Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?

B30 akan diterapkan th 2020

Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat

Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel

Berikut daftarnya =

ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05

ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11

- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104

ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109

- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16

Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.

Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol

Salam sharing


images%20-%202019-08-20T190951.192.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by theansoracing »

#dudukmanis
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by pengendiesel »

Kesimpulannya apa om turbo? Gak ngerti banyak istilah asingnya.

Apalah kudu pake oli dengan spek ACEA tertentu?
Atau interval ganti oli diperpendek?

Sekarang ane pake ptt extra long drain di vnt. Apakah masih bisa tetap dipake sampe 10k km setelah pemberlakuan b30?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

pengendiesel wrote:Kesimpulannya apa om turbo? Gak ngerti banyak istilah asingnya.

Apalah kudu pake oli dengan spek ACEA tertentu?
Atau interval ganti oli diperpendek?

Sekarang ane pake ptt extra long drain di vnt. Apakah masih bisa tetap dipake sampe 10k km setelah pemberlakuan b30?
si Xtra Long Drain kalo gak salah ACEA E series nya th 2012
Eliteguard
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Eliteguard »

Turboman wrote: Tue Aug 20, 2019 12:50 Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?

B30 akan diterapkan th 2020

Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat

Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel

Berikut daftarnya =

ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05

ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11

- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104

ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109

- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16

Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.

Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol

Salam sharing



images%20-%202019-08-20T190951.192.jpeg
Kalau oli diesel dari keluarga amsoil std ACEA nya tahun brpa om turbo? Terutama seri max duty 5W-30 (DHD) dan turbo truck 5W-40 (ADO). Kebetulan ane lagi pakai ini..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Eliteguard wrote:
Turboman wrote: Tue Aug 20, 2019 12:50 Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?

B30 akan diterapkan th 2020

Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat

Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel

Berikut daftarnya =

ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05

ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11

- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104

ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109

- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16

Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.

Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol

Salam sharing



images%20-%202019-08-20T190951.192.jpeg
Kalau oli diesel dari keluarga amsoil std ACEA nya tahun brpa om turbo? Terutama seri max duty 5W-30 (DHD) dan turbo truck 5W-40 (ADO). Kebetulan ane lagi pakai ini..
Coba e mail aja ke pihak Amsoil

Juga si leaflet pdf nya kan ada keterangan mengenai Drain interval when using BioDiesel, kalo mau long drain banget disarankan utk test lab oli nya

IMHO =
Kalo utk 10 - 15 rb km / 12 bulan sih gak masalah lah

Filter oli ganti di 10 rb km

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

sayaa siappp ajaaa....



yg penting harga goceng n oli 5-30 harga cepek eceng kalo ada...


I
ENJOY

EMEN

COOL CALM CONFIDENT


..............
...




:ngacir:
User avatar
udeste
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Wed Dec 12, 2018 3:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by udeste »

Om turbo, kalo kenaikan persentase bio ini selain acea yg perlu dicek di PDS nya apa aja ya?

Soalnya setau saya kandungan bio ini berbanding lurus dengan kandungan sulfur..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

udeste wrote:Om turbo, kalo kenaikan persentase bio ini selain acea yg perlu dicek di PDS nya apa aja ya?

Soalnya setau saya kandungan bio ini berbanding lurus dengan kandungan sulfur..
TBN dan SAPS

basic nya 2 itu

wkwkwkw
EACV
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Aug 27, 2019 12:58
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Bicycle

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by EACV »

BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.

BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.

Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.

https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf

Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

EACV wrote:BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.

BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.

Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.

https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf

Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
BioSolar B20 kadar sulphur 400 - 600 ppm

saya 2X test

kawan sekali test

Ada trit nya
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by boschdot »

Turboman wrote: Tue Aug 27, 2019 16:41
EACV wrote:BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.

BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.

Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.

https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf

Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
BioSolar B20 kadar sulphur 400 - 600 ppm

saya 2X test

kawan sekali test

Ada trit nya
apakah beda wilayah SPBU nya beda kadar sulfur nya om turbo??
ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by ndro »

B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman.. [emo-yesno] )
The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
full artikel disini:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Jailanijailani »

Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

ndro wrote:B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman.. [emo-yesno] )
The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
full artikel disini:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
haha itu kan berita "iklan"

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
ada test lab VOA / UOA nya ?
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Jailanijailani »

Turboman wrote: Fri Sep 06, 2019 14:42
Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
ada test lab VOA / UOA nya ?
https://www.deltalube.com/757-sae40/
nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by nizamuddinaulia »

Menurut standar acea tes biodiesel itu yang berpengaruh banget di oxidation sama soot (jelaga)
Oxidation biodiesel ngerusak viscosity oli, misal sae 40 viscosity jadi naik setelah puluhan jam pemakaian, sludge prevention berkurang
Ada penelitian bagus tes di vw 1.9 GDI monggo di cek

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... VNFnLKedQ2

Kemaren ganti filter solar atas bawah truk toyodai cukup bersih filternya, filter usia 20000 km kotorannya ga banyak. Kirain juga bakal jellying ternyata nggak.

B30 sih bagus yah.. cuma hampir semua truck manufacturer saranin drain interval di potong mungkin untuk antisipasi sifat oxidation biodiesel
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

oli
Jailanijailani wrote:
Turboman wrote: Fri Sep 06, 2019 14:42
Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
ada test lab VOA / UOA nya ?
https://www.deltalube.com/757-sae40/
oli SAE 40 lurus punya VI 158 ????

hard to believe

coba test ulang di Trakindo, test viskositas V100 & V40 aja

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by ak4ng »

ndro wrote: Fri Sep 06, 2019 8:55 B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman.. [emo-yesno] )
The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
full artikel disini:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
Hidup solar goceng :big_love: :big_love: :big_smoking: :big_biglaugh:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Andhyka »

Berarti jika pakai biosolar, kendaraan harus diisi oli yg paling encer dong, semakin encer semakin baik. 0W-20 punya Redline/Liqui Moly itu boleh gak ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Andhyka wrote:Berarti jika pakai biosolar, kendaraan harus diisi oli yg paling encer dong, semakin encer semakin baik. 0W-20 punya Redline/Liqui Moly itu boleh gak ya?
Teori dari mana ini ???



Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Zaxis »

Pemerintah aja ngetes isi biosolar ke mobil pribadi
Ampe 40 rb km

Jadi yah emg target market nya kan mobil pribadi
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau dex tetep nggak kena kebijakan ini kan?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

ak4ng wrote: Fri Sep 06, 2019 18:30
ndro wrote: Fri Sep 06, 2019 8:55 B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman.. [emo-yesno] )
The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
full artikel disini:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
Hidup solar goceng :big_love: :big_love: :big_smoking: :big_biglaugh:
hiduppppp....serba goceng.......:big_love: :big_love: :big_smoking: :big_biglaugh: