2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

Ibet wrote: 06 Feb 2023, 14:27 saya nyobain BR-V Prestige akhirnya kemaren di dealer deket rumah saya

bangkunya emang agak kecilan ya, saya dari HR-V 2015 lebih supportif yg HR-V (ya beda kelas juga sih) ..
saya tinggi 173, kebetulan kaki (inseam) saya agak panjangan .. mungkin ini faktornya ..

kalau rasio kaki : badan nya seimbang mungkin lebih enak ..
bahan jok nya cukup nyaman sih, keliatan ga murahan, apalagi fabric atapnya hitam jg jadi ga cepet kotor

riding qualitynya lebih enak dari HR-V lama saya, bantingannya bener enak deh ..
di tipe e harusnya lebih enak lagi dengan ban yg lebih tebel ..

diceritain ada kastemer yg ganti ke profil 215/60/17 katanya lebih enak lagi, dan ga mentok
di tipe punya om @Chz mungkin bisa lari ke profil 215/65/16 kali ya? ini kaya ban Toyota Rush ukurannya ..

kebayang lebih blep blep lagi, tapi handling / radius putar nya bakal kena efek
jadi kepikiran adeknnya nih, WR-V
ane bayanginnya ini jok BRV lebih cocok buat postur tinggi 160 atau 170 maks dan kaki yang nggak terlalu panjang pasti enak. posisi shifter dan armrestnya gak banget buat orang di atas 170.

abis bawa ini lalu pindah ke HRV bakal berasa HRV lebih gabruk gabruk kasar bantingannya

ini sekarang pakai 215/60 bawaan aja udah enak banget lbh blep blep dr expander :mky_01: emang mobil2 gini cocoknya pake pelk kecil aja lbh nyaman. kbayang kalo dikasih ban yang udah empuk kayak michelin primacy4 atau conti CC6/UC6 pasti bisa selevel lah sama innova zenix :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Ibet »

iya, makanya udah ngebayangin lebih enak lagi dengan ban yg proper ..

bawaanya kalo ga salah dapet ban apa om di BR-V? Goodyear Assurance?
kemaren liat WR-V bawaannya dapet BS Turanza sih .. size 215/55/17
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

Ibet wrote: 06 Feb 2023, 15:04 iya, makanya udah ngebayangin lebih enak lagi dengan ban yg proper ..

bawaanya kalo ga salah dapet ban apa om di BR-V? Goodyear Assurance?
kemaren liat WR-V bawaannya dapet BS Turanza sih .. size 215/55/17
BRV WRV kayaknya top trim dapet turanza t005a semua

yang punya ane dunlop enasep sih :big_bored: ntah ya kalo WRV tipe bawah. sama paling. kalo HRV baru dapet GY ATM2 yang tipe bawah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cemplonx
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 09 Feb 2023, 08:02

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by cemplonx »

makasih om infonya. kebetulan nyubi lagi mau ganti Ertiga 2017 punya ane. dpt harga 273.800 ya? mayan jg diskonnya. jd pengen cpt2 ganti wkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

cemplonx wrote: 13 Feb 2023, 09:32 makasih om infonya. kebetulan nyubi lagi mau ganti Ertiga 2017 punya ane. dpt harga 273.800 ya? mayan jg diskonnya. jd pengen cpt2 ganti wkwk
itu otr semarang ya om... kalo di kota lain mungkin beda. DKI bisa lebih murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
koboiy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 08 Feb 2017, 09:58
Location: jogja
Daily Vehicle: be er pe X be at

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by koboiy »

idem om ane ud sebulanan make brv prestige non HS dapet otr solo 290 dari pricelist 341 nik 22 . Pake kkb mandiri. Good deal sih mnurut sy

Komplainnya ud ampir 1,5 bulan 1500 km ini di rattle doortrim sm kursi driver kekecilan postur sy cm 165 cm

kalo respon mesinnya sat set lincah kalo dibejek, bantingan mayan keras setelan angin ban 32 rata ring 17

kalo mo improve paling ganti jok driver aja

oiya sm kaca film depan langsung ane ganti yg 20 persen solargar# , KF bawaan kayaknya 50 persen dh itu gelap bgt kalo malem
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by impactful »

ChZ wrote: 01 Feb 2023, 12:52
iya om :big_biglaugh: sekarang katanya 45 itu open disc nya berarti bisa nambah lg.
Penasaran, ini dapet diskon segini VIN 2022 atau 2023?
Udah coba muter2 selama IIMS baru dapet diskon 30 untuk VIN 2023...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9380
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Suryaputra »



Diskon matters
*slide 2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
ddito
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 28 Jul 2017, 08:58
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANBRV

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ddito »

Mau tanya donk untuk pengguna BRV, emang nih mobil gak ada open close air ya? Baru ngeh kemaren pas dipameran gak ada tombol nya.
Berarti default nya ketutup atau kebuka ya buat ngambil udara dari luar?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

impactful wrote: 25 Feb 2023, 05:54
Penasaran, ini dapet diskon segini VIN 2022 atau 2023?
Udah coba muter2 selama IIMS baru dapet diskon 30 untuk VIN 2023...
VIN22 om. kan saya belinya akhir 22 :mky_01:

udah abis kayaknya VIN22 kok temen sy juga ga pernah nawarin lagi. wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Ibet »

ddito wrote: 27 Feb 2023, 08:25 Mau tanya donk untuk pengguna BRV, emang nih mobil gak ada open close air ya? Baru ngeh kemaren pas dipameran gak ada tombol nya.
Berarti default nya ketutup atau kebuka ya buat ngambil udara dari luar?
ga ada om, normally closed aja, ga ada mode fresh air (angin luar)
tapi semburan arah kaki sih ada ..
mejaterbang
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 11 Jul 2013, 12:26

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by mejaterbang »

Baru ambil yang tipe prestige, setuju dengan suhu2 disini ternyata bantingannya enak ya cuma joknya itu rasanya kekecilan banget terutama di bagian paha tidak fully supported.
ddito
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 28 Jul 2017, 08:58
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANBRV

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ddito »

Ibet wrote: 27 Feb 2023, 15:56
ddito wrote: 27 Feb 2023, 08:25 Mau tanya donk untuk pengguna BRV, emang nih mobil gak ada open close air ya? Baru ngeh kemaren pas dipameran gak ada tombol nya.
Berarti default nya ketutup atau kebuka ya buat ngambil udara dari luar?
ga ada om, normally closed aja, ga ada mode fresh air (angin luar)
tapi semburan arah kaki sih ada ..
Makasih om info nya, masih bingung antara ambil brv prestige hs baru atau crv 2.0 tahun 2017, harganya beti dan memang kalau dari segi fitur sih brv menang telak ya haha
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Ibet »

ddito wrote: 28 Feb 2023, 11:23
Makasih om info nya, masih bingung antara ambil brv prestige hs baru atau crv 2.0 tahun 2017, harganya beti dan memang kalau dari segi fitur sih brv menang telak ya haha
prefer brv prestige om, ga mikir maintenance ..
walau secara mobil sih enakan crv lah, size jg ga bohong kalo crv lebih luas, jok lebih proper, handling comfort better, etc etc ..

tapi ya itu tadi, kalo ambil brv rasanya :
enak jg ga mikir benerin = peace of mind, masih garansi 3th honda, pastiin aja ambil di dealer gede macem honda jakarta center atau imora dll .. yg punya bengkel gede ..
bensin jelas lebih irit (1500cc+cvt vs 2000cc+at)
printilan br-v kalo ada rusak jg murah, saya iseng nanya shock absorber br-v orisinil 1pc itu cuman 600rb-an di beres ..

terakhir, pastiin dapet diskon gede .. br-v ini lagi masanya diskon soalnya haha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

ddito wrote: 28 Feb 2023, 11:23
Makasih om info nya, masih bingung antara ambil brv prestige hs baru atau crv 2.0 tahun 2017, harganya beti dan memang kalau dari segi fitur sih brv menang telak ya haha
2.0 2017 yang current model ? barang langka sih cuma kalo seharga BRV baru ya agak kemahalan... pasaran yg turbo aja udah seharga BRV sensing tanpa diskon.

kalau 1 mobil dan sering luar kota definitely CRV lebih enak... asal ngga zonk unitnya ya krn model 2.0 non turbo ini banyak dipake mobil kantor. takutnya kaki kaki sering di abuse.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ddito
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 28 Jul 2017, 08:58
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANBRV

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ddito »

Ibet wrote: 28 Feb 2023, 13:04
ddito wrote: 28 Feb 2023, 11:23
Makasih om info nya, masih bingung antara ambil brv prestige hs baru atau crv 2.0 tahun 2017, harganya beti dan memang kalau dari segi fitur sih brv menang telak ya haha
prefer brv prestige om, ga mikir maintenance ..
walau secara mobil sih enakan crv lah, size jg ga bohong kalo crv lebih luas, jok lebih proper, handling comfort better, etc etc ..

tapi ya itu tadi, kalo ambil brv rasanya :
enak jg ga mikir benerin = peace of mind, masih garansi 3th honda, pastiin aja ambil di dealer gede macem honda jakarta center atau imora dll .. yg punya bengkel gede ..
bensin jelas lebih irit (1500cc+cvt vs 2000cc+at)
printilan br-v kalo ada rusak jg murah, saya iseng nanya shock absorber br-v orisinil 1pc itu cuman 600rb-an di beres ..

terakhir, pastiin dapet diskon gede .. br-v ini lagi masanya diskon soalnya haha
Makasih om saran nya, iya kayanya lebih condong ke brv sih gak perlu mikir maintenance nya tinggal isi bensin haha
ddito
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 28 Jul 2017, 08:58
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANBRV

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ddito »

ChZ wrote: 28 Feb 2023, 13:46
ddito wrote: 28 Feb 2023, 11:23
Makasih om info nya, masih bingung antara ambil brv prestige hs baru atau crv 2.0 tahun 2017, harganya beti dan memang kalau dari segi fitur sih brv menang telak ya haha
2.0 2017 yang current model ? barang langka sih cuma kalo seharga BRV baru ya agak kemahalan... pasaran yg turbo aja udah seharga BRV sensing tanpa diskon.

kalau 1 mobil dan sering luar kota definitely CRV lebih enak... asal ngga zonk unitnya ya krn model 2.0 non turbo ini banyak dipake mobil kantor. takutnya kaki kaki sering di abuse.
Iya crv current model, harga nya sih 300 kecil km masih under 30k rawatan pribadi kayaknya, Tapi sepertinya lebih condong ke brv sih selain worry free penasaran juga sama sensing nya hehe.
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by esaka »

--------SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip.-------
Kapan hari gw pernah posting juga tentang ukuran bodi,
beda segment tapi overall dimensions malah mirip jadi gw pikir segment-nya sama,
Model terganteng di antara keseluruhan line-up non-sedan dari HPM, mungkin karena taste Yurop nya strong banget di produk ini.
Sorry to say, CRV kayak kebanyakan make-over pada garis bodinya...BRV model ini sleek dan balance.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

esaka wrote: 21 Mar 2023, 10:54 --------SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip.-------
Kapan hari gw pernah posting juga tentang ukuran bodi,
beda segment tapi overall dimensions malah mirip jadi gw pikir segment-nya sama,
Model terganteng di antara keseluruhan line-up non-sedan dari HPM, mungkin karena taste Yurop nya strong banget di produk ini.
Sorry to say, CRV kayak kebanyakan make-over pada garis bodinya...BRV model ini sleek dan balance.
CRV kan didesain waktu honda lg hobi model yang overstyled wkwkwk. seangkatan sama civic turbo lama.

yang skrg sih clean tuh mirip BRV... tapi ya gitu. bakalnya mahal :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
topiqfurqan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 28 Mar 2017, 20:05

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by topiqfurqan »

ChZ wrote: 06 Feb 2023, 14:49
ane bayanginnya ini jok BRV lebih cocok buat postur tinggi 160 atau 170 maks dan kaki yang nggak terlalu panjang pasti enak. posisi shifter dan armrestnya gak banget buat orang di atas 170.

abis bawa ini lalu pindah ke HRV bakal berasa HRV lebih gabruk gabruk kasar bantingannya

ini sekarang pakai 215/60 bawaan aja udah enak banget lbh blep blep dr expander :mky_01: emang mobil2 gini cocoknya pake pelk kecil aja lbh nyaman. kbayang kalo dikasih ban yang udah empuk kayak michelin primacy4 atau conti CC6/UC6 pasti bisa selevel lah sama innova zenix :mky_03:
wah iya ini kok setelah beberapa bulan pake berasa ada yang aneh pas nyetir, ternyata emang karna kursinya ga panjang, kebetulan tinggi 175cm, jadi cuman 3/4 paha, tapi istri seneng seneng aja bawanya...

rasanya pengen pasangin kursi gaming depang komputer buat ganti kursi driver, wkwkw

btw, barangkali ada yang tau, kalo kursi driver gini bisa diganti ga ya? misal ganti kursi hrv gitu? atau kalo kursi crv muat ga ya?
jordanmax
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 07 Sep 2022, 08:22
Location: Bandung

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by jordanmax »

ChZ wrote: 01 Feb 2023, 11:22 Another Year, another H.

ada semacam joke yang sangat populer di kalangan seleb yutuber mobil atau netijen otomotif indo yang terutama sudah berkeluarga :

"kalau beli mobil, ya harus sudah SNI (Sudah Nanya Istri) dan ISO (Istri Sudah Oke)" terutama influenza otomotif yang terkenal gimmicknya kalo malem ngajak makan, besoknya udah beli mobil baru aja :mky_03:

nah ini mungkin berlaku ke bokap ane jg :mky_03: dengan alibi buat beliin nyokap, rayuan dari awal kemunculan BR-V pun akhirnya terealisasi di akhir tahun. dalihnya buat nuker Toyota Sienta V yang entah kenapa kok seperti kena bad omen : ditabrakin driver, oli sempet bocor abis servis di bengkel sodara karena masang filter oli kekencengan.

dan mindset nyokap sebagai orang yang tidak paham otomotif, "uwes akeh dandan wayahe ganti (sudah banyak perbaikan waktunya ganti mobil)" :mky_03: tapi dijadiin senjata bokap buat ngerayu beli BR-V baru, tiap liat BR-V di jalan "BR-V baru iki apik yo (BR-V baru ini bagus ya)".

nyokap kan males pikir panjang dia mobil syaratnya kudu SUV, tidak terlalu besar tapi bagasi harus gede krn buat shelter :mky_03: terus yang penting jangan banyak fancy features alias sensing sensingan karena mobil bakal gantian pake sama driver.

akhirnya ya diputuskanlah "matic, tipe paling murah". BR-V E CVT. kebetulan ada temen gereja baru aja kerja di dealer H langganan. bantu ngegol-in DO pertama meski nego nya musti dipancing-pancing dulu biar mau nambah :mky_03:

deal di harga potongan 45 juta. dari 318.800 ke 273.800. kalau mau dihitung sekalian video competition dapet lagi 3.7juta :mky_03: unit awalnya gak ready karena warna lunar silver, akhirnya minta alokasi luar kota. datang 2 minggu kemudian.

waktu delivery sempat ada kebingungan karena sampai lokasi CEL nyala. teman ane sales baru nggak ngerti ginian, tanya tukang PDI nya dibilang "oh itu nanti cabut aki aja, atau jalanin beberapa kilo udah ilang kok". baiklah :mky_03: bener, dijalanin agak jauh dia udah ilang.

IMG20221126110433.jpg

Di hari pertama langsung bawa ke bengkel variasi untuk pasang cover jok karena type E tidak dapat jok kulit. 3 hari nginep lalu mobil sudah mulai dipakai.

IMG20221126134515.jpg

Styling

Overall seperti inilah tampilan type E, tidak terlalu flashy seperti tipe Prestige. agak - agak mirip VW Tiguan versi budget. tapi entah kenapa lebih manis dilihat dibanding Prestige dengan velg two-tone 17inch nya.

IMG20221201190145.jpg

E dapet velg 16 inch alloy dan the cursed ban dunlop enash*t yang ane sangat yakin ketika karet-karet bushing mobil ini sudah kalah di tahun ke-3, ride qualitynya bakal berasa makin-makin glodakannya seperti yang udah terjadi di Xpander bokap. beruntung ini mobil bakal dipake jarak pendek-pendek aja.

IMG20221201190208.jpg

kesan awalnya mobil ini kecil tapi setelah kita masuk car port karena dulu pakai Sienta, guedheeeee ternyata mobil ini. setelah diamat-amati emang moncong mobil ini yang bikin gede. di saat modelan Xpander/Stargazer menggunakan model ala space shuttle untuk ngirit moncong dan maksimalin space, ini BR-V malah boros sekali moncongnya.

IMG20221201212139.jpg

nggak biasanya Honda begini. kayaknya filosofi man maximum-machine minimum udah gak dipake karena WR-V pun ruang mesinnya gede dan moncongnya panjang. mungkin HPM didemo sama montir karena di GE8/GB3 mo tune up ribet bongkar-bongkarnya. ini justru seperti SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip. bisa kali tuh nanti K swap BRV :mky_03:

tapi proportionsnya justru bagus, ngikut gaya Honda kekinian main clean lines nggak kayak sebelumnya kebanyakan garis-garis nabrak. berasa upclass walau ini product untuk emerging market spt india dan indonesia.

Interior Looks & Quality.

interior seperti sudah dibahas, bedanya di type E bener-bener full plastic gak ada tempelan leather di dashnya. tapi sesuai kegunaan yang emang untuk operasional dan kotor-kotoran, jadi hard plastic gini malah gakpapa.

IMG20221126125830.jpg

IMG20221126125823.jpg

IMG20221201190109.jpg

gak perlu dibahas betapa banyak tombol dan tuas yang mirip dengan older models dan betapa tidak flowingnya desain dashboard honda amaze india ini. segitu maksanya mau niru CR-V sampai harus "nongol dikit" AC tengahnya. MID juga lebih sederhana dari type Prestige. build quality so-so tapi so far belum ada rattle, yang nyebelin handbrake mekanis dari zaman brio 2012 itu masih aja dipertahanin. yang bentuknya kayak tit*t. bener-bener ngerusak experience liat kabinnya (yang juga emang udah nggak pleasing).

Kabin tidak terasa luas, paling sempit malah dibanding yang lain karena mobil ini kabinnya paling kecil. kursi belakang masih lebih tidak enak dibanding Xpander atau Stargazer.

Driving & Ride Quality

jok sebenarnya sandarannya nyaman, ga ada teleskopik juga tidak terlalu ganggu karena udah enak. jok lebih tebal dari BR-V lama atau Brio.

tapi kalau postur tubuh udah fitra eri yang 177cm... maksudnya tinggi badan udah di atas 170cm dijamin akan berasa kurang nyaman duduk nyetirnya. apalagi kalau yang bentuk pahanya panjang dan never skip leg day sehingga pantatnya agak seksi kayak ane karena cushion bawah itu bukan hip support, tapi lebih pantes disebut butt support.

di ane, posisi nyetir paling normal itu ya yang ketahan cuma pantat. which is gapapa kalau cuma buat dalam kota aja. kalau luar kota perlu pembuktian lebih lanjut karena nyetir mobilio lama itu pegel-pegel punggungnya jok terlalu keras, ini jok ga keras tapi paha gantung.

masalah lainnya adalah sepertinya honda negara manapun yang RnD mobil ini itu mungkin berisi perempuan-perempuan berbadan imut karena posisi armrest dan tuas transmisinya sangat rendah.

visibility sangat enak, mobil rasanya kecil walau aslinya ga kecil-kecil amat. pillar A tidak se-landai dan setebal Xpander atau Stargazer. salip-menyalip dengan mobil ini dijamin seperti bawa Brio.

utk powertrain rasanya sudah tidak perlu dibahas.... L15ZF DOHC 121PS dan transmisi CVT. mesin yang katanya tidak lebih punchy dari L15Z1 lama. tapi apakah betul?

kesan "lamban" pada mobil ini itu sekiranya ane analisa ada 2 faktor :

- - engine power curve yang cenderung lebih flat dibanding L15Z1 SOHC. L15ZF dengan konstruksi DOHC memiliki torque curve yang agak di tengah. masalahnya dengan factory tune yang mungkin dibuat serendah mungkin mengingat segmen konsumen mobil ini, ignition timing seperti di retard terlalu banyak. padahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
- selip transmisi terlalu besar ketika kickdown. karena waktu nyetir santai dengan light throttle transmisinya berasa cekatan selip dikit langsung lock. tapi begitu kickdown delaynya terlalu besar. ini akibat tuning transmisi yang sepertinya mau irit jadi nggak disiapkan untuk akselerasi.

tapi perspective nya gini : kalau sehari-hari biasa pakai rival seperti say Xpander, atau dalam case ini Sienta V, maka BR-V itu justru terasa mobil yang sangat powerful, ringan, dan cekatan. dan fun factnya jika diadu 0-100 atau 400m drag race melawan City dan WRV, mungkin BR-V malah paling superior :mky_03: karena final gear BR-V ini paling kasar dibanding City atau WRV.

suspension tuning di mobil ini pun agak ke arah keras. jika beli tipe Prestige dengan ban Turanza T005a dan ngisi anginnya ala dealer (over-inflate) maka ya ride qualitynya akan terasa ngocok sekali. tapi di tipe E CVT dengan velg lebih kecil ride qualitynya bisa dibilang sangat pas. ane lebih suka ini dibanding Xpander/Stargazer kalau untuk nyetir. ga berasa melayang limbung dan salip menyalip nggak ragu-ragu karena mobilnya sangat nurut. Steering juga tidak banyak yang perlu dikomentari walau radius putar definitely improvement besar dibanding Sienta :big_biglaugh: ini mobil bisa belok nekuk dengan proper.

oh iya FYI dan ini salah satu yang menurut ane kenapa BR-V itu paling mahal dibanding yang lain : dari dulu sebenarnya BR-V itu didesain mechanically identical dengan HR-V, tapi lebih seperti HR-V lower grade for emerging market sementara HR-V itu global market. makanya kalau ada 1 hal yang menurut ane sangat berbeda dari BR-V dan lawan-lawannya adalah kualitas kaki-kaki. bukan yang ternyaman tapi feelnya itu solid, kokoh, memang seperti mobil kelas HR-V. Berbeda dengan Xpander yang by experience sangat mudah glodakan dan lebih terasa ringkih kalo lewat jalan jerawatan.

Conclusion : The No-Nonsense Daily Beater

Sebenarnya kalau nggak terlalu fancy sensing-sensingan, BR-V tipe E sudah sangat cukup untuk jadi mobil daily beater. ini mobil yang gc nya tinggi, ukurannya cukup pas tidak kebesaran, modelnya ganteng. bahkan dengan discount sekarang jatuhnya jadi value for money sekali karena saudara kecilnya si WR-V bahkan belum dapet diskon.

Tapi ukuran jok dan size kabin yang paling kecil dibanding lawan seharga, membuat mobil ini kurang pantas jika purposenya untuk melawan Xpander yang betul-betul dirancang untuk kenyamanan kabin maksimal. BR-V ini kodratnya sama seperti Toyota Rush, tentu saja tanpa suspensi keras amit-amitnya itu dan RWD rigid axle belakang. dan tentu saja BBM yang lebih irit.

dan dengan diskon besar, it's truly a bargain. plus 4yrs / 50rb km free maintenance. Sejauh ini belum ada factory defect.

Lalu dibanding Toyota Sienta?

Compared ke Toyota Sienta, kelemahan terbesar BR-V itu ruang kabinnya yang dimana itu kelebihan minivan seperti Sienta dan Freed. BR-V tidak punya ruang kabin se fleksibel Sienta. Tapi bagasi BR-V itu lebih flat, jadi untuk bawa galon banyak lebih mudah ngaturnya. Sienta dulu agak jeglong akibat mekanisme pelipatan jok baris ketiga.

Secara driving feel bawa BR-V jauh lebih satset dan lincah, power mesin pun lebih terasa kuat. kaki kaki juga feeling lebih kokoh nya BR-V itu ada. Bantingan BR-V cenderung lebih kaku tapi lebih ngeredam (mungkin ada faktor mobil baru), Sienta feeling ane kalo lewat lobang rasanya sekabin geterrrr semua. Apalagi kalau buat puterbalik, jangan ditanya mana yang lebih enak :mky_03:

intinya untuk kegunaan nyokap ane, BR-V adalah mobil yang lebih cocok :mky_03:
Apakah sudah coba test drive Suzuki XL7 om? untuk pemakaian jangka panjang (Diatas 10 tahun) mohon sarannya om, prefer XL7 atau all new BRV?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

jordanmax wrote: 04 Aug 2023, 15:24 Apakah sudah coba test drive Suzuki XL7 om? untuk pemakaian jangka panjang (Diatas 10 tahun) mohon sarannya om, prefer XL7 atau all new BRV?
ane pernahnya coba new ertiga om. kalo price comfort dan usage banyak utk keluarga keknya ertiga/XL7 sih lebih proper aja luas kabinnya suspensi juga lebih empuk.

beerve itu menang di badannya lincah buat ukuran bodi sebesar itu. sisanya itu kabin kurang besar. cocoknya buat jadi mobil perang baris 3 buang jadi bagasi aja.

klo gak butuh bagasi malah mending ambil WRV lebih lincah lg :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jordanmax
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 07 Sep 2022, 08:22
Location: Bandung

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by jordanmax »

ChZ wrote: 04 Aug 2023, 15:30
jordanmax wrote: 04 Aug 2023, 15:24 Apakah sudah coba test drive Suzuki XL7 om? untuk pemakaian jangka panjang (Diatas 10 tahun) mohon sarannya om, prefer XL7 atau all new BRV?
ane pernahnya coba new ertiga om. kalo price comfort dan usage banyak utk keluarga keknya ertiga/XL7 sih lebih proper aja luas kabinnya suspensi juga lebih empuk.

beerve itu menang di badannya lincah buat ukuran bodi sebesar itu. sisanya itu kabin kurang besar. cocoknya buat jadi mobil perang baris 3 buang jadi bagasi aja.

klo gak butuh bagasi malah mending ambil WRV lebih lincah lg :mky_03:
Saya sekarang pakenya Honda Brio. perlu space row 3 buat bawa keluarga jalan-jalan. pengennya sih XL7 harga jg lebih murah, tapi khawatir masih ada problem mesin rembes :big_bored: (malas bolak balik ke bengkelnya :big_dunno: ). Brio aja LCGC mesinnya aman, apalagi brv pasti lebih aman ya. XL7 lebih nyaman, tp BRV menang di mesin. Pilihan yang sulit.. :ungg: :ungg: .
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15456
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

jordanmax wrote: 04 Aug 2023, 15:42
Saya sekarang pakenya Honda Brio. perlu space row 3 buat bawa keluarga jalan-jalan. pengennya sih XL7 harga jg lebih murah, tapi khawatir masih ada problem mesin rembes :big_bored: (malas bolak balik ke bengkelnya :big_dunno: ). Brio aja LCGC mesinnya aman, apalagi brv pasti lebih aman ya. XL7 lebih nyaman, tp BRV menang di mesin. Pilihan yang sulit.. :ungg: :ungg: .
kalo utk pake jangka panjang apalagi ud pegang brio sih BRV aja om :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

jordanmax wrote: 04 Aug 2023, 15:42
ChZ wrote: 04 Aug 2023, 15:30
jordanmax wrote: 04 Aug 2023, 15:24 Apakah sudah coba test drive Suzuki XL7 om? untuk pemakaian jangka panjang (Diatas 10 tahun) mohon sarannya om, prefer XL7 atau all new BRV?
ane pernahnya coba new ertiga om. kalo price comfort dan usage banyak utk keluarga keknya ertiga/XL7 sih lebih proper aja luas kabinnya suspensi juga lebih empuk.

beerve itu menang di badannya lincah buat ukuran bodi sebesar itu. sisanya itu kabin kurang besar. cocoknya buat jadi mobil perang baris 3 buang jadi bagasi aja.

klo gak butuh bagasi malah mending ambil WRV lebih lincah lg :mky_03:
Saya sekarang pakenya Honda Brio. perlu space row 3 buat bawa keluarga jalan-jalan. pengennya sih XL7 harga jg lebih murah, tapi khawatir masih ada problem mesin rembes :big_bored: (malas bolak balik ke bengkelnya :big_dunno: ). Brio aja LCGC mesinnya aman, apalagi brv pasti lebih aman ya. XL7 lebih nyaman, tp BRV menang di mesin. Pilihan yang sulit.. :ungg: :ungg: .
Kondisinya sama om, sy udah jd user Brio Satya gen 1 th 2014 tp pengen upgrade ke boil 3 baris Krn anak udah 3, Brio udah terasa sempit sekali :big_childish: jujur puas bgt pake Brio 9th ini, mesin+transmisinya bandel meski sering gaspol uber2an sm travel Kalimantan tp ga pernah trouble mogok sm skali, cm ganti master kopling bawah sm dinamo fan aja. :big_okay: soal kaki2 emang udah ganti racksteer+bushing2 di awal thn ini, ya wajar sih Krn kondisi jalanan di provinsi sy sangat memprihatinkan :big_bored:
Skg galau jg antara BRV dan XL7, expander ane coret Krn performanya ga banget. Stelah baca2 dsini kyknya emg lebih worth it ambil BRV utk jangka panjang, mnurut suhu2 lebih baik ambil E MT atau Prestige non HS?trus gmn ketahanan CVT BRV apakah lebih baik dibanding CVT2 mobil sekelasnya?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post