Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
dhannemon13
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 30 Jul 2021, 14:19
Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016

Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by dhannemon13 »

Ane ada Mio M3 tahun 2016 yang belakangan ini nganggur abis di rumah semenjak pandemi ini, biasanya hampir tiap hari keluar. Gaya make ane ya... Karena tinggal tarik gas mah, jadi putaran tengah-atas mulu kerja mesinnya. Dan, kalem, nyelip ane bukan ngugal yang membahayakan pengguna lain kok meskipun suka narik.

Udah make busi NGK G-Power Platinum (demi ngurangin intensitas penggantian + karena busi sebelumnya dari bengkel pinggir jalan dikasinya yang terlalu dingin (mati terus pas pagi-pagi kalau belum panas malah repot) aja, dan males buka-buka busi keseringan wkwkwk), dan sebelum pandemi rutin ganti Shell AX7 + selalu sekalian oli gardannya karena beli online murah banget paket AX7 + gardannya, mungkin sekarang belum ganti selama 2 siklus lah ya karena belum menyentuh 1000 KM penggunaan juga saking jarang dipake.

Kira-kira yang bisa ningkatin tarikan dari motor ane ini apa ya? Mungkin yang gak perlu melenceng dari OEM lah ya, karena ane gak begitu demen modif sampe aftermarket gitu, orang pemakaian harian doang. Yang ane dah tangkep selama ini sih, dikasi Pertamax 92 (pernah nyoba iseng yang Pertamax Turbo malah kurang narik dan boros, kegedean oktan emang) yang bakal langsung kerasa bedanya. Oli AX7 ini juga agak kerasa sih, cuma aja kerasa panas banget mesinnya. Mungkin sekalian nanya juga oli yang pas gantinya untuk motor ini apa kira-kira ya? Tertarik sama full syntetic kayak Shell Ultra sih, atau sekalian ngide oli sesat Fastron ijo? Nanya orang bengkel juga pernah sih, ganti injector punya Aerox, apa benar bisa ya?

Plus, penasaran. Pernah ke beres servis CVT (cuma ganti seal sama bersihin) perihal pas motor mau jalan dari berhenti, karena kadang suka ada getaran 'bbbrrttt' bentar gitu kalau mesinnya belum panas. Sempat ilang setelah servis, tapi kadang muncul lagi. Kira-kira problem dimana ya?
XS621
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 24 Mar 2015, 20:13

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by XS621 »

Paling gampang sih ganti roller. originalnya kan kalau ga salah 10gr, coba turun ke 8gr, mungkin pake punya xride. Kalau turun terlalu jauh (katakan jadi 7gr), biasanya harus dibantu bubut pulley, diperpanjang jalur rollernya.

Terkait injektor, dari pengalaman dulu di vario125 ganti injektor sih ga banyak pengaruh, karena sistem injeksinya closeloop, nanti di koreksi sendiri AFR nya, jadinya nggak bakal lebih basah spt ganti spuyer lbh besar klo di motor karbu (tolong dikoreksi kalau salah).

Dari segi oli, dulu sempat coba beragam oli, dari oli oem pabrikan, shell ax7, motul, fastron gold, q8 (semua oli buntut 30) rasanya sih nggak signifikan ya ke performa, lebih ke kehalusan mesin aja.

Motor std sih paling gampang itu ganti knalpot + ganti ecu (contoh: brt juken 5) + bubut pulley & ganti roller, diiringi tuning di atas mesin dyno. Mau lebih enak sih harus mulai nyentuh ganti cam, porting (di tune lagi ya).
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by martinnn »

Swap mesin aerox... 3 juta ngacir
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by doge »

sensible: ganti bpkb :big_slap:

rajin: swap mesin >=150cc dan ngepasin printilan"

tekun dan dermawan: bore up utik" cvt dll
:ngacir:
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by whitehorse4 »

Full upgrade cvt: Roller, per cvt, kampas ganda, per sentri , pulley, etc.
Kalau ada dana lebih bisa pasang cam racing, porting polish, naik kompresi
Lebih lagi? Bore up
dhannemon13
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 30 Jul 2021, 14:19
Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by dhannemon13 »

XS621 wrote: 30 Jul 2021, 15:38 Paling gampang sih ganti roller. originalnya kan kalau ga salah 10gr, coba turun ke 8gr, mungkin pake punya xride. Kalau turun terlalu jauh (katakan jadi 7gr), biasanya harus dibantu bubut pulley, diperpanjang jalur rollernya.
Kayaknya paling sensible inilah ya untuh ubahannya... Ndak mau terlalu melenceng dari bawaan pabrik soalnya :')
XS621 wrote: 30 Jul 2021, 15:38
Terkait injektor, dari pengalaman dulu di vario125 ganti injektor sih ga banyak pengaruh, karena sistem injeksinya closeloop, nanti di koreksi sendiri AFR nya, jadinya nggak bakal lebih basah spt ganti spuyer lbh besar klo di motor karbu (tolong dikoreksi kalau salah).
Wah, begitu ya? Masuk akal juga sih emang kalau memang gak dari ECU-nya yang diatur ulang lagi.
XS621 wrote: 30 Jul 2021, 15:38
Dari segi oli, dulu sempat coba beragam oli, dari oli oem pabrikan, shell ax7, motul, fastron gold, q8 (semua oli buntut 30) rasanya sih nggak signifikan ya ke performa, lebih ke kehalusan mesin aja.
Noted. Untuk urusan kehalusan + temperatur mesin ajasih ya (karena, lagi, AX7 panas tenan) mungkin sekarang kira-kira enak yang mana ya gan?
martinnn wrote: 31 Jul 2021, 09:13 Swap mesin aerox... 3 juta ngacir
doge wrote: 31 Jul 2021, 11:28 sensible: ganti bpkb :big_slap:

rajin: swap mesin >=150cc dan ngepasin printilan"

tekun dan dermawan: bore up utik" cvt dll
Hwalah repot lagi ngurusin surat-suratnya kalau ampe swap mesin wkwkw
Tapi emang kalau ada rezeki dah ya sepertinya mending geser ke 150cc aja sekalian. Dari dulu ngimpi Vixion/CB150R wkwkwk
whitehorse4 wrote: 31 Jul 2021, 14:52 Full upgrade cvt: Roller, per cvt, kampas ganda, per sentri , pulley, etc.
Kalau ada dana lebih bisa pasang cam racing, porting polish, naik kompresi
Lebih lagi? Bore up
Noted, kayaknya upgrade CVT yang lebih sensible lah ya. Gamau banyak oprek mesin soalnya apalagi ampe bore up :')
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by hackers11 »

Coba kontak tdr atau brt om. Siapa tau ada paket boreupnya.
Tdr lebih menarik karena biasanya ga upgrade ecu/piggy.
Pasang dan ngacir.
Fyi, saya pk xmax dan kemaren brorwup. Itu kepala piston meski motor baru 2 tahun dan 11rb km jorok bgt. Boreup jadi alasan bersih2 daleman mesin wkwkwk
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by fl4b1e »

kalau saya sih krn motor matic, meski belum ada 1000 km, tiap 3 bulan saya ganti oli. udah setahun sejak saya beli nih motor saya baru mau nyentuh 2000km.
Tiap hari minggu meski pandemi, saya usahakan bawa motor keliling2 komplek, kadang ngabisin bensin aja supaya bensin gak baai.

Takut aja olinya ngumpul di bawah. dan meski masih pakai oli yamalube pun( maklum masih garansi) kalau tiap 3 bulan ganti oli sih motor tetep enak.

ada temen saya ikut batasan kilometer (setiap 1200-1400km) baru ganti oli, pas saya cobain (beat), naikkan motor ga enak.

dan bener tuh, kalau mau modifikasi ringan ganti roller yang lebih ringan).. Tapi belum saya aplikasi kan di Lexi saya yaa..
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 09 Jan 2020, 12:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Kira-kira yang bisa dirubah dari Mio M3 untuk yang demen tarik troooooos

Post by hotoriii »

tarik teros nya berapa meter ini mas hehe, mio enak lho 200cc ke atas kalau tariknya jalan besar 400m up. saya awam tp pengalaman di rumah (di rumah banyak yg jiwa balap kelas desa & saya sering terpaksa pakai motor aneh2) kalau mau kencang tp ga mau bore up bisa port polish, noken / camshaft racing, ganti karbu / injektor, cdi / ecu racing unlimiter, gas kontan, ganti komposisi roller bisa ngefek tp kalau motor harian yg saya rasakan sebagai orang awam cm karakter tarikannya beda
dhannemon13 wrote: 30 Jul 2021, 14:50 Plus, penasaran. Pernah ke beres servis CVT (cuma ganti seal sama bersihin) perihal pas motor mau jalan dari berhenti, karena kadang suka ada getaran 'bbbrrttt' bentar gitu kalau mesinnya belum panas. Sempat ilang setelah servis, tapi kadang muncul lagi. Kira-kira problem dimana ya?
kalau ini dulu pernah punya vario mirip2 sperti ini sering gemetaran kalau mau jalan dari berhenti, selidik2 kombinasi antara vbelt nya minta adek (sudah mau putus) & full 1 cvt minta overhaul (intinya banyak part sdh ga presisi / aus jd sering2 slip). begitu ganti semua langsung normal
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post