Koleksi hand tools [Part 07]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: Thu Sep 16, 2021 13:23
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41 yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.

tp kl utk map sensor mending pakai crc maf sensor cleaner. semua sensor mending pake ini secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.
lupa pernah baca dimana, MAF / MAP Sensor cleaner itu isinya mirip Contact Cleaner karena cleaner yg tidak menyisakan residue, ga kaya carburateur atau brake cleaner yg biasanya ada residue solvent. tapi ada yg bilang lagi tetep jangan pake contact cleaner karena contact cleaner itu kan pake gas CO yg menyisakan kelembaban karena dingin banget. malah ada yg komen lagi: jangan dikutak katik, kecuali umurnya sudah panjang banget dan punya akses ke service manual buat cek MAF/MAP status yg biasanya njelimet karena mainannya micro volt juga ada faktor suhu, oksigen, bla2.. yg intinya kalau kata mekanik asem reges, ganti aja mbah :big_biglaugh:
iya emang mirip2 tuh bertiga. contact cleaner paling cepet nguap, abis itu maf cleaner, terakhir paling agak tahan lama brake cleaner meski ga lama2 juga.

kelembaban itu bisa terjadi kl ga ditiup angin kompresor mbah. kl ditiup pelaan aja biasanya ga ngembun, atau embunnya juga kebawa sm tiupan angin. kl lembab dikit2 ga akan jd problem kok, sebab bayangin kl mobil cold start di winter itu sensor juga bakal basah kena udara yg masuk air filter duct. emang udah didesain bisa handle some moisture.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
k1493nk wrote: Thu Sep 16, 2021 13:19 Iya mbah sayang blm punya alatnya, dastek (atau piggy back lainnya) kan pada dasarnya hanya memanipulasi bacaan dari sensor2 tersebut. Yg sudah sy lakukan baru manipulasi maf sensor (ini cukup mudah, cukup menutup lobang kecil di ujung maf sensor) trus manipulasi fuel rail pressure (pakai voltage pull down dengan resistor 10k). Yg map juga sudah sy kasih pull-down pakai resistor 1k atau 800ohm lupa. Untuk yg map masih blm yakin aja. Maka saya tanya disini barang kali ada yg tau.
so far gimana, ada perubahan? barangkali nambah 20hp hehehe .... cheap option cuma beli resistor mbah.

sy jujur aja belom pernah ngutak ngatik, dan ga ada niat ngutak ngatik itu. tp yg sy tau ecu jg menganggap seluruh sensor tsb sbg backup redundancy kl ada yg ga berfungsi baik atau kasih false reading. jd misalnya map dia anggap ga matching dgn range value yg diharapkannya (krn dipasangin resistor tadi) ecu akan omit data map tsb dan cuma rely on data dr sensor lainnya spt maf n throttle position. bedanya dgn piggy mungkin krn mrk memanipulasi secara bersamaan (dan mungkin dlm range data yg dianggap ecu acceptable) ga akan dianggap faulty, meski ada juga kan piggy yg ngetrip CE.
Tenaga nambah jelas mbah cuma brp hpnya ga tau. Pull down juga msh dlm batas yg diterima ecu mbah, kalau terlalu rendah akan ce. Untung punya elm murah yg bisa hapus dtc. Itu juga trial error untuk menemukan besarnya resistor. Yg sekarang mah dah ga pernah muncul ce lagi dengan konfigurasi seperti itu.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 13:33 iya emang mirip2 tuh bertiga. contact cleaner paling cepet nguap, abis itu maf cleaner, terakhir paling agak tahan lama brake cleaner meski ga lama2 juga.

kelembaban itu bisa terjadi kl ga ditiup angin kompresor mbah. kl ditiup pelaan aja biasanya ga ngembun, atau embunnya juga kebawa sm tiupan angin. kl lembab dikit2 ga akan jd problem kok, sebab bayangin kl mobil cold start di winter itu sensor juga bakal basah kena udara yg masuk air filter duct. emang udah didesain bisa handle some moisture.
ah iya bener juga ya, mestinya tahan banting ya biarpun kena moisture tapi ya saya tetap aliran: mendingan pake MAF / MAP Cleaner saja. seperti halnya kunci pas 10 pakelah tekiro, sudah terjamin... :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41
secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.


:mky_03:

pengalaman pribadi yang tak terlupakan...

:mky_03:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:39
Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 12:15
betul mbah, nyemprot dr atas ke bawah.

itu kata yg tepat bukan jalur exhaust mbah. tapi udara dr intake yg mengarah ke map sensor. supaya ga bawa hawa oli (yg akan mengakibatkan map sensor jd ngaco/rusak krn kena oli,) maka dipasanglah filter hawa itu. olinya berasal dr breather hose (crankcase ventilation) yg disedot turbo dan ketendang sampai ke intake duct.

sebetulnya tidak ada air flow disitu (di sepanjang selang) melainkan tekanan statis aja utk menekan membran yg ada di dalam map sensor, mirip seperti kita meniup atau menyedot udara dgn sedotan yg ujungnya kita tutup pakai jari. jd tdk ada air flow hanya ada static air charge sebab ujungnya map sensor buntu.

posisi di 2gd sdh disempurnakan dimana map sensor posisinya diatas intake duct, jd dgn bantuan gravitasi hawa oli bisa lbh terreduksi. tadi sy punya jg bersih bgt, spray cleaner yg keluar warnanya bening aja ga kotor sm sekali.

nah utk 2KD kan posisi filter cuma naik dikit dr intake duck dan dr foto sptnya map sensor bahkan agak rendah posisinya. utk masukan aja sptnya selang hrs disemprot juga, utamanya area yg sy kasih tanda biru kuatir ada oli ngambang terjebak disitu kl lihat bentuknya huruf U gitu (even sdh tersaring filter tp habis itu turun lagi posisi selangnya setelah filter, berbeda dgn 2gd).

foto map sensor mbah jg udah kotor, mungkin bisa disemprot juga sm sensor cleaner. abis itu di kepret2in aja dgn lubang ngadep bawah. td pake kompresor jg ga ilang malah lbh keluar dgn dikepret2in ke telapak tangan/majun.


Filter gas~3.jpg
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by k1493nk »

Profith83 wrote:
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:39
Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 12:15
betul mbah, nyemprot dr atas ke bawah.

itu kata yg tepat bukan jalur exhaust mbah. tapi udara dr intake yg mengarah ke map sensor. supaya ga bawa hawa oli (yg akan mengakibatkan map sensor jd ngaco/rusak krn kena oli,) maka dipasanglah filter hawa itu. olinya berasal dr breather hose (crankcase ventilation) yg disedot turbo dan ketendang sampai ke intake duct.

sebetulnya tidak ada air flow disitu (di sepanjang selang) melainkan tekanan statis aja utk menekan membran yg ada di dalam map sensor, mirip seperti kita meniup atau menyedot udara dgn sedotan yg ujungnya kita tutup pakai jari. jd tdk ada air flow hanya ada static air charge sebab ujungnya map sensor buntu.

posisi di 2gd sdh disempurnakan dimana map sensor posisinya diatas intake duct, jd dgn bantuan gravitasi hawa oli bisa lbh terreduksi. tadi sy punya jg bersih bgt, spray cleaner yg keluar warnanya bening aja ga kotor sm sekali.

nah utk 2KD kan posisi filter cuma naik dikit dr intake duck dan dr foto sptnya map sensor bahkan agak rendah posisinya. utk masukan aja sptnya selang hrs disemprot juga, utamanya area yg sy kasih tanda biru kuatir ada oli ngambang terjebak disitu kl lihat bentuknya huruf U gitu (even sdh tersaring filter tp habis itu turun lagi posisi selangnya setelah filter, berbeda dgn 2gd).

foto map sensor mbah jg udah kotor, mungkin bisa disemprot juga sm sensor cleaner. abis itu di kepret2in aja dgn lubang ngadep bawah. td pake kompresor jg ga ilang malah lbh keluar dgn dikepret2in ke telapak tangan/majun.


Filter gas~3.jpg
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
Map mengukur perbedaan pressure antara atmosfer dan manifold. Bisa minus (kevakuman) atau plus (boost)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: Thu Sep 16, 2021 13:40
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 13:33 iya emang mirip2 tuh bertiga. contact cleaner paling cepet nguap, abis itu maf cleaner, terakhir paling agak tahan lama brake cleaner meski ga lama2 juga.

kelembaban itu bisa terjadi kl ga ditiup angin kompresor mbah. kl ditiup pelaan aja biasanya ga ngembun, atau embunnya juga kebawa sm tiupan angin. kl lembab dikit2 ga akan jd problem kok, sebab bayangin kl mobil cold start di winter itu sensor juga bakal basah kena udara yg masuk air filter duct. emang udah didesain bisa handle some moisture.
ah iya bener juga ya, mestinya tahan banting ya biarpun kena moisture tapi ya saya tetap aliran: mendingan pake MAF / MAP Cleaner saja. seperti halnya kunci pas 10 pakelah tekiro, sudah terjamin... :big_biglaugh:
maf cleaner mbah, mantap itu. apalagi pake itu seminggu 3x dijamin nambah 75HP krn sensor lebih bersih drpd waktu keluar pabrik. mau 100HP hrs rajut logo TRD di headrest. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3923
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

Ane nyimak aja scara nubie :big_childish:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 13:45
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41
secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.


:mky_03:

pengalaman pribadi yang tak terlupakan...

:mky_03:
:mky_03: :mky_03:

makanya mulai skrg kl dibilangin hrs nurut ya mbah. :big_weee:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by josomba »

kunaskun wrote: Thu Sep 16, 2021 13:23
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41 yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.

tp kl utk map sensor mending pakai crc maf sensor cleaner. semua sensor mending pake ini secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.
lupa pernah baca dimana, MAF / MAP Sensor cleaner itu isinya mirip Contact Cleaner karena cleaner yg tidak menyisakan residue, ga kaya carburateur atau brake cleaner yg biasanya ada residue solvent. tapi ada yg bilang lagi tetep jangan pake contact cleaner karena contact cleaner itu kan pake gas CO yg menyisakan kelembaban karena dingin banget. malah ada yg komen lagi: jangan dikutak katik, kecuali umurnya sudah panjang banget dan punya akses ke service manual buat cek MAF/MAP status yg biasanya njelimet karena mainannya micro volt juga ada faktor suhu, oksigen, bla2.. yg intinya kalau kata mekanik asem reges, ganti aja mbah :big_biglaugh:
Hemm jadi teringat kalau semprot rexco contact cleaner ke MAF malah ada salju d maf-nya. Biasa jd kudu nunggu 30 menit dulu sambil taruh si maf depan kipas angin biar kering.

Rupanya karena memang begitu yak efeknya karena gas CO bikin jd temp drop.

:ungg:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 13:47
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
sama2. betul mbah pemahamannya.

map sensor utk ngukur berapa tekanan dlm intake itu (tepatnya yg ada selang keluar dr intake). satuannya biasanya yg dipakai SI units (satuan international) yaitu kilo pascal (kPa). sbg perbandingan tekanan udara atmosphere di dataran 0m diatas permukaan laut (dpl) adalah 101.3 kPa (atau disebut 1 atm). sementara di intake pada foto sy sebelumnya adalah 75kPa kondisi idle, berarti lbh rendah tekanannya drpd tekanan udara ruangan. kl turbo sdh jalan full, tekanan intake bisa diatas 101.3 kPa. itu kl mesin turbo.
kl NA (naturally aspirated/non turbo) beda lagi. contoh di L15 pas idle 35 kPa (jauh dibawah tekanan ruangan/disebut kondisi vacuum).

bacaan tekanan dlm intake dipakai sbg input data ke ecu. dr situ ecu bisa tau kondisinya tekanan brp (volumetric efficiency silinder) jd harus kasih bbm brp banyak. inputnya bukan cuma dr map tp juga dr;
1. tps (throttle position sensor) utk tau brp dalam pedal gas diinjak; posisi throttle valve terbuka brp derajat.
2. iat (intake air temperature) utk tau suhu udara yg disedot.
3. maf (mass air flow) utk tau brp banyak, dlm satuan gram per detik, udara yg disedot.

dr input2 tersebut akan di compute si ecu dan output nya berupa berapa banyak bbm yg disemprotkan dlm satuan milidetik (ms) krn ukuran injector dan tekanan fuel rail biasanya fixed jd yg dicontrol adalah durasi ms nyemprotnya bbm dan timingnya (kapan bbm mulai disemprot).
*timing dpt input dr ckp (crank position sensor) dan cmp (camshaft position sensor) jd ecu tau posisi crankshaft mesin setiap saat.

bayanginnya gini: INPUT - PROCESS - OUTPUT.
inputnya dr sensor2; prosesnya oleh ecu dicompute; outputnya ke injector dan ke turbo.
sementara di mobil bensin ada lagi O2 sensor di knalpot sbg satpam. dia ngawasin semua sesuai ngga. kl ga sesuai kadar CO tinggi dia kirim lg data feedback sbg input ke ecu utk dicompute lagi lalu ecu outputnya mengurangi atau menambah bbm.

maaf mbah kl ada yg kurang. sy jg msh nubie. :big_childish:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu Sep 16, 2021 14:15
kunaskun wrote: Thu Sep 16, 2021 13:23
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41 yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.

tp kl utk map sensor mending pakai crc maf sensor cleaner. semua sensor mending pake ini secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.
lupa pernah baca dimana, MAF / MAP Sensor cleaner itu isinya mirip Contact Cleaner karena cleaner yg tidak menyisakan residue, ga kaya carburateur atau brake cleaner yg biasanya ada residue solvent. tapi ada yg bilang lagi tetep jangan pake contact cleaner karena contact cleaner itu kan pake gas CO yg menyisakan kelembaban karena dingin banget. malah ada yg komen lagi: jangan dikutak katik, kecuali umurnya sudah panjang banget dan punya akses ke service manual buat cek MAF/MAP status yg biasanya njelimet karena mainannya micro volt juga ada faktor suhu, oksigen, bla2.. yg intinya kalau kata mekanik asem reges, ganti aja mbah :big_biglaugh:
Hemm jadi teringat kalau semprot rexco contact cleaner ke MAF malah ada salju d maf-nya. Biasa jd kudu nunggu 30 menit dulu sambil taruh si maf depan kipas angin biar kering.

Rupanya karena memang begitu yak efeknya karena gas CO bikin jd temp drop.

:ungg:
spy ga saljuan besok lg cobain abis semprot di haah haah kasih hawa mulut mbah. mirip kaya ngeluarin siput/kumbang dr rumahnya. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 14:44
Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 13:47
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
sama2. betul mbah pemahamannya.

map sensor utk ngukur berapa tekanan dlm intake itu (tepatnya yg ada selang keluar dr intake). satuannya biasanya yg dipakai SI units (satuan international) yaitu kilo pascal (kPa). sbg perbandingan tekanan udara atmosphere di dataran 0m diatas permukaan laut (dpl) adalah 101.3 kPa (atau disebut 1 atm). sementara di intake pada foto sy sebelumnya adalah 75kPa kondisi idle, berarti lbh rendah tekanannya drpd tekanan udara ruangan. kl turbo sdh jalan full, tekanan intake bisa diatas 101.3 kPa. itu kl mesin turbo.
kl NA (naturally aspirated/non turbo) beda lagi. contoh di L15 pas idle 35 kPa (jauh dibawah tekanan ruangan/disebut kondisi vacuum).

bacaan tekanan dlm intake dipakai sbg input data ke ecu. dr situ ecu bisa tau kondisinya tekanan brp (volumetric efficiency silinder) jd harus kasih bbm brp banyak. inputnya bukan cuma dr map tp juga dr;
1. tps (throttle position sensor) utk tau brp dalam pedal gas diinjak; posisi throttle valve terbuka brp derajat.
2. iat (intake air temperature) utk tau suhu udara yg disedot.
3. maf (mass air flow) utk tau brp banyak, dlm satuan gram per detik, udara yg disedot.

dr input2 tersebut akan di compute si ecu dan output nya berupa berapa banyak bbm yg disemprotkan dlm satuan milidetik (ms) krn ukuran injector dan tekanan fuel rail biasanya fixed jd yg dicontrol adalah durasi ms nyemprotnya bbm dan timingnya (kapan bbm mulai disemprot).
*timing dpt input dr ckp (crank position sensor) dan cmp (camshaft position sensor) jd ecu tau posisi crankshaft mesin setiap saat.

bayanginnya gini: INPUT - PROCESS - OUTPUT.
inputnya dr sensor2; prosesnya oleh ecu dicompute; outputnya ke injector dan ke turbo.
sementara di mobil bensin ada lagi O2 sensor di knalpot sbg satpam. dia ngawasin semua sesuai ngga. kl ga sesuai kadar CO tinggi dia kirim lg data feedback sbg input ke ecu utk dicompute lagi lalu ecu outputnya mengurangi atau menambah bbm.

maaf mbah kl ada yg kurang. sy jg msh nubie. :big_childish:


lieur... :drinking:

kalo baca begini, merindukan nyetel karburator dan nyetel distributor yang lebih sederhana.
tapi kalo nemu karburatornya timor atau side draught merk SK, mendingan masuk kamar trus merem...

:glodak:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 14:54
lieur... :drinking:


:glodak:
sy jg kl baca2 yg berat hrs dgn bantuan blue label dkk nya. baru cespleng* .....












*maksudnya ga masup materinya, malah melintir kemana2 pikiran :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 14:47
spy ga saljuan besok lg cobain abis semprot di haah haah kasih hawa mulut mbah. mirip kaya ngeluarin siput/kumbang dr rumahnya. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


teringat masa SD ada penjual gulali yang bisa dibentuk aneka rupa binatang dan kembang. karena tertarik, saya berapa kali beli minta dibentuk ikan.
tapi setelah ketauan bapak dan diberi penjelasan, saya jadi jijik...

:e-sick:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 14:57

sy jg kl baca2 yg berat hrs dgn bantuan blue label dkk nya. baru cespleng* .....












*maksudnya ga masup materinya, malah melintir kemana2 pikiran :big_biglaugh:


blue label mihul. tjap bintang saja yang murmer. kalo mau stone gampang, pakai sedotan disambung, ujungnya pencet, sedot.

nah... selamat mencoba.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 14:44
Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 13:47
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
sama2. betul mbah pemahamannya.

map sensor utk ngukur berapa tekanan dlm intake itu (tepatnya yg ada selang keluar dr intake). satuannya biasanya yg dipakai SI units (satuan international) yaitu kilo pascal (kPa). sbg perbandingan tekanan udara atmosphere di dataran 0m diatas permukaan laut (dpl) adalah 101.3 kPa (atau disebut 1 atm). sementara di intake pada foto sy sebelumnya adalah 75kPa kondisi idle, berarti lbh rendah tekanannya drpd tekanan udara ruangan. kl turbo sdh jalan full, tekanan intake bisa diatas 101.3 kPa. itu kl mesin turbo.
kl NA (naturally aspirated/non turbo) beda lagi. contoh di L15 pas idle 35 kPa (jauh dibawah tekanan ruangan/disebut kondisi vacuum).

bacaan tekanan dlm intake dipakai sbg input data ke ecu. dr situ ecu bisa tau kondisinya tekanan brp (volumetric efficiency silinder) jd harus kasih bbm brp banyak. inputnya bukan cuma dr map tp juga dr;
1. tps (throttle position sensor) utk tau brp dalam pedal gas diinjak; posisi throttle valve terbuka brp derajat.
2. iat (intake air temperature) utk tau suhu udara yg disedot.
3. maf (mass air flow) utk tau brp banyak, dlm satuan gram per detik, udara yg disedot.

dr input2 tersebut akan di compute si ecu dan output nya berupa berapa banyak bbm yg disemprotkan dlm satuan milidetik (ms) krn ukuran injector dan tekanan fuel rail biasanya fixed jd yg dicontrol adalah durasi ms nyemprotnya bbm dan timingnya (kapan bbm mulai disemprot).
*timing dpt input dr ckp (crank position sensor) dan cmp (camshaft position sensor) jd ecu tau posisi crankshaft mesin setiap saat.

bayanginnya gini: INPUT - PROCESS - OUTPUT.
inputnya dr sensor2; prosesnya oleh ecu dicompute; outputnya ke injector dan ke turbo.
sementara di mobil bensin ada lagi O2 sensor di knalpot sbg satpam. dia ngawasin semua sesuai ngga. kl ga sesuai kadar CO tinggi dia kirim lg data feedback sbg input ke ecu utk dicompute lagi lalu ecu outputnya mengurangi atau menambah bbm.

maaf mbah kl ada yg kurang. sy jg msh nubie. :big_childish:
Woup Mantul, terima kasih penjelasannya mbah :big_deal: :big_deal: :big_exellent: :big_exellent: :big_smile]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 14:59
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 14:47
spy ga saljuan besok lg cobain abis semprot di haah haah kasih hawa mulut mbah. mirip kaya ngeluarin siput/kumbang dr rumahnya. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


teringat masa SD ada penjual gulali yang bisa dibentuk aneka rupa binatang dan kembang. karena tertarik, saya berapa kali beli minta dibentuk ikan.
tapi setelah ketauan bapak dan diberi penjelasan, saya jadi jijik...

:e-sick:
jijik kenapa mbah? pasti dibilang krn bikinnya pake celana. hahahaha pas udah gede baru nyadar itu biar ga jajan, ya iya lah abangnya bikin pake celana, masa telanjang.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 15:06

jijik kenapa mbah? pasti dibilang krn bikinnya pake celana. hahahaha pas udah gede baru nyadar itu biar ga jajan, ya iya lah abangnya bikin pake celana, masa telanjang.


ei.

bahan gulali yang besarnya kira-kira sejempol dihubungkan dengan sedotan plastik kecil, lalu si bahan gulali dipanaskan.
setelah panas, si abangnya niup dari ujung sedotan sampai menggelembung sebesar telapak tangan sambil dibentuk sesuai keinginan pembeli.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 15:12
Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 15:06

jijik kenapa mbah? pasti dibilang krn bikinnya pake celana. hahahaha pas udah gede baru nyadar itu biar ga jajan, ya iya lah abangnya bikin pake celana, masa telanjang.


ei.

bahan gulali yang besarnya kira-kira sejempol dihubungkan dengan sedotan plastik kecil, lalu si bahan gulali dipanaskan.
setelah panas, si abangnya niup dari ujung sedotan sampai menggelembung sebesar telapak tangan sambil dibentuk sesuai keinginan pembeli.
oooo yg itu yg ditiup ....... hmmmm dulu emang belom ada corona tp udah ada tbc, flu, dll. :big_biglaugh:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 13:47
Terima kasih Mbah.

Nanti plan bersihkan lepas dari mobil ada 3 part/bagian
1. Selang yang masuk ke filter hawa (selang bawah)
2. filter hawa
3. Selang yang keluar dari filter hawa (selang atas)

Supaya pemahaman saya ga salah.
Berarti tekanan udara dari filter hawa ke arah yang dilingkari warna biru kemudian masuk ke map sensor, biarpun tidak mengalir(ujungnya buntu)
map sensor untuk mengukur apa yah? apakah jadinya dia tahu kalau udara kaya akan BBM atau kurang BBM gitu mbah?
sama2. betul mbah pemahamannya.

map sensor utk ngukur berapa tekanan dlm intake itu (tepatnya yg ada selang keluar dr intake). satuannya biasanya yg dipakai SI units (satuan international) yaitu kilo pascal (kPa). sbg perbandingan tekanan udara atmosphere di dataran 0m diatas permukaan laut (dpl) adalah 101.3 kPa (atau disebut 1 atm). sementara di intake pada foto sy sebelumnya adalah 75kPa kondisi idle, berarti lbh rendah tekanannya drpd tekanan udara ruangan. kl turbo sdh jalan full, tekanan intake bisa diatas 101.3 kPa. itu kl mesin turbo.
kl NA (naturally aspirated/non turbo) beda lagi. contoh di L15 pas idle 35 kPa (jauh dibawah tekanan ruangan/disebut kondisi vacuum).

bacaan tekanan dlm intake dipakai sbg input data ke ecu. dr situ ecu bisa tau kondisinya tekanan brp (volumetric efficiency silinder) jd harus kasih bbm brp banyak. inputnya bukan cuma dr map tp juga dr;
1. tps (throttle position sensor) utk tau brp dalam pedal gas diinjak; posisi throttle valve terbuka brp derajat.
2. iat (intake air temperature) utk tau suhu udara yg disedot.
3. maf (mass air flow) utk tau brp banyak, dlm satuan gram per detik, udara yg disedot.

dr input2 tersebut akan di compute si ecu dan output nya berupa berapa banyak bbm yg disemprotkan dlm satuan milidetik (ms) krn ukuran injector dan tekanan fuel rail biasanya fixed jd yg dicontrol adalah durasi ms nyemprotnya bbm dan timingnya (kapan bbm mulai disemprot).
*timing dpt input dr ckp (crank position sensor) dan cmp (camshaft position sensor) jd ecu tau posisi crankshaft mesin setiap saat.

bayanginnya gini: INPUT - PROCESS - OUTPUT.
inputnya dr sensor2; prosesnya oleh ecu dicompute; outputnya ke injector dan ke turbo.
sementara di mobil bensin ada lagi O2 sensor di knalpot sbg satpam. dia ngawasin semua sesuai ngga. kl ga sesuai kadar CO tinggi dia kirim lg data feedback sbg input ke ecu utk dicompute lagi lalu ecu outputnya mengurangi atau menambah bbm.

maaf mbah kl ada yg kurang. sy jg msh nubie. :big_childish:
Tambahan sikit mbah, kalau diesel common rail modern biasanya fuel pressure dlm common rail ga fixed tp variable. Makanya di 2gd sy, tak manipulasi sensor common tail pressurenya, biar ecu baca lbh rendah dr seharusnya trus di perintahkan fuel pump untuk menambah pasokan dlm common rail sehingga pressurenya sesuai harapannya ecu.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Thu Sep 16, 2021 22:41 Tambahan sikit mbah, kalau diesel common rail modern biasanya fuel pressure dlm common rail ga fixed tp variable. Makanya di 2gd sy, tak manipulasi sensor common tail pressurenya, biar ecu baca lbh rendah dr seharusnya trus di perintahkan fuel pump untuk menambah pasokan dlm common rail sehingga pressurenya sesuai harapannya ecu.
ah ya betul mbah. :big_okay:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

untung lah mobil kita orang benzene

ga pusing modip2...




#soalnya emg ga ad yg bsa di modip jg :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11005
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Sep 17, 2021 4:39 untung lah mobil kita orang benzene

ga pusing modip2...




#soalnya emg ga ad yg bsa di modip jg :upss: :upss: :upss: :upss:



bisa tambah alat apa tu yang nempel di coil... sama yang colok ke lighter tu mbah, biar bensin bisa surplus. seumur idup ga perlu isi bensin lagi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Sep 17, 2021 4:46
DOHC wrote: Fri Sep 17, 2021 4:39 untung lah mobil kita orang benzene

ga pusing modip2...




#soalnya emg ga ad yg bsa di modip jg :upss: :upss: :upss: :upss:



bisa tambah alat apa tu yang nempel di coil... sama yang colok ke lighter tu mbah, biar bensin bisa surplus. seumur idup ga perlu isi bensin lagi.
ohh maxudnya cementitit ya mbah :big_weee: :big_weee: :big_weee:

yg sempet heboh di SM jg dulu :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: