Defuse kedua:

Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP

Panggil mekanik itu lagi untuk defuse kedua, bedanya skg bayar jasa pasangnya aja. Sukseslah turun drastis itu suhu jadinya main di 87-90an. Bahkan kalau ngebut pun bisa turun ke 84c. So far puas. Menurut saya paling ngaruh itu Thermostat. Bisa jadi thermostat sebelumnya macet. <<TAPI ITU MEGACOOLS MALAH DICAMPUR SAMA AIR KERAN>>

Cukup dua tahap defuse itu, sisanya saya pake buat eksplor mobil. Mulai dari ganti knalpot, ganti header Kansai 421, tambah grounding, ganti filter udara, cuci evap dan ganti filter kabin, ganti bohlam led, ganti coolant, ganti oli, etc. yg semuanya hampir DIY. Liat2 tutor youtube aja dan bermodal konsul grup FB/WA. Skg sih status quo aja. Ga ada habisnya itu kalau terus2an diulik.

Oiya, Volt Stabilizer itu wajib dipasang di mobil ini. Saya pakai yg merek “Tenagamerah” ada lah di Tokped. NYS Fiesta Garage bahkan pernah kasih free buat mereka yg servis di doi. Ngaruh kelistrikan makin stabil, transmisi juga lebih halus pindahnya. Bukan sugesti ini, mengingat mobil ini kelistrikannya serba sensor. Ini salah satu defuse untuk menghindari error ABS TCM dst.

Apakabar transmisi?

Alhamdulillaah so far so good. Belum ada tanda2 kerusakan selama digunakan dengan baik.

Tips penggunaan DCT:
- Macet/stop n go main antara D dan N. Jangan dipanteng di D terus krn bisa aus itu lever/bearing.
- Sering2 dipake mode S nya sekalian italian tune-up. Gaspol dari gear satu sampe 5 kemudian turun lagi. Metode ini membantu reset DCT nya apalagi kalau habis dipake macet2an biasanya jeduk dari gear 1-2 (mobil mikirnya itu lagi nanjak makanya hrs cepet ganti gear).

Pokoknya so far puas dengan mobil ini. Budget segitu masih dapet mobil nyaman dikelasnya (85jt cuy hari gini dpt mobil apa).

Oiya, 2 bulan lalu ada indikasi rembes radiator dan akhirnya diganti pakai trivindo. So far so good murmer juga.

Apakah akan dijual? Enggak kyknya. Skg kondisi mobil sdh kyk mobil arab. Banyak lecet pemakaian maklum pemula baru bisa nyetir. InsyaAllaah dirawat semampunya aja ini mobil. Nyaman, irit, <<lumayan>> gagah bawanya meski bentuknya wagu.

Oiya trivia history oli (per 5rb KM, karena g tau history user sebelum2nya a.n. PT wkwkwk
Hx7 5W40 user sebelumnya
Repsol Elite Neo 5w30
Fastron Gold 5w30
Gulf Formula G 5w40
Repsol GXR 5w30
Motul TRD Diesel 5w40 (saat ini)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by sahabatq8 »

Oli DCT berarti belom diganti ya?
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by gadjahalphien »

Wah, salah satu mobil impian lawas.

Kali-kali dapet kesempatan beli
bensindanoli wrote: Wed Dec 21, 2022 4:39 Cut…
Defuse pertama:

Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning

…cut…

Defuse kedua:

Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP

…cut
Boleh share damage costnya kah om??
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by peterming77 »

bensindanoli wrote: Wed Dec 21, 2022 4:39 Bismillah izin review selama 2 tahun ini.

Mobil ini saya beli di pertengahan 2020 ketika pandemi merajalela, karena kebutuhan untuk wara-wiri dan mudik buat saya yang baru berkeluarga. Mobil pertama.

Dengan budget cekak kerana terkuras oleh acara resepsi (ups,) akhirnya nemu di OLX yg setelah ditawar online ternyata harganya turun ke 85jt. Langsung digas cek unit sore itu juga dan paid. KM 70rban sekarang 95rban.

Terkesan terburu2 tp karena namanya butuh ya gmn lagi. Sudah murah, baru servis, pajak on, dan merasa pede karena kakak ipar juga pakai (yg Titanium), selain itu istri saya memang mobil impiannya Ecosport. Budget segitu tahun tsb Yaris Bakpao aja ga dapet, LCGC Istri tak mau. Motuba apalagi.

Ecosport Tren ini ternyata cocok sebagai “snow mobile”—mobil salju, asal maju LOL karena minim fitur dibandingkan Titanium. Ini menjadi poin plus buat saya krn kelistrikannya lebih simpel. Dibanding Titanium, menurut kakak saya, Trend ini lebih empuk dipakainya, dan terasa lebih ngayun. Mungkin krn joknya kain dan kaki2 masih oriannya. Punya kakak saya bekas restorasian j*ntra kalau lihat tempelan shocknya.

Hepi sih alhamdulillaah dengan pake mobil ini saya jd belajar banyak soal mobil. Ga cuma pake doang.


How to defuse the time bomb?

Saya cek2 di grup FB kemudian kontekan dengan seorang mekanik eks-Beres yg melayani home service. Saya konsul untuk pergantian part2 yg sangat penting kemudian dapetlah listnya. (Full list saya catat di Google Sheet, jadi service record). Akhirnya dia datang dengan membawa part2 full ori <<TAPI MALAH BAWA COOLANT 25rban 2 galon BILANGNYA GRATIS>> waktu itu saya bomat krn kalo spesialis aja pakenya coolant itu ya Why Not. Oiya doi bawa Titanium jg pas ke rumah.

Defuse pertama:

Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning

Hasil defuse pertama: Suhu mesin manteng di 98-99 AC on. Aslinya AC on itu 87-90. Tp waktu itu doi bilang segitu normal. Akhirnya research2 dan belanjalah online part2 untuk defuse tahap 2.

Defuse kedua:

Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP

Panggil mekanik itu lagi untuk defuse kedua, bedanya skg bayar jasa pasangnya aja. Sukseslah turun drastis itu suhu jadinya main di 87-90an. Bahkan kalau ngebut pun bisa turun ke 84c. So far puas. Menurut saya paling ngaruh itu Thermostat. Bisa jadi thermostat sebelumnya macet. <<TAPI ITU MEGACOOLS MALAH DICAMPUR SAMA AIR KERAN>>

Cukup dua tahap defuse itu, sisanya saya pake buat eksplor mobil. Mulai dari ganti knalpot, ganti header Kansai 421, tambah grounding, ganti filter udara, cuci evap dan ganti filter kabin, ganti bohlam led, ganti coolant, ganti oli, etc. yg semuanya hampir DIY. Liat2 tutor youtube aja dan bermodal konsul grup FB/WA. Skg sih status quo aja. Ga ada habisnya itu kalau terus2an diulik.

Oiya, Volt Stabilizer itu wajib dipasang di mobil ini. Saya pakai yg merek “Tenagamerah” ada lah di Tokped. NYS Fiesta Garage bahkan pernah kasih free buat mereka yg servis di doi. Ngaruh kelistrikan makin stabil, transmisi juga lebih halus pindahnya. Bukan sugesti ini, mengingat mobil ini kelistrikannya serba sensor. Ini salah satu defuse untuk menghindari error ABS TCM dst.

Apakabar transmisi?

Alhamdulillaah so far so good. Belum ada tanda2 kerusakan selama digunakan dengan baik.

Tips penggunaan DCT:
- Macet/stop n go main antara D dan N. Jangan dipanteng di D terus krn bisa aus itu lever/bearing.
- Sering2 dipake mode S nya sekalian italian tune-up. Gaspol dari gear satu sampe 5 kemudian turun lagi. Metode ini membantu reset DCT nya apalagi kalau habis dipake macet2an biasanya jeduk dari gear 1-2 (mobil mikirnya itu lagi nanjak makanya hrs cepet ganti gear).

Pokoknya so far puas dengan mobil ini. Budget segitu masih dapet mobil nyaman dikelasnya (85jt cuy hari gini dpt mobil apa).

Oiya, 2 bulan lalu ada indikasi rembes radiator dan akhirnya diganti pakai trivindo. So far so good murmer juga.

Apakah akan dijual? Enggak kyknya. Skg kondisi mobil sdh kyk mobil arab. Banyak lecet pemakaian maklum pemula baru bisa nyetir. InsyaAllaah dirawat semampunya aja ini mobil. Nyaman, irit, <<lumayan>> gagah bawanya meski bentuknya wagu.

Oiya trivia history oli (per 5rb KM, karena g tau history user sebelum2nya a.n. PT wkwkwk
Hx7 5W40 user sebelumnya
Repsol Elite Neo 5w30
Fastron Gold 5w30
Gulf Formula G 5w40
Repsol GXR 5w30
Motul TRD Diesel 5w40 (saat ini)
Konsumsi BBM bisa dapat di berapa Gan?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by ChZ »

Wah judulnya lucu abis, defusing time bomb :mky_07: bener2 time bomb yah tcm dan kawan kawan itu.

Tapi skrg mobil2 bangkrut nan rewel gini jadi menarik apalagi karena populasinya cukup banyak jd ladang uang buat yang mau menekuni merk2 gini modal scanner obd2 toolkit dan kenalan parts. Rata rata jg gak dikit ex mekanik beres buka sendiri mungkin males abis pegang ford disuruh urusin merk china :upss:

Spesialisnya ford sekarang cukup banyak ini mirip kayak bmw mercedes VW. Karena "rewel" jd repair costnya murah dan mudah :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

sahabatq8 wrote: Wed Dec 21, 2022 5:20 Oli DCT berarti belom diganti ya?
Udah ganti di 2020 77oil, ga dimasukin list karena masa gantinya jauh om. Q8 punya 75w80 GL4 kah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by sahabatq8 »

bensindanoli wrote: Wed Dec 21, 2022 8:13
sahabatq8 wrote: Wed Dec 21, 2022 5:20 Oli DCT berarti belom diganti ya?
Udah ganti di 2020 77oil, ga dimasukin list karena masa gantinya jauh om. Q8 punya 75w80 GL4 kah?
Buat wet clutch and dry clutch dct adanya setara 75W GL4 , lebih encer dikit.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

gadjahalphien wrote: Wed Dec 21, 2022 5:59 Wah, salah satu mobil impian lawas.

Kali-kali dapet kesempatan beli
bensindanoli wrote: Wed Dec 21, 2022 4:39 Cut…
Defuse pertama:

Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning

…cut…

Defuse kedua:

Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP

…cut
Boleh share damage costnya kah om??
Kurang dari 10 kyknya buat yg primary
peterming77 wrote: Wed Dec 21, 2022 6:29
Konsumsi BBM bisa dapat di berapa Gan?
Bisa 11-15km/liter tergantung situasi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by Pboyz97 »

nice review om. salah 1 mobil favorit saya, karena desainnya yg cakep, fitur lengkap, fun to drive + handlingnya juga lumayan oke
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

ChZ wrote: Wed Dec 21, 2022 7:13 Wah judulnya lucu abis, defusing time bomb :mky_07: bener2 time bomb yah tcm dan kawan kawan itu.

Tapi skrg mobil2 bangkrut nan rewel gini jadi menarik apalagi karena populasinya cukup banyak jd ladang uang buat yang mau menekuni merk2 gini modal scanner obd2 toolkit dan kenalan parts. Rata rata jg gak dikit ex mekanik beres buka sendiri mungkin males abis pegang ford disuruh urusin merk china :upss:

Spesialisnya ford sekarang cukup banyak ini mirip kayak bmw mercedes VW. Karena "rewel" jd repair costnya murah dan mudah :big_grin:
Betul banget om. Bahkan saya kepikiran mau buka bengkel spesialis ford juga modal scanner OBD 100rban wkwk
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by FR6 »

kalo MT gak lebih trouble free Om, saya pelihara Fiesta 5 tahun cuma ganti shock aja..
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by Kaleng »

part cooling banyak yang diganti dikarenakan pas sesudah beli baru ketahuan tidak normal, atau preventive maintenance saja om? untuk mobil tahun 2014 dan di bawah 100rb km wow juga ya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by sintoni »

Nais ripiu om, samaan ini mesin + transmisinya kayak mobil ane.

BBM pake apa om?

Kalau macet2an atau jalan merayap lambat ini DCTnya jg ga enak ya om, terlalu agresif jadi ga smooth gitu nyetirnya ya? Haha.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

sintoni wrote: Wed Dec 21, 2022 11:57 Nais ripiu om, samaan ini mesin + transmisinya kayak mobil ane.

BBM pake apa om?

Kalau macet2an atau jalan merayap lambat ini DCTnya jg ga enak ya om, terlalu agresif jadi ga smooth gitu nyetirnya ya? Haha.
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.

Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Kaleng wrote: Wed Dec 21, 2022 9:49 part cooling banyak yang diganti dikarenakan pas sesudah beli baru ketahuan tidak normal, atau preventive maintenance saja om? untuk mobil tahun 2014 dan di bawah 100rb km wow juga ya.
Lebih ke preventif aja sih om, dan terbukti waktu repair pertama suhunya blm normal.

FR6 wrote: Wed Dec 21, 2022 9:38 kalo MT gak lebih trouble free Om, saya pelihara Fiesta 5 tahun cuma ganti shock aja..
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
Bikin nangis itu om punya kakak saya udah “meledak” beberapa kali. Mulai dari kompre AC, overheat, dinamo starter, skg ABS lg kambuh. Sepertinya pernah aki soak dan selain itu blm ganti2 minyak rem keknya.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

Pboyz97 wrote: Wed Dec 21, 2022 8:59 nice review om. salah 1 mobil favorit saya, karena desainnya yg cakep, fitur lengkap, fun to drive + handlingnya juga lumayan oke
Setuju sih handling memang mayan mantep. Apalagi kl turun bannya ke 205-55-16. Posisi skg pake 205 65 16 enak jg rada tinggi dan lebi empuk
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by sintoni »

bensindanoli wrote: Thu Dec 22, 2022 3:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.

Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?

Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

sintoni wrote: Thu Dec 22, 2022 3:59
bensindanoli wrote: Thu Dec 22, 2022 3:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.

Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?

Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.

Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.

2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.

Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by FR6 »

sintoni wrote: Thu Dec 22, 2022 3:59
bensindanoli wrote: Thu Dec 22, 2022 3:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.

Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?

Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
dulu saya ganti aki posisi mesin nyala Om, biar gak ada error/reset.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by sintoni »

bensindanoli wrote: Thu Dec 22, 2022 4:22
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.

Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.

2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.

Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
Jadi.kira2 aman aja ya om cabut aki ini? Takut nanti TCM masalah aja sih. Haha.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by bensindanoli »

sintoni wrote: Thu Dec 22, 2022 14:26
bensindanoli wrote: Thu Dec 22, 2022 4:22
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.

Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.

2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.

Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
Jadi.kira2 aman aja ya om cabut aki ini? Takut nanti TCM masalah aja sih. Haha.
InsyaAllaah aman. Paling reset settingan audio, jam, sama power window. Bahkan TCM akan balik lagi ke settingan pabrik. Reset ECU lah wkwk
indrayoto
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Dec 29, 2022 15:44

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by indrayoto »

FR6 wrote: Wed Dec 21, 2022 9:38 kalo MT gak lebih trouble free Om, saya pelihara Fiesta 5 tahun cuma ganti shock aja..
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
Saya kebetulan ada Ford Ecosport Titanium AT 2015 mau saya lego mas.
> Warna Brisbane brown
> km 113rb
> Tangan pertama
> Selalu service pakai beres, kecuali akhir-akhir ini beralih ke bengkel spesialis Ford (bekas mekanik Ford).
> Selalu pakai bensin Shell V-Power
> Pajak hidup November 2023

kalau minat hubungi japri ya. :big_smile]
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by suvmania »

indrayoto wrote: Thu Dec 29, 2022 15:49
FR6 wrote: Wed Dec 21, 2022 9:38 kalo MT gak lebih trouble free Om, saya pelihara Fiesta 5 tahun cuma ganti shock aja..
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
Saya kebetulan ada Ford Ecosport Titanium AT 2015 mau saya lego mas.
> Warna Brisbane brown
> km 113rb
> Tangan pertama
> Selalu service pakai beres, kecuali akhir-akhir ini beralih ke bengkel spesialis Ford (bekas mekanik Ford).
> Selalu pakai bensin Shell V-Power
> Pajak hidup November 2023

kalau minat hubungi japri ya. :big_smile]
Halo om, boleh di-dm harganya kah? Thanks. :big_deal:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
semoga awet mobilnya ya :mky_02:
Bayu85
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jun 08, 2023 14:17
Location: Malang
Daily Vehicle: Ecosport

Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb

Post by Bayu85 »

Header Kansai beli dimana om?
Ada link atau no kontak plus kira2 harga?