Senjakala RWD

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Senjakala RWD

Post by evanbngdor »

Kombinasi RWD + ladder frame itu memang masih amunisi ampuh untuk durability khususnya pemakaian [cencored]. Cuma ngga mungkin durability unggul tanpa ada yg dikorbankan. Banyak banget yg dikorbankan mulai dari power loss, kerumitan komponen, sampai ujung2nya ya ke kenyamanan.

GNKI saya nyaris 200rb km, saya yakin kalo mau kondisinya kembali prima 100% itu banyak komponen drive train yg harus diremajakan. Untuk saat ini memang tidak bermasalah, tp saya yakin kondisi/performa nya ngga 100%, maklum faktor usia menentukan.

Beberapa contoh part yang menurut saya perlu diremajakan meskipun sejauh ini tidak bermasalah:
1. Mounting kopel
2. Cross joint
3. Karet/bushing rangka ke body (harus bongkar banyak)

Beda hal nya sama CRV RM dan Greco saya yang FWD monocoque, durability ya pasti beda jauh karena fokus nya lebih ke kenyamanan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Senjakala RWD

Post by Michaelktp »

Karena RWD sudah less economical dibanding FWD secara masih perlu produksi gardan sehingga tak efisien lagi di cost production
Platform TNGA & DNGA semuanya sudah FWD
Demikian juga dengan platform Dynamic Shield Mitsubishi start awal tahun 2015.
Positif tak ada faktor terbesar selain less economical itu sendiri dan sikon ekonomi saat ini memang harus diakui semakin mempercepat sunset dari RWD itu sendiri.
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Senjakala RWD

Post by XMTdeluxe »

Zordon wrote: Sun Oct 02, 2022 15:15 Kalo mobil baru emg apa yg mau di servis om?terlepas dari FWD atau RWD..saya pernah pakai ford, chevy, mazda , toyota, hyundai semua beli dari baru smpe 5 tahun dijual jg "bosan" cuma ganti oli n perawatan rutin doang, semuanya FWD
Saya lupa jamannya sdh beda... Jaman sekarang beli mobil dari baru, 5 tahun sdh di"tukar" dengan yang lain lagi... Dulu punya mobil itu setidaknya 10 tahun baru ganti. Bisa dimaklumi sekarang durability bukan faktor utama. Jaman dulu mobil built to last, jaman sekarang mobil built to impress.
FR6 wrote: Mon Oct 03, 2022 1:30
gwsecretc wrote: Fri Sep 30, 2022 15:14
Ketinggalan satu lagi mbah, yaitu jalanan di sumatera terutama sumsel. Jangankan antar provinsi atau antar kota, beberapa bagian dalam kota nya aja semi offroad.

Di sini avxen, dan top trio ladder frame laku keras. Lihat avanza jadi fwd lumayan banyak yang kecewa. Ntahlah kalo kijang beneran jadi fwd, mungkin anki akan jadi mobil kijang terakhir saya :big_cry:
Om di Sumsel juga kah?
saya di Sumsel, baru mutasi, shock juga beda banget sama kebanyakan di Jawa untuk jalanan kota-kotanya wkwwk
Awal september kemarin saya ke Jambi dari Bandung via jalan darat, lewat palembang-sungai lilin (jalintim). Lanjut dari Jambi ke Bangko - Bungo - Tebo. Bawa mobil AN Ertiga. Stress Om. Bawaannya kaget terus. Mulus sebentar, tau2 nongol lubang segede2 dosa, ada yg cocok utk piara lele, ada yg aspalnya kelipet. Apalagi berangkatnya saya melintas di Pangkalan Balai, lewat jalur perkantoran yg jalan motong itu. Sdh gak bisa dibilang "lubang", tapi sdh masuk kategori bolong.
Jalan di jawa bagus? Dalam kotanya IYA. Transjawa saja banyak jebakan batman-nya, meskipun tidak separah jalan tol sumatera (khususnya di perbatasan Sumsel-Lampung). Apalagi jembatan-jembatan di tol transjawa, insinyurnya pinter2 bikinnya. Kalau nggak nge-rem, udah mirip film fes en furius. Bisa merasakan sensasi mobil sempat tidak menyentuh aspal meskipun hanya 1 detik. Dulu pas saya masih sering mondar mandir transjawa pakai ANTerios nggak khawatir. Cuma pinggang encok aja, secara bantingannya aduhai. Pakai ertiga? lebih kebanting lagi, cuma di pinggang gak kerasa. Tapi ya itu, di telinga ngilu banget dengernya, dan terasa sampai ke setir dan tangan.

Karena itulah saya terpikir apakah RWD passenger car sudah benar2 tidak dibutuhkan? Judulnya mungkin kurang spesifik ya... Karena RWD Monocoque memang tdk se-durabel 2 sobatnya: RWD Ladder dan RWD Uni. Lebih spesifik menjurus ke RWD rakyat jelata: Unibody dan Ladder Frame (meskipun passenger car RWD Ladder yg laris dipasaran harganya 350 juta ke atas sampai 600 jutaan, sdh ga bisa dibilang jelata).
Rakyat jelata umumnya tidak akan ganti mobil (baru) di usia 5 tahun kebawah dan seringkali menjadi mobil satu-satunya. Akhirnya lingkarannya balik lagi, butuh mobil durable. Saya tidak bilang FWD tidak durable karena saya sendiri juga pakai ANE dan odo sdh 90 ribu km lebih. Tapi ada disclaimer nya....
RWD tidak irit? Statement yang lebih tepat mungkin: RWD jaman now sudah irit, tapi FWD lebih irit. Dalkot 12 kmpl pakai Avxen dibandingkan dengan 13 kmpl ANE, apakah cukup sebagai alasan untuk menyudahi opsi RWD rakyat jelata tsb? Jawabannya adalah: iya, kalau melihat trend saat ini. And I don't know why...
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Senjakala RWD

Post by Zordon »

XMTdeluxe wrote: Mon Oct 03, 2022 14:05
Zordon wrote: Sun Oct 02, 2022 15:15 Kalo mobil baru emg apa yg mau di servis om?terlepas dari FWD atau RWD..saya pernah pakai ford, chevy, mazda , toyota, hyundai semua beli dari baru smpe 5 tahun dijual jg "bosan" cuma ganti oli n perawatan rutin doang, semuanya FWD
Saya lupa jamannya sdh beda... Jaman sekarang beli mobil dari baru, 5 tahun sdh di"tukar" dengan yang lain lagi... Dulu punya mobil itu setidaknya 10 tahun baru ganti. Bisa dimaklumi sekarang durability bukan faktor utama. Jaman dulu mobil built to last, jaman sekarang mobil built to impress.
FR6 wrote: Mon Oct 03, 2022 1:30
gwsecretc wrote: Fri Sep 30, 2022 15:14
Ketinggalan satu lagi mbah, yaitu jalanan di sumatera terutama sumsel. Jangankan antar provinsi atau antar kota, beberapa bagian dalam kota nya aja semi offroad.

Di sini avxen, dan top trio ladder frame laku keras. Lihat avanza jadi fwd lumayan banyak yang kecewa. Ntahlah kalo kijang beneran jadi fwd, mungkin anki akan jadi mobil kijang terakhir saya :big_cry:
Om di Sumsel juga kah?
saya di Sumsel, baru mutasi, shock juga beda banget sama kebanyakan di Jawa untuk jalanan kota-kotanya wkwwk
Awal september kemarin saya ke Jambi dari Bandung via jalan darat, lewat palembang-sungai lilin (jalintim). Lanjut dari Jambi ke Bangko - Bungo - Tebo. Bawa mobil AN Ertiga. Stress Om. Bawaannya kaget terus. Mulus sebentar, tau2 nongol lubang segede2 dosa, ada yg cocok utk piara lele, ada yg aspalnya kelipet. Apalagi berangkatnya saya melintas di Pangkalan Balai, lewat jalur perkantoran yg jalan motong itu. Sdh gak bisa dibilang "lubang", tapi sdh masuk kategori bolong.
Jalan di jawa bagus? Dalam kotanya IYA. Transjawa saja banyak jebakan batman-nya, meskipun tidak separah jalan tol sumatera (khususnya di perbatasan Sumsel-Lampung). Apalagi jembatan-jembatan di tol transjawa, insinyurnya pinter2 bikinnya. Kalau nggak nge-rem, udah mirip film fes en furius. Bisa merasakan sensasi mobil sempat tidak menyentuh aspal meskipun hanya 1 detik. Dulu pas saya masih sering mondar mandir transjawa pakai ANTerios nggak khawatir. Cuma pinggang encok aja, secara bantingannya aduhai. Pakai ertiga? lebih kebanting lagi, cuma di pinggang gak kerasa. Tapi ya itu, di telinga ngilu banget dengernya, dan terasa sampai ke setir dan tangan.

Karena itulah saya terpikir apakah RWD passenger car sudah benar2 tidak dibutuhkan? Judulnya mungkin kurang spesifik ya... Karena RWD Monocoque memang tdk se-durabel 2 sobatnya: RWD Ladder dan RWD Uni. Lebih spesifik menjurus ke RWD rakyat jelata: Unibody dan Ladder Frame (meskipun passenger car RWD Ladder yg laris dipasaran harganya 350 juta ke atas sampai 600 jutaan, sdh ga bisa dibilang jelata).
Rakyat jelata umumnya tidak akan ganti mobil (baru) di usia 5 tahun kebawah dan seringkali menjadi mobil satu-satunya. Akhirnya lingkarannya balik lagi, butuh mobil durable. Saya tidak bilang FWD tidak durable karena saya sendiri juga pakai ANE dan odo sdh 90 ribu km lebih. Tapi ada disclaimer nya....
RWD tidak irit? Statement yang lebih tepat mungkin: RWD jaman now sudah irit, tapi FWD lebih irit. Dalkot 12 kmpl pakai Avxen dibandingkan dengan 13 kmpl ANE, apakah cukup sebagai alasan untuk menyudahi opsi RWD rakyat jelata tsb? Jawabannya adalah: iya, kalau melihat trend saat ini. And I don't know why...
Kalau saya mobil dipakai utk bawa keluarga (ada balita n baby jd kenyamanan prioritas), kalau utk daily commute bisa dgn public transportation, ojol atau sesekali bike to work.. kalau mau healing keluar kota bisa pilih tujuan yg jalannya gk terlalu ekstrim..terakhir long trip jkrt-malang pun nyaman dgn FWD via transjawa..saya bawa chevy trax jkrt-mlng gak pegel , tp pas sampe malang nyoba bawa salah satu mobil rwd unibody punya saudara baru nyetir 1 jam udh pegel2 (no offense :big_peace: )..personal statement utk kaki2 sepertinya mobil amiriki yg pernah saya punya lebih tough drpd japs n korean yg pernah saya punya (semua fwd)
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Senjakala RWD

Post by HaykelAdityawarman »

XMTdeluxe wrote: Mon Oct 03, 2022 14:05
Karena itulah saya terpikir apakah RWD passenger car sudah benar2 tidak dibutuhkan? Judulnya mungkin kurang spesifik ya... Karena RWD Monocoque memang tdk se-durabel 2 sobatnya: RWD Ladder dan RWD Uni. Lebih spesifik menjurus ke RWD rakyat jelata: Unibody dan Ladder Frame (meskipun passenger car RWD Ladder yg laris dipasaran harganya 350 juta ke atas sampai 600 jutaan, sdh ga bisa dibilang jelata).
Rakyat jelata umumnya tidak akan ganti mobil (baru) di usia 5 tahun kebawah dan seringkali menjadi mobil satu-satunya. Akhirnya lingkarannya balik lagi, butuh mobil durable. Saya tidak bilang FWD tidak durable karena saya sendiri juga pakai ANE dan odo sdh 90 ribu km lebih. Tapi ada disclaimer nya....
RWD tidak irit? Statement yang lebih tepat mungkin: RWD jaman now sudah irit, tapi FWD lebih irit. Dalkot 12 kmpl pakai Avxen dibandingkan dengan 13 kmpl ANE, apakah cukup sebagai alasan untuk menyudahi opsi RWD rakyat jelata tsb? Jawabannya adalah: iya, kalau melihat trend saat ini. And I don't know why...
Klo butuh mobil durable, opsinya bisa pakai ladder frame yang udah ada om. Pilihannya juga banyak banget, bisa sesuaikan ke budget yang om punya.

Klo om maunya mobil baru, udah ga realistis bagi pabrikan mobil buat produksi ladder frame buat entry level car. Udah dijelasin sebelumnya sama om2 yang lain (utamanya terkait production cost ya), apalagi klo om maunya rwd monokok entry level, ya lebih ga realistis lagi :D

Fokusnya pabrikan mobil kan jual mobil sebanyak2nya. Ngomongin Indo, mayoritas pembeli mobil baru adanya di kota2 besar di Jawa, yang kebanyakan rutin ganti mobil tiap berapa taun. Gaakan berasa juga “durability lost” dari ladder frame ke fwd.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Senjakala RWD

Post by ChZ »

XMTdeluxe wrote: Mon Oct 03, 2022 14:05
Saya lupa jamannya sdh beda... Jaman sekarang beli mobil dari baru, 5 tahun sdh di"tukar" dengan yang lain lagi... Dulu punya mobil itu setidaknya 10 tahun baru ganti. Bisa dimaklumi sekarang durability bukan faktor utama. Jaman dulu mobil built to last, jaman sekarang mobil built to impress.
kalau ini kayaknya case per case om, contohnya honda tuh justru makin kesini saya rasakan makin awet.

dulu honda tuh 5 tahun aja kaki kaki dah kayak habis perang di timteng. sekarang kebetulan pegang honda banyakan di atas 5 tahun, honda saya malah awet-awet. terakhir HRV ganti bushing rack steer sama bushing arm depan aja.

kalau dulu orang jarang ganti mobil krn dulu pabrikan juga jarang keluarin mobil baru om. sekarang mobil eropa aja life span nya makin pendek paling 6 tahun udah ganti. facelift aja udah rasa ganti model jd makin cepet obsolete mobil2 kita. pabrikan pengennya cepet cepet ganti.

habis ini neh justru mobil listrik yang makin dipertanyakan daya tahannya. krn kayaknya didesain untuk disposable alias sekali pake buang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Senjakala RWD

Post by b0ku »

ChZ wrote: Tue Oct 04, 2022 3:33
kalau ini kayaknya case per case om, contohnya honda tuh justru makin kesini saya rasakan makin awet.

dulu honda tuh 5 tahun aja kaki kaki dah kayak habis perang di timteng. sekarang kebetulan pegang honda banyakan di atas 5 tahun, honda saya malah awet-awet. terakhir HRV ganti bushing rack steer sama bushing arm depan aja.

kalau dulu orang jarang ganti mobil krn dulu pabrikan juga jarang keluarin mobil baru om. sekarang mobil eropa aja life span nya makin pendek paling 6 tahun udah ganti. facelift aja udah rasa ganti model jd makin cepet obsolete mobil2 kita. pabrikan pengennya cepet cepet ganti.

habis ini neh justru mobil listrik yang makin dipertanyakan daya tahannya. krn kayaknya didesain untuk disposable alias sekali pake buang.
FYI sih honda paling kuat jamannya GE8 sama FREED fb sama RM sejak mobilio DKK keluar kek di rancang buat cepet rusak juga :mky_01:

mungkin GE8 sama freed terlalu kuat bikin bengkel resminya jeblok :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Senjakala RWD

Post by ChZ »

b0ku wrote: Tue Oct 04, 2022 5:36

FYI sih honda paling kuat jamannya GE8 sama FREED fb sama RM sejak mobilio DKK keluar kek di rancang buat cepet rusak juga :mky_01:

mungkin GE8 sama freed terlalu kuat bikin bengkel resminya jeblok :wkkk:
lah yang seangkatan sama mobilio / brio pertama kan malah RM sama FB. RM sama FB klo inget RE / FD usia 5 thn minta jajannya banyak berasa tuh 2 mobil peningkatan banget durabilitynya.

GE8 gw percaya kuat emang aneh dibanding lineup atas atas malah paling kuat. proven sampe skrg juga masih banyak di jalan.

tp GB3 pernah pegang punya temen odo 70 ribuan long tierod sama link udah minta jajan kanan kiri. ada lg GB3 temen gw kaki kakinya jg langganan rusak. plafond dan kriyet kriyet. sama kayak sienta jg plafond nya kriyet kriyet.

ini yang surprising malah HRV sih dari 2015 gak ada rusak aneh aneh.

turbo jg kuat kok sampe skrg gak ada keluhan di kaki kaki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Senjakala RWD

Post by b0ku »

ChZ wrote: Tue Oct 04, 2022 7:07 lah yang seangkatan sama mobilio / brio pertama kan malah RM sama FB. RM sama FB klo inget RE / FD usia 5 thn minta jajannya banyak berasa tuh 2 mobil peningkatan banget durabilitynya.

GE8 gw percaya kuat emang aneh dibanding lineup atas atas malah paling kuat. proven sampe skrg juga masih banyak di jalan.

tp GB3 pernah pegang punya temen odo 70 ribuan long tierod sama link udah minta jajan kanan kiri. ada lg GB3 temen gw kaki kakinya jg langganan rusak. plafond dan kriyet kriyet. sama kayak sienta jg plafond nya kriyet kriyet.

ini yang surprising malah HRV sih dari 2015 gak ada rusak aneh aneh.

turbo jg kuat kok sampe skrg gak ada keluhan di kaki kaki.
soalnya banyak om sesama GE8 dan freed aja ada yang berasa partsnya turun kualitas trutama batch terakhir itu racknya banyak yang jebol bahkan boss saya salah satu korban kena di km 30rban temen saya kena juga di freed :big_bored:

bahkan freed saya sama ge8 saya ini masuk angkatan terakhir berasa beda kualitasnya discnya ud geter dari km 30rban freed boro2x sampe 100rban dia baru geter padahal sering abis tuh kampas sampe bunyi, switch power window rusak di 70rban padahal freed sampe dijual juga kagak rusak tuh switch, shocknya juga ge8 80rb ud bubar padahal freed saya ganti ud 100rb lebih baru belakang doank sampe dijual depan belom ad ganti :big_biglaugh:

padahal slama ini GE8 saya kan garage queen :mky_01:

kalo freed dulu kerja keras bagai kuda belom tiap hari saya hajar ngeslide di tikungan
Last edited by b0ku on Tue Oct 04, 2022 8:42, edited 2 times in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Senjakala RWD

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Tue Oct 04, 2022 5:36
ChZ wrote: Tue Oct 04, 2022 3:33
kalau ini kayaknya case per case om, contohnya honda tuh justru makin kesini saya rasakan makin awet.

dulu honda tuh 5 tahun aja kaki kaki dah kayak habis perang di timteng. sekarang kebetulan pegang honda banyakan di atas 5 tahun, honda saya malah awet-awet. terakhir HRV ganti bushing rack steer sama bushing arm depan aja.

kalau dulu orang jarang ganti mobil krn dulu pabrikan juga jarang keluarin mobil baru om. sekarang mobil eropa aja life span nya makin pendek paling 6 tahun udah ganti. facelift aja udah rasa ganti model jd makin cepet obsolete mobil2 kita. pabrikan pengennya cepet cepet ganti.

habis ini neh justru mobil listrik yang makin dipertanyakan daya tahannya. krn kayaknya didesain untuk disposable alias sekali pake buang.
FYI sih honda paling kuat jamannya GE8 sama FREED fb sama RM sejak mobilio DKK keluar kek di rancang buat cepet rusak juga :mky_01:

mungkin GE8 sama freed terlalu kuat bikin bengkel resminya jeblok :wkkk:
iya itu freed sadis sih kaki"nya strong! untuk ukuran FWD monokok

beli second trus jual di KM <100k blm ada bunyi kaki yg signifikan mengganggu, cuma disc brake aja geter parah wkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Senjakala RWD

Post by Chr1stm1 »

Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..

Balik kanan hajar brv dah...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Senjakala RWD

Post by b0ku »

Chr1stm1 wrote: Tue Oct 04, 2022 9:00 Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..

Balik kanan hajar brv dah...
dengan matinya rush daihatsu ud gak punya layout yang bener2x RWD sih cuma kalo demandnya rwd kuat solusi mereka gampang apapun rush/terios baru itu tinggal kasih AWD :big_biglaugh:

ya jangan kaget suatu hari rush jadi AWD ditambah basis nya raize atau rocky juga emang mobil AWD jd ya gak susah ngerjainnya :mky_03:

saya yakin rush baru cuma versi BRVnya avanza :mky_03:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Senjakala RWD

Post by evanbngdor »

Chr1stm1 wrote: Tue Oct 04, 2022 9:00 Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..

Balik kanan hajar brv dah...
Rush RWD suntik mati udah dr sebelum muncul facelift GR kemaren sih udah denger bisik2 nya.

Ada kemungkinan Rush gen mendatang itu jadi mobil hybrid toyota termurah di tahun tersebut. Tp ya bisa jadi jg tetep pake mesin 2NR legend kayak skg ini
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Senjakala RWD

Post by satriakarisma »

Jangan salah, grand new xenia M (yang model lama) masih dijual kok di dealer untuk umum
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Senjakala RWD

Post by 3mul »

Chr1stm1 wrote: Tue Oct 04, 2022 9:00 Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..
betul, berita yg beredar Rush bakal pensiun. gantinya model baru TRD "Yaris Cross" DNGA B (FWD).
tapi Terios RWD masih akan terus diproduksi n dijual Daihasut.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Senjakala RWD

Post by piraku »


3mul wrote:
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 04, 2022 9:00 Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..
betul, berita yg beredar Rush bakal pensiun. gantinya model baru TRD "Yaris Cross" DNGA B (FWD).
tapi Terios RWD masih akan terus diproduksi n dijual Daihasut.
Sumber nya darimana ya om? Dulu jg jaman avxen, isunya avanza doang yg jadi FWD xenia nya engga. Tp akhirnya dua duanya kembar lagi.

Lagipula kalau gitu tetep ga efisien, kalau diliat kan toyota mau memangkas budget dengan mengurangi platform yg jatah pakainya hanya di satu market, kalau rush dan terios jalan sendiri sendiri malah artinya nambah pengembangan produk dong.

Kalau pake strategi sisain saru trim terios RWD macam xenia jg kurang masuk akal, kan udh diwakilkan xenia, ditambah ada gran max, luxio kalau memang tujuannya buat angkut barang/kerja keras.
banagher
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Wed Jun 01, 2016 15:09

Re: Senjakala RWD

Post by banagher »

piraku wrote: Wed Oct 05, 2022 6:07
3mul wrote:
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 04, 2022 9:00 Rush 2023 suntik mati, fyi...
berarti kalo mau suv rwd cuma tinggal fortie di 2023..
betul, berita yg beredar Rush bakal pensiun. gantinya model baru TRD "Yaris Cross" DNGA B (FWD).
tapi Terios RWD masih akan terus diproduksi n dijual Daihasut.
Sumber nya darimana ya om? Dulu jg jaman avxen, isunya avanza doang yg jadi FWD xenia nya engga. Tp akhirnya dua duanya kembar lagi.

Lagipula kalau gitu tetep ga efisien, kalau diliat kan toyota mau memangkas budget dengan mengurangi platform yg jatah pakainya hanya di satu market, kalau rush dan terios jalan sendiri sendiri malah artinya nambah pengembangan produk dong.

Kalau pake strategi sisain saru trim terios RWD macam xenia jg kurang masuk akal, kan udh diwakilkan xenia, ditambah ada gran max, luxio kalau memang tujuannya buat angkut barang/kerja keras.
gw pernah baca juga dsini om

https://otodriver.com/berita/2022/toyot ... oycijbagan

emg di berita nya suka ada info dari ordal buat info mobil baru
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Senjakala RWD

Post by 3mul »

banagher wrote: Wed Oct 05, 2022 6:23
gw pernah baca juga dsini om

https://otodriver.com/berita/2022/toyot ... oycijbagan

emg di berita nya suka ada info dari ordal buat info mobil baru
yes, itu salah satu sumber ane.
ini sumber lainnya: https://paultan.org/2022/07/15/new-pero ... roton-x50/
piraku wrote: Wed Oct 05, 2022 6:07
Lagipula kalau gitu tetep ga efisien, kalau diliat kan toyota mau memangkas budget dengan mengurangi platform yg jatah pakainya hanya di satu market, kalau rush dan terios jalan sendiri sendiri malah artinya nambah pengembangan produk dong.

Kalau pake strategi sisain saru trim terios RWD macam xenia jg kurang masuk akal, kan udh diwakilkan xenia, ditambah ada gran max, luxio kalau memang tujuannya buat angkut barang/kerja keras.
strateginya bakal mirip Vios AC100 yg pake platform DNGA. so far baru kelihatan dgn emblem atoyot aja, dan spekulasi kembarannya dari perodua. sementara daihatsu sendiri belum kedengaran. kemungkinan karena sedan kurang laku di market terbesar daihatsu: Indonesia. jadi biaya development dua produk ini bakal "ditanggung" atoyot n perodua.
produksi terios diterusin berhubung demand mobil ladder frame RWD masih ada, utamanya dari luar jawa. bisa jadi dihentikan suatu hari nanti, kalau ternyata market memang dah bisa terima mobil FWD.
soal xenia, kan TS dpt info yg bikin galau dari sales daihatsu: produksi xenia M bakal bearkhir di 2022
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Senjakala RWD

Post by piraku »


3mul wrote: strateginya bakal mirip Vios AC100 yg pake platform DNGA. so far baru kelihatan dgn emblem atoyot aja, dan spekulasi kembarannya dari perodua. sementara daihatsu sendiri belum kedengaran. kemungkinan karena sedan kurang laku di market terbesar daihatsu: Indonesia. jadi biaya development dua produk ini bakal "ditanggung" atoyot n perodua.
produksi terios diterusin berhubung demand mobil ladder frame RWD masih ada, utamanya dari luar jawa. bisa jadi dihentikan suatu hari nanti, kalau ternyata market memang dah bisa terima mobil FWD.
soal xenia, kan TS dpt info yg bikin galau dari sales daihatsu: produksi xenia M bakal bearkhir di 2022
Make sense sih. Saya pesimis jg Terios bakal lanjut produksi sbg RWD. Kalau xenia kan masuk akal produksinya bareng transmover yg memang masih produksi. Feeling saya sih antara lanjut kembar atau bener bener mati Terios. Tp entahlah, time will tell, kita pantau saja.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Senjakala RWD

Post by gadjahalphien »

piraku wrote: Wed Oct 05, 2022 19:39
3mul wrote: strateginya bakal mirip Vios AC100 yg pake platform DNGA. so far baru kelihatan dgn emblem atoyot aja, dan spekulasi kembarannya dari perodua. sementara daihatsu sendiri belum kedengaran. kemungkinan karena sedan kurang laku di market terbesar daihatsu: Indonesia. jadi biaya development dua produk ini bakal "ditanggung" atoyot n perodua.
produksi terios diterusin berhubung demand mobil ladder frame RWD masih ada, utamanya dari luar jawa. bisa jadi dihentikan suatu hari nanti, kalau ternyata market memang dah bisa terima mobil FWD.
soal xenia, kan TS dpt info yg bikin galau dari sales daihatsu: produksi xenia M bakal bearkhir di 2022
Make sense sih. Saya pesimis jg Terios bakal lanjut produksi sbg RWD. Kalau xenia kan masuk akal produksinya bareng transmover yg memang masih produksi. Feeling saya sih antara lanjut kembar atau bener bener mati Terios. Tp entahlah, time will tell, kita pantau saja.
Kmarin dapet bocoran.
Terios masi tetap lanjut dg skema FR (front engine rear driven). Semoga aja pasca Rush tidak lagi FR, semua fasilitasnya rush (safety system) bisa di pasang di terios.

Kali-kali bisa di jdikan 4wd kaya Terios konde Export.


Untuk Rush FF /new name yg menggunakan Chassis DNGA, kabarnya 5 seater saja, dan bakal on par dg HRV SE
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
immdf28
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Mar 21, 2016 7:03

Re: Senjakala RWD

Post by immdf28 »

gwsecretc wrote: Mon Oct 03, 2022 6:14
FR6 wrote: Mon Oct 03, 2022 1:30
gwsecretc wrote: Fri Sep 30, 2022 15:14
Ketinggalan satu lagi mbah, yaitu jalanan di sumatera terutama sumsel. Jangankan antar provinsi atau antar kota, beberapa bagian dalam kota nya aja semi offroad.

Di sini avxen, dan top trio ladder frame laku keras. Lihat avanza jadi fwd lumayan banyak yang kecewa. Ntahlah kalo kijang beneran jadi fwd, mungkin anki akan jadi mobil kijang terakhir saya :big_cry:
Om di Sumsel juga kah?
saya di Sumsel, baru mutasi, shock juga beda banget sama kebanyakan di Jawa untuk jalanan kota-kotanya wkwwk
Iya om, tepatnya di Palembang. Sebenarnya jalanan rusak itu mulai banyak di akhir 2021, dan sekarang mulai ada perbaikan di beberapa bagian jalan.

Beda ya om sama jalanan di kota” Jawa. Bahkan di Bangka sekalipun jauh lebih mulus om untuk jalanannya, mirip sama jalanan di Jawa.
ya ginilah gan jalan tambal sulam seadanya, apalagi lingkar prabu tuh gak kelar kelar ya Allah, ampun dah
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Senjakala RWD

Post by Zaxis »

Justru rwd itu di masa depan bakal makin banyak
Liat aja mayoritas mobil ev pake gerak belakang
Dari airev ioniq sampe tesla pake rwd semua