2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by sherryandkez »

Prolog
1167567.jpg
Sebenernya saya udah akrab dengan mobil ini dari tahun lalu. Dari berita-berita, temen yang bocorin foto, dan juga status saya yang masih terkait dengan merek mobil ini hahaha.

Walaupun begitu, review kali ini tetap objektif kok :big_grin: .

Hype mobil ini bisa dibilang di luar ekspektasi internal Toyota. Awalnya udah expect penurunan demand di awal dan selanjutnya bisa naik secara linier. Ternyata bukannya turun malah naik dan 80% demand adalah tipe Hybrid. Padahal rencana awal produksi Hybrid hanya 30% karena bahan baku baterenya susah.

Thanks to socmed, sekarang edukasi customer tentang mobil hybrid gak sesusah dulu. Hampir semua pemesan tipe hybrid mengaku mereka first time beli hybrid ya Zenix ini. Malah sekarang marketing diarahin untuk push customer beli yang bensin aja soalnya ready.

Skip skip, 21 Nov world premiere, 24 Nov kunci udah di tangan. Cukup bangga rasanya jadi pemakai Zenix pertama di jalan selain unit pre-production (padahal mobil ini bukan punya saya juga). Lucunya saya dateng launch Zenix di dealer tanggal 25 nya udah naik Zenix. Alhasil semua customer yang dateng dan sales2 ngelongo liat mobil yang saya bawa :big_grin: .

Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)

Exterior

Gak usah berbusa2 saya jelasin karena semua orang juga udah tau Kijang baru kayak apa hahaha.
1167558.jpg
Dari depan, Zenix keliatan jauh lebih berotot dan kekar dari Reborn. Bentuk grillnya mirip Corolla Cross tapi diperbesar 120%. Lampu dan bentuk overall bumper masih mirip Reborn. Buat tipe Modellista ada add-on bodykit yang bikin tambah ceper, tapi hebatnya sampe hari ini belum pernah gasruk.

Kalo diliat kap mobil ini memang gede dan tinggi banget padahal mesinnya rendah di bawah. Konon sih wading depth nya tinggi tapi saya belum pernah ceburin ke banjir. Kap tinggi ini bikin road presence Zenix jadi lebih mahal dan gagah di jalan :big_smoking: . Oya kap mesin ini juga menurut saya berat banget tapi gak tau kenapanya.
1167559.jpg
Di samping, Zenix membuang total desain Reborn dan balik ke model original Innova 2004 dicampur Highlander. Seriously, garis body mobil ini tegas banget dan kekar. Not my style tapi kebanyakan orang suka pasti. Yang patut dihighlight adalah kaca baris ke-3 yang kecil, agak bikin claustrophobic walaupun bikin kesan keseluruhan samping jadi compact. Ada overfender yang menurut saya sebenernya bagusan dibikin body color aja.

Velgnya pakai ukuran 18” dengan model mirip Alphard ANH20 yang bikin kesan mewah. Warnanya sangat bagus, Toyota bilangnya Super Chrome. Cuma sayangnya bannya terlalu tipis dan offsetnya terlalu masuk.
1167560.jpg
Di belakang saya agak mixed feeling. Di satu sisi ini bagian yang paling bisa diterima di eksteriornya, dan tetap mewah karena mirip RAV4 (menurut saya gak mirip Rush ah, netizen doang). Di sisi lain emang rame banget bagian belakangnya. Emblem aja ada 5 biji. Belum lagi bumper honeycomb palsu sama add-on Modellista yang gondrong. Tapi ngeliat modifan Modellista di Japan, emang biasanya rame jadi termaafkan lah.

Soal pintu bagasi voice command : ini fitur useless sekali. Dari Nov saya pake baru berhasil gak sampai 5 kali dan sudah sekali berhasil bikin saya malu2in karena kayak ngomong sendiri di parkiran yang ramai :ungg: . Lagian kick sensor udah cukupan lah atau smart PBD di hyundai.

Lain-lain : pintu mobil juga tergolong lumayan tebal dan berat, gak kaleng-kaleng. Kualitas cat juga lumayan meningkat dari Reborn.

Overall desainnya cukup main aman dan gak aneh-aneh. Bahkan desainnya kayaknya lebih keliatan mahal dibanding ANF menurut saya. Saran saya pilih warna item aja, selain hemat 3 juta juga nyamarin bodykit gondrong+overfender, lebih keliatan elegan juga.

Exterior : 8/10

Interior
1167562.jpg
Begitu masuk, langsung terasa kalau pintunya lumayan berat dan firm. Doortrimnya sih modelnya biasa aja, beda dengan doortrim Reborn yang bentuknya agak ajaib bikin tangan nekuk2. Yang punya Zenix ini lebih ergonomis. Bahan lumayan kokoh tapi fit and finish agak mengecewakan, bahan kulit doortrim kayak kulit sintetis murahan.
1167561.jpg
Dashboardnya 80% mirip Voxy, bahkan letak tuas transmisi dan speedonya sama persis. Menurut saya desain dashnya juga biasa aja gak aneh2, beda sama pas liat Reborn 2015 lalu wow interiornya beda banget sama sebelumnya. Plusnya, semua gampang dioperasikan dan feelnya cukup mewah. Dashboard sebagian soft touch dan bahan hard plasticnya lumayan tebal juga. Sayangnya sama kayak doortrim, fit and finishnya wawew. Itu kolom shifter pernah berapa kali kesenggol goyang hahaha.

Soal fitur, di dash kulkas mininya ilang. Sayang sih buat mobil harga segini ya. Plusnya, di kanan kiri sekarang ada cupholder. Semua tipe dapet ac auto digital dan electric parking brake. Head unitnya agak mengecewakan, pengoperasiannya susah. Tapi soal suara boleh diacungi jempol, menurut saya setara dengan Camry lama yang non JBL. Udah ada Android Auto dan Apple Carplay juga yang di saya gak kepake.

Nah yang keren, instrumennya sekarang digital kayak Voxy. Hebatnya sampai tipe G Hybrid pun masih dapet speedo model ini. Displaynya sih cuma ada 2 tipe, tapi udah cukup keren lah. Tapi buat pengguna Innova kebanyakan kayaknya ya males ngutak atiknya. Setir persis Voxy dan udah ada paddleshift.

Jok depan dua-duanya masih manual, agak turnoff karena spec Thai yang pernah saya coba udah electric, ditambah lagi spec India ada memory dan cooler seat. Berita baiknya joknya jauh, jauh banget malah lebih ergonomis dari Reborn. Lebih empuk, supportnya lebih baik, headrestnya lebih enak, dan semua-muanya improve dari Reborn. Di bawah jok ada batere yang ventilasinya ada di kiri. Penempatan batere di sini sih biar batere lebih cepet dingin, memudahkan maintenance (filter battery hybrid) dan penggantian batere.
1167563.jpg
Pindah ke baris kedua, langsung keliatan wow banget ada dua jok electric yang ada footrestnya. Langsung berasa naik Alphard. Ditambah lagi di belakang ada RSE individual yang lumayan bisa dipake browsing dan nonton YT. Jarak sliding pun bisa jauh banget ke belakang (apakah sama dengan tipe G/V?) menghasilkan ruang kaki yang luas banget.

Tapi apakah seenak itu?

Well gak juga sih, ada beberapa point kekurangan. Pertama, slidingnya masih manual, kayaknya biar awet digeser2 sama penumpang baris ke-3. Kedua, meja lipat yang ada di Reborn hilang, padahal lebih enak meja di situ karena saya sering meeting on the go. Ketiga (yang paling annoying) ada gundukan batere di bawah jok depan jadi kaki kita gak bisa full masuk ke bawah jok depan pas posisi footrest dinaikin.
1167564.jpg
Dan ada satu point lagi yang lucu, di tipe V one touch slidenya nubruk RSE depan. Ini lagi dicari solusinya sama TAM karena emang TAM yang masang di PDC. Mobil ini keluar pabrik TMMIN gak pake RSE, Modellista pack, voice command backdoor, alarm, ionizer, etc.

Selain itu di belakang juga ada panoramic sunroof, ambient light, dan pengaturan AC. Panonya sih gak panas ya kalo dibuka shadenya, beda sama sunroof mobil lain yang udah ditutup shadenya aja masih panas bener.

Pindah baris ke-3, gak banyak yang dikomen disini. Hebatnya mobil ini, baris ke-3nya lega banget bahkan bisa ber3 dengan nyaman. Ruang kaki juga masih luas dan kaki gak nggantung. Bisa direcline juga. Yang banyak dikomen netizen sih handle grip bar belakang udah gak model retract ya. Itu soalnya biar bisa dipake pegangan naik ke baris ke3 meskipun sebenernya uda dikasi pegangan di bawah. Reborn model retract karena baris ke2nya one touch tumble, ruang masuk baris ke3 nya lebih lega.
1167565.jpg
Bagasinya juga nambah luas lumayan dari Reborn. Ada ruang kecil juga di bawah lantai bagasi yang praktis buat simpen sepatu dan toolbox. Baris ke3 pun bisa direbahin rata lantai. Yang disayangkan ya baris ke2nya gak bisa dilipet, jadi ya udah spacenya terbatas di rebahin baris ke3 aja. Mengecewakan buat Kijang yang dulu iklannya bisa masuk bak mandi :off_no:

Overall buat interior, improvementnya jauh (banget) dibanding Reborn. Fit and finish yang saya bilang jelek juga sebenernya mendingan dari Reborn punya bokap yang pilar A nya udah renggang. Yang paling mengecewakan sih bagasinya aja, kebetulan saya sering bawa barang banyak dan gede soalnya.

Interior : 8/10

Driving

Nah bagian ini yang pastinya ditunggu-tunggu.

Masuk mobil, atur jok, start.. yak cuma keluar tulisan READY hahaha. Kuncinya sama persis kayak Reborn cuma beda emblem aja.

Mungkin saya mulai dari konsumsi bensin aja lah yang pasti pada penasaran.

Oke, dua kata buat mobil ini, IRIT BANGET. Gak paham lagi sebuah Kijang bisa seirit ini. Saya pikir dengan mesin 2.0 hybrid, harusnya gak beda jauh lah sama Lexus saya yang 2.5 hybrid. Ternyata bedanya jauh bener. Di dalam kota, yang mana mobil saya cuma dapat 15-17 km/l, Zenix ini bisa 25 km/l. Gila, irit banget. Corolla Cross pun kata temen saya gak seirit ini. Nah lucunya di tol malah lebih boros, saya cuma dapet sekitaran 23 km/l compared to Lexus saya yang 18-20km/l. Di bawah nanti coba saya jelasin alasannya.
1167566.jpg
“Ah gak full to full, MIDnya salah kali tuh!”

Dari sepengalaman saya sih MID Lexus cuma selisih 0.1 km/l. Tapi oke lah kita coba jalan sampe bensinnya hampir habis sekalian ngetes range full tank. Kalo diisi full tank, range mobil ini pesimis emang cuma 700 km-an. Sama kayak Lexus saya range full tank 800 km-an padahal realnya sampe fuel light nyala bisa 1200+ km.

Isi bensinnya minimal 91 tapi saya pernah isi Pertalite no issue (gak tau ke depannya). Full tanknya rada lucu juga di manual book cuma 52 liter tapi salurannya panjang jadi bisa lebih hahaha.

Jalan keliling dalam kota, toll, sampe bolak balik BDG, di MID 23.1 km/l. Realnya 22.9 km/l. Well mobil ini super irit bahkan macet2an pun MID belum pernah nampang di bawah 14 km/l. Rangenya? Saya bisa 1200 km+ full tank sama kayak Lexus, entah kenapa yutuber gimmick itu cuma dapet 800an km.

Soal performa, mobil ini gak perlu diragukan juga. Tenaga kombinasi hampir 190 hp, body diet 200 kg dari Reborn, bisa dibayangin larinya kayak apa. Saya pernah tes batere full 0-100 dapet angka 9.1 detik. Om topeng itu di YT dapet 8.8 detik pake tipe G yang velgnya kecil. Top speed limited di angka 170, kalo dilepas limiternya saya yakin 220 pun tembus ini mobil.

Dan karena torsi instan dari motor listriknya, mobil ini jadi enak banget dipake jalan jauh di rute luar kota. Berapa kali saya jalan jauh naik ini, ditantangin Reborn/Fortuner/Pajero yang biasa jadi raja jalanan saya gaspol langsung ilang dari spion (kalo mereka gak lari di atas 170 ya). Byebye aja mah Reborn diesel remapan kalo ketemu Zenix. Di gerbang tol pun saya suka iseng gaspol sampe wheelspin hahaha. Kalo di Lexus saya nyetirnya jadi kayak kakek-kakek, di sini malah jadi kebut2an padahal sama2 hybrid.

Handling pun tidak mengecewakan di high speed. Meskipun “cuma” torsion beam kata netizen, handling mobil ini luar biasa untuk ukuran sebuah MPV especially sebuah Kijang. Kalo di Reborn mesti pasang ini itu biar handlingnya enak, di Zenix gak perlu. Standarnya udah enak banget. Pindah jalur highspeed is not an issue anymore. Lebih kayak nyetir Corolla kalo saya bilang.

Chassis and body controlnya juga sangat baik. Di floor pan bawah itu ada rib tambahan sebenernya buat reinforce untuk beban berat, tapi kayaknya malah bikin body tambah rigid dan handling membaik. Sebenernya sih gak bisa dibilang fun to drive juga karena feedback setirnya artificial banget, namanya juga MPV bukan sportscar. Tapi at least mobil ini terasa safe dan capable untuk highspeed cruising.

Satu hal yang merusak adalah bannya. Well mobil ini hampir 190 hp, tapi bannya dikasih eco-ecoan di tipe G dan V, gak kebayang itu secepet apa abis bannya kalo digaspol terus. Di Q dikasih Dunlop SP SportMaxx 050 yang oemnya RX270 dulu tapi tetep gak bisa keep up dengan power ini mobil. Yang mau ngebut pake G sama V harap ganti ban dulu.

Kenyamanan gimana?

Kalau yang biasa naik Reborn, naik ini one step diatasnya. Lebih enak, lebih senyap, lebih empuk, dan lebih semua-muanya. Netizen bilang 600 juta cuma dapet torsion beam pasti belum nyobain, rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30. Ya, senyaman itu menurut saya. Berapa kali juga saya bilang, independent suspension itu gak selalu lebih enak. Wuling independent dari Cortez juga menurut saya enakan ini yang torsion beam. Issuenya cuma 1, kalo diisi penuh agak ambles suspensinya. Saya pernah bawa 150 km/h lebih di dalem masih senyap dan penumpang masih tidur nyenyak.

Buat Q yang udah ada TSS, nyetirnya jadi santai banget karena ada ACC dan lane tracing. ACCnya juga bisa sampai stop jadi gak perlu ngerem. Sejauh ini saya hampir selalu pakai ACC dan lane tracingnya di tol. Auto brakenya juga gak terlalu sensitif kayak Mazda, baru 1x ngerem otomatis selama ini karena ada motor motong nyebrang jalan.

Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?

Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.

Driving : 9.5/10. Never expect Kijang to be this good. :big_exellent:

Verdict

Apakah mobil ini masih sebuah Kijang?

Jawabannya yes. Mungkin mobil ini gak RWD, gak sasis tangga, bahkan gak bisa bawa bak mandi kayak Kijang Kapsul dulu. Tapi mobil ini masih sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Dulu Kijang masih rugged banget, karena orang belum terbiasa dengan mobil penumpang dan medan jalan masih jelek. Masuk ke generasi Innova, Kijang mulai berorientasi jadi mobil penumpang yang bisa medan jelek dan bisa handle tol juga. Sekarang di generasi Zenix, Kijang jadi mobil keluarga yang memenuhi kebutuhan roadtrip jarak jauh dan mobil penumpang yang nyaman.

Dan saya susah ngasih rekomen siapa yang cocok beli mobil ini. Karena kayaknya siapapun cocok. Dari temen-temen saya yang udah beli Zenix, latar belakangnya juga macem-macem. Dari anak muda under 30, karyawan biasa, pengusaha, juragan tanah, ibu rumah tangga, sampai anggota dewan.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.

Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

Kalo warna hitam, otomatis prasangka orang ini mobil inventaris/operasional kantor. Masih gitu gak ya? 😁
Buat yg ngerasa Zenix kegedean, Corcross hybrid pas banget di perkotaan. Jok kulitnya pun lebih mewah CorCross, bannya juga micin primacy vs eco di Zenix. Toyota selalu jelas duitnya lari kemana.
Oia, logo emblem 3 elipsnya ga biru ala Hybrid lazimnya ya, ada logo tulisan hybrid aja sebagai penegas kalo ini mobil Hybrid.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by farizfsa »

Nice review om

Kayanya om emg kesengsem halus nya hybrid toyota. Saya ambil lexus hybrid jg lgs kaya kakek2 mode on yg nyetir halus pelan empuk2 nyaman emg.

Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya

Tp ntah sih 611 jt ++ untuk innova apakah worth the money (untuk mbl baru kayanya worth sih ya)
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 09 Aug 2015, 07:58

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by herp »

Mantep nih reviewnya ada insight "orang dalem" haha

Beberapa minggu lalu sempet mampir ke diler toyota buat iseng liat si zenix baru (sayang waktu itu blm ada unit tes buat dibawa jalan di diler), saya jg ngerasa si innova baru ini much better dibanding pendahulunya (except bq interior di beberapa bagian yg kerasa murah). Paling impress sih sama baris ketiga yg kayanya lebih lega dibanding dua generasi pendahulunya CMMIW.

Saya jg termasuk yg ngerasa innova baru ini masih layak bgt disebut kijang. Mobilnya masih cocok buat semua orang seperti bagaimana seharusnya kijang, buat nyetir sendiri maupun disetirin jg rasanya pantes aja. Kalo dibilang mobil ini "terlalu mahal dan premium" untuk seekor kijang ya dari era kijang kotak juga materi promosi toyota udh nyenggol nyenggol segmen customer menengah ke atas koq
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30.
Ane sebagai netijen yang protes kenapa 600jt torsion beam mau urun pendapat :mky_03:

Masalahnya buat butt o meter ane sih xu30 way way better dari alphard anh20 :mky_01: kbetulan ada 2-2nya dan sudah pernah pp transjawabahn smg sby kondisi kurang lebih sama bahkan ban sama sama 10thn :big_weee:

Harrier kena gronjalan transjawabahn jauh lebih anteng. Alphard kok rasanya limbung banget. Bantingan gabruk gabruk di harrier rasanya lbh napak. alphard sekali kena gronjalan goyangnya kanan kiri lbh berasa... Walau gak harsh ya, tapi agak.... Memabukkan.

Di pantat ane goncangan irs sama torsion beam kerasa bedanya. Ya buat most people ngga kali ya.

Ya kalau kijang 600jt rasanya kayak anh20 aja sih udah upgrade banget :mky_03: blom dapet test drive nih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by grimjow »

sherryandkez wrote: 08 Jan 2023, 13:32 Prolog

Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)


Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?

Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.

And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.

Thank you!
Nice review Om.
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.

Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).

Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.

RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.

Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by walid_007 »

apa mobil ini bisa low speed follow?
trs setelah kmh 0 bisa lgsg d resume?
engine roaring!
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

kok bisa beda" gitu ya fuel cons nya

yutuber pada dapetnya 1:14-15

konsumen riil dapat 1:19-20

apa tergantung kaki?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

farizfsa wrote: 08 Jan 2023, 14:39
Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya
klo oe sih analogi begini

posisi duduk ribon -> zenix = fortuner -> HRV

posisi betis di zenix jauh lebi rebah ketimbang ribon, kursi jg lebi empuk (mirip kursi HRV)

ga bandingin ke cocross krn gapernah coba, tapi harusnya mirip" sama HRV lah ya

konteks : HRV RU / gen 2
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

darrelund wrote: 08 Jan 2023, 21:13 kok bisa beda" gitu ya fuel cons nya

yutuber pada dapetnya 1:14-15

konsumen riil dapat 1:19-20

apa tergantung kaki?
Ngetes fuelcons di hybrid emg agak tricky mbah. Klo pas kita mulai masih full rute pendek pendek macet iritnya pasti jauh banyak drpd lancar :big_biglaugh: banyak kepake motor listriknya.

Kalo ngetesnya lancar mulu malah boros :big_biglaugh:
Last edited by ChZ on 08 Jan 2023, 21:32, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om? :mky_01:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kendibocor »

Harganya aja nih yg uda gak "kijang" lagi...
Eh tp nggak jg deh. G hybrid masih <500jeti. Kalo bener subsidi hybrid jadi berlaku, wah bisa ngacak2 harga mobil segmen 400jt an tuh.
Anw, nice review om :big_exellent:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Pboyz97 »

nice review om. zenix q ini memang upgrade hampir dari segala sisi dibanding reborn, terutama dari segi fitur, kenyamanan dan bantingan suspensinya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: 08 Jan 2023, 21:32 nice review, om :mky_02:
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om? :mky_01:
saya coba bantu jawab ya. kebetulan udh pernah test drive zenix G dan ANPS. keempukan joknya buat saya jauh lebih empuk zenix, itu yg saya td tipe G hybrid dan ANPS nya yg saya td tipe dakar, kalo tipe Q harusnya lebih empuk lagi setau saya dibanding yg G nya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by farizfsa »

Pboyz97 wrote: 09 Jan 2023, 08:59
Venturtle wrote: 08 Jan 2023, 21:32 nice review, om :mky_02:
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om? :mky_01:
saya coba bantu jawab ya. kebetulan udh pernah test drive zenix G dan ANPS. keempukan joknya buat saya jauh lebih empuk zenix, itu yg saya td tipe G hybrid dan ANPS nya yg saya td tipe dakar, kalo tipe Q harusnya lebih empuk lagi setau saya dibanding yg G nya hehehe
menarik artinya secara kenyamanan oke nih mbl ya

tinggal ganti velg biar ga kedodoran aja, cm balik lg harus cr yg ringan kalo ga apa esensi dr mbl hybrid tp pake velg berat
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by romi10 »

Kira-kira wacana subsidi pemerintah untuk beli mobil hybrid kapan terealisasi ya? jadi pengen zenix
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: 17 Oct 2017, 19:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang
Contact:

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by antonyaulia »

Nice Review Om.
Jadi pingin beli ni Zenix, tapi kayaknya yang tipe G aja Hybrid
kodokk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 16 Jan 2009, 23:10

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kodokk »

Om Sherryandkez, klo untk road noise gimana ya? Apakah cukup baik?

Lalu dengan headlight-nya apakah terang di malam hari? Karena biasa Innova agak kurang terang untuk headlight nya
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by sherryandkez »

Rame juga ya, saya jawab 1 1
AbdulHakim wrote: 08 Jan 2023, 14:03 Kalo warna hitam, otomatis prasangka orang ini mobil inventaris/operasional kantor. Masih gitu gak ya? 😁
Buat yg ngerasa Zenix kegedean, Corcross hybrid pas banget di perkotaan. Jok kulitnya pun lebih mewah CorCross, bannya juga micin primacy vs eco di Zenix. Toyota selalu jelas duitnya lari kemana.
Oia, logo emblem 3 elipsnya ga biru ala Hybrid lazimnya ya, ada logo tulisan hybrid aja sebagai penegas kalo ini mobil Hybrid.
model Toyota baru gak ada biru2nya om, sekarang bedanya tulisan Hybrid/Electric di belakang
farizfsa wrote: 08 Jan 2023, 14:39 Nice review om

Kayanya om emg kesengsem halus nya hybrid toyota. Saya ambil lexus hybrid jg lgs kaya kakek2 mode on yg nyetir halus pelan empuk2 nyaman emg.

Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya

Tp ntah sih 611 jt ++ untuk innova apakah worth the money (untuk mbl baru kayanya worth sih ya)
posisi duduk sih jauh lebih enak dibanding reborn, jok juga jauh lebih empuk (masi kulit sintetis). bagi saya yang suka duduk tinggi sih lebih enak dari mbl2 kaya crv atau cx5. 611jt sih worth kalo mobilnya dipake, irit+enak, kalo cuma dipake sesekali gak worth soalnya emang gak spesial2 amat as usual kijang.
herp wrote: 08 Jan 2023, 15:50 Mantep nih reviewnya ada insight "orang dalem" haha

Beberapa minggu lalu sempet mampir ke diler toyota buat iseng liat si zenix baru (sayang waktu itu blm ada unit tes buat dibawa jalan di diler), saya jg ngerasa si innova baru ini much better dibanding pendahulunya (except bq interior di beberapa bagian yg kerasa murah). Paling impress sih sama baris ketiga yg kayanya lebih lega dibanding dua generasi pendahulunya CMMIW.

Saya jg termasuk yg ngerasa innova baru ini masih layak bgt disebut kijang. Mobilnya masih cocok buat semua orang seperti bagaimana seharusnya kijang, buat nyetir sendiri maupun disetirin jg rasanya pantes aja. Kalo dibilang mobil ini "terlalu mahal dan premium" untuk seekor kijang ya dari era kijang kotak juga materi promosi toyota udh nyenggol nyenggol segmen customer menengah ke atas koq
om posisi dimana? ntar kalo mau coba saya arahin ke dealer terdekat, udah ada instruksi soale dr TAM setiap dealer disuruh punya unit test dan mesti yang hybrid :big_peace: ampun dah dulu mana ada orang beli innova test drive dulu.

segmentasinya ini G buat fleet om, V ke broad customer, Q ke upper class. tapi malah Q paling laku ternyata.
ChZ wrote: 08 Jan 2023, 17:34
rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30.
Ane sebagai netijen yang protes kenapa 600jt torsion beam mau urun pendapat :mky_03:

Masalahnya buat butt o meter ane sih xu30 way way better dari alphard anh20 :mky_01: kbetulan ada 2-2nya dan sudah pernah pp transjawabahn smg sby kondisi kurang lebih sama bahkan ban sama sama 10thn :big_weee:

Harrier kena gronjalan transjawabahn jauh lebih anteng. Alphard kok rasanya limbung banget. Bantingan gabruk gabruk di harrier rasanya lbh napak. alphard sekali kena gronjalan goyangnya kanan kiri lbh berasa... Walau gak harsh ya, tapi agak.... Memabukkan.

Di pantat ane goncangan irs sama torsion beam kerasa bedanya. Ya buat most people ngga kali ya.

Ya kalau kijang 600jt rasanya kayak anh20 aja sih udah upgrade banget :mky_03: blom dapet test drive nih.
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam :big_slap: padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.

my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.

wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe :big_biglaugh: buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
grimjow wrote: 08 Jan 2023, 18:22 Nice review Om.
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.

Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).

Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.

RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.

Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
mileagenya belom paling tinggi seindo om, ada unit tes prototipe uda 50rb :big_biglaugh: enjoy banget sih emang enak mblnya.

pertalite saya tulis di atas pernah oom, gak kerasa bedanya sih (teorinya pake pertalite lebih kasar pindah ev-gasoline nya, karena knocking). tapi ya unit prototipe juga pada diisi pertalite gpp.

RSE bangke bener sih fungsional tapi kaya aftermarket banget. mana gak bs dicopot, kalo dicopot cover jok bolong.

ane pas ngajarin sales cara pakenya aja gagal om itu voice command backdoor, tengsin bener hahaa :big_biglaugh:
walid_007 wrote: 08 Jan 2023, 19:51 apa mobil ini bisa low speed follow?
trs setelah kmh 0 bisa lgsg d resume?
bisa low speed follow sampe 0, resume injek gas dikiit aja
darrelund wrote: 08 Jan 2023, 21:13 kok bisa beda" gitu ya fuel cons nya

yutuber pada dapetnya 1:14-15

konsumen riil dapat 1:19-20

apa tergantung kaki?
tergantung kaki om, itu juga yang saya bingung kok pada dapet boros :big_think: seumur2 pake ga pernah average dibawah 1:19, pernah sampe 14an itu karena jadi genset nungguin di bandara/gedung parkir.
Venturtle wrote: 08 Jan 2023, 21:32 nice review, om :mky_02:
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om? :mky_01:
jauh lebih empuk dan ergonomis zenix om, bokap ada anps soale jd tau :big_biglaugh:
kendibocor wrote: 08 Jan 2023, 21:49 Harganya aja nih yg uda gak "kijang" lagi...
Eh tp nggak jg deh. G hybrid masih <500jeti. Kalo bener subsidi hybrid jadi berlaku, wah bisa ngacak2 harga mobil segmen 400jt an tuh.
Anw, nice review om :big_exellent:
aslinya ini mobil mau pake hybrid altis om, startnya kepala 3. pas dicoba ternyata underpowered banget jadi naik ke 2.0 hybrid dengan mengorbankan interior/fitur dan harga
Pboyz97 wrote: 09 Jan 2023, 08:58 nice review om. zenix q ini memang upgrade hampir dari segala sisi dibanding reborn, terutama dari segi fitur, kenyamanan dan bantingan suspensinya
banget om, whole new level lah
romi10 wrote: 09 Jan 2023, 11:17 Kira-kira wacana subsidi pemerintah untuk beli mobil hybrid kapan terealisasi ya? jadi pengen zenix
belum ada kabar lagi om, kita juga lagi nunggu2
antonyaulia wrote: 09 Jan 2023, 17:46 Nice Review Om.
Jadi pingin beli ni Zenix, tapi kayaknya yang tipe G aja Hybrid
G hybrid udah cukup om kalo buat A ke B. ga nyesel, 450jt tapi ride nya rasanya mahal, kenceng, dan irit pula :big_peace:
kodokk wrote: 10 Jan 2023, 09:54 Om Sherryandkez, klo untk road noise gimana ya? Apakah cukup baik?

Lalu dengan headlight-nya apakah terang di malam hari? Karena biasa Innova agak kurang terang untuk headlight nya
road noise cukup baik om, yang masih masuk suara ban (ban yang sama dulu di crv saya jg berisik). yang mengejutkan perpindahan dari ev-gasolinenya bahkan lebih halus dari Lexus saya. ya beda 8 taun sih umurnya :big_biglaugh:

headlight terang sih tapi yaa std pabrik, gak akan seterang headlamp upgradean. yang saya males lampunya agak baur karena non projie, padahal udah terang dan jauh jangkauannya menurut saya
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

sherryandkez wrote: 10 Jan 2023, 10:45
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam :big_slap: padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.

my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.

wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe :big_biglaugh: buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
netizen bocah kolom komentar mah gt dihibur pake sunroof sampe lampu LED aja seneng. ada tuh akun h*j*tm*b*l keliatan banget adminnya netizen bocah :mky_03:

klo di ANH20 dulu gak berani selap selip, harrier msh berani selap selip :big_biglaugh: + si alphard kerasa tinggi banget jadi gerak dikit goyangnya berasa.

wkwkwk berarti still "kijang" sih akhirnya. :mky_03: jadi one car solution. klo yang kaya jadi mobil kerja, luar kotaan alphard
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Pboyz97 »

farizfsa wrote: 09 Jan 2023, 11:03

menarik artinya secara kenyamanan oke nih mbl ya

tinggal ganti velg biar ga kedodoran aja, cm balik lg harus cr yg ringan kalo ga apa esensi dr mbl hybrid tp pake velg berat
yes, apalagi biasa make mobil kelas dibawahnya atau sesama ladder. kenyamannya cukup oke buat sebuah kijang menurut saya, walaupun ya blm senyaman mobil monokok kelas crv or cx5 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

sherryandkez wrote: 10 Jan 2023, 10:45
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam :big_slap: padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.

my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.

wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe :big_biglaugh: buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
ChZ wrote: 10 Jan 2023, 10:59

netizen bocah kolom komentar mah gt dihibur pake sunroof sampe lampu LED aja seneng. ada tuh akun h*j*tm*b*l keliatan banget adminnya netizen bocah :mky_03:

klo di ANH20 dulu gak berani selap selip, harrier msh berani selap selip :big_biglaugh: + si alphard kerasa tinggi banget jadi gerak dikit goyangnya berasa.

wkwkwk berarti still "kijang" sih akhirnya. :mky_03: jadi one car solution. klo yang kaya jadi mobil kerja, luar kotaan alphard
TB belakang VS FISS

klo mau lbh berasa coba duduk belakang, trus lewat jalan bergelombang dgn kecepatan agak tinggi,
rasakan bedanya :big_biglaugh:

klo buat Sedan atau sekelas Mazda 3 sih mungkin gak terlalu gmn bedanya, krn desain sasis dan body udh mendekati tanah.
tapi klo TB di mobil MPV + Travel Suspensi lbh panjang berasa itu klo duduk di row 2 apalagi 3 :mky_03:


cuma TB itu punya the ultimate positive aspect:
- More durable
- Easier to maintain
- Bigger back cabin

jd value nya "Kijang" yg Robust, masih mewarisi lah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jun 2017, 14:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Fearised »

grimjow wrote: 08 Jan 2023, 18:22
sherryandkez wrote: 08 Jan 2023, 13:32 Prolog

Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)


Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?

Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.

And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.

Thank you!
Nice review Om.
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.

Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).

Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.

RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.

Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
Fix ,RSE sumber rattle, punya saya bunyi klotak klotak gletek gletek pas jalan tidak rata, pas cek 1000 km ditoyota, akan dipesankan unit rse baru diambil dari jakarta. Utk suspensi ,entah kenapa masih empukan all new livina saya dl, dizenix lebih kaku ,dan ayunan minim. Keren si om, Q nya sudah tembus 10rb , punya saya baru masuk 1500, dipakai harian
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

AbdulHakim wrote: 10 Jan 2023, 14:22 nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
eh jangan dongs

nanti dikata nitijen ATPM kikir, tukang sunat, maunya untung doang

gmn tuh


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post