Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by maastricht889 »

evanbngdor wrote: Wed Dec 16, 2020 9:39
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Terus terang kondisi pengusaha terutama yang menengah kebawah di sana memprihatinkan sih, misalnya tour guide, fotografer pribadi, sewa kendaraan, dan jasa layanan lainnya.

Mantan tour guide waktu saya terakhir ke bali aja akhirnya rela merantau ke Surabaya untuk cari kerjaan. Karena info yang saya dapet itu bahkan untuk beli makan esok hari aja bingung pake duit drmn. Listrik rumah udah 3 bulan ngga dibayar, sekolah anak juga mau ngga mau diputus.

Prihatin memang, Ya saya sih sudah bantu cuma yakin tetep ngga akan bisa nutupin biaya hidupnya sekeluarga.
Di kota saya udah mulai byk mobil plat B juga ini om. Beberapa temen2 juga udah diem2 ke bali, hari2 ini pun mulai start pd kesana juga. Apalagi ngejar biar ga kudu PCR
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evolution21 »

evanbngdor wrote: Wed Dec 16, 2020 9:39
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Terus terang kondisi pengusaha terutama yang menengah kebawah di sana memprihatinkan sih, misalnya tour guide, fotografer pribadi, sewa kendaraan, dan jasa layanan lainnya.

Mantan tour guide waktu saya terakhir ke bali aja akhirnya rela merantau ke Surabaya untuk cari kerjaan. Karena info yang saya dapet itu bahkan untuk beli makan esok hari aja bingung pake duit drmn. Listrik rumah udah 3 bulan ngga dibayar, sekolah anak juga mau ngga mau diputus.

Prihatin memang, Ya saya sih sudah bantu cuma yakin tetep ngga akan bisa nutupin biaya hidupnya sekeluarga.
betul parah sekali memang, saya membayangkan bila jd pengusaha bidang wisata disana yg biasa dapet tamu mancanegara, itu yg sangat terpukul saat ini, sudah berjuang berbulan bulan merubah strategi pemasaran ke market domestic, dan berbulan bulan pasarnya sepi, tapi menjelang akhir tahun pesanan mulai lumayan ramai, timbul secercah harapan, berharap jualan meningkat meski harga sudah dibanting habis habisan

eh tiba2..... muncul aturan itu, udah pasti banyak yg cancel tuh.

ane dulu pernah beberapa kali kondisi susah, berjuang mati2an cari uang, tp untungnya selalu ada hasil. Ga kebayang buat mreka2 yg udah stengah mati berusaha, hasil mau didapat di depan mata tiba2 hilang begitu saja

bener2 ngerasa prihatin saya ngeliat mreka tu
User avatar
dudeck99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
Location: Bali

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by dudeck99 »

evanbngdor wrote: Wed Dec 16, 2020 9:39
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Terus terang kondisi pengusaha terutama yang menengah kebawah di sana memprihatinkan sih, misalnya tour guide, fotografer pribadi, sewa kendaraan, dan jasa layanan lainnya.

Mantan tour guide waktu saya terakhir ke bali aja akhirnya rela merantau ke Surabaya untuk cari kerjaan. Karena info yang saya dapet itu bahkan untuk beli makan esok hari aja bingung pake duit drmn. Listrik rumah udah 3 bulan ngga dibayar, sekolah anak juga mau ngga mau diputus.

Prihatin memang, Ya saya sih sudah bantu cuma yakin tetep ngga akan bisa nutupin biaya hidupnya sekeluarga.
Ah masa sih ampe segitunya. Perasaan orang2 di kampung saya ga sampe separah itu. Walaupun 80% yg merantau itu kerja di pariwisata. Mereka ya balik kerja di sawah. Orang2 Bali asli yang masih mempertahankan cara hidup lamanya sepertinya masih baik2 aja. Mereka rata2 masih ada sawah dan ladang. Yang lain bisa kerja jadi buruh bangunan juga.
Kebanyakan nyicil mobil kali itu kawannya. Life style ketinggian sewaktu hidupnya masih makmur. Ngikut gaya2 bule ausie.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by martinnn »

Yang trading saham kebalikan . Cuan puluhan persen
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evanbngdor »

dudeck99 wrote: Wed Dec 16, 2020 15:49
evanbngdor wrote: Wed Dec 16, 2020 9:39
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Terus terang kondisi pengusaha terutama yang menengah kebawah di sana memprihatinkan sih, misalnya tour guide, fotografer pribadi, sewa kendaraan, dan jasa layanan lainnya.

Mantan tour guide waktu saya terakhir ke bali aja akhirnya rela merantau ke Surabaya untuk cari kerjaan. Karena info yang saya dapet itu bahkan untuk beli makan esok hari aja bingung pake duit drmn. Listrik rumah udah 3 bulan ngga dibayar, sekolah anak juga mau ngga mau diputus.

Prihatin memang, Ya saya sih sudah bantu cuma yakin tetep ngga akan bisa nutupin biaya hidupnya sekeluarga.
Ah masa sih ampe segitunya. Perasaan orang2 di kampung saya ga sampe separah itu. Walaupun 80% yg merantau itu kerja di pariwisata. Mereka ya balik kerja di sawah. Orang2 Bali asli yang masih mempertahankan cara hidup lamanya sepertinya masih baik2 aja. Mereka rata2 masih ada sawah dan ladang. Yang lain bisa kerja jadi buruh bangunan juga.
Kebanyakan nyicil mobil kali itu kawannya. Life style ketinggian sewaktu hidupnya masih makmur. Ngikut gaya2 bule ausie.
Ya ngga semua orang punya ladang untuk digarap kan Om. Boro-boro nyicil mobil sih kayaknya, tinggal aja masih di kontrakan
:big_dunno:

Ngga semua tour guide semakmur itu kan Om, banyak yg masih merintis cari2 jalur untuk dapet konsumen
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
dudeck99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
Location: Bali

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by dudeck99 »

evanbngdor wrote: Thu Dec 17, 2020 2:51
dudeck99 wrote: Wed Dec 16, 2020 15:49
evanbngdor wrote: Wed Dec 16, 2020 9:39

Terus terang kondisi pengusaha terutama yang menengah kebawah di sana memprihatinkan sih, misalnya tour guide, fotografer pribadi, sewa kendaraan, dan jasa layanan lainnya.

Mantan tour guide waktu saya terakhir ke bali aja akhirnya rela merantau ke Surabaya untuk cari kerjaan. Karena info yang saya dapet itu bahkan untuk beli makan esok hari aja bingung pake duit drmn. Listrik rumah udah 3 bulan ngga dibayar, sekolah anak juga mau ngga mau diputus.

Prihatin memang, Ya saya sih sudah bantu cuma yakin tetep ngga akan bisa nutupin biaya hidupnya sekeluarga.
Ah masa sih ampe segitunya. Perasaan orang2 di kampung saya ga sampe separah itu. Walaupun 80% yg merantau itu kerja di pariwisata. Mereka ya balik kerja di sawah. Orang2 Bali asli yang masih mempertahankan cara hidup lamanya sepertinya masih baik2 aja. Mereka rata2 masih ada sawah dan ladang. Yang lain bisa kerja jadi buruh bangunan juga.
Kebanyakan nyicil mobil kali itu kawannya. Life style ketinggian sewaktu hidupnya masih makmur. Ngikut gaya2 bule ausie.
Ya ngga semua orang punya ladang untuk digarap kan Om. Boro-boro nyicil mobil sih kayaknya, tinggal aja masih di kontrakan
:big_dunno:

Ngga semua tour guide semakmur itu kan Om, banyak yg masih merintis cari2 jalur untuk dapet konsumen
Iya ga semua punya. makanya saya tambahin beberapa yang ga punya ya kerja jadi buruh bangunan. kerja di sawah orang lain pun masih bisa, di bali sistem ngadas namanya. Dan ekonomi tradisional gini masih jalan kok. Maksud saya kampung disini bukan berarti di denpasar ga ada kampung ya. Di denpasar pun kampung dan banjar itu ada, dan mereka selalu bisa pulang. Dari pemerintah juga dapat bantuan insentif uang kok, asalkan memang guide terdaftar. Bukan guide gelap, yang diem-diem nyari tamu.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evanbngdor »

dudeck99 wrote: Thu Dec 17, 2020 4:52
evanbngdor wrote: Thu Dec 17, 2020 2:51
dudeck99 wrote: Wed Dec 16, 2020 15:49
Ah masa sih ampe segitunya. Perasaan orang2 di kampung saya ga sampe separah itu. Walaupun 80% yg merantau itu kerja di pariwisata. Mereka ya balik kerja di sawah. Orang2 Bali asli yang masih mempertahankan cara hidup lamanya sepertinya masih baik2 aja. Mereka rata2 masih ada sawah dan ladang. Yang lain bisa kerja jadi buruh bangunan juga.
Kebanyakan nyicil mobil kali itu kawannya. Life style ketinggian sewaktu hidupnya masih makmur. Ngikut gaya2 bule ausie.
Ya ngga semua orang punya ladang untuk digarap kan Om. Boro-boro nyicil mobil sih kayaknya, tinggal aja masih di kontrakan
:big_dunno:

Ngga semua tour guide semakmur itu kan Om, banyak yg masih merintis cari2 jalur untuk dapet konsumen
Iya ga semua punya. makanya saya tambahin beberapa yang ga punya ya kerja jadi buruh bangunan. kerja di sawah orang lain pun masih bisa, di bali sistem ngadas namanya. Dan ekonomi tradisional gini masih jalan kok. Maksud saya kampung disini bukan berarti di denpasar ga ada kampung ya. Di denpasar pun kampung dan banjar itu ada, dan mereka selalu bisa pulang. Dari pemerintah juga dapat bantuan insentif uang kok, asalkan memang guide terdaftar. Bukan guide gelap, yang diem-diem nyari tamu.
Nah soal guide gelap atau ngga kurang paham sih, yg jelas dia emang kerja di salah satu tour&travel swasta kelas rumahan, skg vacum itu tour&travel nya. Mestinya sih udah dibawah naungan HPI&Disparda jg itu guide.

Setau saya jg tour guide gitu punya semacam standar rate nya kan. 300rb atau 350rb gitu per hari nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by pcx »

evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Indeed Um

Ada berita refund tiket ke Bali udah diatas Rp 300 miliar lebih

Pasti mendem tourism di sana

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by maastricht889 »

pcx wrote: Fri Dec 18, 2020 7:12
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Indeed Um

Ada berita refund tiket ke Bali udah diatas Rp 300 miliar lebih

Pasti mendem tourism di sana

:drinking:
Entah ini beritanya bener apa engga om, sy td pagi liat berit mirip jg tp + nyeritain wisatawan bule yg refund dan total refund itu jadi 900an miliar
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by MSU »

erwinign wrote: Fri Dec 18, 2020 7:30
pcx wrote: Fri Dec 18, 2020 7:12
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Indeed Um

Ada berita refund tiket ke Bali udah diatas Rp 300 miliar lebih

Pasti mendem tourism di sana

:drinking:
Entah ini beritanya bener apa engga om, sy td pagi liat berit mirip jg tp + nyeritain wisatawan bule yg refund dan total refund itu jadi 900an miliar
memang kondisi dilematis om...
tp kalo ga salah pagi ini ada revisi ketentuan dah
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by pengendiesel »

pcx wrote: Fri Dec 18, 2020 7:12
evolution21 wrote: Wed Dec 16, 2020 6:21 wajib pcr test utk ke bali sejak 18 december - 4 januari 21
setau saya para pengusaha disana pasti sudah berharap banget dapat penghasilan lumayan dr wisatawan domestik yg berlibur di akhir tahun
Indeed Um

Ada berita refund tiket ke Bali udah diatas Rp 300 miliar lebih

Pasti mendem tourism di sana

:drinking:
Buset, refundnya aja 300m lebih. Belom yang jalur darat.
Gak kebayang gimana penyebarannya kalo semua pada ke bali. Covidnya ketawa ketiwi syantik tuh
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evolution21 »

disaat banyak pihak berharap kondisi ekonomi cepat pulih, yg ini malah main kembang api

https://finance.detik.com/energi/d-5296 ... si-dibakar
ga habis pikir hal ini terjadi di kondisi sekarang

pdhl pabrik ini menyerap 6000 karyawan
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

Udah tembus 7000
Teorinya mentok di 7500-8000
Turun ke 4000 dan naik perlahan ke 15000

Kalau diatas 10.000 ya 1 bulan bisa 300.000 kasus

Dalam 1-2 bulan total kasus bisa tembus 1 juta
Dan dalam 1 tahun bisa tembus 5 juta total kasus

Dampaknya pasti kerasa banget tahun 2021...

Sekarang itu 700.000 kasus
Di Jakarta ada 170.000 kasus
Artinya hampir 25% itu dari jakarta

Bisa bayangin kalau 5juta kasus?
Berarti sekitar 1,2juta kasus bisa dari Jakarta
Padahal populasi Jakarta ada 10.000.000
Berarti 12 dari 100 orang di Jakarta berpotensi kena covid19 di tahun 2021...
CATATAN: INI CUMA PERUMPAMAAN SAJA
BUKAN MENYEBARKAN KETAKUTAN

Saran buat antisipasi buat yg tinggal di Jakarta
Beli asuransi kesehatan
Catat rumah sakit(dan no telpnya) yang ada diluar Jakarta yang siap menerima pasien covid19 bayar pake asuransi

Karena kalau di Jakarta penuh rumah sakitnya
Bisa antisipasi ke rumah sakit luar Jakarta
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by DOHC »

evolution21 wrote: Tue Dec 22, 2020 8:09 disaat banyak pihak berharap kondisi ekonomi cepat pulih, yg ini malah main kembang api

https://finance.detik.com/energi/d-5296 ... si-dibakar
ga habis pikir hal ini terjadi di kondisi sekarang

pdhl pabrik ini menyerap 6000 karyawan
Ga heran disana mah

Paling ujung2 nya gara2 asing aseng asing aseng lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

DOHC wrote: Sat Dec 26, 2020 4:26
evolution21 wrote: Tue Dec 22, 2020 8:09 disaat banyak pihak berharap kondisi ekonomi cepat pulih, yg ini malah main kembang api

https://finance.detik.com/energi/d-5296 ... si-dibakar
ga habis pikir hal ini terjadi di kondisi sekarang

pdhl pabrik ini menyerap 6000 karyawan
Ga heran disana mah

Paling ujung2 nya gara2 asing aseng asing aseng lg
Di Jakarta aja bahasnya begituan nikel + China
Thx to Bossman Mardigu yg lagi makin bertambah banyak subcribernya :big_biglaugh:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Michaelktp »

https://www.cnbcindonesia.com/news/2021 ... jual-obral

Demikian juga di kota-kota lainnya. Ngenes
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Michaelktp »

https://www.cnbcindonesia.com/news/2021 ... obil-tutup

Tanpa insentif dipastikan nasib otomotif Indo DM segera menyusul AUDM. Plant CKD kolaps defunct semua secara tak terduga daya destruktif pandemi virus ternyata lebih dahsyat dari krisis 1998 yang turun 50% dari 1997. Lha sales otomotif Indo DM Mid 2020 malah ambyar drop 90% jadi dibawah Pinoy dan Vietnam ckckck. Better jadi distributor saja daripada Plant CKD membakar duit investasi sia-sia.
Last edited by Michaelktp on Sun Feb 28, 2021 11:06, edited 1 time in total.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by gadjahalphien »

Michaelktp wrote: Sun Feb 28, 2021 10:31 https://www.cnbcindonesia.com/news/2021 ... obil-tutup

Tanpa insentif dipastikan nasib otomotif Indo DM segera menyusul AUDM. Plant CKD defunct semua secara daya destruktif pandemi virus ini lebih dahsyat dari krisis 1998.
Yg jelas pemerintah enggak akan membiarkan sebuah industri yg menyerap 1.5jt TK (direct) s/d 3jt TK (indirect) defunct. Mau dikemanakan TK sebanyak itu? Jumlah yg belum kerja saja masih JT an orang jg.

Terlepas dari sisi TK, apakah masyarakat indonesia sudah siap membeli mobil Semi CKD dan CBU semua??

Option CBU termurah cuma ada beberapa biji, dg sumber yg juga terbatas
- INDIA : Ignis, ertiga, SCross, Polo, Sonet, jimny??
- Thailand : jazz, yaris, vios, city, Brio, mazda 2.
- Malay : Sirion, Terios & daihatsu produk (rebrand dari perodua)


Dari 3 negara ini, paling hanya India yg produksi LMPV, yg bakal jadi volume maker di Indo DM. Tapi tahu sendiri gmana kualitasnya India.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Michaelktp »

gadjahalphien wrote: Sun Feb 28, 2021 11:04
Michaelktp wrote: Sun Feb 28, 2021 10:31 https://www.cnbcindonesia.com/news/2021 ... obil-tutup

Tanpa insentif dipastikan nasib otomotif Indo DM segera menyusul AUDM. Plant CKD defunct semua secara daya destruktif pandemi virus ini lebih dahsyat dari krisis 1998.
Cut

Terlepas dari sisi TK, apakah masyarakat indonesia sudah siap membeli mobil Semi CKD dan CBU semua??

Option CBU termurah cuma ada beberapa biji, dg sumber yg juga terbatas
- INDIA : Ignis, ertiga, SCross, Polo, Sonet, jimny??
- Thailand : jazz, yaris, vios, city, Brio, mazda 2.
- Malay : Sirion, Terios & daihatsu produk (rebrand dari perodua)


Dari 3 negara ini, paling hanya India yg produksi LMPV, yg bakal jadi volume maker di Indo DM. Tapi tahu sendiri gmana kualitasnya India.
Next-Gen LMPV akan naik kelas dengan harga sudah sulit tersentuh kalangan entry level tidak seperti sebelumnya. Sementara akibat pandemi penurunan daya beli terbesar juga diderita oleh entry level ini juga.
Next-Gen LMPV Jepangan di Indo DM positif mengusung varian Hybrid secara sudah ada konsep AN Mitsubishi Xpander HEV yang dijadwalkan meluncur tahun 2023. Next-Gen Avanza-Xenia dan Ertiga pasti juga akan mengikuti.
In my opinion City car paling make sense menjadi volume maker Indo DM pengganti LMPV. Terlihat Brio yang sekarang menjadi mobil terlaris Indo DM sejak pandemi virus ini dan berlanjut sampai awal tahun ini. Jadi senasib seperti di Malay yang pasca krisis 1998 juga didominasi oleh City car 5 seater (Perodua) sementara dominasi LMPV 7 seater di Indo DM (2003 - ???).
We will see.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by ginting »

Michaelktp wrote: Sun Feb 28, 2021 12:02
gadjahalphien wrote: Sun Feb 28, 2021 11:04
Michaelktp wrote: Sun Feb 28, 2021 10:31 https://www.cnbcindonesia.com/news/2021 ... obil-tutup

Tanpa insentif dipastikan nasib otomotif Indo DM segera menyusul AUDM. Plant CKD defunct semua secara daya destruktif pandemi virus ini lebih dahsyat dari krisis 1998.
Cut

Terlepas dari sisi TK, apakah masyarakat indonesia sudah siap membeli mobil Semi CKD dan CBU semua??

Option CBU termurah cuma ada beberapa biji, dg sumber yg juga terbatas
- INDIA : Ignis, ertiga, SCross, Polo, Sonet, jimny??
- Thailand : jazz, yaris, vios, city, Brio, mazda 2.
- Malay : Sirion, Terios & daihatsu produk (rebrand dari perodua)


Dari 3 negara ini, paling hanya India yg produksi LMPV, yg bakal jadi volume maker di Indo DM. Tapi tahu sendiri gmana kualitasnya India.
Next-Gen LMPV akan naik kelas dengan harga sudah sulit tersentuh kalangan entry level tidak seperti sebelumnya. Sementara akibat pandemi penurunan daya beli terbesar juga diderita oleh entry level ini juga.
Next-Gen LMPV Jepangan di Indo DM positif mengusung varian Hybrid secara sudah ada konsep AN Mitsubishi Xpander HEV yang dijadwalkan meluncur tahun 2023. Next-Gen Avanza-Xenia dan Ertiga pasti juga akan mengikuti.
In my opinion City car paling make sense menjadi volume maker Indo DM pengganti LMPV. Terlihat Brio yang sekarang menjadi mobil terlaris Indo DM sejak pandemi virus ini dan berlanjut sampai awal tahun ini. Jadi senasib seperti di Malay yang pasca krisis 1998 juga didominasi oleh City car 5 seater (Perodua) sementara dominasi LMPV 7 seater di Indo DM (2003 - ???).
We will see.
saya masih berharap semoga ke depan pemerintah bisa merevisi kebijakan perpajakan mobil di Indonesia.
semoga pemerintah bisa menurunkan pajak, mengejar volume saja..supaya secara agregat pajak diraih juga pasti jadi banyak.
rasanya kesel aja dengan duit setengah milyar dapat cuma mobil gitu lagi gitu lagi..
padahal di USA, Europe..sudah dapat mobil keren…
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by ChZ »

ginting wrote: Sun Feb 28, 2021 14:11
saya masih berharap semoga ke depan pemerintah bisa merevisi kebijakan perpajakan mobil di Indonesia.
semoga pemerintah bisa menurunkan pajak, mengejar volume saja..supaya secara agregat pajak diraih juga pasti jadi banyak.
rasanya kesel aja dengan duit setengah milyar dapat cuma mobil gitu lagi gitu lagi..
padahal di USA, Europe..sudah dapat mobil keren…
rakit lokal kena PPnBM
rakit CBU kena bea masuk belum kalo mobilnya 4WD

wkwkwkwkwkkww

giliran bikin aturan PPnBM 0% syaratnya banyak jadinya yang dapet mobil itu lagi itu lagi. aplg mobil belom keluar udah dapet insentif ini kan keliatan aturannya ditunggangin banget :big_bored:

dan pro kontranya PPnBM 0% karena hanya berlaku buat mobil baru... mobil bekas tidak dapat relaksasi pajak. ini yang bikin kesannya aturan PPnBM 0% jadi useless karena komprominya banyak banget.

harusnya pengusaha mobil bekas juga dapat relaksasi / insentif pajak utk mobil tertentu... jadi mereka bisa turunin harga. fair play gak cuma pemain besar aja yang diuntungkan. perputaran mobil jalan, yang kaya beli mobil baru terus yang menengah ke bawah bisa nikmatin mobil bagus harga miring, ekonomi pun sehat. :big_grin:

di indonesia kuli nyicil vario baru aja engap engapan... orang pangkat manager dapetnya cuma mobil kelas kijang... director dapetnya baru camry...

pdhl camry di amerika mobilnya kelas blue collar worker perawat di RS aja nae nya camry corolla dkk... F-150 mobilnya kuli pickup lebih gede dari dcab biasa di sini triton aja barang mewah mahal bener... wkwkwkwkkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Jenson »

ChZ wrote: Sun Feb 28, 2021 15:16
ginting wrote: Sun Feb 28, 2021 14:11
saya masih berharap semoga ke depan pemerintah bisa merevisi kebijakan perpajakan mobil di Indonesia.
semoga pemerintah bisa menurunkan pajak, mengejar volume saja..supaya secara agregat pajak diraih juga pasti jadi banyak.
rasanya kesel aja dengan duit setengah milyar dapat cuma mobil gitu lagi gitu lagi..
padahal di USA, Europe..sudah dapat mobil keren…
rakit lokal kena PPnBM
rakit CBU kena bea masuk belum kalo mobilnya 4WD

wkwkwkwkwkkww

giliran bikin aturan PPnBM 0% syaratnya banyak jadinya yang dapet mobil itu lagi itu lagi. aplg mobil belom keluar udah dapet insentif ini kan keliatan aturannya ditunggangin banget :big_bored:

dan pro kontranya PPnBM 0% karena hanya berlaku buat mobil baru... mobil bekas tidak dapat relaksasi pajak. ini yang bikin kesannya aturan PPnBM 0% jadi useless karena komprominya banyak banget.

harusnya pengusaha mobil bekas juga dapat relaksasi / insentif pajak utk mobil tertentu... jadi mereka bisa turunin harga. fair play gak cuma pemain besar aja yang diuntungkan. perputaran mobil jalan, yang kaya beli mobil baru terus yang menengah ke bawah bisa nikmatin mobil bagus harga miring, ekonomi pun sehat. :big_grin:

di indonesia kuli nyicil vario baru aja engap engapan... orang pangkat manager dapetnya cuma mobil kelas kijang... director dapetnya baru camry...

pdhl camry di amerika mobilnya kelas blue collar worker perawat di RS aja nae nya camry corolla dkk... F-150 mobilnya kuli pickup lebih gede dari dcab biasa di sini triton aja barang mewah mahal bener... wkwkwkwkkw.
Daya beli mobil kita memang jauh lebih rendah kalau dibanding negara-negara maju. Saya masih ingat dlu naik uber d US, driver nya rata-rataa pakai Camry (disini mayoritas LMPV). Bahkan, kadang dapet Mercy (mungkin disini syukur2 Xtrail kali ya? So far paling bagus saya dpt taksi online disini dlu Xtrail XD)
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Sat Dec 26, 2020 4:26
evolution21 wrote: Tue Dec 22, 2020 8:09 disaat banyak pihak berharap kondisi ekonomi cepat pulih, yg ini malah main kembang api

https://finance.detik.com/energi/d-5296 ... si-dibakar
ga habis pikir hal ini terjadi di kondisi sekarang

pdhl pabrik ini menyerap 6000 karyawan
Ga heran disana mah

Paling ujung2 nya gara2 asing aseng asing aseng lg
udah dimana mana....rusak otaknya..jahat terhadap perbedaan...iri hati n penuh kedengkian...otaknya cuma keker yang di rasa berbeda...

mknya senyum baca berita elon musk ada kmungkinan bikin pabrik...

yahh baca berita elon mus buka di india...

yah senyum aja...


emang elon mus begok...gimna disini n rakyatnya...


orang kaya raya sudah pasti pintar...


orang pintar belum tentu kaya raya...
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by vipere »

Jenson wrote: Sun Feb 28, 2021 19:40
ChZ wrote: Sun Feb 28, 2021 15:16
ginting wrote: Sun Feb 28, 2021 14:11
saya masih berharap semoga ke depan pemerintah bisa merevisi kebijakan perpajakan mobil di Indonesia.
semoga pemerintah bisa menurunkan pajak, mengejar volume saja..supaya secara agregat pajak diraih juga pasti jadi banyak.
rasanya kesel aja dengan duit setengah milyar dapat cuma mobil gitu lagi gitu lagi..
padahal di USA, Europe..sudah dapat mobil keren…
rakit lokal kena PPnBM
rakit CBU kena bea masuk belum kalo mobilnya 4WD

wkwkwkwkwkkww

giliran bikin aturan PPnBM 0% syaratnya banyak jadinya yang dapet mobil itu lagi itu lagi. aplg mobil belom keluar udah dapet insentif ini kan keliatan aturannya ditunggangin banget :big_bored:

dan pro kontranya PPnBM 0% karena hanya berlaku buat mobil baru... mobil bekas tidak dapat relaksasi pajak. ini yang bikin kesannya aturan PPnBM 0% jadi useless karena komprominya banyak banget.

harusnya pengusaha mobil bekas juga dapat relaksasi / insentif pajak utk mobil tertentu... jadi mereka bisa turunin harga. fair play gak cuma pemain besar aja yang diuntungkan. perputaran mobil jalan, yang kaya beli mobil baru terus yang menengah ke bawah bisa nikmatin mobil bagus harga miring, ekonomi pun sehat. :big_grin:

di indonesia kuli nyicil vario baru aja engap engapan... orang pangkat manager dapetnya cuma mobil kelas kijang... director dapetnya baru camry...

pdhl camry di amerika mobilnya kelas blue collar worker perawat di RS aja nae nya camry corolla dkk... F-150 mobilnya kuli pickup lebih gede dari dcab biasa di sini triton aja barang mewah mahal bener... wkwkwkwkkw.
Daya beli mobil kita memang jauh lebih rendah kalau dibanding negara-negara maju. Saya masih ingat dlu naik uber d US, driver nya rata-rataa pakai Camry (disini mayoritas LMPV). Bahkan, kadang dapet Mercy (mungkin disini syukur2 Xtrail kali ya? So far paling bagus saya dpt taksi online disini dlu Xtrail XD)
Mungkin bukan daya beli rendah. Tapi pajaknya kebangetan sampai bertingkat2.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Michaelktp »

ginting wrote: Sun Feb 28, 2021 14:11
Michaelktp wrote: Sun Feb 28, 2021 12:02
Next-Gen LMPV akan naik kelas dengan harga sudah sulit tersentuh kalangan entry level tidak seperti sebelumnya. Sementara akibat pandemi penurunan daya beli terbesar juga diderita oleh entry level ini juga.
Next-Gen LMPV Jepangan di Indo DM positif mengusung varian Hybrid secara sudah ada konsep AN Mitsubishi Xpander HEV yang dijadwalkan meluncur tahun 2023. Next-Gen Avanza-Xenia dan Ertiga pasti juga akan mengikuti.
In my opinion City car paling make sense menjadi volume maker Indo DM pengganti LMPV. Terlihat Brio yang sekarang menjadi mobil terlaris Indo DM sejak pandemi virus ini dan berlanjut sampai awal tahun ini. Jadi senasib seperti di Malay yang pasca krisis 1998 juga didominasi oleh City car 5 seater (Perodua) sementara dominasi LMPV 7 seater di Indo DM (2003 - ???).
We will see.
saya masih berharap semoga ke depan pemerintah bisa merevisi kebijakan perpajakan mobil di Indonesia.
semoga pemerintah bisa menurunkan pajak, mengejar volume saja..supaya secara agregat pajak diraih juga pasti jadi banyak.
rasanya kesel aja dengan duit setengah milyar dapat cuma mobil gitu lagi gitu lagi..
padahal di USA, Europe..sudah dapat mobil keren…
Yup tapi realistis sangat sulit rasanya secara kawasan ASEAN DM sudah terkenal sebagai negara-negara dengan harga mobil termahal dunia bahkan 4 besar dunia (SG, Malay, Thai dan Indo). Beda bumi dan langit dengan EUDM dan USDM yang memandang mobil sebagai alat transportasi bahkan entry levelnya seperti sepatu. Di ASEAN DM mobil masih dipandang sebagai benda mewah pendongkrak gengsi bahkan "investasi" dengan RV kuat dimana ini terjadi di Indo DM dan Pinoy. Kalau SG, Malay dan Thai memang sudah lebih mementingkan likuiditas mobil secara sudah banyak junkyard mobil di sana sejak akhir dekade 1990an.
Beberapa kali menjamu consignee dari US yang terkejut tak percaya melihat harga wine yang dia order. Ukuran botol dan brand sama tapi di Indo berharga lebih mahal 3 kali lipat lebih dari di US hmmm sampai si bule langsung bisa menebak bahwa lifestyle Indo DM memang sangat mahal harganya..
Yakin pasti lebih shock lagi jika melihat price list mobil Indo DM compared dengan USDM hahaha.
Pasca 1998 seakan sudah ditakdirkan Indo DM hanya make sense buat manufacturing cost reduction semacam LMPV, LSUV dan terakhir LCGC. Dengan misi harus bisa menjadi volume maker which jelas sangat berbeda jauh dengan manufacturing Indo DM pra 1998. Jika semua produk volume maker semakin mahal dan tak terjangkau entry level lagi tanpa insentif sepertinya tinggal lampu kuning menuju merah bagi manufacuring Plant CKD di Indo DM.