PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana :big_bored:

https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all

https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by indeskey »

Fertille wrote:Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana :big_bored:

https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all

https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
Nah itu bikin bingung gear oil nya motor matic. Yamalube juga nggak nyebut gear matic nya pake kekentalan berapa. Mungkin suhu2 ada yg bisa menjelaskan.
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by tokezz »

Tp yah setau saya itu oli gardan bawaan pabrik isinya sama kaya oli mesinnya cuman beda kemasannya aja supaya lbh mudah untuk pengisian.


Memang sebenernya better pke GL-4 klo untuk gardan tp mungkin untuk motor matic tingkat stressnya tdk terlalu tinggi kali yah smpe pabrikan berani repacking oli mesinya. Tp klo lihat vespa matic ttp minta spek gl4 buat gardanya

Dulu sebenernya castrol sempet masukin oli gardan buat motor spek gl-4 yg model kya odol tp entah knp discontinue malah skrng isinya pke oli mesin jg dengan kemasan botolan.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

tokezz wrote: Tue Sep 22, 2020 14:41 Tp yah setau saya itu oli gardan bawaan pabrik isinya sama kaya oli mesinnya cuman beda kemasannya aja supaya lbh mudah untuk pengisian.


Memang sebenernya better pke GL-4 klo untuk gardan tp mungkin untuk motor matic tingkat stressnya tdk terlalu tinggi kali yah smpe pabrikan berani repacking oli mesinya. Tp klo lihat vespa matic ttp minta spek gl4 buat gardanya

Dulu sebenernya castrol sempet masukin oli gardan buat motor spek gl-4 yg model kya odol tp entah knp discontinue malah skrng isinya pke oli mesin jg dengan kemasan botolan.
Memang saya sendiri jadi rancu, standar oli gardan yg tepat itu bagaimana. Dibeberapa sumber sempet cek, oli gardan OEM dan sejenis nya (konon oli mesin juga) masih meninggalkan gram. Tapi kalo GL-4 malah bersih. :big_think:
indeskey wrote: Tue Sep 22, 2020 10:44
Fertille wrote:Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana :big_bored:

https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all

https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
Nah itu bikin bingung gear oil nya motor matic. Yamalube juga nggak nyebut gear matic nya pake kekentalan berapa. Mungkin suhu2 ada yg bisa menjelaskan.
Betul om, heran.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by MSU »

lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..

vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by MSU »

Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:51
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..

vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
30K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kan
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
Makin pusing kalo oli motor pake oli mobil (sesat) :big_peace:
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:44 jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
Setau saya, kapasitas oli gardan yamaha emang banyak rasa aka varian om. :big_biglaugh:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

Fertille wrote: Wed Sep 23, 2020 2:58
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
Makin pusing kalo oli motor pake oli mobil (sesat) :big_peace:
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:44 jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
Setau saya, kapasitas oli gardan yamaha emang banyak rasa aka varian om. :big_biglaugh:
ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:54
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:51
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..

vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
30K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kan
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
ocob
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 14, 2013 8:56

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by ocob »

waduhh..liat trit ini jadi inget oli gardan metik belum ganti2...
kalau saya biasanya diisi sisa oli mesin saja, beli oli mobil biasanya shell hx8, masuk 0,8 liter, sisanya buat gardan atau buat lumasin pagar rumah sama masukin genset
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 3:09
Fertille wrote: Wed Sep 23, 2020 2:58
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
Makin pusing kalo oli motor pake oli mobil (sesat) :big_peace:
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:44 jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
Setau saya, kapasitas oli gardan yamaha emang banyak rasa aka varian om. :big_biglaugh:
ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:54
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:51
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..

vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
30K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kan
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
Kebetulan kapasitas oli gardan saya 140ml om. Yamaha matic masih jaman jet fi :big_peace:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by yanuarra »

Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi :big_grin:
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu :big_grin:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by ricz »

nubie sih gak ambil pusing soal type oli gituan sih, pake yg ori aja trus gantinya tiap 2x ganti oli mesin (4000 km ato 6 bulan, mana yg tercapai dulu)

kalo ragu ato parno ya plgan dicepetin aja interval gantinya :mky_03:
2021 Fortuner VRZ
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

yanuarra wrote: Wed Sep 23, 2020 3:49 Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi :big_grin:
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu :big_grin:
om ganti sendiri kah? oli mesin dan gear?
pas cek oli gear nya, bening ga?
saya pernah ganti di 5k atau 7k-an, itu masi bening... walaupun ada gram sedikit. hahah
menurut saya sih overkill kalo dganti tiap 8k...
tapi pernah jg saya ganti di 10k, gramnya jg banyak.. haha
skrg sih sy sesuai buku serpis aja....

cuma pas banjir kmrn saya ganti tiap 2 minggu.. selama 6minggu...
abis itu belum ganti lg...
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by yanuarra »

Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 7:18
yanuarra wrote: Wed Sep 23, 2020 3:49 Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi :big_grin:
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu :big_grin:
om ganti sendiri kah? oli mesin dan gear?
pas cek oli gear nya, bening ga?
saya pernah ganti di 5k atau 7k-an, itu masi bening... walaupun ada gram sedikit. hahah
menurut saya sih overkill kalo dganti tiap 8k...
tapi pernah jg saya ganti di 10k, gramnya jg banyak.. haha
skrg sih sy sesuai buku serpis aja....

cuma pas banjir kmrn saya ganti tiap 2 minggu.. selama 6minggu...
abis itu belum ganti lg...
Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear :big_grin:

Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..

Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

yanuarra wrote: Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear :big_grin:

Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..

Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...

seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 9:40
yanuarra wrote: Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear :big_grin:

Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..

Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...

seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
Wah, gardan inreyen mungkin masih meninggalkan gram. Btw saya lupa jawab, oli mesin maupun oli gardan saya ganti sendiri :big_peace:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

Fertille wrote: Thu Sep 24, 2020 0:11
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 9:40
yanuarra wrote: Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear :big_grin:

Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..

Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...

seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
Wah, gardan inreyen mungkin masih meninggalkan gram. Btw saya lupa jawab, oli mesin maupun oli gardan saya ganti sendiri :big_peace:
nah itu om.. berarti pas inreyen, dalam 1k km pertama, selain kuras oli mesin jg harus kuras oli gear....
tp ini saya jarang diingetin ama ahass soal gear oil ini...
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

Poporing wrote: Fri Sep 25, 2020 7:44
Fertille wrote: Thu Sep 24, 2020 0:11
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 9:40

ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...

seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
Wah, gardan inreyen mungkin masih meninggalkan gram. Btw saya lupa jawab, oli mesin maupun oli gardan saya ganti sendiri :big_peace:
nah itu om.. berarti pas inreyen, dalam 1k km pertama, selain kuras oli mesin jg harus kuras oli gear....
tp ini saya jarang diingetin ama ahass soal gear oil ini...
Ideal nya memang 1000km pertama kuras semua oli sih om. Berlaku juga di R2 ato R4 :big_okay:
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Nugrohonug »

oli gardan motor matic sy selalu pake oli mtf GL4, hasilnya bersih nggak ada gram.
haddinen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Tue Dec 15, 2020 2:32
Location: Banjarbaru
Daily Vehicle: None

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by haddinen »

Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 3:09
Fertille wrote: Wed Sep 23, 2020 2:58
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:37 lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
Makin pusing kalo oli motor pake oli mobil (sesat) :big_peace:
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:44 jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
Setau saya, kapasitas oli gardan yamaha emang banyak rasa aka varian om. :big_biglaugh:
ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?
MSU wrote: Wed Sep 23, 2020 2:54
Poporing wrote: Wed Sep 23, 2020 2:51
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..

vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
30K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kan
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
Kalau maksudnya rusak itu gear rompal, atau patah sampai motor gak bisa jalan memang iya, sangat jarang.

Tapi kalau sering saya temui dijalanan motor yg mendengung berisik, yg mungkin oli transmisi nya gak pernah atau jarang diganti.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Fertille »

Nugrohonug wrote: Thu Oct 22, 2020 12:10 oli gardan motor matic sy selalu pake oli mtf GL4, hasilnya bersih nggak ada gram.
Saya saat ini rutin pakai Pertamin Rored MTF spesifikasi GL-4. Sejauh ini memang lebih senyap, tapi memang semenjak overhaul CVT, terutama ganti bagian gears set masih cukup terasa berisik.
haddinen wrote: Thu Dec 17, 2020 1:23 Kalau maksudnya rusak itu gear rompal, atau patah sampai motor gak bisa jalan memang iya, sangat jarang.

Tapi kalau sering saya temui dijalanan motor yg mendengung berisik, yg mungkin oli transmisi nya gak pernah atau jarang diganti.
Setahu saya, ada beberapa brand dan tipe yang memang gear nya "penyakitan". Terutama produk lawas nya. Itu memang berisik sekali sewaktu di gas ataupun lepas gas. Btw, konsumsi lendir untuk R2 nya apa aja om?
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by Poporing »

haddinen wrote: Thu Dec 17, 2020 1:23 Kalau maksudnya rusak itu gear rompal, atau patah sampai motor gak bisa jalan memang iya, sangat jarang.

Tapi kalau sering saya temui dijalanan motor yg mendengung berisik, yg mungkin oli transmisi nya gak pernah atau jarang diganti.
kalo dengung, bearing cvt atau puli belakang om yg lebih sering..
di salah satu merek sering banget puli blkg yg drat-nya dol.. jadi bunyi kresek2...
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!

Post by chaprizone »

Om yg ganti oli sendiri, oli bekasnya dibuang dimana ya? pengen juga nyoba DIY kecil2an, tp masih kepikiran buang limbah olinya gimana
:big_okay: