Include Private pool jg mbah?
Koleksi hand tools [Part 11]
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
all in mbah ...Suryaputra wrote: ↑16 Aug 2022, 13:29Include Private pool jg mbah?
mobil diservis, owner juga diservis.
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Wah berat ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Cara pakenya ini gmn
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1248
- Joined: 07 Jan 2008, 10:10
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
dulu aku pakai torque wrench yang model jarum, sepertinya miss used
2 busi bisa aku buka, busi ke 3 dan 4 ga bisa......
udah aku rendem penetran bbrp hari juga, coba lagi busi ke 3 bisa kebuka sampai bunyi tak.....
o ya gara2 kencang itu, dulu aku pakai kunci busi bawaan mobil yang model pipa kayak kunci busi motor, sampe kalah itu hex nya,
trus beli kunci busi T, dst, sampe akhirnya kunci busi deep sok
yang ke 4 ga bisa2, terakhir aku paksa, bunyi tak lagi....tapi kok beda ama yang ketiga, yang ini bener2 los....
ini dulu sempet bikin dokumentasi afternya
https://otodiy.blogspot.com/2010/08/pen ... #gsc.tab=0
iya punyaku aku bawa bengkel cuman pakai 3 busi aja, suaranya lucu sampai pada noleh....DOHC wrote: ↑16 Aug 2022, 13:25Nahh sama
Kita orang perna matahin busi jg duluuu bangett, bahkan perna di konsul ke forum ini jg, mungkin kira2 belasan taon yg lalu kl ga salah
Kl ini gara2nya dapet busi palsu beli d atrium, buka patahan nya tuh kl dpikir2 resiko tinggi banget, pake hand tap yg muter balik, itu serpihan biji besi pasti masup smua ke dalem enjin
trus aku tinggal, katanya pakai tap balik, kliatan dari bekasnya.... dan pakai pipa 1 meter lebih didorong 2 orang
itu aku udah siap2 turun mesin aja,,,,,
hmmm aku punya lemah di ujung, jadi masih belum tau bakalan kalah di situ apa ga, yang depan kalah duluan
cara newbie :
beneran newbie, sebelum2nya pakai kawat
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1248
- Joined: 07 Jan 2008, 10:10
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1921
- Joined: 18 Nov 2019, 08:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Jadi itu kecabut ngga Mbah itu bearing?singachu wrote: ↑18 Aug 2022, 09:07saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
Btw kenapa pula cakram nya ngga dilepas dulu itu
nubie in all things - still need to learn
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
xixixi ai skip2 nonton nya om, ga tau berhasil apa enggasingachu wrote: ↑18 Aug 2022, 09:07saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
coba mic kita geser ke mbah tugel, ngapa dia beli tool itu?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Baru ingetsingachu wrote: ↑18 Aug 2022, 08:10dulu aku pakai torque wrench yang model jarum, sepertinya miss used
2 busi bisa aku buka, busi ke 3 dan 4 ga bisa......
udah aku rendem penetran bbrp hari juga, coba lagi busi ke 3 bisa kebuka sampai bunyi tak.....
o ya gara2 kencang itu, dulu aku pakai kunci busi bawaan mobil yang model pipa kayak kunci busi motor, sampe kalah itu hex nya,
trus beli kunci busi T, dst, sampe akhirnya kunci busi deep sok
yang ke 4 ga bisa2, terakhir aku paksa, bunyi tak lagi....tapi kok beda ama yang ketiga, yang ini bener2 los....
ini dulu sempet bikin dokumentasi afternya
https://otodiy.blogspot.com/2010/08/pen ... #gsc.tab=0
iya punyaku aku bawa bengkel cuman pakai 3 busi aja, suaranya lucu sampai pada noleh....DOHC wrote: ↑16 Aug 2022, 13:25Nahh sama
Kita orang perna matahin busi jg duluuu bangett, bahkan perna di konsul ke forum ini jg, mungkin kira2 belasan taon yg lalu kl ga salah
Kl ini gara2nya dapet busi palsu beli d atrium, buka patahan nya tuh kl dpikir2 resiko tinggi banget, pake hand tap yg muter balik, itu serpihan biji besi pasti masup smua ke dalem enjin
trus aku tinggal, katanya pakai tap balik, kliatan dari bekasnya.... dan pakai pipa 1 meter lebih didorong 2 orang
itu aku udah siap2 turun mesin aja,,,,,
hmmm aku punya lemah di ujung, jadi masih belum tau bakalan kalah di situ apa ga, yang depan kalah duluan
cara newbie :
beneran newbie, sebelum2nya pakai kawat
regards,
singachu
Dl waktu dinas d sulawesi sana, perna jg btulin kijang kapsul dsana yg busi nya trakir diganti entah dasawarsa kapan, itupun jg patah, dan lagi2 buatan denso yg nickel
Kayanya busi2 kelas generik lebi gampang patah yah
Cuman untungnya deksel nya toyota kayanya ckup kuat, itu karena posisi lg d pedaleman, boro2 ad hand tap, akhirnya pake linggis kecil, dipaksa sodok k lobang patahan nya trus pake vice grip yg buat jepit plaat las, dipake buat muter paksa tu linggis, untung kebuka
numpang lewat aja....
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Nah ini nih pentingnya TW, ngencengin gak bisa pk feeling.
Bang Ade Rai suruh ngencengin busi pk feeling, bisa slek semua di dalam
ototnya 300NM
Bang Ade Rai suruh ngencengin busi pk feeling, bisa slek semua di dalam
ototnya 300NM
Last edited by Suryaputra on 18 Aug 2022, 10:24, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1248
- Joined: 07 Jan 2008, 10:10
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
yang di video ga kecabut, aku liat video lain bisa kecabut, bener harus tabungnya lebih besar dari outer bearingnya
tapi kayaknya lebih enak yang kakinya bukan tabung, lebih flexible milih diameter dudukan buat nahan pas nariknya
ada juga yang model dalam "dynabolt" nya beda, mirip cones di stang sepeda ontel, cuman harus diliat inner diameter yang di support brp rangenya
https://www.tokopedia.com/smile-seller/ ... src=topads
Cuman tergantung innernya dan seberapa kuat megangnya yang ga tau....
ada juga yang disambung ke slide hammer....
kalau tools yang satunya lagi dari mbah tugel itu gmn pakainya ?
Gmn caranya linggis kecil bisa megang ke lobang patahannya ?DOHC wrote: ↑18 Aug 2022, 10:08
Dl waktu dinas d sulawesi sana, perna jg btulin kijang kapsul dsana yg busi nya trakir diganti entah dasawarsa kapan, itupun jg patah, dan lagi2 buatan denso yg nickel
Kayanya busi2 kelas generik lebi gampang patah yah
Cuman untungnya deksel nya toyota kayanya ckup kuat, itu karena posisi lg d pedaleman, boro2 ad hand tap, akhirnya pake linggis kecil, dipaksa sodok k lobang patahan nya trus pake vice grip yg buat jepit plaat las, dipake buat muter paksa tu linggis, untung kebuka
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1248
- Joined: 07 Jan 2008, 10:10
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
sebelum punya tw yang lebih proper berikutnya aku pakai feeling, pakai kunci busi T yang gagang kecil, setidaknya sekuat2nya muter juga ga bakalan ga kebuka pakai kunci socket busi.Suryaputra wrote: ↑18 Aug 2022, 10:18 Nah ini nih pentingnya TW, ngencengin gak bisa pk feeling.
Bang Ade Rai suruh ngencengin busi pk feeling, bisa slek semua di dalam
Sekarang ada tw kecil 3/8 jadi suka makai buat busi.... cuman merknya ya ala kadar, bukan yang stahwille punya, blom mampu...
regards,
singachu
- gentongxz
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: 20 Sep 2015, 00:13
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
saya ngencengin busi gak ada pakai tw..,pakai kunci busi bawaan + spesifikasi derajat putaran sesuai petunjuk untuk busi baru dan busi lama..,kayaknya masih aman neh businya..
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Diketok pelan2 mbah ampe linggis nya masup ke lobang patahan nya
numpang lewat aja....
- gentongxz
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: 20 Sep 2015, 00:13
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
sekedar mengingat lagi..,gambar kondisi busi + penyebabnya ,ayo diliat2 busi masing2.. (biar cepat ke part 12 )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3920
- Joined: 28 Dec 2019, 16:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Iya itu gagal cabut,, salah prosedursingachu wrote: ↑18 Aug 2022, 09:07 saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 3 Replies
- 350 Views
-
Last post by maskopat
-
- 2481 Replies
- 140700 Views
-
Last post by sh00t
-
- 167 Replies
- 11125 Views
-
Last post by Hafidh0607
-
- 9 Replies
- 1066 Views
-
Last post by DrivingPotato
-
- 942 Replies
- 29676 Views
-
Last post by Suryaputra