Goodbye Isuzu Panther ???

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by faridrach »

Punya banyak kenangan sama Panther... bokap pecinta berat mobil ini.

Pertama bokap punya Panther itu seri grand deluxe tahun 94/95 agak lupa. Bangku baris ketiga masih model menyamping hadap2an.. Setiap momen mudik, di antara bangku itu disisipi koper dan tas baju lalu diberi alas. Lengkap dengan bantal dan guling, aahh... benar2 momen yg susah dilupakan. Jaman dulu belom ada tol jadi full lewat pantura ketemu bis2 malam.

Lalu tahun 2003 bokap memutuskan utk menjual Panther grand deluxenya dan ganti ke Black Panther limited edition. Gagah bener pada masanya, termasuk mobil rare. Pemakaian 10 tahun hingga 2013 benar2 mobil sangat bandel. Bener2 inget penggantian kampas kopling bahkan baru dilakukan sesaat sebelum dijual, artinya itu kampas bisa bertahan 10 tahun.. emejing....

Tahun 2013 lagi2 bokap belum mau move on dari Panther, berencana mengganti ke Panther lagi, tapi nyokap tdk setuju (karena interior & exterior benar2 tdk ada perubahan) dan akhirnya bokap ngalah ambil fortuner VNT 2013. Pakai VNT bokap terlihat gak begitu puas. Suatu saat supir nganter nyokap dini hari ke bandara, tiba2 si VNT mogok di tol jorr dan posisi buru2 takut ketinggalan pesawat akhirnya naek taksi. Si pak supir akhirnya ke bengkel dan ternyata penyebabnya adalah pemakaian bio solar (banyak komponen yang bener2 kotor sama lumpur bio solar). Sejak saat itu gak pernah lagi isi bio solar. Begitu bokap tau, bokap bilang "dibilang juga apa, gak ada yg nandingin bandelnya Panther, Panther puluhan tahun pakai bio solar gak pernah ada masalah" wkkww... tetep tdk bisa move on. Pemakaian VNT cuma bertahan 4 tahun lebih tdk sampai 5 tahun krn bokap bener2 gak puas dari segi ketahanan dan juga gak irit katanya, di jual 2018.

Puncaknya 2 bulan lalu bokap diem2 beli Panther lagi tanpa bilang2 sama nyokap wkwkkw bener2 dah tau2 udah keparkir di garasi. Yaitu Panther grand touring second tahun 2013. Bener2 itu mobil dirawat bener gak boleh kotor gak boleh dipakai sembarangan.

Bagi sebagian orang, Panther emang bikin susah move on hehehhee... sekian.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by MSU »

faridrach wrote: Sun Aug 02, 2020 12:02 Punya banyak kenangan sama Panther... bokap pecinta berat mobil ini.

Pertama bokap punya Panther itu seri grand deluxe tahun 94/95 agak lupa. Bangku baris ketiga masih model menyamping hadap2an.. Setiap momen mudik, di antara bangku itu disisipi koper dan tas baju lalu diberi alas. Lengkap dengan bantal dan guling, aahh... benar2 momen yg susah dilupakan. Jaman dulu belom ada tol jadi full lewat pantura ketemu bis2 malam.

Lalu tahun 2003 bokap memutuskan utk menjual Panther grand deluxenya dan ganti ke Black Panther limited edition. Gagah bener pada masanya, termasuk mobil rare. Pemakaian 10 tahun hingga 2013 benar2 mobil sangat bandel. Bener2 inget penggantian kampas kopling bahkan baru dilakukan sesaat sebelum dijual, artinya itu kampas bisa bertahan 10 tahun.. emejing....

Tahun 2013 lagi2 bokap belum mau move on dari Panther, berencana mengganti ke Panther lagi, tapi nyokap tdk setuju (karena interior & exterior benar2 tdk ada perubahan) dan akhirnya bokap ngalah ambil fortuner VNT 2013. Pakai VNT bokap terlihat gak begitu puas. Suatu saat supir nganter nyokap dini hari ke bandara, tiba2 si VNT mogok di tol jorr dan posisi buru2 takut ketinggalan pesawat akhirnya naek taksi. Si pak supir akhirnya ke bengkel dan ternyata penyebabnya adalah pemakaian bio solar (banyak komponen yang bener2 kotor sama lumpur bio solar). Sejak saat itu gak pernah lagi isi bio solar. Begitu bokap tau, bokap bilang "dibilang juga apa, gak ada yg nandingin bandelnya Panther, Panther puluhan tahun pakai bio solar gak pernah ada masalah" wkkww... tetep tdk bisa move on. Pemakaian VNT cuma bertahan 4 tahun lebih tdk sampai 5 tahun krn bokap bener2 gak puas dari segi ketahanan dan juga gak irit katanya, di jual 2018.

Puncaknya 2 bulan lalu bokap diem2 beli Panther lagi tanpa bilang2 sama nyokap wkwkkw bener2 dah tau2 udah keparkir di garasi. Yaitu Panther grand touring second tahun 2013. Bener2 itu mobil dirawat bener gak boleh kotor gak boleh dipakai sembarangan.

Bagi sebagian orang, Panther emang bikin susah move on hehehhee... sekian.
Haha...banyak memori ya
Untuk panther perhatikan kaki2 depan aja terutama balljoint & khusus tipe GT ban gede bearing roda depan perlu perhatian. Selebihnya tune up biasa aja
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by Kent »

faridrach wrote: Sun Aug 02, 2020 12:02 Punya banyak kenangan sama Panther... bokap pecinta berat mobil ini.

Pertama bokap punya Panther itu seri grand deluxe tahun 94/95 agak lupa. Bangku baris ketiga masih model menyamping hadap2an.. Setiap momen mudik, di antara bangku itu disisipi koper dan tas baju lalu diberi alas. Lengkap dengan bantal dan guling, aahh... benar2 momen yg susah dilupakan. Jaman dulu belom ada tol jadi full lewat pantura ketemu bis2 malam.

Lalu tahun 2003 bokap memutuskan utk menjual Panther grand deluxenya dan ganti ke Black Panther limited edition. Gagah bener pada masanya, termasuk mobil rare. Pemakaian 10 tahun hingga 2013 benar2 mobil sangat bandel. Bener2 inget penggantian kampas kopling bahkan baru dilakukan sesaat sebelum dijual, artinya itu kampas bisa bertahan 10 tahun.. emejing....

Tahun 2013 lagi2 bokap belum mau move on dari Panther, berencana mengganti ke Panther lagi, tapi nyokap tdk setuju (karena interior & exterior benar2 tdk ada perubahan) dan akhirnya bokap ngalah ambil fortuner VNT 2013. Pakai VNT bokap terlihat gak begitu puas. Suatu saat supir nganter nyokap dini hari ke bandara, tiba2 si VNT mogok di tol jorr dan posisi buru2 takut ketinggalan pesawat akhirnya naek taksi. Si pak supir akhirnya ke bengkel dan ternyata penyebabnya adalah pemakaian bio solar (banyak komponen yang bener2 kotor sama lumpur bio solar). Sejak saat itu gak pernah lagi isi bio solar. Begitu bokap tau, bokap bilang "dibilang juga apa, gak ada yg nandingin bandelnya Panther, Panther puluhan tahun pakai bio solar gak pernah ada masalah" wkkww... tetep tdk bisa move on. Pemakaian VNT cuma bertahan 4 tahun lebih tdk sampai 5 tahun krn bokap bener2 gak puas dari segi ketahanan dan juga gak irit katanya, di jual 2018.

Puncaknya 2 bulan lalu bokap diem2 beli Panther lagi tanpa bilang2 sama nyokap wkwkkw bener2 dah tau2 udah keparkir di garasi. Yaitu Panther grand touring second tahun 2013. Bener2 itu mobil dirawat bener gak boleh kotor gak boleh dipakai sembarangan.

Bagi sebagian orang, Panther emang bikin susah move on hehehhee... sekian.
Wow sekali ceritanya, ini hampir mirip kayak dirumah saya.
beda nya papa saya selalu heboh2in panther, tp dy hanya pakai 1x ketika baru beli 2010 GT.
sisanya tdk pernah di sentuh, tp klo ngobrol selalu bangga2kan panther (antik kan).
sekarang kerjanya cuman di panasin dan ganti oli aja.
tp memang perlu di akui sih, mobil ini bandel bgt tp karena low tech (tp kategori NO TECH), ya gk akan rusak.

panther pertama saya jg kebetulan thn 94, tp dulu beli second ketika thn 98.
kemudian di pakai operational (krn dulu cuman ada mobil ini satu2nya)
sampe akhirnya thn 2010 di ganti ke new GT, di ganti pdhal panther nya tdk di pakai (keropos sana sini bagian pintu penumpang (masih hadap2an) dan bagian deket roda sampe bolong ke lantai).

however sih solar nya gk irit2 banget sih ya, setau saya selalu panteng di 10,5 km/ltr (gk bs naik gk bs turun, mau macet atau lancar sama aja)
cuman maintenance nya sih beneran amazing, ganti shock aja lengkap 4 buah sama jasa di beres gk sampe 2jt (udah shock jenis paling mahal di beres).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by Turboman »

Kent wrote:
faridrach wrote: Sun Aug 02, 2020 12:02 Punya banyak kenangan sama Panther... bokap pecinta berat mobil ini.

Pertama bokap punya Panther itu seri grand deluxe tahun 94/95 agak lupa. Bangku baris ketiga masih model menyamping hadap2an.. Setiap momen mudik, di antara bangku itu disisipi koper dan tas baju lalu diberi alas. Lengkap dengan bantal dan guling, aahh... benar2 momen yg susah dilupakan. Jaman dulu belom ada tol jadi full lewat pantura ketemu bis2 malam.

Lalu tahun 2003 bokap memutuskan utk menjual Panther grand deluxenya dan ganti ke Black Panther limited edition. Gagah bener pada masanya, termasuk mobil rare. Pemakaian 10 tahun hingga 2013 benar2 mobil sangat bandel. Bener2 inget penggantian kampas kopling bahkan baru dilakukan sesaat sebelum dijual, artinya itu kampas bisa bertahan 10 tahun.. emejing....

Tahun 2013 lagi2 bokap belum mau move on dari Panther, berencana mengganti ke Panther lagi, tapi nyokap tdk setuju (karena interior & exterior benar2 tdk ada perubahan) dan akhirnya bokap ngalah ambil fortuner VNT 2013. Pakai VNT bokap terlihat gak begitu puas. Suatu saat supir nganter nyokap dini hari ke bandara, tiba2 si VNT mogok di tol jorr dan posisi buru2 takut ketinggalan pesawat akhirnya naek taksi. Si pak supir akhirnya ke bengkel dan ternyata penyebabnya adalah pemakaian bio solar (banyak komponen yang bener2 kotor sama lumpur bio solar). Sejak saat itu gak pernah lagi isi bio solar. Begitu bokap tau, bokap bilang "dibilang juga apa, gak ada yg nandingin bandelnya Panther, Panther puluhan tahun pakai bio solar gak pernah ada masalah" wkkww... tetep tdk bisa move on. Pemakaian VNT cuma bertahan 4 tahun lebih tdk sampai 5 tahun krn bokap bener2 gak puas dari segi ketahanan dan juga gak irit katanya, di jual 2018.

Puncaknya 2 bulan lalu bokap diem2 beli Panther lagi tanpa bilang2 sama nyokap wkwkkw bener2 dah tau2 udah keparkir di garasi. Yaitu Panther grand touring second tahun 2013. Bener2 itu mobil dirawat bener gak boleh kotor gak boleh dipakai sembarangan.

Bagi sebagian orang, Panther emang bikin susah move on hehehhee... sekian.
Wow sekali ceritanya, ini hampir mirip kayak dirumah saya.
beda nya papa saya selalu heboh2in panther, tp dy hanya pakai 1x ketika baru beli 2010 GT.
sisanya tdk pernah di sentuh, tp klo ngobrol selalu bangga2kan panther (antik kan).
sekarang kerjanya cuman di panasin dan ganti oli aja.
tp memang perlu di akui sih, mobil ini bandel bgt tp karena low tech (tp kategori NO TECH), ya gk akan rusak.

panther pertama saya jg kebetulan thn 94, tp dulu beli second ketika thn 98.
kemudian di pakai operational (krn dulu cuman ada mobil ini satu2nya)
sampe akhirnya thn 2010 di ganti ke new GT, di ganti pdhal panther nya tdk di pakai (keropos sana sini bagian pintu penumpang (masih hadap2an) dan bagian deket roda sampe bolong ke lantai).

however sih solar nya gk irit2 banget sih ya, setau saya selalu panteng di 10,5 km/ltr (gk bs naik gk bs turun, mau macet atau lancar sama aja)
cuman maintenance nya sih beneran amazing, ganti shock aja lengkap 4 buah sama jasa di beres gk sampe 2jt (udah shock jenis paling mahal di beres).
4JA1 klep bisa disetel

Purging rutin ?
User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
Location: Java Island

Post by privatemember »

Penerapan Euro 4 Ditunda, Isuzu Panther Masih Bisa Bernapas
30 Jun 2020 - Dionisio Damara
General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril mengatakan bahwa mundurnya wajib standar Euro 4 hingga 2022, setidaknya memberikan kesempatan bagi Isuzu Panther untuk tetap eksis di pasar otomotif nasional.

“Dengan mundur satu tahun, artinya Panther masih ada napas. Siapa tahu kebijakan Euro 4 untuk kendaraan diesel tidak jadi lagi pada 2022, sehingga Panther masih akan tetap ada,” ujarnya dalam diskusi daring, pekan lalu.

Menurutnya, selama masih ada kesempatan, IAMI akan terus memasarkan mobil yang pernah ditahbiskan sebagai ‘raja diesel’ tersebut. Adapun Panther diketahui masih menggunakan mesin berstandar Euro 2.

Code: Select all

sumber: https://otomotif.bisnis.com/read/20200630/46/1259721/penerapan-euro-4-ditunda-isuzu-panther-masih-bisa-bernapas
Ini sekadar guyon atau memang "jujur" IAMI-nya berpasrah diri dengan aturan emisi diesel? :big_chicken: ini pun juga sekaligus secara tidak langsung menyiratkan bahwa sesungguhnya Astera ingin Panther diperbarui all-new, tetapi tidak ditanggapi prinsipal Jepang-nya, sehingga akhirnya pilihan terakhir adalah tetap produksi dan memasarkan current-gen Panther sebisa mungkin hingga "dilarang" Pemerintah Indonesia.

--------*********---------
ginting wrote: Fri Feb 07, 2020 10:48menurut literatur yg saya baca, AT milik panther sama dengan AT milik Suzuki APV

silahkan dicek lebih detail..
Dari penelusuran matik ini speknya ada di sekitar Aisin 03-72 atau 03-71. Tidak hanya APV, tapi juga Escudo gen.2, Kuda, bahkan...Innova Bensin lama! Cukup logis sih soalnya kemampuan mesin mereka overall hampir sama, plus onderdilnya sebagian common.

Makanya saya tak heran kalau ditandem mesin bensin kok jadi bodoh (udah berapa kali saya diomelin penumpang gara-gara saya diserang virus gear-hunting di kecepatan/RPM tanggung wkwkwk) plus Sahabat Pertaminyak, ternyata karena teknologi late 90's :weekk: memang bukan AT yang mentolerir modifikasi mesin ekstrim, tapi dipakai jorok pun tetap terbukti awet.
NB: saya baru pernah coba Escudo 2.0 AT saudara dan ngerental Innova 2.0 AT, ya. Jadi belum tentu mobil lain impresinya begini juga, apalagi Panther yang mudah sekali mendapatkan torsi bawah enak.

Kalau Innova/Fortuner diesel, masih di atasnya ini ya torque ratingnya, pakainya tranny turunan Supra. Makanya D-4D opreker banyak pakai varian AT karena tahan siksa 🤭
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re:

Post by ChZ »

privatemember wrote: Wed Aug 12, 2020 14:15 Penerapan Euro 4 Ditunda, Isuzu Panther Masih Bisa Bernapas
30 Jun 2020 - Dionisio Damara
General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril mengatakan bahwa mundurnya wajib standar Euro 4 hingga 2022, setidaknya memberikan kesempatan bagi Isuzu Panther untuk tetap eksis di pasar otomotif nasional.

“Dengan mundur satu tahun, artinya Panther masih ada napas. Siapa tahu kebijakan Euro 4 untuk kendaraan diesel tidak jadi lagi pada 2022, sehingga Panther masih akan tetap ada,” ujarnya dalam diskusi daring, pekan lalu.

Menurutnya, selama masih ada kesempatan, IAMI akan terus memasarkan mobil yang pernah ditahbiskan sebagai ‘raja diesel’ tersebut. Adapun Panther diketahui masih menggunakan mesin berstandar Euro 2.

Code: Select all

sumber: https://otomotif.bisnis.com/read/20200630/46/1259721/penerapan-euro-4-ditunda-isuzu-panther-masih-bisa-bernapas
Ini sekadar guyon atau memang "jujur" IAMI-nya berpasrah diri dengan aturan emisi diesel? :big_chicken: ini pun juga sekaligus secara tidak langsung menyiratkan bahwa sesungguhnya Astera ingin Panther diperbarui all-new, tetapi tidak ditanggapi prinsipal Jepang-nya, sehingga akhirnya pilihan terakhir adalah tetap produksi dan memasarkan current-gen Panther sebisa mungkin hingga "dilarang" Pemerintah Indonesia.
wacana euro4 ini dari kapan taun jg kayaknya jadi wacana forever... yah gimana mau euro4 gak siap infrastruktur... boncosss pak industri disuruh ngisi dex buat angkutan :mky_07:

apalagi bisnis tambang yang isinya orang2 ring 1 pemerintah :upss:

IAMI di indo rasanya emang cuma niat jualan truk... pdhl platform mesin bluepower udah siap. 4JA-1 bluepower jg jadi mesinnya traga di luar. di sini dong traga nya tetep aj pake mesin penter... :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by smgandi »

All newnya panther, ya Mux itu. Ane liat basicnya panther yg sekarang dari ijuju Mu dgn dashboard yg sama persis dan cuma panther minibus yg baut rodanya 6 seperti SUV.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by pradit_d »

Banyak jg yg menyayangkan panther generasi ini discontinue, tapi beli jg ga mau...hahaha
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by ChZ »

pradit_d wrote: Thu Aug 13, 2020 5:23 Banyak jg yg menyayangkan panther generasi ini discontinue, tapi beli jg ga mau...hahaha
panther discontinue sayang
merek tidak laku discontinue sayang

padahal ya memang tidak ada yang beli. bilang orang sini buta merek padahal kalo disuruh beli sendiri ya ogah...

ujungnya ya pragmatis beli yang serba mudah. sdh lah pada akhirnya mobil itu hanya tools kecuali bagi yang memang berduit pny privilege untuk beli mobil beneran dinikmatin. sisanya ya durability, parts, resale value lebih penting.

pasar itu hukum rimba, siapa yang kuat dia yang menang... kalo pabrikan tdk berhasil menangin hati konsumen ya either produknya tdk bisa diterima atau simply tidak bisa jualan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re:

Post by AR93 »

privatemember wrote: Wed Aug 12, 2020 14:15 Penerapan Euro 4 Ditunda, Isuzu Panther Masih Bisa Bernapas
30 Jun 2020 - Dionisio Damara
General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril mengatakan bahwa mundurnya wajib standar Euro 4 hingga 2022, setidaknya memberikan kesempatan bagi Isuzu Panther untuk tetap eksis di pasar otomotif nasional.

“Dengan mundur satu tahun, artinya Panther masih ada napas. Siapa tahu kebijakan Euro 4 untuk kendaraan diesel tidak jadi lagi pada 2022, sehingga Panther masih akan tetap ada,” ujarnya dalam diskusi daring, pekan lalu.

Menurutnya, selama masih ada kesempatan, IAMI akan terus memasarkan mobil yang pernah ditahbiskan sebagai ‘raja diesel’ tersebut. Adapun Panther diketahui masih menggunakan mesin berstandar Euro 2.

Code: Select all

sumber: https://otomotif.bisnis.com/read/20200630/46/1259721/penerapan-euro-4-ditunda-isuzu-panther-masih-bisa-bernapas
Ini sekadar guyon atau memang "jujur" IAMI-nya berpasrah diri dengan aturan emisi diesel? :big_chicken: ini pun juga sekaligus secara tidak langsung menyiratkan bahwa sesungguhnya Astera ingin Panther diperbarui all-new, tetapi tidak ditanggapi prinsipal Jepang-nya, sehingga akhirnya pilihan terakhir adalah tetap produksi dan memasarkan current-gen Panther sebisa mungkin hingga "dilarang" Pemerintah Indonesia.
Halah ini sih omong kosong, Panther itu bener2 udah stop produksi sejak Februari lalu... Bisa dicek di data gaikindo bulan maret keatas udah nol produksi. Yang sempet beredar gambar farewell di pabriknya itu bukan hoax, itu beneran. PR nya isuzu mungkin ketakutan yang stok di gudang gak laku atau gimana jadi mereka ngakunya hoax :big_biglaugh:
Last edited by AR93 on Thu Aug 13, 2020 8:05, edited 3 times in total.
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by smgandi »

merek tidak laku discontinue sayang
:big_cat: dibilang bahan bully lah :wkkk: :big_biglaugh: :big_weee:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re:

Post by ChZ »

AR93 wrote: Thu Aug 13, 2020 7:47
Halah ini sih omong kosong, Panther itu bener2 udah stop produksi sejak Februari lalu... Bisa dicek di data gaikindo bulan maret keatas udah nol produksi. Yang sempet beredar gambar farewell di pabriknya itu bukan hoax, itu beneran. PR nya isuzu mungkin ketakutan yang stok di gudang gak laku atau gimana jadi mereka ngakunya hoax :big_biglaugh:
maksud si IAMI

"stop produksinya" ya nunggu ente ente yg bilang sayang penter discontinue pada beli ngabisin nih stok lama.... :big_weee:

siapa tau 2-3 taun lagi panther baru NOS jadi good deal buat mobil perang :big_comfort: lumayan khan dari 300 jt sisa 150 juta, lbh murah dari sigra atau lcgc bisa solar busuk...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Re:

Post by smgandi »

AR93 wrote: Thu Aug 13, 2020 7:47

Halah ini sih omong kosong, Panther itu bener2 udah stop produksi sejak Februari lalu... Bisa dicek di data gaikindo bulan maret keatas udah nol produksi. Yang sempet beredar gambar farewell di pabriknya itu bukan hoax, itu beneran. PR nya isuzu mungkin ketakutan yang stok di gudang gak laku atau gimana jadi mereka ngakunya hoax :big_biglaugh:
Ya inilah the real life, hal yg sebenarnya tetapi dikatakan hoax :big_grin:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by AR93 »

ChZ wrote: Thu Aug 13, 2020 5:55
pradit_d wrote: Thu Aug 13, 2020 5:23 Banyak jg yg menyayangkan panther generasi ini discontinue, tapi beli jg ga mau...hahaha
panther discontinue sayang
merek tidak laku discontinue sayang

padahal ya memang tidak ada yang beli. bilang orang sini buta merek padahal kalo disuruh beli sendiri ya ogah...

ujungnya ya pragmatis beli yang serba mudah. sdh lah pada akhirnya mobil itu hanya tools kecuali bagi yang memang berduit pny privilege untuk beli mobil beneran dinikmatin. sisanya ya durability, parts, resale value lebih penting.

pasar itu hukum rimba, siapa yang kuat dia yang menang... kalo pabrikan tdk berhasil menangin hati konsumen ya either produknya tdk bisa diterima atau simply tidak bisa jualan.
Solusinya sih all new, mestinya pake platform d-max baru tuh bikin kayak Innova.

Ngomong-ngomong, pada 2016 lalu Isuzu bener-bener udah mulai develop Panther baru dengan codename RU30 (https://indianautosblog.com/isuzu-ru30- ... ia-p220331) (https://auto.economictimes.indiatimes.c ... t/51144685), pasar utamanya kemungkinan Indonesia dan India (pake nama Chevrolet Tavera disana), target produksi 40 ribu per tahun di India. Sepertinya alasan mereka awalnya berani bikin all new karena Chevrolet Tavera itu tulang punggung GM di India, dan terancam discontinue 2017 akibat peraturan emisi dan safety (wajib airbag, ABS). Kalo Tavera sampe discontinue GM bingung mau jualan apa disono.

Sayangnya, batal dan gagal total gara-gara GM berubah strategi dan memilih buat cabut dari India di 2017 daripada mesti invest2 lagi. Mungkin kalo cuma dijual di Indonesia mereka pikir gak bakal nutup ongkos R&D. Isuzu sampe commit buat bangun pabrik di Sri City India (sekarang cuma bikin D-Max sama MU-X itupun gak laku), bukti kuat bahwa project ini sempat direncanakan.
Isuzu is currently working on a Toyota Innova rival (codenamed RU30) which, ET Auto reports, could also be shared with GM India.

As of now, there are very little details on the RU30 MPV. It is likely to manufactured at high localization levels at the company's new full fledged manufacturing plant at Sri City, Andhra Pradesh, which could also be the production base of the Chevrolet MPV, if the plan were to materialize. Older reports stated that Isuzu were planning to sell around 40,000 units of the MPV in the Indian market per annum.

ET Auto also reports that Chevrolet is looking to source a diesel engine from Isuzu for the Chevrolet Tavera to meet future emission norms. The Chevrolet Tavera will continue being sold in India beyond 2017, the report states.
A Bharat Stage IV diesel engine for GM’s Tavera is high on the discussion list, as the US auto maker seeks to keep the multipurpose vehicle, its warhorse in India, in the portfolio beyond 2017 when the current emission standards will become obsolete.

Another is the possibility of co-badging a future MPV of Isuzu, which is codenamed RU30, five people in the know of the plan told ETAuto.

The discussion happens at a time when GM is undergoing a makeover in India, a market where it is present for two decades, but remains a fringe player.

The company, which had to recall about 1.14 lakh Taveras over emission issues in 2013, is working on revamping its product portfolio and facilities and improving the image of the badly battered Chevrolet brand in India.

The company’s annual sales volume has almost halved from 2011 to about 50,000 units now.

“General Motors is currently undergoing a major cleanup act. The management is all new. The plant in Gujarat is likely to be sold shortly. The company is also expected to retire some of the Chinese platform models like Sail U-VA and Enjoy," said one of the five people.

“These tie-up talks are part of GM's endeavour to strengthen its appeal in the utility vehicle space.”
Tapi mana tau, jangan-jangan cuma dilakukan penundaan bukan cancel (cie ngarep), karena Isuzu juga gak pernah tegas bilang bahwa gak bakal ada Panther baru.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by ChZ »

AR93 wrote: Thu Aug 13, 2020 8:05
Solusinya sih all new, mestinya pake platform d-max baru tuh bikin kayak Innova.

Ngomong-ngomong, pada 2016 lalu Isuzu bener-bener udah mulai develop Panther baru dengan codename RU30 (https://indianautosblog.com/isuzu-ru30- ... ia-p220331) (https://auto.economictimes.indiatimes.c ... t/51144685), pasar utamanya kemungkinan Indonesia dan India (pake nama Chevrolet Tavera disana), target produksi 40 ribu per tahun di India. Sepertinya alasan mereka awalnya berani bikin all new karena Chevrolet Tavera itu tulang punggung GM di India, dan terancam discontinue 2017 akibat peraturan emisi dan safety (wajib airbag, ABS). Kalo Tavera sampe discontinue GM bingung mau jualan apa disono.

Sayangnya, batal dan gagal total gara-gara GM berubah strategi dan memilih buat cabut dari India di 2017 daripada mesti invest2 lagi. Mungkin kalo cuma dijual di Indonesia mereka pikir gak bakal nutup ongkos R&D. Isuzu sampe commit buat bangun pabrik di Sri City India (sekarang cuma bikin D-Max sama MU-X itupun gak laku), bukti kuat bahwa project ini sempat direncanakan.
Isuzu is currently working on a Toyota Innova rival (codenamed RU30) which, ET Auto reports, could also be shared with GM India.

As of now, there are very little details on the RU30 MPV. It is likely to manufactured at high localization levels at the company's new full fledged manufacturing plant at Sri City, Andhra Pradesh, which could also be the production base of the Chevrolet MPV, if the plan were to materialize. Older reports stated that Isuzu were planning to sell around 40,000 units of the MPV in the Indian market per annum.

ET Auto also reports that Chevrolet is looking to source a diesel engine from Isuzu for the Chevrolet Tavera to meet future emission norms. The Chevrolet Tavera will continue being sold in India beyond 2017, the report states.
Tapi mana tau, jangan-jangan cuma dilakukan penundaan bukan cancel (cie ngarep), karena Isuzu juga gak pernah tegas bilang bahwa gak bakal ada Panther baru.
hahahahaha GM lagi GM lagi... nih merek emang ga punya strategi jangka panjang di asia pacific... apalagi sejak om trump berkuasa makin maleslah main di asia... di kandang sendiri enak dianak emasin ama si om trump yg genjot produk dalem negrinya USA. mungkin seluruh chain di asia selain thailand tutup juga nggak terlalu ngaruh.

kalo jadi seru tuh padahal... GM-Isuzu udah punya portfolio duo SUV MUX dan TB...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by Rakean »

faridrach wrote: Sun Aug 02, 2020 12:02 Punya banyak kenangan sama Panther... bokap pecinta berat mobil ini.

Pertama bokap punya Panther itu seri grand deluxe tahun 94/95 agak lupa. Bangku baris ketiga masih model menyamping hadap2an.. Setiap momen mudik, di antara bangku itu disisipi koper dan tas baju lalu diberi alas. Lengkap dengan bantal dan guling, aahh... benar2 momen yg susah dilupakan. Jaman dulu belom ada tol jadi full lewat pantura ketemu bis2 malam.

Lalu tahun 2003 bokap memutuskan utk menjual Panther grand deluxenya dan ganti ke Black Panther limited edition. Gagah bener pada masanya, termasuk mobil rare. Pemakaian 10 tahun hingga 2013 benar2 mobil sangat bandel. Bener2 inget penggantian kampas kopling bahkan baru dilakukan sesaat sebelum dijual, artinya itu kampas bisa bertahan 10 tahun.. emejing....

Tahun 2013 lagi2 bokap belum mau move on dari Panther, berencana mengganti ke Panther lagi, tapi nyokap tdk setuju (karena interior & exterior benar2 tdk ada perubahan) dan akhirnya bokap ngalah ambil fortuner VNT 2013. Pakai VNT bokap terlihat gak begitu puas. Suatu saat supir nganter nyokap dini hari ke bandara, tiba2 si VNT mogok di tol jorr dan posisi buru2 takut ketinggalan pesawat akhirnya naek taksi. Si pak supir akhirnya ke bengkel dan ternyata penyebabnya adalah pemakaian bio solar (banyak komponen yang bener2 kotor sama lumpur bio solar). Sejak saat itu gak pernah lagi isi bio solar. Begitu bokap tau, bokap bilang "dibilang juga apa, gak ada yg nandingin bandelnya Panther, Panther puluhan tahun pakai bio solar gak pernah ada masalah" wkkww... tetep tdk bisa move on. Pemakaian VNT cuma bertahan 4 tahun lebih tdk sampai 5 tahun krn bokap bener2 gak puas dari segi ketahanan dan juga gak irit katanya, di jual 2018.

Puncaknya 2 bulan lalu bokap diem2 beli Panther lagi tanpa bilang2 sama nyokap wkwkkw bener2 dah tau2 udah keparkir di garasi. Yaitu Panther grand touring second tahun 2013. Bener2 itu mobil dirawat bener gak boleh kotor gak boleh dipakai sembarangan.

Bagi sebagian orang, Panther emang bikin susah move on hehehhee... sekian.
wah bokap ente sama kek ane nih :upss:

dulu ane pake kucing LV 2008, terus jual ganti NP300. enak sih NP300, kabin senyap, fitur banyak, tenaga galak (apalagi setelah remap), 4wd pula :upss:

Cuma ada driving experience nya panther itu g ada yg bisa ngalahin deh, bunyi krang krang krang dipadu dengan siulan turbo itu nikmat bgt, apalagi karakter mesin 4JA1-L yg peak torque nya di rpm rendah, enak bgt buat melibas tanjakan2.. dan ada perasaan tersendiri dalam nyetir kucing

kalau ada rejeki ane pengen punya lagi kucing turbo :mky_02:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by MSU »

kayaknya kurang lengkap beritanya ya..
saya rasa sayang2 discontinue padahal jualan cukup ok
knp ga di desain ulang aja & dikasi mesin yg sesuai
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by albertusac »

MSU wrote: Tue Feb 02, 2021 8:50
kayaknya kurang lengkap beritanya ya..
saya rasa sayang2 discontinue padahal jualan cukup ok
knp ga di desain ulang aja & dikasi mesin yg sesuai
iya kalo isuzu atpmnya berdiri sendiri macem hpm mbah
lah ini astra yang pegang

tau sendiri panther head to head dengan siapa
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by maastricht889 »

albertusac wrote: Tue Feb 02, 2021 8:53
MSU wrote: Tue Feb 02, 2021 8:50
kayaknya kurang lengkap beritanya ya..
saya rasa sayang2 discontinue padahal jualan cukup ok
knp ga di desain ulang aja & dikasi mesin yg sesuai
iya kalo isuzu atpmnya berdiri sendiri macem hpm mbah
lah ini astra yang pegang

tau sendiri panther head to head dengan siapa
Dari cerita yang valid A1, panther jaman 1990 (persis pantja motor diakuisisi sama astra, langsung godok program KBNS yg hasilnya panther) emang dibuat buat konsumen yang mau mobil keluarga tapi irit om (disel) dan bener2 lebih ke fungsi dan heavy duty krn kijang super blm ada diselnya pas itu. Setelah kijang kapsul keluar diesel yasudah deh, pelan2 panther 15th terakhir melempem krn orang prefer kijang-innova yang pilihan dan naikannya lebih kerasa "indonesia" dan "ramah keluarga". yg kesisa dari panther ya tinggal mesinnya om yg sekarang dipake di traga. Kasian juga nih mobil, cukup memorable buat saya. Entah moldingan mesin 4JA1 itu udah BEP sejak kapan kl diitung2 :big_biglaugh:
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by albertusac »

erwinign wrote: Tue Feb 02, 2021 11:18
albertusac wrote: Tue Feb 02, 2021 8:53
MSU wrote: Tue Feb 02, 2021 8:50

kayaknya kurang lengkap beritanya ya..
saya rasa sayang2 discontinue padahal jualan cukup ok
knp ga di desain ulang aja & dikasi mesin yg sesuai
iya kalo isuzu atpmnya berdiri sendiri macem hpm mbah
lah ini astra yang pegang

tau sendiri panther head to head dengan siapa
Dari cerita yang valid A1, panther jaman 1990 (persis pantja motor diakuisisi sama astra, langsung godok program KBNS yg hasilnya panther) emang dibuat buat konsumen yang mau mobil keluarga tapi irit om (disel) dan bener2 lebih ke fungsi dan heavy duty krn kijang super blm ada diselnya pas itu. Setelah kijang kapsul keluar diesel yasudah deh, pelan2 panther 15th terakhir melempem krn orang prefer kijang-innova yang pilihan dan naikannya lebih kerasa "indonesia" dan "ramah keluarga". yg kesisa dari panther ya tinggal mesinnya om yg sekarang dipake di traga. Kasian juga nih mobil, cukup memorable buat saya. Entah moldingan mesin 4JA1 itu udah BEP sejak kapan kl diitung2 :big_biglaugh:
saya juga banyak kenangan sama 4JA1 ini
termasuk ngejebolin salah satu mesin praktikum zaman kuliah

disuru ngedyno malah overrev, ambrol :big_biglaugh:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Goodbye Isuzu Panther ???

Post by r1409 »

ini cuma PR talk yg maksa sih. kelasnya panther dan MUX itu beda, ga bisa kalau dibilang panther digantikan MUX. harganya sudah hampir 2x lipat.
kalau mau sih pake mesin MUX, tapi basisnya sekelas panther yg direvisi luar dalam, itu baru bisa dibilang pengganti..