Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
kuzkuz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 May 2015, 14:40

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by kuzkuz »

Wow ternyata CVT Honda + Turbo ternyata ada potensi tuning juga ya.

Pernah bawa Civic FE, STD aja enak kok CVT nya; cukup responsif.

Btw, CRV sama Civic boleh dijelasin tahap tune nya apa aja?

Remap + Downpipe + apa (lagi pikir2 buat gantiin GD) hehee
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 12:44
kendibocor wrote: 15 Apr 2023, 16:46 Yg bikin jadul itu mzd connectnya masih sama kayak mazda 2 awal2 keluar :mky_07:
Gile aje tuh UI uda dari 2014 masi dipake cuman update2 ga kasat mata doang. Apa susahnya coba naekin ke mzd connect yg punya mazda 3 atau CX30 pas kemaren facelift.

Masalah mesin sih untuk dalkot atau gas tipis2 ke lukot lumayan lah kecuali rpm atas emang agak ngempos, tp masyarakat awam mah cuek lah masalah mesin jadul.
Wikk serius cx5 baru masih ui nya persis yang lama? :big_biglaugh: bused mo ngasih duit ke tukang update software kali :big_biglaugh:


kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 07:43 Remap dimana om jadi 230hp? Kayaknya mesin NA ga bakalan naek 40hp dengan hanya remap doang. Kalo mesin turbo sih wajar kenaekan segitu. Setau ane mesin NA di remap paling naek 10-15hp.
Kalo liat di dyno graph gut motorsport ama rev rata rata dapetnya +15hp an itu cx5.... agak gede dia high comp engine. Dulu honda K24 dapet 10hp aja dah bagus.

Crv turbo +50an... Limit cvtnya agak longgar ini crv banding civic.

Semua result on wheel yg di konversi langsung via computer nya
UI masih samaaaa :big_biglaugh:
Makanya malesin kan mobil dari luar model bagus, interior masih ga ada yg ngalahin, eh UI malah tua 10 taon :big_biglaugh:
Yg pake UI baru cuman CX30 ma 3. CX9 aja masih UI lama :big_biglaugh: masalahnye sejauh ini jg gw ga pernah denger ada yg bisa update software ke UI yg mazda 3/CX30. Uda gitu gagal update bisa ngebrick, ganti dah tuh semuanya. Lumayan jg DCnya kalo sampe ngebrick. Gw waktu DIY update versi di mazda 2 biar bisa carplay aja uda deg2an. Ngebrick mampoes jg :big_biglaugh:

CX5 naek 15hp itungannya lumayan sih.
Mesin NA 190hp (ga sampe jg padahal) mau naek 40hp kayaknya perjuangan (dan biayanya) banyak, ga sekedar remap. Nambah full exhaust system aja masih blm dpt 40hp.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 12:44
kendibocor wrote: 15 Apr 2023, 16:46 Yg bikin jadul itu mzd connectnya masih sama kayak mazda 2 awal2 keluar :mky_07:
Gile aje tuh UI uda dari 2014 masi dipake cuman update2 ga kasat mata doang. Apa susahnya coba naekin ke mzd connect yg punya mazda 3 atau CX30 pas kemaren facelift.

Masalah mesin sih untuk dalkot atau gas tipis2 ke lukot lumayan lah kecuali rpm atas emang agak ngempos, tp masyarakat awam mah cuek lah masalah mesin jadul.
Wikk serius cx5 baru masih ui nya persis yang lama? :big_biglaugh: bused mo ngasih duit ke tukang update software kali :big_biglaugh:
ctopher7 wrote: 15 Apr 2023, 17:34 oot dikit, pernah jalan dr smg ke jkt lewat transjawa, itu ada pajero sepanjang jalan (ratusan kilo) asepnya keluar terus ngebul. exhaust gas temp nya apa ga terbang ya? jebol itu mesin rasanya map kyk gitu bentaran
Kalo exhaust ngebul terus bau baunya umur gak lama :mky_03: ngebul harusnya cuma kalo kickdown, berarti kickdown terus itu wakakakak minimal sampe tujuan itu bunyi mesin udah berubah :big_biglaugh:
kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 07:43 Remap dimana om jadi 230hp? Kayaknya mesin NA ga bakalan naek 40hp dengan hanya remap doang. Kalo mesin turbo sih wajar kenaekan segitu. Setau ane mesin NA di remap paling naek 10-15hp.
Kalo liat di dyno graph gut motorsport ama rev rata rata dapetnya +15hp an itu cx5.... agak gede dia high comp engine. Dulu honda K24 dapet 10hp aja dah bagus.

Crv turbo +50an... Limit cvtnya agak longgar ini crv banding civic.

Semua result on wheel yg di konversi langsung via computer nya
Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 07:38
Ane aliran standar ting2 omm,, pikiran ane dari pabrik kasihnya 190hp remap jadi 230hp takut gak awet ntar mesin or transmisinya :big_peace:
Kalo lawan cumi2 ngebul yaa gimana yaa wong dia udah gak standar coba kalo sama2 standar pasti beda cerita :big_biglaugh: :big_biglaugh:
N setau ane mobil2 CVT kurang awet yah om apalgi klo sering di pake high rpm
Suara Nguuuungnya itu loh ane gak demen even CVT d pasangin mesin NA 2500 still delay apalgi di pasangin ama mesin turbo jadi ada turbo lag juga CVT lag :big_bored:
Ngomong platform mah gak pusing seng penting rasanya solid
Bandingin aja merk sebelah yang platfrom baru tapi baru seumur jagung udah geter2 :big_biglaugh:
1gd 2gd 2kd platformnya apalgi udah dari zaman purba :big_slap: :big_slap:
Kalo ane mau upgrade sih ngambil CX 9 omm,2.5turbo plus Matic Sigap,,,250hp 420nm that will be good :big_smoking:
Gak awet gak responsif kasih aja cvtf kelas keraton :mky_03: ... Ane upgrade ke cvtf pake fk aja sigapnya jauh loh sama oem hcf2. Yg udah civic tune 250hp ke atas sih udah ga kepake itu hcf2 selip doang. :mky_03:

Lagi at nya mazda kalo di mesin cc kecil berasa belet tuh mazda2 mazda3 cx3 cx5 2.0 ane coba di normal mode berasa beletnya. Soalnya gak mau stay gigi rendah. Upshift mulu. Dulu coba mazda3 ya gak impressed, pulang bawa civic kok enak civic yah :big_bored:

Sblmnya coba mobil cvt apa kalo ngomong 2500cvt jangan2 xtrail t31 itu sih emang bawahnya ampun2 :mky_07: meraung doank lg. Liat mobilnya apa jg sih itu subaru wrx forester turbo sblm yg terbaru aja pake cvt enak2 aja :mky_03:

Cx9 se pengalaman ane karena body besar gak berasa meledak2... Ya 0-100nya jg malah 9 detikan sih. Turun donk dari cx5 malahan :big_peace: mazda turbo atasnya kurang jg...

D malay cx5 2.5 turbo msih ditempel crv 1.5 turbo di drag race 400m :mky_03:
Ngeri om CVT 250hp ngeri rontok tuh CVT :big_biglaugh:

Hrv nih om ganti assy CVT rontok semua tuh CVT :big_bored:

Monggo om d baca2 CVT nya :big_peace:
Kalo ngomongin mesin mazda 3 2000cc 155hp 200nm lawan 1.5 civic 171ps 240nm emang scara angka aja udah lebih kecil lah gak apple to apple lawanya honda 1.5T itu mesin 2500 mazda
Toh honda ngeluarin mesin 1.5T untuk gantikan mesin 2400 yang haus bbm :big_bored:
Coba aja drag CRV 1.5T lawan CX5 2.5 kalo bukan CX5 yg menang wong lawan t32 aja kalah crv nya liat aja di yutub moladin ada tuh CRV vs T32 kalah CRV nya padahal T32 171hp doang :big_biglaugh:

Udah semua gw cobain Mobil Cvt om Crv hrv wrv t32 sampek wuling juga udah
Kesimpulan gw CVT gak enak
Kalo om bilangnya CVT enak dengan remap2 yaa monggo :big_dunno:

Jauh lah om CX5 2.5turbo vs CRV 1.5turbo dari start aja udah kalah 5 mobil tuh :big_bored:
Well kalo om nyarinya performa tungguin aja tuh CX60 330HP 0-100 5.8detik :big_grin: ada gak SUV honda bisa nyaingin ??? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo ane sih bawa SUV 8detikkan udah lebih dari cukup :big_grin: :big_grin:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 16:21
ChZ wrote: 16 Apr 2023, 12:44
kendibocor wrote: 15 Apr 2023, 16:46 Yg bikin jadul itu mzd connectnya masih sama kayak mazda 2 awal2 keluar :mky_07:
Gile aje tuh UI uda dari 2014 masi dipake cuman update2 ga kasat mata doang. Apa susahnya coba naekin ke mzd connect yg punya mazda 3 atau CX30 pas kemaren facelift.

Masalah mesin sih untuk dalkot atau gas tipis2 ke lukot lumayan lah kecuali rpm atas emang agak ngempos, tp masyarakat awam mah cuek lah masalah mesin jadul.
Wikk serius cx5 baru masih ui nya persis yang lama? :big_biglaugh: bused mo ngasih duit ke tukang update software kali :big_biglaugh:


kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 07:43 Remap dimana om jadi 230hp? Kayaknya mesin NA ga bakalan naek 40hp dengan hanya remap doang. Kalo mesin turbo sih wajar kenaekan segitu. Setau ane mesin NA di remap paling naek 10-15hp.
Kalo liat di dyno graph gut motorsport ama rev rata rata dapetnya +15hp an itu cx5.... agak gede dia high comp engine. Dulu honda K24 dapet 10hp aja dah bagus.

Crv turbo +50an... Limit cvtnya agak longgar ini crv banding civic.

Semua result on wheel yg di konversi langsung via computer nya
UI masih samaaaa :big_biglaugh:
Makanya malesin kan mobil dari luar model bagus, interior masih ga ada yg ngalahin, eh UI malah tua 10 taon :big_biglaugh:
Yg pake UI baru cuman CX30 ma 3. CX9 aja masih UI lama :big_biglaugh: masalahnye sejauh ini jg gw ga pernah denger ada yg bisa update software ke UI yg mazda 3/CX30. Uda gitu gagal update bisa ngebrick, ganti dah tuh semuanya. Lumayan jg DCnya kalo sampe ngebrick. Gw waktu DIY update versi di mazda 2 biar bisa carplay aja uda deg2an. Ngebrick mampoes jg :big_biglaugh:

CX5 naek 15hp itungannya lumayan sih.
Mesin NA 190hp (ga sampe jg padahal) mau naek 40hp kayaknya perjuangan (dan biayanya) banyak, ga sekedar remap. Nambah full exhaust system aja masih blm dpt 40hp.
Ngomongin Ui sama lah ama crv waktu bru prtama kluar masuk indo juga disunat gak sebagus di US ntar udah brapa tahun baru deh di kasih yg sama dgn US
CX5 facelift bru juga kluar d US ntar juga di kasih samaan ama spek US

kalo udah gini baru deh langit bumi ya om :big_peace:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

kuzkuz wrote: 16 Apr 2023, 14:07 Wow ternyata CVT Honda + Turbo ternyata ada potensi tuning juga ya.

Pernah bawa Civic FE, STD aja enak kok CVT nya; cukup responsif.

Btw, CRV sama Civic boleh dijelasin tahap tune nya apa aja?

Remap + Downpipe + apa (lagi pikir2 buat gantiin GD) hehee
Klo daily spec cukup dp+fp ama filter yg plong aja om :mky_03: ane sih dp sama filter trus remap :mky_03: kayaknya 230-240hp dapet

Klo ampe ganti turbo biasa ud agak gila speknya cvtnya jg harus pake cooler udahan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 16:56 Ngeri om CVT 250hp ngeri rontok tuh CVT :big_biglaugh:

Monggo om d baca2 CVT nya :big_peace:
Kalo ngomongin mesin mazda 3 2000cc 155hp 200nm lawan 1.5 civic 171ps 240nm emang scara angka aja udah lebih kecil lah gak apple to apple lawanya honda 1.5T itu mesin 2500 mazda
Toh honda ngeluarin mesin 1.5T untuk gantikan mesin 2400 yang haus bbm :big_bored:
Coba aja drag CRV 1.5T lawan CX5 2.5 kalo bukan CX5 yg menang wong lawan t32 aja kalah crv nya liat aja di yutub moladin ada tuh CRV vs T32 kalah CRV nya padahal T32 171hp doang :big_biglaugh:


Udah semua gw cobain Mobil Cvt om Crv hrv wrv t32 sampek wuling juga udah
Kesimpulan gw CVT gak enak
Kalo om bilangnya CVT enak dengan remap2 yaa monggo :big_dunno:

Jauh lah om CX5 2.5turbo vs CRV 1.5turbo dari start aja udah kalah 5 mobil tuh :big_bored:
Well kalo om nyarinya performa tungguin aja tuh CX60 330HP 0-100 5.8detik :big_grin: ada gak SUV honda bisa nyaingin ??? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo ane sih bawa SUV 8detikkan udah lebih dari cukup :big_grin: :big_grin:
Di amrik ada yg gila lg cvt 270hp daily tanpa cvt cooler :mky_03: msh aman aman aja dipake daily. Di amrik daily tuh minimal setaun 30-40k dan sesekali dipake autocross.

Di indo mah 240-250hp spec pasaran crv naik remap doang ud segitu dan banyak di daily odo gondrong2 :mky_03:

yg di moladin crvnya kok curiga gak sehat yah mobil bekas :big_bored: di otodriver di tes jauh itu 2. Soalnya pake ron92 jg berasa drop performanya crv standar loh :big_bored: jauh ama pake 98.


Nih di malay crvnya ngejer tuh mau deket finish :mky_03:

Ngapain cx60 om mahal wkwkwkwk klo ane suv performa sih mending beli X5 F15 35i bekas N55 enjin atau G05 40i B58 enjin supra :mky_03: harganya ud murah lbh murah dr hrv turbo yg F15 35i :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by kendibocor »

Om ryzen ketemu om boku seru ni. Om boku mana seh uda lama ga muncul :mky_03:

Nyiapin popcorn dlu nunggu om boku muncul :big_smoking:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 25 Jun 2018, 13:57

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Devourer »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 17:29
Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 16:56 Ngeri om CVT 250hp ngeri rontok tuh CVT :big_biglaugh:

Monggo om d baca2 CVT nya :big_peace:
Kalo ngomongin mesin mazda 3 2000cc 155hp 200nm lawan 1.5 civic 171ps 240nm emang scara angka aja udah lebih kecil lah gak apple to apple lawanya honda 1.5T itu mesin 2500 mazda
Toh honda ngeluarin mesin 1.5T untuk gantikan mesin 2400 yang haus bbm :big_bored:
Coba aja drag CRV 1.5T lawan CX5 2.5 kalo bukan CX5 yg menang wong lawan t32 aja kalah crv nya liat aja di yutub moladin ada tuh CRV vs T32 kalah CRV nya padahal T32 171hp doang :big_biglaugh:


Udah semua gw cobain Mobil Cvt om Crv hrv wrv t32 sampek wuling juga udah
Kesimpulan gw CVT gak enak
Kalo om bilangnya CVT enak dengan remap2 yaa monggo :big_dunno:

Jauh lah om CX5 2.5turbo vs CRV 1.5turbo dari start aja udah kalah 5 mobil tuh :big_bored:
Well kalo om nyarinya performa tungguin aja tuh CX60 330HP 0-100 5.8detik :big_grin: ada gak SUV honda bisa nyaingin ??? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo ane sih bawa SUV 8detikkan udah lebih dari cukup :big_grin: :big_grin:
Di amrik ada yg gila lg cvt 270hp daily tanpa cvt cooler :mky_03: msh aman aman aja dipake daily. Di amrik daily tuh minimal setaun 30-40k dan sesekali dipake autocross.

Di indo mah 240-250hp spec pasaran crv naik remap doang ud segitu dan banyak di daily odo gondrong2 :mky_03:

yg di moladin crvnya kok curiga gak sehat yah mobil bekas :big_bored: di otodriver di tes jauh itu 2. Soalnya pake ron92 jg berasa drop performanya crv standar loh :big_bored: jauh ama pake 98.


Nih di malay crvnya ngejer tuh mau deket finish :mky_03:

Ngapain cx60 om mahal wkwkwkwk klo ane suv performa sih mending beli X5 F15 35i bekas N55 enjin atau G05 40i B58 enjin supra :mky_03: harganya ud murah lbh murah dr hrv turbo yg F15 35i :mky_03:
Seru nih diskusinya panas :big_biglaugh:

Sekedar opini aja sy jg user cx5 yg tahun sama persis kyk TS
kebetulan blm lama baru ambil buat daily car

Klo ditanya alesan kenapa ambil mazda ini sih alesannya:

Buat harga reasonable (lmpv baru) masih bs dpt mobil yg fully loaded, gausah dimodif uda ok n
distir atleast masih dpt excitementnya. Tadinya mau ambil yg gen 2 (elite) tapi gile nomboknya lumayan
mana mesin & fitur bisa dibilang hampir sama lagi diluar model exterior/interior sama insulationnya lebih bagus.

Klo beli baru (kuro) terus terang ga bs justify harganya (600+), apalagi uda end of life cyclenya dan idem kyk komen diatas itu kecewa bener interface MMInya masi sama dr tahun 2014, beda sama yg diluar uda sama kyk mazda 3 cx30.

Sejauh ini oke sih mobilnya tapi ya gitu jujur baru pake bbrp bulan uda mulai bosen :big_biglaugh:
karena mazda ini mau dioprek pun bingung, slain yg uda ke pasang retrofit2 oem (carplay, paddle shift dll)
rasanya cukup sampe sini aja krn mobil daily jg.

betul om CHZ klo yg cepet bosenan lebih cocok turbo engine banyak potensinya dioprek hehe.
dan seenak2 yg beredar di pasaran cx9 turbo pun ga boong klo soal performance hands down bmw hehe.

mungkin mksdnya f25 x3 ya om hehe, soalnya f15 x5 masi lumayan 600-700 an keatas harganya nahan trs masi ngeri adaptive suspensionnya :big_cry:
kebetulan dari kapan ngincer f25 N55, mudah2 an kesampaian sambil tunggu salah 1 mbl di rumah kejual :big_blushing:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by kendibocor »

Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 16:56
Ngeri om CVT 250hp ngeri rontok tuh CVT :big_biglaugh:

Hrv nih om ganti assy CVT rontok semua tuh CVT :big_bored:

Monggo om d baca2 CVT nya :big_peace:
Kalo ngomongin mesin mazda 3 2000cc 155hp 200nm lawan 1.5 civic 171ps 240nm emang scara angka aja udah lebih kecil lah gak apple to apple lawanya honda 1.5T itu mesin 2500 mazda
Toh honda ngeluarin mesin 1.5T untuk gantikan mesin 2400 yang haus bbm :big_bored:
Coba aja drag CRV 1.5T lawan CX5 2.5 kalo bukan CX5 yg menang wong lawan t32 aja kalah crv nya liat aja di yutub moladin ada tuh CRV vs T32 kalah CRV nya padahal T32 171hp doang :big_biglaugh:

Udah semua gw cobain Mobil Cvt om Crv hrv wrv t32 sampek wuling juga udah
Kesimpulan gw CVT gak enak
Kalo om bilangnya CVT enak dengan remap2 yaa monggo :big_dunno:

Jauh lah om CX5 2.5turbo vs CRV 1.5turbo dari start aja udah kalah 5 mobil tuh :big_bored:
Well kalo om nyarinya performa tungguin aja tuh CX60 330HP 0-100 5.8detik :big_grin: ada gak SUV honda bisa nyaingin ??? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo ane sih bawa SUV 8detikkan udah lebih dari cukup :big_grin: :big_grin:
Tanpa bermaksud membela siapa2, kalo ngomongin engine/transmisi, dll rontok jgn pake video yutub om. Ini mah case per case. Kalo mo objektif kasih data aja statistiknya brp persen engine/transmisi yg jebol. Kalo mo ngorek2 minusnya suatu produk di yutub mah banyak vidnya mo produk apa jg. Tp kenyataan di masyarakat bisa aja lain. Kalo banyak yg jebol macem timing chain N20 tuh di US aja pasti jd class action. Gw ga belain mbah ChZ tp dia sendiri punya hondo cvt turbo dua biji uda remap aman aja tuh sampe tahunan.

Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

Devourer wrote: 16 Apr 2023, 20:26
Seru nih diskusinya panas :big_biglaugh:

Sekedar opini aja sy jg user cx5 yg tahun sama persis kyk TS
kebetulan blm lama baru ambil buat daily car

Klo ditanya alesan kenapa ambil mazda ini sih alesannya:

Buat harga reasonable (lmpv baru) masih bs dpt mobil yg fully loaded, gausah dimodif uda ok n
distir atleast masih dpt excitementnya. Tadinya mau ambil yg gen 2 (elite) tapi gile nomboknya lumayan
mana mesin & fitur bisa dibilang hampir sama lagi diluar model exterior/interior sama insulationnya lebih bagus.

Klo beli baru (kuro) terus terang ga bs justify harganya (600+), apalagi uda end of life cyclenya dan idem kyk komen diatas itu kecewa bener interface MMInya masi sama dr tahun 2014, beda sama yg diluar uda sama kyk mazda 3 cx30.

Sejauh ini oke sih mobilnya tapi ya gitu jujur baru pake bbrp bulan uda mulai bosen :big_biglaugh:
karena mazda ini mau dioprek pun bingung, slain yg uda ke pasang retrofit2 oem (carplay, paddle shift dll)
rasanya cukup sampe sini aja krn mobil daily jg.

betul om CHZ klo yg cepet bosenan lebih cocok turbo engine banyak potensinya dioprek hehe.
dan seenak2 yg beredar di pasaran cx9 turbo pun ga boong klo soal performance hands down bmw hehe.

mungkin mksdnya f25 x3 ya om hehe, soalnya f15 x5 masi lumayan 600-700 an keatas harganya nahan trs masi ngeri adaptive suspensionnya :big_cry:
kebetulan dari kapan ngincer f25 N55, mudah2 an kesampaian sambil tunggu salah 1 mbl di rumah kejual :big_blushing:
Yeap cx5 tahun segini emg one car solution paling enak sih kalo gak mau beli kijang. Ane kalo jd kaum low budget juga bakal beli cx5 kalo msh takut ngambil BMW atau VW :mky_03:

Teknologinya utk di zamannya oke dibanding crv sezaman, irit kenceng bisa pertamax gak rewelan disetir enak gak rasa mobil bapak2 macem lexus, sementara crv turbo masih mahal bekasnya.

Oh kayaknya 25d kali yah waktu itu liat ada yg jual 400an F15.
kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 21:06 Tanpa bermaksud membela siapa2, kalo ngomongin engine/transmisi, dll rontok jgn pake video yutub om. Ini mah case per case. Kalo mo objektif kasih data aja statistiknya brp persen engine/transmisi yg jebol. Kalo mo ngorek2 minusnya suatu produk di yutub mah banyak vidnya mo produk apa jg. Tp kenyataan di masyarakat bisa aja lain. Kalo banyak yg jebol macem timing chain N20 tuh di US aja pasti jd class action. Gw ga belain mbah ChZ tp dia sendiri punya hondo cvt turbo dua biji uda remap aman aja tuh sampe tahunan.

Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
Kalo mau cherrypick sih gw bisa aja bilang tuh injektor innova KD/GD rewelan waktu itu gw ketemu yg rusak di bengkel, di yutub jg banyak :mky_07: tp kan banyak jg user yang aman aman aja.

Image cvt rewel tuh gegara nissan jatco xtronic gen 1 banyak yang rewel :mky_07: itu aja karena sebenernya kepedean nissan gak dibilang perlu ganti oli. Sama kek tcm ford tuh di class action :mky_07:

Honda itu ditune aman kalo tunernya gak aneh aneh, byk yang pake hondata maen ubah basemap nya jebol. itupun yg rontok duluan bkn cvt loh, tp head gasketnya atau turbonya :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 18:31 Om ryzen ketemu om boku seru ni. Om boku mana seh uda lama ga muncul :mky_03:

Nyiapin popcorn dlu nunggu om boku muncul :big_smoking:
Wkwkwkwwk diskusi2 santai aja om,mumpung lagi offline :big_peace: :big_peace:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 21:06
Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 16:56
Ngeri om CVT 250hp ngeri rontok tuh CVT :big_biglaugh:

Hrv nih om ganti assy CVT rontok semua tuh CVT :big_bored:

Monggo om d baca2 CVT nya :big_peace:
Kalo ngomongin mesin mazda 3 2000cc 155hp 200nm lawan 1.5 civic 171ps 240nm emang scara angka aja udah lebih kecil lah gak apple to apple lawanya honda 1.5T itu mesin 2500 mazda
Toh honda ngeluarin mesin 1.5T untuk gantikan mesin 2400 yang haus bbm :big_bored:
Coba aja drag CRV 1.5T lawan CX5 2.5 kalo bukan CX5 yg menang wong lawan t32 aja kalah crv nya liat aja di yutub moladin ada tuh CRV vs T32 kalah CRV nya padahal T32 171hp doang :big_biglaugh:

Udah semua gw cobain Mobil Cvt om Crv hrv wrv t32 sampek wuling juga udah
Kesimpulan gw CVT gak enak
Kalo om bilangnya CVT enak dengan remap2 yaa monggo :big_dunno:

Jauh lah om CX5 2.5turbo vs CRV 1.5turbo dari start aja udah kalah 5 mobil tuh :big_bored:
Well kalo om nyarinya performa tungguin aja tuh CX60 330HP 0-100 5.8detik :big_grin: ada gak SUV honda bisa nyaingin ??? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo ane sih bawa SUV 8detikkan udah lebih dari cukup :big_grin: :big_grin:
Tanpa bermaksud membela siapa2, kalo ngomongin engine/transmisi, dll rontok jgn pake video yutub om. Ini mah case per case. Kalo mo objektif kasih data aja statistiknya brp persen engine/transmisi yg jebol. Kalo mo ngorek2 minusnya suatu produk di yutub mah banyak vidnya mo produk apa jg. Tp kenyataan di masyarakat bisa aja lain. Kalo banyak yg jebol macem timing chain N20 tuh di US aja pasti jd class action. Gw ga belain mbah ChZ tp dia sendiri punya hondo cvt turbo dua biji uda remap aman aja tuh sampe tahunan.

Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
Gak juga sih om,malahan di yutub engga ada tuh skyactiv2 yg ada problem even di yutub US n indo yang case nya ampe rontok jebol
Malahan CVT banyak tuh kluar di yutub indo n yutub US
Even Scotty kilmer pun hands up for SKYACTIV and hands down for CVT :big_dunno:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 23:15
Devourer wrote: 16 Apr 2023, 20:26
Seru nih diskusinya panas :big_biglaugh:

Sekedar opini aja sy jg user cx5 yg tahun sama persis kyk TS
kebetulan blm lama baru ambil buat daily car

Klo ditanya alesan kenapa ambil mazda ini sih alesannya:

Buat harga reasonable (lmpv baru) masih bs dpt mobil yg fully loaded, gausah dimodif uda ok n
distir atleast masih dpt excitementnya. Tadinya mau ambil yg gen 2 (elite) tapi gile nomboknya lumayan
mana mesin & fitur bisa dibilang hampir sama lagi diluar model exterior/interior sama insulationnya lebih bagus.

Klo beli baru (kuro) terus terang ga bs justify harganya (600+), apalagi uda end of life cyclenya dan idem kyk komen diatas itu kecewa bener interface MMInya masi sama dr tahun 2014, beda sama yg diluar uda sama kyk mazda 3 cx30.

Sejauh ini oke sih mobilnya tapi ya gitu jujur baru pake bbrp bulan uda mulai bosen :big_biglaugh:
karena mazda ini mau dioprek pun bingung, slain yg uda ke pasang retrofit2 oem (carplay, paddle shift dll)
rasanya cukup sampe sini aja krn mobil daily jg.

betul om CHZ klo yg cepet bosenan lebih cocok turbo engine banyak potensinya dioprek hehe.
dan seenak2 yg beredar di pasaran cx9 turbo pun ga boong klo soal performance hands down bmw hehe.

mungkin mksdnya f25 x3 ya om hehe, soalnya f15 x5 masi lumayan 600-700 an keatas harganya nahan trs masi ngeri adaptive suspensionnya :big_cry:
kebetulan dari kapan ngincer f25 N55, mudah2 an kesampaian sambil tunggu salah 1 mbl di rumah kejual :big_blushing:
Yeap cx5 tahun segini emg one car solution paling enak sih kalo gak mau beli kijang. Ane kalo jd kaum low budget juga bakal beli cx5 kalo msh takut ngambil BMW atau VW :mky_03:

Teknologinya utk di zamannya oke dibanding crv sezaman, irit kenceng bisa pertamax gak rewelan disetir enak gak rasa mobil bapak2 macem lexus, sementara crv turbo masih mahal bekasnya.

Oh kayaknya 25d kali yah waktu itu liat ada yg jual 400an F15.
kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 21:06 Tanpa bermaksud membela siapa2, kalo ngomongin engine/transmisi, dll rontok jgn pake video yutub om. Ini mah case per case. Kalo mo objektif kasih data aja statistiknya brp persen engine/transmisi yg jebol. Kalo mo ngorek2 minusnya suatu produk di yutub mah banyak vidnya mo produk apa jg. Tp kenyataan di masyarakat bisa aja lain. Kalo banyak yg jebol macem timing chain N20 tuh di US aja pasti jd class action. Gw ga belain mbah ChZ tp dia sendiri punya hondo cvt turbo dua biji uda remap aman aja tuh sampe tahunan.

Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
Kalo mau cherrypick sih gw bisa aja bilang tuh injektor innova KD/GD rewelan waktu itu gw ketemu yg rusak di bengkel, di yutub jg banyak :mky_07: tp kan banyak jg user yang aman aman aja.

Image cvt rewel tuh gegara nissan jatco xtronic gen 1 banyak yang rewel :mky_07: itu aja karena sebenernya kepedean nissan gak dibilang perlu ganti oli. Sama kek tcm ford tuh di class action :mky_07:

Honda itu ditune aman kalo tunernya gak aneh aneh, byk yang pake hondata maen ubah basemap nya jebol. itupun yg rontok duluan bkn cvt loh, tp head gasketnya atau turbonya :mky_07:
klo bandingin AT n CVT
Contoh ringan aja motor bebek yang make CVT ama motor bebek make gigi biasa
Tuh mbak gua yg satu bebek CVT mbak yg satu bebek biasa sama2 buat kepasar bebek CVT dikit2 bengkel
Supra aman2 aja tuh :mky_03:
Pikiran ane gini om yang standar ting2 aja bxk masuk bengkel macem brio lah mobilio lah HRV lah apalgi yg 250hp
Toh Sama2 CVT kan :big_bored:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
Ryzen95900hx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 05 Feb 2023, 07:57
Daily Vehicle: HRV

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by Ryzen95900hx »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 17:29
Ryzen95900hx wrote: 16 Apr 2023, 16:56
Di amrik ada yg gila lg cvt 270hp daily tanpa cvt cooler :mky_03: msh aman aman aja dipake daily. Di amrik daily tuh minimal setaun 30-40k dan sesekali dipake autocross.

Di indo mah 240-250hp spec pasaran crv naik remap doang ud segitu dan banyak di daily odo gondrong2 :mky_03:

yg di moladin crvnya kok curiga gak sehat yah mobil bekas :big_bored: di otodriver di tes jauh itu 2. Soalnya pake ron92 jg berasa drop performanya crv standar loh :big_bored: jauh ama pake 98.


Nih di malay crvnya ngejer tuh mau deket finish :mky_03:

Ngapain cx60 om mahal wkwkwkwk klo ane suv performa sih mending beli X5 F15 35i bekas N55 enjin atau G05 40i B58 enjin supra :mky_03: harganya ud murah lbh murah dr hrv turbo yg F15 35i :mky_03:
Ada videonya om CVT 270hp
Mau tak liat kalo pedal to metal selip gak tuh :mky_03:
Well kalo mnurut ane sih CVT peruntukkanya untuk dalam kota yang mayoritas untuk irit2 tan bbm

Gak tau deh om kalo moladin scara mereka nge tes udah banyak mobil yaa harusnya udah ngerti lah karakter masing2 mobil

Mosok 171 hp vs 190hp kalah 190hp even yg kayak om blng ngisinya 92 paling juga 180 hp
Jelek2nya setara lah yaa gak musti kalah :big_bored:
1/4 mile T32 17.4s dengan speed 129.8
1/4 mile CX5 16.2s dengan speed 135.5
:mky_03: :mky_03:
16 Skyactiv 2.5
21 L15
18 C250
21 TESLA 3
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

Ryzen95900hx wrote: 17 Apr 2023, 07:02 klo bandingin AT n CVT
Contoh ringan aja motor bebek yang make CVT ama motor bebek make gigi biasa
Tuh mbak gua yg satu bebek CVT mbak yg satu bebek biasa sama2 buat kepasar bebek CVT dikit2 bengkel
Supra aman2 aja tuh :mky_03:
Pikiran ane gini om yang standar ting2 aja bxk masuk bengkel macem brio lah mobilio lah HRV lah apalgi yg 250hp
Toh Sama2 CVT kan :big_bored:
Om jangan dibandingin cvt motor bebek ama mobil, rancang bangunnya udah beda :big_bored: cvt motor bebek ga ada lock up clutch gak ada torque converternya modelnya sederhana cuma ngeeeeng selip all the time gak heran panas cepet rontok apalagi model bawa jamet jamet betot all the time :big_bored: mobil mah cvt2 sekarang 2000rpm aja sudah lock up biar irit.

Kalo bingung istilah lock up = ngunci ke rasio.

Ya pabrikan pasti ngitung lah om masa brio hrv CVT nya sama kayak civic turbo ya lawak atuh :mky_07: enjinirnya sekolah dimana kalo torque 140Nm disamain ama 250Nm stock :mky_07: beda donk beltnya pasti lbh kuat pulley pasti beda emang kaga dipikir dulu wkwkwkkwwk.

Itu nissan elgrand 3.5L aja msh pake cvt :mky_03:
Last edited by ChZ on 17 Apr 2023, 08:04, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

Ryzen95900hx wrote: 17 Apr 2023, 07:47
Ada videonya om CVT 270hp
Mau tak liat kalo pedal to metal selip gak tuh :mky_03:
Well kalo mnurut ane sih CVT peruntukkanya untuk dalam kota yang mayoritas untuk irit2 tan bbm

Gak tau deh om kalo moladin scara mereka nge tes udah banyak mobil yaa harusnya udah ngerti lah karakter masing2 mobil

Mosok 171 hp vs 190hp kalah 190hp even yg kayak om blng ngisinya 92 paling juga 180 hp
Jelek2nya setara lah yaa gak musti kalah :big_bored:
1/4 mile T32 17.4s dengan speed 129.8
1/4 mile CX5 16.2s dengan speed 135.5
:mky_03: :mky_03:
Nih kalo gak percaya ktuner stage2 approx 250hp an juga


Selip mana tuh selip :big_grin:

Ya bisa aja om kalah kan kita gak ngerti logic ecunya gimana mana tau boost dilimit di rpm tertentu buat cegah knock namanya mesin turbo dikasih 92 harusnya gak boleh tp mesin sekarang kan bisa aja dikasih mapping sangat mundur :big_think:

secara drag dari standstill itu faktornya buanyak. Misal di 2000rpm itu boost diset 0.2bar aja dari pabrik, sementara pake ron98 bisa 0.4bar sejak 2000rpm itu signifikan loh sama hasil. Angka hp bukan penentu segalanya di dragrace apalagi drag dari standstill dan mobil modern dengan segala electronicsnya.

Apalagi pake pertalite jeblok lagi hasilnya :mky_03:

Btw Moladin sehh review mobkasnya ga valid masa pernah bawa pajero remapan lawan fortuner std itu di drag asep ngebulnya aja keliatan banget :big_bored: keknya dia cuma asal dapet.unit di moladin used car center gak dicek dulu deh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 12:44
kendibocor wrote: 15 Apr 2023, 16:46 Yg bikin jadul itu mzd connectnya masih sama kayak mazda 2 awal2 keluar :mky_07:
Gile aje tuh UI uda dari 2014 masi dipake cuman update2 ga kasat mata doang. Apa susahnya coba naekin ke mzd connect yg punya mazda 3 atau CX30 pas kemaren facelift.

Masalah mesin sih untuk dalkot atau gas tipis2 ke lukot lumayan lah kecuali rpm atas emang agak ngempos, tp masyarakat awam mah cuek lah masalah mesin jadul.
Wikk serius cx5 baru masih ui nya persis yang lama? :big_biglaugh: bused mo ngasih duit ke tukang update software kali :big_biglaugh:
Dobel rius, MZD Connect CX5 sampe yg AWD juga masih versi lama. :weekk: :big_bored: :big_bored:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by darrelund »

kendibocor wrote: 15 Apr 2023, 16:46
Yg bikin jadul itu mzd connectnya masih sama kayak mazda 2 awal2 keluar :mky_07:
Gile aje tuh UI uda dari 2014 masi dipake cuman update2 ga kasat mata doang. Apa susahnya coba naekin ke mzd connect yg punya mazda 3 atau CX30 pas kemaren facelift.

Masalah mesin sih untuk dalkot atau gas tipis2 ke lukot lumayan lah kecuali rpm atas emang agak ngempos, tp masyarakat awam mah cuek lah masalah mesin jadul.
mazda region ASEAN emg masih pke yg jadul semua

untuk jp, europe, ostrali etc etc ud pake yg baru, (CX30-CX9)

biasalah................
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by darrelund »

ChZ wrote: 16 Apr 2023, 17:29 Ngapain cx60 om mahal wkwkwkwk klo ane suv performa sih mending beli X5 F15 35i bekas N55 enjin atau G05 40i B58 enjin supra :mky_03: harganya ud murah lbh murah dr hrv turbo yg F15 35i :mky_03:
cx60 klo brand new cengli lah, harga segitu ud 6 silinder. x3-glc masi pake 4 cyl punya di rentang harga yg sama

x5 baru aja skrg ud nyaris 2M
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by darrelund »

kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 21:06 Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
ya khas masda lah um, sasis sporti mesin cruiser

itu cx90 yg 340hp aja sengaja di torque limit utk gigi 1-2

mungkin ya biar smooth
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by darrelund »

Ryzen95900hx wrote: 17 Apr 2023, 07:47 Ada videonya om CVT 270hp
Mau tak liat kalo pedal to metal selip gak tuh :mky_03:
Well kalo mnurut ane sih CVT peruntukkanya untuk dalam kota yang mayoritas untuk irit2 tan bbm
klo tuning software kusus oonda biasanya sudah ada torque limit, selama ga dilewatin cvt bakal aman

cuma klo ud ngincer 300hp+

mending cari manual aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by ChZ »

darrelund wrote: 17 Apr 2023, 10:09
cx60 klo brand new cengli lah, harga segitu ud 6 silinder. x3-glc masi pake 4 cyl punya di rentang harga yg sama

x5 baru aja skrg ud nyaris 2M
ah makanya mobil baru apapun skrg udah ga menarik om buat ane. signature dish BMW inline six sekarang entry pointnya di atas 1.5 ember semua. :big_bored: sementara beli mazda CX60 bau baunya sehh 1 ember tuh harganya.

klo 500-600juta aja dapet X5 35i bekas dan pasti relatif terawat sehh enak beli X5 bekas :big_bored:

ane skrg kalau SUV selain CRV turbo pengennya forester XT gen 4 atau X5 35i/40i dah ga pengen yang lain :big_bored: skrg CRV turbo tuned masih yang paling sweet spot buat transjawabahn cruiser lari 140-150 konstan effortless :mky_03:

FXT gen 4 kenceng jg tuh pake CVT. stock 228hp :mky_03: dan kayaknya robust juga tuh asal gak salah oli subaru CVTF ada 2 tipe soalnya gak bisa asal hajar :mky_03:
darrelund wrote: 17 Apr 2023, 10:16
klo tuning software kusus oonda biasanya sudah ada torque limit, selama ga dilewatin cvt bakal aman

cuma klo ud ngincer 300hp+

mending cari manual aja
alesan honda gak keluarin Si matic kayaknya tuh, soalnya kalo udah grade Si atau type-R lebih rawan jadi korban tuner. mending aman aman aja kasih MT only :big_biglaugh:

hondata / ktuner basemap sih ngincernya buat daily spec aja. udah lbh dari cukup kok secara reliability dan performa maen maen lawan duo gajah ngebul. hondata bahkan keluarin buat CRV dan accord juga. torque limit buat CRV/accord lebih longgar krn body juga lebih jumbo jd part lebih reinforced. toh nggak selalu juga kita maen maximum boost di dalem kota jalan 60-80 emang mau WOT maximum boost :big_biglaugh: jd untuk bilang CVT tuned = jebolan itu jauh banget lah. DSG dry aja gak segampang itu rontoknya pdhl maennya lbh gila lagi.

duo gajah ngebul kalo dipaksa juga ambrol sekuat-kuatnya gw sering denger 2KD ambrol karena dipush banget. KD ya bukan GD. korban tuner ngasal stock internals main dimentokin semua aja.

even sebelum jebol itu limp mode jg udah mencegah jebol duluan. biasa tuner2 sih udah siap sama protocol gimana supaya komponen tetep awet. limiternya ya limp mode itu.

cm konon itu Haervi 1.5t walau mesin basically sama ECUnya beda, blom bisa di remap. hondata keknya blom keluarin juga. makanya blom ada yang bikin tuh haervi setan :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
blibagus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 25 Jan 2016, 09:19

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by blibagus »

sintoni wrote: 15 Apr 2023, 08:54
blibagus wrote: 14 Apr 2023, 09:17
doge wrote: 13 Apr 2023, 09:50

35L abis kepake 6.5x2 (pp) x7 (seminggu) = 91km?

1:2.x kpl??

klo g pp 1:1.x ????

teriosnya ganti bus aja om... fcnya sama tp muat sekampung
Maaf info dari saya ga lengkap om hehehe :big_childish:
6.5 Km itu baru 1 P. Kemudian kalau makan siang saya ke kantor istri, jaraknya 6Km PP. Berarti per hari itu minimal sy jalan 19 Km. :mky_01:
tetap aja boros. anggap aja 1 minggu cuma 5 hari ke kantor.

anggap aja jalan 20km per hari x 5: 100km jadi totalnya.

per minggu 35 liter pertalite untuk jalan 100km ga sampe 1:3 malahan, cuma 1:2xx.
Begitu lah om, kalau pemakaian dalam kota, include Kantor PP, dll dengan kota sekecil ini. Rasanya boros banget, seminggu habis 1 tangki. Pernah ngukur2 full to full, pas pulang kampung, cuma dapat 1:12 :big_cry:
Minggu lalu servis berkala, akhirnya vonis busi dah wajib ganti, dan bersihin idle sensor yg super kotor, dll. Mudah2an sudah lebih irit.
blibagus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 25 Jan 2016, 09:19

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by blibagus »

KielConstantine wrote: 15 Apr 2023, 12:49
sintoni wrote: 15 Apr 2023, 08:54
blibagus wrote: 14 Apr 2023, 09:17 Maaf info dari saya ga lengkap om hehehe :big_childish:
6.5 Km itu baru 1 P. Kemudian kalau makan siang saya ke kantor istri, jaraknya 6Km PP. Berarti per hari itu minimal sy jalan 19 Km. :mky_01:
tetap aja boros. anggap aja 1 minggu cuma 5 hari ke kantor.

anggap aja jalan 20km per hari x 5: 100km jadi totalnya.

per minggu 35 liter pertalite untuk jalan 100km ga sampe 1:3 malahan, cuma 1:2xx.
Ikutan nimbrung jg ah.. gegara terios onta wkwkwk


Ok lah buat kantor (weekdays) selama 5 hari abis jalan 100kilo….
Trus trip buat weekend kemana coba? PP bandung kali ya :big_biglaugh:

Biasanya mah cenggoan cc 35 liter bisa buat jalan 300km baru minta isi lagi..
Iya nih om, jadi pengen bener2 nyatat lagi rata2 odonya per minggu. Soalnya selama ini, karena asumsi sy kota kecil, dan diluar jam istirahat sy jarang kemana2, jd cuma hitung perjalanan rutin.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Mazda Cx-5 2.5 owning experience

Post by kendibocor »

Ryzen95900hx wrote: 17 Apr 2023, 06:46
Gak juga sih om,malahan di yutub engga ada tuh skyactiv2 yg ada problem even di yutub US n indo yang case nya ampe rontok jebol
Malahan CVT banyak tuh kluar di yutub indo n yutub US
Even Scotty kilmer pun hands up for SKYACTIV and hands down for CVT :big_dunno:
https://www.mazdaforum.com/forum/mazda- ... ket-45796/

Kalo mo cherrypick mah gampang, tuh 1 thread uda brp user odo dibawah 60rb miles jebol semua head cylindernya tanpa warning apa. Ga cuma 1 orang loh yg ngalamin. Bahkan ada yg baru 13rb miles. Full rebuild tuh ujung2nya.

https://www.mazda3revolution.com/thread ... lem.95082/

Nih kalo mo contoh transmisi. Sama tuh ga cuman 1 oeang doang yg komplain. Banyak jg yg blg bahkan sampe ganti transmisi utuh di US (kalo disini mah jgn harap)
ChZ wrote: 17 Apr 2023, 10:20
ah makanya mobil baru apapun skrg udah ga menarik om buat ane. signature dish BMW inline six sekarang entry pointnya di atas 1.5 ember semua. :big_bored: sementara beli mazda CX60 bau baunya sehh 1 ember tuh harganya.

klo 500-600juta aja dapet X5 35i bekas dan pasti relatif terawat sehh enak beli X5 bekas :big_bored:
Ente kemaren ada 340i ga diembat, uda stage 2 lg. Harga masuk akal :mky_03:
darrelund wrote: 17 Apr 2023, 10:12
kendibocor wrote: 16 Apr 2023, 21:06 Kalo pendapat gw pribadi yg uda punya semua mazda bermesin sky (1500cc, 2000cc, 2500cc) kecuali 2500cc turbo CX9. Yg mbah chz ngomong bener kok, semua karakter mazda dari mesin 1500-2500cc itu torsi galak dibawah, ngos2an di rpm tinggi. Dibanding K24 hondo masi enakan high rpm K24 biar kata transmisi jadul 5AT jaman purba. Tp kalo punya pendapat lain sah2 aja sih :big_grin:
ya khas masda lah um, sasis sporti mesin cruiser

itu cx90 yg 340hp aja sengaja di torque limit utk gigi 1-2

mungkin ya biar smooth
Yg paling nggak bgt tuh mesin 2000cc nya. Reviewer2 yutub pd blg enak mesin 2000ccnya di CX3, di CX30 yg lebih gede badan dikit ga enak blas tuh mesin. Lemot, boros. Kalo yg 1500ccnya sih menang irit, yg 2500ccnya tenaganya ok. Yg 2000cc nanggung semua, kenceng nggak boros pula :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post