Yaris memang beda...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Ni ada sepotong artikel....

The DOHC i-VTEC utilizes smart valve control technology

The i-VTEC system utilizes Honda's proprietary VTEC sytem and adds VTC (Variable Timing Control), which allows for dynamic/continuous intake valve timing and overlap control.

Image

The demanding aspects of fuel economy, ample torque, and clean emissions can all be controlled and provided at a higher level with VTEC (intake valve timing and lift control) and VTC (valve overlap control) combined.

Image
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Nice post Mr. Mike!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gw mengalami deja vu...
perasaan ini pernah terjadi sebelumnya deh, Mike post, trus WP bilang "Nice post"
di mana yah :? ?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Nice post Strade...

biar deja vu lagi sekalian hahaha....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

bener kan i-VTEC = VTEC + VTC.. hehe
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52

Post by xtreme »

di arab emang yarisnya kek gitu... ada bagasinya..
life is an adventure...~
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kayaknya Ivtec-Vtec-Mivec dan Softek (he..he..he..) lebih dominan marketingnya daripada isi nya. Kayaknya teknologi mesin bensin Non GDI itu udah mentok.

Kemarin ada yg celoteh kayak gini. "Teknologi VVT itu udah dipatenkan FIAT sejak thn 1960. Tapi tidak dikembangkan karena nggak begitu worthed. 30 thn kemudian (setelah paten daluwarsa) era thn 1990 an produsen Jepang meniru nya (gratis toh, paten udah daluwarsa) dan memasarkannya dgn strategy marketing yg huebaat ".

Kalo mesin 1800-2000 cc dgn output 150 an HP mah dari dulu jg ada beberapa. NA dan nggak pake teknologi pipiaiti.

Kadang malah gw bingung, ini mesin HP nya naek karena pipiati atau karna kompresi nya dinaikkan. Arti nya kalo produsen disuruh rancang mesin pipiati tapi harus konsumsi RON 88/premium sebagai rekomended bbm nya, tenaga nya naek nggak..?

Sorry kalo kebanyakan celoteh dan banyak salah...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

justru itu, yg pernah gw sebutin sebelumnya, teknologi macam2 itu cuman efisiensi aja, tenaga dan konsumsi
walopun masing2 tekniknya gak sama, tapi intinya sama, mesin harus mampu mengeluarkan tenaga maksimum pada tingkat rpm tertentu tanpa harus mengkonsumsi bahan bakar yg berlebihan untuk mencapai output maksimum itu
contoh, 2 mesin dengan kapasitas yg sama, katakanlah 2 liter, masing2 silindernya memiliki 4 katup, 2 intake 2 exhaust, ambil contoh aja 4 silinder, walopun pada penjelasan gw ntar jumlah silinder nggak berpengaruh, dan menghasilkan output power maksimum yg sama, katakanlah 160hp
nah, yg membedakan antara 2 mesin ini adalah pengaturan katup variabel, mesin A sebagai contoh mengaplikasikan i-VTEC nya Honda (sepanjang yg gw tau paling maju teknologinya) nya, sedangkan mesin B tidak memakai pengaturan VVT
untuk mencapai output maksimum, mesin harus bekerja pada rpm tertentu dengan bukaan katup maksimum, pada saat ini, mesin A sama dengan mesin B, skor 1-1
namun pada putaran bawah, ketika mobil bergerak dari kecepatan nol, mesin B menjalankan seluruh 16katup nya, yg mengakibatkan pemakaian jumlah bensin berlebih yg sulit terkontrol oleh ECU, sehingga putaran bawah menjadi kasar, berbeda dengan mesin 8 katup yg lemah di putaran atas, namun halus di putaran bawah
nah, kemajuan VVT terletak di putaran bawah, ia menghilangkan kelemahan mesin 8v dan 16v, yaitu kelemahan mesin 16v di putaran bawah dengan hanya menjalankan hanya 8 katup, dan kelemahan mesin 8v di putaran atas dengan menggunakan keseluruh 16v, sehingga mesin halus diputaran bawah, dan punya tenaga luar biasa di bawah
dgn teknik marketing, pabrikan memutarbalikkan hal ini, apabila disebutkan bahwa VTEC atao VVT atao saudara2 lainnya meningkatkan performa, hal itu dilihat dari sisi 8v, dan apabila dikatakan VVT dan keluarganya meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, hal itu dilihat dari sudut 16v
konklusinya, tenaga naik karena peningkatan kompresi, bukan teknologi variable valve yg digembar-gemborkan
fuh, panjang juga yah pidato gw :lol:, semoga bermanfaat :)
mohon maap kalo ada yg gak bener di post ini, mohon diralat :e-dance:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

yg hanya 8 valve di rpm bawah n 16 v di rpm atas itu VTEC-E

VVT-i sih gak kayak gitu.. VTEC pure n 3 stage VTEC jg gak kayak gitu..
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

hoh... yaa kira-kira gitu deh, hehe, thx ralatnya
penjelasan di atas cuman kasarnya aja :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

satyr wrote:yg hanya 8 valve di rpm bawah n 16 v di rpm atas itu VTEC-E

VVT-i sih gak kayak gitu.. VTEC pure n 3 stage VTEC jg gak kayak gitu..
3 stage VTEC bukannya 8 valve di RPM bawah, 16 valve di rpm menengah dan 16 valve high lift di putaran atas bro?