Kelebihan wheel arch besar, jd buat off road, ketika suspensinya bergerak ke atas sambil belok, punya ruang besarChZ wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 2:50Nahhh ini juga om makanya liatnya aneh. Selalu muter otak jeleknya dimana ya iniDuvebriliant0 wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 20:34 bentuk wheel archnya juga engga enak om, velg digedein mentok depan belakang tp atasnya masih longgar
Sama kayak wuling, ruang rodanya aneh. Dikasi velg besar jg tetep aneh
My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9625
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
modif alirannya alto ini brarti yg cocokSuryaputra wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 3:44Kelebihan wheel arch besar, jd buat off road, ketika suspensinya bergerak ke atas sambil belok, punya ruang besarChZ wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 2:50Nahhh ini juga om makanya liatnya aneh. Selalu muter otak jeleknya dimana ya iniDuvebriliant0 wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 20:34 bentuk wheel archnya juga engga enak om, velg digedein mentok depan belakang tp atasnya masih longgar
Sama kayak wuling, ruang rodanya aneh. Dikasi velg besar jg tetep aneh
ato rally style sekalian (macem xpander ap4)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9625
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Iya bener jugadoge wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 3:57modif alirannya alto ini brarti yg cocokSuryaputra wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 3:44Kelebihan wheel arch besar, jd buat off road, ketika suspensinya bergerak ke atas sambil belok, punya ruang besar
ato rally style sekalian (macem xpander ap4)
Kasih ban rada tebel
Klo ban tipis velg ring gede, jd scr subjektif aneh wkwkwkwkw
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Lexus jelas punya richer details Om. Power windows yg slowing down saat menutup, laci2x soft close, kontur & cushion jok jauh lebih ergonomis dan nyaman, kontrol audio dll much simpler. Buka kap mesin aja langsung kelihatan attention to detail nya Lexus; cover rapih menutup mesin, accu dll kalau engine bay Zenix telanjang bulat. Kekedapan Zenix sepintas tidak terlalu jauh. Dibanding CorCross entahlah karena saya belum pernah naik spesies tsb.
Belum Om. Fuel gauge masih setengah saat saya berangkat liburan bbrp hari lalu (mobil ditinggal di rumah). Belum waktunya isi bensin lagi.
Yes Om, TNGA-C platform yang kapabelSuryaputra wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 14:41 Keren
Sangat worth dgn harganya ini yaa
Sepersusuan sm platform voxy soalnya
Artinya Zenix belum apple to apple nya CRV ya Om, well notedPboyz97 wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 16:05 ...tapi entah knp kalo dari saya sebagai user CRV, zenix ini handling dan driving feel + tarikannya blm seenak crv yg sudah kami pakai belasan tahun mulai dari gen 2, 3 dan skrg yg gen 5 turbo walaupun bq dan road noisenya cukup baik menurut saya (sehingga kami akhirnya batal upgrade dari reborn G diesel at 2018 & CRV Turbo pres 2019 yg awalnya memang rencana dibeli buat mendampingi RX300 dan brio satya yg sudah dipakai buat daily gangen wkkw)
Saya rasa torsion beam dipilih karena cheaper & more robust. Plus existing Innova users yang sudah terbiasa ladder frame pasti langsung merasakan improvement dengan monocoque walaupun masih torsion beam.ChZ wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 16:14
Anyway tapi yang masih jadi deal breaker buat ane adalah rear susp nya torsion beam. Emang ga buat ngebut sih, tp base model 4xx, top trim 6xx, fitur dan build quality segitu, saingan med crossover macem new CRV jadi agak miris wkwkwkw pengalaman torsion beam antara keras ngocok banget atau lembut limbung banget. Yang bisa imbangin grip dan comfort tetep rear multilink/double wishbone.
Hebat Om, notice aja. Iya, Seiko Flightmaster ANA edition. Cheap & robust kayak Innova
Thanks Om. Nunggu electric folding mirror kit nih; pengen pasang kalau sudah release. Peredam belum perlu menurut saya; kecuali mau main audio yang serius.
Thanks Om. Rezeki anak nekat beli kucing dalam karung
RX lebih mewah tapi Zenix lebih modern Om. Electric seat, power back door, cruise control ga ada di Zenix G.
Untuk yang biasa pasang isofix car seat, row ke-2 RX masih usable untuk 1 dewasa di tengah sementara di Zenix tidak.
Jadi kalau ada 4 dewasa + 1 anak di car seat naik Zenix, lebih baik orang ke-4 duduk di row ke-3 sekalian.
Performance menurut saya cukup imbang antara Zenix dan RX270. Kalau RX350 mungkin lebih smooth & powerful.
Build quality baik Om, standar Toyota. Yes lack of electric folding is painfulkendibocor wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 1:23 Issue built quality gimana om? Emang bener built qualitynya termasuk kurang untuk mobil di range harga segitu?
Ga ada electric folding sih agak2 gmn gitu ya mobil jaman sekarang di harga >400 lebih.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Menurut saya LED bawaan sudah cukup Om. Hanya windshield tint standar pakai 3M FXST35, menurut saya agak gelap.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
percis kaya di inofa rebon om, dikasi nya jg yg type itu
panas iya, gelap iya , buat nyetir malem lmayan bkin sengsara mata
mending diganti pake yg 3M BB, atau black chrome
atau vkool skalian kl budget ga masalah
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Mantab Om reviewnya.
Setelah sekian puluh tahun saya ga pernah terpikir beli sebuah Kijang, finally New Innova masuk daftar mobil pengganti Santa Fe kelak.
Mobil keluarga yang all rounder, sekarang bertenaga, reliable, irit, ganteng dan canggih.
Masih belum menentukan apakah V non hybrid atau hybrid. Atau Q sekalian.
Setelah sekian puluh tahun saya ga pernah terpikir beli sebuah Kijang, finally New Innova masuk daftar mobil pengganti Santa Fe kelak.
Mobil keluarga yang all rounder, sekarang bertenaga, reliable, irit, ganteng dan canggih.
Masih belum menentukan apakah V non hybrid atau hybrid. Atau Q sekalian.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
nice review, om.. menurut ane best buy Zenix itu tipe G.. meski full plastik keras dan ga ada spion lipat elektrik.. kecuali kalo pengen merasakan teknologi hybrid ya G hybrid..
tipe G logikanya bakal lebih nyaman karena R16 dan profil tebal 65.. dibanding varian V (R17, profil 60) dan varian Q (R18, profil 50).. dan ban serap tipe G juga sama ukurannya dengan ban lainnya.. beda dengan tipe V dan Q yang jadi spare tire..
tipe G logikanya bakal lebih nyaman karena R16 dan profil tebal 65.. dibanding varian V (R17, profil 60) dan varian Q (R18, profil 50).. dan ban serap tipe G juga sama ukurannya dengan ban lainnya.. beda dengan tipe V dan Q yang jadi spare tire..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Sep 15, 2022 19:22
- Location: Bekasi
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Nice review and congrats om
sempet consider innova zenix hibrida yang tipe Q sebelum saya akhirnya ambil chery tiggo 8 pro premium.
sekarang si zenix ini bener2 berubah ya, dan FC yang impresif dan wajar untuk HV.
tinggal ganti velg, audio, dan lampu projector.
NICE
sempet consider innova zenix hibrida yang tipe Q sebelum saya akhirnya ambil chery tiggo 8 pro premium.
sekarang si zenix ini bener2 berubah ya, dan FC yang impresif dan wajar untuk HV.
tinggal ganti velg, audio, dan lampu projector.
NICE
Faith is the strongest tool, so faith it 'till you make it
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Kalau saya boleh saran, ambil drivetrain Hybrid. Dari segi performa dan efisiensi betul-betul kerasa improvement nya. Apalagi Om user Santa Fe; benchmark lumayan tinggi itu hehehosea wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 13:51 Mantab Om reviewnya.
Setelah sekian puluh tahun saya ga pernah terpikir beli sebuah Kijang, finally New Innova masuk daftar mobil pengganti Santa Fe kelak.
Mobil keluarga yang all rounder, sekarang bertenaga, reliable, irit, ganteng dan canggih.
Masih belum menentukan apakah V non hybrid atau hybrid. Atau Q sekalian.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
yes. walaupun secara harga udh mepet crv yg tipe q nya tapi ada beberapa poin yg menurut saya memang blm apple to apple ke crv seperti handling ,tarikan dan driving feelnya walaupun beda kelas juga hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Point Om utk best buy dan kenyamanan ban bener. Plus..Venturtle wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 15:29 nice review, om.. menurut ane best buy Zenix itu tipe G.. meski full plastik keras dan ga ada spion lipat elektrik.. kecuali kalo pengen merasakan teknologi hybrid ya G hybrid..
tipe G logikanya bakal lebih nyaman karena R16 dan profil tebal 65.. dibanding varian V (R17, profil 60) dan varian Q (R18, profil 50).. dan ban serap tipe G juga sama ukurannya dengan ban lainnya.. beda dengan tipe V dan Q yang jadi spare tire..
velg 16" Zenix identik dengan Toyota Noah / Suzuki Landy JDM; jadi eman eman mau ganti
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jul 11, 2013 5:26
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
congrats untuk mobil barunya om! ini mobil juga jadi impian saya nih kayaknya bener2 all rounder banget. Penasaran om kalau boleh tau pajak hybrid kayak gmn ya? lebih murah dari mesin ICE?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Selamat untuk review mobil barunya ya om.. Bener2 innova rasa baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Menurut saya selling point Zenix ada di teknologi strong hybrid nya dengan harga relatif terjangkau, plus nama besar Innova terutama utk Indo dan India.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Wow congrats utk Tiggo 8 nya Om. Saya sempet lihat unit display, interior nya luxurious banget.ombewok wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 22:53 Nice review and congrats om
sempet consider innova zenix hibrida yang tipe Q sebelum saya akhirnya ambil chery tiggo 8 pro premium.
sekarang si zenix ini bener2 berubah ya, dan FC yang impresif dan wajar untuk HV.
tinggal ganti velg, audio, dan lampu projector.
NICE
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 653
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Wah selamat ya buat mobil barunya, menurut saya justru yg tipe G ini exteriornya clean lines tanpa banyak macam2 tambahan garnish2 modelista, jadi kesan pure tanpa keliatan turun kelas.ripratama wrote: ↑Fri Dec 30, 2022 9:51 Izin mereview mobil yang sedang hot karena kontroversi perubahan radikal dari RWD-ladder frame menjadi FWD-monocoque, serta daftar indent yang katanya panjang sekali.
Tiba saatnya seekor KIJANG masuk radar kami karena kebutuhan akan mobil 7/8 seater yang relatif muda (baru), ground clearance semampai, serta design yang enak dipandang. Juga karakter "classless" alias sah-sah aja dibawa ke jalan pelosok maupun acara resmi
Sedikit background, mobil ini rencananya untuk mengganti (atau mendampingi - belum decide) Lexus RX270 yang reliability dan comfortnya sangat proven selama bertahun-tahun kami pakai.
Berbekal info seadanya, gambar tidak akurat serta estimasi harga, saya putuskan memesan tipe G Hybrid di bulan Oktober 2022 lalu dengan asumsi tipe tersebut menjadi value leader dengan fitur cukupan.
Menjelang launching resmi 21 Nov, terbukti fitur2x yang "wajib" sudah ada di tipe G seperti smart entry, automatic aircon with rear blower, EPB + hold, automatic light with LED, dan MID khusus HV sudah diseragamkan. Tipe V dan Q memang "nice to have" tapi bukan "must have" untuk kebutuhan kami; kami bisa tetap puas tanpa panoramic roof, captain seat, TSS dll.
Sayangnya price list resmi naik dibanding estimasi awal untuk tipe G ini Estimasi awal 440-450 ternyata menjadi 458 jt OTR.
Setelah mengonfirmasi ulang tipe serta warna (pearl white + 3jt), dealer mengonfirmasikan delivery pada 22 Desember .... one of the earliest G HV batch delivered, they said.
Jujur, girang banget saat serah terima. Maklum, terakhir beli mobil baru di 2006 dan sesudahnya selalu pre-loved. Juga, belum pernah lihat Zenix satupun di jalan. Sesekali boleh lah menjadi yang pertama
PXL_20221222_033146482.jpg
Owh, benarkah ini Innova? Bentuknya lebih seperti SUV daripada MPV. Bonnet dan pillar C yang lebih landai, serta pillar A lebih terjal. Benar info yg saya terima sebelumnya kalau banyak inspirasi dari Highlander di designnya.
Dan cukup lega setelah lihat tipe G ini tetap ada lis fender hitamnya (ala2x crossover, Venturer style). Karena di brosur tidak jelas dan beberapa spyshot ada Zenix yang tanpa lis tersebut alias polosan.
Fender bulge membuat tampilan lebih kekar walaupun velg 16" yang sudah kecil terlihat semakin kecil. Binaragawan dengan kaki pebalet
Unit saya dapat ban Dunlop Enasave walaupun unit-unit display di dealer juga dapat GT Luxe. Apakah user lain dapat ban yang sama atau berbeda?
PXL_20221222_035938760.jpg
Setelah diamankan ke carport dan parkir sebelah kakaknya, ternyata footprint Zenix ini substansial dan tidak jauh berbeda dari RX.
PXL_20221222_040156909.jpg
Karena tanggal 23 Des ada acara di Bandung, kami putuskan pakai Zenix walaupun belum terlalu familiar dengan fitur-fiturnya dan juga ada pendapat mobil baru tidak boleh digeber.
Satu hal yang saya penasaran adalah kapasitas bagasinya dengan seluruh bangku (3 baris) terpakai. Ternyata kapasitasnya....
PXL_20221222_225221784.NIGHT.jpg
sangat baik. Jok baris ke-3 sudah direcline untuk posisi nyaman dan kopor medium dengan tas-tas lainnya masih bisa masuk bagasi. Pada saat perjalanan balik pun 2 kopor medium bisa dijejalkan dalam posisi berdiri vertikal.
Check di manual, BBM minimum oktan 91. Kami isi full tank dengan Shell Super 92 sebelum berangkat ke tujuan, dan set Drive Mode ke ECO.
PXL_20221222_230951102.jpg
Ride comfort dan handlingnya berbeda dengan Reborn yang pernah saya pakai di beberapa kesempatan; Zenix terasa superior di aspek tersebut. Lebih ringan dan mudah diajak meliuk. Demikian juga untuk noise suppression alias kekedapan.
Akselerasi dari 0 cukup baik. Sensasi mesin bensin ditambah electric assist sedari awal mirip turbo boost tanpa lag. Hanya, respon pedal gas Reborn diesel lebih responsif menurut saya, always on stand-by dan lebih cocok untuk driver agresif; ditoel sedikit langsung greeeng. Akselerasi dari crusing speed sendiri untuk Zenix menurut saya memadai, tidak spesial. Perjalanan di tol dengan kecepatan nanggung membuat saya rindu cruise control di RX.
Setelah mengemudi sopan sampai batas luar Jakarta, MID menunjukkan angka konsumsi BBM alias F/C yang...
PXL_20221222_234755379.jpg
spektakuler hematnya; 1 liter untuk 23.6 km minumnya hanya separuh RX270 dan sepertiga CX7
Setelah bermacet ria di beberapa titik tol dan sampai tujuan, MID menunjukkan F/C ...
PXL_20221223_023825866.resize.jpg
19.4 km/l, impresif.
Mengemudi Zenix HV menjadi pengalaman baru yang menyenangkan walaupun ada beberapa kekurangannya juga. Catatan tambahan:
1. Baris ke-3 bisa untuk 3 orang dewasa asalkan tidak terlalu tinggi
2. Ada tombol EV Mode untuk "memaksa" mobil beroperasi full electric, tetapi ini tergantung kapasitas baterai yang sudah terisi. EV mode otomatis aktif saat baru start, jalan perlahan dan berjalan mundur
3. Ada bunyi artifisial saat full EV mode baik saat maju (agak lirih) maupun mundur (lebih terdengar) untuk fitur safety ke orang sekitar
4. Tidak ada foglamp tapi ada smart entry dan digital aircon yang sebelumnya absen di Innova G; lebih worth it sekarang
5. Yang sangat terasa kurang adalah absennya electric folding mirror. Fitur ini wajib ada terutama di Jakarta atau daerah dengan jalan dan area parkir sempit
6. Kamera mundur kurang jernih dan viewnya seperti fish-eye (cembung); hampir tidak membantu saat reverse parking
7. Ada Apple Carplay dan Android Auto. Akhirnya bisa move on dari CD, USB dan BT audio hehehe
8. Seat base baris ke-2 tidak sama pijakannya antara kiri dan kanan. Walaupun sandaran sudah di posisi yang sama, base nya beda.
9. Tersedia 3-point seat belt untuk penumpang tengah baik row-2 maupun 3
10. Tipe G tanpa divider lantai bagasi, tapi ini bisa jadi kelebihan manakala perlu mengangkut barang yang lebih "dalam" seperti kopor, dus kecil dsb
11. Fully automatic up & down di seluruh power window
12. Keyless door opening & locking; cukup genggam dan buka door handle saat mau masuk dan cukup tekan bagian yang berbentuk tombol di handle saat mengunci. Tidak perlu pencet-pencet tombol remote. Ini memudahkan adaptasi karena sama persis dengan RX270.
PXL_20221223_035833156.resize.jpg
Kesimpulan saya, platform hybrid ini cocok untuk yang mau mencicipi rasa EV tanpa mengorbankan seluruh kelebihan mobil berbahan bakar.
Jika ingin lebih berhemat lagi di biaya awal dan sedikit jarak yang akan ditempuh, pilihan Gasoline non hybrid masih masuk akal.
Harga betere yang konon sekitar Rp 30 juta an bisa dioffset dari penghematan biaya BBM rutin.
Satu lagi, baru kali ini mobil saya menarik perhatian banyak orang sampai mereka minta test ride session. Sudah 3x mobil saya jadi "demo unit" dadakan khusus untuk famili
Thank you Toyota, for making hybrid cars more affordable for us Indonesians, and staying true to the Kijang concept that we love.
Foto-foto sebagai pemanis...
Di tempat bakmi favorit
PXL_20221224_083139720.jpg
On the way back home
PXL_20221224_112246010.NIGHT.jpg
Saya juga lagi menimbang2 buat ambil tipe G hybrid dng rencana upgrade dari must have ke kosmetik:
1) modul electric spion (wajib ada ini)
2) electric foot step (krn kakak saya butuh naik turun yg gampang, aslinya agak susah krn posisi kursi Zenix tinggi diatas lantai dan agak masuk kedalam tidak mepet pintu)
3) retrim setir (atau upgrade sekalian ke setir tipe Q yg ada tombol2 buat CC)
4) retrim armrest supaya empuk2
5) upgrade modul cruise control - non TSS no problem ga penting juga, yg penting bisa CC di jalan tol
6) ganti velg ke 17 atau 18 sekalian
7) retrim yg coklat2 keras plastik ke leather atau suede
Semoga bakalan banyak 3rd party yg bisa upgrade2 printilan begini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 653
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Kedap kabinnya mirip2 CorCross krn saya juga pake. Suara dari engine bay yg masuk ke kabin juga mirip2 CorCross. Beneran naik kelas.ripratama wrote: ↑Sat Dec 31, 2022 4:05Lexus jelas punya richer details Om. Power windows yg slowing down saat menutup, laci2x soft close, kontur & cushion jok jauh lebih ergonomis dan nyaman, kontrol audio dll much simpler. Buka kap mesin aja langsung kelihatan attention to detail nya Lexus; cover rapih menutup mesin, accu dll kalau engine bay Zenix telanjang bulat. Kekedapan Zenix sepintas tidak terlalu jauh. Dibanding CorCross entahlah karena saya belum pernah naik spesies tsb.
Thanks Om. Nunggu electric folding mirror kit nih; pengen pasang kalau sudah release. Peredam belum perlu menurut saya; kecuali mau main audio yang serius.
Dan krn kekedapan kabin udah jauh membaik, peredam rasanya tidak perlu lagi. Kecuali kalo minta beneran kabin harus senyap dari wind noise dan road noise.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Bangku baris kedua bisa dilipat ala reborn atau hanya bisa digeser mentok ke depan Om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
#1 sepakatpeterming77 wrote: ↑Tue Jan 03, 2023 2:22
Saya juga lagi menimbang2 buat ambil tipe G hybrid dng rencana upgrade dari must have ke kosmetik:
1) modul electric spion (wajib ada ini)
2) electric foot step (krn kakak saya butuh naik turun yg gampang, aslinya agak susah krn posisi kursi Zenix tinggi diatas lantai dan agak masuk kedalam tidak mepet pintu)
3) retrim setir (atau upgrade sekalian ke setir tipe Q yg ada tombol2 buat CC)
4) retrim armrest supaya empuk2
5) upgrade modul cruise control - non TSS no problem ga penting juga, yg penting bisa CC di jalan tol
6) ganti velg ke 17 atau 18 sekalian
7) retrim yg coklat2 keras plastik ke leather atau suede
Semoga bakalan banyak 3rd party yg bisa upgrade2 printilan begini.
#2 ini pakai universal gt ya Om?
#3 & #5 belum ada info apakah cruise control bisa stand alone atau bundled dgn TSS
#4 & #7 infonya ini bisa di spesialis interior
#6 test ride dl Om. Temen saya pakai G HV jg lalu coba 18" eh balik lagi ke 16" (comfy)
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 653
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
#2 Sempat cari2 info buat Innova Reborn adanya, mungkin kalo Zenix harus tunggu bentar lagi ya, tapi harusnya bakalan ada, namanya mobil sejuta umatripratama wrote: ↑Wed Jan 04, 2023 2:40#1 sepakatpeterming77 wrote: ↑Tue Jan 03, 2023 2:22
Saya juga lagi menimbang2 buat ambil tipe G hybrid dng rencana upgrade dari must have ke kosmetik:
1) modul electric spion (wajib ada ini)
2) electric foot step (krn kakak saya butuh naik turun yg gampang, aslinya agak susah krn posisi kursi Zenix tinggi diatas lantai dan agak masuk kedalam tidak mepet pintu)
3) retrim setir (atau upgrade sekalian ke setir tipe Q yg ada tombol2 buat CC)
4) retrim armrest supaya empuk2
5) upgrade modul cruise control - non TSS no problem ga penting juga, yg penting bisa CC di jalan tol
6) ganti velg ke 17 atau 18 sekalian
7) retrim yg coklat2 keras plastik ke leather atau suede
Semoga bakalan banyak 3rd party yg bisa upgrade2 printilan begini.
#2 ini pakai universal gt ya Om?
#3 & #5 belum ada info apakah cruise control bisa stand alone atau bundled dgn TSS
#4 & #7 infonya ini bisa di spesialis interior
#6 test ride dl Om. Temen saya pakai G HV jg lalu coba 18" eh balik lagi ke 16" (comfy)
#3 & 5, minimal retrim leather udah cukup, krn kalo karet gimana gitu rasanya
#6 iya profil ban 16 kan pasti lebih tebel = lebih empuk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Bangku tengah bisa slide ke depan lalu tilt merunduk sedikit ke depan tapi tidak lipat terguling ke depan ataupun "one touch tumble".
Surprisingly akses ke row belakang masih baik.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
Iya Om, jadi all rounder banget dan fresh. Pajak tahunannya belum tahu karena masih surat jalan sementara; STNK mgkn bulan ini baru keluar (Jan 2023)mejaterbang wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 7:11 congrats untuk mobil barunya om! ini mobil juga jadi impian saya nih kayaknya bener2 all rounder banget. Penasaran om kalau boleh tau pajak hybrid kayak gmn ya? lebih murah dari mesin ICE?
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2572
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: My First Kijang is My First Hybrid - Toyota Innova Zenix G HV 2022
nice om
kalo di bandingin suspensi dan keempukan rx270, zenix ini gimana? apakah selembut rx atau jauh gedubrakan dibanding rx?
kalo di bandingin suspensi dan keempukan rx270, zenix ini gimana? apakah selembut rx atau jauh gedubrakan dibanding rx?
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)