Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

esaka wrote: 16 Feb 2023, 09:29 gw kok jadi ikutan pengen Kayaba New SR-nya sih...
tapi karena barangnya ghoib, ane mau tanya om...
shockbreaker (depan/belakang) innova ama Fortuner tuh mirip gak sih om? Terus kalau memang New SR-nya mirip, seandainya ane beli shock original Prado 1st gen harusnya bisa juga plug-n-play ke innova lama...
gw berpikir gini, kalau ada part kanibal dari mobil lain seharusnya secara dimensi part bawaan asli pabrikan tuh sama...alias common-part
kesengsem ama shock fortuner TRD yg kata forum sebelah bisa dipasang ke innova dan secara deskripsi review mirip ama Kayaba New SR... :big_grin:
pokoknya perfecto buat yang bokongnya sensi


Kalau innova - fortuner beda bentuk shock depan.. Kalau shock belakang, dudukan nya sama.. Cuman masalah nya, panjang travel shock nya itu sama atau beda.. beda panjang lebih dari 3cm itu malah jadi masalah Om.. Ane sih belum pegang shock fortuner / vrz / vortuner TRD sih..

Ane belum liat / belum tau ada yg pernah compare panjang shock dan travel shock antara innova - fortuner.. Kalau memang sama, bisa aja dicoba Om.. Kalau yang ane pernah denger, antara Fortuner biasa dengan Fortuner TRD itu beda ketinggian (katanyaaa lho ini yaa), tingkat kekerasan nya juga beda.. Versi TRD lebih ceper (katanyaaa 😁😂)


Kalau ane Pribadi kenapa lebih milih Kayaba New SR Special;
1. REAL 100% made in Japan... Bukan yang tulisan di dus / barang nya (distributed by Japan. Co, atau Design in Japan, atau Japan Quality)..
2. Shock Fortuner / VRZ buatan indo.. Yaa as we know,, kalau di compare sama barang buatan Japan,, by Material Quality plus RnD nya,, Indonesia masih belum semaksimal Jepun..


Kalau Om memang mau beli Ori nya Prado 1st gen (Tokico Japan), ya harus bener2 cermat nyari nya Om.. Takutmya dapat barang rekondisi.. 👍😁
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 09:54
om, pir belakang ganti pny mercy tiger potong 2 ulir apa ketinggiannya sama dibanding dengan per ori innova?
sy penasaran mau coba kalau memang enak
[/quote]



Waktu itu sih saya potong 2 ulir cukup Om.. Udah sama rata tinggi nya dgn per bawaan mobil.. Tapi menurut tukang per, dilebihin lagi kirakira 2 setengah ulir..

Ane sih tetep maunya potong 2 ulir aja samain tinggi nya ama per bawaan mobil..

Karena per bawaan mobil sama per mery tiger cuman beda jumlah ulir aja (kerapatan ulir) nya.. Jadi gak merubah desain konstruksi yang lain nya, ane khawatir nanti handling nya juga akan berubah kalau tinggi per dibedain..
[/quote]

om, sy lg hunting2 per mercy tiger w 123 nih, mulai keracunan, cuma org per bilang kok ada 2 macam ya, ada yg besinya besar dan kecil ya?
ada 2 macam ya om? yg rekomen yg mana nih om? khawatir salah beli
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Yg punya saya besi nya besar Om.. Ori copotan mer-ger 😂
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9388
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Suryaputra »

Mantap,, iseng cek Harga Kayaba SR (japan made), untuk mobilo depan blkg aja 6jt-an sama ongkir

harga emg gak bohong :mky_03: :big_exellent:

https://www.tokopedia.com/jayaabadiauto ... aba-new-sr
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by saturday »

Saya waktu pakai OESpectrum di Reborn Diesel rasanya kok keras banget ya? Bukannya empuk. Akhirnya nyerah dan ganti ke Tokico.

Lebih empuk tapi lebih limbung daripada OES.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 11:00 Yg punya saya besi nya besar Om.. Ori copotan mer-ger 😂
Om, mohon info, yg dibutuhkan untuk di pasang di pir belakang innova 2kd itu pernya mercy bagian depan atau belakang?
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

saturday wrote: 16 Feb 2023, 13:04 Saya waktu pakai OESpectrum di Reborn Diesel rasanya kok keras banget ya? Bukannya empuk. Akhirnya nyerah dan ganti ke Tokico.

Lebih empuk tapi lebih limbung daripada OES.

Emm... Menurut pengalaman ane sih,, reborn ini memang agak susah nyari settingan suspensi nya Om.. Mangkanya reborn ane cuman bertahan 3 tahun aja.. Dengan segala dinamika problematika nya,, termasuk penumpang sering komplain kalau pakai reborn..

Apalagi taste atau settingan masing2 driver berbeda tuntutan nya.. Ada yg cocok, ada yg kurang, ada yg pas.. Dan semua tergantung hobi n budgeting nya Om 🙏🙇‍♂️


Mungkin di beberapa driver,, settingan ane banyak yg gak cocok,, ada yg pas.. Terkadang settingan driver pun gak cocok dengan kenyamanan penumpang.. Semua kembali ke selera sih 🙏🙏

Kalau ane hanya menyalurkan hobi icip2 aja Om.. Sampai bener2 nemu settingan yg klik di ane sbg driver, dan penumpang gak ada komplain,, yaudah buru2 di stop hobi nya.. Kalo gak bisa bablass 🤣🤣
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

well wrote: 16 Feb 2023, 18:58
avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 11:00 Yg punya saya besi nya besar Om.. Ori copotan mer-ger 😂
Om, mohon info, yg dibutuhkan untuk di pasang di pir belakang innova 2kd itu pernya mercy bagian depan atau belakang?
Saya ambil nya per depan mer-ger Om
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 19:02
well wrote: 16 Feb 2023, 18:58
avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 11:00 Yg punya saya besi nya besar Om.. Ori copotan mer-ger 😂
Om, mohon info, yg dibutuhkan untuk di pasang di pir belakang innova 2kd itu pernya mercy bagian depan atau belakang?
Saya ambil nya per depan mer-ger Om
Terima kasih infonya, sy lg hunting
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2492
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by KielConstantine »

avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02 Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)

Image


Image

Ane pernah ketemu nih mobil di sunset road bali. Waktu lebaran mei 2022… persis di depan lagi kena macet2an. Ada stiker Seraya Motor, jd ane jepret . Ga lama dijepret langsung belok ke kiri ada ceplosan jalan. Ane tetep lempeng kena macet wakakkakaka


Abis itu ane tanya di group wasem (sambil tunjukin jepretan diatas) mobil siapa neh plat serpong (blakang huruf N), pada kg jawab keknya pada sibuk silaturahmi… ternyata oh ternyata :big_biglaugh:


Salam kenal lah om.. melasti jg mungkin beda hari wkwk

Image

:big_deal: :big_deal: :big_deal:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Wiiii... Salam kenal Om @KielConstantine ... Iya ane lebaran nya ke Bali tahun kemarin.. Hahaha.. Itu kayaknya mau makan di Laota kalo gak salah.. Tapi 3 hari disana kedapetan penuh terus.. Yaudah, sekip deh cari yang lain..


:big_deal: :big_smile] :big_smile]
ray909
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 03 Feb 2023, 10:57
Location: Batu, East Java
Daily Vehicle: Toyota Innova Reborn 2GD

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by ray909 »

Salam kenal suhu2 semua..... saya Nubie abis diracun sama om Cl0nz, ikut nimbrung yak nyimak2..... solanya mau fokus ngeracik kaki ANKI yang pas buat keluarga + harian. :mky_01:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by hackers11 »

Yss kyknya cukup gencar dipromoin ama asco.
Ga masuk pertimbangan kah ama om om disini?
Saya make di motor puas sih.

Yss kebalikan ama profender yg sekarang masuk motor. Banyak keluhan barang batch awalnya bwt motor.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Clonz »

ray909 wrote:Salam kenal suhu2 semua..... saya Nubie abis diracun sama om Cl0nz, ikut nimbrung yak nyimak2..... solanya mau fokus ngeracik kaki ANKI yang pas buat keluarga + harian. :mky_01:
Cari racun ya. Silakan suhu2, racunnya dikerluarkan semua
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 11 Feb 2014, 20:33
Location: Jakarta

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by piggypig77 »

Ikut nimbrung sbg owner Venturer 2.0 A/T 2019

Waktu pertama kali mobil dtg ke rumah lgsg dipake ortu rutenya jakarta utara ke senayan, rute dlm kota aja ortu ngoceh katanya suspensi bawaan ga enak limbung goyang2 bikin mual (dlm hati pikir parah jg mobil baru begini :big_childish: )

Akhirnya ganti per dengan Eibach lowering kit karena pikirnya shock absorber masih baru sayang kalau diganti dan mau lbh rendah jg biar handling lbh enak :big_biglaugh: Pakai setup per Eibach + shock absorber selama kurang lebih 1 tahun sampai akhirnya shock absorber ori bocor dan putusin ganti Monroe OEspectrum, eh orang tua komplen pake si Monroe ini karena katanya di tol beton mobil mentul mentul (hasil analisa rebound terlalu cepat). Setelah cari tau akhirnya ganti si Monroe yang di belakang dengan Tokico (warna hitam, gatau buatan mana)

Tokico dikombinasi dengan per Eibach rasanya enak, rebound lebih lambat jadi ga mentul mentul. Karakter mirip OEM tapi lbh ga limbung dan ttp empuk, untuk shock absorber depan ttp Monroe OEspectrum karena no complain enak enak aja.

Kelemahan per Eibach ini kalau full load lewat polisi tidur besar speed pelan suka mentok stopper karena travel suspensi lebih sedikit, akhirnya sekarang per di balikin ke standar + shock absorber tetap Monroe + Tokico
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by saturday »

avantgardebronze wrote: 16 Feb 2023, 19:00
saturday wrote: 16 Feb 2023, 13:04 Saya waktu pakai OESpectrum di Reborn Diesel rasanya kok keras banget ya? Bukannya empuk. Akhirnya nyerah dan ganti ke Tokico.

Lebih empuk tapi lebih limbung daripada OES.

Emm... Menurut pengalaman ane sih,, reborn ini memang agak susah nyari settingan suspensi nya Om.. Mangkanya reborn ane cuman bertahan 3 tahun aja.. Dengan segala dinamika problematika nya,, termasuk penumpang sering komplain kalau pakai reborn..

Apalagi taste atau settingan masing2 driver berbeda tuntutan nya.. Ada yg cocok, ada yg kurang, ada yg pas.. Dan semua tergantung hobi n budgeting nya Om 🙏🙇‍♂️


Mungkin di beberapa driver,, settingan ane banyak yg gak cocok,, ada yg pas.. Terkadang settingan driver pun gak cocok dengan kenyamanan penumpang.. Semua kembali ke selera sih 🙏🙏

Kalau ane hanya menyalurkan hobi icip2 aja Om.. Sampai bener2 nemu settingan yg klik di ane sbg driver, dan penumpang gak ada komplain,, yaudah buru2 di stop hobi nya.. Kalo gak bisa bablass 🤣🤣
Soal setup suspensi memang selera. Yang bikin saya bingung adalah saat anda bilang Monroe OESpectrum itu lebih empuk daripada SA original sehingga limbung parah; sebab pengalaman saya dan beberapa orang lain pengguna Reborn merasa Monroe OESpectrum itu kerasnya bikin pengendara dan penumpang komplain tapi perbaikan di segi handling terasa.

Berarti Monroe ini kurang konsisten BQnya.
ray909
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 03 Feb 2023, 10:57
Location: Batu, East Java
Daily Vehicle: Toyota Innova Reborn 2GD

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by ray909 »

piggypig77 wrote: 18 Feb 2023, 07:56 Ikut nimbrung sbg owner Venturer 2.0 A/T 2019

Waktu pertama kali mobil dtg ke rumah lgsg dipake ortu rutenya jakarta utara ke senayan, rute dlm kota aja ortu ngoceh katanya suspensi bawaan ga enak limbung goyang2 bikin mual (dlm hati pikir parah jg mobil baru begini :big_childish: )

Akhirnya ganti per dengan Eibach lowering kit karena pikirnya shock absorber masih baru sayang kalau diganti dan mau lbh rendah jg biar handling lbh enak :big_biglaugh: Pakai setup per Eibach + shock absorber selama kurang lebih 1 tahun sampai akhirnya shock absorber ori bocor dan putusin ganti Monroe OEspectrum, eh orang tua komplen pake si Monroe ini karena katanya di tol beton mobil mentul mentul (hasil analisa rebound terlalu cepat). Setelah cari tau akhirnya ganti si Monroe yang di belakang dengan Tokico (warna hitam, gatau buatan mana)

Tokico dikombinasi dengan per Eibach rasanya enak, rebound lebih lambat jadi ga mentul mentul. Karakter mirip OEM tapi lbh ga limbung dan ttp empuk, untuk shock absorber depan ttp Monroe OEspectrum karena no complain enak enak aja.

Kelemahan per Eibach ini kalau full load lewat polisi tidur besar speed pelan suka mentok stopper karena travel suspensi lebih sedikit, akhirnya sekarang per di balikin ke standar + shock absorber tetap Monroe + Tokico
Nah saya juga lagi ngumpulin info buat ngawinin eibach sama tokico hahahaha. Kalau depan pake tokico juga kira2 mentok ga ya? Trus kalau pakai dampers karet itu ngefek jadi keras ga?
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 14 Jul 2008, 17:02

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by bivanos88 »

avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02 1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi
Wah kayaba excel G sekeras itu ya rasanya. Padahal per belakang nya udah pakai per Mercy Tiger.
Dulu pernah pakai juga excel G depan belakang di Jazz GD3 dan karakternya yang agak sedikit keras dibanding oem tapi tetep nyaman buat ane.

Kalau untuk per mercy tiger nya waktu itu beli dimana ya om?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by ctopher7 »

piggypig77 wrote: 18 Feb 2023, 07:56 Ikut nimbrung sbg owner Venturer 2.0 A/T 2019

Waktu pertama kali mobil dtg ke rumah lgsg dipake ortu rutenya jakarta utara ke senayan, rute dlm kota aja ortu ngoceh katanya suspensi bawaan ga enak limbung goyang2 bikin mual (dlm hati pikir parah jg mobil baru begini :big_childish: )

Akhirnya ganti per dengan Eibach lowering kit karena pikirnya shock absorber masih baru sayang kalau diganti dan mau lbh rendah jg biar handling lbh enak :big_biglaugh: Pakai setup per Eibach + shock absorber selama kurang lebih 1 tahun sampai akhirnya shock absorber ori bocor dan putusin ganti Monroe OEspectrum, eh orang tua komplen pake si Monroe ini karena katanya di tol beton mobil mentul mentul (hasil analisa rebound terlalu cepat). Setelah cari tau akhirnya ganti si Monroe yang di belakang dengan Tokico (warna hitam, gatau buatan mana)

Tokico dikombinasi dengan per Eibach rasanya enak, rebound lebih lambat jadi ga mentul mentul. Karakter mirip OEM tapi lbh ga limbung dan ttp empuk, untuk shock absorber depan ttp Monroe OEspectrum karena no complain enak enak aja.

Kelemahan per Eibach ini kalau full load lewat polisi tidur besar speed pelan suka mentok stopper karena travel suspensi lebih sedikit, akhirnya sekarang per di balikin ke standar + shock absorber tetap Monroe + Tokico
kalo kena stopper bunyi kyk "ngik" gitu ya om?
pecinta bio solar
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02 ImageSalam modifikasi untuk para penghobi icip icip,
Kali ini momod mau sharing pengalaman momod gonta ganti shockbreaker selama miara kijang innova dari first gen sampai reborn.

1. 2KD-G 2007
2. 2GD-Q 2015
3. 2KD-V 2015

Yang paling bertahan lama dan paling betah di keluarga ya si 2KD. Dengan segala ke simple-an nya, 2KD tetep primadona di keluarga. Beda dengan si 2GD yang bertahan cuman 3 tahun. Kenapa bisa gitu?, yaa udah banyak dibahas ya di topic & threats SerayaMotor yang lain soal Innova Reborn. Jadi gak perlu diceritain ulang di threats ini.




Okey, back to topic. Untuk kategori shockbreaker settingan ane, ane lebih suka yang nyaman dan gak berasa digebrak gebrak badan kita. Nah it means kategori shock sport / kompetisi gak termasuk ya guys. Tapi, nyaman kategori ane sedikit nge-jelimet. Gimana cara settingan suspensi nyaman itu tidak nose dive, tidak limbung, diajak speeding up to 160 bawa penumpang full di "Trans-Jabahn" juga tetep enjoy gak ada komplain dari penumpang.

Jadi keputusan nya; 'okay kita eksperimen test berbagai macam shock breaker, resiko nya banyak buang uang untuk gonta ganti shock beserta ongkos pasang dan spooring'. Yes, I spend a lot of money for that [cencored].

Kita bahas one by one berbagai merek shock aftermarket yang beredar / pernah beredar di indo ataupun ecommerce indo, yang sudah ane beli dan rasakan sendiri (bukan gratisan, apalagi endorsan. Phhuiiih :big_weee: )



1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi

2. Monroe - front (made in India & made in thailand), ane beli 2-2 nya. Yang made in Thailand warna shock warna item, dus warna biru. Yang made in India shock warna kuning, dus warna putih hijau. ini dua dua nya barang lama. Dipasang di 2KD first gen sama reborn. Feel nya ambyar. gak enak sama sekali. Lebih parah dari Exel -G. gak ada nyaman dan enak nya sama sekali :big_peace:

3. Kayaba Premium; ya ini lebih better daripada shock ori sih. Ngayun nya tetep ada, limbung nya tetep ada. Tapi feel nya lebih tetep sedikit agak enak daripada ori.

4. Kayaba Ultra; wah ini sih cocok nya buat mobil barang aja deh :big_biglaugh: ,, kalo buat mobil yang sering full load tanpa bawa penumpang alis cuman angkut2 barang, ini cocok banget.

5. Monroe OESpectrum (made in China); hmm, kalau menurut ane ini shock cocok nya buat yang suka jalan pelan, gak pernah ngebut (driving max 60kph). Alias alon alon asal kelakuan. Eh, kelakon. Trus lebih sering solo-driving. kalau buat ane, ini shock lebih parah limbung dan empuk nya dibanding shock ORI nya mobil.

6. Kayaba New SR Special (rear), made in JAPAN; nah ini shock best of the best buat ane. Sampe sekarang ini shock masih dipake dan bahkan sampai nge stock 1 set rear. Nyaman nya dapet, empuk nya dapet, stabil nya dapet. Mau full load atau solo-driving tetep shock ini gak ada komplain sama sekali. Diajak ngebut hayuk, anteng banget mobil. Lewatin speed trap gak ada cerita di shock lain yang bisa geser sendiri ekor mobil, pake shock ini antep banget mobil. FYI: shock ini sebener nya untuk Land Cruiser Prado first gen yang non air suspension. Dudukan shock & panjang shock travel, 100% mirip banget sama kijang innova - innova reborn. yang bikin beda cuman besar tabung shock nya. Makanya shock ini perfecto banget buat ane untuk comfort nya. Inget kata orang2, kalau mau ganti shock yang lebih enak, cari subtitusi part nya untuk mobil yang lebih berat bobot nya. Akhirnya nemu lah si shock belakang Prado gen awal ini yang non airsus. Buat yang mau coba, mungkin bisa cari di ecommerce atau toko parts, atau toko langganan, asli nya Prado ini ORI nya dia made in TOKICO JAPAN. Jadi kalau nemu shock belakang Prado non airsus tulisan nya TOKICO JAPAN, sikat aja kalau ada budget. Itu barang ori Prado asli. Untuk Kayaba New SR Special ini barang nya udah ghaib, alias untung2an. Nampak nya importir nya cuman iseng aja import ini barang. Gak pernah ada restock lagi untuk semua jenis Kayaba New SR Special.

7. Kayaba XR (front), made in Indonesia alias made in Karawang; Untuk Shock ini, ane baru pake beberapa hari aja. Itupun juga beli seken dari orang yang katanya baru pake 2 minggu. Orang nya pakai di reborn bensin, dia copot karena istri nya yang lagi bunting ngerasa gak cocok / kekerasan sama shock Kayaba XR. Jadi akhirnya orang tersebut balik lagi pake ori reborn bensin (by part number & nomor rangka) yang ngayun ngayun mentul mentul ginuk ginuk itu karakter nya, terus bbrp bulan kemudian meler oli shock nya (yang katanya bukan bocor) hehehe.. Untuk Kayaba XR ini dimobil ane (2KD-V 2015) sih oke oke aja, kalau digambarkan itu karakter nya gabungan antara Kayaba Premium sama shock ori nya GNKI. Sedikit agak ngayun, tapi gak bikin mual / less nose dive. Lembut nya dapet. Ngehajar lobang pake shock ini gak berasa. Lewat jalan keriting juga nyaman2 so far.

8. Tokico OEM replacement Thailand (front); Ini cocok banget buat yang suka speeding, rasanya pede banget manuver di jalur 0. Mantep aja gitu. Gak ada rasa khawatir ber manuver2. Buat ane, so far shock ini masih favorit. Cuman karena shock Tokico yang terpasang di ane ini stock lama (mungkin stok tahun 2008-an), jadi umur nya cuman 1 tahun di ane yg sering melintas di trans-jabahn. Setelah 1 tahun dan 30ribu kilometer, berasa ngayun nya. Dan mulai agak ngeri kalo lagi manuver, jadi akhirnya ane ganti ke Kayaba XR. Kalau di kondisi jalan kurang mulus, shock ini berasa "dhar dhar dhar" nya. Tapi tetep gak mengurangi kenyamanan tulang ekor ane. Mungkin kalau ada yang mau meminang shock ini, minta aja stock shock Tokico yang agak mudaan tahun produksi nya. Kalau ane liat di ecommerce toko ijo, Tokico OEM yang fresh production, cat shock nya hitam doff. Kalau Tokico OEM stok lama, warna nya black shine.




Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)

Stock Suspensi;
+ Kayaba New SR Special (rear) Prado first gen
+ Profender OEM Series (front)
+ Toyota Original Shock Absorber by part number (front)


Q&A;
Q: Kenapa dengan settingan suspensi bawaan mobil Om?
A: Karena shockbreaker bawaan mobil adalah salah satu part yang lebih murah harga nya dibanding shockaftermarket. Jadi gak ada salahnya kita trial n error barang yang lebih mahal harganya daripada barang ori (harga bengkel resmi). Kalau ada part aftermarket yang harganya lebih murah daripada shock ori bawaan mobil, yaa jangan berharap lebih deh. Ada harga ada rupa, ada kekurangan. Patokan ane ya harga bengkel resmi.

Q: Gak coba karet2 dari Protoflex Om?
A: Udah, gak nyaman dan gak safety rasanya. At the end pakaii part ori innova 2007 yang lebih mahal harga nya dari Protoflex. Mungkin Protoflex di desain untuk keperluan kompetisi. Kalau buat harian, buat ane pribadi gak cocok ya.

Q: Kok diganti pakai per Mercy om belakang nya?
A: Udah nyaman pakai itu dari awal pakek Innova di 2007. Pakai shock itu di 3 kijang ane, udah nyaman aja. Kayak udah mandatory, kijang per belakang ganti pake punya per Mercy Tiger.

Q: Kelebihan pakai stopper bahan karet spon apa Om?
A: Lebih kearah kenyamanan penumpang paling belakang. Gak jedug jedug kalo full Load. Fungsi peredaman stopper karet spon nya bener2 bikin penumpang pules gak sakit pinggang.






Sekian review ane yang gak dibayar dan gak diendorse oleh barang2 yang ane sebut tadi. Ulasan murni berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pribadi, dan uang pribadi. Bukan menjelekkan, tapi sebuah real feel dari tulang ekor ane yang manja.
om, dengernya depan ganti pakai per H-1 pny H mirring enak, apa pernah denger sblmnya?
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

bivanos88 wrote: 18 Feb 2023, 22:03
avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02 1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi
Wah kayaba excel G sekeras itu ya rasanya. Padahal per belakang nya udah pakai per Mercy Tiger.
Dulu pernah pakai juga excel G depan belakang di Jazz GD3 dan karakternya yang agak sedikit keras dibanding oem tapi tetep nyaman buat ane.

Kalau untuk per mercy tiger nya waktu itu beli dimana ya om?


Ane beli di Surabaya Om.. Nitip sama supir truk langganan minta tolong cariin 😁😁
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

well wrote: 20 Feb 2023, 09:07
avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02
om, dengernya depan ganti pakai per H-1 pny H mirring enak, apa pernah denger sblmnya?
Per Hyundai H-1 kayak gimana bentuk nya Om? Saya belum pernah liat..
Kalau per depan sebaik nya standar aja, bentuk nya memang harus sama dengan bawaan mobil.. Termasuk bentuk dudukan atas dan bawah nya.. Nanti pasti timbul bunyi2 kalo bentuk dudukan nya gak sesuai..


Per depan pilihan nya standar ori atau aftermarket ceper..
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: 20 Feb 2023, 13:51
bivanos88 wrote: 18 Feb 2023, 22:03
avantgardebronze wrote: 15 Feb 2023, 11:02 1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi
Wah kayaba excel G sekeras itu ya rasanya. Padahal per belakang nya udah pakai per Mercy Tiger.
Dulu pernah pakai juga excel G depan belakang di Jazz GD3 dan karakternya yang agak sedikit keras dibanding oem tapi tetep nyaman buat ane.

Kalau untuk per mercy tiger nya waktu itu beli dimana ya om?


Ane beli di Surabaya Om.. Nitip sama supir truk langganan minta tolong cariin 😁😁
pasaran harganya brp om?
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by paidjho »

avantgardebronze wrote:Ampun mbah, khilaap [emoji3064][emoji3064][emoji3064]
Khilap tp habis nya lebih dr coilover


Kaboorr ahhh......
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Clonz »

paidjho wrote:
avantgardebronze wrote:Ampun mbah, khilaap [emoji3064][emoji3064][emoji3064]
Khilap tp habis nya lebih dr coilover


Kaboorr ahhh......
Kalau coilover bagaimana impresinya om?
Apakah bisa mendekati mobil torsion beam jadi mirip2 independen feelnya ?

Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post