Trouble Beat FI

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Trouble Beat FI

Post by Cloud »

Buat master SM, ada keluhan tentang scoot terlaris ahm, honda beat fi. katanya sering mati mendadak, tadinya cuma dianggap wajar, namun kemarin saya mengalami sendiri, ketika riding bareng beat fi punya teman, tiba2 mati total tanpa gejala apapun, seperti hilang pengapiannya. dan karena repot dan gk bawa tool, waktu itu tidak dicek api businya. cuma diselah saja (cek api busi juga harus bawa busi cadangan buat nutup lubang busi biar gk kebakaran)

alhasil, 2 menit nyelah sampai pegal motor sukses ngadat. :big_dunno:
diamkan lagi 3 menit, motor bisa dihidupkan. :big_think:
aneh, padahal MIL tidak menunjukkan error di sistem injeksi. :big_bored:

alhasil selama perjalanan saya selalu nempel di belakang beat, mangantisipasi mati mendadak, jadi bisa didorong duluan sebelum menepi.
dan kejadian ini terulang di saat cuaca cerah maupun hujan, terutama ketika menutup throttle. sekedar catatan, motor tidak pernah dicucikan, sampai disemprot2 segala. jadi kemungkinan soket kelistrikan kemasukan air sangat kecil. motor ini baru 2-3 kali dicuci, cuma dilap bagian luarnya, odo jalan 3000 an km.

dari hasil tanya sana sini, ada yang merekomendasikan setting ecu di beres, ada juga yang merekomendasikan ganti koil. rekomendasi bengkel resmi adalah untuk mengganti bbm ke pertamax dari premium (motor sering bergantian pake pertamax n premium). tapi sepertinya faktor bahan bakar juga bukan, mengingat selalu melakukan pengisian di pom yang terpercaya. faktor ventilasi tutup tangki yang tersumbat juga bukan, coz tutup tangki dibuka juga sama saja (masalah ini lebih umum terjadi di sistem karbu).
mungkin ada masukan dari master SM yang paham dengan beat fi? bengkel resmi juga kebingungan mencari penyakit ini.
Last edited by Cloud on Tue Dec 23, 2014 4:44, edited 1 time in total.
paijodudul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Sat Oct 18, 2014 14:44
Location: Bumi bung karno

Re: Trouble Beat FI

Post by paijodudul »

Sama om. Ane pnh ngalamin kyk gitu. Skali doank si. Nda bs distater. Rrus didiemin bs nyala lg. Krn kjadiannya nda berulank, nda pnh komplen ke beres. Ooh tyt ntu trobel di beat scara umum yah? Kirain pny ane aja.
diodio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Dec 11, 2014 10:20

Re: Trouble Beat FI

Post by diodio »

yap, sama gan. emang troble nya suka mati dadakan. kemarin pas dilampu merah mati. untung bisa dielektrik starter walaudicoba belasan kali

*kondisi beat saya bensin pertamax/premium+jamu, ngga pernah diservis semenjak km 4000, cuman ganti oli interval 3000km, sekarang odo sekitaran 15rban
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Trouble Beat FI

Post by TUFF Stough »

*coret Beat FI dari daftar alokasi bonus tahunan* :big_childish:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Trouble Beat FI

Post by lemonadelovers »

saran saya sih, email ke customer service AHM, sampaikan kejadiannya termasuk keterangan bengkel, apalagi ini beberapa motor yang ngalamin, biar jadi perhatian sama ATPM nya

sementara bisa coba disampaikan keluhan ke beres lainnya, coba cari beres yang besar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Trouble Beat FI

Post by nugroho bagor »

TUFF Stough wrote:*coret Beat FI dari daftar alokasi bonus tahunan* :big_childish:
FI maksudnya injection ya,motor injection,hufffff
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

ya, fi dari fuel injection. ternyata banyak juga yang mengalami hal ini. ada yang sembuh dengan sendirinya, tapi kebanyakan yang mengalami mesin mati mendadak tidak sembuh2. tadi siang temen saya masukin tuh beat ke beres, dan sesuai dugaan, tak ada kerusakan apapun dari hasil scanning beres.
garansi servis 1 minggu. dan kalau 1 minggu masalah terulang, enaknya diapain tuh motor ya? replace kah?
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Trouble Beat FI

Post by mr-saga »

om cloud, apa sudah diperiksa penampakan elektroda pd ujung busi nya?

lantas seperti apa kondisi irama rpm saat mesin dlm kondisi idle?
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

saya belum melihat elektroda. motor punya teman. tadi sudah dibawa ke beres di jogja. dan hasil pengecekan bengkel no problem (belum tahu juga seperti apa elektroda maupun insulator). kondisi rpm idle normal dan lancar. cuma kalau sudah mati, seakan2 pake engine cut off, gk ada brebet atau gejala apapun. langsung pet, berhenti.
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Trouble Beat FI

Post by mr-saga »

Cloud wrote:saya belum melihat elektroda. motor punya teman. tadi sudah dibawa ke beres di jogja. dan hasil pengecekan bengkel no problem (belum tahu juga seperti apa elektroda maupun insulator). kondisi rpm idle normal dan lancar. cuma kalau sudah mati, seakan2 pake engine cut off, gk ada brebet atau gejala apapun. langsung pet, berhenti.
mungkin saat tiba2 mati, "arwah" pada aki sdg pergi om :big_peace:

maaf om, saya sejak td siang baca keluhan anda ini udah ngerasa bingung sendiri...dan masing ttp bingung sampai pada detik ini. :mky_01:
sebentar om, saya mau coba cari2 artikel dulu.. :ngacir:

oiya om cloud, saat mesin tidak mau dihidupkan, bagaimana kondisi instrumen2 yg tertera pd speedometer apakah berfungsi normal?
karna pengapian pd sistem FI ini sebenarnya "sama saja" dg sistem karburator, hanya saja ada beberapa peralatan pendukung
yg dimana alat2 ini tidak diperlukan pd sistem karburator.

CMIIW
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

saya juga bingung, aki bisa buat starter, semua indikator ok, bahkan indikator trouble MIL (malfunction indicator lamp) juga tidak kedip2, normal2 saja. kalau ada sambungan sensor atau komponen yang lepas atau longgar, pastinya lampu MIL berfungsi. nah ini normal, cuma tahu2 mati. distarter gk mau, diselah juga gk hidup. rata2 paling cepat sekitar 3 menit baru bisa dihidupkan. kalau sudah hidup, normal lagi. seakan2 matinya karena kunci kontak di off kan,
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Trouble Beat FI

Post by TUFF Stough »

Udah cek supply kelistrikan?

Aku gak pernah punya motor injeksi, jadi gak tahu apakah ada indikator yg menyala bila supply kelistrikannya bermasalah.
stoneage
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 19, 2014 3:25

Re: Trouble Beat FI

Post by stoneage »

Ikut nimbrung aja karna pernah ngalamin di beat karbu th 09. Sering mati sendiri n butuh engkol puluhan kali baru bisa nyala. Mulai kumat pas dah masuk thn kelima. Baca sana sini katanya penyakit motor matik krna loss kompresi. Sering service ganti oli di beres walaupun msh sering kelewat intervalnya.

Yang bawa istri jdinya kuatir keselematan, prnh mati tiba2 di jalan untung mobil dibelakangnya sigap ngerem n ga diseruduk.

Akhirnya motor di jual bbrp bln lalu n saya malah ambil vario fi yg notabene kembarannya beat...kita liat aja bbrpa waktu kdpn apa penyakitnya sama.

Maaf klo ga ngasi solusi :peace , cm numpang sharing aja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trouble Beat FI

Post by DOHC »

@ ts : coba cek fuel system nya om, kayanya kl dr system pengapian ga ad masalah sehh... apalagi usia motor masi ckup rendah odo nya, dan ini mesin nya ud injeksi, presisi bbm ud lbi bagus, umur busi jg biasanya lebi panjang... yahh siapa tau aj dpt bbm kampret jd nya ad sumbatan di fuel system nya...

ane jg pemakai beat fi, odo uda 10an rebu, ud ane bejeg gila2an tiap ari.... dr baru dikasi dr dinas ampe skrg ga perna ane masukin ke beres, cuman tiap 3000 km ganti oli doank d bengkel motor ababil setempat, pakenya oli AHM jg... busi baru aj ane ganti pas 9000 km kmaren ini.. so far so gud... ga perna ad masalah ampe ari ini... bbm pakenya campur2 pertamak atau premium literan di warung pinggir jalan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
imronrosyidi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Sep 15, 2013 1:33

Re: Trouble Beat FI

Post by imronrosyidi »

Cloud wrote:Buat master SM, ada keluhan tentang scoot terlaris ahm, honda beat fi. katanya sering mati mendadak, tadinya cuma dianggap wajar, namun kemarin saya mengalami sendiri, ketika riding bareng beat fi punya teman, tiba2 mati total tanpa gejala apapun, seperti hilang pengapiannya. dan karena repot dan gk bawa tool, waktu itu tidak dicek api businya. cuma diselah saja (cek api busi juga harus bawa busi cadangan buat nutup lubang busi biar gk kebakaran)

alhasil, 2 menit nyelah sampai pegal motor sukses ngadat. :big_dunno:
diamkan lagi 3 menit, motor bisa dihidupkan. :big_think:
aneh, padahal MIL tidak menunjukkan error di sistem injeksi. :big_bored:

alhasil selama perjalanan saya selalu nempel di belakang beat, mangantisipasi mati mendadak, jadi bisa didorong duluan sebelum menepi.
dan kejadian ini terulang di saat cuaca cerah maupun hujan, terutama ketika menutup throttle. sekedar catatan, motor tidak pernah dicucikan, sampai disemprot2 segala. jadi kemungkinan soket kelistrikan kemasukan air sangat kecil. motor ini baru 2-3 kali dicuci, cuma dilap bagian luarnya, odo jalan 3000 an km.

dari hasil tanya sana sini, ada yang merekomendasikan setting ecu di beres, ada juga yang merekomendasikan ganti koil. rekomendasi bengkel resmi adalah untuk mengganti bbm ke pertamax dari premium (motor sering bergantian pake pertamax n premium). tapi sepertinya faktor bahan bakar juga bukan, mengingat selalu melakukan pengisian di pom yang terpercaya. faktor ventilasi tutup tangki yang tersumbat juga bukan, coz tutup tangki dibuka juga sama saja (masalah ini lebih umum terjadi di sistem karbu).
mungkin ada masukan dari master SM yang paham dengan beat fi? bengkel resmi juga kebingungan mencari penyakit ini.
Hahaha.. banyak temennya trnyata.. sy dah sering tiba2 mati sendiri, klo langsung di electric stater atau diengkol nggak idup2, tp klo didiamin 3 menit-an, dstater idup lagi.. dah beberapa kli complain ke beres, tp nggak beres2, tetep muncul lg.. ya udah skrg klo mati minggir aja diam-in bentaran, baru distater lg..
mungkin ada yg tau solusinya? share donk..
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Trouble Beat FI

Post by r12qiSonH4ji »

Ane jg punya permasalahan yg hampir sama
Tp beat fi ane gak sampe nunggu 3 menit, klo mati tinggal starter elektrik aja lg, langsung nyala

Cuman beat ane penyakitnya kambuh kyk gtu klo gak dipake selama 2-3 hari aja, selebihnya aman2 aja
Hehehe
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

tadi saya tanya, untuk hari ini no problem, belum muncul masalah. moga aja seterusnya sembuh, soalnya kemarin di beres gk diapa2in, cuma dicek aja.
dan kasusnya sering muncul ketika lebih dari 1 atau 2 hari motor gk dipake. jadi sementara hati2 dulu pakainya. padahal motor ini lumayan cocok dipake dalam kota. hemat bbm juga,
cuma ya horor ketika sedang di lalu lintas padat, di tengah, tiba2 mati, atau ketika pas mendahului. bener2 horor,
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Trouble Beat FI

Post by nugroho bagor »

Cloud wrote:tadi saya tanya, untuk hari ini no problem, belum muncul masalah. moga aja seterusnya sembuh, soalnya kemarin di beres gk diapa2in, cuma dicek aja.
dan kasusnya sering muncul ketika lebih dari 1 atau 2 hari motor gk dipake. jadi sementara hati2 dulu pakainya. padahal motor ini lumayan cocok dipake dalam kota. hemat bbm juga,
cuma ya horor ketika sedang di lalu lintas padat, di tengah, tiba2 mati, atau ketika pas mendahului. bener2 horor,
Ini kalau di Mobil macam Check Engine ya kasusnya,minggir dulu tunggu beberapa menit start lagi,wah kalau begini sudah gak safety om ya,anyway Beres aja bilang gpp,lha buktinnya mogok,means ya Samxxx
adr889
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17

Re: Trouble Beat FI

Post by adr889 »

Kalau masalah honda beat fi matic memang bisa mati sendiri dan susah distater kendalanya belum tau juga nih. Komplain ke dealer nda masalah dikarenakan pas ke bengkelnya distater langsung hidup.
Bos saya beliin utk karyawan 12 unit. 10 unit udah pernah mati sendiri, 8 unit kalau habis mati nda bisa stater / lama sekali baru bisa hidup kembali. 2 unitnya blm pernah mati sendiri.
Solusinya dibuka tangki bensinnya langsung distater jalan untuk sementara haha. kalau nunggu 3 menit juga bisa tapi kelamaan kalau dijalan. Mending tangki dibuka > distater > tangki ditutup . Tapi sangat bahaya kalau lagi ditengah jalan kenceng mesin mati sendiri ditabrak org dari belakang bisa2x.

Mungkin honda punya solusinya nih ? kelihatannya sih defect dari pabrik. KM sepeda motor yg saya pakai baru jalan 1000kman udah mati sendiri.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Trouble Beat FI

Post by TUFF Stough »

adr889 wrote:Kalau masalah honda beat fi matic memang bisa mati sendiri dan susah distater kendalanya belum tau juga nih. Komplain ke dealer nda masalah dikarenakan pas ke bengkelnya distater langsung hidup.
Bos saya beliin utk karyawan 12 unit. 10 unit udah pernah mati sendiri, 8 unit kalau habis mati nda bisa stater / lama sekali baru bisa hidup kembali. 2 unitnya blm pernah mati sendiri.
Solusinya dibuka tangki bensinnya langsung distater jalan untuk sementara haha. kalau nunggu 3 menit juga bisa tapi kelamaan kalau dijalan. Mending tangki dibuka > distater > tangki ditutup . Tapi sangat bahaya kalau lagi ditengah jalan kenceng mesin mati sendiri ditabrak org dari belakang bisa2x.

Mungkin honda punya solusinya nih ? kelihatannya sih defect dari pabrik. KM sepeda motor yg saya pakai baru jalan 1000kman udah mati sendiri.
Indikasi lubang hawa di tutup bensinnya tersumbat neh. :big_dunno:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

nice info nih, tapi kok kemarin tangki dibuka juga sulit hidup ya? (kan check bensin, jangan2 indikator fuelmeter error)
jangan2 penyebabnya beda2, tapi kalo beneran cuma tutup bensin ya mudah, tinggal ganti tutup bensin merk lain ato masih semerk tapi tipe lain aja, yang penting seukuran, soalnya kalo modif tutup tangki bensin agak riskan.
kaya gini harusnya direcall ya, kan sudah termasuk membahayakan user? kan simpel, ganti tutup bensin aja,
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

trouble terulang, kali ini pagi2 susah dihidupkan, diengkol berkali2 gk hidup2. setelah beberapa menit (mungkin 3 menitan) baru hidup normal. tangki bensin? nope,
darkcocoa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11

Re: Trouble Beat FI

Post by darkcocoa »

wah saya baru tahu kalau beat FI punya masalah seperti ini... artinya tinggal menunggu waktu beat saya rusak ya
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Trouble Beat FI

Post by Andrian »

Numpang nimbrung ya..

Ternyata pada ngalamin juga ya?ane udah 2x ngalamin mati mesin tiba2. Lampu indikator engine ga nyala. Yg 1 masih bisa ane nyalain lagi pake electric stater. Yg ke 2 kudu pake kick stater. Tapi itu pas ane masih pake bensin 88. Sekarang ane pake yg 92. So far ga pernah mati lagi.
Perawatan cuma ganti oli doang per 2000km. Itupun di bengkel pinggir jalan. Klo di beres cuma pas masih garansi doang. Busi dan filter udara juga baru 1x ganti. Itupun di beres (pas masih pake bensin 88) Sekarang udah 18rbu an. Maklum motor kuli.[emoji11]

Sent from semarpret yg semakin hari signalny semakin kamfret.
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Trouble Beat FI

Post by Cloud »

darkcocoa wrote:wah saya baru tahu kalau beat FI punya masalah seperti ini... artinya tinggal menunggu waktu beat saya rusak ya
Belum tentu, soalnya banyak juga yang lancar2 sejak beli, tapi seringnya ada yang mengalami mati mendadak. rata2 kalau cuma mati 1 ato 2 kali (apalagi kalo matinya ketika warming up) user gk terlalu mempermasalahkan. nah ini py teman saya masalahnya sangat merepotkan, jadi tanya2 ke saya, yang ditanya juga belum nemu jawaban :big_think: