Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
Location: Java Island

Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by privatemember »

11/12/2020, 07:42 WIB
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Agung Kurniawan

PT Sokon Automobile selaku agen pemegang merek (APM) DFSK di Indonesia digugat oleh tujuh konsumen pengguna DFSK Glory 580 Turbo CVT tahun produksi 2018. Gugatan ini dilayangkan melalui kuasa hukum David Tobing yang terdaftar secara daring di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor PN JKT.SEL-122020BS2 tanggal 3 Desember 2020. Adapun isinya mengenai mobil yang tidak kuat menanjak dan atau saat berada dalam kemacetan di jalan yang menanjak (stop & go). Kendala muncul pada saat digunakan ke luar kota maupun area parkir pusat perbelanjaan. Menurut keterangan penggugat, konsumen sudah melaporkan dan melakukan perbaikan di bengkel resmi DFSK. Tetapi sampai saat ini mobil masih mengalami kendala yang sama hingga menimbulkan rasa takut dan kecewa ketika menggunakan kendaraan terkait.

Dalam petitumnya, para konsumen meminta agar majelis hakim menghukum DFSK untuk bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi materil sebesar Rp 1.959.000.000 yang merupakan total harga pembelian. Kemudian memberikan ganti rugi immaterial sebesar Rp 1.000.000.000 kepada masing-masing konsumen karena telah mengalami perasaan khawatir selama menggunakan mobil.

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi menyatakan bahwa pihaknya bakal memenuhi prosedur yang ada. "Hanya aja sampai saat ini kami belum terima salinannya. Menurut tim legal, mungkin membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk gugatan sampai ke kita. Setelah itu, baru akan dilakukan pengecekan kembali," kata dia, Kamis (10/12/2020). "Kami juga akan cek apakah pernah ada masalah serupa sebelumnya. Tapi sejauh ini, baru 7 penggugat saja yang merasakan kendala tersebut," lanjut Rofiqi. Maka, secara umum tim DFSK belum bertemu dengan para penggugat maupun mobil yang dimaksud untuk kemudian dilakukan pengecekan ulang secara intensif.
s u m b e r

Akhirnya dapat ujian juga nih APM depeseq Indonesia, terutama yang paling kena bebannya bagian Humas, Purna Jual, dan Pemasaran. Kalau saya lihat Humas APM sejauh ini lumayan responsif ditanya media, tapi berhati-hati dalam artian tidak frontal langsung mengeluarkan statement yang mentah. Meski, saya lihat bagian internal APM terlihat terlalu birokratif atau lambat merespon masalah.

Setahu saya drivetrain Euro-SFG 1.5L turbo + CVT ini memang punya kelemahan di tarikan kecepatan rendah (<40 km/j) yang payah, mungkin karena turbonya yang cukup nge-lag lama plus CVT yang kurang seresponsif CVT merek nippon masa kini. Kalau mereka menggugat hanya karena ini yaa susah terkabul karena bisa digolongkan "hanyalah sebuah karakteristik yang lazim", lagian saya rasa lemotnya 580 ini gak bakal lah sampe bikin mobil berhenti walau udah digas di tanjakan. Sayang belum dijelaskan seperti apa tidak kuatnya mobil mereka menanjak.

Kalau tak kuat nanjaknya itu setelah mobil penggugat udah puluhan ribu km terus berhenti melaju di tanjakan pegunungan (kayak yang pernah diceritain pengguna Xtronic-nya Batu Kuburan di sini :upss:), artinya lebih karena faktor wear & tear, baru deh gugatannya bisa gol, entah ganti rugi dikabulin semua, CVT fluid dikuras gratis, assembly CVT/mesin segelondong diganti, dsb.

Yang udah pakai Glory 580, 560, apalagi yang 1.5T CVT komen aja hehe, segitu mengganggu kah kelemotan tarikan bawahnya? Belum pernah tes saya.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by MSU »

Hari ini dibahas di detikcom...test pake test drive car odo 30rb...sukses stop & go walau lemot start
Abis itu test milik konsumen...gagal
Ntah di mana letak salahnya...tunggu perkembangannya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by pengendiesel »

MSU wrote: Fri Dec 11, 2020 12:27 Hari ini dibahas di detikcom...test pake test drive car odo 30rb...sukses stop & go walau lemot start
Abis itu test milik konsumen...gagal
Ntah di mana letak salahnya...tunggu perkembangannya
Tanjakannya seberapa curam om?
Perasaan dulu stop n go di tanjakan curam2 pake mobil2 bensin jadul 1000cc, gak pernah masalah. Padahal paling cuma 40-50hp
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by MSU »

pengendiesel wrote: Fri Dec 11, 2020 12:51
MSU wrote: Fri Dec 11, 2020 12:27 Hari ini dibahas di detikcom...test pake test drive car odo 30rb...sukses stop & go walau lemot start
Abis itu test milik konsumen...gagal
Ntah di mana letak salahnya...tunggu perkembangannya
Tanjakannya seberapa curam om?
Perasaan dulu stop n go di tanjakan curam2 pake mobil2 bensin jadul 1000cc, gak pernah masalah. Padahal paling cuma 40-50hp
Sy juga masih penasaran lokasinya om...cuma perkiraan saya di mall artha gading & satu lg di mall sekitar BSD
Btw cvt modern ni bukannya computerized ya....dalam pikiran saya harusnya bs di "reprogram" spy kasi ratio gigi lebih kasar utk nanjak
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ilhami »

satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by satriakarisma »

Kayaknya TCS nya yang kurang pinter.
Pernah dibahas di treat sebelah juga.
Di yutub juga ada yang pernah ngetes, 560 MT sih, emang gak kuat. Akhirnya di off dulu Traction control baru kuat nanjak
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ChZ »

Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by roadmap »

ChZ wrote:Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
Hehehhehehe....
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by indeskey »

ChZ wrote:Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
Hehehe... Ikut ngekek sebagai pemakai L15z ber cipiti.

Pernah ke dieng motong lewat jalur ngadirejo, posisi naik gantian sama yg turun, perlu kick down buat naik tp lancar, cuma bau gosong aja "dikit".
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by martinnn »

Harga turun 70% serok 2ndnya
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by doge »

ChZ wrote: Sat Dec 12, 2020 0:40 Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
kyknya emg mslh di traction controlnya.. di off in mslhnya lsg ilang kan
tebakanku dfsk 580 pke traction control yg modulate throttle opening, cmn mappingnya jelek..

akhirnya hrg tidak boong..
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ChZ »

doge wrote: Sat Dec 12, 2020 5:21
kyknya emg mslh di traction controlnya.. di off in mslhnya lsg ilang kan
tebakanku dfsk 580 pke traction control yg modulate throttle opening, cmn mappingnya jelek..

akhirnya hrg tidak boong..
nahh brarti ini lumayan kronis jg... krn pake garansi tujuh tahun lejennya pun tetep ga slesai ampe harus tuntut menuntut.

apakah berikutnya akan ada sue sue an nya di brand sebelah jg? :big_weee: :ngacir: mengingat saya dengar brand sebelah jg transmisinya sering operhit...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ilhami »

Kenapa nggak dicoba pakai teknik manual. Transmisi manual gigi 1 sanggup menyeret rem tangan (rem belakang).
Jadi pasang rem tangan, masukkan ke D atau S, sambil gas pelan-pelan
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Sat Dec 12, 2020 0:40 Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
hahahahahahaha
sapi12
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
Location: Jawa
Daily Vehicle: Rush

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by sapi12 »

indeskey wrote: Sat Dec 12, 2020 2:19
ChZ wrote:Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
Hehehe... Ikut ngekek sebagai pemakai L15z ber cipiti.

Pernah ke dieng motong lewat jalur ngadirejo, posisi naik gantian sama yg turun, perlu kick down buat naik tp lancar, cuma bau gosong aja "dikit".
Aduh jalur Ngadirejo ituh, apalagi pas musim hujan..
Sy pake rush aja pake gigi L, saking ngerinya
User avatar
ampibi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Dec 30, 2013 10:05
Location: Middle Park

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ampibi »

Merasa aneh gak sih, kalau nanjak harus matikan tsc, setau saya mobil lain tidak ada yg begitu
Beep Beep!

Image
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by maastricht889 »

ampibi wrote: Sun Dec 13, 2020 15:37 Merasa aneh gak sih, kalau nanjak harus matikan tsc, setau saya mobil lain tidak ada yg begitu
Algoritmanya terutama di VSC yg dudul sih berarti om, minimal harus update ECU
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by indeskey »

Mantabs ya om jalurnya :big_biglaugh:

Nggak mau lagi kalau ke dieng lewat situ, mending muter jauhan lewat wonosobo. Tp nggak terlalu tertarik sih balik ke dieng, biasa aja kalau kt saya. :big_peace:
sapi12 wrote: Sun Dec 13, 2020 14:17
indeskey wrote: Sat Dec 12, 2020 2:19
ChZ wrote:Kalau dari semua pengujian...

Kesimpulan sy masih sama masalahnya seputar tcs atau abs. Krn apa? Ada yang bilang ampe di gaspol jg ga mau naik.

Dan tidak ada lampu indikator CE atau transmission overheat. Ga tau lagi kalo transmission overheatnya ga pake indikator trus mobil bisa masuk limp mode sendiri.

Mobil cungkwo gt loh... Canggih... :big_weee:

Meanwhile exec di HPM : "oh, ini yang bilang barang gw kemahalan?" :big_weee:
Hehehe... Ikut ngekek sebagai pemakai L15z ber cipiti.

Pernah ke dieng motong lewat jalur ngadirejo, posisi naik gantian sama yg turun, perlu kick down buat naik tp lancar, cuma bau gosong aja "dikit".
Aduh jalur Ngadirejo ituh, apalagi pas musim hujan..
Sy pake rush aja pake gigi L, saking ngerinya
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by Winz »

ChZ wrote: Sat Dec 12, 2020 5:45
doge wrote: Sat Dec 12, 2020 5:21
kyknya emg mslh di traction controlnya.. di off in mslhnya lsg ilang kan
tebakanku dfsk 580 pke traction control yg modulate throttle opening, cmn mappingnya jelek..

akhirnya hrg tidak boong..
nahh brarti ini lumayan kronis jg... krn pake garansi tujuh tahun lejennya pun tetep ga slesai ampe harus tuntut menuntut.

apakah berikutnya akan ada sue sue an nya di brand sebelah jg? :big_weee: :ngacir: mengingat saya dengar brand sebelah jg transmisinya sering operhit...
Beli Mobil Cungkok kan memang beli Fitur aja

Masalah Mesin dan Transmisi ya begini lah, wkwkwk
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by ilhami »

yah nggak senaif itu pola pikirnya.
Boeing 737 max yang canggih itu juga jatuh karena cacat di software nya
Sementara pesawat cina juga sudah sampai bulan
Harus dilihat kasus per kasus
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by sammyjimun »

Klo faktor bahan bakar bisa ga ya? penasaran aja klo trnyata bhn bakarnya under spec
User avatar
mboisker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by mboisker »

sammyjimun wrote: Mon Dec 14, 2020 9:18 Klo faktor bahan bakar bisa ga ya? penasaran aja klo trnyata bhn bakarnya under spec
Bisa jadi sih, emang mobcin ini kalo diisi pertalite berasa banget lemotnya. Kalo saya curiga perlu ada penyesuaian di ecu atau apalah itu. Soalnya punya kenalan saya juga mengalami hal serupa, tapi setelah diremap masalah selesai. Cuma ya gitu bbm nya pakai pertalite.
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by jessboy »

sepertinya masalah tidak pada semua unit krn mobil test drive gak ada kendala
tapi yang jelas kualiti kontrolnya jeblok banget ya
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
androsimar
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jan 08, 2021 6:49
Location: Medan
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva FL1

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by androsimar »

Bisa jadi cuman masalah traction control.
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Post by mbingtampan »

Case ini akhirnya lenyap gitu aja kah? Atau selesai dengan "cincay"