Page 4 of 6

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 22 Nov 2021, 12:28
by b0ku
pengendiesel wrote: 22 Nov 2021, 12:04
Nah saya mau nulis mirip kyk gini.
Imho, kayaknya ev gak menyelesaikan masalah sumber daya alam.
Kuncinya sih di public transport n kalo memungkinkan, pake sepeda.
Percuma juga ev kalo mobil segede bagong, tp yang naik cuma 1 ekor. Tetep aja makan energi n spacenya gak worth it.

Tapi ya....entah taon berapa negara kita bisa spt negara2 lain.
Di jakarta public transportnya bagus banget. Please check surabaya, the 2nd largest city, mass public transportnya bisa dibilang nol.
Saya ke bbrp kota besar di luar sono, merasa jauh lebih bisa mobile ke seluruh penjuru kota tanpa punya kendaraan pribadi.
Di sini? Gak punya kendaraan pribadi berasa kyk gak punya kaki
ya gimana kek rumah saya ud enak2x depan LRT eh sampe velodrome putus, bukannya diterusin nyambung sma MRT ini didiemin aja kek gitu gak tau kapan mulainya :big_biglaugh:

makannya saya biarpun gila otomotif cuma kalo harus daily commute pake mobil tuh males banget, jadinya sekarang kerja di rumah, rumah pun tinggal di mall jd kalo ada butuh apa2x tinggal jalan kaki :big_biglaugh:

dulu kerja pun saya pegi ngojek pulang lari dari kantor ke rumah padahal di rumah mobil 2, lagian pulang naek mobil bisa sejem lari paling 30 menit gak sampe :big_biglaugh:

punya mobil ya lebih ke hobby aja :big_biglaugh:

kalo gaya hidup kek gitu pake kona apa gak mubazir tuh punya mobil umur 10th km baru 50-90rban tapi batrenya ud drop harus benerin 80jt itu juga kalo cuma 1 yang rusak kalo kena 2-3 aja bisa2x saya scrap aja terus beli baru lagi :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 22 Nov 2021, 12:40
by ChZ
Suryaputra wrote: 22 Nov 2021, 11:31 Nah..
anyway, positifnya psbb ini mengubah habit kita jd lebih efisien untuk daily commute.
salah satu contoh:
- yg biasanya itu kasir transmart atau hypermart dkk nya penuh, skrg jd lbh sepi krn orang2 sudah (terpaksa) belanja kebutuhan RT dan leisure scr online
- nonton cinema -> jadi nonton di rumah aja, netflix, disney hotstar+, SaaS drakor, dsb
- dan banyak hal

negatifnya.. disrupsi besar2an dr offline ke online habit..
berakibat, ekonomi / bisnis offline terguncang.
krn salah satu PDB terbesar kan HoReCa & Travel.

tapi memang untuk merubah sesuatu, butuh pengorbanan besar.
jadi kmn2.. wkwkwkwkw

back to trit,
konaq instan powah :big_biglaugh:
betul mbah, bahkan kl perusahaan start up luar negeri sih ud akrab banget dengan remote working. sebelum pandemi byk diceritain teman ane lulusan informatika kerja di start up luar, gaji dollar tapi kerja di rumah doank pake video conference :big_biglaugh: eh sekarang kejadian semua dipaksa kerja remote.

artinya kebutuhan buat physical office sebenarnya berkurang banget. minimal kayak skrg aja banyak yang office buildingnya terintegrasi.

lama lama kita gak butuh kantor, meeting penting bisa di rumah atau sewa gedung. lahan buat perkantoran bisa dipake buat RTH / perluasan akses mass transport.
pengendiesel wrote: 22 Nov 2021, 12:04
Nah saya mau nulis mirip kyk gini.
Imho, kayaknya ev gak menyelesaikan masalah sumber daya alam.
Kuncinya sih di public transport n kalo memungkinkan, pake sepeda.
Percuma juga ev kalo mobil segede bagong, tp yang naik cuma 1 ekor. Tetep aja makan energi n spacenya gak worth it.

Tapi ya....entah taon berapa negara kita bisa spt negara2 lain.
Di jakarta public transportnya bagus banget. Please check surabaya, the 2nd largest city, mass public transportnya bisa dibilang nol.
Saya ke bbrp kota besar di luar sono, merasa jauh lebih bisa mobile ke seluruh penjuru kota tanpa punya kendaraan pribadi.
Di sini? Gak punya kendaraan pribadi berasa kyk gak punya kaki
nahh jakarta bagus, tapi quantity nya gak bisa mengakomodir pertumbuhan penduduk jakarta yang tidak terkontrol, dari 1 orang daerah pindah ke jakarta, beranak pinak jadi 4-5 orang. jd mao dikasih bus transjakarta sebanyak apa tetep gak ngejer tuh jumlah orang sebanyak itu tiap pagi berangkat sekolah/kuliah/kerja :big_bored:

akhirnya ya tadi, yang biasa desak desakan naik kereta/bus gaji udah cukup buat bayar cicilan motor, belilah motor. sesak lagi jalanan. makin gila :big_bored:

kl suroboyo sih umum banget orang di jam rush hour rumah di darjo kerja di tengah kota surabaya. PP kantor rumah bisa 2-3 jam kena macet di arus berangkat/pulang. ane paling serem tuh kalo liat traffic surabaya tiap hari jumat malem di sekitaran jalan a yani sampe ke sidoarjo, ud kayak apocalypse antri ke arah balik semua krn ketambahan yang ngekos di surabaya weekend pulang ke malang.

mo dikasih 10 jalan tol lagi atau mobilnya diganti listrik semua yang ngantri ya tetep orang itu-itu aja. :big_bored: ya lagi lagi energi listriknya cuma kebuang. percuma lah dibilang op cost murah akhirnya ya terbuang :big_bored:

dan yang ngeri di sini itu krn pembangunan gak merata, ekonomi jadi terpusat, daerah gak punya sumber daya. gudang pabrik apa-apa di jakarta/surabaya. logistik jadi boros dan mahal banget. kurang polusi gimana tuh tiap hari ngantri ratusan truk ke daerah industri pulang pergi terus :mky_05:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 22 Nov 2021, 12:49
by b0ku
ChZ wrote: 22 Nov 2021, 12:40
betul mbah, bahkan kl perusahaan start up luar negeri sih ud akrab banget dengan remote working. byk diceritain teman ane lulusan informatika kerja di start up luar, gaji dollar tapi kerja di rumah doank pake video conference :big_biglaugh:

artinya kebutuhan buat physical office sebenarnya berkurang banget. minimal kayak skrg aja banyak yang office buildingnya terintegrasi.

lama lama kita gak butuh kantor, meeting penting bisa di rumah atau sewa gedung. lahan buat perkantoran bisa dipake buat RTH / perluasan akses mass transport.
di apt sini aja ada ruang meeting yang bisa dipake lengkap ac sama listrik :big_biglaugh:

masalahnya orang indo kalo denger tinggal di apt di hujat katanya gak ada tanah lah buang2x duit lah bayar maintenace padahalnya kenyataannya mempermudah hidup saya malah saya bisa dagang tanpa pegawai karena tinggal di apartement :big_biglaugh:

ditambah kemana2x deket bisa jalan kaki di bawah banyak jualan makanan lumayan ngurang2xin carbon footprint :mky_03:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 22 Nov 2021, 12:59
by ChZ
b0ku wrote: 22 Nov 2021, 12:49
di apt sini aja ada ruang meeting yang bisa dipake lengkap ac sama listrik :big_biglaugh:

masalahnya orang indo kalo denger tinggal di apt di hujat katanya gak ada tanah lah buang2x duit lah bayar maintenace padahalnya kenyataannya mempermudah hidup saya malah saya bisa dagang tanpa pegawai karena tinggal di apartement :big_biglaugh:

ditambah kemana2x deket bisa jalan kaki di bawah banyak jualan makanan lumayan ngurang2xin carbon footprint :mky_03:
nah yang susah itu, krn gengsinya lebih tinggi tanah / rumah sendiri ketimbang apartment :ungg: pdhl kadang tuh apartment lokasi lebih strategis buat ngapa-ngapain.

pdhl di jepang/korsel/singapur kelas menengah jg pada tinggal di apartment, deket pusat kota akses kemana-mananya enak turun ke bawah udah minimarket, mau pergi jalan 1-2 kilo udah stasiun kereta. agak jauh pake sepeda.

imho, urban planning yang bener ya begini. di indonesia yang urban planningnya cukup bagus sepengalaman gw di BSD sih. gw dulu nginep di pop hotel jalan kaki aja ud sampe kemana-mana. gak coba public transport tapi minimal jalan kaki aja udah dapet semua yang gw perluin tanpa musti pake gojek gojekan :big_biglaugh:

jadi oot ya, tapi emang bahas mobil listrik itu utk konteks sekarang pasti nyambungnya ke situ sih jadi ya udalah :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 22 Nov 2021, 14:57
by YaS
pengendiesel wrote: 22 Nov 2021, 12:04
Nah saya mau nulis mirip kyk gini.
Imho, kayaknya ev gak menyelesaikan masalah sumber daya alam.
Kuncinya sih di public transport n kalo memungkinkan, pake sepeda.
Percuma juga ev kalo mobil segede bagong, tp yang naik cuma 1 ekor. Tetep aja makan energi n spacenya gak worth it.

Tapi ya....entah taon berapa negara kita bisa spt negara2 lain.
Di jakarta public transportnya bagus banget. Please check surabaya, the 2nd largest city, mass public transportnya bisa dibilang nol.
Saya ke bbrp kota besar di luar sono, merasa jauh lebih bisa mobile ke seluruh penjuru kota tanpa punya kendaraan pribadi.
Di sini? Gak punya kendaraan pribadi berasa kyk gak punya kaki
Sangat setuju membandingkan Jakarta dengan Surabaya soal public transport.
tapi kalau kota kota kecil dengan density yang gak padat dan jarak antar titik yang jauh, kalau mau menjangkau semua titik biayanya besar banget. Dan bagi penduduk kota kecil, rata rata alat transportasi pribadi salah satu kebutuhan utama.

di US, di kota kota kecil, punya mobil itu keharusan untuk mobilitas, kalau gak punya mobil, kebayang ongkos kemana mana kalau musti pakai taksi.

Ini sama dengan ane ngumpat dalam hati kalau nglihat anak SMP bawa motor ugal ugalan sambil ngedumel, ini orang tuanya sama sekali gak mikir safety anaknya, umur segitu dikasih motor.

Eh, pas pulang kampung dan lewat kota atau desa desa, nglihat anak anak usia SMP sudah bawa motor sendiri ke sekolah. Langsung kepikir, kalau mereka gak pakai motor atau sepeda, gimana mau ke sekolah kalau orang tuanya dua duanya kerja.. jaraknya jauh, public transport gak ada.


Balik soal EV, ane sih kalau punya kemampuan (beli mobil tanpa pikir nanti 8 tahun lagi harus ganti battery seharga 200 jetong) bakal beli juga.
mungkin akan jadi pertimbangan kalau harga battery sudah lebih terjangkau, atau market sudah terbentuk untuk aftersales yang lebih terjangkau (misal battery forklift yang sekarang sudah ada layanan rekondisi, dll).

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 10:33
by krniawnhdr
YanuarS wrote: 22 Nov 2021, 14:57
pengendiesel wrote: 22 Nov 2021, 12:04
Nah saya mau nulis mirip kyk gini.
Imho, kayaknya ev gak menyelesaikan masalah sumber daya alam.
Kuncinya sih di public transport n kalo memungkinkan, pake sepeda.
Percuma juga ev kalo mobil segede bagong, tp yang naik cuma 1 ekor. Tetep aja makan energi n spacenya gak worth it.

Tapi ya....entah taon berapa negara kita bisa spt negara2 lain.
Di jakarta public transportnya bagus banget. Please check surabaya, the 2nd largest city, mass public transportnya bisa dibilang nol.
Saya ke bbrp kota besar di luar sono, merasa jauh lebih bisa mobile ke seluruh penjuru kota tanpa punya kendaraan pribadi.
Di sini? Gak punya kendaraan pribadi berasa kyk gak punya kaki
Sangat setuju membandingkan Jakarta dengan Surabaya soal public transport.
tapi kalau kota kota kecil dengan density yang gak padat dan jarak antar titik yang jauh, kalau mau menjangkau semua titik biayanya besar banget. Dan bagi penduduk kota kecil, rata rata alat transportasi pribadi salah satu kebutuhan utama.

di US, di kota kota kecil, punya mobil itu keharusan untuk mobilitas, kalau gak punya mobil, kebayang ongkos kemana mana kalau musti pakai taksi.

Ini sama dengan ane ngumpat dalam hati kalau nglihat anak SMP bawa motor ugal ugalan sambil ngedumel, ini orang tuanya sama sekali gak mikir safety anaknya, umur segitu dikasih motor.

Eh, pas pulang kampung dan lewat kota atau desa desa, nglihat anak anak usia SMP sudah bawa motor sendiri ke sekolah. Langsung kepikir, kalau mereka gak pakai motor atau sepeda, gimana mau ke sekolah kalau orang tuanya dua duanya kerja.. jaraknya jauh, public transport gak ada.


Balik soal EV, ane sih kalau punya kemampuan (beli mobil tanpa pikir nanti 8 tahun lagi harus ganti battery seharga 200 jetong) bakal beli juga.
mungkin akan jadi pertimbangan kalau harga battery sudah lebih terjangkau, atau market sudah terbentuk untuk aftersales yang lebih terjangkau (misal battery forklift yang sekarang sudah ada layanan rekondisi, dll).
yess, correct om! soal kemampuan...
segment si EV ini emang buat market yang sanggung untuk budget >600jt pada second car nya. bukan 600jt buat the only car.
kalau masih kisaran 200-350, punten lur.... :big_sorry: itungannya ngga bakalan masuk.
dan pastinya seiring dengan berjalannya umur pakai baterai, teknologi baterai EV pasti makin terdevelop lebih efisien lagi secara long life maupun efesiensi seiring dengan akan makin ramai dan ketatnya persaingan di dunia EV :) :big_peace:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 10:52
by ChZ
YanuarS wrote: 22 Nov 2021, 14:57
Sangat setuju membandingkan Jakarta dengan Surabaya soal public transport.
tapi kalau kota kota kecil dengan density yang gak padat dan jarak antar titik yang jauh, kalau mau menjangkau semua titik biayanya besar banget. Dan bagi penduduk kota kecil, rata rata alat transportasi pribadi salah satu kebutuhan utama.

di US, di kota kota kecil, punya mobil itu keharusan untuk mobilitas, kalau gak punya mobil, kebayang ongkos kemana mana kalau musti pakai taksi.

Ini sama dengan ane ngumpat dalam hati kalau nglihat anak SMP bawa motor ugal ugalan sambil ngedumel, ini orang tuanya sama sekali gak mikir safety anaknya, umur segitu dikasih motor.

Eh, pas pulang kampung dan lewat kota atau desa desa, nglihat anak anak usia SMP sudah bawa motor sendiri ke sekolah. Langsung kepikir, kalau mereka gak pakai motor atau sepeda, gimana mau ke sekolah kalau orang tuanya dua duanya kerja.. jaraknya jauh, public transport gak ada.


Balik soal EV, ane sih kalau punya kemampuan (beli mobil tanpa pikir nanti 8 tahun lagi harus ganti battery seharga 200 jetong) bakal beli juga.
mungkin akan jadi pertimbangan kalau harga battery sudah lebih terjangkau, atau market sudah terbentuk untuk aftersales yang lebih terjangkau (misal battery forklift yang sekarang sudah ada layanan rekondisi, dll).
klo di jepang emang orang pake mobil itu orang "desa". krn ya emang tinggal di desa.

yang di kota besar udah lebih nyaman pake public transport. makanya tadi istilahnya "urban planner". klo di desa sebenernya emang lebih masuk akal pake transportasi pribadi. toh volume kendaraannya gak banyak juga. ya bus kecil lah pasti ada minimal klo udah ada sekolah. atau biasa klo ibu ibu belanja carteran 1 truk / L300 ke pasar terdekat.

cuma ironically utk penetrasi kendaraan listrik di desa juga cakupan listrik gak merata, ujungnya tetep minyak lebih feasible.

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 13:49
by henbob
OOT banget nih, bukannya ini ttg impressi test drive hyundai kona yak? :wkkk:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 13:51
by b0ku
henbob wrote: 25 Nov 2021, 13:49 OOT banget nih, bukannya ini ttg impressi test drive hyundai kona yak? :wkkk:
gak salah donk ngomongin harga batrenya sapa tau kenapa2x :big_biglaugh:

mang kalo kebanjiran sampe konslet sistemnya terus kudu ganti batre di cover garansi :big_biglaugh:

mau lanjut ke motor listrik yang bisa 80jtan juga ???? :big_biglaugh:

kira2x ud bisa abis 480jt nih kalo jd korban banjir :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 15:50
by 12punch
guys mau nanya kalo di GIIAS kalo test drive gtu lebih bebas ya?
maksudnya lebih nyaman gtu tanpa harus SPK / pura-pura mau beli dulu ahahaha
atau udahannya tetep ditelpon salesnya terus2an ? ahahaha

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 16:05
by DrivingPotato
12punch wrote: 25 Nov 2021, 15:50 guys mau nanya kalo di GIIAS kalo test drive gtu lebih bebas ya?
maksudnya lebih nyaman gtu tanpa harus SPK / pura-pura mau beli dulu ahahaha
atau udahannya tetep ditelpon salesnya terus2an ? ahahaha
Kemarin saya di GIIAS
Daftar test drivenya lewat aplikasi Auto360, kirain bisa langsung verifikasi trus test drive
Ternyata semua harus ngajak sales dulu, kecuali Suzuki :big_biglaugh:
Padahal niatnya mau nyicip nyetir Kona ini, tp kalo kudu ngajak sales yahh agak2 males saya

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 16:08
by Profith83
b0ku wrote: 25 Nov 2021, 13:51
henbob wrote: 25 Nov 2021, 13:49 OOT banget nih, bukannya ini ttg impressi test drive hyundai kona yak? :wkkk:
gak salah donk ngomongin harga batrenya sapa tau kenapa2x :big_biglaugh:

mang kalo kebanjiran sampe konslet sistemnya terus kudu ganti batre di cover garansi :big_biglaugh:

mau lanjut ke motor listrik yang bisa 80jtan juga ???? :big_biglaugh:

kira2x ud bisa abis 480jt nih kalo jd korban banjir :big_biglaugh:
Saya sepemikiran dengan om B0ku.
Kalau sekarang ogah suruh beli mobil listrik. Rusak baterai 400 jt.
Setahun saya cuma max 10rb
Bahkan barusan ganti oli sudah pakai 8 bulan tapi cuma 1rb KM

Anggap setahun pakai cuma 5 rb KM alias cuma 500 liter x 10rb alias 5 jt setahun untuk beli pertamax.
Kalau suruh beli baterai 400 jt / 5 jt pemakain BBM setahun.
Alias duit 400 jt drpd beli baterai. mending beli Pertamax untuk 80 thn

Baterai nya kalau besok sudah turun ke 50 jt boleh dipikirkan lebih lanjut.
Kalau sekarang mending menunggu, tambah lama harga baterai tambah murah. Berpikir ... :big_bored: :big_bored:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 16:25
by 12punch
marvelio wrote: 25 Nov 2021, 16:05
12punch wrote: 25 Nov 2021, 15:50 guys mau nanya kalo di GIIAS kalo test drive gtu lebih bebas ya?
maksudnya lebih nyaman gtu tanpa harus SPK / pura-pura mau beli dulu ahahaha
atau udahannya tetep ditelpon salesnya terus2an ? ahahaha
Kemarin saya di GIIAS
Daftar test drivenya lewat aplikasi Auto360, kirain bisa langsung verifikasi trus test drive
Ternyata semua harus ngajak sales dulu, kecuali Suzuki :big_biglaugh:
Padahal niatnya mau nyicip nyetir Kona ini, tp kalo kudu ngajak sales yahh agak2 males saya
nah itu gan ahahah karena dr awalnya memang ga mau beli tp penasaran mau test drive
takut ga enak jg buang waktu si salesnya .
ato pada muka tembok aja gtu?
wwkwk tips n trick dong

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 25 Nov 2021, 16:48
by ongisnade
12punch wrote: 25 Nov 2021, 16:25
marvelio wrote: 25 Nov 2021, 16:05
12punch wrote: 25 Nov 2021, 15:50 guys mau nanya kalo di GIIAS kalo test drive gtu lebih bebas ya?
maksudnya lebih nyaman gtu tanpa harus SPK / pura-pura mau beli dulu ahahaha
atau udahannya tetep ditelpon salesnya terus2an ? ahahaha
Kemarin saya di GIIAS
Daftar test drivenya lewat aplikasi Auto360, kirain bisa langsung verifikasi trus test drive
Ternyata semua harus ngajak sales dulu, kecuali Suzuki :big_biglaugh:
Padahal niatnya mau nyicip nyetir Kona ini, tp kalo kudu ngajak sales yahh agak2 males saya
nah itu gan ahahah karena dr awalnya memang ga mau beli tp penasaran mau test drive
takut ga enak jg buang waktu si salesnya .
ato pada muka tembok aja gtu?
wwkwk tips n trick dong
Wah pada rebutan TD ya, berarti dulu saya beruntung ya. Waktu Ioniq dan Kona baru datang unitnya di diler Wiyung Surabaya (Desember tahun lalu kalo gak salah, ada gratis fast charger senilai 25 jt) waktu itu pas lagi service datang kepagian jam 08:00 buka bengkel jam 08:30. Ada sales yg datang pagi-pagi panggil saya ditunjukin Kona dan Ioniq listrik. Saya diminta untuk TD saya gak mau saya bilang saya wong ndeso tinggal juga di desa gak cocok. Tapi sales tetap maksa akhirnya saya mau juga. Akhirnya malah bisa leluasa muter-muter gantian TD Kona-Ioniq. Tarikan awal emang mantab, kalah Santafe.

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 08:58
by heiituaku
IMHO. saya termasuk pesimis dengan perkembangan teknologi batrei dan harganya beberapa tahun kedepan akan lebih terjangkau, tidak seperti elektronik yang perkembangannya sangat pesat. mungkin kita bisa bandingkan iphone gen 1 hingga iphone 13 pro maag :) dari kapasitas dan dimensinya dibandingkan dengan kemampuan processornya yg bisa berlipat2. mungkin kapasitas bertambah, ongkos produksi turun (apakah bahan baku mungkin terus tetap?), tetapi tidak akan signifkan.
kesimpulan saya mobil listrik tidak akan pernah murah, klo dipaksa murah dgn sunat sana sini termasuk safety, unproven battery chemistry, ya silakan.

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 09:08
by b0ku
heiituaku wrote: 26 Nov 2021, 08:58 IMHO. saya termasuk pesimis dengan perkembangan teknologi batrei dan harganya beberapa tahun kedepan akan lebih terjangkau, tidak seperti elektronik yang perkembangannya sangat pesat. mungkin kita bisa bandingkan iphone gen 1 hingga iphone 13 pro maag :) dari kapasitas dan dimensinya dibandingkan dengan kemampuan processornya yg bisa berlipat2. mungkin kapasitas bertambah, ongkos produksi turun (apakah bahan baku mungkin terus tetap?), tetapi tidak akan signifkan.
kesimpulan saya mobil listrik tidak akan pernah murah, klo dipaksa murah dgn sunat sana sini termasuk safety, unproven battery chemistry, ya silakan.
yang mahal aja bisa meleduk sendiri gimana yang murah??? bisa jadi sih yang murah malah lebih safe karena kemampuan nyimpen energinya sedikit jd resiko meleduk kecil tapi rangenya kecil, kalo material saya malah skeptis bisa tambah mahal dengan berkembangnya market demandnya naek dan materialnya juga langka bisa2x sih malah naek, jangan sampe ud mandatory sana sini terus krisis battrey akhirnya maksa pabrikan balik lagi produksi mesin combustion itu sih yang saya takutin :big_bored:

ud gitu bensin juga langka ujung2xnya yang relevant buat di produksi mesin diesel bakar minyak sawit........ tau sendiri kalo ud diesel bakar minyak sawit :big_biglaugh:

makannya saya bilang di banding ngotot ke batre mendingan cari bahan bakar alternatif yang lebih bersih diluar minyak bumi karena bisa ngurangin polusi dari maskapai, kapal kargo dan industri :mky_01:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 11:33
by darrelund
b0ku wrote: 21 Nov 2021, 08:36
krniawnhdr wrote: 21 Nov 2021, 08:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???

8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong :big_biglaugh:
dia salah angka bro 80jt itu per module

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1

disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya :big_think:

itung pake harga sini yang 80jt deh :big_think:

tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt :wkkk:

https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2

tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt :wkkk:

total 400jt :big_deal: mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut :wkkk:

btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2

Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup :mky_03:
wah saya salah ingfo ternyata, kirain 80jt whole battery. klo 80jt per module sih lumayan bikin mikir juga ya :big_biglaugh:

tapi harusnya kedepan harga baterai sudah turun karena sudah mengurangi rare earth metal nya, dan bisa di recycle.

atau ga kayak NIO di china aja lah, sistemnya kita beli mobil tapi baterenya nyewa jadi mobil bisa lebih murah. dan klo ada apa tinggal ganti aja. dan mereka punya fasilitas battery swap pula. :big_exellent:


Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 11:53
by darrelund
ChZ wrote: 22 Nov 2021, 10:17
Suryaputra wrote: 21 Nov 2021, 23:05 Intinya klo gak suka EV dan kritik.
Gak butuh itu bro :big_biglaugh:
Butuhnya adalah SOLUSI alternatif mbl EV.

Khawatir malah jd toxic diskusinya :big_peace:
imho...

terkadang ada yang kelupaan dibahas ketika ngomongin ekologi dan energi : urban planning.

ributnya muter di energi alternatif, tapi lupa kenapa sih kita butuh energi? karena commuting di indonesia itu sejujurnya sangat-sangat boros energi. ini faktor utama yang bikin saya skeptis dengan wacana ban total mobil berbahan bakar bensin. di europe sih pasti udah siap karena urban planningnya rata-rata bagus di eropa dan mass transportnya juga jalan. kalo USA masih maju mundur cantik berhubung yang kepilih biden aja. klo trump kepilih lagi gak yakin.

kalo buat temen-temen di jabodetabek dan kota besar lain (mostly kota besar di pulau jawa) pasti ngerasain what a mess living here. waktunya abis di jalan krn tempat kerja terlalu jauh. bakar bensin cuma jadi asap beracun gak jadi horsepower. sesuatu yang walau semua orang di jakarta pakai EV tetap konsumsi energinya akan tetap sangat tinggi. fokus infrastrukturnya bukan supaya kota lebih layak huni, tapi lebih ke nambahin jalan supaya gak macet (yang kenyataannya pertumbuhan jalan juga dikit sih).

idealnya ya pakai mass transport, tapi mass transport di sini (dengan mengeliminasi faktor keamanan dan potensi [cencored] harrassment pada perempuan krn berdesakan) sangat tidak efisien waktu. untuk mencapai jarak yang sama spare waktunya musti 2-3 kali lebih lama, dan sering pindah-pindah. makanya karyawan kantoran begitu ada duit sedikit akhirnya ya beli motor, atau mobil. vicious cycle yang gak habis-habis. plus makin bertambahnya orang urbanisasi ke kota besar krn mencari pendapatan yang lebih layak.

solusi yang agak muluk - muluk dan jangka panjang : pemerataan dan pemberdayaan daerah di luar jawa / jakarta buat mandiri secara ekonomi gak bergantung lagi pada ekonomi jakartasentris. logikanya krn makin minim orang keluar daerah, ya mobilitas makin berkurang, energy use jadi minim. kiriman logistik (yang juga banyak menyumbang carbon footprint) pun bisa diminimalkan. kota besar pun gak harus menanggung beban pertambahan penduduk yang semakin meningkat dengan segala problem sosial-ekonomi termasuk energy nya.

solusi yang gak muluk-muluk : minimalkan penggunaan kendaraan untuk daily commute, if possible tentu saja krn tentu saja ini agak tidak realistis diterapkan mengingat kondisi urban planning tadi. atau, prolong interval ganti mobil atau motor baru hanya demi pamer ke keluarga di kampung waktu mudik. di modif aja biar keliatan kayak baru :big_peace: imho mobil sekarang 10 thn pun masih bisa as good as new jika dirawat.
setuju om, sepertinya solusi terbaik ya pake mass transport.KRL, MRT, TJ sudah oke kok tapi ya jumlah rute & stasiunnya dibanyakin. supaya benar" bisa menekan carbon footprintnya

masalahnya stasiun mass transport ini ga semua deket ke rumah penduduk oom, saya aja dari rumah mau ke stasiun sudah habis 30 menit sendiri. itu pun naik motor bbm, yg artinya carbon footprint lagi :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 12:08
by b0ku
darrelund wrote: 26 Nov 2021, 11:33
wah saya salah ingfo ternyata, kirain 80jt whole battery. klo 80jt per module sih lumayan bikin mikir juga ya :big_biglaugh:

tapi harusnya kedepan harga baterai sudah turun karena sudah mengurangi rare earth metal nya, dan bisa di recycle.

atau ga kayak NIO di china aja lah, sistemnya kita beli mobil tapi baterenya nyewa jadi mobil bisa lebih murah. dan klo ada apa tinggal ganti aja. dan mereka punya fasilitas battery swap pula. :big_exellent:

praktek lapanganya sama aja om :big_bored: kalo mobil listrik populasi kek sekarang sih ya gak berasa tapi kalo dah banyak bisa2x ngantrinya panjang kek antri sembako ditambah reability alatnya sendiri banyak moving parts gitu mau tahan berapa swap sebelom dia maintenace sama rusak ditambah management storage batre yang penuhnya sehari ngeladenin 500 mobil aja musti bangun tempat swap segede apa???? :big_think:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 12:49
by ChZ
darrelund wrote: 26 Nov 2021, 11:53
setuju om, sepertinya solusi terbaik ya pake mass transport.KRL, MRT, TJ sudah oke kok tapi ya jumlah rute & stasiunnya dibanyakin. supaya benar" bisa menekan carbon footprintnya

masalahnya stasiun mass transport ini ga semua deket ke rumah penduduk oom, saya aja dari rumah mau ke stasiun sudah habis 30 menit sendiri. itu pun naik motor bbm, yg artinya carbon footprint lagi :big_biglaugh:
Nah makanya penting banget integrated buildings di 1 tempat itu. Hemat carbon footprint banget tinggal jalan kaki emisinya paling berak ama pipis. :big_biglaugh:

Negara yang tanahnya kecil kecil dari dulu ud dipikirin caranya ekonomi jalan tanpa banyak buang lahan bikin bangunan dan buang waktu di jalan hasilnya ya remote working. Di sini aja pandemi baru bingung penyesuaian remote working :big_childish:

terus ikutan latah mau ke EV yahhh satu satu atuh negara yg mau implementasi ICE ban udah mateng gini giniannya, itu aja baru wacana next step beneran wajib EV atau pake yang lain.

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 13:31
by darrelund
b0ku wrote: 26 Nov 2021, 12:08
darrelund wrote: 26 Nov 2021, 11:33
wah saya salah ingfo ternyata, kirain 80jt whole battery. klo 80jt per module sih lumayan bikin mikir juga ya :big_biglaugh:

tapi harusnya kedepan harga baterai sudah turun karena sudah mengurangi rare earth metal nya, dan bisa di recycle.

atau ga kayak NIO di china aja lah, sistemnya kita beli mobil tapi baterenya nyewa jadi mobil bisa lebih murah. dan klo ada apa tinggal ganti aja. dan mereka punya fasilitas battery swap pula. :big_exellent:

praktek lapanganya sama aja om :big_bored: kalo mobil listrik populasi kek sekarang sih ya gak berasa tapi kalo dah banyak bisa2x ngantrinya panjang kek antri sembako ditambah reability alatnya sendiri banyak moving parts gitu mau tahan berapa swap sebelom dia maintenace sama rusak ditambah management storage batre yang penuhnya sehari ngeladenin 500 mobil aja musti bangun tempat swap segede apa???? :big_think:
iya sih oom, mereka aja yg punya 100+ outlet masih kewalahan buat handle ni battery swap. yg normalnya 10 menit jadi 30 menit klo lagi rame. mending pake fast charger aja klo gitu :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 13:36
by rakyatwkwkland
Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Ane orang jkt jd komennya buat di jkt ya, kota lain gapaham. Sebenernya bicara mass public transport ini, kalo yg paham dan hobi naik mass public transport, sekarang ini kalo buat di mamakota tercinta di jkt ya public transportnya sih sebenernya udah masuk kategori jauuuuuhhhh lebih baik dibandingkan dengan dulu2 ya, let say era 2010an awal. Sekarang ini menurut ane public transportnya udah cukup reliable kalo mau dijadiin kuda harian gitu. At least perbandingan total waktu tempuhnya dgn kendaraan pribadi gak sesignifikan dulu, bahkan kadang kalo public transportnya adalah kereta kalo lagi rush hour di rute yang macetnya ampun2 malah bisa lebih cepet dari kendaraan pribadi entah mobil entah motor. Bicara kenyamanan dan keamanan juga jauuuhhh lah meningkatnya. Sekarang bus dan kereta udah full AC, copet udah jauh berkurang, full CCTV, angkot jg armadanya udah pada kinclong2... Banyaklah berubahnya.

Kalo dibilang mass public transport ini belum bisa mengakomodir secara rute, mungkin ada benernya, menurut ane masih agak kurang karena daerah2 tertentu suka msh belon kecover. Tapi ya harap bersabar, semua butuh proses. Dibandingkan dgn dulu yg mana transjakarta itu cuma main koridor utama doang, sekarang rutenya udah nambah jauuuuhhh lebih banyak karena semenjak revolusi besar2an di 2016 lalu mereka mulai geser cara mainnya dengan banyak bikin rute2 non-BRT dan rute2 ke daerah penyangga. Ane inget dulu mah kalo mau ke komplek rumah ane dari halte/stasiun terdekat kudu nyambung ojek lagi, semenjak 2018 jadi ada rute transjak yg berenti depan gerbang komplek, sekarang dah hampir gak pernah lagi naik ojek kalo mau keluar rumah naik transjak. Mendingan gw jalan dikit ke halte dan extend waktu tempuh 10 menitan daripada narik urat ama tukang ojek :mky_03: . So utk org jkt yg rumahnya belon kecover, ditunggu aja lah tanggal mainnya, suatu hari nanti pasti bakal kecoverlah. Perkembangan coveran rute ini menurut ane cukup positif kok, pemerintah cukup agresif dalam nambah2 rute begini.

Untuk kapasitasnya, sebenernya untuk sekarang menurut ane jumlah armada udah cukup bisa ngecover jumlah penumpang yg naik saat ini kok. Bandingkan dengan dulu yg kalo naik transjak di rush hour misalnya mesti nunggu sampe 4-5 bus lewat baru dapet naik, kalo sekarang mungkin 1-2 bus langsung dapet naik. Commuter jg ga ada lagi yg namanya atapers... udah lewat lama era jahiliyah begitu... armadanya udah lumayan mengakomodir walau kalo jam rame penuh kayak pepes... Cuman, kalo ngarepin semua orang yg ada dijalanan yg hari2 naik kendaraan pribadi pindah ke mass public transport, iya emang tentu gak cukup.

So, sebenernya kalo buat di jkt sih gak buruk2 amat lah public transportnya. Lumayan bisa diandalkan. Apalagi kalo dibandingkan dengan let say 7-8 tahun yang lalu, jauh lah peningkatannya. Emang masih belon sebagus public transport negara2 tetangga, tapi ya ditunggu aja tanggal mainnya. Selama pemerintah serius ngembanginnya, optimis lah semua kedepannya bakal makin oke kok.

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 13:37
by b0ku
darrelund wrote: 26 Nov 2021, 13:31
iya sih oom, mereka aja yg punya 100+ outlet masih kewalahan buat handle ni battery swap. yg normalnya 10 menit jadi 30 menit klo lagi rame. mending pake fast charger aja klo gitu :big_biglaugh:
makannya balik lagi mau di pelintir kek gimana sumber tenaganya yang gak bisa diandalkan akhirnya apapun solusinya hasilnya keliatan bodo :big_biglaugh:

kecuali mungkin pake ini baru saya switch ke electric :big_grin:

Image

gpp deh bawa mobil suaranya kek vacuuum cleaner kalo sumber energinya modelan kek gitu :big_love:

dengan motor listrik yang ada, tapi power source kecil kek gitu gak kebayang entengnya tuh mobil :big_love:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 13:43
by b0ku
rakyatwkwkland wrote: 26 Nov 2021, 13:36 Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Ane orang jkt jd komennya buat di jkt ya, kota lain gapaham. Sebenernya bicara mass public transport ini, kalo yg paham dan hobi naik mass public transport, sekarang ini kalo buat di mamakota tercinta di jkt ya public transportnya sih sebenernya udah masuk kategori jauuuuuhhhh lebih baik dibandingkan dengan dulu2 ya, let say era 2010an awal. Sekarang ini menurut ane public transportnya udah cukup reliable kalo mau dijadiin kuda harian gitu. At least perbandingan total waktu tempuhnya dgn kendaraan pribadi gak sesignifikan dulu, bahkan kadang kalo public transportnya adalah kereta kalo lagi rush hour di rute yang macetnya ampun2 malah bisa lebih cepet dari kendaraan pribadi entah mobil entah motor. Bicara kenyamanan dan keamanan juga jauuuhhh lah meningkatnya. Sekarang bus dan kereta udah full AC, copet udah jauh berkurang, full CCTV, angkot jg armadanya udah pada kinclong2... Banyaklah berubahnya.

Kalo dibilang mass public transport ini belum bisa mengakomodir secara rute, mungkin ada benernya, menurut ane masih agak kurang karena daerah2 tertentu suka msh belon kecover. Tapi ya harap bersabar, semua butuh proses. Dibandingkan dgn dulu yg mana transjakarta itu cuma main koridor utama doang, sekarang rutenya udah nambah jauuuuhhh lebih banyak karena semenjak revolusi besar2an di 2016 lalu mereka mulai geser cara mainnya dengan banyak bikin rute2 non-BRT dan rute2 ke daerah penyangga. Ane inget dulu mah kalo mau ke komplek rumah ane dari halte/stasiun terdekat kudu nyambung ojek lagi, semenjak 2018 jadi ada rute transjak yg berenti depan gerbang komplek, sekarang dah hampir gak pernah lagi naik ojek kalo mau keluar rumah naik transjak. Mendingan gw jalan dikit ke halte dan extend waktu tempuh 10 menitan daripada narik urat ama tukang ojek :mky_03: . So utk org jkt yg rumahnya belon kecover, ditunggu aja lah tanggal mainnya, suatu hari nanti pasti bakal kecoverlah. Perkembangan coveran rute ini menurut ane cukup positif kok, pemerintah cukup agresif dalam nambah2 rute begini.

Untuk kapasitasnya, sebenernya untuk sekarang menurut ane jumlah armada udah cukup bisa ngecover jumlah penumpang yg naik saat ini kok. Bandingkan dengan dulu yg kalo naik transjak di rush hour misalnya mesti nunggu sampe 4-5 bus lewat baru dapet naik, kalo sekarang mungkin 1-2 bus langsung dapet naik. Commuter jg ga ada lagi yg namanya atapers... udah lewat lama era jahiliyah begitu... armadanya udah lumayan mengakomodir walau kalo jam rame penuh kayak pepes... Cuman, kalo ngarepin semua orang yg ada dijalanan yg hari2 naik kendaraan pribadi pindah ke mass public transport, iya emang tentu gak cukup.

So, sebenernya kalo buat di jkt sih gak buruk2 amat lah public transportnya. Lumayan bisa diandalkan. Apalagi kalo dibandingkan dengan let say 7-8 tahun yang lalu, jauh lah peningkatannya. Emang masih belon sebagus public transport negara2 tetangga, tapi ya ditunggu aja tanggal mainnya. Selama pemerintah serius ngembanginnya, optimis lah semua kedepannya bakal makin oke kok.

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]
ntar kalo ud pada pake moped listrik alias skuter listrik lebih parah lagi bisa2x ke wc aja naek motor :big_biglaugh:

Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV

Posted: 26 Nov 2021, 13:55
by rakyatwkwkland
b0ku wrote: 26 Nov 2021, 13:43
rakyatwkwkland wrote: 26 Nov 2021, 13:36 Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...

Ane orang jkt jd komennya buat di jkt ya, kota lain gapaham. Sebenernya bicara mass public transport ini, kalo yg paham dan hobi naik mass public transport, sekarang ini kalo buat di mamakota tercinta di jkt ya public transportnya sih sebenernya udah masuk kategori jauuuuuhhhh lebih baik dibandingkan dengan dulu2 ya, let say era 2010an awal. Sekarang ini menurut ane public transportnya udah cukup reliable kalo mau dijadiin kuda harian gitu. At least perbandingan total waktu tempuhnya dgn kendaraan pribadi gak sesignifikan dulu, bahkan kadang kalo public transportnya adalah kereta kalo lagi rush hour di rute yang macetnya ampun2 malah bisa lebih cepet dari kendaraan pribadi entah mobil entah motor. Bicara kenyamanan dan keamanan juga jauuuhhh lah meningkatnya. Sekarang bus dan kereta udah full AC, copet udah jauh berkurang, full CCTV, angkot jg armadanya udah pada kinclong2... Banyaklah berubahnya.

Kalo dibilang mass public transport ini belum bisa mengakomodir secara rute, mungkin ada benernya, menurut ane masih agak kurang karena daerah2 tertentu suka msh belon kecover. Tapi ya harap bersabar, semua butuh proses. Dibandingkan dgn dulu yg mana transjakarta itu cuma main koridor utama doang, sekarang rutenya udah nambah jauuuuhhh lebih banyak karena semenjak revolusi besar2an di 2016 lalu mereka mulai geser cara mainnya dengan banyak bikin rute2 non-BRT dan rute2 ke daerah penyangga. Ane inget dulu mah kalo mau ke komplek rumah ane dari halte/stasiun terdekat kudu nyambung ojek lagi, semenjak 2018 jadi ada rute transjak yg berenti depan gerbang komplek, sekarang dah hampir gak pernah lagi naik ojek kalo mau keluar rumah naik transjak. Mendingan gw jalan dikit ke halte dan extend waktu tempuh 10 menitan daripada narik urat ama tukang ojek :mky_03: . So utk org jkt yg rumahnya belon kecover, ditunggu aja lah tanggal mainnya, suatu hari nanti pasti bakal kecoverlah. Perkembangan coveran rute ini menurut ane cukup positif kok, pemerintah cukup agresif dalam nambah2 rute begini.

Untuk kapasitasnya, sebenernya untuk sekarang menurut ane jumlah armada udah cukup bisa ngecover jumlah penumpang yg naik saat ini kok. Bandingkan dengan dulu yg kalo naik transjak di rush hour misalnya mesti nunggu sampe 4-5 bus lewat baru dapet naik, kalo sekarang mungkin 1-2 bus langsung dapet naik. Commuter jg ga ada lagi yg namanya atapers... udah lewat lama era jahiliyah begitu... armadanya udah lumayan mengakomodir walau kalo jam rame penuh kayak pepes... Cuman, kalo ngarepin semua orang yg ada dijalanan yg hari2 naik kendaraan pribadi pindah ke mass public transport, iya emang tentu gak cukup.

So, sebenernya kalo buat di jkt sih gak buruk2 amat lah public transportnya. Lumayan bisa diandalkan. Apalagi kalo dibandingkan dengan let say 7-8 tahun yang lalu, jauh lah peningkatannya. Emang masih belon sebagus public transport negara2 tetangga, tapi ya ditunggu aja tanggal mainnya. Selama pemerintah serius ngembanginnya, optimis lah semua kedepannya bakal makin oke kok.

Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh... :big_bored: Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby... :big_bored: Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga. :big_smile]
ntar kalo ud pada pake moped listrik alias skuter listrik lebih parah lagi bisa2x ke wc aja naek motor :big_biglaugh:
Si oom ini kalo ngomong suka bener ya :big_weee:

Nanti makin banyak lagi orang2 yang menderita obesitas, kolestrol, diabetes, dll dll gegara saking malesnya gerak :upss: