Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
selamat malam semuanya. kali ini saya akan mereview sebuah mobil yg sedang hype2nya saat ini, yaitu all new kijang innova zenix hybrid, kebetulan yg saya review ini adalah tipe G hybrid, which is varian hybrid terendah dari semua varian zenix hybrid yg dipasarkan di Indonesia, dari perspektif saya sebagai mantan pengguna innova reborn g diesel at 2018 dan fortuner vrz 2018 . now let's go to the review
history
zenix diluncurkan akhir 2022 lalu di Indonesia oleh TAM untuk menggantikan innova reborn . mobil ini merupakan sebuah gebrakkan yg cukup spektakuler dalam gen kijang, dimana mobil ini berubah total dari segala sisi. selain exterior dan interior, mobil ini juga mengalami perubahan pada mesin, sasis dan penggeraknya. yg paling fenomenal adalah berubahnya format penggerak dari RWD , yg selama ini menjadi kelebihan dan ciri khas keluarga kijang dari jaman doyok sampe reborn menjadi FWD . selain itu, format maticnya juga berubah dari matic konvensional menjadi CVT + varian manual juga dihilangkan. blm selesai sampai disitu, ubahan pada zenix ini juga ada pada varian mesinnya, yg sblmnya ada varian dieselnya, sekarang sudah discontinue menjadi hybrid, dan mesin bensinnya pun berubah, dari mesin legenda 1TR FE, sudah diubah menjadi mesin yg mirip dengan voxy + chasisnya juga sudah berubah total, dari ladder frame menjadi monokok, secara gak langsung zenix sudah "bercerai" dengan fortuner dan hilux dan sekarang sudah 1 basis dengan altis dan voxy. mobil ini diluncurkan dengan varian G (bensin & hybrid), V (bensin & hybrid) dan Q (hybrid) sebagai trim tertinggi (semua CVT dan FWD), jadi, dari reborn mobil ini jatohnya triple kill, karena no diesel, no manual dan no RWD . mobil ini dibandrol dengan kisaran harga 420 - 600jtan OTR jakarta
exterior
terlihat simpel, tapi elegan, sepintas memang keliatan model gado2 antara ANR, veloz baru & ANF. memang bukan selera semua orang termasuk saya, yg masih lebih suka desain innova lama / reborn , tapi plusnya keliatan fresh karena baru walaupun velgnya keliatan kekecilan, mungkin buat yg beli tipe G or V bisa upgrade ke velg yg lebih besar menurut saya
interior & fitur
desain interiornya menurut saya sangat baik dan sangat revolusioner buat sebuah kijang, berubah jauh dibanding pendahulunya , serta sukses bikin interior reborn ketinggalan 2 generasi , even dibanding duo ladder sekalipun saya lebih suka desain interior dari zenix ini hehehe. fiturnya juga jauh improve dibanding reborn G saya dulu. misalkan sudah dilengkapi dengan headlamp LED sebagai standar walaupun minus foglamp, rem parkir elektrik , speedo yg jauh lebih modern desainnya + keyless entry & start stop engine. buat fitur safetynya, mobil ini dilengkapi dengan 2/3 airbag saya agak lupa, ABS ,EBD sm BA . selain itu, bq interior dan road noise cukup baik, cukup improve dibanding reborn saya dulu, walaupun bq di bagian engine baynya agak kurang, masih bisa lebih baik lagi buat mobil yg harganya sudah tembus 450jtan otr jakarta ini, entah knp masih lebih rapih reborn g saya dulu engine baynya hehehe
driving feel
mobil ini dilengkapi dengan mesin yg sama dengan voxy & altis + batre dan transmisi matic cvt 7 percepatan
now, saatnya menuju poin yg bikin banyak orang penasaran, yaitu driving impressionnya. apakah lebih baik dari pendahulunya or duo ladder yg harganya lebih mahal atau tidak? i said yes. poin pertama. posisi duduknya sangat ergonomis buat sebuah kijang. jauh lebih baik dibanding reborn even duo ladder yg lebih mahal . selain itu, juga pas posisinya, gak terlalu tinggi dan gak terlalu rendah. selain itu, visibilitas juga cukup baik
begitu mesin di starter, suara mesinnya sangat halus, dibanding reborn bensin sih jauh bgt , getaran juga nyaris gak berasa didalam kabin. begitu jalan, tarikan bawahnya memang agak kurang dibanding reborn diesel / anf, tapi dibanding reborn bensin , jauhh. mobil ini jauh lebih responsif secara enginenya menurut saya, sangat worthed upgrade dari reborn bensin / innova lama ke zenix ini kalau nyari kehalusan suara mesin / kehalusan berkendara. untungnya ketolong sm perpindahan transmisi yg cukup sigap dan smooth dan tarikan tengah - atasnya yg lumayan ngisi. nyetirnya juga dibanding reborn or duo ladder buat dalkot juga saya milih ini, gak berasa kagok aja, cuma kalo buat lukot, saya entah knp masih lebih milih reborn diesel or duo ladder karena torsinya lebih berasa aja + lebih comanding menurut saya
now, let's go to 2nd row. disinilah letak keunggulan zenix. pertama, lumayan lega, row 3 nya juga cukup lega menurut saya. selain itu storagenya juga cukup banyak, duduk di row 2 dan disopirin, berasa sangat nyaman buat ukuran kijang. percayalah, naik mobil ini bakal berasa jauh jauh jauh lebih nyaman dibanding reborn bahkan duo ladder yg lebih mahal, kebetulan saya sudah coba semuanya. bantingan suspensinya berasa lebih empuk dan nyaman, apalagi buat macet macetan di jakarta. tapi, ada 1 hal yg mau saya sampaikan disini. zenix ini memang cukup nyaman
but
it depends what car that you have owned before. kalau kalian biasa make mobil kelas dibawahnya or reborn / innova lama / duo ladder, mobil ini akan berasa jauh lebih nyaman dan empuk. tapi kalau kalian biasa make mobil monokok kelas 450 jt keatas seperti crv, cx5 dll. mobil ini bakal berasa biasa aja. dibanding crv saya juga walaupun fitur , bq dan road noisenya sedikit lebih baik, tapi tetep aja, driving feel, tarikan, handling dan kenyamanannya blm bisa menyaingi crv turbo untuk saat ini menurut saya . kalau saya ada pilihan, saya lebih memilih keep crv saya lebih lama lagi daripada harus tukar ke zenix . tapi kalau anda bisa make mobil kelas dibawahnya, innova reborn / old innova / duo ladder, cukup worthed ganti ke mobil zenix ini, apalagi anda nyari kenyamanan buat dalkot, penasaran sm teknologi hybridnya + pengen mobil yg lega dan muat banyak
conclusion
well, kesimpulannya mobil ini worthed untuk anda yg
- pemakaian mayoritas dalkot dan disopirin
- nyari konsumsi bbm yg irit
- nyari kehalusan suara mesin
- nyari mobil yg worry free karena baru
- nyari desain exterior dan interior yg fresh
- nyari fitur
- nyari kenyamanan dan keempukan bantingan suspensi
- anda biasa make mobil kelas dibawahnya, innova reborn / old innova / duo ladder, niscaya, mobil ini akan upgrade dari mobil anda sebelumnya dari aspek yg saya sebutkan diatas
tapi jangan beli mobil ini jika:
- masih parnoan dengan hybrid, cvt & fwd disebuah kijang
- nyari driving feel, tarikan dan handling
- blm bisa move on dari torsi gedenya diesel / at konven yg selama ini jadi ciri khasnya matic kijang hehehe
- anda biasa make mobil monokok kelas crv, serena dll, percayalah , mobil ini jadi berasa biasa aja, just a glorified kijang with fwd and better model + features, that's it ( no offence ya buat pengguna zenix)
kelebihan
- nama besar toyota & kijang
- aftersales terjamin
- irit bbm
- desain exterior dan interior
- fitur
- kenyamanan dan bantingan suspensi
- kehalusan suara mesin
- perpindahan transmisinya sigap & smooth
- akomodasi cukup baik
kekurangan
- driving feel biasa aja
- tarikan bawahnya agak kurang
- pengerjaan di bagian engine baynya agak kurang buat mobil range 400-600 jtan
- handling biasa aja
- torsinya gak segede diesel, apalagi di tol / lukot
- durabilitynya masih tanda tanya, harus dilihat minimal 1-2 tahun lg dari sekarang , apakah akan sama durablenya dengan gen sblmnya / lebih durable / less durable hehehe
sekian review saya kali ini , mohon maaf kalo ada kesalahan. i hope you will enjoy my review. thank you
history
zenix diluncurkan akhir 2022 lalu di Indonesia oleh TAM untuk menggantikan innova reborn . mobil ini merupakan sebuah gebrakkan yg cukup spektakuler dalam gen kijang, dimana mobil ini berubah total dari segala sisi. selain exterior dan interior, mobil ini juga mengalami perubahan pada mesin, sasis dan penggeraknya. yg paling fenomenal adalah berubahnya format penggerak dari RWD , yg selama ini menjadi kelebihan dan ciri khas keluarga kijang dari jaman doyok sampe reborn menjadi FWD . selain itu, format maticnya juga berubah dari matic konvensional menjadi CVT + varian manual juga dihilangkan. blm selesai sampai disitu, ubahan pada zenix ini juga ada pada varian mesinnya, yg sblmnya ada varian dieselnya, sekarang sudah discontinue menjadi hybrid, dan mesin bensinnya pun berubah, dari mesin legenda 1TR FE, sudah diubah menjadi mesin yg mirip dengan voxy + chasisnya juga sudah berubah total, dari ladder frame menjadi monokok, secara gak langsung zenix sudah "bercerai" dengan fortuner dan hilux dan sekarang sudah 1 basis dengan altis dan voxy. mobil ini diluncurkan dengan varian G (bensin & hybrid), V (bensin & hybrid) dan Q (hybrid) sebagai trim tertinggi (semua CVT dan FWD), jadi, dari reborn mobil ini jatohnya triple kill, karena no diesel, no manual dan no RWD . mobil ini dibandrol dengan kisaran harga 420 - 600jtan OTR jakarta
exterior
terlihat simpel, tapi elegan, sepintas memang keliatan model gado2 antara ANR, veloz baru & ANF. memang bukan selera semua orang termasuk saya, yg masih lebih suka desain innova lama / reborn , tapi plusnya keliatan fresh karena baru walaupun velgnya keliatan kekecilan, mungkin buat yg beli tipe G or V bisa upgrade ke velg yg lebih besar menurut saya
interior & fitur
desain interiornya menurut saya sangat baik dan sangat revolusioner buat sebuah kijang, berubah jauh dibanding pendahulunya , serta sukses bikin interior reborn ketinggalan 2 generasi , even dibanding duo ladder sekalipun saya lebih suka desain interior dari zenix ini hehehe. fiturnya juga jauh improve dibanding reborn G saya dulu. misalkan sudah dilengkapi dengan headlamp LED sebagai standar walaupun minus foglamp, rem parkir elektrik , speedo yg jauh lebih modern desainnya + keyless entry & start stop engine. buat fitur safetynya, mobil ini dilengkapi dengan 2/3 airbag saya agak lupa, ABS ,EBD sm BA . selain itu, bq interior dan road noise cukup baik, cukup improve dibanding reborn saya dulu, walaupun bq di bagian engine baynya agak kurang, masih bisa lebih baik lagi buat mobil yg harganya sudah tembus 450jtan otr jakarta ini, entah knp masih lebih rapih reborn g saya dulu engine baynya hehehe
driving feel
mobil ini dilengkapi dengan mesin yg sama dengan voxy & altis + batre dan transmisi matic cvt 7 percepatan
now, saatnya menuju poin yg bikin banyak orang penasaran, yaitu driving impressionnya. apakah lebih baik dari pendahulunya or duo ladder yg harganya lebih mahal atau tidak? i said yes. poin pertama. posisi duduknya sangat ergonomis buat sebuah kijang. jauh lebih baik dibanding reborn even duo ladder yg lebih mahal . selain itu, juga pas posisinya, gak terlalu tinggi dan gak terlalu rendah. selain itu, visibilitas juga cukup baik
begitu mesin di starter, suara mesinnya sangat halus, dibanding reborn bensin sih jauh bgt , getaran juga nyaris gak berasa didalam kabin. begitu jalan, tarikan bawahnya memang agak kurang dibanding reborn diesel / anf, tapi dibanding reborn bensin , jauhh. mobil ini jauh lebih responsif secara enginenya menurut saya, sangat worthed upgrade dari reborn bensin / innova lama ke zenix ini kalau nyari kehalusan suara mesin / kehalusan berkendara. untungnya ketolong sm perpindahan transmisi yg cukup sigap dan smooth dan tarikan tengah - atasnya yg lumayan ngisi. nyetirnya juga dibanding reborn or duo ladder buat dalkot juga saya milih ini, gak berasa kagok aja, cuma kalo buat lukot, saya entah knp masih lebih milih reborn diesel or duo ladder karena torsinya lebih berasa aja + lebih comanding menurut saya
now, let's go to 2nd row. disinilah letak keunggulan zenix. pertama, lumayan lega, row 3 nya juga cukup lega menurut saya. selain itu storagenya juga cukup banyak, duduk di row 2 dan disopirin, berasa sangat nyaman buat ukuran kijang. percayalah, naik mobil ini bakal berasa jauh jauh jauh lebih nyaman dibanding reborn bahkan duo ladder yg lebih mahal, kebetulan saya sudah coba semuanya. bantingan suspensinya berasa lebih empuk dan nyaman, apalagi buat macet macetan di jakarta. tapi, ada 1 hal yg mau saya sampaikan disini. zenix ini memang cukup nyaman
but
it depends what car that you have owned before. kalau kalian biasa make mobil kelas dibawahnya or reborn / innova lama / duo ladder, mobil ini akan berasa jauh lebih nyaman dan empuk. tapi kalau kalian biasa make mobil monokok kelas 450 jt keatas seperti crv, cx5 dll. mobil ini bakal berasa biasa aja. dibanding crv saya juga walaupun fitur , bq dan road noisenya sedikit lebih baik, tapi tetep aja, driving feel, tarikan, handling dan kenyamanannya blm bisa menyaingi crv turbo untuk saat ini menurut saya . kalau saya ada pilihan, saya lebih memilih keep crv saya lebih lama lagi daripada harus tukar ke zenix . tapi kalau anda bisa make mobil kelas dibawahnya, innova reborn / old innova / duo ladder, cukup worthed ganti ke mobil zenix ini, apalagi anda nyari kenyamanan buat dalkot, penasaran sm teknologi hybridnya + pengen mobil yg lega dan muat banyak
conclusion
well, kesimpulannya mobil ini worthed untuk anda yg
- pemakaian mayoritas dalkot dan disopirin
- nyari konsumsi bbm yg irit
- nyari kehalusan suara mesin
- nyari mobil yg worry free karena baru
- nyari desain exterior dan interior yg fresh
- nyari fitur
- nyari kenyamanan dan keempukan bantingan suspensi
- anda biasa make mobil kelas dibawahnya, innova reborn / old innova / duo ladder, niscaya, mobil ini akan upgrade dari mobil anda sebelumnya dari aspek yg saya sebutkan diatas
tapi jangan beli mobil ini jika:
- masih parnoan dengan hybrid, cvt & fwd disebuah kijang
- nyari driving feel, tarikan dan handling
- blm bisa move on dari torsi gedenya diesel / at konven yg selama ini jadi ciri khasnya matic kijang hehehe
- anda biasa make mobil monokok kelas crv, serena dll, percayalah , mobil ini jadi berasa biasa aja, just a glorified kijang with fwd and better model + features, that's it ( no offence ya buat pengguna zenix)
kelebihan
- nama besar toyota & kijang
- aftersales terjamin
- irit bbm
- desain exterior dan interior
- fitur
- kenyamanan dan bantingan suspensi
- kehalusan suara mesin
- perpindahan transmisinya sigap & smooth
- akomodasi cukup baik
kekurangan
- driving feel biasa aja
- tarikan bawahnya agak kurang
- pengerjaan di bagian engine baynya agak kurang buat mobil range 400-600 jtan
- handling biasa aja
- torsinya gak segede diesel, apalagi di tol / lukot
- durabilitynya masih tanda tanya, harus dilihat minimal 1-2 tahun lg dari sekarang , apakah akan sama durablenya dengan gen sblmnya / lebih durable / less durable hehehe
sekian review saya kali ini , mohon maaf kalo ada kesalahan. i hope you will enjoy my review. thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Kalau setir gimana om, saya pemakai reborn bensin. kerasa berat, even di banding mobil2 jadul lainnya,kayak grand livina 2007 dulu kala,
dulu nyobain zenix stir sepintas enteng bgt, pas bt dalam kota, tapi itu cuman dalam dealer doang test drivenya
kebetulan dirumah ada raize, itu stir jg dah enteng bgt, enak bt deket2, mirip2 ama mobil2 expander, creta, dan mobil2 kekinian
lg nimbang2 mau upgrade reborn, cmn msh mikir mo hybrid ato bensin.
dulu nyobain zenix stir sepintas enteng bgt, pas bt dalam kota, tapi itu cuman dalam dealer doang test drivenya
kebetulan dirumah ada raize, itu stir jg dah enteng bgt, enak bt deket2, mirip2 ama mobil2 expander, creta, dan mobil2 kekinian
lg nimbang2 mau upgrade reborn, cmn msh mikir mo hybrid ato bensin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Kalo sering dipake/bakal calon mobil odo gondrong macem fleet ambil hybrid ajamastom wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 2:14 Kalau setir gimana om, saya pemakai reborn bensin. kerasa berat, even di banding mobil2 jadul lainnya,kayak grand livina 2007 dulu kala,
dulu nyobain zenix stir sepintas enteng bgt, pas bt dalam kota, tapi itu cuman dalam dealer doang test drivenya
kebetulan dirumah ada raize, itu stir jg dah enteng bgt, enak bt deket2, mirip2 ama mobil2 expander, creta, dan mobil2 kekinian
lg nimbang2 mau upgrade reborn, cmn msh mikir mo hybrid ato bensin.
Sabar tapi indennya
Tapi klo pemakaian normal macem saya yg setahun paling cuma nambah 10rb-15rb ya ambil bensin aja
Sama ini cuma pemikiran cupu saya,
Kedepan klo dijual lagi sepertinya sedikit lebih liquid yg non hybrid
Karena battery replacement masi dianggap "sensitive"
Tapi entahlah klo ternyata harga batere 3 tahun kedepan udah anjlokk
Klo yg non hybrid yah keiritan rasanya gak bakal jauh beda dengan LMPV 1.5L ber cvt
Tapi at least ini kijang, levelnya sudah diatas LMPV tapi dapet keiritan setara LMPV 1.5L dengan performa yg lebih baik
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Nice review om ..
Ini calon - calon mobil laku keras jg dan bakal wara - wiri jabodetabek ..
Tapi saya suka banget sama yg grade ini, soalnya ga ada layar belakang headrest 1st row ..
Kaya interiornya clean aja gitu, ga banyak gimmick haha ..
Yg tengahnya ada layar malah saya bingung, jadi keliatan sempit
Ini calon - calon mobil laku keras jg dan bakal wara - wiri jabodetabek ..
Tapi saya suka banget sama yg grade ini, soalnya ga ada layar belakang headrest 1st row ..
Kaya interiornya clean aja gitu, ga banyak gimmick haha ..
Yg tengahnya ada layar malah saya bingung, jadi keliatan sempit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
jauh lebih enteng om, dan lebih ergonomis juga dibanding reborn menurut saya. worth it kok upgrade ke zenix ini kalo dari reborn bensin. tergantugn kebutuhan. kalo sering macet2an & pemakaian mayoritas dalkot + dipakainya hampir tiap hari ya lebih prefer yg hybrid. tapi kalo mobilnya jarang dipake dan biasanya dikeluarin sesekali aja ambil yg bensinmastom wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 2:14 Kalau setir gimana om, saya pemakai reborn bensin. kerasa berat, even di banding mobil2 jadul lainnya,kayak grand livina 2007 dulu kala,
dulu nyobain zenix stir sepintas enteng bgt, pas bt dalam kota, tapi itu cuman dalam dealer doang test drivenya
kebetulan dirumah ada raize, itu stir jg dah enteng bgt, enak bt deket2, mirip2 ama mobil2 expander, creta, dan mobil2 kekinian
lg nimbang2 mau upgrade reborn, cmn msh mikir mo hybrid ato bensin.
yes, kecuali bakal sering dipake macet2an di jakarta hehehe, saya lebih prefer yg hybrid, tapi kalo mayoritas tol / lukot, kayanya yg bensin jg udh cukupariswp wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 3:30
Kalo sering dipake/bakal calon mobil odo gondrong macem fleet ambil hybrid aja
Sabar tapi indennya
Tapi klo pemakaian normal macem saya yg setahun paling cuma nambah 10rb-15rb ya ambil bensin aja
Sama ini cuma pemikiran cupu saya,
Kedepan klo dijual lagi sepertinya sedikit lebih liquid yg non hybrid
Karena battery replacement masi dianggap "sensitive"
Tapi entahlah klo ternyata harga batere 3 tahun kedepan udah anjlokk
Klo yg non hybrid yah keiritan rasanya gak bakal jauh beda dengan LMPV 1.5L ber cvt
Tapi at least ini kijang, levelnya sudah diatas LMPV tapi dapet keiritan setara LMPV 1.5L dengan performa yg lebih baik
yes, di jabodetabek memang sudah lumayan banyak zenix ini, rata2 tipe q hybrid warna putih dan hitam saya perhatiin hehehe. memang tipe ini memang sudah cukup om buat yg pengen sekedar merasakan kelebihan zenix & penasaran sm hybridnya serta ga butuh2 amat panoramic sunroof heheheIbet wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 4:49 Nice review om ..
Ini calon - calon mobil laku keras jg dan bakal wara - wiri jabodetabek ..
Tapi saya suka banget sama yg grade ini, soalnya ga ada layar belakang headrest 1st row ..
Kaya interiornya clean aja gitu, ga banyak gimmick haha ..
Yg tengahnya ada layar malah saya bingung, jadi keliatan sempit
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
pemakain queen garage, cuman bt luar kota,
irit bkn concern utama, dalam kota pake mobil kecil asal gelinding, yg penting AC dan setir enteng
cmn tarikan reborn bensin yg reborn bt luar kota, aduh....lemot bgt, bt tol jawa hrs sabar klo mo nyalip. maklum kaki ga sekolah
lainnya reborn ini enak bgt memang, family car bgt, peace in mind, cmn ganti ban ama oli aja, pantes org pada suka....
pgnnya hybrid, itu akselerasi bikin ngeces...sayang indennya 1 thn
meski bensin jg dah lumayan dibawah 11 detik, kebayang enaknya di tol jawa, takut nyesel aja kenapa ga lsg ke hybrid
nice review om, btw
irit bkn concern utama, dalam kota pake mobil kecil asal gelinding, yg penting AC dan setir enteng
cmn tarikan reborn bensin yg reborn bt luar kota, aduh....lemot bgt, bt tol jawa hrs sabar klo mo nyalip. maklum kaki ga sekolah
lainnya reborn ini enak bgt memang, family car bgt, peace in mind, cmn ganti ban ama oli aja, pantes org pada suka....
pgnnya hybrid, itu akselerasi bikin ngeces...sayang indennya 1 thn
meski bensin jg dah lumayan dibawah 11 detik, kebayang enaknya di tol jawa, takut nyesel aja kenapa ga lsg ke hybrid
nice review om, btw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Sudah pernah test drive tipe G, V, Q punya teman
Sesama Zenix, bantingan suspensi paling nyaman tipe G baru V baru Q.. yang Q profil ban tipis 50 gimana mau nyaman
Dibandingkan mobil monokok lainnya di harga serupa sih Zenix inferior banget build qualitynya.. bantingan suspensi juga biasa biasa saja, pakai torsion beam lagi
Dibanding reborn diesel, driving lebih enak reborn diesel.. torsi diesel ga bisa bohong
Sesama Zenix, bantingan suspensi paling nyaman tipe G baru V baru Q.. yang Q profil ban tipis 50 gimana mau nyaman
Dibandingkan mobil monokok lainnya di harga serupa sih Zenix inferior banget build qualitynya.. bantingan suspensi juga biasa biasa saja, pakai torsion beam lagi
Dibanding reborn diesel, driving lebih enak reborn diesel.. torsi diesel ga bisa bohong
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Ayunan suspensinya bagaimana?masih kaya berasa naik kapal seperti innova generasi sebelum2nya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
kalo itu reborn diesel aja, udh paling bener, cocok buat lukot, torsi gede, tarikan ngisi disemua putaran + memang tracknya di tol jawa itu. kmrn saya ke smg sm solo naik mobil bensin lari 140 aja itu trio ladder gampang bener nyalipnya disana . kalo buat dalkot masih oke lah zenix, cuma buat lukot, saya tetep prefer reborn diesel. peace of mind juga. dulu saya pernah miara 1 tahun ampe dijual beberapa minggu lalu gaada masalah yg aneh2, cuma ganti oli dan servis rutin aja, sisanya aman. peace of mind. bengkel2 non resmi dan resmi jg diluar jabodetabek masih banyak yg bisa handle. part jg mau ori mau kw ada semua tinggal milih hehehe. irit, lega, perawatan murah, part gampang, bengkel gampang, muat banyak , tarikan enak apalagi buat lukot + cocok segala medan, pantesan orang pada sukamastom wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 9:01 pemakain queen garage, cuman bt luar kota,
irit bkn concern utama, dalam kota pake mobil kecil asal gelinding, yg penting AC dan setir enteng
cmn tarikan reborn bensin yg reborn bt luar kota, aduh....lemot bgt, bt tol jawa hrs sabar klo mo nyalip. maklum kaki ga sekolah
lainnya reborn ini enak bgt memang, family car bgt, peace in mind, cmn ganti ban ama oli aja, pantes org pada suka....
pgnnya hybrid, itu akselerasi bikin ngeces...sayang indennya 1 thn
meski bensin jg dah lumayan dibawah 11 detik, kebayang enaknya di tol jawa, takut nyesel aja kenapa ga lsg ke hybrid
nice review om, btw
tapi kalo memang kudu zenix, bensin aja. apalagi om cuma buat qeen garage & luar kota. iritnya gajauh beda kok sm disel kalo hybrid lukot setau saya, kecuali om nya mau make dalkot tiap hari dan macet2an, baru worthed yg hybrid
tol jawa gatau knp saya masih lebih suka diesel, kalo cvt gatau knp tarikan bawahnya agak kurang buat nyalip, masih enakkan diesel
yes, apalagi dibandingin sm sesama mobil monokok harga sama, makanya saya bilang. zenix ini kudu puny benchmarking yg jelas. kalo benchmarkingnya trio ladder or mobil kelas bawahnya, ya bakal berasa enak dan nyaman bgt, bq juga improve. tapi kalo biasa make mobil monokok kelas 450 keatas, mobil ini bakal berasa biasa aja dan mohon maaf overpriceVenturtle wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 9:23 Sudah pernah test drive tipe G, V, Q punya teman
Sesama Zenix, bantingan suspensi paling nyaman tipe G baru V baru Q.. yang Q profil ban tipis 50 gimana mau nyaman
Dibandingkan mobil monokok lainnya di harga serupa sih Zenix inferior banget build qualitynya.. bantingan suspensi juga biasa biasa saja, pakai torsion beam lagi
Dibanding reborn diesel, driving lebih enak reborn diesel.. torsi diesel ga bisa bohong
kalo poin bawah. ya tergantung kita makenya kemana. kalo buat macet2an di jabodetabek, saya lebih suka zenix, lebih ergonomis dan gak berasa terlalu tinggi or rendah. kalo reborn berasa kaya ketinggian gitu posisi duduknya. blm lg getaran dieselnya cukup masuk kedalam kabin. tapi kalo buat lukot or rute tol yg lancar, saya setuju om, lebih enak diesel. karena ya torsinya never lies om, nikmattt, ngisi di semua putarann
tidak sama sekali. mobil ini kalau biasa make innova gen sblmnya bakal jauh lebih improve, bahkan saya berani bilang dibanding duo ladder yg lebih mahal sekalipun ayunan suspensinya lebih enak ini buat row 2 nya, lebih empuk dan lebih nyaman. ayunan suspensi kaya naik kapal di innova gen sblmnya sepertinya sudah nyaris tidak ada lagi di zenix ini, walaupun masih ada limbungnya dikit, tapi overall sudah improve jauh dibanding gen sblmnya. pas duduk di row 2 zenix ini, terus besoknya saya balik ke reborn & GNKI, berasa naik gerobak duduk di kedua mobil itu row 2 nyazonepublic wrote: ↑Fri Feb 24, 2023 9:38 Ayunan suspensinya bagaimana?masih kaya berasa naik kapal seperti innova generasi sebelum2nya?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Jadi kalo punya duit 600juta mending nunggu CRV baru keluar lihat gimana bentuknya, kemungkinan di angka 700an
Saya pun sangat tertarik sama zenix ini tapi karena mobil yg sekarang baru 3 tahun, skr jalan tahun ke 4 jadinya nunggu dulu sampe udah deket2 ulang tahun ke 5 aja
Kalaupun sampe beli nanti ngincernya tipe v bensin aja karena pemakaian saya setahun gak sampe 15rb km
Saya pun sangat tertarik sama zenix ini tapi karena mobil yg sekarang baru 3 tahun, skr jalan tahun ke 4 jadinya nunggu dulu sampe udah deket2 ulang tahun ke 5 aja
Kalaupun sampe beli nanti ngincernya tipe v bensin aja karena pemakaian saya setahun gak sampe 15rb km
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Pengen bgt si zenix hybrid sayangnya sy berharap ada varian g dengan full tss
Gak bgt tss harus ambil yg q padahal ga butuh printilan ga penting kena charge 600jt
Gak bgt tss harus ambil yg q padahal ga butuh printilan ga penting kena charge 600jt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Akomodasinya berkurang jauh dibanding reborn. Tempat penyimpanan di console box hilang, laci yg bisa jadi cooler tdk ada (GNKI juga tdk ada tapi lacinya ada 2 atas bawah), jok tengah tdk bisa dilipat, laci sandaran tengah arah membukanya aneh. Yang mengganggu kalau jok di set paling rendah, gundukan kap mesin kelihatan dan menutupi pandangan ke depan. Kalau jok diset paling tinggi jatuhnya lebih commanding dari Reborn. Apa memang kurang cocok utk yg tinggi badannya tdk sampai 170 cm?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Klo saya ga suka sama legroomnya duduk di depan sih, gara gara konsol tengah transmisi yg tinggi membuat ruang betis kaki kanan kiri jadi ga seluas rebornXMTdeluxe wrote: ↑Mon Feb 27, 2023 14:46 Akomodasinya berkurang jauh dibanding reborn. Tempat penyimpanan di console box hilang, laci yg bisa jadi cooler tdk ada (GNKI juga tdk ada tapi lacinya ada 2 atas bawah), jok tengah tdk bisa dilipat, laci sandaran tengah arah membukanya aneh. Yang mengganggu kalau jok di set paling rendah, gundukan kap mesin kelihatan dan menutupi pandangan ke depan. Kalau jok diset paling tinggi jatuhnya lebih commanding dari Reborn. Apa memang kurang cocok utk yg tinggi badannya tdk sampai 170 cm?
Sama ruang kaki baris kedua gara gara kolong kursi baris pertama dikasih baterai
Jadinya telapak kaki ga bisa selonjor sampe kolong kursi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
yes, saya sendiri sebagai ex user reborn & user crv turbo jg lebih baik nunggu crv baru aja, kalopun mau beli zenix, yg tipe g hybrid jg udh cukup hehehealexand wrote: ↑Sun Feb 26, 2023 13:46 Jadi kalo punya duit 600juta mending nunggu CRV baru keluar lihat gimana bentuknya, kemungkinan di angka 700an
Saya pun sangat tertarik sama zenix ini tapi karena mobil yg sekarang baru 3 tahun, skr jalan tahun ke 4 jadinya nunggu dulu sampe udah deket2 ulang tahun ke 5 aja
Kalaupun sampe beli nanti ngincernya tipe v bensin aja karena pemakaian saya setahun gak sampe 15rb km
ya kan secara gak langsung memang digiring buat ambil tipe tertinggi om hehehe
ya buat saya yg tingginya 170an cm ya masih enak2 aja ya om hehehe, mungkin yg tingginya dibawah 167 agak kurang cocok, tapi kalo tingginya 168, 169 sepertinya masih cocok aja sih heheehXMTdeluxe wrote: ↑Mon Feb 27, 2023 14:46 Akomodasinya berkurang jauh dibanding reborn. Tempat penyimpanan di console box hilang, laci yg bisa jadi cooler tdk ada (GNKI juga tdk ada tapi lacinya ada 2 atas bawah), jok tengah tdk bisa dilipat, laci sandaran tengah arah membukanya aneh. Yang mengganggu kalau jok di set paling rendah, gundukan kap mesin kelihatan dan menutupi pandangan ke depan. Kalau jok diset paling tinggi jatuhnya lebih commanding dari Reborn. Apa memang kurang cocok utk yg tinggi badannya tdk sampai 170 cm?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
Zenix yang Q hybrid harganya beti yak ama fortuner 2.8.
Kalo konsennya the power of tourqe (lupakan perihal ladder frame dan kenyamanan) mungkin wishnya ambil yg fortuner kalik ya..
Kalo konsennya the power of tourqe (lupakan perihal ladder frame dan kenyamanan) mungkin wishnya ambil yg fortuner kalik ya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
yes, sm ANPS dakar baru pun jg mirip2 harganya om hehehe. yes, tergantung kebutuhan. kalo nyari kenyamanan, model , fitur, sm mayoritas dalkot pilih zenix. tp kalo nyari tenaga/ torsi, tarikan enak, gagah sm rute mayoritas tol / lukot pilih fortuner / pajero
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
ini mobil yg bikin mobil yang udah bangkit jadi bangkit lagi...
innova reborn, udah disuntik mati, eh reborn lagi, saking antrean varian hybrid setahun...
dan larinya varian hybrid di trans jawa emang beda, smooth like butter, macem european, dari 80 kph gas dikit tau2 sudah 120 kpj lanjut lagi 150 kpj..
kalau yg reborn diesel kan jack rabbit dan ngebul2 sesuai namanya gerobak sayur ngebul
innova reborn, udah disuntik mati, eh reborn lagi, saking antrean varian hybrid setahun...
dan larinya varian hybrid di trans jawa emang beda, smooth like butter, macem european, dari 80 kph gas dikit tau2 sudah 120 kpj lanjut lagi 150 kpj..
kalau yg reborn diesel kan jack rabbit dan ngebul2 sesuai namanya gerobak sayur ngebul
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
reborn jg bangkit karena peminatnya di luar jabodetabek masih banyak, terutama buat fleet / travel hehehe. varian hybrid emg indennya lama oom. karena emg banyak yg minat juga, terutama di jabodetabek. saya perhatiin di FJB / mediator kenalan saya banyak kok yg rela jual 2 mobil sekaligus demi menebus 1 unit zenix hybrid ini di jabodetabek . jadi ya gaheran indennya lama. kalo saya pribadi sebagai ex user reborn diesel dan udh pernah coba zenix hybrid ya memang bener. zenix jauh lebih smooth, jauh lebih kaya fitur, jauh lebih nyaman dan jauh lebih empuk. tapi kalo di trans jawa, entah knp saya masih lebih prefer reborn diesel. lebih berasa aja gitu tarikannya. ngisi disemua putaran. kalo zenix hybrid entah knp tarikan bawahnya agak kurang + konsumsi bbm nya jg saya rasa gajauh beda sm diesel kalo lukot. kecuali buat macet2an di jabodetabek or sering duduk di row 2 baru zenix hybrid lebih unggul hehehekunaskun wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 5:45 ini mobil yg bikin mobil yang udah bangkit jadi bangkit lagi...
innova reborn, udah disuntik mati, eh reborn lagi, saking antrean varian hybrid setahun...
dan larinya varian hybrid di trans jawa emang beda, smooth like butter, macem european, dari 80 kph gas dikit tau2 sudah 120 kpj lanjut lagi 150 kpj..
kalau yg reborn diesel kan jack rabbit dan ngebul2 sesuai namanya gerobak sayur ngebul
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
sepertinya emang market demand ya, emang ajaib market Indo, toyota aja masih bisa salah baca "pasar".Pboyz97 wrote: ↑Mon Mar 13, 2023 2:04 reborn jg bangkit karena peminatnya di luar jabodetabek masih banyak, terutama buat fleet / travel hehehe. varian hybrid emg indennya lama oom. karena emg banyak yg minat juga, terutama di jabodetabek. saya perhatiin di FJB / mediator kenalan saya banyak kok yg rela jual 2 mobil sekaligus demi menebus 1 unit zenix hybrid ini di jabodetabek . jadi ya gaheran indennya lama. kalo saya pribadi sebagai ex user reborn diesel dan udh pernah coba zenix hybrid ya memang bener. zenix jauh lebih smooth, jauh lebih kaya fitur, jauh lebih nyaman dan jauh lebih empuk. tapi kalo di trans jawa, entah knp saya masih lebih prefer reborn diesel. lebih berasa aja gitu tarikannya. ngisi disemua putaran. kalo zenix hybrid entah knp tarikan bawahnya agak kurang + konsumsi bbm nya jg saya rasa gajauh beda sm diesel kalo lukot. kecuali buat macet2an di jabodetabek or sering duduk di row 2 baru zenix hybrid lebih unggul hehehe
soal di trans jawa memang pastinya lebih unggul reborn karena diesel torque ga boong, apalagi batere hybrid di zenix itu kecil jadi ga bisa bantu dorong lama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
yes. perlu diiingat, kalo Indo itu gacuma jabodetabek aja. mungkin risetnya mayoritas di jabodetabek aja yg memang lebih butuh kenyamanan dan fitur + teknologi baru which is disana mobil baru mereka paling banyak dibeli, beda sm daerah yg mayoritas beli seken setau saya, mobil barunya agak kurang dan lebih prefer yg irit, lega ,perawatan murah, muat banyak, part kw nya banyak, bengkel ada dimana mana, bisa minum oli dan bbm apa aja & rv nya ga jatoh jatoh amat hehehe
makanya, zenix mah cocoknya buat dalkot aja om, dan jalan mayoritas mulus. macet2an bakalan berasa jauh lebih nyaman dan empuk blm lg bonus irit karena hybrid, tapi kalo buat tanjakkan turunan jalan rusak sm lukot mah reborn tetep lebih unggul om menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
bener juga, Indonesia itu ga cuman jabodatebek atau jawa atau bacot netijen mendang mending yg ga akan beliPboyz97 wrote: ↑Tue Mar 14, 2023 4:05 yes. perlu diiingat, kalo Indo itu gacuma jabodetabek aja. mungkin risetnya mayoritas di jabodetabek aja yg memang lebih butuh kenyamanan dan fitur + teknologi baru which is disana mobil baru mereka paling banyak dibeli, beda sm daerah yg mayoritas beli seken setau saya, mobil barunya agak kurang dan lebih prefer yg irit, lega ,perawatan murah, muat banyak, part kw nya banyak, bengkel ada dimana mana, bisa minum oli dan bbm apa aja & rv nya ga jatoh jatoh amat hehehe
makanya, zenix mah cocoknya buat dalkot aja om, dan jalan mayoritas mulus. macet2an bakalan berasa jauh lebih nyaman dan empuk blm lg bonus irit karena hybrid, tapi kalo buat tanjakkan turunan jalan rusak sm lukot mah reborn tetep lebih unggul om menurut saya hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9670
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
https://www.otosia.com/mobil/read/52421 ... -50-persen
Depresiasi up to 50% dalam waktu 5 tahun
Hybrid, apalagi EV
Mending pakai sampai selama hidup mobilnya aja
Depresiasi up to 50% dalam waktu 5 tahun
Hybrid, apalagi EV
Mending pakai sampai selama hidup mobilnya aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review and test drive : All New Kijang Innova Zenix G Hybrid CVT
ya karena emg lebih cocok buat macet2an di jabodetabek aja atau dalkot. kalo lukot / tol entah knp saya lebih prefer bensin / diesel heheheSuryaputra wrote: ↑Sat Mar 25, 2023 23:47 https://www.otosia.com/mobil/read/52421 ... -50-persen
Depresiasi up to 50% dalam waktu 5 tahun
Hybrid, apalagi EV
Mending pakai sampai selama hidup mobilnya aja
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV