ASK Suzuki Baleno HB matic
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
ASK Suzuki Baleno HB matic
Halo semuanya,
Belum lama ini saya meminang Baleno HB matic 2017 seken, dan ini adalah mobil matic pertama saya juga haha.. sebelumnya saya pakai Xenia MT. Jadi bener bener nol besar soal matic.
Mohon bantuannya supaya saya bisa lebih mengerti cara perawatan si Baleno HB ya para master sekalian...
Odo saat ini jalan 36.000 km, service record selalu bengkel resmi Suzuki, dan history saya cek di Suzuki pernah ganti oli matic pada kilometer 28.500 (september 2023).
Juga disarankan oleh beres Suzuki utk ganti aki dan shockbreaker belakang (rembes) namun pemilik sebelumnya blm melakukan penggantian.
Utk aki saya rasa tidak ada masalah, tinggal beli di Shop&Drive aman. Utk oli matic dan shock ini yg saya bingung..
Sempat chat sama SA nya beres, dan cost nya kok lumayan juga ternyata.
Shock ori belakang 2 pcs = 2.048.000 (blm disc 10%)
Jasa pasang = 550.000 (blm disc 15%)
Oli matic = 1.100.000 (5 L)
Berikut yg mau saya tanyakan:
1. Utk oli matic, ini sebenarnya inisiatif saya sendiri karena sudah jalan 2 tahun ya.. kalau utk km sebenarnya masih jarak 9000 km saja dari penggantian terakhir. Apakah saatnya diganti? Atau bahkan sampai perlu flushing? Ini agak aneh sih karena harga di invoice 2023 itu 128.000/liter. Kalau 5 L mestinya kisaran 700rb saja. Apakah estimasi 1,1jt itu berarti akan diflushing?
2. Masih oli matic, rekomendasi manual booknya AW-1. Tapi saya cek di invoice pas servis 28.500 km itu kok pakainya ATF 3317 ya?? Sama atau beda sih? Kalau beda, kenapa beres pakai ATF 3317?
3. Shock breaker mending ganti di beres atau di bengkel kaki kaki ya? Di Shop&Drive aja jasanya cuma 200rb lho.
4. Rekomendasi shock breaker yg bagus. Merk, tipe, dan kisaran harga nya. Sejauh ini browsing cuma KYB dan monroe OESpectrum.
Bagusan mana dibanding original Suzuki?
Demikian kira2 pertanyaan saya. Terima kasih banyak.
Mobil ini saya naikin tidak bermasalah, nyaman, transmisi lancar tidak ada jedug atau hentakan. Cuman ya kerasa banget lemot tarikannya, secara saya sebelumnya bawa manual satsetsatset digas dikit sudah njambak. Mungkin perkara kebiasaan saja kali ya? Di tol mau nyalip aja masih was was disruduk mobil dari belakang.
Belum lama ini saya meminang Baleno HB matic 2017 seken, dan ini adalah mobil matic pertama saya juga haha.. sebelumnya saya pakai Xenia MT. Jadi bener bener nol besar soal matic.
Mohon bantuannya supaya saya bisa lebih mengerti cara perawatan si Baleno HB ya para master sekalian...
Odo saat ini jalan 36.000 km, service record selalu bengkel resmi Suzuki, dan history saya cek di Suzuki pernah ganti oli matic pada kilometer 28.500 (september 2023).
Juga disarankan oleh beres Suzuki utk ganti aki dan shockbreaker belakang (rembes) namun pemilik sebelumnya blm melakukan penggantian.
Utk aki saya rasa tidak ada masalah, tinggal beli di Shop&Drive aman. Utk oli matic dan shock ini yg saya bingung..
Sempat chat sama SA nya beres, dan cost nya kok lumayan juga ternyata.
Shock ori belakang 2 pcs = 2.048.000 (blm disc 10%)
Jasa pasang = 550.000 (blm disc 15%)
Oli matic = 1.100.000 (5 L)
Berikut yg mau saya tanyakan:
1. Utk oli matic, ini sebenarnya inisiatif saya sendiri karena sudah jalan 2 tahun ya.. kalau utk km sebenarnya masih jarak 9000 km saja dari penggantian terakhir. Apakah saatnya diganti? Atau bahkan sampai perlu flushing? Ini agak aneh sih karena harga di invoice 2023 itu 128.000/liter. Kalau 5 L mestinya kisaran 700rb saja. Apakah estimasi 1,1jt itu berarti akan diflushing?
2. Masih oli matic, rekomendasi manual booknya AW-1. Tapi saya cek di invoice pas servis 28.500 km itu kok pakainya ATF 3317 ya?? Sama atau beda sih? Kalau beda, kenapa beres pakai ATF 3317?
3. Shock breaker mending ganti di beres atau di bengkel kaki kaki ya? Di Shop&Drive aja jasanya cuma 200rb lho.
4. Rekomendasi shock breaker yg bagus. Merk, tipe, dan kisaran harga nya. Sejauh ini browsing cuma KYB dan monroe OESpectrum.
Bagusan mana dibanding original Suzuki?
Demikian kira2 pertanyaan saya. Terima kasih banyak.
Mobil ini saya naikin tidak bermasalah, nyaman, transmisi lancar tidak ada jedug atau hentakan. Cuman ya kerasa banget lemot tarikannya, secara saya sebelumnya bawa manual satsetsatset digas dikit sudah njambak. Mungkin perkara kebiasaan saja kali ya? Di tol mau nyalip aja masih was was disruduk mobil dari belakang.
-
rakyatwkwkland
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 907
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Oli maticnya mahal juga ya itu di quote nya? Ane biasa ganti oli matic di ertiga kena masih di angka psikologis 100 rban per liternya. Cuma emang abis mau 10 literan biasanya makanya bisa kena sampe sejuta juga.
Baleno ini kayanya maticnya sama kaya ertiga ya? Yang bener emang pake AW-1. Kalo pake 3317 ngawur itu servis sblmnya, krn setau ane yg pake 3317 itu kaya APV. Dulu di forum sebelah di trit yg bahas ertiga suka diwanti2 kalo jgn sampe salah isi 3317, takutnya transmisinya mrotol. Yaudah pas nih TS juga udah 2 tahun kan record mobilnya ganti oli matic sebelumnya, sekalian dikuras aja isiin yg bener pake AW-1.
Kebetulan besok banget nih pas ane juga mau ganti oli matic, nanti ane coba report di invoice kenanya brp.
Baleno ini kayanya maticnya sama kaya ertiga ya? Yang bener emang pake AW-1. Kalo pake 3317 ngawur itu servis sblmnya, krn setau ane yg pake 3317 itu kaya APV. Dulu di forum sebelah di trit yg bahas ertiga suka diwanti2 kalo jgn sampe salah isi 3317, takutnya transmisinya mrotol. Yaudah pas nih TS juga udah 2 tahun kan record mobilnya ganti oli matic sebelumnya, sekalian dikuras aja isiin yg bener pake AW-1.
Kebetulan besok banget nih pas ane juga mau ganti oli matic, nanti ane coba report di invoice kenanya brp.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Wew... Saya ga tau pastinya dari bawaan pabriknya udah dicekokin ATF 3317 atau pas km 28.500 itu. Wong pemiliknya cewe, pasti ya taunya servis bawa ke bengkel resmi aja.. Ya salah saya juga ga punya knowledge atau ga research detail pas beli.
Btw dari 3317 ke AW1 itu mesti flushing ya pak? Atau cukup di tap saja.
Besok coba saya WA lagi si SA nya, apakah oli yg 1,1 jt itu tipenya AW1 atau bukan. Termasuk flushing juga apa nggak tuh.
Btw dari 3317 ke AW1 itu mesti flushing ya pak? Atau cukup di tap saja.
Besok coba saya WA lagi si SA nya, apakah oli yg 1,1 jt itu tipenya AW1 atau bukan. Termasuk flushing juga apa nggak tuh.
-
zonepublic
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1166
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Berikut yg mau saya tanyakan:Kloponom wrote: Fri Dec 12, 2025 14:27 Halo semuanya,
Belum lama ini saya meminang Baleno HB matic 2017 seken, dan ini adalah mobil matic pertama saya juga haha.. sebelumnya saya pakai Xenia MT. Jadi bener bener nol besar soal matic.
Mohon bantuannya supaya saya bisa lebih mengerti cara perawatan si Baleno HB ya para master sekalian...
Odo saat ini jalan 36.000 km, service record selalu bengkel resmi Suzuki, dan history saya cek di Suzuki pernah ganti oli matic pada kilometer 28.500 (september 2023).
Juga disarankan oleh beres Suzuki utk ganti aki dan shockbreaker belakang (rembes) namun pemilik sebelumnya blm melakukan penggantian.
Utk aki saya rasa tidak ada masalah, tinggal beli di Shop&Drive aman. Utk oli matic dan shock ini yg saya bingung..
Sempat chat sama SA nya beres, dan cost nya kok lumayan juga ternyata.
Shock ori belakang 2 pcs = 2.048.000 (blm disc 10%)
Jasa pasang = 550.000 (blm disc 15%)
Oli matic = 1.100.000 (5 L)
1.ukurannya bukan cuma jarak tapi juga waktu,kalau penggantian oli matic sebelumnya sudah 2 tahun lebih ga masalah klo diganti kalau 5 liter sebenernya cuma ganti biasa belum flushing tapi cukup bersih kok buat penggantian oli matic berkala,memang kalo pake atf changer pake olinya agak banyak kalau di luaran ada bengkel yang bisa ganti oli matic secara manual cuma butuh 3 liter aja,klo flushing bisa 8-12 liter klo soal harga oli matic 3317 seingat saya murah ga sampe 100ribu per liter karena matic tua,tapi wajar klo bengkel resmi jual lebih mahal
2. atf 3317 sebenernya oli matic lama dipakai di matic innova gen 1 tua juga yang masih 4 speed,tapi balik lagi tipe maticnya apa kalo memang bisa 3317 tidak harus pake AW1,kalo ga salah maticnya suzuki cuma 4 speed kalau tidak ada perkembangan berarti masih pake matic aisin lama sejak taun 2000an sama dengan matic yang dipake sejak suzuki aerio,splash,swift,ertiga
3.ya kalau di beres memang lebih mahal sedikit ongkosnya,boleh sih beli shocknya di bengkel resmi supaya dapat unit original ntar pasang di luar
4. bagus itu relatif,billstein yang katanya bagus belum tentu cocok buat anda karena beda merk beda karakter,saya sendiri kemarin ganti originalnya karena setelah research bantingan bilstein terkenal sangat keras dan banyak bengkel kaki2 tidak merekomendasikan karena terlalu keras untuk mobil harian kalau bagus banyak,dari kyb,tokico,showa ,cari info aja dulu bantingan seperti apa yang anda inginkan kalau suzuki biasanya pake merk monroe deh murah sih harga orinya 750ribuan /pcs memang monroe terkenal umurnya pendek dan sering rembes tapi klo diler resmi jual 1 jutaan /pcs lebih dikit wajar karena barang ori btw saran saya ganti karet tatakan dan supportnya sekalian untuk shockbreaker belakang biar ga 2x kerja karena resiko karet support keras dan pecah nantinya
yah matic memang gitu apalagi matic 4 speed buat mesin K14bnya suzuki yang tenaganya kecil emang cuma segitu kemampuan maksimalnya bisa diakalin dengan modif mesin,full exhaust system dan intake system karena maticnya klo ga salah cukup kuat kok,anda ga bisa bandingin sama mesin k3-denya daihatsu yang memang torsinya di putaran bawah,karakter mesin k14b suzuki ga sebagus itu torsi bawahnya mana tenaga juga kecil karena memang dia fokus di efisiensi bahan bakar
-
X252
- New Member of Senior Mechanic

- Posts: 173
- Joined: Thu May 08, 2025 23:22
- Location: Balikpapan
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Matic Suzuki memang begitu kemampuannya, karena fokus di efisiensi bahan bakar. Cuma untuk mesin masih mendingan K15B daripada yang K14B ya, tenaganya ada sedikit di putaran bawah.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Iya dia masih 4AT konvensional pak.zonepublic wrote: Fri Dec 12, 2025 17:53Berikut yg mau saya tanyakan:Kloponom wrote: Fri Dec 12, 2025 14:27 Halo semuanya,
Belum lama ini saya meminang Baleno HB matic 2017 seken, dan ini adalah mobil matic pertama saya juga haha.. sebelumnya saya pakai Xenia MT. Jadi bener bener nol besar soal matic.
Mohon bantuannya supaya saya bisa lebih mengerti cara perawatan si Baleno HB ya para master sekalian...
Odo saat ini jalan 36.000 km, service record selalu bengkel resmi Suzuki, dan history saya cek di Suzuki pernah ganti oli matic pada kilometer 28.500 (september 2023).
Juga disarankan oleh beres Suzuki utk ganti aki dan shockbreaker belakang (rembes) namun pemilik sebelumnya blm melakukan penggantian.
Utk aki saya rasa tidak ada masalah, tinggal beli di Shop&Drive aman. Utk oli matic dan shock ini yg saya bingung..
Sempat chat sama SA nya beres, dan cost nya kok lumayan juga ternyata.
Shock ori belakang 2 pcs = 2.048.000 (blm disc 10%)
Jasa pasang = 550.000 (blm disc 15%)
Oli matic = 1.100.000 (5 L)
1.ukurannya bukan cuma jarak tapi juga waktu,kalau penggantian oli matic sebelumnya sudah 2 tahun lebih ga masalah klo diganti kalau 5 liter sebenernya cuma ganti biasa belum flushing tapi cukup bersih kok buat penggantian oli matic berkala,memang kalo pake atf changer pake olinya agak banyak kalau di luaran ada bengkel yang bisa ganti oli matic secara manual cuma butuh 3 liter aja,klo flushing bisa 8-12 liter klo soal harga oli matic 3317 seingat saya murah ga sampe 100ribu per liter karena matic tua,tapi wajar klo bengkel resmi jual lebih mahal
2. atf 3317 sebenernya oli matic lama dipakai di matic innova gen 1 tua juga yang masih 4 speed,tapi balik lagi tipe maticnya apa kalo memang bisa 3317 tidak harus pake AW1,kalo ga salah maticnya suzuki cuma 4 speed kalau tidak ada perkembangan berarti masih pake matic aisin lama sejak taun 2000an sama dengan matic yang dipake sejak suzuki aerio,splash,swift,ertiga
3.ya kalau di beres memang lebih mahal sedikit ongkosnya,boleh sih beli shocknya di bengkel resmi supaya dapat unit original ntar pasang di luar
4. bagus itu relatif,billstein yang katanya bagus belum tentu cocok buat anda karena beda merk beda karakter,saya sendiri kemarin ganti originalnya karena setelah research bantingan bilstein terkenal sangat keras dan banyak bengkel kaki2 tidak merekomendasikan karena terlalu keras untuk mobil harian kalau bagus banyak,dari kyb,tokico,showa ,cari info aja dulu bantingan seperti apa yang anda inginkan kalau suzuki biasanya pake merk monroe deh murah sih harga orinya 750ribuan /pcs memang monroe terkenal umurnya pendek dan sering rembes tapi klo diler resmi jual 1 jutaan /pcs lebih dikit wajar karena barang ori btw saran saya ganti karet tatakan dan supportnya sekalian untuk shockbreaker belakang biar ga 2x kerja karena resiko karet support keras dan pecah nantinya
yah matic memang gitu apalagi matic 4 speed buat mesin K14bnya suzuki yang tenaganya kecil emang cuma segitu kemampuan maksimalnya bisa diakalin dengan modif mesin,full exhaust system dan intake system karena maticnya klo ga salah cukup kuat kok,anda ga bisa bandingin sama mesin k3-denya daihatsu yang memang torsinya di putaran bawah,karakter mesin k14b suzuki ga sebagus itu torsi bawahnya mana tenaga juga kecil karena memang dia fokus di efisiensi bahan bakar
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Ga osa flushing, tap biasa aja.
kalau shock + oli matic terasa terlalu mahal ya tinggal beli merk aftermarket aja, paling setengah harga bengkel resmi.
kalau shock + oli matic terasa terlalu mahal ya tinggal beli merk aftermarket aja, paling setengah harga bengkel resmi.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
3317 ke AW1 bisa ya tanpa flushing mesin?sintoni wrote: Sat Dec 13, 2025 1:29 Ga osa flushing, tap biasa aja.
kalau shock + oli matic terasa terlalu mahal ya tinggal beli merk aftermarket aja, paling setengah harga bengkel resmi.
Lha itu masalahnya, beli online saya ga tau merk yg mana yg cocok tanpa perlu ngakal ngakal pak. Carinya sih yg empuk utk pemakaian harian dalkot saja, mudik juga setahun sekali itupun ngetol. Ada di toko ijo monroe 1,2 jt sepasang.
Kalau oli kemarin sempat tanya di Shop&Drive juga, merk shell spirax 6, tapi penjelasan mas nya kayaknya gak meyakinkan. Jadi ragu. Mungkin ada rekomendasi pak?
-
azu
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1216
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Ertiga itu awal mula Suzuki pakai AW-1, karena transmisi matic Suzuki sebelumnya pakai 3317 semua. Kasus ini mirip jaman Jazz GD yg dipakein ATF padahal specnya harus CVTF tapi tidak semua Beres/Mekanik copy. Makanya banyak kasus Ertiga salah isi ATF.
Kalau sebelumnya diisi 3317, saran saya flushing aja om sekalian.
Untuk shockbreaker kalaunori pastinsudah satu set dengan stopper om. Kalau mau lebih murah, beli shocknya di toko parts spesialis suzuki ataupun BeRes, pasangnya di bengkel luaran. Ganti shock belakang jasanya di luaran paling mahal 200-300an.
Kalau sebelumnya diisi 3317, saran saya flushing aja om sekalian.
Untuk shockbreaker kalaunori pastinsudah satu set dengan stopper om. Kalau mau lebih murah, beli shocknya di toko parts spesialis suzuki ataupun BeRes, pasangnya di bengkel luaran. Ganti shock belakang jasanya di luaran paling mahal 200-300an.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
3317 sama AW1 ini sama2 oli matic ya? Bukan CVT ya? Kalau ane sih tap aja, kalau misal mau aman ya tap 2x, tapi kalau tap 1x sudah keluar 60-70% kapasitas ya sekali aja kalau ane.Kloponom wrote: Sat Dec 13, 2025 1:44 3317 ke AW1 bisa ya tanpa flushing mesin?
Lha itu masalahnya, beli online saya ga tau merk yg mana yg cocok tanpa perlu ngakal ngakal pak. Carinya sih yg empuk utk pemakaian harian dalkot saja, mudik juga setahun sekali itupun ngetol. Ada di toko ijo monroe 1,2 jt sepasang.
Kalau oli kemarin sempat tanya di Shop&Drive juga, merk shell spirax 6, tapi penjelasan mas nya kayaknya gak meyakinkan. Jadi ragu. Mungkin ada rekomendasi pak?
Kalau mau empuk coba cari Jamex JX, yang bodi hitam, orang2 ngmg itu lebih empuk dibanding yg bodi silver. Atau coba cari merk Tokico biasa oke empuk.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Update hari ini:
1. SA Suzuki via WA (2 beres yg berbeda lokasi) sama-sama menjawab harusnya oli matic pakai AW1. Harga 137rb per botol, butuhnya 6-8 L dan disarankan flushing. Saya hitung 1.096.000 dibulatin jadi 1.100.000 cocok sama quotation kemarin. Salah satu SA bilang kalau 3317 bisa dipakai dan selama ini tidak masalah. Tapi anggap saja case closed. Saya mau balikin ke AW1 saja sesuai rekomen kitab manual.
2. Utk shockbreaker belakang, di beres yg satunya jasa pasang lebih murah cuman 250.000 saja. Harga sparepart sama.
3. Seperti masukan dari pak ZoneRepublic, saya tanyain tuh karet tatakan dan support nya. SA Suzuki jawab kalau beli ori part dapat lengkap 1 set, persis seperti yg dikatakan pak Azu. Cuman saya sebenarnya ga tau karet bantalan dan support yg dimaksud itu yang bentuknya bagaimana. Saya sudah screenshot gambar montase sparepart dari web Suzuki (ada nomer part nya), tapi cara attach picture di sini gimana ya haha... Ga ketemu. Kalau ada yg kasih tau caranya, ntar saya posting foto nya. Minta tolong tunjukin yg nomer berapa. 4. Sempat chat di toko online, toko sparepart resmi khusus Suzuki. Saya tanya shock ori SGP ini sama monroe beda ga? Dijawab: ini sama-sama merknya monroe juga, tapi monroe asli SGP beda kualitasnya dengan monroe yg pakai dus monroe biasa. Ada harga ada kualitas. Valid gak ini?
5. Yg terakhir chat sama seller monroe dus monroe, harga 1,1 jt sepasang. Dia bilang stopper dalam sudah terpasang. Bantalan shock dapat 1 pc dari monroe nya. Jadi kurang 1 pc lagi. Kok aneh ini...
1. SA Suzuki via WA (2 beres yg berbeda lokasi) sama-sama menjawab harusnya oli matic pakai AW1. Harga 137rb per botol, butuhnya 6-8 L dan disarankan flushing. Saya hitung 1.096.000 dibulatin jadi 1.100.000 cocok sama quotation kemarin. Salah satu SA bilang kalau 3317 bisa dipakai dan selama ini tidak masalah. Tapi anggap saja case closed. Saya mau balikin ke AW1 saja sesuai rekomen kitab manual.
2. Utk shockbreaker belakang, di beres yg satunya jasa pasang lebih murah cuman 250.000 saja. Harga sparepart sama.
3. Seperti masukan dari pak ZoneRepublic, saya tanyain tuh karet tatakan dan support nya. SA Suzuki jawab kalau beli ori part dapat lengkap 1 set, persis seperti yg dikatakan pak Azu. Cuman saya sebenarnya ga tau karet bantalan dan support yg dimaksud itu yang bentuknya bagaimana. Saya sudah screenshot gambar montase sparepart dari web Suzuki (ada nomer part nya), tapi cara attach picture di sini gimana ya haha... Ga ketemu. Kalau ada yg kasih tau caranya, ntar saya posting foto nya. Minta tolong tunjukin yg nomer berapa. 4. Sempat chat di toko online, toko sparepart resmi khusus Suzuki. Saya tanya shock ori SGP ini sama monroe beda ga? Dijawab: ini sama-sama merknya monroe juga, tapi monroe asli SGP beda kualitasnya dengan monroe yg pakai dus monroe biasa. Ada harga ada kualitas. Valid gak ini?
5. Yg terakhir chat sama seller monroe dus monroe, harga 1,1 jt sepasang. Dia bilang stopper dalam sudah terpasang. Bantalan shock dapat 1 pc dari monroe nya. Jadi kurang 1 pc lagi. Kok aneh ini...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Kloponom on Sat Dec 13, 2025 10:59, edited 1 time in total.
-
zonepublic
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1166
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
ya ini semua lah pokoknya kecuali no 5 tidak mutlak diperlukan ganti kalo ga dipotong/sudah loyo renggangan pernya,namanya shockbreaker assy itu satu paket biasanya dealer resmi jualnya,klo di luar bengkel resmi diecerKloponom wrote: Sat Dec 13, 2025 10:43 Update hari ini:
3. Seperti masukan dari pak ZoneRepublic, saya tanyain tuh karet tatakan dan support nya. SA Suzuki jawab kalau beli ori part dapat lengkap 1 set, persis seperti yg dikatakan pak Azu. Cuman saya sebenarnya ga tau karet bantalan dan support yg dimaksud itu yang bentuknya bagaimana. Saya sudah screenshot gambar montase sparepart dari web Suzuki (ada nomer part nya), tapi cara attach picture di sini gimana ya haha... Ga ketemu. Kalau ada yg kasih tau caranya, ntar saya posting foto nya. Minta tolong tunjukin yg nomer berapa.
IMG_20251213_175741.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by zonepublic on Sat Dec 13, 2025 11:31, edited 1 time in total.
-
marmut
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 12017
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
anak ingusan kemaren sore cuma mau kasih masukan :
1. dimanapun ganti atf-nya, pastikan fine tuning supaya volumenya pas nggak lebih nggak kurang.
2. dimanapun pasang sobleker, pastikan mur baut dikencengin sesuai spek pabrik menggunakan alat semestinya.
maap kalo sotoy.
-
Lukayst
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 62
- Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
- Location: Sumatra selatan
- Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Malem OmKloponom wrote: Fri Dec 12, 2025 14:27 Halo semuanya,
Belum lama ini saya meminang Baleno HB matic 2017 seken, dan ini adalah mobil matic pertama saya juga haha.. sebelumnya saya pakai Xenia MT. Jadi bener bener nol besar soal matic.
Mohon bantuannya supaya saya bisa lebih mengerti cara perawatan si Baleno HB ya para master sekalian...
Odo saat ini jalan 36.000 km, service record selalu bengkel resmi Suzuki, dan history saya cek di Suzuki pernah ganti oli matic pada kilometer 28.500 (september 2023).
Juga disarankan oleh beres Suzuki utk ganti aki dan shockbreaker belakang (rembes) namun pemilik sebelumnya blm melakukan penggantian.
Utk aki saya rasa tidak ada masalah, tinggal beli di Shop&Drive aman. Utk oli matic dan shock ini yg saya bingung..
Sempat chat sama SA nya beres, dan cost nya kok lumayan juga ternyata.
Shock ori belakang 2 pcs = 2.048.000 (blm disc 10%)
Jasa pasang = 550.000 (blm disc 15%)
Oli matic = 1.100.000 (5 L)
Berikut yg mau saya tanyakan:
1. Utk oli matic, ini sebenarnya inisiatif saya sendiri karena sudah jalan 2 tahun ya.. kalau utk km sebenarnya masih jarak 9000 km saja dari penggantian terakhir. Apakah saatnya diganti? Atau bahkan sampai perlu flushing? Ini agak aneh sih karena harga di invoice 2023 itu 128.000/liter. Kalau 5 L mestinya kisaran 700rb saja. Apakah estimasi 1,1jt itu berarti akan diflushing?
2. Masih oli matic, rekomendasi manual booknya AW-1. Tapi saya cek di invoice pas servis 28.500 km itu kok pakainya ATF 3317 ya?? Sama atau beda sih? Kalau beda, kenapa beres pakai ATF 3317?
3. Shock breaker mending ganti di beres atau di bengkel kaki kaki ya? Di Shop&Drive aja jasanya cuma 200rb lho.
4. Rekomendasi shock breaker yg bagus. Merk, tipe, dan kisaran harga nya. Sejauh ini browsing cuma KYB dan monroe OESpectrum.
Bagusan mana dibanding original Suzuki?
Demikian kira2 pertanyaan saya. Terima kasih banyak.
Mobil ini saya naikin tidak bermasalah, nyaman, transmisi lancar tidak ada jedug atau hentakan. Cuman ya kerasa banget lemot tarikannya, secara saya sebelumnya bawa manual satsetsatset digas dikit sudah njambak. Mungkin perkara kebiasaan saja kali ya? Di tol mau nyalip aja masih was was disruduk mobil dari belakang.
Mengenai shock, bisa baca thread dari Om Zonerepublik, disitu dijabarkan karakter tiap merk shock (pros & cons) tapi mobil nya innova,
Utk flush oli transmisi, saya gak sependapat harus flush, karena kandungan flush ini keras Om,
Coba Om tanya2 bengkel non resmi di kota Om,
2nd opinion lah kira2,
Pasti ada 1-2 bengkel non- resmi yg proper, yg gak cannon part.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
[/quote]
Malem Om
Mengenai shock, bisa baca thread dari Om Zonerepublik, disitu dijabarkan karakter tiap merk shock (pros & cons) tapi mobil nya innova,
Utk flush oli transmisi, saya gak sependapat harus flush, karena kandungan flush ini keras Om,
Coba Om tanya2 bengkel non resmi di kota Om,
2nd opinion lah kira2,
Pasti ada 1-2 bengkel non- resmi yg proper, yg gak cannon part.
[/quote]
Bahaya gimana maksudnya pak? Bukan cuma bilas bilas pakai oli baru yg disirkulasi dengan mesin khusus ya?
Seumpama di tap manual, bisa kosong bersih apa nggak ya pak? Lalu seandainya ga bisa bersih (masih nyisa), apa resiko nya kalau AW1 yg masuk bercampur dengan sisa 3317 di dalam transmisi?
Mrotoli, macet, atau bagaimana ya?
Malem Om
Mengenai shock, bisa baca thread dari Om Zonerepublik, disitu dijabarkan karakter tiap merk shock (pros & cons) tapi mobil nya innova,
Utk flush oli transmisi, saya gak sependapat harus flush, karena kandungan flush ini keras Om,
Coba Om tanya2 bengkel non resmi di kota Om,
2nd opinion lah kira2,
Pasti ada 1-2 bengkel non- resmi yg proper, yg gak cannon part.
[/quote]
Bahaya gimana maksudnya pak? Bukan cuma bilas bilas pakai oli baru yg disirkulasi dengan mesin khusus ya?
Seumpama di tap manual, bisa kosong bersih apa nggak ya pak? Lalu seandainya ga bisa bersih (masih nyisa), apa resiko nya kalau AW1 yg masuk bercampur dengan sisa 3317 di dalam transmisi?
Mrotoli, macet, atau bagaimana ya?
-
zonepublic
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1166
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Kayanya salah paham bro lukayst dikira pake cairan engine flush mungkinKloponom wrote: Sun Dec 14, 2025 4:02
Bahaya gimana maksudnya pak? Bukan cuma bilas bilas pakai oli baru yg disirkulasi dengan mesin khusus ya?
Seumpama di tap manual, bisa kosong bersih apa nggak ya pak? Lalu seandainya ga bisa bersih (masih nyisa), apa resiko nya kalau AW1 yg masuk bercampur dengan sisa 3317 di dalam transmisi?
Mrotoli, macet, atau bagaimana ya?
Oli matic flushnya beda,bisa pake atf changer/metode manual,cuma klo flush butuh oli lebih banyak karena bener2 nguras bersih,kalo metode manual 8-10 liter kalo pake atf changer bisa 10-14 liter klo buat flush oli matic,kalo flush oli matic jangan dikosongin sampe kosong oli maticnya karena bukan gitu cara ngeflush oli matic konvensional beda sama oli mesin,ntah kalo cvt
-
rakyatwkwkland
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 907
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Seperti yg om bilang di bawah bener itu pasti udah flushing pakai atf changer. Ane kemarin di ertiga abis 10 liter. Kalo di tap doang buat ertiga paling cuma kena 3-4 liter aja. Pakai ecstar AW-1 kena 123 rb seliter blm ppn. Jasa kena 450 rb blm ppn juga. Kalau mau ganti di beres jgn lupa booking service karena biasanya dapet diskon part dan material 10% kalo booking service. Bahkan ane kemarin SA nya tak cong tepu2 dikit jasanya juga jadi ikutan diskon 10%Kloponom wrote: Fri Dec 12, 2025 16:53 Wew... Saya ga tau pastinya dari bawaan pabriknya udah dicekokin ATF 3317 atau pas km 28.500 itu. Wong pemiliknya cewe, pasti ya taunya servis bawa ke bengkel resmi aja.. Ya salah saya juga ga punya knowledge atau ga research detail pas beli.
Btw dari 3317 ke AW1 itu mesti flushing ya pak? Atau cukup di tap saja.
Besok coba saya WA lagi si SA nya, apakah oli yg 1,1 jt itu tipenya AW1 atau bukan. Termasuk flushing juga apa nggak tuh.
Oh ya buat matic kalo berasa lemot, tangan kiri pastikan aktif buat mainin tuas transmisi. Itu ada tombol o/d off, gigi 2, sampai L itu harus dimanfaatkan dengan maksimal. Karena matic 4at nya suzuki ini menurut ane bukan lemot dalam hal penyaluran tenaganya, tapi lebih ke lola aja. Kadang kita udah ngebejek pedal gas tapi dia kaya butuh loading 2-3 detik dulu buat nurunin gigi. Kalo gigi udah turun mah mobil tetep bakal ngacir.
-
Kloponom
- Visitor

- Posts: 6
- Joined: Fri Dec 12, 2025 13:13
- Location: Jawa timur
- Daily Vehicle: Xenia
Re: ASK Suzuki Baleno HB matic
Lha ini cocok nih uk referensi habis ganti shock belakang.rakyatwkwkland wrote: Sun Dec 14, 2025 14:26Seperti yg om bilang di bawah bener itu pasti udah flushing pakai atf changer. Ane kemarin di ertiga abis 10 liter. Kalo di tap doang buat ertiga paling cuma kena 3-4 liter aja. Pakai ecstar AW-1 kena 123 rb seliter blm ppn. Jasa kena 450 rb blm ppn juga. Kalau mau ganti di beres jgn lupa booking service karena biasanya dapet diskon part dan material 10% kalo booking service. Bahkan ane kemarin SA nya tak cong tepu2 dikit jasanya juga jadi ikutan diskon 10%Kloponom wrote: Fri Dec 12, 2025 16:53 Wew... Saya ga tau pastinya dari bawaan pabriknya udah dicekokin ATF 3317 atau pas km 28.500 itu. Wong pemiliknya cewe, pasti ya taunya servis bawa ke bengkel resmi aja.. Ya salah saya juga ga punya knowledge atau ga research detail pas beli.
Btw dari 3317 ke AW1 itu mesti flushing ya pak? Atau cukup di tap saja.
Besok coba saya WA lagi si SA nya, apakah oli yg 1,1 jt itu tipenya AW1 atau bukan. Termasuk flushing juga apa nggak tuh.mayan kebetulan kemarin jg sekalian jajan shock belakang dan engine mounting.
Oh ya buat matic kalo berasa lemot, tangan kiri pastikan aktif buat mainin tuas transmisi. Itu ada tombol o/d off, gigi 2, sampai L itu harus dimanfaatkan dengan maksimal. Karena matic 4at nya suzuki ini menurut ane bukan lemot dalam hal penyaluran tenaganya, tapi lebih ke lola aja. Kadang kita udah ngebejek pedal gas tapi dia kaya butuh loading 2-3 detik dulu buat nurunin gigi. Kalo gigi udah turun mah mobil tetep bakal ngacir.
Ganti hidrolisnya saja atau set pak? Kalau set dapatnya apa saja ya?
Mungkin bisa pakai foto parts saya diatas supaya saya gampang paham. Rencana sabtu besok sih mau ganti shock+oli trans.
Jasa 450 itu sudah termasuk semuanya?
Utk lemotnya, saya rasa mungkin cuman masalah "shifting period" saja dari saya yg user manual ke matic pak. Setelah lebih berani nginjek pedal agak lebih dalam ternyata asyik juga kok. O iya pedal gas nya agak berat/lebih ngelawan dibanding xenia, bisa jadi faktor itu juga pengaruh. Ditowel dikit ga terlalu respon. Soal tombol O/D saya juga sudah paham, aman pak. Irit lah angka MID bisa 15-16 dalkot.
Kalau boleh tau, servis kemarin totalnya habis berapa?
Lho bapak flushing apa karena sebelumnya pakai 3317 juga?

