Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

Pagi tgl 1 Maret 2021 ane mengalami kejadian penderekan oleh derek DISHUB Jakarta di jl. Blandongan. Berikut uraian kejadiannya,
Pagi itu ane makan bakmi di jl. Blandongan, mobil ane parkir dekat warung bakmi sambil ane liatin, di tempat ane parkir tdk ada tanda larangan sama sekali baik itu tanda dilarang berhenti atau parkir.
Tiba2 datang mobil derek DISHUB ke arah mobil ane, langsung ane lari ke arah mobil utk pindahin mobil. Pintu mobil ane buka, mau ditutup langsung pintu dipegangi oleh petugas DISHUB yg namanya Janu sehingga pintu mobil tdk dapat ditutup dgn sempurna. Mesin mobil ane hidupin langsung mobil ane mundurin, baru mundur 1-2 meter langsung kunci mobil dicabut dan dirampas oleh petugas DISHUB yg namanya Janu dan mobil dipaksa diderek dibawa ke Rawa Buaya. Kemudian datang seorang petugas Kepolisian, ane katakan apakah salah parkir di pinggir jalan tanpa rambu larangan parkir? Sang polisi hanya menjawab memang seperti itulah kelakuan mereka yang kurang beretika. Kemudian sang polisi itu pergi. Apakah seperti itu prosedur penderekan di Jakarta? Dimana di sekeliling ane banyak juga mobil yg parkir di bahu jalan tetapi dibiarkan saja. Berikut ane share juga foto2nya.
Attachments
IMG_20210301_181625.jpg
IMG_20210301_181625.jpg (272.39 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_181645.jpg
IMG_20210301_181645.jpg (285.96 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_181701.jpg
IMG_20210301_181701.jpg (659.74 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_181716.jpg
IMG_20210301_181716.jpg (309.48 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_181730.jpg
IMG_20210301_181730.jpg (224.63 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_181744.jpg
IMG_20210301_181744.jpg (269.26 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_171626.jpg
IMG_20210301_171626.jpg (708.71 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_172012.jpg
IMG_20210301_172012.jpg (678.76 KiB) Viewed 1720 times
IMG_20210301_173813.jpg
IMG_20210301_173813.jpg (169.08 KiB) Viewed 1720 times
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Or4cle »

Parkir di jalan yang tidak ada petunjuk rambu parkir pasti ditindak Dishub, walaupun di situ tidak ada rambu dilarang parkir.

Kalau masalah prosedur itu mestinya Dishub menjelaskan secara baik - baik dan tidak perlu ada kesan arogan. Anggap aja om lagi apes
b0ku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by b0ku »

lagi ganas2xnya mendingan jgn parkir sembarangan kalo dulu sih kerjanya bener dan gak bisa di sogok mobil musti parkir di pool dulu baru boleh di ambil, taon kemaren nyokap sempet kena kedip2x mata aja sambil kasih pesangon gak di derek jadinya :mky_03:
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by jessboy »

waduh lagi apes tuh om
emang skrg kalo mau parkir harus liat2 dulu aman ato gak atau paling gak kalo liat byk mobil yg parkir baru ikut parkir
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 Aug 2017, 16:46

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Lolol »

Bagus deh kalo ada penertiban gini, orang banyak yang kurang common sense nya nunggu ada plang dilarang baru nurut, itu juga kadang tetep nekat parkir sama aja kaya plang dilarang buang sampah disini, malah banyak sampah di sekitaran plang nya. kalo udah kena baru deh nunjuk2 sebelah kenapa ga ditindak juga :big_biglaugh:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23928
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by DOHC »

jaman lagi susah cari duit , perut perlu diisi

semua maling (resmi ataupun preman tanah abang) bakal makin ganas berkeliaran



only happen in third world country
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

Pengalaman ane bawa mobil, kalau di daerah itu ada tempat parkir alias tempat yg ada rambu P nya, lebih baik ane parkir di situ. Nah di jl. Blandongan itu daerah perdagangan dan tdk ada tempat yg ada rambu P nya, makanya mobil2 pada parkir di bahu jalan. Kalau daerah yg tdk ada tempat parkir atau rambu P, nah hrs parkir dimana coba?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Or4cle »

smgandi wrote: 01 Mar 2021, 21:19 Pengalaman ane bawa mobil, kalau di daerah itu ada tempat parkir alias tempat yg ada rambu P nya, lebih baik ane parkir di situ. Nah di jl. Blandongan itu daerah perdagangan dan tdk ada tempat yg ada rambu P nya, makanya mobil2 pada parkir di bahu jalan. Kalau daerah yg tdk ada tempat parkir atau rambu P, nah hrs parkir dimana coba?
Di Perda no. 5/2014 tentang transportasi dan Perda no. 5/2012 tentang perparkiran sebagai dasar hukumnya.
Kalau ditanya ke Dishub pun jawabannya klise : mereka menjalankan sesuai acuan perda tsb, bukan yg merumuskan perda tsb.

Jadi kalau tidak ada rambu parkir Dishub berhak menindak. Dishub menang banyak :big_peace:
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

Makanya ane binun kok pelajaran wkt ujian SIM dgn perda kok nggak sinkron. :big_think:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by whitehorse4 »

wah galak ya jakarta
kota kecil sih ga banyak aturan (gak di enforce)
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7146
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Omnibus »

ane langsung cek tkp dimana itu jl Blandongan. ketemunya langsung bakmi ahong. bener ya om?
aduh tengah malem jd laper ane liat gambar2nya .... :big_blushing:

gpp om nambah pengalaman beli bakmi termahal krn hrs bayar denda. dibawa santai aja semoga mobil aman2 aja.
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

:big_exellent: betul sekali
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by MaddMaxx »

jgn coba-coba lawan pamer entah om. pasti kalah kita sebagai rakyat jelata begini. apakah kita sudah lupa, jatah bansos buat rakyat miskin aja tega dikorupsi. apalagi cuma malakin om yg masih punya mobil dan masih bisa jajan bakmi enak? ohh sangat tega tentunya :big_sorry:

mending ngalah aja ikhlas dan jadi pelajaran kedepan :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by irdna »

Or4cle wrote: 01 Mar 2021, 19:29 Parkir di jalan yang tidak ada petunjuk rambu parkir pasti ditindak Dishub, walaupun di situ tidak ada rambu dilarang parkir.

Kalau masalah prosedur itu mestinya Dishub menjelaskan secara baik - baik dan tidak perlu ada kesan arogan. Anggap aja om lagi apes
betul om setuju
parkir di jalan yg tidak ada petunjuk rambu parkir pasti di tindak
karena tidak ada rambu bukan brarti boleh parkir

kalau om ts berpatokan tidak ada rambu2 di larang parkir tetapi di jalanan itu jg tidak ada rambu parkir tp malah tetep parkir
dan sesuai penjelasan om TS kalau pas mobil derek dishub datang pun om nya langsung mau pnggirin mobil brarti secara tidak langsung mengetahui itu salah heheh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11004
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by ChZ »

smgandi wrote: 01 Mar 2021, 21:19 Pengalaman ane bawa mobil, kalau di daerah itu ada tempat parkir alias tempat yg ada rambu P nya, lebih baik ane parkir di situ. Nah di jl. Blandongan itu daerah perdagangan dan tdk ada tempat yg ada rambu P nya, makanya mobil2 pada parkir di bahu jalan. Kalau daerah yg tdk ada tempat parkir atau rambu P, nah hrs parkir dimana coba?
ini sebenarnya abu-abu hukum lalin di indonesia.

satu sisi betul kalo tempat gak ada garis parkir artinya dilarang parkir...

pertanyaannya di beberapa spot (let me assume... ini wilayah pecinan di jakarta? sy bukan orang jakarta tp dari pembicaraan sptnya iya) biasanya memang tidak ada garis parkir.

masalahnya kalau mau dilarang parkir total, tidak ada area parkir terpusat. pertanyaannya orang mau jajan di daerah sana parkir dimana ? mslhnya lagi-lagi ada perda nya, artinya diadu ke polisi pun tetap kita yang kalah. kalo sdh keluar kata-kata "saya hanya menjalankan peraturan" " peraturannya seperti itu" ya repot. semacem bocil di kolom komentar bilang no debat lah itu.

macem dulu aturan lucu orang sendirian di mobil harus pake masker... jurusnya sama "hanya menjalankan peraturan".

tapi kalo selama ini parkir disana baik-baik aja dan baru ini ditindak.... yaaaa ngerti sendiri... hehehehe :big_grin:

di semarang sih yang ditertibkan dishub hanya jalan-jalan protokol utama, itupun diperingatkan dulu. sy pernah bingung cari parkir gegara jemput orang di satu tempat jalan protokol yang dilarang parkir... belakang saya mobil dishub langsung ditegor pake toa nya :big_biglaugh:

yang lebih membingungkan dulu parkir di sekitaran simpang lima pernah lihat mobil-mobil dikunci rodanya, sekarang sih dibiarin aja. ya akhirnya konyol lah... wong di simpang lima dipake PKL dan itu resmi. terus orang mau jajan ke simpang lima disuruh parkir dimana?
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 02 Mar 2021, 09:40
smgandi wrote: 01 Mar 2021, 21:19 Pengalaman ane bawa mobil, kalau di daerah itu ada tempat parkir alias tempat yg ada rambu P nya, lebih baik ane parkir di situ. Nah di jl. Blandongan itu daerah perdagangan dan tdk ada tempat yg ada rambu P nya, makanya mobil2 pada parkir di bahu jalan. Kalau daerah yg tdk ada tempat parkir atau rambu P, nah hrs parkir dimana coba?
ini sebenarnya abu-abu hukum lalin di indonesia.

satu sisi betul kalo tempat gak ada garis parkir artinya dilarang parkir...

pertanyaannya di beberapa spot (let me assume... ini wilayah pecinan di jakarta? sy bukan orang jakarta tp dari pembicaraan sptnya iya) biasanya memang tidak ada garis parkir.

masalahnya kalau mau dilarang parkir total, tidak ada area parkir terpusat. pertanyaannya orang mau jajan di daerah sana parkir dimana ? mslhnya lagi-lagi ada perda nya, artinya diadu ke polisi pun tetap kita yang kalah. kalo sdh keluar kata-kata "saya hanya menjalankan peraturan" " peraturannya seperti itu" ya repot. semacem bocil di kolom komentar bilang no debat lah itu.

macem dulu aturan lucu orang sendirian di mobil harus pake masker... jurusnya sama "hanya menjalankan peraturan".

tapi kalo selama ini parkir disana baik-baik aja dan baru ini ditindak.... yaaaa ngerti sendiri... hehehehe :big_grin:

di semarang sih yang ditertibkan dishub hanya jalan-jalan protokol utama, itupun diperingatkan dulu. sy pernah bingung cari parkir gegara jemput orang di satu tempat jalan protokol yang dilarang parkir... belakang saya mobil dishub langsung ditegor pake toa nya :big_biglaugh:

yang lebih membingungkan dulu parkir di sekitaran simpang lima pernah lihat mobil-mobil dikunci rodanya, sekarang sih dibiarin aja. ya akhirnya konyol lah... wong di simpang lima dipake PKL dan itu resmi. terus orang mau jajan ke simpang lima disuruh parkir dimana?
Bagi kita abu-abu, bagi Dishub terang - benderang peraturannya.
Selama Perda tsb masih berlaku maka penindakan akan terus mengacu pada Perda-Perda tsb.
Kecuali Perda tersebut dibatalkan / direvisi, perda dulu bisa dibatalkan oleh Kemendagri tapi kayaknya sekarang mesti lewat uji materi oleh MK.
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

irdna wrote: 02 Mar 2021, 08:39 betul om setuju
parkir di jalan yg tidak ada petunjuk rambu parkir pasti di tindak
karena tidak ada rambu bukan brarti boleh parkir

kalau om ts berpatokan tidak ada rambu2 di larang parkir tetapi di jalanan itu jg tidak ada rambu parkir tp malah tetep parkir
dan sesuai penjelasan om TS kalau pas mobil derek dishub datang pun om nya langsung mau pnggirin mobil brarti secara tidak langsung mengetahui itu salah heheh
Saya datang mah bukan mau pinggirin mobil, tetapi adalah reflek ngapain derek dishub datangin mobil ane. Enak aja main ambil mobil orang.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11004
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 02 Mar 2021, 10:04
Bagi kita abu-abu, bagi Dishub terang - benderang peraturannya.
Selama Perda tsb masih berlaku maka penindakan akan terus mengacu pada Perda-Perda tsb.
Kecuali Perda tersebut dibatalkan / direvisi, perda dulu bisa dibatalkan oleh Kemendagri tapi kayaknya sekarang mesti lewat uji materi oleh MK.
itu dia... kaya masker dulu kan... asal ada di mobil harus maskeran padahal ya gak ada siapa-siapa... :big_bored:

yang naik mobil ya gak sempat mikir begitu, dia mikirnya naik mobil sendirian gak bakal nular ke siapa-siapa juga. sama juga, om smgandi apa sempat mikir kalau itu dilarang parkir... tidak ada larangan parkir, tidak menghalangi gerbang rumah orang, ya sudah parkir di sana. eee ujug ujug petugas datang kan yo ngagetin... :big_biglaugh:

inilah kalo aturan di buku sama kondisi lapangan tidak sinkron :ungg:

welkam to +62 ....
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Hendrieen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 09 Jun 2020, 11:20

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Hendrieen »

Harusnya ada tukang parkir yg ngingetin
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

Ane beberapa kali ngalami, saat mobil datang tukang parkirnya nggak ada. Kalau mobil keluar baru tukang parkirnya datang.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 02 Mar 2021, 10:12
Or4cle wrote: 02 Mar 2021, 10:04
Bagi kita abu-abu, bagi Dishub terang - benderang peraturannya.
Selama Perda tsb masih berlaku maka penindakan akan terus mengacu pada Perda-Perda tsb.
Kecuali Perda tersebut dibatalkan / direvisi, perda dulu bisa dibatalkan oleh Kemendagri tapi kayaknya sekarang mesti lewat uji materi oleh MK.
itu dia... kaya masker dulu kan... asal ada di mobil harus maskeran padahal ya gak ada siapa-siapa... :big_bored:

yang naik mobil ya gak sempat mikir begitu, dia mikirnya naik mobil sendirian gak bakal nular ke siapa-siapa juga. sama juga, om smgandi apa sempat mikir kalau itu dilarang parkir... tidak ada larangan parkir, tidak menghalangi gerbang rumah orang, ya sudah parkir di sana. eee ujug ujug petugas datang kan yo ngagetin... :big_biglaugh:

inilah kalo aturan di buku sama kondisi lapangan tidak sinkron :ungg:

welkam to +62 ....
Yaaa begitu lah Mod ... sedikit arogansi dengan tameng kewenangan, tapi common sense dipinggirkan.
Jadinya seperti robot diinstal software menjalankan perintah, tanpa lihat sikon. :big_dunno:
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1244
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by smgandi »

Sedikit arogansi? Beberapa kali ane lihat kok banyak ya.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11004
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by ChZ »

smgandi wrote: 02 Mar 2021, 11:20 Sedikit arogansi? Beberapa kali ane lihat kok banyak ya.
hahahahaha klasik ya

"oknum petugas"

oknum kok banyak bener...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by Or4cle »

smgandi wrote: 02 Mar 2021, 11:20 Sedikit arogansi? Beberapa kali ane lihat kok banyak ya.
Lhaaa kok malah tata bahasa yang dipertanyakan ? Literasi aja yg disesuaikan
Sedikit atau banyak gak ada takaran alat ukurnya boss :big_peace:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2852
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Share pengalaman dengan derek DISHUB Jakarta

Post by martinnn »

ya kan peraturannya selama tidak ada tanda P biru berarti bukan tempat parkir
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Post Reply