2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

Chery lagi?

Setelah cobain Tiggo Cross kemaren, saya dapet follow up dari salesnya, tapi bukan follow up jadi SPK apa enggak. Malah nawarin test drive lagi

“Mas mau cobain Tiggo8 CSH nggak?”

Saya waktu itu masih rada angot-angotan, jadi follow up salesnya saya bales dengan

“nanti saya kabarin lagi mas”

Tapi berhubung siang gak ada agenda apapun dan kerjaan rada lowong, ya sudah kontak salesnya aja, dan ternyata bisa.

Saya harus jujur : I’m quite impressed. Portfolio test drive mobil china saya paling banyak itu Chery, karena kesempatan cobainnya banyak, hospitality salesnya cukup ok, kemarin bahkan waktu mampir ke BCA Expo, ngeliat Chery niat sekali bawa unit test drive : Tiggo Cross CSH, Tiggo 8 CSH, J6, Omoda E5. 4 unit di acara BCA Expo.

Merek lain hanya bawa 1-2 unit saja bahkan BYD tidak bawa Atto1 yang viral, hanya M6 dan Sealion7.

Agaknya Chery ini meniru cara jualan Mazda, alih - alih ngejar konsumen untuk SPK dan DO, yang penting customer experiencenya bagus dulu : feel free buat cobain semua lineup kami, setelah itu silakan putuskan mana yang mau diambil.

Ya meskipun harus jujur lineupnya membingungkan dan banyak sekali.

Baiklah, setelah ngisi bensin perut saya, meluncur ke dealer Chery yang baru buka, di perbatasan kota. Karena situasi di perbatasan kota dan jalanannya memang tipikal jalur pantura, what a perfect situation buat mencoba mobil PHEV termurah 7-seater yang habitatnya untuk jalur antar kota begini.

Here we go. Chery Tiggo8 CSH. Dengan warna signature hijau tuanya.

Tiggo8 That Tried to be "Futuristic" ?
IMG_20250825_184626.jpg
IMG_20250825_184608.jpg
Meskipun kesannya T8 CSH itu “hanya” T8 dengan sistem penggerak plug-in hybrid, tapi detail eksterior T8 CSH banyak diberi sentuhan yang lebih terkesan techy. Muka depannya dibuat grill lebih besar dan lampu dengan 3 LED strip bentuk alis.
IMG-20250825-WA0038.jpg
Paling distinct itu jelas handle pintunya ngumpet. Personally saya gak suka sih model gini karena kesannya malah fragile, tapi ini memang sepertinya syarat mobil buat disebut “futurustik” sekarang adalah clean surface dengan handle pintu ngumpet. Lalu saya juga kurang suka bagian samping yang kesannya kurang “berotot” karena minimalistik sekali, nggak ada cladding kayak di T8 Premium, dan wheel archnya terlihat kurus kurang lebar. Bikin kakinya terlihat kurang jengkang dan nggak keliatan pake velg 19 inch. Alasan klisenya paling ya biar flat surface mengurangi hambatan, tapi di marketing material nggak ada sebutin itu dan dia punya BEV yang sama sekali tidak aerodynamic.
IMG_20250825_184645.jpg
Image
Tiggo8 reguler

Bagian pantat dibedakan dengan T8 Premium, diberi lampu belakang menyambung dengan aksen LED sequential. Jujurly saya lebih merasa pantat T8 Premium dengan lampu kecilnya itu lebih enak dipandang. Dengan wheel arch kurus itu, kalau dipandang tegak lurus dari belakang mobilnya keliatan kegedean lampu belakang. Jadi kesan mobilnya kurang lebar malah makin jelas.

Velg menggunakan 19 inch dengan 235/50/19 Continental ComfortContact. Massive upgrade dari GitiComfort or I should say… Giti Not Comfort. Lagi-lagi, velgnya model tertutup jadi another thoughtful thing from Chery, sekaligus udah jadi signature kalau Chery Hybrid / BEV pasti velgnya tertutup, kalo ICE pasti model palang. Entah kenapa J6 yang beda sendiri karena E5 tertutup juga.

Screen Fetish?
IMG-20250825-WA0032.jpg
Sayangnya bagian interior adalah bagian yang paling malesin dari mobil ini. Not the most user friendly one. Penyakit setir nutup speedometernya itu sama kayak TCross CSH, dan visibilitas ke depannya juga berasa lebar sekali walaupun gak tenggelem kayak TCross. Bahan setir juga kulitnya enak digenggam.
IMG-20250825-WA0037.jpg
Lalu big screen di tengah itu seperti layar iPad ditempel doang, dan besar sekali. OSnya juga sekilas kayak hape android.
IMG-20250825-WA0036.jpg
Di bawahnya ada wireless charger, dan ventilasi AC. Nyambung dengan pengaturan drive modenya, tuas transmisi? T8 kayaknya terobsesi meniru layout Mercedes, karena tuas di kanan itu transmisi, tuas kiri wiper dan lampu sein jadi 1. Jadi di tengah diniatkan untuk clean. Glovebox tengahnya besar tapi sayang dengan penutup leather yang sepanjang jalan bunyi kriyet-kriyet…
IMG-20250825-WA0033.jpg
Buat pengguna T8 CSH kayaknya jangan benci - benci banget barang Jepang ya, karena speakernya Sony 12-speaker.
IMG-20250825-WA0040.jpg
Seatsnya semua leather, dan sayangnya lagi - lagi feeling support bawah kursinya kurang panjang itu ada, padahal ya sudah saya setting lumbarnya supaya gak terlalu maju. Secara support badan lebih enak jok CR-V. Walaupun karena joknya lebih lebar jadi lumayan, feelingnya gak sesempit TCross CSH. Kayaknya ini confirm mana dibuat dimana, Honda karena pasar terbesarnya USA jadi joknya bisa gede lebar, kalo Chery kan pasti risetnya di mainland.

Nice Suspension, Comfy Car... But Lacks "Connection"
IMG-20250825-WA0035.jpg
Image

T8 CSH ini adalah sebuah PHEV, sehingga baterainya besar 18 kWh dengan 204PS dan 310Nm dan sudah support DC Fast Charging juga jadi memang beneran jualannya practicality usage mobil bensin dan HEV.

Saya juga baru nyadar motornya berarti sama dengan yang ada di TCross CSH. Some claims bahwa combined outputnya 340hp lebih tapi saya sih take it with a grain of salt karena methodnya hanya tambah tambahan dari output motor 204PS ditambah 140an PS dari motor bensin, padahal combined output itu gak bisa dihitung seperti itu. Bahkan claim ini sekarang tidak ada di website Chery.

Contohnya CRV HEV itu motor output 184hp dan combined outputnya 207PS , padahal motor bensinnya bertenaga 150PS. Ini karena motor bensin di most HEV itu hanya supplementary, dan titik efisiensinya berbeda dengan motor listrik yang lebih ke low end power. Taksiran saya paling combined outputnya sekitar 250-an PS.

Claimed 0-100 nya di 8.5 detikan, yang mana sebenernya ini mirip CR-V Turbo, tapi dengan bobot T8 CSH lebih berat. Mengingat ini PHEV dan ukuran sebesar CX-9, figur segini saya rasa outputnya mirip CX-9, sekitar 250 hp-an real combined outputnya.

Tapi saya put aside soal tarik-tarikan karena toh ini bukan mobil sport, ini mobil yang menurut saya lebih cocok dipakai santai. So, saya coba aja di long winding road sambil salip-salipan dengan truk dan bus di jalur pantura.

Kesan saya mobil ini bukan the sharpest compared to CR-V apalagi CX-5, steeringnya terlalu light, bahkan di sport mode. Dan transisi perpindahan mode ECO-NORMAL-SPORT pakai knob tengahnya itu ada delay sekitar 1-2 detik baru mode berpindah. Kayak hape kepenuhan memori lemotnya.

Jujur I’m not a fan of the steering feel. Bahkan setirnya rasanya lari-lari terus karena terlalu ringan. I barely feel this car having steering rack at all, persis sama kayak TCross CSH. Setelah ngobrol lagi sama salesnya katanya ada mode individual kalo mau setirnya berat. Tapi di mode sport aja barely felt anything sih. Atau masalah software aja? Jadi keeping up dengan speednya ada delay? Mungkin user T8 CSH bisa confirm.

Berjalan dari dealer, mobil ini baru saja di charge oleh sales sehingga kondisi baterai 100%, saya expect akan 100% menggunakan tenaga baterai pada sesi test ini karena tidak ada hack untuk mengaktifkan combined power seperti mode sport di TCross CSH. Sehingga ya combined output itu nggak akan terasa kecuali memang baterai sudah tipis banget. Tapi raw torquenya 310Nm, jadi cukup-cukup sekali apalagi kalau cuma lawan diesel cumi-cumi di Transjawa sih lewat. Mobilnya lewat medan apapun rasanya effortless, dan kalau dari charge 100% gini nggak ragu buat nyalip truk trailer panjang.

Ride mobil ini juga harus diakui sangat enak. Ini feeling yang mirip - mirip dengan ketika dulu punya X-Trail T31 yang juga sangat empuk tapi bukan empuk Innova Reborn yang cenderung ngebanting-banting. Mobil ini seperti versi penyempurnaan dari T8 Premium yang saya coba dulu, dengan ban Continental ini bantingannya memang jadi beda kelas. Kebetulan jalan yang dilewati juga aspal jelek yang bergelombang parah jadi memang terasa getaran diredam dengan baik oleh suspensi mobil ini. By far, ini suspensi mobil Chery yang saya cocok. Karena 3 mobil Chery yang saya coba sebelumnya seperti kurang well-tuned.

Tapi tetap saja, gimana ya, mobilnya sekilas flawless bagi mayoritas masyarakat, nggak heran mobil ini laku sih buat new family yang karirnya lagi naik. Tapi is it just me yang memang berharap lebih soal experience... karena ada 1 hal yang saya nggak dapatkan dari mobil ini : connection.

Saya nggak akan bilang CR-V Turbo itu the most fun crossover. Tapi compared to CR-V, kelemahan mobil ini agak sulit saya terima sebagai orang yang menikmati long trip demi ngerasain feeling dari sebuah mobil. As a car enthusiast CR-V feels way more connected to the driver dibanding T8 CSH. Feeling setirnya sudah saya jelaskan di atas, lalu feeling remnya juga weird. Saya nggak nemu - nemu feeling yang pas buat ngerem. Ngerem di mobil ini rasanya kayak ngerem Innova Reborn atau Fortuner 2.8 yang dari kosong langsung gigit, tapi ini even worse karena minimal Innova Reborn masih ada feelingnya. Iya regen braking lagi-lagi bisa disetel, tapi lagi-lagi feeling unnatural itu yang buat saya kurang enak.

Lalu juga soal suspensi empuk dan redamannya enak, tapi feelingnya aneh. Mobilnya seperti berat dan limbung di saat yang bersamaan. Inilah juga kenapa saya gak push mobilnya terlalu jauh.

Kalau mau dibayangkan seperti apa ya… kayak nyetir mobil BEV yang basis mobilnya nggak intended untuk jadi full EV spt OMODA E5 atau MG ZS EV. Kalau mau di cocoklogikan, T8 kan aslinya juga platform ICE car biasa. Mungkin ini berpengaruh, karena feeling seperti ini tidak saya dapatkan dari T8 Premium. Baterai 18 kWh bagaimanapun berat.

The Car for You, If You Don’t Enjoy Driving That Much.
Again, saya mungkin terdengar nitpicky. Warga SM tau preferensi selera saya adalah mobil ICE murni dan especially mobil - mobil Honda yang lebih feel connected ke pengemudinya.

Tapi di sinilah saya mau teman - teman take my review with a grain of salt. Kalau beralih dari mobil seperti X-Trail T31/32, maka T8 CSH adalah mobil yang sesuai, harus diakui itu, ini alternatif bagus dari Innova Zenix jika put aside the Toyota badge dan aftersales.

Kita dapet level kenyamanan sama dengan keiritan lebih, apalagi kalau disupirin, pasti ini mobil yang enak sekali. Walaupun balik lagi X-Trail akan wins all handling comparison dan feels way-way more connected. Tapi pengguna X-Trail akan senang dengan karakter T8 CSH karena sudah familiar.

Dan kalau biaya perjalanan itu adalah faktor penting, maka T8 CSH akan menggunakan hanya 1/2 dari biaya BBM sebuah CR-V Turbo. Apalagi kalau memaksimalkan charging facility di hotel tempat menginap maka untuk jalan - jalan dalam kota saja tidak perlu pakai bensin.

Big Credit to mas D dari Chery Inti Tugu, Semarang.]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by inobody »

Sejak kedatangannya dari dulu penasaran emang ama Tiggo 8 ini, Sebagai pengguna Santa Fe TM Diesel jadi kaya ga ada apa2nya yang dulu dianggap bertenaga dan irit hehe. Mirip kesannya kaya Civic FC sejak SEAL dateng.

btw sejauh yang dicoba kalo di sandingkan dengan SantafE Tm diesel , opini bro Chz seperti apa perbandingannya?
Last edited by inobody on Tue Aug 26, 2025 4:14, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

inobody wrote: Tue Aug 26, 2025 3:45 Sejak kedatangannya dari dulu penawaran emang ama Tiggo 8 ini, Sebagai pengguna Santa Fe TM Diesel jadi kaya ga ada apa2nya yang dulu dianggap bertenaga dan irit hehe. Mirip kesannya kaya Civic FC sejak SEAL dateng.

btw sejauh yang dicoba kalo di sandingkan dengan SantafE Tm diesel , opini bro Chz seperti apa perbandingannya?
overall experience sebenarnya TM Diesel smartstream (facelift) saya lebih suka sih... feel connectednessnya ada. ya masih full diesel kan.

saya nggak bisa secure nyetir mobil yang isolated kayak BEV atau HEV. apalagi kalo ditambah setirnya terlalu enteng. dan tenaganya dikontrol algoritma bukan dikontrol kaki saya. itu saya mending disupirin di mobil begini.

therefore saya juga nggak tertarik seal walau kenceng. karena feelnya isolated sekali.

dari experience coba dan pakai, HEV/BEV China itu selalu punya kesan not well engineered kayak kor apalagi jp / eur.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by inobody »

ChZ wrote: Tue Aug 26, 2025 3:53
inobody wrote: Tue Aug 26, 2025 3:45 Sejak kedatangannya dari dulu penawaran emang ama Tiggo 8 ini, Sebagai pengguna Santa Fe TM Diesel jadi kaya ga ada apa2nya yang dulu dianggap bertenaga dan irit hehe. Mirip kesannya kaya Civic FC sejak SEAL dateng.

btw sejauh yang dicoba kalo di sandingkan dengan SantafE Tm diesel , opini bro Chz seperti apa perbandingannya?
overall experience sebenarnya TM Diesel smartstream (facelift) saya lebih suka sih... feel connectednessnya ada. ya masih full diesel kan.

saya nggak bisa secure nyetir mobil yang isolated kayak BEV atau HEV. apalagi kalo ditambah setirnya terlalu enteng. dan tenaganya dikontrol algoritma bukan dikontrol kaki saya. itu saya mending disupirin di mobil begini.

therefore saya juga nggak tertarik seal walau kenceng. karena feelnya isolated sekali.

dari experience coba dan pakai, HEV/BEV China itu selalu punya kesan not well engineered kayak kor apalagi jp / eur.
IC, stuju sih Civic sy juga uda ganti ke r18 punya santa fe TM FC jadi lebih enak, dan santafe ke r20 punya calligraphy dluaran.
Mobcin emang menang di harga + fitur aja, buat matiin pesaing2.. jadi mirip online shop di matiin dulu kompetitornya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1211
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by iamwewe »

wah ini baru review mobil hype! nice one om. di mindset saya, awalnya si chery gebrak dgn omoda series, lalu omoda BEV, tapi skrg hebat banget dia positioningnya lebih keinget chery = phev nya.

compared ke si tiggo cross csh, di jalanan saya masih jauh lbh banyak liat ini tigo8csh sih.

tapi jauh lebih penasaran sama si tigo9csh itu. boleh banget nih om review yg tigo9. di jalanan blm pernah liat ada yg pake, padahal kalo diliat dari space kabin, harga, dan tech, ini tigo9csh sih worth banget.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

inobody wrote: Tue Aug 26, 2025 4:18
IC, stuju sih Civic sy juga uda ganti ke r18 punya santa fe TM FC jadi lebih enak, dan santafe ke r20 punya calligraphy dluaran.
Mobcin emang menang di harga + fitur aja, buat matiin pesaing2.. jadi mirip online shop di matiin dulu kompetitornya.
buset civic pake velgnya TM FL? spill penampakannya om :upss:

makanya saya bilang chinese cars itu banyakan appliances on wheels. karena cobain yang BEV pun misal kayak anjinglaut dan Hyundai IONIQ5, kok berasa lebih refined Hyundai walaupun nggak seberapa kenceng juga.

lucunya di threads ada yang bilang singalaut sama ioniq5 jauh lebih berasa mobil ioniq5, malah dihajar rame rame sama fanboy B*D :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Aug 26, 2025 5:03 wah ini baru review mobil hype! nice one om. di mindset saya, awalnya si chery gebrak dgn omoda series, lalu omoda BEV, tapi skrg hebat banget dia positioningnya lebih keinget chery = phev nya.

compared ke si tiggo cross csh, di jalanan saya masih jauh lbh banyak liat ini tigo8csh sih.

tapi jauh lebih penasaran sama si tigo9csh itu. boleh banget nih om review yg tigo9. di jalanan blm pernah liat ada yg pake, padahal kalo diliat dari space kabin, harga, dan tech, ini tigo9csh sih worth banget.
sebenernya ini bagus bagus aja om karena kayaknya mereka tau BEV udah top of mind nya si BYD, jadi mereka main ke hybridnya. cuma untuk saat ini produk CSH banyakan masih berasa kayak mobil prototype, musti nunggu improvement lagi.

TCross yang CSH kan baru keluar emang om, kalo yang di jalan TCross bensin 1.5 CVT.

kemarin waktu BCA Expo ada T9 CSH, dual motor itu lebih seru lagi. cuma belum ada unit test di dealer manapun. :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by inobody »

ChZ wrote: Tue Aug 26, 2025 7:05
inobody wrote: Tue Aug 26, 2025 4:18
IC, stuju sih Civic sy juga uda ganti ke r18 punya santa fe TM FC jadi lebih enak, dan santafe ke r20 punya calligraphy dluaran.
Mobcin emang menang di harga + fitur aja, buat matiin pesaing2.. jadi mirip online shop di matiin dulu kompetitornya.
buset civic pake velgnya TM FL? spill penampakannya om :upss:

makanya saya bilang chinese cars itu banyakan appliances on wheels. karena cobain yang BEV pun misal kayak anjinglaut dan Hyundai IONIQ5, kok berasa lebih refined Hyundai walaupun nggak seberapa kenceng juga.

lucunya di threads ada yang bilang singalaut sama ioniq5 jauh lebih berasa mobil ioniq5, malah dihajar rame rame sama fanboy B*D :upss:
haha sorry ga bisa di spill bro, byk mata-mata, ntr yg ada ogud ketauan kl lalu lalang pake nih Civic haha..
Cocok sih jadi ala accord gen 10 gitu, lngsg pas kok velknya + direzza 235/40, cuman nambah center ring aja. ga da kelebihan offset atau mentok.

velk civic 17 sy pindahin ke Stargazer haha, kebeneran plug n play semua.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by Kaleng »

pagi ini pertama kali saya naik mobil chery, yakni chery omoda 5 GT bensin dari orderan grab car.

Kesan saya sebagai penumpang untuk kursi baris ke-2, terlalu tegak dan tanpa lumbar support, sehingga buat saya yang punya masalah tulang belakang tidak nyaman duduknya. Masih lebih nyaman duduk di cayla / sigra yang bisa lebih miring sandaran kursi baris ke 2.

Dan untuk peredaman suara dari luar ternyata tidak kedap banget, ini dibandingkan dengan mobilio usia 11 tahun. Suara kendaraan motor dan deru ban lumayan kencang juga terdengarnya meskipun tidak separah mobilio.

Saya tidak sempat tanya usia kendaraan, namun kondisi jok dan lapisan soft touch masih bersih dan mulus. Apa mungkin kedap di awal namun cepat menurun peredamannya?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by Suryaputra »

Kaleng wrote: Tue Aug 26, 2025 8:46 pagi ini pertama kali saya naik mobil chery, yakni chery omoda 5 GT bensin dari orderan grab car.

Kesan saya sebagai penumpang untuk kursi baris ke-2, terlalu tegak dan tanpa lumbar support, sehingga buat saya yang punya masalah tulang belakang tidak nyaman duduknya. Masih lebih nyaman duduk di cayla / sigra yang bisa lebih miring sandaran kursi baris ke 2.

Dan untuk peredaman suara dari luar ternyata tidak kedap banget, ini dibandingkan dengan mobilio usia 11 tahun. Suara kendaraan motor dan deru ban lumayan kencang juga terdengarnya meskipun tidak separah mobilio.

Saya tidak sempat tanya usia kendaraan, namun kondisi jok dan lapisan soft touch masih bersih dan mulus. Apa mungkin kedap di awal namun cepat menurun peredamannya?
Ya mungkin hiperbola aja media review yg ada :mky_01:

Klo mau objektif itu memang hrs long term test, dan konsistensi nvh nya gmn.
Ini berpengaruh juga dari ban yg dipakai.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
speedfreak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by speedfreak »

kenapa ya Tiggo 8 CSH ini NJKB nya bisa 220jt dan PKB nya di jakarta cuma 4 jutaan. padahal harga jual di dealer nya +- 500 jt.
sedangkan mobil baru lain yg harga jual di +- 450jt an macam HRV e-HEV atau YarCross HEV itu PKB di jakartanya di kisaran 7 jutaan.

Lagi mau cari mobil pengganti utk T32, di review om Chz ini ditulis bakal cocok untuk pemakai T31 atau T32, jadi penasaran mau testdrive.
tadinya mau ganti ke T33 atau CRV tapi harganya terlalu mahal untuk sebuah SUV perkotaan, even mazda aja bisa set harga jual lebih murah.
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by Jose »

Setuju, secara overall look, saya lebih suka Tiggo 8 non-CSH, karena stance-nya lebih bagus, proper dan lebih keliatan berotot. Sepakat juga dengan powernya, mobil ini secara feels real powernya sekitar 240-250hp. Tapi harusnya utk mobil yang ngejar efisiensi figure itu udah cukup banget.
Increase speed = increase Risk
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1211
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Tue Aug 26, 2025 7:07

sebenernya ini bagus bagus aja om karena kayaknya mereka tau BEV udah top of mind nya si BYD, jadi mereka main ke hybridnya. cuma untuk saat ini produk CSH banyakan masih berasa kayak mobil prototype, musti nunggu improvement lagi.

TCross yang CSH kan baru keluar emang om, kalo yang di jalan TCross bensin 1.5 CVT.

kemarin waktu BCA Expo ada T9 CSH, dual motor itu lebih seru lagi. cuma belum ada unit test di dealer manapun. :upss:
nah iya nih. yg nyesek banget gini nih. tcross bensin 1.5cvt kan blm lama keluar. keluar lagi tcross CSH. nah ini buat kaum orang yg mikirin harga jual lagi, itu 1.5cvt mau dijual brp duit. selisih harga tipis banget sama yg CSH. beda performance dan kehematan juga jauh banget. hadeh.........

iyes om. sbnrnya mah paling oke dimata saya tuh si jaecoo j8 shs ya. itu mobil kan world premiere di indo, mau liat ripiw2 luar blm tll banyak, apalagi long term ripiw. ya udh dah mgkn si tigo9csh juga bisa mewakili, toh same car different skin aja kan.
Kaleng wrote: Tue Aug 26, 2025 8:46 pagi ini pertama kali saya naik mobil chery, yakni chery omoda 5 GT bensin dari orderan grab car.

Kesan saya sebagai penumpang untuk kursi baris ke-2, terlalu tegak dan tanpa lumbar support, sehingga buat saya yang punya masalah tulang belakang tidak nyaman duduknya. Masih lebih nyaman duduk di cayla / sigra yang bisa lebih miring sandaran kursi baris ke 2.

Dan untuk peredaman suara dari luar ternyata tidak kedap banget, ini dibandingkan dengan mobilio usia 11 tahun. Suara kendaraan motor dan deru ban lumayan kencang juga terdengarnya meskipun tidak separah mobilio.

Saya tidak sempat tanya usia kendaraan, namun kondisi jok dan lapisan soft touch masih bersih dan mulus. Apa mungkin kedap di awal namun cepat menurun peredamannya?
si omoda kan udh dobel glass om.. aneh juga ya suara motor cukup masuk. kalo kaki2 sih susah ya, namanya mobil monokok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

Kaleng wrote: Tue Aug 26, 2025 8:46 pagi ini pertama kali saya naik mobil chery, yakni chery omoda 5 GT bensin dari orderan grab car.

Kesan saya sebagai penumpang untuk kursi baris ke-2, terlalu tegak dan tanpa lumbar support, sehingga buat saya yang punya masalah tulang belakang tidak nyaman duduknya. Masih lebih nyaman duduk di cayla / sigra yang bisa lebih miring sandaran kursi baris ke 2.

Dan untuk peredaman suara dari luar ternyata tidak kedap banget, ini dibandingkan dengan mobilio usia 11 tahun. Suara kendaraan motor dan deru ban lumayan kencang juga terdengarnya meskipun tidak separah mobilio.

Saya tidak sempat tanya usia kendaraan, namun kondisi jok dan lapisan soft touch masih bersih dan mulus. Apa mungkin kedap di awal namun cepat menurun peredamannya?
kapan hari ada yang point out gini di threads : mocin itu buat upholstery dan leathernya cepet sekali fatigue sign. mungkin ini ada korelasinya dengan komponen lainnya yang juga begitu.

kebetulan yang dia bahas juga chery tapi dia gak sebut model apa karena di threads fans mocin ini galak-galak, nyenggol BYD atau Chery pasti diserang abis (i assume t8 csh atau t9 csh karena di GIIAS)

seingat saya chery kalau ban pakai Giti, menjelaskan karena ini ban baru aja kurang enak, artinya kalo dipake grabcar dan berisik berarti treadwearnya kurang apik. soalnya belakangan notice kalau ban kelas <2jt per pcs, performanya bisa nyamain atau 80% yang 3jt per pcs, tapi degradingnya cepet banget begitu udah wear.
speedfreak wrote: Tue Aug 26, 2025 14:32 kenapa ya Tiggo 8 CSH ini NJKB nya bisa 220jt dan PKB nya di jakarta cuma 4 jutaan. padahal harga jual di dealer nya +- 500 jt.
sedangkan mobil baru lain yg harga jual di +- 450jt an macam HRV e-HEV atau YarCross HEV itu PKB di jakartanya di kisaran 7 jutaan.

Lagi mau cari mobil pengganti utk T32, di review om Chz ini ditulis bakal cocok untuk pemakai T31 atau T32, jadi penasaran mau testdrive.
tadinya mau ganti ke T33 atau CRV tapi harganya terlalu mahal untuk sebuah SUV perkotaan, even mazda aja bisa set harga jual lebih murah.
PKB akan ngikut NJKB, kayak gimana PBB ikut NJOP. yang nentuin dari pemerintah. tapi unik juga yang CSH NJKBnya cuma 220jt? kalopun kena pajak berlapis kok saya taksir harusnya harga gak jauh dari T8 Premium.

dugaan si ini kayak wuling air EV dulu mentang2 masih pemain solo di kelasnya (PHEV 500 juta-an) jadi profit margin dimaksimalkan. kayaknya ini strategi pabrikan china selain banting harga, dy upsell barangnya 2x - 3x dari nilai jualnya.

coba test drive saja om, kalau menurut saya sih selama gak ngincer driver engagement yang gimana bagus-bagus aja ini mobil. kebetulan dulu pake T31 feeling suspensinya familiar sekali.
Jose wrote: Wed Aug 27, 2025 1:00 Setuju, secara overall look, saya lebih suka Tiggo 8 non-CSH, karena stance-nya lebih bagus, proper dan lebih keliatan berotot. Sepakat juga dengan powernya, mobil ini secara feels real powernya sekitar 240-250hp. Tapi harusnya utk mobil yang ngejar efisiensi figure itu udah cukup banget.
setiap lewat ketemu CSH itu selalu mikir ini apa yang off ya. baru 3 hari yang lalu di gym parkir sebelahan, notice kenapa pintunya agak beda dengan T8 bensin, polos banget di CSH. bikin wheel archnya jadi keliatan kecil.

yup since ukurannya se CX-8 / CX-9 ya prediksi di 250 hp-an. 347hp itu apalagi separo elektrik harusnya sudah 0-100 dalam 5 detikan.

iamwewe wrote: Wed Aug 27, 2025 2:14
nah iya nih. yg nyesek banget gini nih. tcross bensin 1.5cvt kan blm lama keluar. keluar lagi tcross CSH. nah ini buat kaum orang yg mikirin harga jual lagi, itu 1.5cvt mau dijual brp duit. selisih harga tipis banget sama yg CSH. beda performance dan kehematan juga jauh banget. hadeh.........

iyes om. sbnrnya mah paling oke dimata saya tuh si jaecoo j8 shs ya. itu mobil kan world premiere di indo, mau liat ripiw2 luar blm tll banyak, apalagi long term ripiw. ya udh dah mgkn si tigo9csh juga bisa mewakili, toh same car different skin aja kan.
nyeseknya tuh harga Tcross bensin 1.5 CVT nggak beda jauh ke CSH. kalo diterusin beginian bakal bikin distrust ke merek especially chery, yang beruntun juga itu T8 Promax - T8 Premium - T8 CSH dalam kurun 5 tahun. biarpun dalam kasus T8 itu lumayan pricingnya CSH kan beda 200 jutaan.

chery sporadis banget sih beneran ngelempar semua produknya ... mereknya aja udah 4 : chery jaecoo jetour lepas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1211
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Wed Aug 27, 2025 2:56

nyeseknya tuh harga Tcross bensin 1.5 CVT nggak beda jauh ke CSH. kalo diterusin beginian bakal bikin distrust ke merek especially chery, yang beruntun juga itu T8 Promax - T8 Premium - T8 CSH dalam kurun 5 tahun. biarpun dalam kasus T8 itu lumayan pricingnya CSH kan beda 200 jutaan.

chery sporadis banget sih beneran ngelempar semua produknya ... mereknya aja udah 4 : chery jaecoo jetour lepas.
bah baru tau loh jetour grup chery juga. jetour paling gak pernah liat di jalan....... sampe lupa kalo gak di mention
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2130
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by alvin23 »

ChZ wrote: Wed Aug 27, 2025 2:56
Kaleng wrote: Tue Aug 26, 2025 8:46 pagi ini pertama kali saya naik mobil chery, yakni chery omoda 5 GT bensin dari orderan grab car.

Kesan saya sebagai penumpang untuk kursi baris ke-2, terlalu tegak dan tanpa lumbar support, sehingga buat saya yang punya masalah tulang belakang tidak nyaman duduknya. Masih lebih nyaman duduk di cayla / sigra yang bisa lebih miring sandaran kursi baris ke 2.

Dan untuk peredaman suara dari luar ternyata tidak kedap banget, ini dibandingkan dengan mobilio usia 11 tahun. Suara kendaraan motor dan deru ban lumayan kencang juga terdengarnya meskipun tidak separah mobilio.

Saya tidak sempat tanya usia kendaraan, namun kondisi jok dan lapisan soft touch masih bersih dan mulus. Apa mungkin kedap di awal namun cepat menurun peredamannya?
kapan hari ada yang point out gini di threads : mocin itu buat upholstery dan leathernya cepet sekali fatigue sign. mungkin ini ada korelasinya dengan komponen lainnya yang juga begitu.

kebetulan yang dia bahas juga chery tapi dia gak sebut model apa karena di threads fans mocin ini galak-galak, nyenggol BYD atau Chery pasti diserang abis (i assume t8 csh atau t9 csh karena di GIIAS)

seingat saya chery kalau ban pakai Giti, menjelaskan karena ini ban baru aja kurang enak, artinya kalo dipake grabcar dan berisik berarti treadwearnya kurang apik. soalnya belakangan notice kalau ban kelas <2jt per pcs, performanya bisa nyamain atau 80% yang 3jt per pcs, tapi degradingnya cepet banget begitu udah wear.
speedfreak wrote: Tue Aug 26, 2025 14:32 kenapa ya Tiggo 8 CSH ini NJKB nya bisa 220jt dan PKB nya di jakarta cuma 4 jutaan. padahal harga jual di dealer nya +- 500 jt.
sedangkan mobil baru lain yg harga jual di +- 450jt an macam HRV e-HEV atau YarCross HEV itu PKB di jakartanya di kisaran 7 jutaan.

Lagi mau cari mobil pengganti utk T32, di review om Chz ini ditulis bakal cocok untuk pemakai T31 atau T32, jadi penasaran mau testdrive.
tadinya mau ganti ke T33 atau CRV tapi harganya terlalu mahal untuk sebuah SUV perkotaan, even mazda aja bisa set harga jual lebih murah.
PKB akan ngikut NJKB, kayak gimana PBB ikut NJOP. yang nentuin dari pemerintah. tapi unik juga yang CSH NJKBnya cuma 220jt? kalopun kena pajak berlapis kok saya taksir harusnya harga gak jauh dari T8 Premium.

dugaan si ini kayak wuling air EV dulu mentang2 masih pemain solo di kelasnya (PHEV 500 juta-an) jadi profit margin dimaksimalkan. kayaknya ini strategi pabrikan china selain banting harga, dy upsell barangnya 2x - 3x dari nilai jualnya.

coba test drive saja om, kalau menurut saya sih selama gak ngincer driver engagement yang gimana bagus-bagus aja ini mobil. kebetulan dulu pake T31 feeling suspensinya familiar sekali.
Jose wrote: Wed Aug 27, 2025 1:00 Setuju, secara overall look, saya lebih suka Tiggo 8 non-CSH, karena stance-nya lebih bagus, proper dan lebih keliatan berotot. Sepakat juga dengan powernya, mobil ini secara feels real powernya sekitar 240-250hp. Tapi harusnya utk mobil yang ngejar efisiensi figure itu udah cukup banget.
setiap lewat ketemu CSH itu selalu mikir ini apa yang off ya. baru 3 hari yang lalu di gym parkir sebelahan, notice kenapa pintunya agak beda dengan T8 bensin, polos banget di CSH. bikin wheel archnya jadi keliatan kecil.

yup since ukurannya se CX-8 / CX-9 ya prediksi di 250 hp-an. 347hp itu apalagi separo elektrik harusnya sudah 0-100 dalam 5 detikan.

iamwewe wrote: Wed Aug 27, 2025 2:14
nah iya nih. yg nyesek banget gini nih. tcross bensin 1.5cvt kan blm lama keluar. keluar lagi tcross CSH. nah ini buat kaum orang yg mikirin harga jual lagi, itu 1.5cvt mau dijual brp duit. selisih harga tipis banget sama yg CSH. beda performance dan kehematan juga jauh banget. hadeh.........

iyes om. sbnrnya mah paling oke dimata saya tuh si jaecoo j8 shs ya. itu mobil kan world premiere di indo, mau liat ripiw2 luar blm tll banyak, apalagi long term ripiw. ya udh dah mgkn si tigo9csh juga bisa mewakili, toh same car different skin aja kan.
nyeseknya tuh harga Tcross bensin 1.5 CVT nggak beda jauh ke CSH. kalo diterusin beginian bakal bikin distrust ke merek especially chery, yang beruntun juga itu T8 Promax - T8 Premium - T8 CSH dalam kurun 5 tahun. biarpun dalam kasus T8 itu lumayan pricingnya CSH kan beda 200 jutaan.

chery sporadis banget sih beneran ngelempar semua produknya ... mereknya aja udah 4 : chery jaecoo jetour lepas.
PKB berdasarkan emisi udah berlaku belum sih? Apa jangan2 gara2 itu makanya tiggo 8 csh lbh murah pkb nya?
Rocky R ADS CVT 2021
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by faizzz »

ChZ wrote: Tue Aug 26, 2025 3:17 Chery lagi?

Kesan saya mobil ini bukan the sharpest compared to CR-V apalagi CX-5, steeringnya terlalu light, bahkan di sport mode. Dan transisi perpindahan mode ECO-NORMAL-SPORT pakai knob tengahnya itu ada delay sekitar 1-2 detik baru mode berpindah. Kayak hape kepenuhan memori lemotnya.
Nice review Om...
gimana transmisinya kalau dibanding GWM T300 yang kemaren?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed Aug 27, 2025 2:56

nyeseknya tuh harga Tcross bensin 1.5 CVT nggak beda jauh ke CSH. kalo diterusin beginian bakal bikin distrust ke merek especially chery, yang beruntun juga itu T8 Promax - T8 Premium - T8 CSH dalam kurun 5 tahun. biarpun dalam kasus T8 itu lumayan pricingnya CSH kan beda 200 jutaan.

chery sporadis banget sih beneran ngelempar semua produknya ... mereknya aja udah 4 : chery jaecoo jetour lepas.
bisa karena ternyata Cherry kayanya nemu caranya ga perlu bikin pabrik di indo, numpang rakit di pabrikan kita semua = Handal Indonesia Motor = HIM :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
keren si management logistiknya, satu grup 4 brand ngerakit assembling doang :mky_07:
gimana ga cepet, cukup import 1000 mobil CKD, sampe sini rakit doang, kelar rakit, jual, kalau butuh lagi ya import lagi yang tentu kemungkinan besar sudah dapat improvement dan segala penyesuaian termasuk harga
taunya dari salah satu akun IG otomotif :mky_03:
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by faizzz »

kunaskun wrote: Thu Aug 28, 2025 12:10
ChZ wrote: Wed Aug 27, 2025 2:56

nyeseknya tuh harga Tcross bensin 1.5 CVT nggak beda jauh ke CSH. kalo diterusin beginian bakal bikin distrust ke merek especially chery, yang beruntun juga itu T8 Promax - T8 Premium - T8 CSH dalam kurun 5 tahun. biarpun dalam kasus T8 itu lumayan pricingnya CSH kan beda 200 jutaan.

chery sporadis banget sih beneran ngelempar semua produknya ... mereknya aja udah 4 : chery jaecoo jetour lepas.
bisa karena ternyata Cherry kayanya nemu caranya ga perlu bikin pabrik di indo, numpang rakit di pabrikan kita semua = Handal Indonesia Motor = HIM :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
keren si management logistiknya, satu grup 4 brand ngerakit assembling doang :mky_07:
gimana ga cepet, cukup import 1000 mobil CKD, sampe sini rakit doang, kelar rakit, jual, kalau butuh lagi ya import lagi yang tentu kemungkinan besar sudah dapat improvement dan segala penyesuaian termasuk harga
taunya dari salah satu akun IG otomotif :mky_03:
Hyundai yang udah bela2in bikin pabrik... :big_smile]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

alvin23 wrote: Thu Aug 28, 2025 5:12
PKB berdasarkan emisi udah berlaku belum sih? Apa jangan2 gara2 itu makanya tiggo 8 csh lbh murah pkb nya?
udah om. itu kan penyebab CRV turbo dulu pasca PPNBM 0% jadi meroket harganya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Fri Aug 29, 2025 3:10
alvin23 wrote: Thu Aug 28, 2025 5:12
PKB berdasarkan emisi udah berlaku belum sih? Apa jangan2 gara2 itu makanya tiggo 8 csh lbh murah pkb nya?
udah om. itu kan penyebab CRV turbo dulu pasca PPNBM 0% jadi meroket harganya.
cman anehnya emang carbon tax ini, salah satu tax yang dikritik abis even ama merc ama ketua ACEA (CEO ex-merc)

back to tiggo 8csh ternyata masih "tipikal" mainlan, something disconnected when driving. :mky_06:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Fri Aug 29, 2025 4:24
cman anehnya emang carbon tax ini, salah satu tax yang dikritik abis even ama merc ama ketua ACEA (CEO ex-merc)

back to tiggo 8csh ternyata masih "tipikal" mainlan, something disconnected when driving. :mky_06:
mungkin karena banyak mobil dia yang nggak lolos om atau kena ketinggian, soalnya di honda 1.5t juga kena ketinggian :mky_03:

udah coba om? bener kan feelingnya kurang solid. kayak ban setir powertrain rem semua nggak berkomunikasi dengan baik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

faizzz wrote: Thu Aug 28, 2025 6:59

Nice review Om...
gimana transmisinya kalau dibanding GWM T300 yang kemaren?
gak bisa dibandingin karena di TD dalem kota ini CSH cuma pake motor elektrik 100%.

cuma kalo soal feel berkendara, GWM Tank 300 jauh lebih solid. tapi ini lawannya Haval H6 om harusnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by faizzz »

ChZ wrote: Fri Aug 29, 2025 7:35
faizzz wrote: Thu Aug 28, 2025 6:59

Nice review Om...
gimana transmisinya kalau dibanding GWM T300 yang kemaren?
gak bisa dibandingin karena di TD dalem kota ini CSH cuma pake motor elektrik 100%.

cuma kalo soal feel berkendara, GWM Tank 300 jauh lebih solid. tapi ini lawannya Haval H6 om harusnya.
I see...
harus dicoba lagi bejek2 di toll berarti hihihi
YogaS7
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Jan 26, 2017 5:59

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by YogaS7 »

Interesting review mengenai Tiggo 8 CSH. Alternatif menarik dgn budget mirip desti premium dan zenix v hybrid.

pernah dipinjamkan Tiggo 8 Premium yg mesin 1.6 Turbo selama seminggu jg rasanya cocok utk. style ane... :mky_02:
Dan juga terasa way much better dibanding mobil brand china yg ane pake skrng (kecuali urusan kelegaan kabin)....

Utk. peremajaan kalau nurutin hati rasanya ingin brand china lagi, tapi kalau secara logis dan kata nyonya kembali ke brand jepun saja :big_childish: