Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

Galaxy14 wrote: 21 Jun 2020, 06:03 Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
bener lha wong wktu pulang ke klaten dari bogor itu bela2xin naik Super Topnya rosin dari Tajur bogor padahal tinggal di pakansari lha terus turune di pool Rosin kartasura itu aja brgkat pool bogor jam 330 sore nyampe kertasuro jam 1130 malam weeh ajib tenan padahal yo mlaku nyante je wong spanjang jalan avarage 100-120 kpj... :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

evanbngdor wrote: 20 Jun 2020, 20:54
jazzretro7 wrote: 20 Jun 2020, 11:20
DOHC wrote: 19 Jun 2020, 19:19

nahh poin ini saya setuju

dulu waktu saya masi sering laga pantura, jaman belom ad cipali

supir2 bus nya masi lebi enak d ajak kompromi, kl saya mau nyalip kasi klakson skali sambil kasi sein, ntar pasti dikasi kode balik ama supir nya bsa atau kaga..

kl skrg, ampun2 deh, ntuh dah pada kaya kesetanan smua, palagi sejak jaman yutub ngetren, pada bangga loh bsa pepet2an ampe spion nyenggol mobil orang
tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
Harapan Jaya jg termasuk yg kenceng tp halus sih. Pernah coba naik double decker nya ke Solo, cuma duduk di bawah sih
Hanjay thn2 blakangan ini kurang gitu update busnya yg premium luxury dikit seh..
yg lagi getol2nya adu gengsi jaman now tuh STJ, AgraMas, Gn Harta, Rosin nah klo yg lintas pansela tuh Efisiensi kek sorom berjalan tiap berapa thn ganti armada..
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

Galaxy14 wrote: 21 Jun 2020, 06:03 Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
iya emang jaman now transjawa ma sumatra yg bisa narik penumpang yg dari brand2 premium itu macam dua gajah german ma swedia (MAN, Mercy VS Scania Volvo) hehehe.. pke engine lain penumpang ogah jg naik hehehe...pgn seh suatu saat ada PO yg pake engine Catterpilar, Cummins kek bis2 di US sono hehe..seru keknya ya..tinggal skrg dari skill & jam terbang drivernya yang harus kompeten dan kapabel..krn semua bus premium skrg sudah full komputerise ala2 suv mall to mall gt hehehe :big_grin: macam tiptronik trany, air sus, full discbrake, tubeless tires, bahkan mungkin dah bi-turbo vgt spec jd butuh driver handal dan ngerti ma spek utk kontrol tuh bus krn telemetri bus2 itu dah terkoneksi onlen ke jaringan ass-nya..jadi misal klo drivernya blong2an sruntulan itu bakal kerekam jejak typical drivingnya ke PO dan dealernya..akhirnya berujung ke jg maitenance cost dri POnya dan kompensasi yg diterima si driver itu ndiri.. :big_smoking:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by PRBS »

bamboo11 wrote: 21 Jun 2020, 13:42 Asli keren-keren ini opininya. numpang cerita, Ayah saya termasuk langganan OBL rute Denpasar - Jogja dari tahun 1990. beberapa kali dalam setahun ayah selalu naik PO ini, sampai saya pertengahan taun 90an ikutan (mulai sekolah di jogja) dan kebetulan nyobain rute Jkt - jogja, Jkt - Denpasar, Jogja - Jakarta. awal2 kerja di Jakarta taun 2005an saya masih naik OBL, dan memang recommended bus ini.
Dulu inget ada driver OBL rute Denpasar - Jogja, namanya Pak Cipto, yang bawanya elegan. nikung tajem ga trasa body roll-nya, nyalip ya kalem2 aja. cuman di Jatim OBL jadi penonton aja kalo bus2 AKAP jaman itu (mila, akas, mira, dll) kebut-kebutan :D
Childhood memory saya seputar AKAP via naik bus bermula dari OBL om.. saya ingat bgt jaman 90an naik OBL berdua dengan ibu saya (saya masih umur 7tahun), drivernya dan co-drivernya sudah terkenal ramah2 dan nyetirnya sepanjang jalan juga haluss.. sama sekali tidak menakutkan buat anak kecil seperti saya.. malah jadi langganan sampai saya kuliah..

Sayang sejak ada cipali, saya jadi lebih senang bawa mobil sendiri.. sudah lama tidak merasakan OBL..
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by 12HIS »

erwinign wrote: 21 Jun 2020, 17:51
12HIS wrote: 21 Jun 2020, 15:17
erwinign wrote: 21 Jun 2020, 11:07

Bener sih om, kl liat bis ini saya plg cocok ya mercy terutama OBL punya. Nusantara executive yg mercy walaupun kursinya biasa entah kenapa enak jg bantingannya. Scania teknologi lbh bagus tp agak gimana gitu rasanya kl naik (nusantara punya, entah maintenancenya kaya apa)
Mercy emang "The Best" um soal airsus, ga ada yg ngalahin. Kalo Nusantara itu mereka punya karoseri sendiri um, Nusantara Gemilang. Mirip Big Bird yg punya karoseri sendiri juga : Restu Ibu. Mungkin analisis sotoy saya sih karena unitnya jarang jd berimbas ke biaya R&D. (Kalo salah koreksi 🙏) PO PO besar maintenance armada baru mereka tetep ke ATPM, bisa jadi yg rada gurem servis sendiri
Kalo terakhir setau saya yg lg kenceng2nya keluarin tipe bis itu subur jaya dkk yg hino itu ya om?

Saya pernah naik grabcar, dapet drivernya ex supir OBL. Dia cerita (mungkin ya experience dia plg pengaruh di hal ini), kl bis paling oke dr semua aspek tetep mercy, krn bongkar pasang mesinnya ndak ribet. Selain itu konsumsi solarnya jg tengah2, krn kata dia scania 2km/L, hino 3km/L, mercy sktr 2,5km/L. Hino katanya jg oke, tp kl perbaikan ribet.

Heran aja sih om, scania yg notabene dr "kulit"nya/apa yg saya liat lebih advance kaya stir multifungsi, speedometer kaya mobil eropa banyak tombol aja kaya terkesan ringkih2 gimana gitu. Airsusnya nggak pernah nyaman buat saya, padahal sy sering naik yg super exe nusantara. Pernah satu waktu naik smg-bandung dapet nusantara scania (kayanya) yg warna ijo muda (unit lama kayanya) itu bolak balik brenti di sekitar sumedang buat cek mesin karena ada bunyi klotok2 aneh gitu :big_biglaugh:
Iya um, biasanya karoseri Laksana klop dengan Hino RK8. Justru di tipe RN malah ga ada yg dibikin SHD, rawan terguling. Kalo RM katanya sih boros solar

Bener um, all rounder mercy. Sempet kaget juga itu seliter cuma 2km😑 kemaren ngobrol sama supir bos ternyata ex Harjay, pantesan bawa Alphard halus kek bawa bis. Bos bos sekarang cenderung prioritas nyari sopir yg experience kendaraan besar.

Scania di kalangan bismania itu banyak fansnya um, belum lagi dukungan ASS khas Astra, beda banget sama kompatriotnya senegara : Volvo dipegang Indotruck Indomobil yg suspensi nya lumayan enak
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:20
evanbngdor wrote: 20 Jun 2020, 20:54
jazzretro7 wrote: 20 Jun 2020, 11:20

tp tetep aja jaman pantura bnyk bus2 malam akap yg sruntulan jg larinya..macam lorena, karina, pahala kencana, kramad jati, sabar subur..itu klo nyalipnya ga oleng ga seru keknya sampe nempel2 bus2 dpnnya klo mo nyalib..yg paling sopan jaman itu ya cuman OBL itu aja...klo jaman sekarang yg ngebut halus di transjawa ya OBL, Rosin dan Nusantara Conqueror.. :big_grin:
Harapan Jaya jg termasuk yg kenceng tp halus sih. Pernah coba naik double decker nya ke Solo, cuma duduk di bawah sih
Hanjay thn2 blakangan ini kurang gitu update busnya yg premium luxury dikit seh..
yg lagi getol2nya adu gengsi jaman now tuh STJ, AgraMas, Gn Harta, Rosin nah klo yg lintas pansela tuh Efisiensi kek sorom berjalan tiap berapa thn ganti armada..
Oh gitu ya. Soalnya saya liat armadanya harapan jaya yg di pool ciputat itu bagus-bagus semua sih, masih relatif baru. Mungkin beda pool&trayek beda kondisi ya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

12HIS wrote: 21 Jun 2020, 23:09
erwinign wrote: 21 Jun 2020, 17:51
12HIS wrote: 21 Jun 2020, 15:17

Mercy emang "The Best" um soal airsus, ga ada yg ngalahin. Kalo Nusantara itu mereka punya karoseri sendiri um, Nusantara Gemilang. Mirip Big Bird yg punya karoseri sendiri juga : Restu Ibu. Mungkin analisis sotoy saya sih karena unitnya jarang jd berimbas ke biaya R&D. (Kalo salah koreksi 🙏) PO PO besar maintenance armada baru mereka tetep ke ATPM, bisa jadi yg rada gurem servis sendiri
Kalo terakhir setau saya yg lg kenceng2nya keluarin tipe bis itu subur jaya dkk yg hino itu ya om?

Saya pernah naik grabcar, dapet drivernya ex supir OBL. Dia cerita (mungkin ya experience dia plg pengaruh di hal ini), kl bis paling oke dr semua aspek tetep mercy, krn bongkar pasang mesinnya ndak ribet. Selain itu konsumsi solarnya jg tengah2, krn kata dia scania 2km/L, hino 3km/L, mercy sktr 2,5km/L. Hino katanya jg oke, tp kl perbaikan ribet.

Heran aja sih om, scania yg notabene dr "kulit"nya/apa yg saya liat lebih advance kaya stir multifungsi, speedometer kaya mobil eropa banyak tombol aja kaya terkesan ringkih2 gimana gitu. Airsusnya nggak pernah nyaman buat saya, padahal sy sering naik yg super exe nusantara. Pernah satu waktu naik smg-bandung dapet nusantara scania (kayanya) yg warna ijo muda (unit lama kayanya) itu bolak balik brenti di sekitar sumedang buat cek mesin karena ada bunyi klotok2 aneh gitu :big_biglaugh:
Iya um, biasanya karoseri Laksana klop dengan Hino RK8. Justru di tipe RN malah ga ada yg dibikin SHD, rawan terguling. Kalo RM katanya sih boros solar

Bener um, all rounder mercy. Sempet kaget juga itu seliter cuma 2km😑 kemaren ngobrol sama supir bos ternyata ex Harjay, pantesan bawa Alphard halus kek bawa bis. Bos bos sekarang cenderung prioritas nyari sopir yg experience kendaraan besar.

Scania di kalangan bismania itu banyak fansnya um, belum lagi dukungan ASS khas Astra, beda banget sama kompatriotnya senegara : Volvo dipegang Indotruck Indomobil yg suspensi nya lumayan enak
Owalah scania dibawah astra UT toh, br tau saya om. Pantes exist terus scania. Kl soal tipe bis yg dipake, denger2 plg nyenengin itu bis2 basecamp aceh dsk ya om? Ada yg pake volvo soalnya disana, krn solarnya the best kl di sekitaran aceh itu jd banyak tipe mesin bis yg advance/aneh diambil PO
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

iya denger2 ktnya PO2 premium Aceh Medan mo datangin chassis premium quadaxle 8x2 dgn triple steering wheel..kek PO Marcopolo di Brasil sono tuh...wehh ajib jg tuh..tp bakal mentok ke regulasi ya secara dia lebih panjang yaa..tp klo liat bus gandeng TJ apa ga lebih panjang bus gandeng..
ya moga aja regulasinya bisa di amandemen lagi oleh Kemenhub..apalagi 5-10thn lagi tol trans sumatra nyambung ke tranjawa..jd ya worthed sih dengan spek bus premium quad axle 8x2 & triple steering wheel ala2 PO Marcopolo tuh hehehe...
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

evanbngdor wrote: 22 Jun 2020, 14:29
jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:20
evanbngdor wrote: 20 Jun 2020, 20:54

Harapan Jaya jg termasuk yg kenceng tp halus sih. Pernah coba naik double decker nya ke Solo, cuma duduk di bawah sih
Hanjay thn2 blakangan ini kurang gitu update busnya yg premium luxury dikit seh..
yg lagi getol2nya adu gengsi jaman now tuh STJ, AgraMas, Gn Harta, Rosin nah klo yg lintas pansela tuh Efisiensi kek sorom berjalan tiap berapa thn ganti armada..
Oh gitu ya. Soalnya saya liat armadanya harapan jaya yg di pool ciputat itu bagus-bagus semua sih, masih relatif baru. Mungkin beda pool&trayek beda kondisi ya.
ya x ya, soale klo liat dri bogor tuh hanjay bodinya rada tua2, beda klo ama agramas, GH, Rosin.. yg rosin aja dah dtg tuh powered by Volvo B11Rnya..
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by 12HIS »

erwinign wrote: 22 Jun 2020, 15:53
12HIS wrote: 21 Jun 2020, 23:09
erwinign wrote: 21 Jun 2020, 17:51

Kalo terakhir setau saya yg lg kenceng2nya keluarin tipe bis itu subur jaya dkk yg hino itu ya om?

Saya pernah naik grabcar, dapet drivernya ex supir OBL. Dia cerita (mungkin ya experience dia plg pengaruh di hal ini), kl bis paling oke dr semua aspek tetep mercy, krn bongkar pasang mesinnya ndak ribet. Selain itu konsumsi solarnya jg tengah2, krn kata dia scania 2km/L, hino 3km/L, mercy sktr 2,5km/L. Hino katanya jg oke, tp kl perbaikan ribet.

Heran aja sih om, scania yg notabene dr "kulit"nya/apa yg saya liat lebih advance kaya stir multifungsi, speedometer kaya mobil eropa banyak tombol aja kaya terkesan ringkih2 gimana gitu. Airsusnya nggak pernah nyaman buat saya, padahal sy sering naik yg super exe nusantara. Pernah satu waktu naik smg-bandung dapet nusantara scania (kayanya) yg warna ijo muda (unit lama kayanya) itu bolak balik brenti di sekitar sumedang buat cek mesin karena ada bunyi klotok2 aneh gitu :big_biglaugh:
Iya um, biasanya karoseri Laksana klop dengan Hino RK8. Justru di tipe RN malah ga ada yg dibikin SHD, rawan terguling. Kalo RM katanya sih boros solar

Bener um, all rounder mercy. Sempet kaget juga itu seliter cuma 2km😑 kemaren ngobrol sama supir bos ternyata ex Harjay, pantesan bawa Alphard halus kek bawa bis. Bos bos sekarang cenderung prioritas nyari sopir yg experience kendaraan besar.

Scania di kalangan bismania itu banyak fansnya um, belum lagi dukungan ASS khas Astra, beda banget sama kompatriotnya senegara : Volvo dipegang Indotruck Indomobil yg suspensi nya lumayan enak
Owalah scania dibawah astra UT toh, br tau saya om. Pantes exist terus scania. Kl soal tipe bis yg dipake, denger2 plg nyenengin itu bis2 basecamp aceh dsk ya om? Ada yg pake volvo soalnya disana, krn solarnya the best kl di sekitaran aceh itu jd banyak tipe mesin bis yg advance/aneh diambil PO
Kalo di Sumatera mereka jarang mau ambil Hino, saya dengar sih orang sana takut dengan rem blong. Tau sendirilah medan daerah Sumatera, apalagi line lewat Sitinjau Lauik😑

Ohiya PO daerah Sumatera kebanyakan basis pemakai Rahayu Santosa, jadi kalo laka ga perlu ke Jawa. ini sekarang karoseri mati suri.
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by 12HIS »

jazzretro7 wrote: 22 Jun 2020, 19:00 iya denger2 ktnya PO2 premium Aceh Medan mo datangin chassis premium quadaxle 8x2 dgn triple steering wheel..kek PO Marcopolo di Brasil sono tuh...wehh ajib jg tuh..tp bakal mentok ke regulasi ya secara dia lebih panjang yaa..tp klo liat bus gandeng TJ apa ga lebih panjang bus gandeng..
ya moga aja regulasinya bisa di amandemen lagi oleh Kemenhub..apalagi 5-10thn lagi tol trans sumatra nyambung ke tranjawa..jd ya worthed sih dengan spek bus premium quad axle 8x2 & triple steering wheel ala2 PO Marcopolo tuh hehehe...
Agak ngilu ngebayangin quadaxle bakal seceper apa itu? Double Decker & UHD yang lumayan ceper mereka juga kerap kerepotan
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

12HIS wrote: 22 Jun 2020, 21:03
jazzretro7 wrote: 22 Jun 2020, 19:00 iya denger2 ktnya PO2 premium Aceh Medan mo datangin chassis premium quadaxle 8x2 dgn triple steering wheel..kek PO Marcopolo di Brasil sono tuh...wehh ajib jg tuh..tp bakal mentok ke regulasi ya secara dia lebih panjang yaa..tp klo liat bus gandeng TJ apa ga lebih panjang bus gandeng..
ya moga aja regulasinya bisa di amandemen lagi oleh Kemenhub..apalagi 5-10thn lagi tol trans sumatra nyambung ke tranjawa..jd ya worthed sih dengan spek bus premium quad axle 8x2 & triple steering wheel ala2 PO Marcopolo tuh hehehe...
Agak ngilu ngebayangin quadaxle bakal seceper apa itu? Double Decker & UHD yang lumayan ceper mereka juga kerap kerepotan
Ya nyatanya yg triple axle aja exist sampe skrg sumatra jawa bali ga ada keluhan bahkan di sulawesi jg dah msk triple axle dipake po primadona trayek makasar toraja lgian kan airsusnya bs disetting ketinggiannya..klo quad axle jd masuk paling nambah panjang semeter aja dr yg triple axle hehe..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

Saya cukup tertarik dan penasaran, rumornya nusantara ato PO apa ya itu masih simpen unit mercy bis th 80an yg katanya bakal ditarik ke museum mercy stuttgart buat appreciate. Kl bener sih warbyasaah. Liat travego udah berkesan banget apalg ada PO bus lokal masuk ke tempat tersakral buat mercy hahaha
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Ingkak »

Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

Ingkak wrote: 22 Jun 2020, 21:26 Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
Unik jg ya om, malah preference bis gini kebalikan ama mobil. Eropaan malah lebih kuat dg perawatan yang.... ah sudahlah :big_biglaugh: pdhl hino sekarang justru refined banget naikannya, contoh subur jaya jaman 2016 yg saya naikin itu thumbs up deh kehalusannya deket2 mercy dikit
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

Ingkak wrote: 22 Jun 2020, 21:26 Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
Iya maka itu TS mentioned fenomena bus ngebut 150 - 160kpj krn ya wajar aja faktor ngejar waktu puter walik itu, klo jadul pantura dalam 1 trayek hrs 2 bus yg jalan tar papasan di rest areanya. Klo skrg PO cukup invest 1 bus aja dlm 1 trayek tol to tol jd misal solo jkt brgkt jam 4 sore nyampe jkt jam 4 pg, tar jam 6 pgi brgkt jkt nyampe solo jam 2 siang, jd ya krn faktor infrastruktur yg sangat memadai dan tentu ya bus yg speknya tahan high speed emduro long term ya cuma bus2 premium yurop aja masuk spek ini... :big_grin: nah tinggal skrg gmn dgn kompetensi dan mental drivernya aja sih hrs bisa kontrol high speed tp halus itu tantangannya..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by lemonadelovers »

jazzretro7 wrote: 22 Jun 2020, 21:12
12HIS wrote: 22 Jun 2020, 21:03
jazzretro7 wrote: 22 Jun 2020, 19:00 iya denger2 ktnya PO2 premium Aceh Medan mo datangin chassis premium quadaxle 8x2 dgn triple steering wheel..kek PO Marcopolo di Brasil sono tuh...wehh ajib jg tuh..tp bakal mentok ke regulasi ya secara dia lebih panjang yaa..tp klo liat bus gandeng TJ apa ga lebih panjang bus gandeng..
ya moga aja regulasinya bisa di amandemen lagi oleh Kemenhub..apalagi 5-10thn lagi tol trans sumatra nyambung ke tranjawa..jd ya worthed sih dengan spek bus premium quad axle 8x2 & triple steering wheel ala2 PO Marcopolo tuh hehehe...
Agak ngilu ngebayangin quadaxle bakal seceper apa itu? Double Decker & UHD yang lumayan ceper mereka juga kerap kerepotan
Ya nyatanya yg triple axle aja exist sampe skrg sumatra jawa bali ga ada keluhan bahkan di sulawesi jg dah msk triple axle dipake po primadona trayek makasar toraja lgian kan airsusnya bs disetting ketinggiannya..klo quad axle jd masuk paling nambah panjang semeter aja dr yg triple axle hehe..
Mentok d regulasi panjang bus maksimal 13,5 meter. Nambah axle klo ga nambah panjang jdnya rugi krna payload ga nambah udah gtu tampilannya culun dah

Laksana DD spek bangladesh aja lebih panjang dan lebih tinggi.. regulasinya mesti diubah khususnya terkait UU tentang jalan yg denger2 lg diusulkan untuk dilakukan perubahan, padahal jalanan indo udah di tes lho pakai truk tribal (fuso super great tronton sambung sasis) sepanjang 16.5meter wkwkwkwk
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by gadjahalphien »

lemonadelovers wrote: 23 Jun 2020, 06:28 ...padahal jalanan indo udah di tes lho pakai truk tribal (fuso super great tronton sambung sasis) sepanjang 16.5meter ....
Ini salah satu bentuk truk odol yg banyak menjadi Lane Hogger.
Gmana jadinya kalo regulasi truk tribal sudah ada, makin banyak truk odol nan siput.

Saya pribadi. Masi milih bis panjang dibandingkan truk panjang.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by gobale »

bus2 canggih yg sudah common rail spek suro begini apakah masuk ke indonesia ada penyesuain spek mesin ? karena solarnya udah beda banget disini...walau mesinnya heavy duty...tapi kehajar B30 bs KO lama2....

soalnya masih mindset di benak PO2 bus itu perawatan armadanya asal2an aja, maintenance sendiri ala2.....
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by adityabp »

erwinign wrote: 22 Jun 2020, 21:37
Ingkak wrote: 22 Jun 2020, 21:26 Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
Unik jg ya om, malah preference bis gini kebalikan ama mobil. Eropaan malah lebih kuat dg perawatan yang.... ah sudahlah :big_biglaugh: pdhl hino sekarang justru refined banget naikannya, contoh subur jaya jaman 2016 yg saya naikin itu thumbs up deh kehalusannya deket2 mercy dikit
IMHO, saya bingung kenapa bisa pecah blok mesinnya?
Apa bedanya digeber di tol sama digeber krn bawa muatan overload? Asumsi mesin yg sama ya.
Curiga desain sistem pendinginannya gak bener.
:big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

gobale wrote: 23 Jun 2020, 08:39 bus2 canggih yg sudah common rail spek suro begini apakah masuk ke indonesia ada penyesuain spek mesin ? karena solarnya udah beda banget disini...walau mesinnya heavy duty...tapi kehajar B30 bs KO lama2....

soalnya masih mindset di benak PO2 bus itu perawatan armadanya asal2an aja, maintenance sendiri ala2.....
PO bus sih pasti mikirnya lebih ke arah itung2an nilai buku assetnya aja. Meskipun rusak tp kalau dirasa masih lebih minim cost nya dibanding perawatan kelas wahid pasti ya dijalanin aja.

Profit kan faktor utama
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

lemonadelovers wrote: 23 Jun 2020, 06:28
jazzretro7 wrote: 22 Jun 2020, 21:12
12HIS wrote: 22 Jun 2020, 21:03

Agak ngilu ngebayangin quadaxle bakal seceper apa itu? Double Decker & UHD yang lumayan ceper mereka juga kerap kerepotan
Ya nyatanya yg triple axle aja exist sampe skrg sumatra jawa bali ga ada keluhan bahkan di sulawesi jg dah msk triple axle dipake po primadona trayek makasar toraja lgian kan airsusnya bs disetting ketinggiannya..klo quad axle jd masuk paling nambah panjang semeter aja dr yg triple axle hehe..
Mentok d regulasi panjang bus maksimal 13,5 meter. Nambah axle klo ga nambah panjang jdnya rugi krna payload ga nambah udah gtu tampilannya culun dah

Laksana DD spek bangladesh aja lebih panjang dan lebih tinggi.. regulasinya mesti diubah khususnya terkait UU tentang jalan yg denger2 lg diusulkan untuk dilakukan perubahan, padahal jalanan indo udah di tes lho pakai truk tribal (fuso super great tronton sambung sasis) sepanjang 16.5meter wkwkwkwk
Betul om, secara full loadnya msh lebih ringan dr truk odol kan jd emang dari egulasi hrs amandement lg dgn kondisi infrastruktur yg memadai saat ini dan kedepannya krn kalaupun 8x2 klo nambah semeter ga optimal payloadnya paling nambah 1 baris kursi, ya optimal panjang 15.5 m klo liat speknya. Sebenarnya quad axle dipake utk flesibilitas manuver jg seh apalagi klo dgn triple steering wheel radius putarnya lebih kecil & lincah dibanding 8x2 bi-steering wheel hehe..
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by gobale »

evanbngdor wrote: 23 Jun 2020, 08:50
gobale wrote: 23 Jun 2020, 08:39 bus2 canggih yg sudah common rail spek suro begini apakah masuk ke indonesia ada penyesuain spek mesin ? karena solarnya udah beda banget disini...walau mesinnya heavy duty...tapi kehajar B30 bs KO lama2....

soalnya masih mindset di benak PO2 bus itu perawatan armadanya asal2an aja, maintenance sendiri ala2.....
PO bus sih pasti mikirnya lebih ke arah itung2an nilai buku assetnya aja. Meskipun rusak tp kalau dirasa masih lebih minim cost nya dibanding perawatan kelas wahid pasti ya dijalanin aja.

Profit kan faktor utama
:mky_03:

Akhirnya maintenance asal2an..ngebul saing2an sama SUV diesel remapan.....ganti oli seadanya, filter2 ntah sampai ratusan ribu km, dll...

kalau masih warranty mungkin masih ada service berkala dari ATPM nya, kalau udah engga pastilah di bengkel sendiri...sudah pasti standarnya beda jauh....

kalau body dirasa udah jelek, tinggal re-body lagi di bengkel karoseri...keluar bengkel, body wah dan fresh seperti baru...tapi ngebul teteeuupp......
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

gobale wrote: 23 Jun 2020, 08:39 bus2 canggih yg sudah common rail spek suro begini apakah masuk ke indonesia ada penyesuain spek mesin ? karena solarnya udah beda banget disini...walau mesinnya heavy duty...tapi kehajar B30 bs KO lama2....

soalnya masih mindset di benak PO2 bus itu perawatan armadanya asal2an aja, maintenance sendiri ala2.....
ini bagus pertanyaannya mgkin yg bisa jawab dari apm engine chasis premium bus yg tahu pasti x ya, tp mgkin saat PO invest engine/chassis premium ini sudah sepaket dgn slow moving sparepartnya x ya misal sepaket fullset sparepart injector, fullset sparepart vgt turbonya, fullset sparepart commonrail tubenya yg memang saat operasional nanti rentan utk jebol gegara isi bbmnya under rekomended pabrikan ya.. hrsnya seh ya hrs pertadex isinya lha wong type enginenya sama kek yg yurop sono yg dah euro 6 spek, dan mgkin dari ratio kompresinya yg diturunkan utk pasar 62 x ya trs mgkin dtambah fuel filternya yg bnyk. Trs dari sisi interval servisnya jg lebih pendek kmnya..cmiiw :big_grin:
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Ingkak »

erwinign wrote: 22 Jun 2020, 21:37
Ingkak wrote: 22 Jun 2020, 21:26 Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
Unik jg ya om, malah preference bis gini kebalikan ama mobil. Eropaan malah lebih kuat dg perawatan yang.... ah sudahlah :big_biglaugh: pdhl hino sekarang justru refined banget naikannya, contoh subur jaya jaman 2016 yg saya naikin itu thumbs up deh kehalusannya deket2 mercy dikit
Menurut salah satu owner faktor jumlah nenggak oli nya yg jadi penentu kekuatan umur mesin karena semakin banyak oli semakin baik pelumasan nya, mercy 15/162 6kapasitas olinya 2x nya hino RK bahkan lebih, walopun secara ekonomis utk biaya perawatan mahal mercy ttpi umur mesin hino kalah dibanding mercy.

Hino RK oli mesinnya butuh 12,7 liter, dan untuk Mercy OH 1526 bisa tenggak oli hingga 28 liter! Asumsinya, buatlah harga oli jenis diesel great menengah di kisaran Rp 70.000 per liter.

Hitungan matematikanya berarti Hino RK8 butuhkan dana sekali ganti oli sebesar Rp 889.000. Untuk Mercy OH 1526 lebih besar lagi, sekitar Rp 1,96 juta! Hitungan ini hanya asumsi
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post