Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 6:36 Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]
jadi OOT soalnya gak ada real competition di mobil listrik mbah... hyundai kayak single player. jd diskusinya pasti ngarah ke environmental (apalagi mobil listrik suka banget pake jargon lingkungan gini).

di sini tuh kebiasaan "males gerak" nya udah diturunin dari orang tuanya. apalagi orang tua yang skrg punya anak generasi milenial itu usianya 50-60an yang hidupnya di masa transisi antara yang tradisional dan modern. makanya orang tua2 ini disuruh jalan jauh dikit pun cape krn dari muda gak terlatih otot ototnya. anak anaknya skrg juga usia 30-40an udah jalan agak jauh dikit males.

beda kan ama generasi kakek nenek usia 80+ yang dulunya susah apa apa sendiri malah relatif lebih kuat jalan.

walaupun ini juga butuh perencanaan urban lebih lagi : gimana bikin urban space yang terpusat jadi ada lahan parkir / gedung parkir gede di tengah lingkungan urban (pusat perbelanjaan, kantor, dll bisa dijangkau dalam sekali parkir). di jepang tuh banyak public parking space saking jalanan di sana sempit sempit.

gak ada lahan parkir terpusat gini jadi banyak space terpakai malah dibuat parkir, pokoknya asal ada kang parkir boleh ditempatin :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 7:09
rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 6:36 Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]
jadi OOT soalnya gak ada real competition di mobil listrik mbah... hyundai kayak single player. jd diskusinya pasti ngarah ke environmental (apalagi mobil listrik suka banget pake jargon lingkungan gini).

di sini tuh kebiasaan "males gerak" nya udah diturunin dari orang tuanya. apalagi orang tua yang skrg punya anak generasi milenial itu usianya 50-60an yang hidupnya di masa transisi antara yang tradisional dan modern. makanya orang tua2 ini disuruh jalan jauh dikit pun cape krn dari muda gak terlatih otot ototnya. anak anaknya skrg juga usia 30-40an udah jalan agak jauh dikit males.

beda kan ama generasi kakek nenek usia 80+ yang dulunya susah apa apa sendiri malah relatif lebih kuat jalan.

walaupun ini juga butuh perencanaan urban lebih lagi : gimana bikin urban space yang terpusat jadi ada lahan parkir / gedung parkir gede di tengah lingkungan urban (pusat perbelanjaan, kantor, dll bisa dijangkau dalam sekali parkir). di jepang tuh banyak public parking space saking jalanan di sana sempit sempit.

gak ada lahan parkir terpusat gini jadi banyak space terpakai malah dibuat parkir, pokoknya asal ada kang parkir boleh ditempatin :big_bored:
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.
walaupun ini juga butuh perencanaan urban lebih lagi : gimana bikin urban space yang terpusat jadi ada lahan parkir / gedung parkir gede di tengah lingkungan urban (pusat perbelanjaan, kantor, dll bisa dijangkau dalam sekali parkir). di jepang tuh banyak public parking space saking jalanan di sana sempit sempit.
Wah kalo kata nubi mah berat lah kayanya bikin model begini. Orang kita memang mentalnya agak susah kalau disuruh untuk berapih2 ria. Di jkt hal paling simple aja, yang namanya parkir meter warisan dari pemprov sebelumnya, bukannya dikembangin penggunaannya malah pada dicabut2in. Konon katanya kalo gasalah inget gub nya pernah bilang "parkir meter itu tidak sesuai dengan budaya kita" :fist: Satu2nya tempat yg ane tau itu parkir meter masih aktif dipake cuma di daerah pasar baru doang. Lha hal sesederhana parkir meter gitu aja kayak begitu, apalagi bangun parkir gedung terpusat... Kalo udah ada parkir terpusat pasti niatnya bener2 pelarangan ketat untuk parkir di tempat yg tidak semestinya dong ya (auto derek gitu kalo melanggar), pasti pake drama lagi itu...
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.
Ioniq juga sama itu C-Segment, sekelas sipik & corolla oom.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by rakyatwkwkland »

darrelund wrote: Fri Nov 26, 2021 8:46
rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.
Ioniq juga sama itu C-Segment, sekelas sipik & corolla oom.
Berarti grade platform nya msh sekelas sama leaf lah ya oom? Thanks infonya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.

Wah kalo kata nubi mah berat lah kayanya bikin model begini. Orang kita memang mentalnya agak susah kalau disuruh untuk berapih2 ria. Di jkt hal paling simple aja, yang namanya parkir meter warisan dari pemprov sebelumnya, bukannya dikembangin penggunaannya malah pada dicabut2in. Konon katanya kalo gasalah inget gub nya pernah bilang "parkir meter itu tidak sesuai dengan budaya kita" :fist: Satu2nya tempat yg ane tau itu parkir meter masih aktif dipake cuma di daerah pasar baru doang. Lha hal sesederhana parkir meter gitu aja kayak begitu, apalagi bangun parkir gedung terpusat... Kalo udah ada parkir terpusat pasti niatnya bener2 pelarangan ketat untuk parkir di tempat yg tidak semestinya dong ya (auto derek gitu kalo melanggar), pasti pake drama lagi itu...
Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 12:23

Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
ironisnya lawannya duo SUV ladder frame dengan bensin 5100/lt bisa lari 180kmh di tol tambah paket 4,5jt konaq cuma disuruh isep asep itemnya doank :big_biglaugh:

ehh engkonya si konaq juga ternyata CRDI lebih laku pulak :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 2:07
ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 12:23

Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
ironisnya lawannya duo SUV ladder frame dengan bensin 5100/lt bisa lari 180kmh di tol tambah paket 4,5jt konaq cuma disuruh isep asep itemnya doank :big_biglaugh:

ehh engkonya si konaq juga ternyata CRDI lebih laku pulak :big_biglaugh:
180km/h itu illegal speed di jalan umum.
even lu jalan di autobahn, yg boleh top speed, itu jg bahaya, krn gak semua org pembalap di sono :mky_03:

klo mau ya ke mandalika sono, atau yah ke sentul sewa sirkuit,
push chassis to the limit, puas.
ada apa2 nyosor ke pinggir sirkuit dan minim resiko buat org lain

emg bagusnya semua mobil yg beredar di indo,
wajib safety belt + limit top speed kyk brio :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 12:23
Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
Multiplier efeknya gede mbah
Itung aja berapa belanja kaki2 mobil yang jebol. Win2lah, tergantung sudut pandang saja :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 2:53
Multiplier efeknya gede mbah
Itung aja berapa belanja kaki2 mobil yang jebol. Win2lah, tergantung sudut pandang saja :big_biglaugh:
nah iya bengkel kaki kaki tuh bisnis paling seksi di kota yang jalannya banyak rusaknya macem surabaya gitu :ungg:

bengkel kaki kaki langganan di kota ane aja gak pernah sepi sampe mau masukin aja musti janjian :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 2:51
180km/h itu illegal speed di jalan umum.
even lu jalan di autobahn, yg boleh top speed, itu jg bahaya, krn gak semua org pembalap di sono :mky_03:

klo mau ya ke mandalika sono, atau yah ke sentul sewa sirkuit,
push chassis to the limit, puas.
ada apa2 nyosor ke pinggir sirkuit dan minim resiko buat org lain

emg bagusnya semua mobil yg beredar di indo,
wajib safety belt + limit top speed kyk brio :ngacir:
ya ud mbah nanti naek wuling mini EV aja cuma bisa lari 105kmh :big_smile]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 12:23
rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.

Wah kalo kata nubi mah berat lah kayanya bikin model begini. Orang kita memang mentalnya agak susah kalau disuruh untuk berapih2 ria. Di jkt hal paling simple aja, yang namanya parkir meter warisan dari pemprov sebelumnya, bukannya dikembangin penggunaannya malah pada dicabut2in. Konon katanya kalo gasalah inget gub nya pernah bilang "parkir meter itu tidak sesuai dengan budaya kita" :fist: Satu2nya tempat yg ane tau itu parkir meter masih aktif dipake cuma di daerah pasar baru doang. Lha hal sesederhana parkir meter gitu aja kayak begitu, apalagi bangun parkir gedung terpusat... Kalo udah ada parkir terpusat pasti niatnya bener2 pelarangan ketat untuk parkir di tempat yg tidak semestinya dong ya (auto derek gitu kalo melanggar), pasti pake drama lagi itu...
Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
Batrenya "masih" mahal.
Jd HPP juga tinggi banget :big_biglaugh:
Tapi katanya BYD kan punya inovasi di perbatre-an tuh, dan inovasinya desas desus mau dibeli tesla.
(Klaim dan infonya lbh tahan panas, gak mudah terbakar, cost produksi lbh efisien, suhu kerja lbh rendah, dan lithium based)
Let see aja.

Klo masalah kebakaran, ya mbl petrol aja gak sedikit kasus terbakar.
Namanya juga based on bahan bakar minyak :upss:

Err soal jalan rusak.. Bukan kayanya mbah.
Emg faktanya gtu.

Kawan ada yg kerja di kontraktor aspal jalan infonya gtu.
Klo dikasih aspal bagus dan kuat, emg lbh mahal, tp bs 5 thn gak dpt "maintenance fee" :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 5:46
Batrenya "masih" mahal.
Jd HPP juga tinggi banget :big_biglaugh:
Tapi katanya BYD kan punya inovasi di perbatre-an tuh, dan inovasinya desas desus mau dibeli tesla.
(Klaim dan infonya lbh tahan panas, gak mudah terbakar, cost produksi lbh efisien, suhu kerja lbh rendah, dan lithium based)
Let see aja.

Klo masalah kebakaran, ya mbl petrol aja gak sedikit kasus terbakar.
Namanya juga based on bahan bakar minyak :upss:


Err soal jalan rusak.. Bukan kayanya mbah.
Emg faktanya gtu.

Kawan ada yg kerja di kontraktor aspal jalan infonya gtu.
Klo dikasih aspal bagus dan kuat, emg lbh mahal, tp bs 5 thn gak dpt "maintenance fee" :mky_03:
jgn samain kebakaran electric sama petrol ud beda karakter :big_bored:

petrol itu kebakar disirem gampang padam, kalo electric itu kebakar kalo belom abis ya kebakar terus biasanya 2jem dan pemadam sendiri juga gak bisa berbuat apa2x salah satu cara sih katanya di rendem cuma gimana ngerendemnya??? :big_bored:

tambah lagi petrol kalo kebakar cuma kebakar doank gak ada efek nembak api kalo electric kebakar apinya ud kayak kompor dinyalain karena konon selama batre itu masih ada muatan energinya disirem aer malah apinya tambah jadi2x :big_bored:



liat aja video diatas mana ada mobil petrol kebakaran kek gitu :big_biglaugh:



kalo ini biar lebih jelas ud mati pun kadang bisa RE-IGNITED lagi kadang lagi di towing bisa tiba2x nyala lagi apinya :big_smile]

jadi kalo EV kebakar APAR pun gak nolong sedangkan petrol selama tau sumber apinya dan di sirem APAR lsg beres itu bedannya EV sama PETROL makannya kenapa EV lebih ngeri apinya di banding petrol :big_smile]

jgn bawa2x kebakaran ke debat EV karena EV rajanya bikin api :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 7:32
Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 5:46
Batrenya "masih" mahal.
Jd HPP juga tinggi banget :big_biglaugh:
Tapi katanya BYD kan punya inovasi di perbatre-an tuh, dan inovasinya desas desus mau dibeli tesla.
(Klaim dan infonya lbh tahan panas, gak mudah terbakar, cost produksi lbh efisien, suhu kerja lbh rendah, dan lithium based)
Let see aja.

Klo masalah kebakaran, ya mbl petrol aja gak sedikit kasus terbakar.
Namanya juga based on bahan bakar minyak :upss:


Err soal jalan rusak.. Bukan kayanya mbah.
Emg faktanya gtu.

Kawan ada yg kerja di kontraktor aspal jalan infonya gtu.
Klo dikasih aspal bagus dan kuat, emg lbh mahal, tp bs 5 thn gak dpt "maintenance fee" :mky_03:
jgn samain kebakaran electric sama petrol ud beda karakter :big_bored:

petrol itu kebakar disirem gampang padam, kalo electric itu kebakar kalo belom abis ya kebakar terus biasanya 2jem dan pemadam sendiri juga gak bisa berbuat apa2x salah satu cara sih katanya di rendem cuma gimana ngerendemnya??? :big_bored:

tambah lagi petrol kalo kebakar cuma kebakar doank gak ada efek nembak api kalo electric kebakar apinya ud kayak kompor dinyalain karena konon selama batre itu masih ada muatan energinya disirem aer malah apinya tambah jadi2x :big_bored:



liat aja video diatas mana ada mobil petrol kebakaran kek gitu :big_biglaugh:



kalo ini biar lebih jelas ud mati pun kadang bisa RE-IGNITED lagi kadang lagi di towing bisa tiba2x nyala lagi apinya :big_smile]

jadi kalo EV kebakar APAR pun gak nolong sedangkan petrol selama tau sumber apinya dan di sirem APAR lsg beres itu bedannya EV sama PETROL makannya kenapa EV lebih ngeri apinya di banding petrol :big_smile]

jgn bawa2x kebakaran ke debat EV karena EV rajanya bikin api :big_biglaugh:
Konteksnya kan mbl selain EV bisa terbakar atau tidak?
EV perlu penyempurnaan.. wajar Namanya teknologi tahap awal.

Mobil bensin teknologi sudah mentok.
Karena udh dikawinin sm sistem hybrid / genset batre, dsb.
Ujung2nya dikawinin jg sm batre + dinamo high power :big_biglaugh:

Dan ini bahasannya udh jauh dr judul trit
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 8:36
Konteksnya kan bisa terbakar atau tidak?
Namanya teknologi tahap awal.

Mobil bensin teknologi sudah mentok, buktinya, dikawinin sm sistem hybrid / genset batre, dsb.
Ujung2nya dikawinin jg sm batre juga :big_biglaugh:
yes kalo cuma kebakar doank kek bensin gak akan jadi masalah ini ud dari dulu karakter kebakarannya kek gitu pertama heboh pas richard hammond nabrakin rimac sejak itu malah makin banyak kok :big_bored:

teknologi tahap awal :big_biglaugh: ini mobil ud ada dari 1896 henry ford sendiri tadiannya mau jualan electric vehicle kerjasama sama edison tapi gagal tesla sendiri ud 10th terakhir orang baru beli PLAID aja ud gosong mobilnya padahal dia gak nabrakin tuh mobil :big_biglaugh:

mobil bensin gak tau ya kalo bahan bakarnya di rubah toyota sendiri lagi otak atik mesin combustion pake hidrogen mentok gak bisa di bilang mentok juga biarpun mau di bilang kuno pun combustion masih paling praktis ditambah emang dasarnya generator bukan penyimpanan energi kek batre :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 8:52
Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 8:36
Konteksnya kan bisa terbakar atau tidak?
Namanya teknologi tahap awal.

Mobil bensin teknologi sudah mentok, buktinya, dikawinin sm sistem hybrid / genset batre, dsb.
Ujung2nya dikawinin jg sm batre juga :big_biglaugh:
yes kalo cuma kebakar doank kek bensin gak akan jadi masalah ini ud dari dulu karakter kebakarannya kek gitu pertama heboh pas richard hammond nabrakin rimac sejak itu malah makin banyak kok :big_bored:

teknologi tahap awal :big_biglaugh: ini mobil ud ada dari 1896 henry ford sendiri tadiannya mau jualan electric vehicle kerjasama sama edison tapi gagal tesla sendiri ud 10th terakhir orang baru beli PLAID aja ud gosong mobilnya padahal dia gak nabrakin tuh mobil :big_biglaugh:

mobil bensin gak tau ya kalo bahan bakarnya di rubah toyota sendiri lagi otak atik mesin combustion pake hidrogen mentok gak bisa di bilang mentok juga biarpun mau di bilang kuno pun combustion masih paling praktis ditambah emang dasarnya generator bukan penyimpanan energi kek batre :big_biglaugh:
"Udh ada dan gak dikembangin"
Beda loh sama.. "udah ada tapi teknologinya dipakai dan dikembangin terus menerus"

Krn bisa dibilang EV ini vakum dr dulu, gak ada development yg signifikan, beda sm mobil diesel dan bensin.

Pas elon mulai launch aja, br yg lain mulai coba2 dan EV "mulai" masuk ke fase product market fit di LN.
Krn instan power dan torque ini menarik emang.

PR nya di teknologi batre,
Cost produksi,
dan infra struktur PLN nya di sini.

Intinya klo benci jgn berlebihan, ntar jatuh cinta lu :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sat Nov 27, 2021 9:08, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by Suryaputra »



Silent drag race.
Aneh tp super sleeper bener
Exhaust sound ala2nya kampret bener :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 8:59

"Udh ada dan gak dikembangin"
Beda loh sama.. "udah ada tapi teknologinya dipakai dan dikembangin terus menerus"

Krn bisa dibilang EV ini vakum dr dulu, gak ada development yg signifikan, beda sm mobil diesel dan bensin.

Pas elon mulai launch aja, br yg lain mulai coba2 dan EV "mulai" masuk ke fase product market fit di LN.
kan kemungkinan gak di kasih kesempatan sama goverment berkembang katanya semua mau disuruh pake electric pabrikan pada modiar buat nerusin combustion satu2xnya cara ya evoluis bahan bakar dulu kek yang di kerjain sama porsche :big_biglaugh:

coba liat mesinnya combustionnya koenisegg yang baru kek apa itu aja pabrikan laen belom pake :big_biglaugh:

namanya teknologi ya pasti berkembang terus mau combustion mau listrik

cuma namanya batre emang mau evolusi jadi apa??? :big_biglaugh: chargeless battrey??? namanya ud bukan batre om namanya itu jadi generator atau reaktor :big_biglaugh: ujung2xnya kudu ngecharge dan butuh infrastruktur ditambah makin cepet dan makin bisa nyimpen energi banyak makin butuh generator yang lebih kuat buat nyetrumnya :big_biglaugh:

saya sih bukan anti electric cuma kalo loe push semua ka batrey itu gak bisa diandelin MIRAI itu sebenernya mobil listrik juga cuma sumber tenaganya dari hidrogen kenapa gak push ke modelan kek gitu aja :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Nov 27, 2021 8:59
"Udh ada dan gak dikembangin"
Beda loh sama.. "udah ada tapi teknologinya dipakai dan dikembangin terus menerus"

Krn bisa dibilang EV ini vakum dr dulu, gak ada development yg signifikan, beda sm mobil diesel dan bensin.

Pas elon mulai launch aja, br yg lain mulai coba2 dan EV "mulai" masuk ke fase product market fit di LN.
Krn instan power dan torque ini menarik emang.

PR nya di teknologi batre,
Cost produksi,
dan infra struktur PLN nya di sini.

Intinya klo benci jgn berlebihan, ntar jatuh cinta lu :big_biglaugh:
:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

b0ku wrote: Fri Nov 26, 2021 6:37
makannya balik lagi mau di pelintir kek gimana sumber tenaganya yang gak bisa diandalkan akhirnya apapun solusinya hasilnya keliatan bodo :big_biglaugh:

kecuali mungkin pake ini baru saya switch ke electric :big_grin:

Image

gpp deh bawa mobil suaranya kek vacuuum cleaner kalo sumber energinya modelan kek gitu :big_love:

dengan motor listrik yang ada, tapi power source kecil kek gitu gak kebayang entengnya tuh mobil :big_love:
gak ada yang fokus ngerjar bikin ginian ya apa enakan jualan pake batree biarr cuaaaaan.........padahal bahaya :big_bored:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by rakyatwkwkland »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 2:07
ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 12:23

Konaq seukuran HRV, ionik seukuran civic. Cuma ya itu. Ukuran sekelas, harganya enggak. :big_biglaugh: jd no competition akhirnya.

Wkwkwkwkw kayaknya emang udah kultur, di sini yang dipentingin tiap taon dpt jatah proyekan. Klo problemnya solved sih proyekannya ilang.

Sama kaya knp jalan jelek gak bener bener proyek abadi lah biar dapet proyekan tiap taun. Kang parkir aja sebenernya gw curiga emang sengaja dipiara tar setoran ke dia dia juga orangnya :big_bored:
ironisnya lawannya duo SUV ladder frame dengan bensin 5100/lt bisa lari 180kmh di tol tambah paket 4,5jt konaq cuma disuruh isep asep itemnya doank :big_biglaugh:

ehh engkonya si konaq juga ternyata CRDI lebih laku pulak :big_biglaugh:
Lebih ironis lagi orang indonesia banyak yang dengan percaya diri bawa tuh duo ladder frame cruising terus2an 180-190 kmh di jalan tol umum yg mana tentu saja handling para ladder frame sangat tidak support buat cruising di speed segitu. Hasilnya ya kayak artis yg kemaren kecelakan di jatim itu tuu... :mky_03: Kalo numpang test top speed sesekali di track lurus dan sepi masih dapat dimengerti lah...

Btw salam akselerasi 0-100 cuman 7,9 detik dari nissan leaf :mky_08:

Ladder frame dijel mana ada yg bisa kayak gitu dalam kondisi stock :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

rakyatwkwkland wrote: Sat Nov 27, 2021 18:30
Lebih ironis lagi orang indonesia banyak yang dengan percaya diri bawa tuh duo ladder frame cruising terus2an 180-190 kmh di jalan tol umum yg mana tentu saja handling para ladder frame sangat tidak support buat cruising di speed segitu. Hasilnya ya kayak artis yg kemaren kecelakan di jatim itu tuu... :mky_03: Kalo numpang test top speed sesekali di track lurus dan sepi masih dapat dimengerti lah...

Btw salam akselerasi 0-100 cuman 7,9 detik dari nissan leaf :mky_08:

Ladder frame dijel mana ada yg bisa kayak gitu dalam kondisi stock :ngacir:
ya gimana gak konak sama leaf kan gak muat 7 orang sih belom kalo di bawa kemana2x ntar nyangkut kolongny :big_dunno:

terus palisade sama staria yang CRDI jelas2x lebih mahal malah lebih laku pula :big_biglaugh:

ladder frame diesel mah 180kmh bonus buat buyernya yang penting torsinya kek punya saya angkut 8 orang di cipularang aja enak bener najaknya lari juga paling cuma berani mentok 140kmh itu juga kalo kosong sisanya paling cruising 100-120kmh kita juga tau kali handlingnya ancur bawa kelaurga pula tapi tenaganya dapet buat pegi rame2x kalo sendiri mah naek GE8 aja bisa lari 190kmh juga cuma kalo ber 5 aja dengan trayek sama berasa beratnya malah nanjaknya ngeden cuma lari 120kmh biasanya :big_biglaugh:

oh iya CIVIC TURBO 0-100 7,5det top speed 200kmh harga 500jtan juga titip salam nih :big_grin:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 9:06
darrelund wrote: Fri Nov 26, 2021 8:46
rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.
Ioniq juga sama itu C-Segment, sekelas sipik & corolla oom.
Berarti grade platform nya msh sekelas sama leaf lah ya oom? Thanks infonya
kemungkinan seh begitu om, karena ni Ioniq pake platform khusus yg ga di share sama mobil hundai lain klo ga salah.

klo Konak dia pake B-SUV yg di share sama Seltos eropa punya
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sun Nov 28, 2021 0:33
rakyatwkwkland wrote: Sat Nov 27, 2021 18:30
Lebih ironis lagi orang indonesia banyak yang dengan percaya diri bawa tuh duo ladder frame cruising terus2an 180-190 kmh di jalan tol umum yg mana tentu saja handling para ladder frame sangat tidak support buat cruising di speed segitu. Hasilnya ya kayak artis yg kemaren kecelakan di jatim itu tuu... :mky_03: Kalo numpang test top speed sesekali di track lurus dan sepi masih dapat dimengerti lah...

Btw salam akselerasi 0-100 cuman 7,9 detik dari nissan leaf :mky_08:

Ladder frame dijel mana ada yg bisa kayak gitu dalam kondisi stock :ngacir:
ya gimana gak konak sama leaf kan gak muat 7 orang sih belom kalo di bawa kemana2x ntar nyangkut kolongny :big_dunno:

terus palisade sama staria yang CRDI jelas2x lebih mahal malah lebih laku pula :big_biglaugh:

ladder frame diesel mah 180kmh bonus buat buyernya yang penting torsinya kek punya saya angkut 8 orang di cipularang aja enak bener najaknya lari juga paling cuma berani mentok 140kmh itu juga kalo kosong sisanya paling cruising 100-120kmh kita juga tau kali handlingnya ancur bawa kelaurga pula tapi tenaganya dapet buat pegi rame2x kalo sendiri mah naek GE8 aja bisa lari 190kmh juga cuma kalo ber 5 aja dengan trayek sama berasa beratnya malah nanjaknya ngeden cuma lari 120kmh biasanya :big_biglaugh:

oh iya CIVIC TURBO 0-100 7,5det top speed 200kmh harga 500jtan juga titip salam nih :big_grin:
kan harga konak 697 yak om

anggap lah ANKI kan 400an, sisa 297jt. modip hampir 300jt dapet banyak tuh oom dengan entah HP nya berapa. yg pasti konak tinggal makan asep aja :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sun Nov 28, 2021 5:42
kan harga konak 697 yak om

anggap lah ANKI kan 400an, sisa 297jt. modip hampir 300jt dapet banyak tuh oom dengan entah HP nya berapa. yg pasti konak tinggal makan asep aja :big_biglaugh:
nah itu dia mau di poles gimana juga susah mau ngalahin MPV/SUV 7 seater tenaga turbo kecuali pake cara curang pake aturan goverment :big_biglaugh:

kalo kayak wuling ev dibawah 90jt boleh deh mungkin masih bisa laku, tapi itu juga rumornya dari pak mentri 150jt ya 150jt siapa yang mau beli mobil sekelas bajaj begitu :wkkk:
gigarise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Apr 16, 2019 23:03

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by gigarise »

rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 8:35
ChZ wrote: Fri Nov 26, 2021 7:09
rakyatwkwkland wrote: Fri Nov 26, 2021 6:36 Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]
jadi OOT soalnya gak ada real competition di mobil listrik mbah... hyundai kayak single player. jd diskusinya pasti ngarah ke environmental (apalagi mobil listrik suka banget pake jargon lingkungan gini).

di sini tuh kebiasaan "males gerak" nya udah diturunin dari orang tuanya. apalagi orang tua yang skrg punya anak generasi milenial itu usianya 50-60an yang hidupnya di masa transisi antara yang tradisional dan modern. makanya orang tua2 ini disuruh jalan jauh dikit pun cape krn dari muda gak terlatih otot ototnya. anak anaknya skrg juga usia 30-40an udah jalan agak jauh dikit males.

beda kan ama generasi kakek nenek usia 80+ yang dulunya susah apa apa sendiri malah relatif lebih kuat jalan.

walaupun ini juga butuh perencanaan urban lebih lagi : gimana bikin urban space yang terpusat jadi ada lahan parkir / gedung parkir gede di tengah lingkungan urban (pusat perbelanjaan, kantor, dll bisa dijangkau dalam sekali parkir). di jepang tuh banyak public parking space saking jalanan di sana sempit sempit.

gak ada lahan parkir terpusat gini jadi banyak space terpakai malah dibuat parkir, pokoknya asal ada kang parkir boleh ditempatin :big_bored:
Sebenernya ada mbah kompetitornya tapi gak direct, yaitu batumakam daon. Jd sebenernya EV kelas rakyat nampaknya pada beda2 segment semua. Crossover kecil seukuran HRV CX-3 ada Konak, Sedan/liftback ada Ioniq, hatchback seukuran sipik Mzd3 HB ada daun.

Btw sebenernya Ioniq itu kelasnya kelas vios city atau kelasnya civic corrola mzd3 sih? Kalo leaf kan dari dimensi dia mirip2 Civic dan Mzd3 HB. Kalo harga mereka mirip2.
walaupun ini juga butuh perencanaan urban lebih lagi : gimana bikin urban space yang terpusat jadi ada lahan parkir / gedung parkir gede di tengah lingkungan urban (pusat perbelanjaan, kantor, dll bisa dijangkau dalam sekali parkir). di jepang tuh banyak public parking space saking jalanan di sana sempit sempit.
Wah kalo kata nubi mah berat lah kayanya bikin model begini. Orang kita memang mentalnya agak susah kalau disuruh untuk berapih2 ria. Di jkt hal paling simple aja, yang namanya parkir meter warisan dari pemprov sebelumnya, bukannya dikembangin penggunaannya malah pada dicabut2in. Konon katanya kalo gasalah inget gub nya pernah bilang "parkir meter itu tidak sesuai dengan budaya kita" :fist: Satu2nya tempat yg ane tau itu parkir meter masih aktif dipake cuma di daerah pasar baru doang. Lha hal sesederhana parkir meter gitu aja kayak begitu, apalagi bangun parkir gedung terpusat... Kalo udah ada parkir terpusat pasti niatnya bener2 pelarangan ketat untuk parkir di tempat yg tidak semestinya dong ya (auto derek gitu kalo melanggar), pasti pake drama lagi itu...
Hyundai mulai laris ya, saya lihat dia banyak buka diler baru, pesen kona atau ioniq sekarang inden 2 bulan :big_exellent:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Post by b0ku »

[
gigarise wrote: Sat Dec 11, 2021 6:40
Hyundai mulai laris ya, saya lihat dia banyak buka diler baru, pesen kona atau ioniq sekarang inden 2 bulan :big_exellent:

dibilang laris sih engak mungkin cuannya lagi enak2xnya karena yang laku mobil premium semua sampe berkeliaran di jalan liatin aja hyundai kelas rakyat jelata sama hyundai kelas orang berduit banyakan mana di jalan banyakan yang premium malahan sekarang :big_bored: