[OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mullen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

[OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by mullen »

Dongeng ini berawal dari ketertarikan dengan obsesi speeding di Tol Andara saat lagi covid covidnya.

Setelah sebelumnya harian pake S80 2.3T (2.3 = kubikasi mesin; T = Trouble), maka akhirnya diputuskan untuk kembali mencari kandidat mobil eropa lainnya.

Long Story Short, ada beberapa kandidat potensial yang udah dilirik :
  • BMW e39 525i manual pre FL
    Ini mobil kondisinya lumayan semi bahan. Untuk cat sekitar 70% dan lah ada beberapa sunburnt pernisnya; jok udah diretrim; cupholder entahlah; dan permasalahan umum seatbeltnya e39. Mesin sehat banget, kopling enak, dan bagian mesinnya total original alias ga ada jumper2an kabel dll dst. Mobil ini sebenernya udah hampir deal, perkara urusan 500rb gamau goyang yaudah akhirnya skip.
  • BMW E36 323i Matic
    Ini mobil juga sebenernya kondisinya lumayan. Agak Jamet dengan velg taiwan 19" sih. Interior full ori, no audio dll dsb. Permasalahannya, Tenaganya jujur biasa aja dan harganya agak lebih tinggi e39 dengan taon yang lebih tua. SKIP
Singkat cerita akhirnya nemu boxer 1993 manual E320 dengan kondisi lumayan. Deal dan bawa ke rumah.
  • Driving Impression
    Secara Performa, ini mobil enak banget, mesinnya alus banget, karakter mesinnya itu ngantuk, ga spirited kayak BMW. Kaki, menurut saya pribadi enak banget, empuk tapi ga limbung, cuman bodyroll tetep berasa. Lari ke 180kmh enteng, napasnya masih sisa banyak, cuman mobil ini lebih asik cruising minggu sore di antasari lari 70-80 pake kacamata item.
    Untuk transmisinya dia Dogleg, jadi gigi satu ada di pojok kiri bawah, ini agak bikin kagok, tapi kalo udah biasa, ini enak karena gigi 2 dan 3 nya sejajar alias tinggal naik turun aja. kopling cukup enteng sih, cuman ya ga se mobil jepang.
    Cuman ini mobil setirnya agak berat dan jauh dari kata agile.
  • Running & Maintenance Cost.
    Maintenance costnya, Oli sekitaran 7 liter. Konsumsi Bensin sekitar 1:5-6 dalkot jakarta. Isi bensin cukup pertamax aja. Komponen Kelistrikan mobil ini sebenernya sangat amat durable. kebetulan punya saya relay extra fan meleleh (covernya doang) tapi masih berfungsi normal, akhirnya ganti. harganya sekitar 300 atau 400 ribu. Mahal? Emang. Tapi production date relay fan yg diganti itu 10-1993 alias pas penggantian itu udah +/- 28 taon. Sekring beberapa merk flosser.
  • Build Quality
    Untuk Build Quality sebenernya udah pada tau kayaknya deh. jok bahannya MB-Tex, bukan MB Tech ya. dashboard soft touch (sebenernya ini ga penting sih), Trim kayu dari kayu beneran. Doortrim full soft touch. bahkan di dalem glovebox itu ada lining dan lampunya.
    Wipernya lega banget dan ekonomis kalo beli karetnya. Kalo liat di bawah karpet itu udah dilapis peredam semacam bitumen
Notes buat yang mau beli w124 e320 yak.
1. Pastikan sudah berdoa dan memohon arahan-Nya sebelum liat barang dan transfer.
2. Pastikan vakum dan central locknya normal. Ini mobil semuanya pake vakum. (Head Rest belakang, levelling lampu depan, dan pengaturan arah semburan AC itu pake Vakum mesin. Central Lock ada modul central lock yang ada pompa vakumnya sendiri di bawah jok belakang). Pastiin remotenya (kalo pake Remot) jalan, karena sistemnya w124 (kemungkinan w202, w210, merc lain) itu pake infra red, bukan pake radio. Pastiin selang vakumnya
3. Pastikan ngolong dan liat deknya, biasa udah pada keropos di doorsil (belakangnya roda depan), kalo perlu di angkat aja di cucian mobil. Cek juga bagian bawah aki.
4. Di balik fender depan kiri itu ada charcoal canister. ini biasanya udah pada ampas. dan kalo ini rusak, biasanya bau bensin masuk ke kabin.
5. Di sektor mesin cukup aman sih cek meler di bagian cam cover depan, sama cek di lobang businya ada oli apa nggak.
6. Cek rumah sekring, pastiin belom diubah2 pake part jepangan. Cek juga bagian modul ac (di belakang aki deket firewall) itu ada modul clutch AC Compressor clutch) biasanya ini di bypass soalnya barangnya susah dan mihiil.
7. Pastiin Knock Sensor kepasang semuanya (ada 2 Knock Sensor) di bawah Intake manifold.

Image

Karat membandels.
Image

Akhirnya tuker tambah sma ini.. Another bahan pikiran..
Image
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by zonepublic »

Nah kemarin lihat yutub kayanya mayan tuh w124 jadi tertarik piara juga,apalagi harganya cuma 30-50jtan aja
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by doge »

tt nya sm apa itu om?

kyk civic estilo/genio
:ngacir:
User avatar
jd200
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
Daily Vehicle: Pesot solar

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by jd200 »

mullen wrote: Thu Aug 01, 2024 4:15 Dongeng ini berawal dari ketertarikan dengan obsesi speeding di Tol Andara saat lagi covid covidnya.

Setelah sebelumnya harian pake S80 2.3T (2.3 = kubikasi mesin; T = Trouble), maka akhirnya diputuskan untuk kembali mencari kandidat mobil eropa lainnya.

Long Story Short, ada beberapa kandidat potensial yang udah dilirik :
  • BMW e39 525i manual pre FL
    Ini mobil kondisinya lumayan semi bahan. Untuk cat sekitar 70% dan lah ada beberapa sunburnt pernisnya; jok udah diretrim; cupholder entahlah; dan permasalahan umum seatbeltnya e39. Mesin sehat banget, kopling enak, dan bagian mesinnya total original alias ga ada jumper2an kabel dll dst. Mobil ini sebenernya udah hampir deal, perkara urusan 500rb gamau goyang yaudah akhirnya skip.
  • BMW E36 323i Matic
    Ini mobil juga sebenernya kondisinya lumayan. Agak Jamet dengan velg taiwan 19" sih. Interior full ori, no audio dll dsb. Permasalahannya, Tenaganya jujur biasa aja dan harganya agak lebih tinggi e39 dengan taon yang lebih tua. SKIP
Singkat cerita akhirnya nemu boxer 1993 manual E320 dengan kondisi lumayan. Deal dan bawa ke rumah.
  • Driving Impression
    Secara Performa, ini mobil enak banget, mesinnya alus banget, karakter mesinnya itu ngantuk, ga spirited kayak BMW. Kaki, menurut saya pribadi enak banget, empuk tapi ga limbung, cuman bodyroll tetep berasa. Lari ke 180kmh enteng, napasnya masih sisa banyak, cuman mobil ini lebih asik cruising minggu sore di antasari lari 70-80 pake kacamata item.
    Untuk transmisinya dia Dogleg, jadi gigi satu ada di pojok kiri bawah, ini agak bikin kagok, tapi kalo udah biasa, ini enak karena gigi 2 dan 3 nya sejajar alias tinggal naik turun aja. kopling cukup enteng sih, cuman ya ga se mobil jepang.
    Cuman ini mobil setirnya agak berat dan jauh dari kata agile.
  • Running & Maintenance Cost.
    Maintenance costnya, Oli sekitaran 7 liter. Konsumsi Bensin sekitar 1:5-6 dalkot jakarta. Isi bensin cukup pertamax aja. Komponen Kelistrikan mobil ini sebenernya sangat amat durable. kebetulan punya saya relay extra fan meleleh (covernya doang) tapi masih berfungsi normal, akhirnya ganti. harganya sekitar 300 atau 400 ribu. Mahal? Emang. Tapi production date relay fan yg diganti itu 10-1993 alias pas penggantian itu udah +/- 28 taon. Sekring beberapa merk flosser.
  • Build Quality
    Untuk Build Quality sebenernya udah pada tau kayaknya deh. jok bahannya MB-Tex, bukan MB Tech ya. dashboard soft touch (sebenernya ini ga penting sih), Trim kayu dari kayu beneran. Doortrim full soft touch. bahkan di dalem glovebox itu ada lining dan lampunya.
    Wipernya lega banget dan ekonomis kalo beli karetnya. Kalo liat di bawah karpet itu udah dilapis peredam semacam bitumen
Notes buat yang mau beli w124 e320 yak.
1. Pastikan sudah berdoa dan memohon arahan-Nya sebelum liat barang dan transfer.
2. Pastikan vakum dan central locknya normal. Ini mobil semuanya pake vakum. (Head Rest belakang, levelling lampu depan, dan pengaturan arah semburan AC itu pake Vakum mesin. Central Lock ada modul central lock yang ada pompa vakumnya sendiri di bawah jok belakang). Pastiin remotenya (kalo pake Remot) jalan, karena sistemnya w124 (kemungkinan w202, w210, merc lain) itu pake infra red, bukan pake radio. Pastiin selang vakumnya
3. Pastikan ngolong dan liat deknya, biasa udah pada keropos di doorsil (belakangnya roda depan), kalo perlu di angkat aja di cucian mobil. Cek juga bagian bawah aki.
4. Di balik fender depan kiri itu ada charcoal canister. ini biasanya udah pada ampas. dan kalo ini rusak, biasanya bau bensin masuk ke kabin.
5. Di sektor mesin cukup aman sih cek meler di bagian cam cover depan, sama cek di lobang businya ada oli apa nggak.
6. Cek rumah sekring, pastiin belom diubah2 pake part jepangan. Cek juga bagian modul ac (di belakang aki deket firewall) itu ada modul clutch AC Compressor clutch) biasanya ini di bypass soalnya barangnya susah dan mihiil.
7. Pastiin Knock Sensor kepasang semuanya (ada 2 Knock Sensor) di bawah Intake manifold.

Image

Karat membandels.
Image

Akhirnya tuker tambah sma ini.. Another bahan pikiran..
Image
nice review om buat w124 e320 manual nya :big_okay:
w124 memang overbuild dan memang solid walau sudah 30+ tahun.

kalau menurut saya, untuk pemula baiknya ambil yang L jettronic daripada K jettronic. bisa dibedakan dengan mayoritas 300E 230E or 200E itu masih K jettronic dan E320 dan E220 sudah L jettronic. dan l jettronic lebih mudah diagnosa dan cari part.

untuk volvo s80, harusnya yang s80 apalagi pakai mesin yang 2.3t harusnya mesin yang bandel (kalau memang owner sebelum nya ngerawatnya ga jorok, ga pake oli murah, pake coolant sama rajin maintance nya sama ga salah bengkel) dan lumayan irit (dalkot 8-9kmpl (pertamax)).

tapi bener balik lagi. kalau ngeliat mobil eropa berumur, kalau masih nubie lebih baik bawa mekanik kepercayaan n mekanik spesialis sama jangan lupa ngolong. interior exterior rapi low odo juga ga jaminan mobil seger n sehat :big_grin:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4728
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by Pboyz97 »

nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by marmut »

Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe


kalo idaman ya diwujudkan dong.....
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4728
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by Pboyz97 »

marmut wrote: Thu Aug 01, 2024 15:24



kalo idaman ya diwujudkan dong.....
ya semoga tercapai suatu saat nanti oom hehehe, kalo saat ini ya blm dulu :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by zonepublic »

Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Sama om,meskipun udah murah disini cuma 30-50 jt aja dapet w124 tp masih ngeri2 sama harga sparepart&kayanya bakal kena pembatasan bbm ntar berasa kalo mesti isi non subsidi jadi beban pikiran sekali
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by Bean06 »

BTW flashback kenapa tank S80 om? Dapat unit yg ga OK?
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1383
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by t105erd »

Baru saya mau ngincer S80 2003
mullen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by mullen »

doge wrote: Thu Aug 01, 2024 12:59 tt nya sm apa itu om?

kyk civic estilo/genio
toyota coronces oms ini
jd200 wrote: Thu Aug 01, 2024 13:07 nice review om buat w124 e320 manual nya :big_okay:
w124 memang overbuild dan memang solid walau sudah 30+ tahun.

kalau menurut saya, untuk pemula baiknya ambil yang L jettronic daripada K jettronic. bisa dibedakan dengan mayoritas 300E 230E or 200E itu masih K jettronic dan E320 dan E220 sudah L jettronic. dan l jettronic lebih mudah diagnosa dan cari part.

untuk volvo s80, harusnya yang s80 apalagi pakai mesin yang 2.3t harusnya mesin yang bandel (kalau memang owner sebelum nya ngerawatnya ga jorok, ga pake oli murah, pake coolant sama rajin maintance nya sama ga salah bengkel) dan lumayan irit (dalkot 8-9kmpl (pertamax)).

tapi bener balik lagi. kalau ngeliat mobil eropa berumur, kalau masih nubie lebih baik bawa mekanik kepercayaan n mekanik spesialis sama jangan lupa ngolong. interior exterior rapi low odo juga ga jaminan mobil seger n sehat :big_grin:
Jujur belom pernah pegang yang Masih pake K-Jet sih oms. Tapi memang partnya agak susah. Kalo soal mahal sih sebenernya beberapa bisa cari di aliexpress atau web korea (secara mesinnya sama kayak Ssangyong Musso)
Nah untuk s80, mesinnya emang bandel dalam arti, ga ada defect pabrik. Tapi, ada beberapa joint selang radiator itu bahannya plastik.. setelah sehat, remap ECU dan... transmisinya ga kuat...
Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Asik om ini mobil, apalagi bagi yang demen garis2 lurus arsitek.
Bean06 wrote: Fri Aug 02, 2024 0:05 BTW flashback kenapa tank S80 om? Dapat unit yg ga OK?
Hmm, kurang lebih sih om. Sebenernya ini barn find alias ngejogrok di parkiran kantor di bpjs gatsu. Cuman ya emang udah umur dan banyak mekanik yang katanya "SEPESIALIS" volvo, ya akhirnya sempet overheat sampe melenting headnya.
Akhirnya bawa ke bubut buat ratain head, dan sekalian remap. Eh transmisinya tiba2 golput alias netral.
zonepublic wrote: Thu Aug 01, 2024 12:42 Nah kemarin lihat yutub kayanya mayan tuh w124 jadi tertarik piara juga,apalagi harganya cuma 30-50jtan aja
Bener om ini mobil asik, cuman ya resale value jgn terlalu berharap banyak. Dinikmatin aja oms.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2804
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by farizfsa »

salah satu mbl 80-90an yang masih enak apalagi yg mesin besar
tp mbl begini enaknya matic sih kalo manual repot 4 pedal dua tangan haha.

saya jg lg pegang volvo taun muda, gatau harus ngebengkel kemana :big_biglaugh:
sementara beli parts dr luar sendiri ngebengkel ttp di bengkel mercy langganan
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
mullen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by mullen »

farizfsa wrote: Fri Aug 02, 2024 2:10 salah satu mbl 80-90an yang masih enak apalagi yg mesin besar
tp mbl begini enaknya matic sih kalo manual repot 4 pedal dua tangan haha.

saya jg lg pegang volvo taun muda, gatau harus ngebengkel kemana :big_biglaugh:
sementara beli parts dr luar sendiri ngebengkel ttp di bengkel mercy langganan
Nah ini om, bener banget. Apalagi kalo macet di tanjakan, awal2 rasanya pengan pesen ojol.
t105erd wrote: Fri Aug 02, 2024 0:29 Baru saya mau ngincer S80 2003
Sikat om. Ini mobilnya oke kok, cuman emang saya dapet unit ampas aja kayaknya. Tapi pastiin first thing first, semua selang karet radiator, selang karet intercooler, reservoir radiator, soalnya ini silent killer nih beginian. Juga pastiin kabel gada jumper2an, terutama volvo. Engine wise, ini mesinnya cukup badak dan responsip. Soal body mah ga usah ditanya sih, kejatohan kunci ratchet 1/2" aja tiada berbekas. masalahnya cuman transmisi aja sih, ntar body valve k.o. atau Torque converternya menyerah. Tapi setau saya ada repair kitnya untuk body valve merk sonnax. kayaknya bisa sembuhin penyakit shiftingnya sih.

Anyway, entah perasaan saya aja atau nggak, selama megang volvo dan Merc, kayaknya working temp mobilnya panas banget yak.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2804
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by farizfsa »

mullen wrote: Fri Aug 02, 2024 4:04
farizfsa wrote: Fri Aug 02, 2024 2:10 salah satu mbl 80-90an yang masih enak apalagi yg mesin besar
tp mbl begini enaknya matic sih kalo manual repot 4 pedal dua tangan haha.

saya jg lg pegang volvo taun muda, gatau harus ngebengkel kemana :big_biglaugh:
sementara beli parts dr luar sendiri ngebengkel ttp di bengkel mercy langganan
Nah ini om, bener banget. Apalagi kalo macet di tanjakan, awal2 rasanya pengan pesen ojol.
t105erd wrote: Fri Aug 02, 2024 0:29 Baru saya mau ngincer S80 2003
Sikat om. Ini mobilnya oke kok, cuman emang saya dapet unit ampas aja kayaknya. Tapi pastiin first thing first, semua selang karet radiator, selang karet intercooler, reservoir radiator, soalnya ini silent killer nih beginian. Juga pastiin kabel gada jumper2an, terutama volvo. Engine wise, ini mesinnya cukup badak dan responsip. Soal body mah ga usah ditanya sih, kejatohan kunci ratchet 1/2" aja tiada berbekas. masalahnya cuman transmisi aja sih, ntar body valve k.o. atau Torque converternya menyerah. Tapi setau saya ada repair kitnya untuk body valve merk sonnax. kayaknya bisa sembuhin penyakit shiftingnya sih.

Anyway, entah perasaan saya aja atau nggak, selama megang volvo dan Merc, kayaknya working temp mobilnya panas banget yak.
kalo working temp mau di dinginin permainan thermostat dan cooling fan bisa di akal2in. untuk E320 300E emang agak tinggi, yg penting dibawah 100 aja. 90-98 kalo macet masih ok. kl jalan jg manteng dibawah 90.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1636
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by MSU »

farizfsa wrote: Fri Aug 02, 2024 2:10 salah satu mbl 80-90an yang masih enak apalagi yg mesin besar
tp mbl begini enaknya matic sih kalo manual repot 4 pedal dua tangan haha.

saya jg lg pegang volvo taun muda, gatau harus ngebengkel kemana :big_biglaugh:
sementara beli parts dr luar sendiri ngebengkel ttp di bengkel mercy langganan
betul om...sy pernah bawa manualnya, kena macet di puncak, stop & go
mampus wkwk
kepake semua itu 2 tangan 2 kaki nginjak parking brake & release lagi :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2724
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by KielConstantine »

zonepublic wrote: Thu Aug 01, 2024 17:05
Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Sama om,meskipun udah murah disini cuma 30-50 jt aja dapet w124 tp masih ngeri2 sama harga sparepart&kayanya bakal kena pembatasan bbm ntar berasa kalo mesti isi non subsidi jadi beban pikiran sekali
Pelihara bginian musti full passion banget sebenernya + suka jg sama mobilnya…

Kdang ada budget sgala macem buat full restore. Tp kg ada waktu buat ngurusinnya :big_slap:

Anak muda (Gen milenial & gen z) harusnya bisa nih buka usaha ngurusin mobil orang. Pokoknya terima beres aja mobil kelar, enak, good condition. Langsung dipake ngaspoll :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mullen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by mullen »

MSU wrote: Fri Aug 02, 2024 4:59
farizfsa wrote: Fri Aug 02, 2024 2:10 salah satu mbl 80-90an yang masih enak apalagi yg mesin besar
tp mbl begini enaknya matic sih kalo manual repot 4 pedal dua tangan haha.

saya jg lg pegang volvo taun muda, gatau harus ngebengkel kemana :big_biglaugh:
sementara beli parts dr luar sendiri ngebengkel ttp di bengkel mercy langganan
betul om...sy pernah bawa manualnya, kena macet di puncak, stop & go
mampus wkwk
kepake semua itu 2 tangan 2 kaki nginjak parking brake & release lagi :big_biglaugh:
Ada lagi om yg nyusahin dengan manual ini. Bayangin abis tap e money di toll, sambil jalan pencet power window, ganti ke gigi 2, pencet lg power window.
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by kemalmakbar »

Great review, om mullen! Tidak hanya memberi impresi dari W124-nya om, tapi juga memberi tips dan trik sebelum meminang Mercedes ini. Mudah-mudahan mobilnya om tidak ada masalah berarti sekaligus review ini bisa membantu calon pembeli E-Class generasi ini.

W124 ini juga menjadi salah satu Mercedes favorit saya mengingat eksteriornya masih sangat elegan biarpun sudah tiga dekade lebih.
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by Devourer »

KielConstantine wrote: Fri Aug 02, 2024 5:38
zonepublic wrote: Thu Aug 01, 2024 17:05
Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Sama om,meskipun udah murah disini cuma 30-50 jt aja dapet w124 tp masih ngeri2 sama harga sparepart&kayanya bakal kena pembatasan bbm ntar berasa kalo mesti isi non subsidi jadi beban pikiran sekali
Pelihara bginian musti full passion banget sebenernya + suka jg sama mobilnya…

Kdang ada budget sgala macem buat full restore. Tp kg ada waktu buat ngurusinnya :big_slap:

Anak muda (Gen milenial & gen z) harusnya bisa nih buka usaha ngurusin mobil orang. Pokoknya terima beres aja mobil kelar, enak, good condition. Langsung dipake ngaspoll :ngacir:
Setuju nih klo ga passion susah apalagi klo mulai dari bahan.

Ga pernah hitung banget,tp kasar jg dari pengalaman ngerapiin w124 (E320 mps) dari bahan uda abis 100 lebih ato setara mobilnya
Udah habis segini jg masih ada beberapa PR minor klo bener OCD. Pertimbangan ambil bahan juga krn unit 'dapet' dari keluarga jg,
sempet setengah jalan cape agak nyesel knp ga dulu jual as is cari yg bagus aja.

Serunya tapi pengalamannya emg pas hunting part muter" junkyard ga terlupakan sama ya awal" salah pilih bengkel.
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by riisesky »

KielConstantine wrote: Fri Aug 02, 2024 5:38
zonepublic wrote: Thu Aug 01, 2024 17:05
Pboyz97 wrote: Thu Aug 01, 2024 14:53 nice review om. salah 1 mercy idaman saya. desainnya termasuk timeless dan tidak termakan jaman + masih enak dilihat sampe sekarang hehe
Sama om,meskipun udah murah disini cuma 30-50 jt aja dapet w124 tp masih ngeri2 sama harga sparepart&kayanya bakal kena pembatasan bbm ntar berasa kalo mesti isi non subsidi jadi beban pikiran sekali
Pelihara bginian musti full passion banget sebenernya + suka jg sama mobilnya…

Kdang ada budget sgala macem buat full restore. Tp kg ada waktu buat ngurusinnya :big_slap:

Anak muda (Gen milenial & gen z) harusnya bisa nih buka usaha ngurusin mobil orang. Pokoknya terima beres aja mobil kelar, enak, good condition. Langsung dipake ngaspoll :ngacir:
kayanya udah ada deh jasa ngurusin mobil orang, sering seliweran di ig posting nya..cuma areanya masih jaksel dan sekitarnya aja
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by Jenson »

riisesky wrote: Fri Aug 02, 2024 6:18
KielConstantine wrote: Fri Aug 02, 2024 5:38
zonepublic wrote: Thu Aug 01, 2024 17:05
Sama om,meskipun udah murah disini cuma 30-50 jt aja dapet w124 tp masih ngeri2 sama harga sparepart&kayanya bakal kena pembatasan bbm ntar berasa kalo mesti isi non subsidi jadi beban pikiran sekali
Pelihara bginian musti full passion banget sebenernya + suka jg sama mobilnya…

Kdang ada budget sgala macem buat full restore. Tp kg ada waktu buat ngurusinnya :big_slap:

Anak muda (Gen milenial & gen z) harusnya bisa nih buka usaha ngurusin mobil orang. Pokoknya terima beres aja mobil kelar, enak, good condition. Langsung dipake ngaspoll :ngacir:
kayanya udah ada deh jasa ngurusin mobil orang, sering seliweran di ig posting nya..cuma areanya masih jaksel dan sekitarnya aja
Wah menarik nih om, boleh d share link ig nya?
mullen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by mullen »

kemalmakbar wrote: Fri Aug 02, 2024 5:51 Great review, om mullen! Tidak hanya memberi impresi dari W124-nya om, tapi juga memberi tips dan trik sebelum meminang Mercedes ini. Mudah-mudahan mobilnya om tidak ada masalah berarti sekaligus review ini bisa membantu calon pembeli E-Class generasi ini.

W124 ini juga menjadi salah satu Mercedes favorit saya mengingat eksteriornya masih sangat elegan biarpun sudah tiga dekade lebih.
Thank om Kemal! Go for it om, walaupun kantong meronta!
Devourer wrote: Fri Aug 02, 2024 6:10
Setuju nih klo ga passion susah apalagi klo mulai dari bahan.

Ga pernah hitung banget,tp kasar jg dari pengalaman ngerapiin w124 (E320 mps) dari bahan uda abis 100 lebih ato setara mobilnya
Udah habis segini jg masih ada beberapa PR minor klo bener OCD. Pertimbangan ambil bahan juga krn unit 'dapet' dari keluarga jg,
sempet setengah jalan cape agak nyesel knp ga dulu jual as is cari yg bagus aja.

Serunya tapi pengalamannya emg pas hunting part muter" junkyard ga terlupakan sama ya awal" salah pilih bengkel.
Wah edan sampe 100jutaan. Anggapannya biaya PDKT lah om. Kebetulan saya juga akhirnya restorasi sendiri lantai, doorsil plate, dll dsb. Tapi serunya jadi kenal sama mobil sendiri dan jadi kenal banyak orang om.
Image
Image

Ternyata ada fotonya yang lumayan ganteng wkwkwkwk
Image

gara2 ripiu ini, jadi kangen juga sih sama nih mobil, udah nemenin drama Covid, dari rapid test, nginep di parkiran sarinah nungguin hasil swab test, nganter vaksin, nganter interpiu.
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by thestoneroses »

Ada eks user polpo lari ke mmerc.

Kalau saya peugeot - volvo - merc.
Saya megang m104 juga Oom, tapi di paus, abangnya boxer. Sama aja nga begitu banyak beda.

Sayangnya yang dikangenin malah 740Ti. Hihi
Ron Asheton Forever
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1636
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by MSU »

jaman w123 & w124 ni sayangnya dieselnya ga masuk ya
kalo liat2 dari YT padahal itu dieselnya badak banget..apalagi yg OM606 utk balap
di negara lain pd dipake jadi taxi udh jalan 1jt-an km
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [OWNER REVIEW] W124 E320 1993

Post by marmut »

t105erd wrote: Fri Aug 02, 2024 0:29 Baru saya mau ngincer S80 2003


boleh kontek koh
jd200
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL