Sharing donk Kymco Spike..., plsss..??

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Sharing donk Kymco Spike..., plsss..??

Post by uch »

Ada yg make kymco spike...?? Sharing donk. Gw rencana mo jokul Kak Risma karena pengen tukar ama motor ini. Nyasar2 di http://www.bikez.com/motorcycles/kymco_ ... 5_2004.php, koq kayaknya rating nya relatif bagus.

Kemarin gw liat2 di Pos kota harga nya sekitar Rp 3.5 jt thn 2003. Busyeeet.. murah banget.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: Sharing donk Kymco Spike..., plsss..??

Post by anak_singkong »

uch wrote:Ada yg make kymco spike...?? Sharing donk. Gw rencana mo jokul Kak Risma karena pengen tukar ama motor ini. Nyasar2 di http://www.bikez.com/motorcycles/kymco_ ... 5_2004.php, koq kayaknya rating nya relatif bagus.

Kemarin gw liat2 di Pos kota harga nya sekitar Rp 3.5 jt thn 2003. Busyeeet.. murah banget.
Karena anggapan umum Kymco itu gak beda sama motor cina lainnya; padahal sebenernya kualitasnya gak sejelek motcin.

kalo menurut saya sih..
Kymco Spike itu bodynya jelek bgt..serba kotak2 gitu..kaya robot :)
tp kalo soal performa emang motor2 jepang kalah.
kalo soal yg ini sy pernah baca di http://www.otomotif-online.com soal komparasi motor2 125cc; pernah diadu sama motor2 jepang mesin 125cc dan hasilnya Kymco Spike lbh unggul.

kalo menurut sy sih bagusan Karisma dong..ngapain dijual?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Sharing donk Kymco Spike..., plsss..??

Post by uch »

anak_singkong wrote:[

Karena anggapan umum Kymco itu gak beda sama motor cina lainnya; padahal sebenernya kualitasnya gak sejelek motcin.

kalo menurut saya sih..
Kymco Spike itu bodynya jelek bgt..serba kotak2 gitu..kaya robot :)
tp kalo soal performa emang motor2 jepang kalah.
kalo soal yg ini sy pernah baca di http://www.otomotif-online.com soal komparasi motor2 125cc; pernah diadu sama motor2 jepang mesin 125cc dan hasilnya Kymco Spike lbh unggul.

kalo menurut sy sih bagusan Karisma dong..ngapain dijual?
Thanks ama sharing nya..

Ya itu tadi. Pas liat2 di Pos kota harga nya koq murah banget... :D. Kebetulan jg bengkel resmi nya ada sekitaran rumah. Surfing di internet, kayaknya rating nya bagus jg tuh motor. Udah monoshock lagi. Sayangnya gw nggak bisa/nggak tau search Kak Risma di internet (kecuali di Indo doang). Jadi nggak bisa banding2 in. Pake kode mesin apa sih..?

Gw nggak suka Kak Risma kalo udah diatas 60 kmh aja, udah nggak nyaman dikendarain.

Terakhir (alasan yg paling bener.. :D), gw pengen beli kamera DSLR. Itung2 kalo gw jokul itu motor, hasil nya kurang lebih bisa buat beli DSLR plus kymco spike (Rp 6,5 jt plus 3.5 jt). Lumayan kan. Daripada nguras tabungan rp 6.5 jt buat "mainan" doang ... :D

Hmm jadi mikir berat nih...
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: 16 Nov 2005, 13:14

Post by Wahyu_D »

Saya sudah coba keduanya antara Spike 120 sama Spike 120 RR, sebenarnya ini motor enak .... saya juga bingung kenapa harganya jatuh, ....Spike Yg RR sudah double Disk + monoshock + Lampu hazard+ indikator penggantian oli... tangki juga terbesar dikelas bebek kalau ngga salah 4,7 liter....
kalau mau ambil motor ini ngga salah kok , dibandingkan dengan motor cina... kualitas nya jauh bgt ... cuma Beresnya yg agak susah....+ sparepartnya yg agak mahal....
Attachments
mtr_kymco11.jpg
mtr_kymco11.jpg (8.21 KiB) Viewed 4119 times
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: 23 Feb 2005, 12:24

Post by azizdth »

Coba main2 ke kaskus.us, trus masuk ke forum roda 2, nah kalo ga salah momodnya tuh pake spike, coba aja tanya ke dia. bang ezha biasa di panggil, orgnya terbuka dan cukup punya pengetahuan mongtor sptnya....
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 16 Nov 2005, 13:00

Post by desuk »

kalau masalah konsumsi bahan bakarnya gimana bro?
termasuk irit atau bisa dibilang standar dengan konsumsi Shogun 125 atau Jupiter Z

kalau masalah harga yang jatuh itu kayaknya modelnya membuat orang indonesia kurang tertarik, karena permintaan pasar yang menurun, maka harganya jadi terjun bebas dah.
ngomong2 yang diatas itu harga bekas atau harga baru dari dealernya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

azizdth wrote:Coba main2 ke kaskus.us, trus masuk ke forum roda 2, nah kalo ga salah momodnya tuh pake spike, coba aja tanya ke dia. bang ezha biasa di panggil, orgnya terbuka dan cukup punya pengetahuan mongtor sptnya....
Thanks..

Tapi sayang koneksi ke kaskus diblock.. :(


Ternyata ada spike 120 ada jg spike 120 RR ya.. Beda nya apa ya..? kalo cuma beda perlengkapan doang sih nggak nggak masalah buat gw.

Di bikez.com yg ada malah Spike 125. Tapi bentuk nya persis sama.
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: 16 Nov 2005, 13:14

Post by Wahyu_D »

Bro Uch, bedanya spike 120 sama spike 120RR
Spike 120R
-Depan Diskbrake , Belakang tromol
-Lampu Rem belakang pisah dengan sein
-Lampu sein depan pisah dari cover lampu adanya di bawah kiri kanan cover
- ada lampu senja
Warna : Biru, hitam, merah

Spike 120RR
- Depan Belakang Disk Brake
- Lampu Rem belakang menyatu dengan lampu sein
- Lampu sein depan jadi satu sama head Lamp
- tidak ada lampu senja
- behel belakang beda dengan 120R
Striping beda dgn 120R lebih sport

yg saya liat sih itu, dari basicnya sama persis.... , Hampir dijalan jarang liat motor ini.... yg banyaknya jetmaticnya.

Selamat Berburu....
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

Thanks bro. Kayaknya hampir2 final nih mo hunting Spike. Gw kemarin call temen yg kerja di jababeka dekat pabriknya kymco. Katanya kymco itu perusahaan EPTE jg. Itu artinya minimal 75% hasil produksi nya diekspor (=kwalitas bagus..?)

Kalo harga nya bener seperti di poskota (rp 3.5 jt thn 2003) kayaknya menarik nih. Sayangnya agak jarang jg ya yg jual spike. Pokoke kalo harganya sekitar itu, velg racing, kondisi ok, akan gw datangin.

Nikon D70s.....! Come to daddy..!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Post by yoyoyo »

3.5jt?
bro..cek dulu barangnya, gimana kondisinya.

About kaskus, url nya ini
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=134271

gw quote ya..
ezha 17-02-2005, 10:28 AM wrote:Kalo Spike saya tipe 120R, masih rem tromol di belakang.
Sekarang inikan keluar tipe barunya Spike 120RR, rem cakram depan - belakang, trus model lampu remnya juga beda sama 120R, lampu sein depan juga udah nyatu di batok lampu utama dan nggak misah seperti anting di 120R (tapi menurut saya sih lebih "legendaris" model 120R, nggak sama kaya' motor umum lainnya, hehe... antik sendiri soalnya.).
Top Speed; di speedometer sih sampe 160kmpj, tapi maksimal yg pernah saya jajal di lintasan GatSu sampe jembatan Otista pernah nyambang angka 120kmpj, kondisi jalan sepi, lurus, cuman karena saya bukan sembalap dan masih sayang ama nyawa jadi cuman berani ampe segitu doangan, abis lari segitu bodi motor udah ngegetar (kondisi lengkap pake sayapnya ya, nggak trondol lho, dan masih kondisi standar nggak dioprek apa-apa).
Cuman kalo menurut saya sih, SPike itu bagusnya buat turing jarak jauh dibawanya asoy, soalnya bobot rangkanya lebih berat dari motor jepun yg lain (kata ipar saya malah ngangkat pantat RX-King masih jauh lebih enteng daripada angkat pantat SPike, berat bener, keseringan tangan dijamin bisa encok), jadi kalo dilewatin bus atawa truk gede efek buangan angin nggak terlalu mengganggu kestabilan motor, gitu lho....
Suku Cadang:
Hmmm... ini yg agak2 jadi hambatan, soalnya buat yg seneng oprek2 mesin jadi punya tantangan sendiri, karena keterbatasan kecocokan suku cadang dgn motor jenis lain. Nggak gampang ngawin-ngawinin suku cadang Spike dgn bebek2 honda, harus pinter2 ngeraciknya..... Tapi kalo di dilernya sih lengkap semua, mau minta ganti blok mesin juga diladenin tapi dipesenin dulu langsung di pabrik Kymco di Cikarang.
Soal harga onderdil, kaya'nya sekarang malah udah ada penurunan harga dari harga awal-awalnya, contoh nih yg paling gampang:
- CDI Spike, dulu 400rb-an, skarang cuman 200rb-an
- Bohlam lampu Spike, dulu 150rb-an, skarang cuman 48rb (bohlamnya beda men, bohlam mobil, soket tancep kaki tiga, mirip mobil, cuman wattnya 35, kalo mobil 55 kan)
Emang sih kalo diliat2 harga onderdilnya diatas rata2 harga onderdil motor jepun yg lain, soalnya nggak semuanya udah dibikin di sini dan msh impor dari Kymco pusat di Taiwan, tapi kaya'nya itu memang konsekuensi kalo pingin punya motor "langka".
Tapi dari taon 2002 ampe sekarang gue pake keluhannya praktis minim, paling cuman ganti kampas rem, ganti ban, setel klep, udah gitu doang, ama sekali pernah mogok... nggak taunya karena baut buat megang karbu ke leher angsa ada yg copot jadi mesin gak mau nyala, tapi pas bautnya diberesin lagi ya tokcer tuh......
Kelebihan:
- lampu utama langsung dari aki, bukan dari sepul, jadi kontak on meskipun mesin belom idup lampu utama dan senja bisa dinyalain (mirip Tiger)
- lampu hazard, kaya' dimobil, kalo lagi jalan terus ujan gede banget trus berkabut kaya dipuncak lampu hazard bisa dinyalain (sein kiri kanan kedip bersamaan), gak ada toh di bebek lain???
- Pengaman starter (120R, gak tau masih ada gak di 120RR), tekan tuas rem dulu baru mesin bisa idup
- mekanisme pompa bensin, bensin di karbu gak bakal banjir kalo mesin mati soalnya dari tengki bensin nggak langsung ke karbu tapi ditampung dulu disatu alat vakum disebut pompa bensin, yg bekerja memasok bensin ke karbu kalo mesin idup (prinsip kerjanya dapet dorongan dari leher angsa yg dibikinin lubang saluran ke intake pompa bensin)
antik kan... hehe.... pasti bingung kalo belom liat sendiri.
Gosipnya lagi dari diler, katanya sih, CDI Spike banyak diuber ama tuner motor underbone buat dipake dimotornya, katanya pengapian jadi lebih sip, gak tau deh, bener apa kagak.... tapi emang lagi santer diomongin di milis Kymco sih.
Wassalam
ezha 21-02-2005, 12:08 PM wrote:satu lagi, tengki bensinnya kapasitas 6,3liter lebih gede dibanding bebek merk lainnya.
Fakta: kalo tengki udah tiris banget gue selalu beli Premium 10rebu perak, full-tank!
bonsky 01-12-2005, 05:52 PM wrote:Ezha.. ini ada balesan 9 bulan kemudian sejak postingan terakhir ente hehehe... Gue lagi penasaran sama Spike gara-gara ngantri isi bensin di belakang 'motor baru liat' ini. Bebek apaan tuh? Sambil nyuri-nyuri liat merknya... oh kymco! Tadinya gue nggak tau itu type Spike. Ya udah gue penasaran browsing sana-sini, cari gambar sampe akhirnya gue tau, itu namanya Kymco Spike. Yang gue liat itu keren banget. Gue suka sama tail-lightnya. Gue langsung terpana sama monoshock dan tampilan keseluruhan.

Gue udah main ke dealer Kymco, tapi kurang suka sama model terakhirnya 120RR, bener seperti yg loe bilang; antingnya itu yg bikin beda! Plus tail-lightnya malah dibikin kayak motor-motor sekarang, gue kecewa! Padahal taillight lense yang model 2002-an gue pikir lebih keren, lebih euro style gue pikir. Warna twotone-nya juga lebih oke yang model lama. Coba liat yang warna merah-hitam lansiran 2002. Keren kan! Malah Honda Supra 125D sekarang dibikin twotone kayak gitu. Kok Kymco Spike yang sekarang (120RR) malah 'mundur' lagi bikin two-tone-nya kayak bebek-bebek Jepang keluaran 2003-an? Stripingnya juga gitu, kurang catchy. Kesannya Spike yang sekarang jadi kebawa arus, biar jadi mirip bebek Jepang sepertinya (kalo dikaitkan dgn strategi marketing sepertinya). Padahal Spike 2002-an itu udah keren banget. Euro Style abis! Untuk Spike 120RR gue cuma double disk brake-nya yang gue suka. Performa mesin sama aja kan sama yang lama?

Akhirnya, gue pikir.. gue bakalan nyari spike second aja ah. Doain gue dapet Spike yang masih seger ya, bro. Tks.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

Thanks u/ semua yg udah banyak bantu ngasih info. Tapi sayangnya udah 2 minggu gw langganan Pos Kota, ternyata nggak ada yg jual Spike.

Apaboleh buat, "terpaksa" gw beralih sementara ke Vega R thn 2005. Dgn status HUNTING SPIKE masih ON walau udah turun level. Kalo ada yg mo tuker tambah dgn Vega R silakan japri [email protected] (gw yg nerima tambahan, buat nambah lensa he..he..he..). Kalo nggak ada jg, berarti mungkin akan dituker ama TVS (nantinya..ha..ha..)

Salam
masihpenasaranamamotorbagustapimurah
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post