Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

darrelund
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

teppey wrote: 19 Nov 2021, 16:29
darrelund wrote: 19 Nov 2021, 15:45
Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59

Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa module

klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries :big_biglaugh:
jangan jangan 80jt itu cuma satu module?
yakali oom, klo begitu mah calon pembeli bisa langsung balik badan :big_biglaugh:
darrelund
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

Turboman wrote: 19 Nov 2021, 12:19 ya mobil kecil tapi spec :
204 hp
395 Nm

ibarat dikasi mesin 3500 cc V6

gimana gak gila tarikannya

Juga ini kalo ada anggota keluarga yg gak bisa bawa mobil, pake mobil listrik sih harusnya jadi bisa (asal bisa bikin SIM), karena gak ada oper3 gigi......hanya saja Setting drive mode harus masuk ECO......jangan masuk Sport......nanti nabrak tukang mie tektek cilako
........wkwkwkkw
klo Sport respon pedal gas nya setajem itu kah om? & engine brakenya ikut berubah juga klo diganti drivemode nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21371
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Turboman »

darrelund wrote:
Turboman wrote: 19 Nov 2021, 12:19 ya mobil kecil tapi spec :
204 hp
395 Nm

ibarat dikasi mesin 3500 cc V6

gimana gak gila tarikannya

Juga ini kalo ada anggota keluarga yg gak bisa bawa mobil, pake mobil listrik sih harusnya jadi bisa (asal bisa bikin SIM), karena gak ada oper3 gigi......hanya saja Setting drive mode harus masuk ECO......jangan masuk Sport......nanti nabrak tukang mie tektek cilako
........wkwkwkkw
klo Sport respon pedal gas nya setajem itu kah om? & engine brakenya ikut berubah juga klo diganti drivemode nya?
Mode sport, bejek gas dalam & mendadak ban depan lgs sprint2 kecil

cobain aja

Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Andhyka »

darrelund wrote: 19 Nov 2021, 22:21
teppey wrote: 19 Nov 2021, 16:29
darrelund wrote: 19 Nov 2021, 15:45

baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa module

klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries :big_biglaugh:
jangan jangan 80jt itu cuma satu module?
yakali oom, klo begitu mah calon pembeli bisa langsung balik badan :big_biglaugh:
Ganti baru baterai yg ada di Toyota Camry hybrid harganya 50 juta untuk ukuran 1.6 kwh.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... ak-murahan

Anggap saja prinsipal & dealer ambil untung dari harga baterai 1.6 kwh untuk mengcover biaya gudang, logistik, jasa, dll. jadi mungkin harga sebenarnya cuma 1/3 yaitu 17 juta.

Untuk mobil full listrik, baterai yg disematkan biasanya berukuran 40 kwh. Jadi kalo dihitung, harga baterai mobil listrik full EV 40 kwh itu = (40 / 1.6) kwh * 17 juta = 425 juta.

Di luar negeri untuk ganti baterai utuh mobil listrik dikenakan sekitar $15.000-20.000 sebelum jasa.
https://www.myev.com/research/ev-101/ho ... ttery-last

Menurut artikel itu juga, jarang ada yang ganti baterai utuh di mobil listrik berumur 10 tahun ke atas. Kebanyakan langsung beli mobil baru lagi.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Andhyka wrote: 20 Nov 2021, 08:01
Ganti baru baterai yg ada di Toyota Camry hybrid harganya 50 juta untuk ukuran 1.6 kwh.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... ak-murahan

Anggap saja prinsipal & dealer ambil untung dari harga baterai 1.6 kwh untuk mengcover biaya gudang, logistik, jasa, dll. jadi mungkin harga sebenarnya cuma 1/3 yaitu 17 juta.

Untuk mobil full listrik, baterai yg disematkan biasanya berukuran 40 kwh. Jadi kalo dihitung, harga baterai mobil listrik full EV 40 kwh itu = (40 / 1.6) kwh * 17 juta = 425 juta.

Di luar negeri untuk ganti baterai utuh mobil listrik dikenakan sekitar $15.000-20.000 sebelum jasa.
https://www.myev.com/research/ev-101/ho ... ttery-last

Menurut artikel itu juga, jarang ada yang ganti baterai utuh di mobil listrik berumur 10 tahun ke atas. Kebanyakan langsung beli mobil baru lagi.
untuk camry hybrid saya bebeerapa kali dapet barang jualan batrenya jebol kalo di toyota emang 50jt karena beli 1 set sama casingnya kalo cuma ganti isinya doank katanya 30jt di bengkel mana ya gak tau karena kemaren cuma nanya doank sama yang punya :big_biglaugh:

dan 8th 10th claim cuma teorinya nyatanya banyak yang fail di bawah itu, belom resiko terbakar sendiri kona sendiri ud banyak kasus kebakar sendiri lagi di parkir di garasi di indo belom pernah aja kejadian kebakaran mobil electric sekali kejadian saya jamin lsg ancur jualannya, ditambah disarankan gak boleh kebanyakan fast charging biar batrenya awet :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.

Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.

Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.

Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by krniawnhdr »

Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59
Suryaputra wrote: 19 Nov 2021, 11:46
benzz89 wrote: 19 Nov 2021, 11:38 Cocok nih buat om surya yg suka naik turun gunung... disc brake & kampas rem jd awet,

Pas turunan tinggal mainkan pedal deselerasi mau seberapa kuat, listriknya malah nambah.

Gak perlu gonta ganti brembo disc brake lagi deh Image
Wkwkkwkwkwkw
Yg pusing gantin batrenya mbah
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
Nggak gitu ngitungnya. sangat-sangat maksa :mky_03:
jarang-jarang case kondisi mobil umur 10 tahun KM nya masih 80rb.
batre yang asumsinya per 8 tahun siklusnya mesti diganti juga bukan 1 unit batre set utuh kok :big_okay:
kalo soal efisiensi, mobil fosil pasti kalah udahhh.
faktor tantangan EV cuma di infrastuktur untuk pengisian batrenya aja yang belum banyak dan merata, dan selama 8 tahun kedepan pasti teknologi-teknologi batre EV udah makin berkembang jadi semakin reliable dan efisien :big_okay:
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 472
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by vincewonk »

Suryaputra wrote: 20 Nov 2021, 09:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.

Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.

Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.

Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil :big_biglaugh:
Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

vincewonk wrote: 20 Nov 2021, 09:29
Suryaputra wrote: 20 Nov 2021, 09:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.

Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.

Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.

Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil :big_biglaugh:
Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
Ahh make sense.
Awd klo gak fiss, sekalian rigid axle aja wkwkwkw.
Tangguh ya tangguh sekalian.
*Colek me if I'm wrong
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3404
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by erwinign »

Suryaputra wrote: 20 Nov 2021, 09:41
vincewonk wrote: 20 Nov 2021, 09:29
Suryaputra wrote: 20 Nov 2021, 09:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.

Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.

Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.

Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil :big_biglaugh:
Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
Ahh make sense.
Awd klo gak fiss, sekalian rigid axle aja wkwkwkw.
Tangguh ya tangguh sekalian.
Sama di cocross USDM om, yg bengsin 2.0 (M20A) itu belakang torsion beam. Yg hibrid AWD baru FISS
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11219
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by ChZ »

b0ku wrote: 20 Nov 2021, 08:29
untuk camry hybrid saya bebeerapa kali dapet barang jualan batrenya jebol kalo di toyota emang 50jt karena beli 1 set sama casingnya kalo cuma ganti isinya doank katanya 30jt di bengkel mana ya gak tau karena kemaren cuma nanya doank sama yang punya :big_biglaugh:

dan 8th 10th claim cuma teorinya nyatanya banyak yang fail di bawah itu, belom resiko terbakar sendiri kona sendiri ud banyak kasus kebakar sendiri lagi di parkir di garasi di indo belom pernah aja kejadian kebakaran mobil electric sekali kejadian saya jamin lsg ancur jualannya, ditambah disarankan gak boleh kebanyakan fast charging biar batrenya awet :big_biglaugh:
itu di batu makam daun juga yang first gen deteriorate nya cepet banget. sampe lumayan rame saking parahnya pernah ada yang 1 jam pake udah drop :big_biglaugh: ya gak tau sih merek lain ya, it's nissan anyway well known for..... gak deh nanti dirajam loyalis nissan.

di sini sih EV paling jadi mainan orang kaya doank. harganya 700 jeti. bahkan gak sampe 50% mobil di jalan raya itu kelas 500juta. mostly 200-300 juta. masalahnya EV terjangkau tuh nanti nya macem wuling EV mobil buat lucu-lucuan doang yang pasti gak buat angkut 10 manusia + barang waktu mudik.

dan modelnya... ya cuma menarik buat SJW yang mau punya mobil terus feeling good karena gak keluarin asep. sisanya akan beli HRV atau Innova.

blom menurut ane switching ke EV itu gak melulu soal infrastructure dan harga mobilnya. tapi profil sosio-economic juga.

saya sangat yakin op cost rendah akan jadi marketing gimmick yang sangat menjual di kelas 200-300 juta, dari 300 ribu per bulan pakai avanza, jadi 30 ribu dengan EV, plus dengan market craze pasti skema kredit akan dipermudah dan akan menjangkau orang dengan budget yang pas-pasan yang punya rumah - tanpa garasi, dengan daya listrik..... pas-pasan.

krn kalau mobil 1 miliar aja bisa di isi pertalite/premium, apa yang bikin gak mungkin skenario rumah daya listrik pas-pasan dipake buat charging mobil?

biarpun positifnya nanti pasti kaya internet sih, listrik jadi murah meriah langganannya.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: 20 Nov 2021, 10:16
itu di batu makam daun juga yang first gen deteriorate nya cepet banget. sampe lumayan rame saking parahnya pernah ada yang 1 jam pake udah drop :big_biglaugh: ya gak tau sih merek lain ya, it's nissan anyway well known for..... gak deh nanti dirajam loyalis nissan.

di sini sih EV paling jadi mainan orang kaya doank. harganya 700 jeti. bahkan gak sampe 50% mobil di jalan raya itu kelas 500juta. mostly 200-300 juta. masalahnya EV terjangkau tuh nanti nya macem wuling EV mobil buat lucu-lucuan doang yang pasti gak buat angkut 10 manusia + barang waktu mudik.

dan modelnya... ya cuma menarik buat SJW yang mau punya mobil terus feeling good karena gak keluarin asep. sisanya akan beli HRV atau Innova.

blom menurut ane switching ke EV itu gak melulu soal infrastructure dan harga mobilnya. tapi profil sosio-economic juga.

saya sangat yakin op cost rendah akan jadi marketing gimmick yang sangat menjual di kelas 200-300 juta, dari 300 ribu per bulan pakai avanza, jadi 30 ribu dengan EV, plus dengan market craze pasti skema kredit akan dipermudah dan akan menjangkau orang dengan budget yang pas-pasan yang punya rumah - tanpa garasi, dengan daya listrik..... pas-pasan.

krn kalau mobil 1 miliar aja bisa di isi pertalite/premium, apa yang bikin gak mungkin skenario rumah daya listrik pas-pasan dipake buat charging mobil?

biarpun positifnya nanti pasti kaya internet sih, listrik jadi murah meriah langganannya.
kalo wuling mungkin bisa laku disini apalagi buat pegawai2x yang ud ketauan hariannya cuma rumah-kantor PP bisa jadi malah ntar banyak mobil perusahaan pake wuling murah itu buat pegawai noncanvasing karena ud modal mobilnya murah cost bahan bakarnya juga murah, asal jgn batrenya aja cepet ngedrop :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3762
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Profith83 »

darrelund wrote: 19 Nov 2021, 15:45
Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59
Suryaputra wrote: 19 Nov 2021, 11:46
Wkwkkwkwkwkw
Yg pusing gantin batrenya mbah
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa module

klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries :big_biglaugh:
Ganti gratis apabila sebelum 8 thn yah om?
darrelund
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

Profith83 wrote: 20 Nov 2021, 10:57
darrelund wrote: 19 Nov 2021, 15:45
Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59

Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa module

klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries :big_biglaugh:
Ganti gratis apabila sebelum 8 thn yah om?
iya om sebelum 8 tahun, klo rusak diganti gratis.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3762
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Profith83 »

darrelund wrote: 20 Nov 2021, 11:28
Profith83 wrote: 20 Nov 2021, 10:57
darrelund wrote: 19 Nov 2021, 15:45

baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa module

klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries :big_biglaugh:
Ganti gratis apabila sebelum 8 thn yah om?
iya om sebelum 8 tahun, klo rusak diganti gratis.
Kalau lewat 8 thn rusak ganti sendiri yah?
Saya tahunya baterai HP om, kira kira 5 sd 8 thn sudh ngedrop. Yah kira kira pemakaian sisa 70%

Jadi asumsi tiap 8 thn kita ganti baterai atau tiap 10 thn.
Saya ngitung diatas kalau baterai harga 80 jt dan 8 thn diganti maka itu setara bensin gratis selama 80rb KM

Yang EV tiap 8 atau 10 thn ganti, dan keluar biaya charging di rumah.
Yang combustibe sudah dibiayai setara beli bensin 8 thn senilai 80 jt (harga batrai EV)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3762
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Profith83 »

krniawnhdr wrote: 20 Nov 2021, 09:24
Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59
Suryaputra wrote: 19 Nov 2021, 11:46
Wkwkkwkwkwkw
Yg pusing gantin batrenya mbah
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
Nggak gitu ngitungnya. sangat-sangat maksa :mky_03:
jarang-jarang case kondisi mobil umur 10 tahun KM nya masih 80rb.
batre yang asumsinya per 8 tahun siklusnya mesti diganti juga bukan 1 unit batre set utuh kok :big_okay:
kalo soal efisiensi, mobil fosil pasti kalah udahhh.
faktor tantangan EV cuma di infrastuktur untuk pengisian batrenya aja yang belum banyak dan merata, dan selama 8 tahun kedepan pasti teknologi-teknologi batre EV udah makin berkembang jadi semakin reliable dan efisien :big_okay:
Sudah 8 thn memang tidak diganti utuh, misalnya diganti 30%
Tapi apa iya sisanya yang 70% kuat sampai kapan?
Kalau cuma kuat 2 sd 3 thn lagi kan repot juga.
Diganti 30% berarti garansinya 30% kan gak mungkin garansi 100%.
Apa gak bingung dan saling percaya dibilang oh baterai yang rusak dulu yang ini, sekarang rusak yang lain ....

Ujung ujungnya yang kita ganti 30% tidak digaransi juga, mending ganti utuh biar garansi 8 thn lagi.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Herman7103 »

Mobil Listrik sudah mulai menjadi alternatif pengganti Mobil ICE, untuk pemakaian dalam kota jarak tempuh battery nya sudah cukup sih, cuma harga Mobil Listrik yg masuk di Indonesia saat ini memang belum mampu bersaing dengan harga Mobil ICE. Kalau sudah punya Mobil Listrik dan punya pengalaman piara Mobil Listrik, kayaknya orang ngak bakal balik lagi pakai Mobil ICE .



Semoga kedepannya akan banyak pabrik Mobil Listrik yg menjual produk Mobil Listriknya yg harganya terjangkau dan bersaing dengan Mobil ICE.



:glodak:
HR15DE 2014
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by the-mantal »

Saya pernah tes ioniq thn lalu di mega kuningan, emg buas nariknya.

Btw soal battery, kl dibaca2 skrg ini sih pemenang nya emg pabrikan cina krn disana mereka focus kembangin teknologi battery lfp yg notabene dlu diolok2 sama barat krn berat dan ga praktis tp dg perkembangan zaman, cina bs aplikasikan battery lfp ini di mobil listrik (pelopornya kl ga salah BYD yg bus nya dibeli pemprov dki). Harga mereka saat ini udh di bawah $100 per kwh. Coba lihat BYD blade battery deh, its a game changing battery.

Tesla aja yg gembar gembor battery breakthrough dg tabless dan format 4680 , tnyata sampai skrg msh nemu kendala produksi.

Klo lfp bnr jd battery utk mobil2, indonesia nangis deh krn nikel nya ga kepake 😀😀
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

the-mantal wrote: 20 Nov 2021, 21:38 Saya pernah tes ioniq thn lalu di mega kuningan, emg buas nariknya.

Btw soal battery, kl dibaca2 skrg ini sih pemenang nya emg pabrikan cina krn disana mereka focus kembangin teknologi battery lfp yg notabene dlu diolok2 sama barat krn berat dan ga praktis tp dg perkembangan zaman, cina bs aplikasikan battery lfp ini di mobil listrik (pelopornya kl ga salah BYD yg bus nya dibeli pemprov dki). Harga mereka saat ini udh di bawah $100 per kwh. Coba lihat BYD blade battery deh, its a game changing battery.

Tesla aja yg gembar gembor battery breakthrough dg tabless dan format 4680 , tnyata sampai skrg msh nemu kendala produksi.

Klo lfp bnr jd battery utk mobil2, indonesia nangis deh krn nikel nya ga kepake 😀😀
Tesla dah mulai penjajakan untuk beli atau bermitra dgn BYD blade battery.
Let see.
Infony lbh resisten di suhu tinggi dgn manajemen thermal yg lbh baik, dan gak mudah terbakar.

https://electrek.co/2021/08/05/tesla-bu ... batteries/
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21371
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Turboman »

Kona EV di Dyno

ngeliat grafik Hp & Torsi

gak heran ini dibejek awal lgs Sprint ban depan

Grafik Hp nya bisa flat.........wekekkeke.......gelo

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1057
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by krniawnhdr »

Profith83 wrote: 19 Nov 2021, 13:59
Suryaputra wrote: 19 Nov 2021, 11:46
benzz89 wrote: 19 Nov 2021, 11:38 Cocok nih buat om surya yg suka naik turun gunung... disc brake & kampas rem jd awet,

Pas turunan tinggal mainkan pedal deselerasi mau seberapa kuat, listriknya malah nambah.

Gak perlu gonta ganti brembo disc brake lagi deh Image
Wkwkkwkwkwkw
Yg pusing gantin batrenya mbah
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter

1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.

Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???

8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong :big_biglaugh:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

krniawnhdr wrote: 21 Nov 2021, 08:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???

8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong :big_biglaugh:
dia salah angka bro 80jt itu per module

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1

disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya :big_think:

itung pake harga sini yang 80jt deh :big_think:

tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt :wkkk:

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2

tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt :wkkk:

total 400jt :big_deal: mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut :wkkk:

btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2

Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup :mky_03:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 21 Nov 2021, 08:36
krniawnhdr wrote: 21 Nov 2021, 08:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???

8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong :big_biglaugh:
dia salah angka bro 80jt itu per module

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1

disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya :big_think:

itung pake harga sini yang 80jt deh :big_think:

tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt :wkkk:

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2

tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt :wkkk:

total 400jt :big_deal: mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut :wkkk:

btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2

Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup :mky_03:
8th lg harga batre gak segitu.
Inovasi berjalan cepat, sehingga ongkos produksinya jg makin murah.

Itupun jika rusak dlm waktu 8thn.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: 21 Nov 2021, 02:17 Kona EV di Dyno

ngeliat grafik Hp & Torsi

gak heran ini dibejek awal lgs Sprint ban depan

Grafik Hp nya bisa flat.........wekekkeke.......gelo

Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal :big_biglaugh:

Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8442
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by marmut »

Suryaputra wrote: 21 Nov 2021, 09:11
Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal :big_biglaugh:

Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm :big_biglaugh:


tinggal nunggu headline news aja mobil terjun atau bikin alesan rem blong atau nabrak.

abis itu keluar kalimat "mobil listrik tidak aman?"

akakakakaka.....
Post Reply