Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Malam semua, setelah berbulan" menjadi silent reader dan commenter yang nanya doang beli kagak, kali ini saya akan berusaha untuk give something back to this beautiful community. Dengan me-review belioh bokong tepos pemakaian 7 tahun (with slight modifications)

Here goes nothing

Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan :big_blushing: ", atau bahkan untuk project car

Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya


Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda

- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw

- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa

- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)

- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg

- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua :big_dunno: Brio 2 (trmasuk saya), HRV RU, dan City hb

Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan

- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard :big_peace:

- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang

- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt

Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti :big_biglaugh:

Thanks dan selamat malam semuanya
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by epinjose »

ni mobil bikin kangen sih..
mobil yang paling sering saya gaspol di jorr2 pik, bukan karena kenceng.. Mungkin karena saking berisiknya jadi berasa adrenalin..
plus kenangan sensasi kickdown yang mungkin bakal jadi mobil geared AT terakhir saya..
karena mayoritas mobil "terjangkau" sudah jadi cvt dan e-e an

Despite.. bagasi kecil, jedaaakkkkk kena lobang, berisik, belakang sempit, di pepet orang terus, gigi 1-2 jedat jedut kalo macet..
Tapi Fun, irit, murah, bikin senyum kalo ganti aki, ganti ban, isi bensin, bayar pajek, murah lah.
at least tier LCGC yang masih punya karakter.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Suryaputra »

zylo14 wrote: Mon Mar 25, 2024 14:54 Malam semua, setelah berbulan" menjadi silent reader dan commenter yang nanya doang beli kagak, kali ini saya akan berusaha untuk give something back to this beautiful community. Dengan me-review belioh bokong tepos pemakaian 7 tahun (with slight modifications)

Here goes nothing

Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan :big_blushing: ", atau bahkan untuk project car

Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya


Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda

- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw

- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa

- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)

- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg

- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua :big_dunno: Brio 2 (trmasuk saya), HRV RU, dan City hb

Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan

- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard :big_peace:

- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang

- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt

Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti :big_biglaugh:

Thanks dan selamat malam semuanya
Klo EPS (electric power steering), kunci awet: belokin setir jangan sampai mentok.
Klo dah mentok sampai bunyi "dug", balikin lagi dikitt.

Saya selama miara city car ber EPS, Alhamdulillah belum pernah ngalamin EPS atau rekstir bunyi.

Kelemahan rekstir EPS kurang lebih gtu.

Beda sm Power steering hidrolis, itu robust banget.
Tp sekarang krn serba cost efficient dan fuel efficient, semua dibuat electric :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zonepublic »

mungkin bukan tidak aware dengan kekurangan brio tapi memang tidak ada pilihan sih untuk mobil tahun segitu harga segitu,hal itu juga yang bikin harganya awet
jok tipis?masih mending kok joknya dibanding brio satya generasi selanjutnya yang meskipun bentuknya sama2 pocong&kelihatan tebal tapi begitu diduduki langsung kempes
yang bikin racksteer cepet bunyi kalo ga salah,ukuran ban yg anda pakai terlalu besar,seingat saya brio pantat tepos standarnya cuma lebar tapak 165/175 deh,anda naikin tapak sampe 195 cm dengan cheapy partnya brio ya kalah racksteernya,suzuki swift gt/st yg built up jepang aja yg bawaan bannya udah lebar tapak 195 juga sering kena racksteernya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by KielConstantine »

epinjose wrote: Mon Mar 25, 2024 15:17 ni mobil bikin kangen sih..
mobil yang paling sering saya gaspol di jorr2 pik, bukan karena kenceng.. Mungkin karena saking berisiknya jadi berasa adrenalin..
plus kenangan sensasi kickdown yang mungkin bakal jadi mobil geared AT terakhir saya..
karena mayoritas mobil "terjangkau" sudah jadi cvt dan e-e an
Brio geared AT brarti yg pake mesin 1.3 dong om?

Itu barang langka kann.. masih CBU thai jg seinget ane :off_good_job:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Ibet »

beuh mobil yang sekennya nahan banget dan gampang jualnya wkwk
dibilang banyak minusnya, tapi kok ya big 5 terus penjualannya

nice om ... sempet kena radiator fan mati? racksteer wajar kena om, apalagi lowered
punya saya odo read di 60-an rb aman sih, all standard (ukuran ban, velg, etc), apalagi saya nyetirnya juga tipikal yg pelan - pelan sampe orang lain kadang ga sabar nyusul saya bahahaha

tapi yg M/T ratio nya kasar bener, di 100 kpj, 5th gear bisa 3000-an rpm, that's why akselerasinya mantap kali ya
sementara yg CVT nya di 100 kpj, sekitar 2000-an rpm

sempet miara yg Brio Satya 2nd gen, jauh lebih manusiawi bagasinya jauh
rasanya juga lebih empuk dari 1st gen .. ya serba murah sih, pajak 2.7 jt, cocok buat 1st car banget
servis / repair cost nya juga masih make sense buat saya
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by epinjose »

KielConstantine wrote: Mon Mar 25, 2024 18:37
Brio geared AT brarti yg pake mesin 1.3 dong om?

Itu barang langka kann.. masih CBU thai jg seinget ane :off_good_job:
1.2 om, ckd 2015 masi dapet 5AT..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Pboyz97 »

nice review om. brio yg model lama emg desainnya masih cukup enak dilihat walaupun udh berumur diatas 5 tahun. diluar bagasinya yg emg sempit, mobil ini paling fun to drive + punya handling dan tarikan yg paling bagus dikelasnya jg hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

sbenernya kl inget betapa ampasnya lawan macem ayla dan agya itu naik beriok emang kayak beda 1 kelas kek bawa jazz tapi versi short pdhl bawa jazz aja dah kayak lalat.

cm kalo dihajar hajarin emang kuat si duo astra. tp as a proper car beriok jauh lebih enak. harganya lbh mahal jadi justified walaupun kaleng rombeng tp kelas ini yah kaleng rombeng semua jg.

perna di titipin 2 2nya kebetulan manual semua. manualnya duo astra ga enak.

rekstir? miara econobox front wheel drive di wakandah itu udah takdir rekstir jadi sering rusak tinggal kapannya walahualam aja :ungg: pasien paling langganan yah susuki dan honda wkwkwkkwkw. yang mana 2 pabrikan ini jg bikin mobil kecil yg naikannya oke jadi ya dinikmati saja om :upss:

jalanan di negara kite tuh emang yg awet cuma innova dan avanza tp yah naikannya begitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Mar 26, 2024 3:39 sbenernya kl inget betapa ampasnya lawan macem ayla dan agya itu naik beriok emang kayak beda 1 kelas kek bawa jazz tapi versi short pdhl bawa jazz aja dah kayak lalat.

cm kalo dihajar hajarin emang kuat si duo astra. tp as a proper car beriok jauh lebih enak. harganya lbh mahal jadi justified walaupun kaleng rombeng tp kelas ini yah kaleng rombeng semua jg.

perna di titipin 2 2nya kebetulan manual semua. manualnya duo astra ga enak.

rekstir? miara econobox front wheel drive di wakandah itu udah takdir rekstir jadi sering rusak tinggal kapannya walahualam aja :ungg: pasien paling langganan yah susuki dan honda wkwkwkkwkw. yang mana 2 pabrikan ini jg bikin mobil kecil yg naikannya oke jadi ya dinikmati saja om :upss:

jalanan di negara kite tuh emang yg awet cuma innova dan avanza tp yah naikannya begitu.
ada TnC
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya

Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by cengki308 »

Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 4:01 ada TnC
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya

Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan :big_biglaugh:
ya konstruksi ipah itu emang mobil pick up sih. sasis truck, kaki kaki solid axle ala pick-up 4x4.

jd kasarannya yg bisa awet di wakandah itu adalah truck :mky_03:

bahkan toyota yang van saja tidak awet :upss: ancur tuh durability van van toyota di sini.
Last edited by ChZ on Tue Mar 26, 2024 4:19, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Mar 26, 2024 4:18
Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 4:01 ada TnC
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya

Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan :big_biglaugh:
ya konstruksi ipah itu emang mobil pick up sih. sasis truck, kaki kaki solid axle ala pick-up 4x4.

jd kasarannya yg bisa awet di wakandah itu adalah truck :mky_03:
hahahaha.
Truck berbaju Mobil Keluarga
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by fansdiesel »

cengki308 wrote: Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

fansdiesel wrote: Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by cengki308 »

fansdiesel wrote: Tue Mar 26, 2024 6:44
cengki308 wrote: Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Kayanya ga mau di jual sih, kalo istri mau ganti mobil, brio tetep di simpen buat maenan saya wkwk, demen sama bentuk setrikaannya
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 15:31
Klo EPS (electric power steering), kunci awet: belokin setir jangan sampai mentok.
Klo dah mentok sampai bunyi "dug", balikin lagi dikitt.

Saya selama miara city car ber EPS, Alhamdulillah belum pernah ngalamin EPS atau rekstir bunyi.

Kelemahan rekstir EPS kurang lebih gtu.

Beda sm Power steering hidrolis, itu robust banget.
Tp sekarang krn serba cost efficient dan fuel efficient, semua dibuat electric :upss:
Nah ini kesalahan dulu, brhubung mobil pertama ane, dulu pas baru belajar kalo muter setir udh ky sopir angkot suka sampe mentok wkwk. Mungkin karena itu jg kali ya
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

zonepublic wrote: Mon Mar 25, 2024 18:05 mungkin bukan tidak aware dengan kekurangan brio tapi memang tidak ada pilihan sih untuk mobil tahun segitu harga segitu,hal itu juga yang bikin harganya awet
jok tipis?masih mending kok joknya dibanding brio satya generasi selanjutnya yang meskipun bentuknya sama2 pocong&kelihatan tebal tapi begitu diduduki langsung kempes
yang bikin racksteer cepet bunyi kalo ga salah,ukuran ban yg anda pakai terlalu besar,seingat saya brio pantat tepos standarnya cuma lebar tapak 165/175 deh,anda naikin tapak sampe 195 cm dengan cheapy partnya brio ya kalah racksteernya,suzuki swift gt/st yg built up jepang aja yg bawaan bannya udah lebar tapak 195 juga sering kena racksteernya
iyap betul om aslinya 175/65 r14, cuma semenjak pernah understeer pas belok 140kph, saya langsung tobat dan lebarin ban wkwk. belok pake 195/55 r15 speed berapapun pede (mungkin karena grip ban nya melebihi kemampuan mesin 1.200cc nya :big_biglaugh:
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Ibet wrote: Tue Mar 26, 2024 1:35 beuh mobil yang sekennya nahan banget dan gampang jualnya wkwk
dibilang banyak minusnya, tapi kok ya big 5 terus penjualannya

nice om ... sempet kena radiator fan mati? racksteer wajar kena om, apalagi lowered
punya saya odo read di 60-an rb aman sih, all standard (ukuran ban, velg, etc), apalagi saya nyetirnya juga tipikal yg pelan - pelan sampe orang lain kadang ga sabar nyusul saya bahahaha

tapi yg M/T ratio nya kasar bener, di 100 kpj, 5th gear bisa 3000-an rpm, that's why akselerasinya mantap kali ya
sementara yg CVT nya di 100 kpj, sekitar 2000-an rpm

sempet miara yg Brio Satya 2nd gen, jauh lebih manusiawi bagasinya jauh
rasanya juga lebih empuk dari 1st gen .. ya serba murah sih, pajak 2.7 jt, cocok buat 1st car banget
servis / repair cost nya juga masih make sense buat saya
ga prnah kena mslh fan sih om *knock on wood*, ini dari awal beli ga pernah servis radiator. coolant kykny baru flush skali itu jg krna gabut wkwkw

mungkin karena 4 tahun pertama mobil ini tuh saya pake utk kuliah di daerah jatinangor yang kalo malam itu super adem. gak se laknat panas nya jakarta
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

fansdiesel wrote: Tue Mar 26, 2024 6:44
cengki308 wrote: Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
saya 2017 ambil 155, trkhir februari 2024 ad temen nawar 135. tapi masih sayang buat dilepas

(alesan aja pdhl blm ad duit buat ganti mobil lagi)
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Untuk list part yang sudah ganti + routine maintenance selama pemakaian 7 tahun 20rb km:
*3 tahun pertama saya exclude karena gratis servis & part wktu itu. Jadi list ini hanya utk tahun ke 4 - 7

- Filter oli tiap 6 bulan: Masih beli ori honda skitar 50rb an per filter
4 tahun x 2 x 50rb = 400.000

- Filter udara dulu ganti tiap tahun. 2 tahun pertama ori honda 150rb an, sekarang pakai filter apex 250rb lifetime till die
2 tahun x 150rb = 300.000
Apex 250rb = 250.000

- Filter kabin ganti tiap tahun. Pakai denso 50rb an
4 tahun x 50rb = 200.000

- Oli motul 0w 20 Ganti tiap 6 bulan
4 tahun x 2 x 550rb = 4.400.000

- Oli cvt aisin Ganti tiap 2 tahun
4 tahun x 1/2 x 450rb = 900.000

Yah in total 4 tahun kurleb biaya nya Rp 6.450.000. About 1.600.000 per tahun nya, pretty cheap and can be A LOT cheaper kalau oli mesin & cvt nya di downgrade. Cuma saya ngga tega aja wkwk

Servis racksteer di vonis 1jt tapi belum saya eksekusi. Jdi blm di include

Ganti ban gak saya include karena itu dulu ganti utk modif naik velg ring 15, bukan karena butuh. Tapi kurleb skitar 2.500.000 utk champiro gtx pro

Ganti busi ke ngk iridium IX jg ngga saya itung hehehe


Jadi kesimpulannya, 7 tahun blm ad part yang rusak & butuh diganti? Yes. Belum. Paling cm racksteer yang mulai gludak gluduk di tahun ke 7, tpi karena bunyi nya masih jarang jarang, blm saya eksekusi

Semoga bisa menjadi acuan
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by sapifr22 »

Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.

Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.

Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.

Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

sapifr22 wrote: Tue Mar 26, 2024 15:02 Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.

Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.

Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.

Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
Wah ud bnyk jg ya om jajan kaki-kaki.

Sering ganti ban nya kenapa om? Karena ud mulai botak atau karena emg pgn ganti aja?
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by epinjose »

cengki308 wrote: Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
cakep ni.. brio pake OEM nya GE/GK. Pilar blackout.