Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by DOHC »

PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09

Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09
Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
Nah ini yang gak semua driver bisa.
Biasanya kalo driver kenceng, bawanya kasar, banyak gerakan yang gak perlu dan penumpang deg2an.

Jarang driver yang bisa ngebut tapi penumpang tertidur pulas.
Biasanya yang enak kayak gini, nginjak gasnya enak, jarang main rem, apalagi rem mendadak dan gerakan setirnya ngalir.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09
Opticruise wrote: 19 Jun 2020, 15:32
PRBS wrote: 19 Jun 2020, 09:25 [/b]

Salam kenal om opticruise

Mau tanya yg di bold.. menakjubkan maksudnya termasuk high speed overtake via bahu jalan terus tiba2 potong ke highspeed lane?



Small quotes yg on point. Kecuali overtake jalur 1 ke jalur 2 atau sebaliknya sih no problem ya, (banyak juga mobil kecil yg lanehoggers soalnya)
salam kenal kembali ya omPRBS 🙏

Maaf, keterangan kalimatnya td kurang, maksudmya lebih ke point ketrampilan mengemudi kendaraan besar/bus/trailer 15m up dengan cepat tanpa membahayakan kendaraan lain.

Overtake bahu jalan ga setuju om, ga bersih mainnya, 😀

Secara umum, image bus ugal2an memang menyebalkan, kembali lagi ke mental pengemudinya.

Ada sisi menarik dari kehidupan para pengemudi angkutan umum, karena kebetulan sy memperhatikan, mohon maaf, dari sisi pendidikan dominan tidak tinggi, tp ada juga pribadi2 yang bersahaja, tidak suka diekspos atau pecicilan di jalan, low profile, tp talenta mengemudinya angkat topi deh, yang suka banyak ada di yutub mah lewat... :big_grin:
Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
OBL memang salah satu bus yg nyetirnya paling sopan dan paling nyaman. Rute weleri-temanggung aja driver2nya itu sabar dan halus banget belok-belok nya. Cuma skg OBL udah kalah pamor banget dibanding PO2 yang modalnya kenceng&rute tol trans jawa kayak misalnya harapan jaya, rosalia indah. Udah gitu bus nya cenderung lebih tua-tua.

Dulu saya cukup selalu naik OBL kalau ke temanggung, yg super executive itu enak nyaman ngga was-was sama sekali. Sempet beberapa kali ketemu sama Istrinya Pak Oei Bie Lay juga dulu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: 19 Jun 2020, 19:28 Nah ini yang gak semua driver bisa.
Biasanya kalo driver kenceng, bawanya kasar, banyak gerakan yang gak perlu dan penumpang deg2an.

Jarang driver yang bisa ngebut tapi penumpang tertidur pulas.
Biasanya yang enak kayak gini, nginjak gasnya enak, jarang main rem, apalagi rem mendadak dan gerakan setirnya ngalir.
evanbngdor wrote: 19 Jun 2020, 19:38 OBL memang salah satu bus yg nyetirnya paling sopan dan paling nyaman. Rute weleri-temanggung aja driver2nya itu sabar dan halus banget belok-belok nya. Cuma skg OBL udah kalah pamor banget dibanding PO2 yang modalnya kenceng&rute tol trans jawa kayak misalnya harapan jaya, rosalia indah. Udah gitu bus nya cenderung lebih tua-tua.

Dulu saya cukup selalu naik OBL kalau ke temanggung, yg super executive itu enak nyaman ngga was-was sama sekali. Sempet beberapa kali ketemu sama Istrinya Pak Oei Bie Lay juga dulu
bus PO tua rata2 kaya gini ya. malah itu driver kayanya merem aja nyampe tu bus. belok effortless, rem gas bener2 ya kaya ngalir seperti air sungai...
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by PRBS »

pengendiesel wrote: 19 Jun 2020, 19:28
PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09 nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya)
Nah ini yang gak semua driver bisa.
Biasanya kalo driver kenceng, bawanya kasar, banyak gerakan yang gak perlu dan penumpang deg2an.

Jarang driver yang bisa ngebut tapi penumpang tertidur pulas.
Biasanya yang enak kayak gini, nginjak gasnya enak, jarang main rem, apalagi rem mendadak dan gerakan setirnya ngalir.
Nah dari sekian PO yg pernah saya coba (rosal*a indah, OBL, dkk) tetep yg paling enak ya OBL.. nyetirnya kayak ngaliir aja.. padahal mah ngebut..
evanbngdor wrote: 19 Jun 2020, 19:38
OBL memang salah satu bus yg nyetirnya paling sopan dan paling nyaman. Rute weleri-temanggung aja driver2nya itu sabar dan halus banget belok-belok nya. Cuma skg OBL udah kalah pamor banget dibanding PO2 yang modalnya kenceng&rute tol trans jawa kayak misalnya harapan jaya, rosalia indah. Udah gitu bus nya cenderung lebih tua-tua.

Dulu saya cukup selalu naik OBL kalau ke temanggung, yg super executive itu enak nyaman ngga was-was sama sekali. Sempet beberapa kali ketemu sama Istrinya Pak Oei Bie Lay juga dulu
Driving style OBL rata2 sama.. aluss bawanya, tapi bukan berarti pelan.. saya selalu duduk dipaling depan (sisi kiri biar daya pandang liat ke drivernya luas) sembari perhatii
driving style mereka.. contog di alas roban mereka canggih take overnya, saya perhatiin dia jarang rem, cuma lepas gas sambil ancang2 masuk takeover.. jadi bus bawannya ngaliir aja ikuti arus..

Apalagi di weleri, kelok2 pegunungan sempit kek gitu mereka bisa ngebut sembari ambil racing line yg pas.. jadi body bis ga terlalu limbung.. ditambah gear change yg pas bikin bis smooth aja ga ajrut2ann.. jagoo sih..

Kalo sekarang, saya sebelum pandemic pernah naik salah satu PO bis yg terkenal ngebut, kok ya ga nyaman naiknnya (as penumpang ya).. ngebut sih ngebut, tapi body geol2nya kerasa.. dan suka hard breaking kalau takeovernya ga dapet.. dan pemandangan lumrah kalo di bangku depan banyak penumpang yg duduk sambil videoin gaya nyetir drivernya yg lg ngeblong..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

PRBS wrote: 19 Jun 2020, 20:07
Driving style OBL rata2 sama.. aluss bawanya, tapi bukan berarti pelan.. saya selalu duduk dipaling depan (sisi kiri biar daya pandang liat ke drivernya luas) sembari perhatii
driving style mereka.. contog di alas roban mereka canggih take overnya, saya perhatiin dia jarang rem, cuma lepas gas sambil ancang2 masuk takeover.. jadi bus bawannya ngaliir aja ikuti arus..

Apalagi di weleri, kelok2 pegunungan sempit kek gitu mereka bisa ngebut sembari ambil racing line yg pas.. jadi body bis ga terlalu limbung.. ditambah gear change yg pas bikin bis smooth aja ga ajrut2ann.. jagoo sih..

Kalo sekarang, saya sebelum pandemic pernah naik salah satu PO bis yg terkenal ngebut, kok ya ga nyaman naiknnya (as penumpang ya).. ngebut sih ngebut, tapi body geol2nya kerasa.. dan suka hard breaking kalau takeovernya ga dapet.. dan pemandangan lumrah kalo di bangku depan banyak penumpang yg duduk sambil videoin gaya nyetir drivernya yg lg ngeblong..
Demi konten om :big_biglaugh:
Di page2 sebelum ini ane posting tentang truk kapten oleng. Hal yang jelas sangat berbahaya sekali.
Di komen salah satu video kapten oleng, ada 1 sopir truk yang mengajak sesama rekan sopir truk untuk tidak melakukan atraksi kapten oleng lagi. Yang bikin miris, ada yang komen begini : kalau tidak kapten oleng lagi, kasihan anak2 (di pinggir jalan yang minta sopir truk untuk atraksi kapten oleng, direkam, upload ke youtube) itu gak ada penghasilan. Nanti balik lagi kerjaannya begal, rampok, dll.
Buset dah....emang udah ancur mentalnya. Susah banget cari penghasilan yang gak merugikan orang lain.

Kemungkinan hal yang sama dengan yang duduk di kursi depan bus + videoin. Kalo bus nyetirnya enak, sopan, taat aturan....konten mereka gak laku. Nyetirnya makin beringas, viewernya makin ajib :big_slap:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

Opticruise wrote: 19 Jun 2020, 13:46
salam kenal ya om pengendiesel🙏

Sebagai penggemar rotibakar kotaksabun dan jg pengendara mbl kecil jg, tentu keselamatan adalah prioritas, karena jalan raya bukan sirkuit..

Jaman dulu, sy pernah mendengar cerita dr salah satu pengemudi bus, beliau disekolahkan di Serpong, mngkin programnya Dishub-Kepolisian-Perusahaan Otobus, dan terpilih menjadi Driver Akap terbaik se Indonesia, bersertifikat, beliau mnceritakan bahwa hampir 90%kecelakaan karena faktor melanggar aturan oleh pengemudi..

Program ini entahlah apa masih ada saat sekarang, tp sangat baik untuk edukasi para pengemudi angkutan umum

Tp pengalaman sy roadtrip jawa bali, kita bisa membedakan yg mana pengemudi handal, membahayakan, atau yang sportif, baik saat "balap"ataupun beriringan..

Kembali ke kesimpulan, apapun kendaraannya jalan raya adalah milik bersama 😀
Seandainya semua sopir bus dan busmania punya pandangan luas kayak om opticruise gini niscaya jalan raya akan jadi lebih aman :big_okay:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

DOHC wrote: 19 Jun 2020, 19:19
PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09

Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by ipat »

Bus trans semara*ng sama bis jawa timuran nyimak
bravely88
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 28 Nov 2017, 05:06

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by bravely88 »

DOHC wrote: 19 Jun 2020, 11:40
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
travel trans sulawesi selatan khususnya jalur makassar-palopo kebanyakan make panther ... nyebutnya aja bukan travel tapi panther ... mungkin karna kuat disiksa 360-400km setiap hari dengan perawatan alakadarnya.
Panther alias travel di sulawesi selatan alternatif transportasi umum terakhir untuk rute jauh. Soalnya jam keberangkatannya suka ngaco tergantung jumlah penumpang selain itu tingkat kengeriannya mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa luar biasa.

Rata2 mobil milik pribadi sang sopir yang masih berumur 30-40 an tapi plat kuning. Kalau punya lebih dari 1 mobil biasanya di kasih ke sopir yang bekas kernet bus umur 30an ke bawah lah.

Kelebihan mereka bisa antar door to door yang masuk ke pelosok desa.

Unsur safety bawa kendaraan mereka bukan nol besar tapi udah minus.

1. Jam istirahat yang gak jelas soalnya mereka bisa berangkat jam 9 pagi tiba 9 malam atau sebaliknya. Kadang kalau penumpang cukup 5 orang langsung hajar lagi rute sebaliknya tidurnya nanti di warung. Kalau penumpang gak cukup besoknya baru berangkat.
2.Safety belt tdk pakai
3. Kadang tangan kiri megang hp sambil nelpon, kanan pegang rokok dan stir kecepatan 80-100km kadang melambat jika rintangan jalan berlubang semakin gak karuan atau ada kendaraan di depan
4. Nyalip kendaraan kadang membuat jantung berhenti sejenak karena kendaraan dari arah lawan hanya berjarak 5 meter.
5. Kadang ada yang setengah mabok habis minum miras di tempat ngetem.
6. Kondisi kendaraan yang kadang tidak layak jalan. Pernah dapet yang remnya senin kamis.
7. Beban overload bisa diisi 10 orang dengan barang bawaan diikat di roofrack kalau lagi musim penumpang

Kelebihan mereka bisa kontrol kecepatan dengan sangat baik dan sudah hapal medan. Lubang jalan aja mereka hapal. Sehingga kecelakaan sangat jarang terjadi. Lebih banyak kendaraan pribadi yang sok racing. Utamanya papanza yang di pake ngebut dijalan kosong di malam hari berakhir dengan terguling bebas. Dan akhir2 ini kecelakaan banyk terjadi di mobil bak terbuka yang ngangkut ikan sebagian besar yang udah pake knalpot gahar.

Penggunaan lampu sein mereka sangat maksimal hahahah apalgi kalau mereka jalan beriringan. Kalau ada lubang pun mereka ngasih tanda. Saya pun biasa ikutan konvoi mereka. Lebih cepat sampai dan berasa pakai patwal karna hampir semua kendaraan ngasih jalan ke mereka.

Kalau bis disini rata2 kalem karna sebagian besar po dan supir berbagi 50:50 biaya perbaikan jika kecelakaaan. Selain itu waktu tempuh jg masih bisa di prediksi karna mereka berangkatnya jam 9 malam tiba 5 pagi jadi bebas macet. Bis disini udah pake chasis terbaru dan dilimit 120km soalnya persaingan antar po merebut konsumen ada di kenyamanan bus.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by supriyadi »

Jaman STM dulu didepan KR Jalan Solo, diboncengin kawan pake RC100 gas udah mentok. Tetiba dari belakang SK nyundul2 minta lewat :big_smoking: :big_smoking:

Kalo travel Sumbar-Riau, Panther relatif sopan. Enak ngintili travel panther. Kasih kode, mereka paham kita pengen ngikutin. Kode sein mereka mantap, halus mainnya. Beda travel yang pake luxio, avxen, innova, serem
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

Nemu video bagus Vlog supir truk cewek dari Swedia

dia sama sekali gak pamer speeding di highway, dia expose soal operasi truk / maintenance / juga bongkar muat barang yg dilakukan sendiri tanpa bantuan kenek

https://youtu.be/iYH6nswne6k
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: 13 Mar 2008, 10:19

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by bisti »

kl bis malam yg paling nyaman sopan ya tetep harapan jaya...biarpun ga terkenal kenceng di kalangan yutuber bismania tapi banyak penggemarnya krn sopan nyaman
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

jazzretro7 wrote: 20 Jun 2020, 11:20
DOHC wrote: 19 Jun 2020, 19:19
PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09

Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
OBL dulu saya sering naik krn sekolahan saya udah langganan sama POnya buat studi wisata om, jujur sih skill driver sama kondisi bisnya plg konsisten bagus ya OBL ini sampe garasinya pun proper (di deket airport semarang). Sekarang pun selevel nusantara aja blm ada yg bs ngalahin kondisi bis sama skill drivernya OBL (FYI nusantara nggak se-royal jaman 2014 krn smpt ada masalah sampe ngurangin tempat outlet, kondisi fisik bis bener2 jomplang sekarang walaupun udah mending).

Sempet juga naik subur jaya charteran semarang-bali, kebetulan unitnya hino baru gress (baru jalan 2000km) oke juga, nyetirnya alus krn konvoi acara sekolah (hino sekarang udah refined banget :big_okay: ). 10th lalu juga sempet naik seroja indah charteran, unit mercy kuno jaman karoserinya masih pake headlamp W123/W124 itu juga nyetirnya sip banget.
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Ingkak »

erwinign wrote: 20 Jun 2020, 15:51
jazzretro7 wrote: 20 Jun 2020, 11:20
DOHC wrote: 19 Jun 2020, 19:19

nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
OBL dulu saya sering naik krn sekolahan saya udah langganan sama POnya buat studi wisata om, jujur sih skill driver sama kondisi bisnya plg konsisten bagus ya OBL ini sampe garasinya pun proper (di deket airport semarang). Sekarang pun selevel nusantara aja blm ada yg bs ngalahin kondisi bis sama skill drivernya OBL (FYI nusantara nggak se-royal jaman 2014 krn smpt ada masalah sampe ngurangin tempat outlet, kondisi fisik bis bener2 jomplang sekarang walaupun udah mending).

Sempet juga naik subur jaya charteran semarang-bali, kebetulan unitnya hino baru gress (baru jalan 2000km) oke juga, nyetirnya alus krn konvoi acara sekolah (hino sekarang udah refined banget :big_okay: ). 10th lalu juga sempet naik seroja indah charteran, unit mercy kuno jaman karoserinya masih pake headlamp W123/W124 itu juga nyetirnya sip banget.
OBL skrg sudah di pegang ama cucu perempuannya, blm terliat gebrakannya selain 1 unit dobeldeck utk jkt-mlg

Nusantara udh ga fokus lg ama regenerasi bisnya kyknya pengaruh terjun ke karoseri nusantara gemilang, rata2 cuma bisnya cuma di rebody ke model kekinian tanpa ada penggantian unit baru, kcuali dobeldeck nya yg chasis man.

Klo Subur Jaya mah unit pasti baru terus, wong itu showroom hino bus berjalan. Unit parwis nya ga pernah lama bertahan pasti di lego, makanya doi prioritas di adi putro untuk model terbaru. Subur jaya ini model bisnisnya speerti efisiensi di jalur selatan yg menjadi showroom berjalan, tp efisiensi busnya nge line jalur pwt jogja or clp jogja.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by MSU »

Jadi ingat jaman 90an sekolah di jatim..kl balik ke jakarta selalu pake bis malam...dulu pilihan ada kramat djati, pahala kencana & lorena. Paling sering pake awalnya pahala kencana, driver keren pake jas & nyetir santai haha...lama2 bosan pindah lorena, nyetir lbh ngebut tp ntah knp menurut saya masih wajar. Memang benar mereka2 ini baru ngebut abis makan malam waktu sebagian penumpang udh tidur
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

jazzretro7 wrote: 20 Jun 2020, 11:20
DOHC wrote: 19 Jun 2020, 19:19
PRBS wrote: 19 Jun 2020, 18:09

Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..

Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..

Jadi kangen bis2 era jalur pantura..
nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
Harapan Jaya jg termasuk yg kenceng tp halus sih. Pernah coba naik double decker nya ke Solo, cuma duduk di bawah sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by P47hos »

Bukan Bus, tp salah satu yg bikin miris.
https://beritajatim.com/peristiwa/dikem ... il-polisi/
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by 12HIS »

OBL ya? Itu bis yang paling nyaman alternatif bagi yang kehabisan tiket KA. Perkara armada OBL yg udah lawas-lawas ya ga heran karoseri Morodadi Prima paling minim karat di body, ini PO ga ngejual tampilan, tapi ngejual pelayanan dan kenyamanan.

Belum lama ini kan armada mereka Double Decker, mirip dengan Setra.

*Bukan Bismania, hanya seneng perhatiin armada baru :big_peace:
Attachments
81548134_2761949200535214_4240670478357757952_o.jpg
81548134_2761949200535214_4240670478357757952_o.jpg (204.1 KiB) Viewed 307 times
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Galaxy14 »

Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

12HIS wrote: 21 Jun 2020, 03:06 OBL ya? Itu bis yang paling nyaman alternatif bagi yang kehabisan tiket KA. Perkara armada OBL yg udah lawas-lawas ya ga heran karoseri Morodadi Prima paling minim karat di body, ini PO ga ngejual tampilan, tapi ngejual pelayanan dan kenyamanan.

Belum lama ini kan armada mereka Double Decker, mirip dengan Setra.

*Bukan Bismania, hanya seneng perhatiin armada baru :big_peace:
Bener sih om, kl liat bis ini saya plg cocok ya mercy terutama OBL punya. Nusantara executive yg mercy walaupun kursinya biasa entah kenapa enak jg bantingannya. Scania teknologi lbh bagus tp agak gimana gitu rasanya kl naik (nusantara punya, entah maintenancenya kaya apa)
bamboo11
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 24 Dec 2014, 21:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by bamboo11 »

Asli keren-keren ini opininya. numpang cerita, Ayah saya termasuk langganan OBL rute Denpasar - Jogja dari tahun 1990. beberapa kali dalam setahun ayah selalu naik PO ini, sampai saya pertengahan taun 90an ikutan (mulai sekolah di jogja) dan kebetulan nyobain rute Jkt - jogja, Jkt - Denpasar, Jogja - Jakarta. awal2 kerja di Jakarta taun 2005an saya masih naik OBL, dan memang recommended bus ini.
Dulu inget ada driver OBL rute Denpasar - Jogja, namanya Pak Cipto, yang bawanya elegan. nikung tajem ga trasa body roll-nya, nyalip ya kalem2 aja. cuman di Jatim OBL jadi penonton aja kalo bus2 AKAP jaman itu (mila, akas, mira, dll) kebut-kebutan :D
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by 12HIS »

erwinign wrote: 21 Jun 2020, 11:07
12HIS wrote: 21 Jun 2020, 03:06 OBL ya? Itu bis yang paling nyaman alternatif bagi yang kehabisan tiket KA. Perkara armada OBL yg udah lawas-lawas ya ga heran karoseri Morodadi Prima paling minim karat di body, ini PO ga ngejual tampilan, tapi ngejual pelayanan dan kenyamanan.

Belum lama ini kan armada mereka Double Decker, mirip dengan Setra.

*Bukan Bismania, hanya seneng perhatiin armada baru :big_peace:
Bener sih om, kl liat bis ini saya plg cocok ya mercy terutama OBL punya. Nusantara executive yg mercy walaupun kursinya biasa entah kenapa enak jg bantingannya. Scania teknologi lbh bagus tp agak gimana gitu rasanya kl naik (nusantara punya, entah maintenancenya kaya apa)
Mercy emang "The Best" um soal airsus, ga ada yg ngalahin. Kalo Nusantara itu mereka punya karoseri sendiri um, Nusantara Gemilang. Mirip Big Bird yg punya karoseri sendiri juga : Restu Ibu. Mungkin analisis sotoy saya sih karena unitnya jarang jd berimbas ke biaya R&D. (Kalo salah koreksi 🙏) PO PO besar maintenance armada baru mereka tetep ke ATPM, bisa jadi yg rada gurem servis sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by lemonadelovers »

Bis scania/ volvo/ mercy doubledecker interior mewah hrg Rp 3,x M keliatan murah dibandingkan LC VXR, BMW Seri7, Mercy S class n Lexus LX / LS yg harganya jg ud tembus Rp 3,x M :big_chicken:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

12HIS wrote: 21 Jun 2020, 15:17
erwinign wrote: 21 Jun 2020, 11:07
12HIS wrote: 21 Jun 2020, 03:06 OBL ya? Itu bis yang paling nyaman alternatif bagi yang kehabisan tiket KA. Perkara armada OBL yg udah lawas-lawas ya ga heran karoseri Morodadi Prima paling minim karat di body, ini PO ga ngejual tampilan, tapi ngejual pelayanan dan kenyamanan.

Belum lama ini kan armada mereka Double Decker, mirip dengan Setra.

*Bukan Bismania, hanya seneng perhatiin armada baru :big_peace:
Bener sih om, kl liat bis ini saya plg cocok ya mercy terutama OBL punya. Nusantara executive yg mercy walaupun kursinya biasa entah kenapa enak jg bantingannya. Scania teknologi lbh bagus tp agak gimana gitu rasanya kl naik (nusantara punya, entah maintenancenya kaya apa)
Mercy emang "The Best" um soal airsus, ga ada yg ngalahin. Kalo Nusantara itu mereka punya karoseri sendiri um, Nusantara Gemilang. Mirip Big Bird yg punya karoseri sendiri juga : Restu Ibu. Mungkin analisis sotoy saya sih karena unitnya jarang jd berimbas ke biaya R&D. (Kalo salah koreksi 🙏) PO PO besar maintenance armada baru mereka tetep ke ATPM, bisa jadi yg rada gurem servis sendiri
Kalo terakhir setau saya yg lg kenceng2nya keluarin tipe bis itu subur jaya dkk yg hino itu ya om?

Saya pernah naik grabcar, dapet drivernya ex supir OBL. Dia cerita (mungkin ya experience dia plg pengaruh di hal ini), kl bis paling oke dr semua aspek tetep mercy, krn bongkar pasang mesinnya ndak ribet. Selain itu konsumsi solarnya jg tengah2, krn kata dia scania 2km/L, hino 3km/L, mercy sktr 2,5km/L. Hino katanya jg oke, tp kl perbaikan ribet.

Heran aja sih om, scania yg notabene dr "kulit"nya/apa yg saya liat lebih advance kaya stir multifungsi, speedometer kaya mobil eropa banyak tombol aja kaya terkesan ringkih2 gimana gitu. Airsusnya nggak pernah nyaman buat saya, padahal sy sering naik yg super exe nusantara. Pernah satu waktu naik smg-bandung dapet nusantara scania (kayanya) yg warna ijo muda (unit lama kayanya) itu bolak balik brenti di sekitar sumedang buat cek mesin karena ada bunyi klotok2 aneh gitu :big_biglaugh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post