Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

benzz89 wrote: Mon Dec 16, 2019 13:38 Wah kapok deh ganti filsol di todai, terakhir ane kena 350 ribu buat 2KD, itu ambil cuannya kebanyakan atau gimana?

Next beli online aja deh, biasa gak mau pusing main langsung ganti aja on spot.

Oli juga sudah beli on line, spread lumayan jauh di todai, paling bayar ongkos aja next nya, 100 ribu buat ganti oli mesin (di bengkel2 umum paling 50-70 ribu kali yah).
kompresorz wrote:
bangrosi wrote: Sun Dec 15, 2019 14:52

iya baru tau om turbo 2GD pny 2 filter solar
kalo ganti berati harus kedua nya ya.
sekalian saranin pasang pigibak om....

rasain disel kencang ky org di kejar pitbul...

kalo udah pasang pigi filter solar lebih awet krn derasnya semprotan solar...
apalg sering nempelin pedal gas ke karpet....tambah sehat...

jadi pajeronya gak kena kolesterol krn jarang olahraga karena lemah syahwatz...




btw...

ganti filter yg atas aja om...klo selalu ke 2 nya tekor nanti isi dompet...filter dlm mesin 100 ribu km aja...


gak usah khawatir soal b30 b50 b 100...

yg penting harga goceng pekgo....

rajin ganti filter aja tiap 20 ribu km...atau nyala indikator...
filter solar cari aja tokopedia...banyak oem merk lain murah...gak sampe 100 ribu...
saya aja stok 2..

filter udara aja skrg pake oem kardus toyota tulisan thailand alias KW murah 60 ribuan...tuh foto diatas masih kencang ky dikejar pitbul sering mentokin spido...


mobil disel jepang gak usah was was....kuat kencang irit ac dingin kulkas...

kodrat disel..

serba murah meriah


:ngacir:

kalo GD 600 ribu filsol atas di yoyota om..... :frm_bang_head:


skrg beli tokopedia merk aftermarket murah banget....


skr lagi hunting filter solar dalam mesin siapa tau bisa di bawah 1 jutiaw...buat GD 1 lagi belum ganti..


nanti dikeluarin dr anggota salam anti diperbudak mobil sama ketua om gajah turbo.... :big_comfort:


kalo ongkos ganti oli mending ke auto 2000...cuma goban alias 50 ribu...bengkel resmi ongkos ganti oli termurah sejagat raya...


:ngacir:
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by henbob »

ahmad88 wrote: Mon Dec 16, 2019 3:35 Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?
diisi solar bp aja kalo mau gantiin dex. Sepi jg spbunya. :mky_02:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by pilotgaruda »

Kalo dieselnya total bagus ga? Kemaren keabisan dex pake total utk 2gd
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
Location: Bogor

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by jazzretro7 »

farizfsa wrote: Wed Dec 11, 2019 8:52
mbingtampan wrote: Wed Dec 11, 2019 4:34
farizfsa wrote:
bener2 ngaco pertadex saya juga cari di jakarta dr awal minggu susah sekali. saya sendiri udah ke 8 pom buat cari dex. akhirnya ketemu di fatmawati.

ada pom yg bilang sudah ga ada 5 hari, ada yg bilang dex kosong sampe tanggal 20.
Dapet di fatmawati sbelah mana Om? Yg perempatan dkt MRT atau yg setelah lotte mart? Ane jg nyari2 susah banget.. hadehh..
setelah lotte dbest, sebelah kiri, yg self service. caur lah, harga mahal, stock kosong.

untung diesel, irit. cm kalo mbl bensin, udah mati kali itu kmrn mbl.

bmw ane dibilang ga bolehg selain pertadex, pusing juga. kmrn jg cm isi 30 liter, mayan bisa buat 550km deh, nanti nemu lg isi full
wehh bimersnya irit yak om..bisa 1/18 kpl hmm boleh nih tungguin om jual bimersnya utk saya hehe...
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
Location: Bogor

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by jazzretro7 »

ini sy jg kemarin nyari2 dex diseputaran bogor/cibinong/sentul jg susah dr tgl 6des mo jelong2 malah ga nemu2 dexnya akhirnya nemu sentul city baliknya tgl 8 jg susah mo top-up ga nemu2 akhirnya nemu seblm lote yasmin
btw apa rumorsnya dex bakalan dblending jadi dex b30 kah..? kok jd susah nyarinya..
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by casabalancas »

pilotgaruda wrote: Tue Dec 17, 2019 9:42 Kalo dieselnya total bagus ga? Kemaren keabisan dex pake total utk 2gd
Pengalaman isi total kalau dapet BBM yg masih fresh BBMnya bagus Om, cuma masalahnya kan total SPBU nya agak sepi dan perputaran BBMnya agak lambat, jadi kadang2 kalau dapet BBM stok lama kualitasnya sudah menurun
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by benzz89 »

Ane dulu pernah dapat shell diesel basi, asli gak enak banget habis isi solarnya, berasa drop tenaganya. Ampun2 deh, sudah bayar mahal2 dapat yang basi pula.

Sekarang bio solar B30 + addtive lebih joss, secara perputaran solar goceng kenceng sekali, selalu dapat fresh di spbu 31
casabalancas wrote:
pilotgaruda wrote: Tue Dec 17, 2019 9:42 Kalo dieselnya total bagus ga? Kemaren keabisan dex pake total utk 2gd
Pengalaman isi total kalau dapet BBM yg masih fresh BBMnya bagus Om, cuma masalahnya kan total SPBU nya agak sepi dan perputaran BBMnya agak lambat, jadi kadang2 kalau dapet BBM stok lama kualitasnya sudah menurun
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by casabalancas »

benzz89 wrote: Tue Dec 17, 2019 14:03 Ane dulu pernah dapat shell diesel basi, asli gak enak banget habis isi solarnya, berasa drop tenaganya. Ampun2 deh, sudah bayar mahal2 dapat yang basi pula.

Sekarang bio solar B30 + addtive lebih joss, secara perputaran solar goceng kenceng sekali, selalu dapat fresh di spbu 31
casabalancas wrote:
pilotgaruda wrote: Tue Dec 17, 2019 9:42 Kalo dieselnya total bagus ga? Kemaren keabisan dex pake total utk 2gd
Pengalaman isi total kalau dapet BBM yg masih fresh BBMnya bagus Om, cuma masalahnya kan total SPBU nya agak sepi dan perputaran BBMnya agak lambat, jadi kadang2 kalau dapet BBM stok lama kualitasnya sudah menurun
Shell diesel mah parah mahalnya Om, lumayan banyak selisihnya sam dex. Kalau liat video review otomotif terkemuka yang berpartner dengan shell benar gak sih spek partikel solarnya 10 ppm ?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by farizfsa »

jazzretro7 wrote: Tue Dec 17, 2019 10:01
farizfsa wrote: Wed Dec 11, 2019 8:52
mbingtampan wrote: Wed Dec 11, 2019 4:34

Dapet di fatmawati sbelah mana Om? Yg perempatan dkt MRT atau yg setelah lotte mart? Ane jg nyari2 susah banget.. hadehh..
setelah lotte dbest, sebelah kiri, yg self service. caur lah, harga mahal, stock kosong.

untung diesel, irit. cm kalo mbl bensin, udah mati kali itu kmrn mbl.

bmw ane dibilang ga bolehg selain pertadex, pusing juga. kmrn jg cm isi 30 liter, mayan bisa buat 550km deh, nanti nemu lg isi full
wehh bimersnya irit yak om..bisa 1/18 kpl hmm boleh nih tungguin om jual bimersnya utk saya hehe...
Rata2 pulang pergi kantor 1:15-16 aja sebenernya. Bisa diatas 1:20 cm harus santai dan jalan toll rata/turun haha
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by matra »

aspira sudah bikin filter solar innova rebor,harganya https://m.bukalapak.com/p-gs/mobil-part ... 8594010636
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by osbertc0ol »

matra wrote: Wed Dec 18, 2019 8:22 aspira sudah bikin filter solar innova rebor,harganya https://m.bukalapak.com/p-gs/mobil-part ... 8594010636
Nice infooo... 70k vs 600k
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by bangrosi »

kompresorz wrote:
bangrosi wrote: Sun Dec 15, 2019 14:52
kompresorz wrote:
filternya 1.5 jutaan..ongkos pasang 200 ribuan...

tapi kan lama pemakaiannya om...mobil saya udah 50 ribuan km masih jos gandosss...
100 ribu km boleh ganti...

mesin 4N15 cocok banget pake biosolar n tambah pigibak...tambah josss....gandossss.....

mobil jepang dipakein solar apa aja cocok om...

mobil kelas rakyat harus ngerti dibuat untuk jadi babu....

drpd nanti berakhir di besi loak..


:ngacir:
Turboman wrote: GD ada 2 FilSol

yg 1 lagi lokasi di samping blok mesin, modelnya panjang kayak Lontong

itu filter aliran In & Out nya ke pompa injeksi

harga 1 jt lebih dikit
iya baru tau om turbo 2GD pny 2 filter solar
kalo ganti berati harus kedua nya ya.
sekalian saranin pasang pigibak om....

rasain disel kencang ky org di kejar pitbul...

kalo udah pasang pigi filter solar lebih awet krn derasnya semprotan solar...
apalg sering nempelin pedal gas ke karpet....tambah sehat...

jadi pajeronya gak kena kolesterol krn jarang olahraga karena lemah syahwatz...




btw...

ganti filter yg atas aja om...klo selalu ke 2 nya tekor nanti isi dompet...filter dlm mesin 100 ribu km aja...


gak usah khawatir soal b30 b50 b 100...

yg penting harga goceng pekgo....

rajin ganti filter aja tiap 20 ribu km...atau nyala indikator...
filter solar cari aja tokopedia...banyak oem merk lain murah...gak sampe 100 ribu...
saya aja stok 2..

filter udara aja skrg pake oem kardus toyota tulisan thailand alias KW murah 60 ribuan...tuh foto diatas masih kencang ky dikejar pitbul sering mentokin spido...


mobil disel jepang gak usah was was....kuat kencang irit ac dingin kulkas...

kodrat disel..

serba murah meriah


:ngacir:
Sip nanti saya saranin bio solar plus racun aja dulu, mobil jepang jangan di manja di kasarin aja nurut :-)



Makasih info nya om turboman
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by bangrosi »



benzz89 wrote: Wah kapok deh ganti filsol di todai, terakhir ane kena 350 ribu buat 2KD, itu ambil cuannya kebanyakan atau gimana?

Next beli online aja deh, biasa gak mau pusing main langsung ganti aja on spot.

Oli juga sudah beli on line, spread lumayan jauh di todai, paling bayar ongkos aja next nya, 100 ribu buat ganti oli mesin (di bengkel2 umum paling 50-70 ribu kali yah).




Mungkin itu filter solar yg original toyota parts buatan thailand,di beres juga 300rb an harganya
bheri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Jul 12, 2007 6:34

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by bheri »

casabalancas wrote: Wed Dec 18, 2019 2:30
benzz89 wrote: Tue Dec 17, 2019 14:03 Ane dulu pernah dapat shell diesel basi, asli gak enak banget habis isi solarnya, berasa drop tenaganya. Ampun2 deh, sudah bayar mahal2 dapat yang basi pula.

Sekarang bio solar B30 + addtive lebih joss, secara perputaran solar goceng kenceng sekali, selalu dapat fresh di spbu 31
casabalancas wrote:
Pengalaman isi total kalau dapet BBM yg masih fresh BBMnya bagus Om, cuma masalahnya kan total SPBU nya agak sepi dan perputaran BBMnya agak lambat, jadi kadang2 kalau dapet BBM stok lama kualitasnya sudah menurun
Shell diesel mah parah mahalnya Om, lumayan banyak selisihnya sam dex. Kalau liat video review otomotif terkemuka yang berpartner dengan shell benar gak sih spek partikel solarnya 10 ppm ?

Fortuner VRZ saya juga sempat mau isi Dex, pas lagi habis dimana2 akhirnya pake Shell. Waktu mau isi dibilang Dieselnya B20. Sempat ragu juga krn selama ini pake Dex yg bukan BioDiesel.
Cuman setelah pake shell, kok behavior mesin jadi berubah. Waktu pake dex, ada suara dengung di mesin seperti suara turbo walaupun idle,mesin agak kasar dan waktu ngebut lalu di gas agak ngempos dulu baru narik. Cuman waktu dari idle lalu injak gas responnya memang terasa powernya. Agak loncat.
Waktu pake shell, suara dengung tiba2 hilang, dan di tol lebih smooth bahkan waktu injek gas lagi, lebih bisa narik. Suara mesin juga lebih halus.

Nanya ke Auto2000, kata SA nya kalau pake Shell Diesel pembakaran lebih sempurna. Jadi suaranya lebih halus.

Karena penasaran, Saya nanya langsung ke shell via email utk kadar cetane dan sulfur. Dibawah ini jawabannya:

Cetane : 51

Sulfur : 10 ppm

Cuman pertanyaan saya mengenai standard EURO belum dijawab.
Dan belum tau apakah ada impact ke filter solar atau tidak.
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by henbob »

solar bp jadi 9900, solar shell jadi 10ribuan.. kok pada diskon ya harganya?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by tesna »

henbob wrote: Fri Jan 03, 2020 9:25 solar bp jadi 9900, solar shell jadi 10ribuan.. kok pada diskon ya harganya?
ternyata ga cuman diesel aja yg turun, https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html yang lain ikut turun juga...

dex sih masih bertahan di 11700 kemarin....
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
viwawa
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Nov 15, 2015 8:55

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by viwawa »

halo teman2 semua.
saya mau tanya barangkali ada yang punya info valid. Saya pernah baca berita tahun 2017 kalau pertamina keluarin pertamina dex HQ yang sudah euro 4, produksi kilang dumai dan balikpapan. Berita nya santer banget tapi sekarang lenyap gitu aja rasanya dex sekarang masih euro 2 kan hanya pertamax turbo saja yang euro 4. Ini jadi pertamina gak jadi luncurin dex HQ apa gimana ya? ada yg punya info lebih lanjut?
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Boeds »

setelah 37ribu km full diisi b20 dan sebulan terakhir b30, tibalah saatnya kemarin si duramax nyicip solar lux, berhubung harga dex lagi jinak .

dimulai dari ganti oli, filter oli, bersihin filter udara, (filsol masih bersih dipasang lagi) cemplungin crc 1tank dosis pekat ke 1/4 sisa isi tanki, tunggu sampai low fuel, trus isi dex 1/2 tanki.... getaran langsung kerasa beda, alussss... buka kap mesin, lihat salah satu tubing yg biasanya goyang dombret, sekarang anteng getar halus....

lumayanlah, kalo dihitung" selisihnya 19jt sendiri dari solar saja. plus potong biaya aditif dan ganti oli yg lebih sering. masih hemat banyak.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by jnkr »

viwawa wrote:halo teman2 semua.
saya mau tanya barangkali ada yang punya info valid. Saya pernah baca berita tahun 2017 kalau pertamina keluarin pertamina dex HQ yang sudah euro 4, produksi kilang dumai dan balikpapan. Berita nya santer banget tapi sekarang lenyap gitu aja rasanya dex sekarang masih euro 2 kan hanya pertamax turbo saja yang euro 4. Ini jadi pertamina gak jadi luncurin dex HQ apa gimana ya? ada yg punya info lebih lanjut?
Mungkin hanya skala kecil (prototype) saja om produksinya.. Lagi pula kilang Bppn adalah salah 1 kilang tertua yg pertamina punya. Utk sampai bs produksi Dex HQ skala komersial mungkin harus merevitalisasi alat2nya dlu dan itu bth capex sangat besar saat itu. Tp yg patut d banggakan dr UP V itu sebagai penghasil wax yg export quality lho... Hehe
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by sintoni »

Iseng2 ambil contoh BioSolar..

Ini lokasi Balikpapan provinsi Kaltim ya..

Menurut mata awam ane lumayan jernih sih warnanya.

Busa jg minim pas dituang.


Image
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by henbob »

Jet Engine Thrust Test - Fuel Experiment (Jet-A vs Diesel vs BioDiesel vs HydroDiesel)
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: Mon May 10, 2021 5:28 Iseng2 ambil contoh BioSolar..

Ini lokasi Balikpapan provinsi Kaltim ya..

Menurut mata awam ane lumayan jernih sih warnanya.

Busa jg minim pas dituang.


Image
Busa memang akhir2 ini lebih minim. Cuma tarikan mesin emang jd agak boyo setelah b30 ini. Perlu perbanyak aditip
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Winz »

evanbngdor wrote: Tue May 11, 2021 8:10
sintoni wrote: Mon May 10, 2021 5:28 Iseng2 ambil contoh BioSolar..

Ini lokasi Balikpapan provinsi Kaltim ya..

Menurut mata awam ane lumayan jernih sih warnanya.

Busa jg minim pas dituang.


Image
Busa memang akhir2 ini lebih minim. Cuma tarikan mesin emang jd agak boyo setelah b30 ini. Perlu perbanyak aditip
sudah mulai B30 kah? dulu pakai B20 aja terasa Boyo

Sempat isi pas Dex Kosong Sebulanan di Daerah saya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: Tue May 11, 2021 8:10
sintoni wrote: Mon May 10, 2021 5:28 Iseng2 ambil contoh BioSolar..

Ini lokasi Balikpapan provinsi Kaltim ya..

Menurut mata awam ane lumayan jernih sih warnanya.

Busa jg minim pas dituang.


Image
Busa memang akhir2 ini lebih minim. Cuma tarikan mesin emang jd agak boyo setelah b30 ini. Perlu perbanyak aditip
Bilangnya kalau B30 nanti keluarin air atau jadi jelly, coba nanti seminggu lg ane amatin.

Skrg lg coba aditif baru jg sih, lagi coba Mannol.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by evanbngdor »

Winz wrote: Tue May 11, 2021 9:15
evanbngdor wrote: Tue May 11, 2021 8:10
sintoni wrote: Mon May 10, 2021 5:28 Iseng2 ambil contoh BioSolar..

Ini lokasi Balikpapan provinsi Kaltim ya..

Menurut mata awam ane lumayan jernih sih warnanya.

Busa jg minim pas dituang.


Image
Busa memang akhir2 ini lebih minim. Cuma tarikan mesin emang jd agak boyo setelah b30 ini. Perlu perbanyak aditip
sudah mulai B30 kah? dulu pakai B20 aja terasa Boyo

Sempat isi pas Dex Kosong Sebulanan di Daerah saya
Bukannya udah dr lama ya. Rasanya udah 2 bulan lebih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T