Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kunaskun »

Terlepas dari segala kontroversi about EV (any EV) here there and everywhere. let's just enjoy this car as a car :mky_04: :big_biglaugh:

Stories
Ini mobil yang mengguncang dunia persilatan otomotif Indonesia, mulai dari merek aja udah kontroversi. and just stop there.
bajaj EV ini (here we go, again), ehm maksudnya Air ini. :upss:

Air ini kepunyaan kenalan, dipersilahkan icip2, karena saya tidak tahu diri tentu saja mau test jadi penumpang dulu baru mau nyetir lagi. Test drive dilakukan malam hari dan lalin Jakarta malam itu ramah sekali, Tebet - Grogol 30 menit kurang via toll dalkot.

Exterior
ketika sampai, dari tampilan saja sudah jadi neck breaker, semua orang melihat, bocil2 apalagi lucu ya lucu ya apalagi pas malem ini mobil tidak kalah heboh dari bus akap. Stargazer pun jadi tidak seheboh ini. yang paling menakjubkan tetap saja di soal dimensi yang cuma segitu. Literally, Bajaj like. 3 meter kurang, lebar 2 meter kurang, tinggi 1,5 meter. sepertinya Jetski darat gerombolan namex saja kalah kecil. :upss:

Warna yang saya coba adalah Hijau. Pilihan warnanya entah kenapa tidak seperti merek lain, tidak ada yang heboh kecuali kuning, biru dan hijau pastel. bahkan Putih pun ternyata solid gloss white. kalau saya akan pilih racing red in two tone, tapi tidak ada. Roda hanya berukuran 12 inch benar2 memberikan efek visual mini. Tapi salut dengan engineering Wuling, stance kiri kanan depan belakang tidak tercela, everything just right and sijuki made in vrindavan gotta learn something from this Chinese giant. Mungkin kalau mau tampil beda cukup ganti motif velg saja atau inch up seperti yang dilakuin para influencer. :big_biglaugh:

Tapi bukan China brand namanya yang ga bikin sesuatu yg ajaib (not quirky but grasping), handle pintu vertical chrome itu biasa, tapi tanpa mekanikal key sama sekali LOL ini saja temen sampe cari buku manualnya yang versi asli ternyata ada emergency access di balik charging port. Oh tentu saja lampu malamnya itu berkebalikan fungsinya dengan lampu di logo di charging port itu. Logisnya: Lampu logo tsb adalah DRL gitu ya, ini malah jadi lampu malam barengan dengan lampu utama. Lampu malam? ya itu led bar dari ujung ke ujung. DRL? Tidak ada. Tapi acungan jempol untuk output lampu utamanya sangat lebih dari cukup untuk mobil dalam kota ini, bahkan untuk keluar kota pun masih pede.

Mungkin kelemahan terbesar itu ada di Spion Luar yang jangkauan pandangan kurang jauh dan penempatan lampu belakang yang di bumper, bukan di kaca jadi kurang terlihat oleh kebanyakan kendaraan di belakang. untung ada lampu sign di spion yg unik, karena ada di sisi depan dan samping yang terpisah.

dilihat2 dari panel gap and assembling precision, memang bukan yang terbaik, bahkan bisa dibilang masih satu dua level dibawah kerjaan ADM. Tapi sepertinya yang beli kendaraan ini gak mikirin gituan. Oh ya engine hood itu sangat kecil dan bisa dibilang tidak berguna karena untuk akses aki tetap butuh bongkar front bumper dan practically mobil ini jadi tidak ada moncong (mungkin amit2 kalau frontal impact harus siap2 angkat kaki macem pickup jaman dulu = joking).

Overall, sebetulnya kalau ini bukan EV pun mungkin masih bisa laku kalau dari segi tampilan saja, karena bentuknya itu bisa dibilang masuk kategori memikat bukan antara suka atau tidak suka. :big_love:

Image

Interior.
Pegang kunci, well bentuknya antik, macem kotak kosmetik. apalagi dikasih silicone case unyu gitu. it's quirky for this one. Oh ya varian Standard Range tetap dapet kunci mekanis dengan wireless button.

Masuk ke dalam, bukaan pintu amat sangat lebar, dan pintunya memang lebar, bisa dibilang 60% dari bagian samping kendaraan ini adalah pintu, dan ini sangat membantu untuk keluar masuk terutama baris kedua karena itu bangku cuma bisa slide and recline saja tak bisa fold. duduk di bangku, langsung berasa ah ya ini bajaj bukan mobil LOL. :big_slap:

Entah kerasukan apa tapi sepertinya yg design jok ini mementingkan estetika saja, AESTHETIQUE gaes kalo kata Gen Z. everything covered in white nuance, bikin nuansa lega tambah lega lagi karena kacanya juga ekstra besar.

Dua layar besar di tengah itu practically ga guna, karena terlalu rendah posisinya, its like driving a toddler little tikes in real road. Spion tengah? sama parahnya tapi ya mungkin karena ini mobil kecil jadi kalau dikasih gedean kepentok. Bangku belakang? saya cuma coba duduk, ya memang sempit tapi bearable for very short drive. sayangnya ga cobain pas jalan. Pandangan ke segala arah sangatlah lega, mungkin ini kali ya rasanya nyetir Kei Car (tentu Kei car lebih gede) bukan mobil kecil akal2an sijuki. Dashboard sangat rendah, memang pilar A rada ganggu karena kepala saya sudah nyaris menyentuh plafon dan batas kaca depan itu hampir sejajar mata, but its okay.

Overall, kata2 ergonomic di dalem itu tidak ada, semuanya harus aesthique. Tilt steering angle yang aneh mendekati nyetir pickup, jok yang serba salah sudutnya, bahannya yang entah pake busa apaan, ditambah lagi that Driving Gear Selector placed very awkwardly, begitu juga tombol power window, posisi seatbelt yang jauh ke belakang, steering wheel juga rada aneh sebenarnya tapi ya ini bisalah. Ah dosa terakhir: TIDAK ADA GLOVE BOX dimanapun.

kalau ada yang nyuruh saya nyetir ini mobil sekali jalan kurang dari sejam dan 2-3x mungkin saya masih kuat, tapi ga lebih, karena ini mobil untuk kalangan AESTHETIQUE. :ungg: :big_grin:

Image

DRIVING.
Depress brake pedal, wait for driving ready, turn to D, voila ga jalan. LOL. Creeping mode-nya rada lemot apalagi kalau auto brake hold engaged. injek lagi gas jalan dan gitu doang jalannya. believe me, kayanya tarikan instan jauh lebih kenceng bom bom car, kalau kata kenalan: ini kaya nyetir mobil anak yang pake aki. Tarikan awal tidak instan, ini macem mobil normal, literally ICE normalish econo box. EV instant response? ga ada apalagi med or high speed. I miss that Nissan Kicks instant response. tapi sekedar buat jalan2 dalkot, you go from point A to B its more than enough, bahkan sorry to say LCGC anda seperti kemahalan di mesin ICE.

Faktor kaya gini memang seperti mengurangi fun factor, tapi kadang2 mendingan kaya gini, karena bayangin kalau dibikin instan macem EV normal, bisa2 ini mobil adalah the next step from emak2 naik LCGC. dan tentu saja anda tidak mau jadi korbannya kan. But, still I wish some way to engage Ludacris mode LOL

Test nanjak? kalau full load akan kepayahan terutama tanjakan ekstrem ya, dan jangankan salah mobilnya salahkan yang bikin itu tanjakan. Tapi tebakan saya ini karena engine management seperti tidak cocok dengan jalanan Indo (ciri khas China brand di Indo) yang jalanannya antik karena sangat bervariasi.

Braking response quite good, dan tetap saja bukan China brand kalo ga ada yang aneh, itu Brake Regenaration Mode super aneh, kalau pilih paling maksimum yang ada ndut2an dan malah bahaya karena ketika lepas gas mendadak mobil langsung seperti direm mekanikal tapi lampu rem ga nyala. Entah kenapa kaya gitu, akhirnya saya pake yang medium saja, dan lumayanlah untuk dalkot, sudah mirip denga One Pedal Mode hanya butuh rem mekanis ketika berhenti total di lampu merah.

Handling? ITS GOOD. SO GOOD that I believe Wuling hire some Lotus dude to work it. Bantingan enak? ngga, empuk? pas. keras? pas. Bikin mabok? ya tentu saja karena posisi duduk tinggi bikin pusing (subyektif) tapi lama2 kelamaan biasa. Tapi ketika nyetir, it can make you smile (selain karena dimensinya) karena feedback steering wheel ya entah kenapa kaya ga pake EPS tapi enteng dan bobotnya pas untuk mobil segini. Dipikir2 ini keuntungan RWD pake gardan?. Ban boleh cuma 12 dengan tapak kecil but it swerve like a snake. Di kecepatan 90 kph pun meyakinkan, bahkan percayalah jauh lebih banyak mobil lebih besar dan normal yang di kecepatan segitu bikin rada2 takut, dan mobil2 kaya gini masih dijual (yeah, i name you, RUSH TERIOS). Bantingannya sangat normalish untuk mobil umumnya dan tentu saja ketolong posisi batere di lantai dan jadi pemberat alami. UNBELIEVEABLE. :big_love: :big_love: :big_love: :big_love:


Image
Image

NVH.
Engine noise itu ada, dan dari belakang, tebakan saya: bunyi gardan bercampur suara roda. karena peredaman mobil ini sangat minim. saking minimnya suara klakson itu kaya di dalem mobil daripada di luar dan suara efek khas EV ketika mundur atau jalan pelan juga kedengaran di dalam. dan ini point terburuk dari mobil ini selain interior ergonomics. suara keempat roda pun tembus ke dalam.

Bantingan sebagai penumpang pun biasa saja, untuk saya pas pertama2 naik rada mabok karena posisi duduk terlalu tinggi dan mobil ini memang proporsinya tinggi. ketemu lobang tetap berasa gedabak gedebuk, begitu juga sambungan toll, tapi ya itu mesti dipujikan dengan roda hanya segede gitu bisa kasih rasa sebagus ini. :big_exellent:

Features & Fun Facts.
1. EV.
2. EV.
3. EV.
4-~. bonus.

Menurut saya sudah kategori kekinian untuk seharga ini. Memang tidak ada TSS atau Honda Sensing sejenisnya. Tapi untuk safety di type Long Range ini cukup banget. karena selling point as EV sudah terpenuhi. Dan ada Wuling Link atau apalah namanya itu semacam remote mobil dari jarak jauh yang konek ke wifi atau bluetooth hape, dan bisa buat buka buka tutup pintu (made up modern problem karena kadang itu BT Remote ga jalan atau server Wuling itu kadang2 Down).

Oh ya itu layar tengah ukuran 10" lebih itu nyaris tidak berguna karena kegunaannya terbatas akibat offline navigation ditambah lagi OS yang dipake Android based tapi di modif habis2an oleh Wuling, juga tidak ada Android Auto atau Apple Car Play (makanya yg pake mau ga mau pasang smartphone holder).
AC sangatlah amat dingin, mungkin kategori AC Pesawat penumpang kali ya saking dinginnya.
dan simpanlah baik2 itu adaptor charging port karena Wuling Air EV ini pake standard China yang mana lebih ga umum lagi dari ChaDeMo di Indonesia. Bendanya si simple cuma plastik gitu doang tapi amat vital. harganya? 500 ribuan.
Untuk Ban ada baiknya stok sebiji, karena di beres konon baru ready stock dan di toko2 ban besar tertentu saja yang ada, ditambah lagi emergency tyre repair kit-nya kualitasnya begitulah.

Charging time untuk 7.7Kwh (paling kenceng yang bisa disedot) itu sekitaran 4 jam dari kosong. range 300 km itu bisa tercapai kalau kata kenalan, dan tentu saja modal nekad plus mau latihan jantung.

Image

Conclusions.
Saya mikir, kalau semua pabrikan bikin ginian, bisa2 itu GREENPEACE akan demo sedunia, karena akan tambah macet kaya apa jalanan kota di dunia, dipenuhi Egoistic Personal Transporter yang ga bikin polusi pas jalan. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Memang ini bukan mobil untuk 99%% orang Indonesia. yang selain isinya netijen mendang mending tapi kaum maha benar yang hobinya mendingan ada tapi ga kepake tapi ga akan beli itu, juga pemuja merek dan fungsionalitas sebagai 3 baris yang lega.

tapi ini sepertinya masuk ke area yang sangat2 niche market. macem sport car atau hyper car atau luxury car. karena terlalu banyak keterbatasan. tapi kalau saya di kategori tsb juga dan atau mobilitas sehari2 saya diisi repeated very short driving times pasti saya beli, seperti kenalan saya tersebut. :big_smoking:

Bonus, mobil yg kena kutukan label: xyz killer dan gimana kejamnya dunia otomotif indo
Image
Image
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

Nice one om :mky_02:
Berarti emang bener masalah utama ergonomi ya. Sama kalo saya blg sih ya safetynya. Otomatis dengan firewall sependek itu, crumple zone jg minim sekali. Kalo tabrakan frontal dari depan kecepatan agak tinggi agak2 mengerikan. Airbag jg ga akan banyak guna kalo secara structural ga mendukung ya. Nampaknya blm ada crash test yg dilakukan sama mbl ini ya? Selain di indo apa negara lain blm pd jual ya? :big_think:
Tp bener kalo cuman jarak2 pendek-menengah sih harusnya aman2 aja. Mau lari brp sih ditengah2 kota gede di indo yg semuanya sekarang uda macet ini.

Btw, untuk ukuran mobil yg dihujat natijen penjualannya kayaknya cukup bagus. Saya liat di jalanan jg banyak cowok2 pake n santai2 aja ga berasa confidencenya berkurang drastis. Mudah2an subsidi 80jt nya bener2 dapet nih biar harganya menarik. :mky_02:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by fl4b1e »

Mantap reviewnya mbah Kunaskun.. detilnya luarbiasa.. apalagi yg masalah layar..

btw,Masalah aestetique, epb yg lokasinya deket power Windows jadi ga masalah ya Mbah?

Anyway, jadi teringat saya kuliahin temen saya, yg sudah berpasangan meski belum ada anak mau beli ErEV ini tuk mobil pertama.. Kalau rumah ditengah kota, tuk masalah ganjil genap sih fine.. aman.. ini rumahnya di sub satelit Jakarta, Medan naik turun bukit, jalan tol, berpikiran 300 juta tuk air ev???

Mending beli mobil ICE 200 juta, sisa 100jt tuk beli bensin 6 tahun sama servis... bisa tuk keluar kota, pindahan rumah, dll.. meski kalah di ganjil genap..
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by fansdiesel »

:off_good_job:

Memang yang masih insecure sama pandangan orang soal maskulinitas diri sendiri itu yang sebenarnya laki laki cupu dan loser
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by michaelgiri93 »

Nice review Mbah
Di kota saya (Solo) sudah beberapa kali lihat itu mobil lalu lalang
Btw saya salah fokus sama kuncinya, lucu banget wkwkwk
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

Ni mobil dari awal keluar menarik sih kecuali harga beli dan faktor safetynya. Kalo dpt subsidi bakalan menarik sih walaupun entah brp duit. Bayangin aja pajak cuma 400rb, 1 tahun pajak mbl yg skrng ane pake bisa bwat bayar pajak wuling 25 thn :big_biglaugh:
Trus ane ngitung kalo commuter ane sendiri sekitar 1000km/bulan itung2an kasar listrik cuman 180-200rb an. Kalo skrng pake bensin aja sebulan 2x isi bensin uda 1,5 jt an. Blm ngirit ganti oli segala yg bs 2x/thn @2 jutaan. Kalo pure untuk point A to point B, cocok banget sih. Tp tetep harus punya 1 mbl ICE lg. Jd wuling bwat daily, 1 lg untuk weekend/keluar kota.

Tp baca2 grup wuling di fb, banyak problem jg ternyata mulai dari layar speedometer sampe problem ngecharge. Sementara tetep wait n see dulu kayaknya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: Sat Jan 28, 2023 15:07 Nice one om :mky_02:
Berarti emang bener masalah utama ergonomi ya. Sama kalo saya blg sih ya safetynya. Otomatis dengan firewall sependek itu, crumple zone jg minim sekali. Kalo tabrakan frontal dari depan kecepatan agak tinggi agak2 mengerikan. Airbag jg ga akan banyak guna kalo secara structural ga mendukung ya. Nampaknya blm ada crash test yg dilakukan sama mbl ini ya? Selain di indo apa negara lain blm pd jual ya? :big_think:
Tp bener kalo cuman jarak2 pendek-menengah sih harusnya aman2 aja. Mau lari brp sih ditengah2 kota gede di indo yg semuanya sekarang uda macet ini.
kalau soal safety, mestinya tidak buruk2 amat menilik kakaknya si Wuling Hongguang yang sedikit lebih kecil lagi dan lebih murah ketika crash test masih ada kesempatan selamat untuk penumpang.
Btw, untuk ukuran mobil yg dihujat natijen penjualannya kayaknya cukup bagus. Saya liat di jalanan jg banyak cowok2 pake n santai2 aja ga berasa confidencenya berkurang drastis. Mudah2an subsidi 80jt nya bener2 dapet nih biar harganya menarik. :mky_02:
penjualan kata kenalan saya tahun lalu sejak launching sebulan bisa diatas seribu unit, belakangan tertahan karena tunggu2an pemerintah mau kasih insentif seberapa dan kapan, jadi banyak buyer yang tahan DO.

soal confidence itu mah tipikal makhluk yg pasang teot2 di duo gerobak sayur :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kunaskun »

fl4b1e wrote: Sat Jan 28, 2023 15:45 Mantap reviewnya mbah Kunaskun.. detilnya luarbiasa.. apalagi yg masalah layar..

btw,Masalah aestetique, epb yg lokasinya deket power Windows jadi ga masalah ya Mbah?
EPB itu ga masalah, karena cuma sesekali dipencet kan yg jadi masalaha Power Windows, aneh banget, apalagi kalau parkir maju mundur ribet sendiri sama puter2an Driving mode.
Anyway, jadi teringat saya kuliahin temen saya, yg sudah berpasangan meski belum ada anak mau beli ErEV ini tuk mobil pertama.. Kalau rumah ditengah kota, tuk masalah ganjil genap sih fine.. aman.. ini rumahnya di sub satelit Jakarta, Medan naik turun bukit, jalan tol, berpikiran 300 juta tuk air ev???

Mending beli mobil ICE 200 juta, sisa 100jt tuk beli bensin 6 tahun sama servis... bisa tuk keluar kota, pindahan rumah, dll.. meski kalah di ganjil genap..
kalo ini pikiran generasi boomer, pikiran gen Z ya yang diatas itu, cara mikirnya beda. kebetulan akhir tahun kemaren saya ada ngobrol dengan generasi Z soal beli mobil pertama, mikirnya muter2 mbulet sampe saya nyerah, terserah lo dah :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kunaskun »

fansdiesel wrote: Sun Jan 29, 2023 2:47 :off_good_job:

Memang yang masih insecure sama pandangan orang soal maskulinitas diri sendiri itu yang sebenarnya laki laki cupu dan loser
kurang testosteron kalau kata anak gym :big_biglaugh:
michaelgiri93 wrote: Sun Jan 29, 2023 2:53 Nice review Mbah
Di kota saya (Solo) sudah beberapa kali lihat itu mobil lalu lalang
Btw saya salah fokus sama kuncinya, lucu banget wkwkwk
itu kuncinya pake silicone case, aslinya saja sudah lucu, ini jadi lebih lucu lagi :big_biglaugh:
kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 4:44 Ni mobil dari awal keluar menarik sih kecuali harga beli dan faktor safetynya. Kalo dpt subsidi bakalan menarik sih walaupun entah brp duit. Bayangin aja pajak cuma 400rb, 1 tahun pajak mbl yg skrng ane pake bisa bwat bayar pajak wuling 25 thn :big_biglaugh:
Trus ane ngitung kalo commuter ane sendiri sekitar 1000km/bulan itung2an kasar listrik cuman 180-200rb an. Kalo skrng pake bensin aja sebulan 2x isi bensin uda 1,5 jt an. Blm ngirit ganti oli segala yg bs 2x/thn @2 jutaan. Kalo pure untuk point A to point B, cocok banget sih. Tp tetep harus punya 1 mbl ICE lg. Jd wuling bwat daily, 1 lg untuk weekend/keluar kota.

Tp baca2 grup wuling di fb, banyak problem jg ternyata mulai dari layar speedometer sampe problem ngecharge. Sementara tetep wait n see dulu kayaknya.
yep, ini bener2 niche, sampe nanti ada kompetitor. apalagi bayangkan saja kalau Brio atau S-Presso sudah kecil, ini 30-40% lebih kecil lagi, jangankan 4 orang + tas, 2 orang + 2 koper besar saja sudah pas.
soal problem menurut saya kalaua memang butuh ya beli saja dengan harga hanya segitu :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: Sun Jan 29, 2023 8:13
kendibocor wrote: Sat Jan 28, 2023 15:07 Nice one om :mky_02:
Berarti emang bener masalah utama ergonomi ya. Sama kalo saya blg sih ya safetynya. Otomatis dengan firewall sependek itu, crumple zone jg minim sekali. Kalo tabrakan frontal dari depan kecepatan agak tinggi agak2 mengerikan. Airbag jg ga akan banyak guna kalo secara structural ga mendukung ya. Nampaknya blm ada crash test yg dilakukan sama mbl ini ya? Selain di indo apa negara lain blm pd jual ya? :big_think:
Tp bener kalo cuman jarak2 pendek-menengah sih harusnya aman2 aja. Mau lari brp sih ditengah2 kota gede di indo yg semuanya sekarang uda macet ini.
kalau soal safety, mestinya tidak buruk2 amat menilik kakaknya si Wuling Hongguang yang sedikit lebih kecil lagi dan lebih murah ketika crash test masih ada kesempatan selamat untuk penumpang.
Btw, untuk ukuran mobil yg dihujat natijen penjualannya kayaknya cukup bagus. Saya liat di jalanan jg banyak cowok2 pake n santai2 aja ga berasa confidencenya berkurang drastis. Mudah2an subsidi 80jt nya bener2 dapet nih biar harganya menarik. :mky_02:
penjualan kata kenalan saya tahun lalu sejak launching sebulan bisa diatas seribu unit, belakangan tertahan karena tunggu2an pemerintah mau kasih insentif seberapa dan kapan, jadi banyak buyer yang tahan DO.

soal confidence itu mah tipikal makhluk yg pasang teot2 di duo gerobak sayur :big_biglaugh:
:mky_03: ya itu mbah, musti pake toet2 wiu2 baru pede. Kalo pake ginian merasa kegantengan berkurang, padahal mah emang dasarnya ga ganteng aja kali :big_biglaugh:
kunaskun wrote: Sun Jan 29, 2023 8:20
kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 4:44 Ni mobil dari awal keluar menarik sih kecuali harga beli dan faktor safetynya. Kalo dpt subsidi bakalan menarik sih walaupun entah brp duit. Bayangin aja pajak cuma 400rb, 1 tahun pajak mbl yg skrng ane pake bisa bwat bayar pajak wuling 25 thn :big_biglaugh:
Trus ane ngitung kalo commuter ane sendiri sekitar 1000km/bulan itung2an kasar listrik cuman 180-200rb an. Kalo skrng pake bensin aja sebulan 2x isi bensin uda 1,5 jt an. Blm ngirit ganti oli segala yg bs 2x/thn @2 jutaan. Kalo pure untuk point A to point B, cocok banget sih. Tp tetep harus punya 1 mbl ICE lg. Jd wuling bwat daily, 1 lg untuk weekend/keluar kota.

Tp baca2 grup wuling di fb, banyak problem jg ternyata mulai dari layar speedometer sampe problem ngecharge. Sementara tetep wait n see dulu kayaknya.
yep, ini bener2 niche, sampe nanti ada kompetitor. apalagi bayangkan saja kalau Brio atau S-Presso sudah kecil, ini 30-40% lebih kecil lagi, jangankan 4 orang + tas, 2 orang + 2 koper besar saja sudah pas.
soal problem menurut saya kalaua memang butuh ya beli saja dengan harga hanya segitu :big_biglaugh:
Saat ini blm pd taraf butuh sih mbah, cuma memang efisiensinya sangat2 menarik saat jaman begini. Ane pribadi kalopun mau beli pasti tujuannya cuman 1 untuk pengiritan, makanya tetep nunggu kabar subsidian gmn. Untuk saat ini sih masih agak sayang beli ni mobil kalo masih diatas 250jt. Mau jual mazda 2 masih nambah sekitar 100jt an lg kalo mo beli, jd ga masuk hitung2annya kalo harus nambah 100jt lg bisa untuk maintenance/biaya bbm si mazda mungkin bisa sama lamanya sama si wuling sampe ganti batere.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 11:04 Saat ini blm pd taraf butuh sih mbah, cuma memang efisiensinya sangat2 menarik saat jaman begini. Ane pribadi kalopun mau beli pasti tujuannya cuman 1 untuk pengiritan, makanya tetep nunggu kabar subsidian gmn. Untuk saat ini sih masih agak sayang beli ni mobil kalo masih diatas 250jt. Mau jual mazda 2 masih nambah sekitar 100jt an lg kalo mo beli, jd ga masuk hitung2annya kalo harus nambah 100jt lg bisa untuk maintenance/biaya bbm si mazda mungkin bisa sama lamanya sama si wuling sampe ganti batere.
yep, mendingan wait n see saja sampe itu insentif pemerintah gimana. yang sekarang sebenernya sudah sangat worth si, makanya golongan yang duitnya tak berseri ya beli saja, pajak tahunan murah, listriknya diskon lagi kalau charge di malam hari, bbn-kb juga murah.

penghematan kalau versi kenalan saya bisa 40-60 juta setahun, hanya dari bensin yang kira2 4-5 juta sebulan pertamax turbo dengan kendaraan yang dapet 10 kpl dalkot. belum lagi nyaris zero maintenance.

kalau hitungan bodoh saya si gampang, tahun pertama kedua penghematan yang didapet itu buat beli battery pack yang anggap saja setelah 5 tahun pasti soak atau untuk nutup resale value yg pasti kena potong harga battery pack tsb. sisanya buat ketawain org2 yg pake mesin ICE. :big_biglaugh:

karena kalau mau pake hitung manapun ya pasti selalu ada cara buat milih ICE daripada EV = mbulet bahasannya karena jawaban sudah jelas :big_biglaugh:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by timbermaniac123 »

kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 11:04
Saat ini blm pd taraf butuh sih mbah, cuma memang efisiensinya sangat2 menarik saat jaman begini. Ane pribadi kalopun mau beli pasti tujuannya cuman 1 untuk pengiritan, makanya tetep nunggu kabar subsidian gmn. Untuk saat ini sih masih agak sayang beli ni mobil kalo masih diatas 250jt. Mau jual mazda 2 masih nambah sekitar 100jt an lg kalo mo beli, jd ga masuk hitung2annya kalo harus nambah 100jt lg bisa untuk maintenance/biaya bbm si mazda mungkin bisa sama lamanya sama si wuling sampe ganti batere.
kalau ini sepemikiran saya. Bini liat emak2 sekolahan pake air ev kok lucu ya. Saya sendiri mendingan tetep pake city 2017 dibanding harus nambah 100 juta buat air ev. buat jemput anak sekolahan + les paling 1 bulan cuma 1x isi fulltank (jarak sekolah / les cuma 1km dari rumah). 100 juta sekarang masuk obliogasi udah bisa nutupin cost bensin nya si city. Air ev, kaya mobil mainan, kalau buat anter jemput anak kok kayanya masih belum worth. kecuali dipake kerja 50-100km/hari.

Kalau saya si dilema utamanya cuma di harga batre. kalau harga batre 50 juta sih sangat worth buat dibeli. Tau2 sekali ganti kena tagihan 150 juta kan lumayan bikin kantong jebol. Kalau kata orang orang : "makin lama harga batre bisa makin murah kok". Coba aja google harga battery replacement nissan leaf ev di luar sana. udah berumur 10 tahun, tapi cost ganti batre sekitar 12k-15k usd.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: Sun Jan 29, 2023 12:27
yep, mendingan wait n see saja sampe itu insentif pemerintah gimana. yang sekarang sebenernya sudah sangat worth si, makanya golongan yang duitnya tak berseri ya beli saja, pajak tahunan murah, listriknya diskon lagi kalau charge di malam hari, bbn-kb juga murah.

penghematan kalau versi kenalan saya bisa 40-60 juta setahun, hanya dari bensin yang kira2 4-5 juta sebulan pertamax turbo dengan kendaraan yang dapet 10 kpl dalkot. belum lagi nyaris zero maintenance.

kalau hitungan bodoh saya si gampang, tahun pertama kedua penghematan yang didapet itu buat beli battery pack yang anggap saja setelah 5 tahun pasti soak atau untuk nutup resale value yg pasti kena potong harga battery pack tsb. sisanya buat ketawain org2 yg pake mesin ICE. :big_biglaugh:

karena kalau mau pake hitung manapun ya pasti selalu ada cara buat milih ICE daripada EV = mbulet bahasannya karena jawaban sudah jelas :big_biglaugh:
Nih hitungan njilimet saya per bulan om :big_biglaugh: (saya hitung asumsi sebulan full pake mazda 2):

BBM mazda: 1000km: FC 1:14 = 71liter x Rp 13.000 = Rp 928.000
EV: asumsi long range 300km tp actual anggap aja full charge cuma 250km, jadi 4x full charge x 41rb= 164rb

Oli: mazda 2x ganti/tahun : 1,2 jt (servis ga saya masukkan karena variabelnya banyak dan wuling jg blm tau harga servis saat odo tinggi brp duit) wuling free

Pajak: mazda 3,5 jt, wuling 400rb

Cost total mazda 1 thn: (Rp 928.000x12)+1,2 jt + 3,5jt = Rp 15.8 jt
Wuling: (12x164rb) + 400rb= Rp 2.368.000

Selisih pertahun: Rp 13.432.000, kalo dihitung sama selisih servis mungkin bisa dibulatkan jd Rp 15 jt/tahun.

Kalo ane jual mazda 2 nambah 100jt, artinya baru BEP 6,5 tahun :mky_03:
Nah kalo dpt subsidi pemerintah misalkan jadi 240 apa 250jt, baru deh tuh hitungannya bisa masuk artinya sekitar 3 tahunan bisa BEP. Jd cukup worth untuk beli karena saya pake mbl pasti >5 thn.
timbermaniac123 wrote: Sun Jan 29, 2023 12:31
kalau ini sepemikiran saya. Bini liat emak2 sekolahan pake air ev kok lucu ya. Saya sendiri mendingan tetep pake city 2017 dibanding harus nambah 100 juta buat air ev. buat jemput anak sekolahan + les paling 1 bulan cuma 1x isi fulltank (jarak sekolah / les cuma 1km dari rumah). 100 juta sekarang masuk obliogasi udah bisa nutupin cost bensin nya si city. Air ev, kaya mobil mainan, kalau buat anter jemput anak kok kayanya masih belum worth. kecuali dipake kerja 50-100km/hari.

Kalau saya si dilema utamanya cuma di harga batre. kalau harga batre 50 juta sih sangat worth buat dibeli. Tau2 sekali ganti kena tagihan 150 juta kan lumayan bikin kantong jebol. Kalau kata orang orang : "makin lama harga batre bisa makin murah kok". Coba aja google harga battery replacement nissan leaf ev di luar sana. udah berumur 10 tahun, tapi cost ganti batre sekitar 12k-15k usd.
EV bakalan lebih irit kalo tiap hari jarak tempuhnya jauh2. Kalo kayak hitungan saya diatas bwat pake kerja kurleb 1000km/bulan ya kalo bela2in ganti wuling trus nambah 100jt ya baru BEP jalan tahun ketujuh. Kalo emang jarak tempuh tiap bulannya banyak, misalkan 2000-3000rb baru BEP makin cepet dan baru masuk tuh hitung2an kalo mau efisiensi. Tp balik lg, mobilnya kan dasarnya gak terlalu nyaman2 banget. Kalo sebulan 3000km artinya sehari 100km. Pegel ga tuh pinggang :mky_03:

Kalo emang pas waktunya ganti mobil, boleh aja sih consider ni mobil. Tp kalo jual mbl sekarang (padahal baru beli atau blm waktunya peremajaan) dengan alasan mau efisiensi tp nambah duitnya ratusan jt, kayaknya ga masuk hitungannya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by timbermaniac123 »

kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 13:35
Selisih pertahun: Rp 13.432.000, kalo dihitung sama selisih servis mungkin bisa dibulatkan jd Rp 15 jt/tahun.

Kalo ane jual mazda 2 nambah 100jt, artinya baru BEP 6,5 tahun :mky_03:
Nah kalo dpt subsidi pemerintah misalkan jadi 240 apa 250jt, baru deh tuh hitungannya bisa masuk artinya sekitar 3 tahunan bisa BEP. Jd cukup worth untuk beli karena saya pake mbl pasti >5 thn.
Itu bep 6.5 tahun. belum dihitung variabel biaya ganti batre. Angap hemat 15jt/thn. Bearti kalau harga batre bisa 150 juta, perlu tambah estimasi bep sekitar 10 tahun lagi (bersifat optional, kalau suka peremajaan per 5 tahun, ga perlu ganti batre). Kalau bensin ron92 bisa turun ke 11rb atau bahkan balik ke harga 9rb (mustahil), bep bisa lebih lama lagi dari 6.5 tahun. Mazda 2 ini aman kan om isi pertalite ? bisa slebih berhemat lagi tuh :mky_01:

tetep paling realistis untuk ngejar irit pengeluaran, buat orang yang baru mau beli mobil pertama = agya / ayla + pertalite
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

timbermaniac123 wrote: Sun Jan 29, 2023 14:14
kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 13:35
Selisih pertahun: Rp 13.432.000, kalo dihitung sama selisih servis mungkin bisa dibulatkan jd Rp 15 jt/tahun.

Kalo ane jual mazda 2 nambah 100jt, artinya baru BEP 6,5 tahun :mky_03:
Nah kalo dpt subsidi pemerintah misalkan jadi 240 apa 250jt, baru deh tuh hitungannya bisa masuk artinya sekitar 3 tahunan bisa BEP. Jd cukup worth untuk beli karena saya pake mbl pasti >5 thn.
Itu bep 6.5 tahun. belum dihitung variabel biaya ganti batre. Angap hemat 15jt/thn. Bearti kalau harga batre bisa 150 juta, perlu tambah estimasi bep sekitar 10 tahun lagi (bersifat optional, kalau suka peremajaan per 5 tahun, ga perlu ganti batre). Kalau bensin ron92 bisa turun ke 11rb atau bahkan balik ke harga 9rb (mustahil), bep bisa lebih lama lagi dari 6.5 tahun. Mazda 2 ini aman kan om isi pertalite ? bisa slebih berhemat lagi tuh :mky_01:

tetep paling realistis untuk ngejar irit pengeluaran, buat orang yang baru mau beli mobil pertama = agya / ayla + pertalite
Kalo ga salah wuling garansi batere 8 thn jgn kan ya? Harusnya aman kalo harus ganti batere di tahun ke 8. Kalo uda out of warranty trus harus ganti batere mo ngirit ya ganti per cell.

Mazda 2 di tutupnya kalo ga salah inget bisa Ron 90, tp kompresi setinggi itu ngeri jg pake ron 90. Pernah iseng2 nyoba pake pertalite ga enak om mobilnya entah kenapa.

Kaya yg ane ngomong di thread wuling, ni mobil ga buat jadi mobil satu2nya di rumah sih. Idealnya tetep ada mobil lain. Kalo emang bwat mobil satu2nya dirumah jauh lebih masuk akal LCGC ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Sun Jan 29, 2023 12:31 Kalau saya si dilema utamanya cuma di harga batre. kalau harga batre 50 juta sih sangat worth buat dibeli. Tau2 sekali ganti kena tagihan 150 juta kan lumayan bikin kantong jebol. Kalau kata orang orang : "makin lama harga batre bisa makin murah kok". Coba aja google harga battery replacement nissan leaf ev di luar sana. udah berumur 10 tahun, tapi cost ganti batre sekitar 12k-15k usd.
Selama supply tidak bisa memenuhi demand, ya harga batre yang ada makin mahal mbah :mky_03: lihat antrian nguler mobil2 EV populer sih kayaknya ga akan nambah murah..... lah wong kijang hybrid aja antri sampe close order pabriknya ga sanggup.

Bos BMW aja baru aja ngaku kalo EV lebih murah dari gasoline counterpart itu ngga mungkin.
kendibocor wrote: Sun Jan 29, 2023 13:35 Kalo emang pas waktunya ganti mobil, boleh aja sih consider ni mobil. Tp kalo jual mbl sekarang (padahal baru beli atau blm waktunya peremajaan) dengan alasan mau efisiensi tp nambah duitnya ratusan jt, kayaknya ga masuk hitungannya.
Daripada itu M2 tuker ke air ev mending nambah jerman sebiji lagi lebih masuk itungan :mky_03: kemaren gw liat tuh C200 kompressor w204 , mahar 165jt nego masih. Barangnya cakep betul. Sayang gw masih blom bisa berpaling dari cinta E39.

Say se mahal mahalnya C class ini maintenancenya ga akan sampe dapet sebiji air EV. BMW yang shirr repairing plisurr aja si kiel dari harga akuisisinya masih mirip ditotal kl sama air ev baru. Model keren mewah mercy, bengsin irit lah 1:10 jg dapet itu 1800 kompressor. Badak pula mobilnya. Kata gw sih ini sweet spotnya mobil semua dapet. Vibes old money banget punya seri-3 sama C class segarasi.

So if you want an economy car... Buy a mercedes C class :big_smoking:

Kabur ah sblm dibilang kaum mendang mending :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Sun Jan 29, 2023 17:45
Daripada itu M2 tuker ke air ev mending nambah jerman sebiji lagi lebih masuk itungan :mky_03: kemaren gw liat tuh C200 kompressor w204 , mahar 165jt nego masih. Barangnya cakep betul. Sayang gw masih blom bisa berpaling dari cinta E39.

Say se mahal mahalnya C class ini maintenancenya ga akan sampe dapet sebiji air EV. BMW yang shirr repairing plisurr aja si kiel dari harga akuisisinya masih mirip ditotal kl sama air ev baru. Model keren mewah mercy, bengsin irit lah 1:10 jg dapet itu 1800 kompressor. Badak pula mobilnya. Kata gw sih ini sweet spotnya mobil semua dapet. Vibes old money banget punya seri-3 sama C class segarasi.

So if you want an economy car... Buy a mercedes C class :big_smoking:

Kabur ah sblm dibilang kaum mendang mending :ngacir:
Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
saya bertahun2x aja keki dengerin ortu ngomong "mobil dah tua ngerong2x jual aja!!!" eh dia beli baru ud mobilnya lebih jelek nambahnya bisa 100jt itu benerin ditung2x paling abis 10-20jt :big_biglaugh:

sekarang ud bebas bodo amat mobil ud saya sayang rusak benerin kalo bisa upgrade hasilnya gak ada mobil baru bisa ngalahin mobil saya wong jatohnya mobil tuningan :wkkk:

kalo bosen baru dijual masih sayang benerin aja terus :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
drpd W204 ganti masda 6 estate/ accord aja um

kemri masi mahal

M6 estate banyak bekas tuh under 550. yg sedan 2018+ under 500 malah, menkeu pasti suka

um hepi pke sedan, menkeu ga ngomel mobil sempit
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Mon Jan 30, 2023 2:08
kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
drpd W204 ganti masda 6 estate/ accord aja um

kemri masi mahal

M6 estate banyak bekas tuh under 550. yg sedan 2018+ under 500 malah, menkeu pasti suka

um hepi pke sedan, menkeu ga ngomel mobil sempit
Jadi thread suggestion nih :big_biglaugh:
Tahun ini ga ada rencana ganti mbl sih om hahaha. Sebenernya semua omongan ane diatas cuman berandai2 saja, blm sampe pada tahap beneran mau dipertimbangkan dan direalisasikan. Kalo berpikir rasional, mobilnya ga ada yg istimewa banget selain iritnya, nah kalo ganti wuling harus nambah duit banyak ya tujuan untuk efisiensinya ga tercapai. Jadi saat ini ga ada alesan bwat beli nih mbl :upss:
b0ku wrote: Mon Jan 30, 2023 1:55
kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
saya bertahun2x aja keki dengerin ortu ngomong "mobil dah tua ngerong2x jual aja!!!" eh dia beli baru ud mobilnya lebih jelek nambahnya bisa 100jt itu benerin ditung2x paling abis 10-20jt :big_biglaugh:

sekarang ud bebas bodo amat mobil ud saya sayang rusak benerin kalo bisa upgrade hasilnya gak ada mobil baru bisa ngalahin mobil saya wong jatohnya mobil tuningan :wkkk:

kalo bosen baru dijual masih sayang benerin aja terus :mky_07:
Kalo ganti mbl sih banyak pertimbangannya pasti. Balik lg kalo pake kalkulator ngitung2 ya ga bakalan masuk hitungan. Tp kebanyakan orang ganti mbl ya pastinya bosen, ga ada waktu ke bengkel, ngejar peace of mind pake mbl baru dan yg pasti ya duitnya jg tersedia :big_biglaugh:

Dlu tmn ane cewe pake SX-4 usia 5 thn, 1 hari ortunya minjem mobilnya dia malem2 tiba2 ga bisa distater sampe harus manggil orang bengkel. Besoknya langsung suruh jual ortunya takut tmn ane yg ngalamin gitu malem2, padahal masalahnya seinget ane sepele doang. Ga akan nyambung pemikiran kita yg demen mobil dan mungkin dikit banyak bisa troubleshoot mobil sama orang yg taunya mobil hanya untuk dipake doang sekian tahun trus jual dan balik lg jg kondisi kantong kalo mendukung ya why not? :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by timbermaniac123 »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 2:57
Dlu tmn ane cewe pake SX-4 usia 5 thn, 1 hari ortunya minjem mobilnya dia malem2 tiba2 ga bisa distater sampe harus manggil orang bengkel. Besoknya langsung suruh jual ortunya takut tmn ane yg ngalamin gitu malem2, padahal masalahnya seinget ane sepele doang. Ga akan nyambung pemikiran kita yg demen mobil dan mungkin dikit banyak bisa troubleshoot mobil sama orang yg taunya mobil hanya untuk dipake doang sekian tahun trus jual dan balik lg jg kondisi kantong kalo mendukung ya why not? :upss:
Persis orang tua ane. Dulu waktu ane jaman masih awal2 kerja, pake vios mogok di tengah jalan, lupa persis bagian apanya yang kena (karena waktu itu masih cuek asal pake mobil), tapi katanya karena pernah nerobos banjir. Ga lama ditawarin ganti hrv sekaligus peremajaan. rejeki anak berbakti :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
kemaren ada baca berita isunya sehh itu subsidy jatohnya 11%. sesuai prediksi kalo proporsional sama harga mobilnya. 80jt itu mgkn patokannya ioniq5.
b0ku wrote: Mon Jan 30, 2023 1:55 saya bertahun2x aja keki dengerin ortu ngomong "mobil dah tua ngerong2x jual aja!!!" eh dia beli baru ud mobilnya lebih jelek nambahnya bisa 100jt itu benerin ditung2x paling abis 10-20jt :big_biglaugh:
kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 2:57 Dlu tmn ane cewe pake SX-4 usia 5 thn, 1 hari ortunya minjem mobilnya dia malem2 tiba2 ga bisa distater sampe harus manggil orang bengkel. Besoknya langsung suruh jual ortunya takut tmn ane yg ngalamin gitu malem2, padahal masalahnya seinget ane sepele doang. Ga akan nyambung pemikiran kita yg demen mobil dan mungkin dikit banyak bisa troubleshoot mobil sama orang yg taunya mobil hanya untuk dipake doang sekian tahun trus jual dan balik lg jg kondisi kantong kalo mendukung ya why not? :upss:
di kepala orang yang bukan car guy

mogok = perlu ganti mobil.
kaki kaki perlu servis = perlu ganti mobil.
paking rembes klep berisik bunyi mesin kasar = perlu ganti mobil
alternator minta jajan = perlu ganti mobil
check engine nyala = perlu ganti mobil

pdhl kalo masuk itung itungan kalkulator aja lebih ga masuk ganti mobil drpd repairnya :mky_03:

mobil diperlakukan macam kulkas rusak makanya skrg beneran pabrikan mobil bikin kulkas berjalan a.k.a mobil listrik :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon Jan 30, 2023 3:36
kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
kemaren ada baca berita isunya sehh itu subsidy jatohnya 11%. sesuai prediksi kalo proporsional sama harga mobilnya. 80jt itu mgkn patokannya ioniq5.
Jd cuman 30jt an ya. Jatoh2nya impas subsidi mobil sama nanti harganya dinaekin :big_biglaugh:
Sekarang konsumen yg mau beli pd ngerem dlu nunggu subsidi, nanti subsidi diumumin produsennya yg ngerem produksi sambil naekin harganya pelan2 :big_biglaugh:
ChZ wrote: Mon Jan 30, 2023 3:36
kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 2:57 Dlu tmn ane cewe pake SX-4 usia 5 thn, 1 hari ortunya minjem mobilnya dia malem2 tiba2 ga bisa distater sampe harus manggil orang bengkel. Besoknya langsung suruh jual ortunya takut tmn ane yg ngalamin gitu malem2, padahal masalahnya seinget ane sepele doang. Ga akan nyambung pemikiran kita yg demen mobil dan mungkin dikit banyak bisa troubleshoot mobil sama orang yg taunya mobil hanya untuk dipake doang sekian tahun trus jual dan balik lg jg kondisi kantong kalo mendukung ya why not? :upss:
di kepala orang yang bukan car guy

mogok = perlu ganti mobil.
kaki kaki perlu servis = perlu ganti mobil.
paking rembes klep berisik bunyi mesin kasar = perlu ganti mobil
alternator minta jajan = perlu ganti mobil
check engine nyala = perlu ganti mobil

pdhl kalo masuk itung itungan kalkulator aja lebih ga masuk ganti mobil drpd repairnya :mky_03:

mobil diperlakukan macam kulkas rusak makanya skrg beneran pabrikan mobil bikin kulkas berjalan a.k.a mobil listrik :mky_07:
Sebenernya barang2 elektronik sekarang jg uda hampir ga pernah ada yg di repair sih om kalo uda out of warranty, kebanyakan pasti akan beli baru. Makanya kalo di jkt daerah glodok segala skrng uda mati semua ga kayak tahun 1990-2000an yg masih banyak tempat servis. Tp ini alesannya agak beda sama moblis, kalo alat2 elektronik rumah tangga makin affordable. TV 40-50inch uda dpt harga 5 jutaan merk china yg barangnya jg uda mirip2 barang keroya. Tahun 2000an duit 5 jt cuman dpt TV LCD 32inch. Tp kalo moblis kayaknya ga bakal ada sejarahnya turun harga atau spec makin naik tp harga ga naek.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 1:17 Dasar kaum mendang mending :ngacir: :big_biglaugh:
Ga bakalan di acc menkeu mbah kalo W204 PFL uda terlalu uzur usianya. Kalo FL masih mending tp harganya masih 200jt keatas. Ga sesuai dengan prinsip efisiensi yg ingin dijalankan. Lg mikir pgn jual F30 aja, masih dpt kembalian banyak. Skrng uda mulai jarang dipake jg gara2 males ngeluarin, takut tar malah jd shirr repair plesur beneran lg :ngacir:
Wuling tp kalo disuruh beli harga skrng sih ogah deh. Harga yg masuk akal menurut ane max 250jt, itupun masih mikir2 jg. Kalo bener dpt subsidi 80jt n turun ke harga 220-230jt tuh baru masuk hitungan :mky_03:
Kalo mau lebih edun lg pgn jual F30 ma mazda 2, ganti wuling n zenix hybrid (tipe G uda cukup kayaknya). Join club anti kantong bolong :mky_02:
250jt aja masih kemahalan kl bwt sy, pantesnya secara teknis itu mobil sebelum subsidi max mentok 200 juta, batere LiFePo4, cuma 30 kw dan enggak bisa di-fast charging pula. Gardan belakang live axle dipaksa pake motor listrik, liat aja tu motornya kan sejajar ama gardan, yang lain cuma gimmick doang kan ?. Naaah kalo 200 juta disubsidi 80 juta = 120 juta baru bener :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ….
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive: Wuling Air EV Long Range

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Jan 30, 2023 4:35

Jd cuman 30jt an ya. Jatoh2nya impas subsidi mobil sama nanti harganya dinaekin :big_biglaugh:
Sekarang konsumen yg mau beli pd ngerem dlu nunggu subsidi, nanti subsidi diumumin produsennya yg ngerem produksi sambil naekin harganya pelan2 :big_biglaugh:

Sebenernya barang2 elektronik sekarang jg uda hampir ga pernah ada yg di repair sih om kalo uda out of warranty, kebanyakan pasti akan beli baru. Makanya kalo di jkt daerah glodok segala skrng uda mati semua ga kayak tahun 1990-2000an yg masih banyak tempat servis. Tp ini alesannya agak beda sama moblis, kalo alat2 elektronik rumah tangga makin affordable. TV 40-50inch uda dpt harga 5 jutaan merk china yg barangnya jg uda mirip2 barang keroya. Tahun 2000an duit 5 jt cuman dpt TV LCD 32inch. Tp kalo moblis kayaknya ga bakal ada sejarahnya turun harga atau spec makin naik tp harga ga naek.
iya dong, diskon gede di indo itu too good to be true :mky_03: lagian 80jt di mobil air ev sih kayak bayarin semua kewajiban pajaknya malah boncos mana mau pemerintah :big_biglaugh: itu harga di faktur aja mungkin ga segitu kan pajak banyak dikurang kurangin :mky_03:

yep makanya susahnya mobil listrik penetrasi karena naturnya mobil emang ngga disposable dan manufaktur mobil jauh lebih susah daripada TV :big_biglaugh:

TV atau hape kan tinggal cari tenaga yang rakit aja banyak di china kebantu bgt di sono jg kayaknya sering dikasih ke home industry. mobil mana ada pabrik kaca atau ban home industry :upss: mau QC di TV sama hape jg nggak susah. asal dipencet nyala udah lolos. mobil china makanya lemah soal urusan QC berbanding mobil jepang/kroya. dan utk harga semahal itu orang biasa ya mau yang kuat dan bagus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7