Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis & aman utk seal2

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis & aman utk seal2

Post by Turboman »

Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis dan aman (tidak akan merusak seal2)

Tujuan = agar oli lebih bisa utk Long Drain 8000 - 10.000 km

Bahan = 1 L oli murah (Mesran Super / dll)

Mesin mobil posisi MATI

Step2 =
1. Buang oli lama

2. Saat oli lama tinggal netes2 dari lubang bawah, tuang 1 L Mesran / oli murah utk dorong sisa2 oli lama keluar semua

3. Saat oli pendorong tinggal netes2 jarang, tutup lubang karter

Selesai

Cara ini juga bisa diterapkan pada mesin sedot oli, tuang 1 L oli murah saat oli lama sudah habis dissedot, lanjutkan sedot sampe oli pendorong habis dihisap

Tambahan =
Baut tutup karter oli semprot2 degreaser pada ulir nya, agar drat lubang oli di karter awet



indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis & aman utk seal2

Post by indeskey »

Siap om, sudah pernah ikutin cara om Turbo ini. Tapi itu oli seliter cepet bener langsung keluar hehehe.

Kalau kita masukin oli (misal fastron lcgc) dan dicampur pake bg epr dan di pake jalan 100-200 km terus buang, kira2 masih aman nggak om buat seal2.

Matur suwun.
Turboman wrote:Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis dan aman (tidak akan merusak seal2)

Tujuan = agar oli lebih bisa utk Long Drain 8000 - 10.000 km

Bahan = 1 L oli murah (Mesran Super / dll)

Mesin mobil posisi MATI

Step2 =
1. Buang oli lama

2. Saat oli lama tinggal netes2 dari lubang bawah, tuang 1 L Mesran / oli murah utk dorong sisa2 oli lama keluar semua

3. Saat oli pendorong tinggal netes2 jarang, tutup lubang karter

Selesai

Cara ini juga bisa diterapkan pada mesin sedot oli, tuang 1 L oli murah saat oli lama sudah habis dissedot, lanjutkan sedot sampe oli pendorong habis dihisap

Tambahan =
Baut tutup karter oli semprot2 degreaser pada ulir nya, agar drat lubang oli di karter awet
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis & aman utk seal2

Post by mbingtampan »

Oli murah yg buat flushingnya ada syarat tertentu ga Om? Misal SAE harus sama dengan oli yg mau diisi, atau standar tertentu lainnya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ritual "Flushing" saat ganti oli yg ekonomis & aman utk seal2

Post by Turboman »

mbingtampan wrote:Oli murah yg buat flushingnya ada syarat tertentu ga Om? Misal SAE harus sama dengan oli yg mau diisi, atau standar tertentu lainnya?
SAE sama atau lebih kental aja
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Ritual

Post by gadjahalphien »

Turboman wrote: Sun Dec 29, 2019 2:57 Bahan = 1 L oli murah (Mesran Super / dll)
Turboman wrote: Mon Dec 30, 2019 4:50
mbingtampan wrote:Oli murah yg buat flushingnya ada syarat tertentu ga Om? Misal SAE harus sama dengan oli yg mau diisi, atau standar tertentu lainnya?
SAE sama atau lebih kental aja
Apakah metoda ini bebas dari resiko oil nge-gel?
Mengingat antara oil awal, oil flushing dan oil baru pasti memiliki perbedaan base mineral/syntetic serta aditifnya.

Saya diberi info oleh sales oil mesin produksi (genset, compressor, hidraulic dkk). jika mau ganti oli, harus pastikan persamaan atau compability base oil dan aditifnya deh om.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ritual

Post by ak4ng »

Kalo saya biasanya sisa oli waktu 6bln lalu genti oli buat flush oli sekarang and selanjutnya selalu begitu, sehingga tidak ada perbedaan spek, paling oli yg buat flush nya udh teroksidasi. Cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Ritual

Post by henbob »

gadjahalphien wrote: Mon Dec 30, 2019 11:46
Turboman wrote: Sun Dec 29, 2019 2:57 Bahan = 1 L oli murah (Mesran Super / dll)
Turboman wrote: Mon Dec 30, 2019 4:50
mbingtampan wrote:Oli murah yg buat flushingnya ada syarat tertentu ga Om? Misal SAE harus sama dengan oli yg mau diisi, atau standar tertentu lainnya?
SAE sama atau lebih kental aja
Apakah metoda ini bebas dari resiko oil nge-gel?
Mengingat antara oil awal, oil flushing dan oil baru pasti memiliki perbedaan base mineral/syntetic serta aditifnya.

Saya diberi info oleh sales oil mesin produksi (genset, compressor, hidraulic dkk). jika mau ganti oli, harus pastikan persamaan atau compability base oil dan aditifnya deh om.
Kalo mau aman ya specnya dibuat sama aja sekalian. Ngegel disini mungkin udah kecampur cairan lainnya? ato dikasi aditif? bnyk sih yg bisa bikin ngegel, bisa aja gara2 oli lama jg ato palsu atau sering dipake ditmpt yg dingin2 (dibawah 20 derajat).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ritual

Post by Turboman »

gadjahalphien wrote:
Apakah metoda ini bebas dari resiko oil nge-gel?
Mengingat antara oil awal, oil flushing dan oil baru pasti memiliki perbedaan base mineral/syntetic serta aditifnya.

Saya diberi info oleh sales oil mesin produksi (genset, compressor, hidraulic dkk). jika mau ganti oli, harus pastikan persamaan atau compability base oil dan aditifnya deh om.
nggak lah

motor oil mau base oil
- Grup 1
- Grup 2
- Grup 3
- Grup 4
- Grup 5

itu saling bercampur sempurna

kalo oli2 buatan USA di label belakang rata2 ada tulisan compatible with other motor oil / semacamnya

Lain halnya dengan GREASE, beda jenis Soap nya belom tentu bisa mix loh......contoh Lithium soap gak kompatibel dengan PolyUrea soap



User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ritual

Post by 12punch »

mantep akan ane praktekkan
oli pendorongnya tidak harus yg full synthetic kan? asal murah aja?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ritual

Post by rudyzanetti »

Dulu saya pernah flushing sendiri dirumah. Tp ya pake cairan engine flush, siapin oli sae 10 6liter, ama filter oli murah.
1. Masukin engine flush ke mesin, biarin idle kurang lebih 10 ampe 15 menit.
2. Buang oli lama yg uda kecampur engine flush, sekalian ganti filternya.
3. Masukin oli sae 10 sesuai takaran di manual book( dimobil saya 3 liter+filter oli). Jgn lupa ganti jg oli filternya. Pake yg murah jg cukup.
4. Biarin idle selama 10 sampai 15 menit.
5. Ketika sudah selesai, buang sisa oli sae 10 td. Masukin lagi oli sae 10 3 liter. Filter ga diganti gpp. Biarin idle 10 ampe 15 menit.
6. Sudah selesai, buang oli sae 10 td, sekalian ganti filternya.
7. Masukin oli yg om2 pengen + jgn lupa ganti filternya.
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ritual

Post by 12punch »

Image

kalau mobil ane 5W30, pendorongnya pakai mesran SAE40 yang ini ya om turboman?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ritual

Post by Turboman »

12punch wrote:Image

kalau mobil ane 5W30, pendorongnya pakai mesran SAE40 yang ini ya om turboman?
bebas mau SAE mana aja

yg penting bukan Gear oil / minyak goreng

(MiGor = angka Oxidation & Sulphation sgt tinggi )
168agp
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Feb 25, 2020 3:54
Location: Bekasi
Daily Vehicle: LMPV

Re: Ritual

Post by 168agp »

Kalau pakai ini gimana om Turbo?
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
Bisa di pakai nggak?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ritual

Post by Turboman »

168agp wrote:Kalau pakai ini gimana om Turbo?
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
Bisa di pakai nggak?
memang itu oli kannn........bukan kerosene

aman
Fiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Sep 22, 2019 7:46
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova

Re: Ritual

Post by Fiko »

Om Turbo kalo flush engine pakai xado vita flush aman tidak ya? Terima kasih
Oh ya om pemakaian xado amc tuning / max gimana menurut Om? Rencananya mau dipakai di inova 2015
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ritual

Post by Greenhunter »

rudyzanetti wrote: Mon Jan 27, 2020 9:34 Dulu saya pernah flushing sendiri dirumah. Tp ya pake cairan engine flush, siapin oli sae 10 6liter, ama filter oli murah.
1. Masukin engine flush ke mesin, biarin idle kurang lebih 10 ampe 15 menit.
2. Buang oli lama yg uda kecampur engine flush, sekalian ganti filternya.
3. Masukin oli sae 10 sesuai takaran di manual book( dimobil saya 3 liter+filter oli). Jgn lupa ganti jg oli filternya. Pake yg murah jg cukup.
4. Biarin idle selama 10 sampai 15 menit.
5. Ketika sudah selesai, buang sisa oli sae 10 td. Masukin lagi oli sae 10 3 liter. Filter ga diganti gpp. Biarin idle 10 ampe 15 menit.
6. Sudah selesai, buang oli sae 10 td, sekalian ganti filternya.
7. Masukin oli yg om2 pengen + jgn lupa ganti filternya.
proses bilasnya diulang 2x pada nomer 3 dan 5 ? overkill nih, buang oli 6 liter. apakah memang harus begini, kalau 1x aja proses bilasnya bagaimana ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ritual

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Mon Dec 11, 2023 3:17
rudyzanetti wrote: Mon Jan 27, 2020 9:34 Dulu saya pernah flushing sendiri dirumah. Tp ya pake cairan engine flush, siapin oli sae 10 6liter, ama filter oli murah.
1. Masukin engine flush ke mesin, biarin idle kurang lebih 10 ampe 15 menit.
2. Buang oli lama yg uda kecampur engine flush, sekalian ganti filternya.
3. Masukin oli sae 10 sesuai takaran di manual book( dimobil saya 3 liter+filter oli). Jgn lupa ganti jg oli filternya. Pake yg murah jg cukup.
4. Biarin idle selama 10 sampai 15 menit.
5. Ketika sudah selesai, buang sisa oli sae 10 td. Masukin lagi oli sae 10 3 liter. Filter ga diganti gpp. Biarin idle 10 ampe 15 menit.
6. Sudah selesai, buang oli sae 10 td, sekalian ganti filternya.
7. Masukin oli yg om2 pengen + jgn lupa ganti filternya.
proses bilasnya diulang 2x pada nomer 3 dan 5 ? overkill nih, buang oli 6 liter. apakah memang harus begini, kalau 1x aja proses bilasnya bagaimana ?
Ini klo saya yah; Selama mesin no varnish...

Dalam kondisi mesin OFF,
- Setelah tetes terakhir oli lama, cukup dorong pakai oli mesran murah 1-2 liter.
- Baru habis tu ganti filter dan olinya barunya sekalian.

kenapa?... karena jelaga, ampas, atau sisa oli lama yg ngendap di oil-pan, bisa kedorong keluar.
nanti lihat aja pas ngedorong oli lama, setelah di tetes akhir pas nuang mesran murah, olinya jadi lbh bening.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ritual

Post by ilhami »

kalau buka cover mesin atas, biasanya hitam-hitam sludge nya disitu. Apa bisa bersih karena posisi nya diatas?