Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mengikuti perkembangan zaman mbah... kaya charger HP aja jadi ga dikasiin on the box gara2 Uni Eropa mau go green. ya udah suruh beli sendiri, nah jangan2 EU juga komplain kok mobil jepang yang masuk ga ada yang pake torx, harus pake torx dong kaya merek eropa, jadilah merek jepang pasangin seadanya stok aja daripada ganti semua ribet tuh pabrik
ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.
pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.
btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
marmut wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 4:35
kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?
tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....
kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.
Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg
musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.
ini yg buat crv turbo mesin L15,
Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
torsi baut itu soal friction drat nya, adakalanya kalau sudah ga baru bikin friction berlebih makanya untuk "clamping force" seperti baut head itu ada tambahan torque angle untuk memastikan clamping forcenya.
cybrid wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 4:46
Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?
baut head sijuki aerio juga pakai torque angle
Headbolt.JPG
marmut wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 5:28
imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
iya bisa pakai busur derajat tandai lokasi stang awal dan akhir.
kalau di bule2 ada yang pakai apk di handphone, tempelin hp ke stang sok nya
regards,
singachu
Ow suzuki juga ud pake angle meter ya. Pake baut TTY gt buat cylinder head?
Saya kayanya bakal pakai spidol/tipex klo sudutnya gampang seh. Utamanya 45 atau 90
mengikuti perkembangan zaman mbah... kaya charger HP aja jadi ga dikasiin on the box gara2 Uni Eropa mau go green. ya udah suruh beli sendiri, nah jangan2 EU juga komplain kok mobil jepang yang masuk ga ada yang pake torx, harus pake torx dong kaya merek eropa, jadilah merek jepang pasangin seadanya stok aja daripada ganti semua ribet tuh pabrik
ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.
pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.
btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
Eh iya, itu scanner ud bisa dianggep hand tool belom?
Mobil tua saya aja harus pake scanner buat cari penyakitnya.
Terus buku service manual juga butuh.
marmut wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 12:43
ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.
pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.
setuju tergantung orangnya gimana. udah ga zaman omongan gitu, kalau ada mekanik atau bengkel yg ngomong gitu maka perlu dipertanyakan skill-nya, jangan2 masih naro ban baru di sumbu depan bukan belakang
btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
kalau di indo kayanya belom mbah. lah Hybrid Synergy Drive gen 5 aja bisa pasang telolet pake testpen 12v...