Koleksi hand tools [Part 05]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by sintoni »

Profith83 wrote: Sat May 15, 2021 6:47 Hati hati yang model cakar pernah lihat waktu ganti oli mobil saya di SnD waduh filter oli hancur.
Sebaiknya pakai yang mangkok.

Kalau mau beli yang adjustable kayanya sabuk lebih aman drpd cakar.

Tapi gak takut om? Niatnya baik bantu, eh pas yang sebelumnya terlalu kencang seretin, pas dibuka malah rusak.
MSU wrote: Sat May 15, 2021 8:25
Paling ok menurut saya mangkok...tp mesti punya banyak kombinasi..
Bulan lalu ganti oli mobil mertua...rusak alat model sabuk saya..mekanik sebelumnya pasang ngawur pasti..untung punya satu lagi yang pake rante
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 10:14
Kl cuman buat sekedar buka doank ya gapapa

Saya jg slalu pake yg model cakar itu buat ngebuka, rusak pun jg gapapa kan bakal dbuang tu filter

Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
Makasih respon dari mbah2 tersayang

Emang cuma buat buka sih..

Kalau kencengin mungkin cuma pake tangan.

Jadi recommened ga ya? Atau beli yg model sabuk? Rasanya kalau yg model sabuk, mau karet atau baja/besi rasanya butuh space gede.

Kalau resiko terlalu gede, harus beli yg model mangkok jg males sih, soalnya ini cuma inisiatif bantu sodara atau temen. Mobil ane sendiri malah kalau ganti oli enak bawa ke bengkel aja ongkos cuma 30 rb sama ks mekanik tips 10rb karena space susah terus harus buka banyak.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat May 15, 2021 12:53
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 11:49
mbahh

channel yutub nya bkin vidio2 kaya gini donk

https://www.youtube.com/channel/UCiCeFH ... ntY5evjFFQ

biar kita2 kenek2 montir2 tembak rangkap maling delko musatek asemregez bsa pd blajar

masa cuman vidio2 manoskop kencengin baut roda ama deksel doank :big_weee: :big_weee: :big_weee:

wah... itu mah udah skill dewa.

:frm_salut:

apalah saya ini, ilmu gaada seujung kuku.
lagi2 merendah dan boong :big_bored: :big_bored:

manoskop aja ampe 6 biji


lah si ngai ngoi ngai ngoi ngang ngeng ngang ngeng aj saya liat cuman punya sebiji manoskop , kalah dia
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat May 15, 2021 12:26
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 11:01
Omnibus wrote: Sat May 15, 2021 10:20

pake belt bekas dililitin ke salah satu pulley yg mudah dicapai trus di starter sekali ta mbah?

............ :ngacir:
njirrr

itu lgs dolll mbah drat filternya

btw,

cara lilitin belt bekas ke sala satu pulley trus di starter itu perna ta praktekin loh, critanya abis ganti timing belt, pas mo kencengin baut pulley kruk as, mendadak mager ganjel pake obeng, iseng ta ambil satu serpentine belt bekas yg rada panjang, ta lilitin kuat2 ke baut nya yg ta panjangin pake extension , trus ujung satu nya lagi ta simpul mati ke enjin monting, d crank skali, surprise surprise, kuencenggggg loh baut nya :upss: :upss: :upss:

untung waktu itu si trelek oglek ama manoskop belom ad, bsa nangis bombay kl mreka liatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

nah bener kan ..... ane udah tau jalan pikiran si mbah

member aliran anti siksa diri yang seringnya menyiksa diri sendiri dan benda2 disekitarnya :big_weee:
ngomong2 nyiksa tools..

itu blom seberapa mbah

mau liat penyiksaan tools yg sesungguhnya ?? perna liat konci pas 2 biji di congkel ujung ama ujungnya pas ngebuka baut shock breaker ?? trus plentangggggg, patah tuh konci pas.. itulah penyiksaan sesungguhnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

sintoni wrote: Sat May 15, 2021 12:54
Profith83 wrote: Sat May 15, 2021 6:47 Hati hati yang model cakar pernah lihat waktu ganti oli mobil saya di SnD waduh filter oli hancur.
Sebaiknya pakai yang mangkok.

Kalau mau beli yang adjustable kayanya sabuk lebih aman drpd cakar.

Tapi gak takut om? Niatnya baik bantu, eh pas yang sebelumnya terlalu kencang seretin, pas dibuka malah rusak.
MSU wrote: Sat May 15, 2021 8:25
Paling ok menurut saya mangkok...tp mesti punya banyak kombinasi..
Bulan lalu ganti oli mobil mertua...rusak alat model sabuk saya..mekanik sebelumnya pasang ngawur pasti..untung punya satu lagi yang pake rante
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 10:14
Kl cuman buat sekedar buka doank ya gapapa

Saya jg slalu pake yg model cakar itu buat ngebuka, rusak pun jg gapapa kan bakal dbuang tu filter

Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
Makasih respon dari mbah2 tersayang

Emang cuma buat buka sih..

Kalau kencengin mungkin cuma pake tangan.

Jadi recommened ga ya? Atau beli yg model sabuk? Rasanya kalau yg model sabuk, mau karet atau baja/besi rasanya butuh space gede.

Kalau resiko terlalu gede, harus beli yg model mangkok jg males sih, soalnya ini cuma inisiatif bantu sodara atau temen. Mobil ane sendiri malah kalau ganti oli enak bawa ke bengkel aja ongkos cuma 30 rb sama ks mekanik tips 10rb karena space susah terus harus buka banyak.
kl cuman buat sesekali

yah pake belt mesin bekas aj.. itu jg bsa dipake koq.. grip lebi bagus drpd yg model rante , gratis lagi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1922
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Thu Apr 29, 2021 6:43
DOHC wrote: Thu Apr 29, 2021 6:40
Lah kl gt serem donk mbah

Kan lama2 bsa copot tu media filternya, abis itu nyampur de oli bersih kotor nya
kuat bgt kok mbah. bagus punya dan ratanya jg professional. kaga kaya yg aegis yg lemnya bleberan kemana2. :big_weee:
Pernah pake aegis mbah?
Reviewnya dung u filter udara tapi ya...
Kl filter oli pake wix atau ori bawaan lipindut aja. :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sat May 15, 2021 23:17
Omnibus wrote: Thu Apr 29, 2021 6:43
DOHC wrote: Thu Apr 29, 2021 6:40
Lah kl gt serem donk mbah

Kan lama2 bsa copot tu media filternya, abis itu nyampur de oli bersih kotor nya
kuat bgt kok mbah. bagus punya dan ratanya jg professional. kaga kaya yg aegis yg lemnya bleberan kemana2. :big_weee:
Pernah pake aegis mbah?
Reviewnya dung u filter udara tapi ya...
Kl filter oli pake wix atau ori bawaan lipindut aja. :big_peace:
hiiiyyy :mky_04:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm :upss:

Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt. :upss:

just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)

asem ga tuh? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas. :mky_03:


Image
Mbah suhu nanya, kalau di catatan mbah suhu dulu ini tulisannya "strut lower mount" ya? Kalau yg strut top mount yg sebelah mana ya mbah?

Sekalian, nubi mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua mbah2 suhu.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:49
Omnibus wrote:
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm :upss:

Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt. :upss:

just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)

asem ga tuh? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas. :mky_03:


Image
Mbah suhu nanya, kalau di catatan mbah suhu dulu ini tulisannya "strut lower mount" ya? Kalau yg strut top mount yg sebelah mana ya mbah?

Sekalian, nubi mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua mbah2 suhu.
ya di atasnya itu shock, yg nempel ke body atas. kaya gini:


Image
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:49
Omnibus wrote: wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt. :upss:

just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)

asem ga tuh? :big_biglaugh: :big_biglaugh:

coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas. :mky_03:


Image
Mbah suhu nanya, kalau di catatan mbah suhu dulu ini tulisannya "strut lower mount" ya? Kalau yg strut top mount yg sebelah mana ya mbah?

Sekalian, nubi mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua mbah2 suhu.
ya di atasnya itu shock, yg nempel ke body atas. kaya gini:


Image
Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59 Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:49 Mbah suhu nanya, kalau di catatan mbah suhu dulu ini tulisannya "strut lower mount" ya? Kalau yg strut top mount yg sebelah mana ya mbah?

Sekalian, nubi mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua mbah2 suhu.
ya di atasnya itu shock, yg nempel ke body atas. kaya gini:


Image
Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
Itu pasti ga enak

Cara saya itu ad ritual kleniknya, musti malem rabu wage, pas bintang bersinar, sblom ngerjain, mobil ama tools musti di kepretin aer mawar ama melati dri 3 kuburan dl

Kl ga yah pasti stelan nya ga bener itu, naekan ga enak, mobilnya jg ga selamet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:07
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59 Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Mbah

Mengenai preload

Ini saya baru inget waktu saya ngikutin cara mbah tuh ,yg pake meteran tandain roda trus arm bawah d dongrak buat kencengin ulang baut2nya

Nahh skrg saya jd kepikiran itu ngerubah stelan spooring ga mbah ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59 Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Keluhan awalnya gludug2 dari depan dan bunyi pas kecepatan tinggi.

Kt bengkel karet support sudah oblak, laher aman + karet boot inner draft shaft pecah. Pas dibongkar karet bushing arm pecah. Semua sudah diganti ori kecuali karet bushing. Habis ganti sudah spooring dan sudah aman nggak gluduk2, tapi masih ada bunyi katanya kalau kecepatan tinggi. Kira2 kenapa ya ini, karena dicek yg rusak2 sudah diganti.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 3:24
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59 Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Keluhan awalnya gludug2 dari depan dan bunyi pas kecepatan tinggi.

Kt bengkel karet support sudah oblak, laher aman + karet boot inner draft shaft pecah. Pas dibongkar karet bushing arm pecah. Semua sudah diganti ori kecuali karet bushing. Habis ganti sudah spooring dan sudah aman nggak gluduk2, tapi masih ada bunyi katanya kalau kecepatan tinggi. Kira2 kenapa ya ini, karena dicek yg rusak2 sudah diganti.
kl ngga ban ya bearing roda.

ngomongin bearing roda, mbah rektor baru ganti customer punya tuh, msh hot ingatannya kl mau kesono. :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun May 16, 2021 3:17
Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:07
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 2:59 Siyap... Nuhun mbah suhu.

Kemaren lihat temen ganti karet control arm, itu ngecengin pake the DOHC way, padahal cuma butuh 93 Nm. Kira berapa tuh jadinya 200-300Nm kali yak.
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Mbah

Mengenai preload

Ini saya baru inget waktu saya ngikutin cara mbah tuh ,yg pake meteran tandain roda trus arm bawah d dongrak buat kencengin ulang baut2nya

Nahh skrg saya jd kepikiran itu ngerubah stelan spooring ga mbah ?
kl fender gap nambah misalnya tadinya 3 jari skrg jd 4-5 jari ya ngerubah camber. apalagi itu mcpherson strut.

tp toe nya ga pengaruh dr situ.

kerjain aja skrg kasih preload kan ada pit di rumah ngana. sekalian cek udah retak ga bushingnya. kl ga retak msh bisa dipreload yg bener skrg.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:56
DOHC wrote: Sun May 16, 2021 3:17
Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:07

you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Mbah

Mengenai preload

Ini saya baru inget waktu saya ngikutin cara mbah tuh ,yg pake meteran tandain roda trus arm bawah d dongrak buat kencengin ulang baut2nya

Nahh skrg saya jd kepikiran itu ngerubah stelan spooring ga mbah ?
kl fender gap nambah misalnya tadinya 3 jari skrg jd 4-5 jari ya ngerubah camber. apalagi itu mcpherson strut.

tp toe nya ga pengaruh dr situ.

kerjain aja skrg kasih preload kan ada pit di rumah ngana. sekalian cek udah retak ga bushingnya. kl ga retak msh bisa dipreload yg bener skrg.
Ohh kl soal jari aman mbah, ga brubah

Si hrv sehh kayanya ga ad yg brubah

Yg saya takut si inofa, pas ngendorin baru ngeh kl di baut arm bawah nya ad stelan chambernya :big_slap:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun May 16, 2021 3:17

Nahh skrg saya jd kepikiran itu ngerubah stelan spooring ga mbah ?

numpang jawab,
wheel alignment, pasti berubah walopun mur baut gaada yang dikutak katik.

coba aja sekarang spooring. selesai spooring bawa jalan keliling itu mobil.
di hari yang sama, periksa lagi hasil setelannya.

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:52
kl ngga ban ya bearing roda.

ngomongin bearing roda, mbah rektor baru ganti customer punya tuh, msh hot ingatannya kl mau kesono. :mky_03:


bearing roda? :big_think:

bearing roda apa? :big_think: :big_think: :big_think:




















:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun May 16, 2021 4:05
DOHC wrote: Sun May 16, 2021 3:17

Nahh skrg saya jd kepikiran itu ngerubah stelan spooring ga mbah ?

numpang jawab,
wheel alignment, pasti berubah walopun mur baut gaada yang dikutak katik.

coba aja sekarang spooring. selesai spooring bawa jalan keliling itu mobil.
di hari yang sama, periksa lagi hasil setelannya.

:mky_03:
Hmm

Sipp de mbah

Senen besok lgs ta paranin tu tmpt spooring
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 3:52
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 3:24
Omnibus wrote:
you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Keluhan awalnya gludug2 dari depan dan bunyi pas kecepatan tinggi.

Kt bengkel karet support sudah oblak, laher aman + karet boot inner draft shaft pecah. Pas dibongkar karet bushing arm pecah. Semua sudah diganti ori kecuali karet bushing. Habis ganti sudah spooring dan sudah aman nggak gluduk2, tapi masih ada bunyi katanya kalau kecepatan tinggi. Kira2 kenapa ya ini, karena dicek yg rusak2 sudah diganti.
kl ngga ban ya bearing roda.

ngomongin bearing roda, mbah rektor baru ganti customer punya tuh, msh hot ingatannya kl mau kesono. :mky_03:
Bearing ?? Mobil apa mbah

Crita2 donk

Urusan bongpas bearing tu ibarat pacaran, berjuta crita
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 3:24
Omnibus wrote: you're welcome mbah

udah cobain ikut mobil dia? enak ga bantingannya?

apalagi kl kaga di preload.

tp kl org awam kebanyakan mungkin ga notice bedanya kali ya.
Keluhan awalnya gludug2 dari depan dan bunyi pas kecepatan tinggi.

Kt bengkel karet support sudah oblak, laher aman + karet boot inner draft shaft pecah. Pas dibongkar karet bushing arm pecah. Semua sudah diganti ori kecuali karet bushing. Habis ganti sudah spooring dan sudah aman nggak gluduk2, tapi masih ada bunyi katanya kalau kecepatan tinggi. Kira2 kenapa ya ini, karena dicek yg rusak2 sudah diganti.
kl ngga ban ya bearing roda.

ngomongin bearing roda, mbah rektor baru ganti customer punya tuh, msh hot ingatannya kl mau kesono. :mky_03:
Cara cek bearing dah minta ganti gimana ya mbah yg proper? Apa cukup dengan roda diputer dan didengerin.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 4:18 Cara cek bearing dah minta ganti gimana ya mbah yg proper? Apa cukup dengan roda diputer dan didengerin.

1. dongkrak mobil sampe ban menggantung sekitar 1".
2. pegang per (digenggam) dengan 1 tangan, sementara tangan lainnya memutar roda agak cepat.

ada getaran apa enggak di per?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1922
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by blloewy »

marmut wrote: Sun May 16, 2021 4:44
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 4:18 Cara cek bearing dah minta ganti gimana ya mbah yg proper? Apa cukup dengan roda diputer dan didengerin.

1. dongkrak mobil sampe ban menggantung sekitar 1".
2. pegang per (digenggam) dengan 1 tangan, sementara tangan lainnya memutar roda agak cepat.

ada getaran apa enggak di per?
Ini u cek bearing shock khan mbah? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by josomba »

blloewy wrote: Sun May 16, 2021 5:59
marmut wrote: Sun May 16, 2021 4:44
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 4:18 Cara cek bearing dah minta ganti gimana ya mbah yg proper? Apa cukup dengan roda diputer dan didengerin.

1. dongkrak mobil sampe ban menggantung sekitar 1".
2. pegang per (digenggam) dengan 1 tangan, sementara tangan lainnya memutar roda agak cepat.

ada getaran apa enggak di per?
Ini u cek bearing shock khan mbah? :big_think:
Si mbah 69 sih maksudnya itu bearing roda um yg hobby dengung.

Kalau bearing shock sih, buka aja diliat langsung bola2nya masih bagus pr ndak. Sekalian liat greasenya masih ada apa ndak atau dah jadi Lumpur hitam.

:big_peace:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun May 16, 2021 4:18
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun May 16, 2021 3:24 Keluhan awalnya gludug2 dari depan dan bunyi pas kecepatan tinggi.

Kt bengkel karet support sudah oblak, laher aman + karet boot inner draft shaft pecah. Pas dibongkar karet bushing arm pecah. Semua sudah diganti ori kecuali karet bushing. Habis ganti sudah spooring dan sudah aman nggak gluduk2, tapi masih ada bunyi katanya kalau kecepatan tinggi. Kira2 kenapa ya ini, karena dicek yg rusak2 sudah diganti.
kl ngga ban ya bearing roda.

ngomongin bearing roda, mbah rektor baru ganti customer punya tuh, msh hot ingatannya kl mau kesono. :mky_03:
Cara cek bearing dah minta ganti gimana ya mbah yg proper? Apa cukup dengan roda diputer dan didengerin.
yup cukup. tapi di tempat yg sepi spy jangan ada gangguan noise spt motor knalpot rombeng daaannn ...... tukang tahu bulet. annoying bgt dah.

trus tempelin obeng satu ujung ke hub dan ujung satunya ke telinga.