Kawasaki Z250

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

albiansyahh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Aug 27, 2015 16:04
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Dakar

Kawasaki Z250

Post by albiansyahh »

Halo semua pengunjung setia SerayaMotor. Salam kenal, saya pengguna Kawasaki Z250 dan sudah menggunakannya selama empat bulan. Dalam empat bulan pemakaian ada beberapa hal yang saya rasa cukup mengganggu dan menjadi masalah cukup serius dimotor saya ini. Apa masalahnya? Pertama, tiap saya sudah menggunakan motor selama 15menitan, rem kaki/rem belakang saya pasti tiba tiba ngelost alian tidak berfungsi. Ketika diinjek blong gitu saja dan seperti tidak ada remnya. Akan berfungsi lagi ketika didamkan kurang lebih selama lima menit. Dan masalah itu semakin sering dan parah terjadi ketika minggu lalu saya melakukan perjalanan menggunakan Z250 ke Bandung. Intensitas ngeblongnya atau ngelostnya rem bahkan hanya per 10menit. Ketika saya adukan hal tersebut ke mekanikal Kawasaki JakSel, doi malah bilang rata rata semua jenis Ninja 250 dan Z250 memiliki kekurangan pada rem belakangnya dan itu karena bagian remnya panas hingga mengakibatkan remnya ngelost. Saya sempat heran mengapa pabrikan besar Kawasaki sampai menyepelekan hal tersebut jika apa yg disebutkan mekanik benar adanya. Apakah para pengunjung SM ada yang punya solusi untuk masalah ini? :big_childish: Sekedar info, Ninja250Fi yang adik saya gunakan juga mengalami hal yang sama dengan saya. :big_comfort: Lalu Kedua, ketika saya gunakan diBandung seminggu yang lalu, dan baru saja keluar dari pusat perbelanjaan dengan kontur jalan yang menanjak, tiba tiba motor saya tidak kuat menanjak padahal posisi gear sudah di satu. Alhasil, motor saya meluncur kebawah dan saya posisikan membentur tembok agar tidak menabrak kendaraan dibelakang. :big_cry: Saya penasaran dengan tidak kuatnya motor saya menanjak dan saya coba untuk mencari jalan yg konturnya menanjak lagi untuk memastikan. Hasilnya pun sama, motor sulit nanjak justru mesin malah mati. Saya pun mencoba mengerti dengan selalu mengkondisikan motor pada Rpm tinggi dan hasilnya meskipun bisa nanjak tetap penuh dengan segala resiko dan motor seperti mau mati mulu. Saya coba tanya lagi kemakanikal, apa karena setingan gas dan kopling yang salah. Padahal motor baru service pertama sekitar 1bulan sebelum berangkat ke Bandung. Tapi mekanik menyarankan saya untuk mereset data motor saya didealer resmi. Entahlah apa maksudnya saya kurang begitu paham secara mendalam dengan roda dua. Dengan kondisi tinggi saya 189 dan berat 89kg saya rasa bukan alasan untuk motor saya tidak kuat menanjak. :big_dunno: wong pakai scoopy atau scorpio saja gak ada masalah. :mky_08: Hehe Makasih kawan SM. minta bantuannya yak guys. Thanks sekali lagi. :big_deal: :thanks:
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31

Re: Kawasaki Z250

Post by SilverK610i »

Hal yg sama rem ngelost terjadi juga dengan sepupu sy yg pake ninja fi.juga 2 adek yg pake ninja karbu dan fi, mengalami masalah yg sama.karna mereka mengalaminya klo pas lagi jalan ke luar kota yg intensitasnya jarang. Sehari hari sih cuman dalam kota tidak sampai mengakibatkan hal tsb. sampai sekarang ga ada solusi, mungkinkah dengan mengganti kampas rem pake aftermarket yg punya spek lebih bagus?

Oiya pernah nanya juga mereka di beres,jawabannya sama persis.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Kawasaki Z250

Post by vp920b »

Selang rem coba ganti pke braided line kaya hels.

Kemudian minyak rem upgrade ke DOT4 minimum

Saya punya Z800 dan ER6N ga ada masalah.

Jawaban dr beres begitu agak ga beres makanya saya benci ke bengkel resmi kawasaki. Kerjanya butut. Pas pertama ganti oli Z800 malah di geber2 motornya krn sudah pke Arrow exhaust. Males bgt dah. Ngencengin oli filter aja kaya ngegym 100KG. Ketat bgt.

Mending ke bengkel2 temen aja deh yg rekanan, jelas ngerti n ngerawat MOGE. Kalau BERES qualitynya masih kelas 250CC kebawah rawatnya..

Just my 2 cents sih. Sapa tau nolong. Kampas rem upgrade sekalian biar pakem..

Btw urusan power loss apakah pakai premium? Minimum pertamax bro krn kompresi tinggi. Mesti tune up kali bro uda brp KM? Cek busi dan filter udara juga.

Thx
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Kawasaki Z250

Post by KodokPushUp »

Apa gejalanya tenaga loss mesin brebet2 kayak mau mati?
Jarang dibawa italian tune up kah?
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
albiansyahh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Aug 27, 2015 16:04
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Dakar

Re: Kawasaki Z250

Post by albiansyahh »

vp920b wrote:Selang rem coba ganti pke braided line kaya hels.

Kemudian minyak rem upgrade ke DOT4 minimum

Saya punya Z800 dan ER6N ga ada masalah.

Jawaban dr beres begitu agak ga beres makanya saya benci ke bengkel resmi kawasaki. Kerjanya butut. Pas pertama ganti oli Z800 malah di geber2 motornya krn sudah pke Arrow exhaust. Males bgt dah. Ngencengin oli filter aja kaya ngegym 100KG. Ketat bgt.

Mending ke bengkel2 temen aja deh yg rekanan, jelas ngerti n ngerawat MOGE. Kalau BERES qualitynya masih kelas 250CC kebawah rawatnya..

Just my 2 cents sih. Sapa tau nolong. Kampas rem upgrade sekalian biar pakem..

Btw urusan power loss apakah pakai premium? Minimum pertamax bro krn kompresi tinggi. Mesti tune up kali bro uda brp KM? Cek busi dan filter udara juga.

Thx
Saya sih saat kendaraan ga kuat nanjak kmrin sedang pakai Shell, dan memang biasanya Shell atau Pertamax dan tidak pernah pakai Premium. Dan motor saya baru 1876KM bro, maklum baru penggunaan empat bulan. :big_grin: masalah rem sebenernya sudah lama bro saya rasakan. Jadi ketika adik saya menggunakan Ninja250Fi pada 2013, saya heran kenapa remnya ngelost mulu. Dan ketika saya putuskan beli Z250 Ternyata apa yg dirasakan di Ninja250Fi terjadi juga. Beberapa pengguna lain saya tanya juga mengeluhkan hal yang sama. Hadeh Kawasaki eror nih, motor boleh cepat tapi safety di remnya aburadul. :big_bored: makanya ketika saya ke Bandung saya sangat hati hati betul mengkondisikan motor supaya ketika mgelostnya kambuh lagi, saya bisa mengkondisikan betul motor saya.
Ohya selam rem dan minyak rem kira kira tersedia di beres atau engga bro yg td disebutkan diatas? Pricenya brpa ya? Thx
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Kawasaki Z250

Post by vp920b »

Kalau bro di jakarta terutama di jakarta barat banyak bengkel motor barang ori di jalan panjang kearah meruya.

Kemarin sih saya ke Jiester lumayan lengkap.

Tanya aja sama OM Teddy harganya berapa. Saya ga inget.

Minyak rem variasi sih bro, bisa tanya juga ke dia atau beli di TODA yang DOT 4, biasa di mobil/motor saya pakai ATE Germany.

Harusnya ga mahal.

KM pendek koq bisa ngeden ya? Anak buah pke ninin 2014 250FI ga ada masalah or keluhan. Udah 5rb kilo..
User avatar
haris91
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Sep 12, 2014 8:10

Re: Kawasaki Z250

Post by haris91 »

untuk masalah rem lebih tepatnya selang rem yang melar om,.biasanya terjadi karena keseringan injek rem belakang,.bawa motor begini usahain 70% rem depan,.nah untuk ukuran 250 cc emang jelek banget kaoskaki bikin rem,kalo mau optimal coba ganti pake master rem ,dan kaliper KTC buat rem depan,pake selang remhell depan belakang,pasti beres deh itu..

untuk masalah ga kuat nanjak masa sih?
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Kawasaki Z250

Post by r12qiSonH4ji »

Setuju sama om vp920b, beres kawasaki banyak yg gak bener (kurang pengetahuan) :big_biglaugh:
klo tinggal di Jakarta sering2 main ke bengkel non beres kyk anjany racing atau chemonk, biaya perawatan lbh murah dan lbh teliti tp bisa bikin kantong bolong (banyak racun disana) :mky_03:

masalah pengereman untuk ninja 250fi/z 250 memang masalah klasik, apalagi rem belakang,
dlu ane pernah miara ninja 250 karbu, kampas rem nya dua2nya abis pas 3000 km, trus ane dtg ke bengkel anjany (jln. panjang Jakbar) trus dikasih tau si Angga (owner), mending ganti selang rem trus pake rem After market aja tp klo mau awet dan agak lumayan ngeremnya ganti aja sama kampas ninja RR dan diulik dikit settingannya sm montir anjany, dan hasilnya menurut ane lebih pakem dan awet dibanding pas pake kampas bawaan. Tp ada minusnya jg, klo misalkan hujan, remnya gak pakem sama sekali. jadi harus atur kecepatan klo lg riding hujan-hujanan.... :mky_01:

Klo masalah nanjak sh, selama ane pake ninja karbu dan FI gak pernah ngalamin power loss. Permasalahan yg sering terjadi yaitu ketika terlalu lama riding + macet2an itu bisa mati sendiri motornya, tp nanti di starter lagi langsung bisa nyala. :mky_08:

tp dari semua ninja series pada akhirnya ane kembali ke 2 tak (soalnya lbh adem dan enteng), :mky_03:

ninja 2 tak "jambakan setannya" itu gak ada yg ngalahin.... :big_smoking:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Cocococo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 01, 2015 19:42

Re: Kawasaki Z250

Post by Cocococo »

Coba deh, biasakan pake rem depan. Kalau kondisi harus pake rem belakang, ngimbangin rem depan aja (bahasa sederhananya sih asal nempel lah). Selama ini sih gak trs bikin motor koprol walau mengutamakan pake rem depan, rem belakang ngimbangin aja dan gak pernah los rem belakang maupun depan.

Sent from my Lenovo P70-A using Tapatalk
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Kawasaki Z250

Post by Cloud »

Rem ngelos kebanyakan karena vapor lock, atau minyak rem kepanasan, menguap, jadi gas. gas sifatnya incompressible, gak bisa menyalurkan tekanan hidrolis. rem jadi blong. tingkat blong rem tergantung banyaknya gas yang terbentuk.
solusinya, bersihkan rem belakang, kampas dilepas, jika sudah tidak rata diratakan lagi. dilihat kemiringannya juga, kalau habisnya miring, dipastikan ada gesekan berlebih sehingga menghasilkan panas. dibetulkan hingga kampas habisnya rata tidak miring.
bersihkan piston caliper rem, ini yang membuat gerak balik piston terhambat, rem jadi seret. jika dipakai jarak jauh jadinya panas banget.
dan jika sudah bersih2, saatnya ganti minyak rem dot 4 minimal. dan setel tuas rem tidak terlalu mepet.
jika selang rem diganti braided, lebih bagus, namun buat kenyamanan harian, mending pakai standar, karena lebih enak buat panic braking.
pastikan selang rem jaraknya cukup jauh dari knalpot dan sumber panas lainnya.
pakai rem depan 60-70%, rem belakang 30-40%, tapi jika basah, jadi 50-50, jika licin, justru kebalik, belakang harus lebih besar dari depan.
jangan mentang2 pakai rem depan lebih pakem, di jalan berpasir pede ngerem kuat pakai rem depan aja.
Cocococo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 01, 2015 19:42

Re: RE: Re: Kawasaki Z250

Post by Cocococo »

Cloud wrote:Rem ngelos kebanyakan karena vapor lock, atau minyak rem kepanasan, menguap, jadi gas. gas sifatnya incompressible, gak bisa menyalurkan tekanan hidrolis. rem jadi blong. tingkat blong rem tergantung banyaknya gas yang terbentuk.
solusinya, bersihkan rem belakang, kampas dilepas, jika sudah tidak rata diratakan lagi. dilihat kemiringannya juga, kalau habisnya miring, dipastikan ada gesekan berlebih sehingga menghasilkan panas. dibetulkan hingga kampas habisnya rata tidak miring.
bersihkan piston caliper rem, ini yang membuat gerak balik piston terhambat, rem jadi seret. jika dipakai jarak jauh jadinya panas banget.
dan jika sudah bersih2, saatnya ganti minyak rem dot 4 minimal. dan setel tuas rem tidak terlalu mepet.
jika selang rem diganti braided, lebih bagus, namun buat kenyamanan harian, mending pakai standar, karena lebih enak buat panic braking.
pastikan selang rem jaraknya cukup jauh dari knalpot dan sumber panas lainnya.
pakai rem depan 60-70%, rem belakang 30-40%, tapi jika basah, jadi 50-50, jika licin, justru kebalik, belakang harus lebih besar dari depan.
jangan mentang2 pakai rem depan lebih pakem, di jalan berpasir pede ngerem kuat pakai rem depan aja.
Nah, rem baru, selang braided, minyak rem ganti dot 5, kenapa pake 60-40 belakang masih suka ngelos ya Om? (Dijalan raya, bukan di pasir (bromo))

Sent from my Lenovo P70-A using Tapatalk
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Kawasaki Z250

Post by Cloud »

pada z 250 selang rem tu deket dengan knalpot, mungkin bisa dicoba ditutup cover plastik tahan panas. selang rem braided justru lebih rawan kena panas dari luar.
atau jangan2 masih belum sempurna bleedingnya,
kalau sudah sempurna bleedingnya dan masih ngelos, coba dicek keausan ujung piston master rem belakang. jika ngelos karena rem kurang maksimal menekan, kadang karena piston ausnya cekung sehingga bikin gerakan piston agak terhambat (terlalu menggesek silinder). kan gerakan tuas rem belakang gerakan melingkar, sementara gerakan piston master cylinder gerakan lurus. kalau cekung sedikit saja, gerakannya jadi seret. cara mudah deteksi, coba ujung piston master cylinder disemprot pakai chainlube sedikit. jika ngelos hilang, berarti dari situ masalahnya.
terakhir, jika semua normal namun masih dirasa ngelos, ya pertimbangkan ganti cakram yang lebih besar, termasuk dudukan caliper,